P. 1
Manfaat Brokoli untuk Kesehatan (pheby)

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan (pheby)

|Views: 63|Likes:
Published by yudhaaremanoa

More info:

Published by: yudhaaremanoa on Mar 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2011

pdf

text

original

vitamin C dan serat makanan yang cukup tinggi. Selain itu. sebaiknya brokoli diolah dengan cara dikukus. Untuk mengkonsumsinya. kalium. Selamat mencoba. potasium. asam folat. Brokoli goreng tepung Bahan-bahan : y y 500 gram brokoli yang sudah dipotong per tangkai 10 gram tepung terigu . berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah di budidayakan sejak zaman Yunani Kuno. Selain itu. resep sederhana di bawah ini bisa Anda coba praktekkan di rumah. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan tangkai tebal dan sebagian besar dikelilingi oleh dedaunan. brokoli biasanya direbus atau dikukus terlebih dahulu atau dapat juga dimakan dalam kondisi mentah. Namun jika Anda lebih suka merebusnya. Bagi Anda yang bosan dengan olahan brokoli yang itu-itu saja. Rebuslah brokoli dengan diberi 1/2 sendok teh garam paling lama 5 menit saja. brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana serta mengandung senyawa isotiosianat yang diketahui memiliki aktivitas antikanker. Untuk membedakannya. Serat yang terkandung dalam brokoli bermanfaat untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Brokoli juga mengandung banyak mineral penting seperti kalsium. bahan-bahannya pun sangat mudah untuk diperoleh. Brokoli sering tertukar dengan kembang kol. brokoli berwarna hijau sedangkan kembang kol berwarna putih. Brokoli mengandung provitamin A (karotenoid). Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dan vitamin serta nutrisi yang terkandung tidak hilang. sebaiknya jangan lama-lama karena akan menghilangkan sekitar 50% kandungan asam folat di dalamnya. besi dan selenium.Manfaat Brokoli untuk Kesehatan 26-08-2010 diposkan oleh melindacare Brokoli merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae.

Tentu saja. ini memberi dampak sangat positif bagi kesehatan. Goreng brokoli hingga warnanya berubah kecokelatan. Hidangkan selagi hangat dengan saus sambal. telur. senyawa yang ditemukan pada sayuran dan sejenis Brassica itulah yang dapat menyembuhkan pada penyakit kanker prostat. Siapkan minyak goreng di atas api yang menyala sedang. Ternyata. yang bisa membunuh Helicobacter pylori (kuman penganggu kerja lambung). Brokoli merupakan sayuran yang mengandung banyak gizi dan vitamin. Masukkan satu-persatu brokoli yang sudah dilumuri tepung roti tadi ke dalam penggorengan. Hasil penelitian itu mengungkapkan senyawa sulforaphane mengaktifkan protein dalam tubuh yang dikenal dengan nama nrf2 yang dapat melindungi sel dan jaringan dari kerusakan. Celupkan tiap tangkai brokoli ke dalam adonan tadi. tepung beras. Angkat dan tiriskan brokoli yang sudah digoreng. dapat juga memulihkan jaringan pembuluh darah jantung yang rusak akibat diabetes. Menurut tim penelitian dan dari Universitas Wawyck. Apalagi kuman tersebut penyebab utama pada luka dan kanker lambung. Bahan ini pun ternyata bisa digunakan sebagai pengobatan seperti luka dan kanker lambung. susu cair. Setelah dilakukan tes laboratorium ternyata ditemukan bahan kimia bernama sulforaphane (SFN). selain mampu untuk menyembuhkan kanker prostat. Yang ingin dibuktikan adalah diet sayur kaya sulforaphane yang bisa . sayuran itu juga diketahui dapat memproduksi sebuah enzim yang bisa melindungi pembuluh darah dan menurunkan molekul tingkat tinggi yang menyebabkan kerusakan sel. Peneliti dari John Hopkins University di Baltimore berharap bisa menguji sulforaphane. Brokoli memiliki bahan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. kemudian gulingkan di atas tepung roti. garam dan merica bubuk dalam satu wadah. kemudian aduk sampai rata. Apalagi.y y y y y y y y 50 gram tepung beras 100 ml susu cair 1 butir telur Garam halus secukupnya 1/3 sendok teh merica bubuk Tepung roti secukupnya Minyak goreng secukupnya Saus sambal secukupnya Cara pembuatan : y y y y y y y Masukkan tepung terigu.

Bahkan. Sebenarnya. sayuran ini memiliki sifat antiacetylcholinesterase. hal ini setidaknya bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine dalam sistem saraf pusat jika dikonsumsi secara rutin. Artikel Terkait : y y y y y Resep dari Buah-buahan Musim Panas Konsumsi Coklat dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Manfaat Bawang Putih Pria Konsumsi Kedelai. Beresiko Lebih Sedikit Terkena Kanker Paru-paru Khasiat Buah Kurma Artikel Terbaru : y y y y y Mengatasi Stres Tempat Unik Melamar Pasangan Baby Blues Atasi dengan Menyusui Penuaan Dini Atasi dengan Tips Murah Meriah Radang Tenggorokkan Disebabkan Virus dan Bakteri . Brokoli tak hanya sehat bagi lambung. dalam kombinasi antibiotik bisa membantu membunuh Helicobacter pylori pada 15 hingga 20 persen kasus.membantu mengatasi infeksi pada kuman. Sampai saat ini belum ada bukti bahwa mengkonsumsi brokoli akan memberi manfaat baik bagi penderita Alzheimer. Namun. bahwa brokoli memiliki sifat anti-acetylcholinesterase yang paling kuat dibandingkan sayuran lainnya. yang baik bagi penderita Alzheimer (gangguan intelektual dan memori ) atau yang biasa kita kenal dengan pikun. Penelitian yang dilakukan oleh King's College London menyatakan.

adalah penelitian pertama pada manusia yang menyelidiki potensi dan proses mekanismenya secara biologis. senyawa dalam brokoli dapat memicu perubahan genetik dalam tubuh hingga mencapai ratusan. Dalam risetnya. sejumlah gen dinonaktifkan dan beberapa lain diaktifkan. tetapi tak satu pun yang bisa menjelaskan mengapa.Mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli bukan saja memberi nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh Anda. Namun. Setiap minggu selama satu tahun kelompok ini diberi empat porsi makanan ekstra brokoli atau kacang polong.000 di antaranya meninggal. brokoli memiliki sejenis bahan khusus yang sangat kuat bernama sulforaphane. Selain itu. zatzat dalam brokoli juga mengaktifkan gen-gen yang mampu melawan kanker serta menonaktikan gen-gen yang menyuplai perkembangan tumor. yang juga dipublikasi dalam Public Library of Science journal PLoS One. selada air." ungkap Mithen yang memimpin riset ini. Namun begitu. Kanker prostat kini tercatat sebagai penyakit pembunuh kedua tertinggi pada pria setelah kanker paru-paru. Setiap tahun.000 pria di seluruh dunia didiagnosa menderita penyakit ini dan sekitar 220. dan horse radish (sejenis lobak). Rabu (2/7). Mithen mengklaim bahwa risetnya. brokoli berpotensi besar menjadi makanan pencegah kanker karena kandungan alaminya memiliki mekanisme unik melawan kanker. Menurut peneliti. lanjut Mithen. yakni yang mendapat asupan brokoli dan grup kacang polong. seperti kubis kailan. ahli biologi dari Institute of Food Research. Richard Mithen. Para ahli juga mengambil contoh jaringan selama berjalannya penelitian dan mereka menemukan bahwa pria yang makan brokoli menunjukkan perubahan gen yang berperan penting dalam melawan kanker. manfaat yang sama juga kemungkinan akan didapat dari sayuran dari jenis Cruciferae atau Brassicaceae yang mengandung senyawa isothiocyanate. Partisipan dibagi dalam dua kelompok. kubis. Kebiasaan memakan beberapa porsi brokoli setiap minggu ternyata dapat melindungi pria dari kenker prostat. Mithen beserta timnya melibatkan puluhan pria yang mengidap lesi prakanker yang berisiko menjadi kanker prostat. Penelitian kami mampu menjelaskan mengapa sayuran sangat baik. Apa yang dilakukan oleh senyawa dalam brokoli tampaknya mengaktifkan gen-gen yang mencegah pertumbuhan kanker dan mematikan gel lainnya yang membuat tumor menyebar. kembang kol." papar Mithen. menjelaskan. "Ketika orang mengidap kanker. arugula. "Setiap orang menyarankan untuk mengonsumsi sayuran. Seperti dilaporkan ilmuwan dari Inggris. Sebelumnya memang banyak sekali bukti penelitian yang mendukung pentingnya diet buah dan sayuran untuk menekan risiko kanker. sekitar 680. . yang diyakini membuat sayuran-sayuran hijau memiliki senjata ekstra penangkal kanker.

Mithen mengindikasikan bahwa senyawa penting dalam sayuran ini juga kemungkinan besar akan memberi faedah yang sama bagi bagian organ lainnya dan bahkan dapat melindungi dari berbagai jenis kanker.herbal4cancer. penemuan ini mendukung ide bahwa dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran setiap minggu dapat memberikan perubahan besar bagi kesehatan.com dan www. pemakan brokoli menunjukkan 400 hingga 500 perubahan genetik positif dalam tubuhnya. Peneliti memang tidak memantau lebih jauh para partisipan untuk mengetahui siapa yang akhirnya menderita kanker. di mana pria yang memiliki sejenis gen bernama GSTM1 mendapatkan manfaat maksimal dari brokoli." tagasnya. hanya butuh lebih banyak porsi sayuran untuk membuat perubahan besar. Sumber : www.com . Tercatat setengah dari seluruh populasi membawa gen jenis ini. "Anda tidak perlu mengubah diet.Ia menambahkan. Namun.mahkotadewa.

Selain itu. Seperti kita tahu bahwa serat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Itu adalah salah satu dari sekian manfaat brokoli. vitamin E. Dari masalah yang paling ringan. asam folat dan vitamin C.Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan Brokoli. Penelitian terbaru dan lebih spesifik memberikan gambaran bahwa brokoli mampu menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag. tanaman yang berasal dari daerah timur tengah ini sudah sejak lama dibudidayakan. Salah satunya adalah untuk mengatasi segala urusan lambung. Dan serat pada brokoli dapat mencegah timbulnya konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan sembelit. manfaatnya pada peremajaan kulit sangat baik karena revitalisasi evitel vitamin A dapat menghambat dan memperlambat penuaan pada kulit. Brokoli memiliki nama latin Brassica Oleracea. dan kemungkinan kanker . infeksi lambung. Sudah sejak lama jenis sayuran yang mirip dengan kembang kol ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. vitamin A pada brokoli mengandung antioksidan yang lebih baik dibandingkan antioksidan yang dimiliki oleh vitamin C. Oleh bangsa Yunani kuno. Brokoli merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan (Brassicaceae). fivonoid. Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat brokoli serta cara mendapatkannya. sayuran berwarna hijau dengan bentuk berkerut-kerut dan terkesan seperti rambut Kribo ini sangant mudah untuk mengingatnya. Sampai saat ini brokoli sudah sangat popular sebagai bahan pangan. brokoli kaya akan provitamin A atau karotenoid. Brokoli mengandung nutrisi. Dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C ini mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1970-an. Seperti sayuran lainnya. dan serat. Menurut beberapa pakar kecantikan. Mengatasi Semua Masalah Lambung Brokoli bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

Selain untuk urusan lambung. kandungan sayur. Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam bentuk jus. Atau bisa juga Anda jadikan sebagai salah satu isi lalapan dan juga dicampur dengan sayuran lain untuk salad. Ada beberapa cara untuk mengonsumsi brokoli. Dan sebaiknya Anda jangan merendam brokoli karena zat aktif maupun nutrisinya dapat larut dalam air. Dan perlu diketahui. brokoli dianggap memiliki sifat antiacetylcholineaterase paling kuat. Mencegah kerusakan sel pembuluh darah pada penyakit diabetes. warna sayur . Dan dalam dunia medis. Dalam penelitian yang dilakukan oleh King College di London. Anda bisa memilih untuk merebus terlebih dahulu. dan kanker perut. Bila Anda tak terlalu suka mengonsumsi langsung. manfaat sayur. Selain itu.com) Diposkan oleh si jenggot di 02:50 Label: brokoli. Karena kandungan sulforaphane bisa hilang bila brokoli terlalu lama dimasak. Pilihan lain. Bila Anda menyukai sayuran segar. supaya Anda tetap mendapatkan manfaat bagi kesehatan. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen (menyebabkan kanker) yang dan mengeluarkannya dari sel. Dalam sebuah studi di Jepang. Kemudian berharap mendapatkan manfaatnya. brokoli bisa Anda konsumsi langsung. infeksi lambung. kandungan sulforaphane dalam brokoli segar lebih tinggi dibanding pada brokoli yang direbus atau kukus terlalu matang. Sebenarnya sudah sejak lama brokoli diyakini memiliki peranan penting untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Banyak peneliti yang menduga bahwa brokoli mengandung senyawa antiacetylcholinesterase.perut. tentunya tak lantas begitu saja Anda bisa membeli brokoli dan mengonsumsinya. (Genie/Genie/tty/okezone. sebaiknya Anda lakukan dengan mencucinya pada air kran yang dingin. peneliti dari Universitas Warwick meyakini jika sulforaphane memiliki peran dalam memulihkan kembali pembuluh darah yang rusak akibat tingginya kadar gula darah (hiperglikemia). Brokoli yang bagus memiliki warna hijau gelap dan bertekstur jelas kasar. Bila ingin mencuci brokoli. sulforaphane memiliki kemampuan untuk membunuh Helicobacter pylori (kuman pengganggu kerja lambung). Cara Mengambil Manfaat dari Brokoli Untuk mendapatkan manfaat yang sudah disebutkan di atas. sayuran segar. kuman tersebut adalah penyebab utama luka dan kanker dan lambung. sebaiknya Anda tak mengukus atau merebus brokoli lebih dari 5 menit 1 inchi di atas air mendidih. para ahli menemukan fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama 2 bulan dapat melindungi menusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum ditemui di kalangan orang tua. Penyakit aktivitas sehari-hari penderitanya. yang berkaitan erat dengan diabetes. Zat yang terdapat dalam brokoli yang paling penting untuk mencegah urusan lambung adalah sulforaphane juga mampu meningkatkan produksi enzim di hati. Namun perlu diperhatikan.

000 1.000 100 60.75 Persen Persen Tahun 35 65 1 . brokoli ‡ Plastik ‡ Karung/keranjang ‡ Pestisida ‡ Pupuk urea ‡ Pupuk kandang 13 Biaya sertifikasi bibit 14 Bunga Kredit Modal Kerja Proporsi kredit dan dana 15 sendiri untuk Modal Kerja ‡ Kredit ‡ Dana sendiri 16 Jangka waktu pinjaman Satuan Hari Bulan Orang Orang Orang Rp/orang/hari Rp/bibit Bal Buah Liter Kg Ton Rp/buah Rp/buah Rp/bal Rp/buah Rp/liter Rp/kg Rp/ton Rp/bibit Persen Jumlah 25 12 8 15 20.000 40 400 20 150 70 4.000 165 15.100 200.000 100 33 70.Asumsi Analisis Keuangan No Asumsi 8 ‡ Hari kerja per bulan ‡ Bulan kerja per tahun 9 Penggunaan tenaga kerja ‡ Tenaga manajerial ‡ Tenaga kerja tetap ‡ Tenaga kerja borongan 10 Upah tenaga kerja ‡ Tenaga kerja tetap ‡ Tenaga kerja borongan 11 Sarana produksi ‡ Plastik ‡ Karung/keranjang ‡ Pestisida ‡ Pupuk urea ‡ Pupuk kandang 12 Harga sarana produksi ‡ Biji brokoli ‡ Mata tempel a.

620. Biaya bahan baku b.000 3. Kredit b.Kebutuhan Biaya Investasi Usaha Pembibitan Tanaman sayuran No Uraian Jumlah Biaya (Rp) 1. Biaya telepon c.000. Biaya tenaga kerja tetap Jumlah Kebutuhan Modal Investasi dan Modal Kerja No Uraian Persentase 0% 100% Total Biaya (Rp) 0 65. Tenaga kerja borongan d.972.000 65.620.000 600. Biaya listrik b.620.200. Biaya sertifikasi bibit 2 Biaya Overhead a.000 131. Biaya saprotan c.000.000.162.000 25.550.000 1 Perijinan 2 Sewa Lahan 1 Hektar 3 Bangunan dan Peralatan a.620.000 1. Dana Sendiri Jumlah Dana Investasi .000000 62.340.000 48. Bangunan b.000 11.000 36.000.000 26.000 13. Peratalan Jumlah Kebutuhan Biaya Operasional per Tahun No Uraian Jumlah Biaya (Rp) 44.000 1 Biaya Variabel a.000 1 Dana Investasi a.

277.611 11.315 502.558 3. Periode Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 Bulan 5 Bulan 6 Bulan 7 Bulan 8 Bulan 9 Bulan 10 Bulan 11 Bulan 12 Total 1 Tahun Angsuran Angsuran Total Pokok Bunga Angsuran 3.825.675 150.190 7.925.825.700 150.000 Pengeluaran .026.084 42.428.105 451.823.000 Pendapatan Total B 156.663 34.430.873 38.558 3.558 3.825.210 3.700 85.875.117 100.583 4.842 Saldo Akhir 45.906. Dana Sendiri Jumlah Dana Proyek 35% 65% 45.953.000 Angsuran Pokok dan Angsuran Bunga.115 Proyeksi Laba Rugi Usaha dan Break Even Point per Tahun No Uraian Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3 Total A 158.052 200.906.278.558 3.825.127.558 3.825.362.908 4.476 301.200.467 4.032 22.611 15.894 401.362.558 3.233 4.825.906.177.558 3.076.778.168.525 552.604.825.700 4.825.976.126.782.33% 76.263 251.558 3.979 3.081.227.327.000 152.875.210 3.476.684 351. Dana Sendiri Jumlah Dana Modal Kerja 3 Total Dana Proyek a.558 50. Kredit b. Kredit b.000 189.142 4.350 4.916.906.558 602.242 26.452 30.162.840.825.377.631 3.255.700 3.302.825.558 3.300 131.67% 45.000 23.558 3.255.821 19.300 196.558 3.825.025 4.415 152.2 Dana Modal Kerja a.415 49.825.792 4.769 0 45.651.000 198.825.

633.621.700 6.98% 154.78% 18.100 1.235.243.693 124.238 5.03% 16.806.317.000 43.291 121.C D E F G L/R Sebelum Pajak Pajak (15%) Laba Setelah Pajak Profit on Sales BEP : Rupiah 1.921.000 288.074 .570.252.300 37.900 1.585 37.347 31.856.478.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->