P. 1
Latar Belakang

Latar Belakang

|Views: 74|Likes:
Published by rerrypyro

More info:

Published by: rerrypyro on Mar 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2011

pdf

text

original

A.

Latar Belakang

Dalam proses pengolahan hasil pertanian, produk pertanian tersebut seringkali harus dipisahkan untuk mendapatkan bagian yang diinginkan. Proses pemisahan bahan mentah tersebut harus dilakukan dengan benar agar diperoleh kandungan bahan yang sesuai dengan keinginan. Pemisahan mekanis dikelompokkan menjadi 4 kelompok yaitu penyaringan, pengendapan, klasifikasi dan pemisahan sentrifusi. Penyaringan adalah pemisahan bahan padat dari bahan cair dicapai dengan mengalirkan campuran penembus pori-pori yang cukup halus untuk menahan bahan padat, akan tetapi cukup besar/kasar untuk bahan cair. Dalam sedimentasi, dua bahan cair yang tidak dapat bercampur, atau bahan cair dan bahan padat, dipisahkan dengan membiarkan bahan-bahan ini sampai pada keadaan-keadaan

keseimbangan di bawah pengaruh gaya gravitasi, bahan yang lebih berat jatuh terlebih dahulu daripada bahan yang ringan. Proses ini merupakan proses yang memakan waktu lama dan lambat dan selalu dipercepat dengan mempergunakan gaya sentrifuse un tuk meninggalkan kecepatan pengendapan, resultante proses pemisahan ini disebut pemisahan sentrifusi. Sedangkan klasifikasi adalah memisahkan partikel padat dengan melayangkannya di dalam suatu aliran bahan cair dan mengenakan gaya tarik serta gaya gravita atau gaya sentrifusi si yang berbeda pada partikel-partikel yang berbeda pada partikel-partikel yang berbeda ukuran untuk memisahkannya. Pada praktikum kali ini diperkenalkan beberapa mesin yang digunakan dalam pemisahan yaitu mesin pemisah berupa pengekstrak, penyaring sentrifugal dan penyaring getar mekanis untuk mengetahui mekanisme kerja mesin tersebut dan bagian-bagian utama mesin pemisah tersebut. Selain itu praktikan dapat mengetahui fungsi dari bagian -bagian utama mesin.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA Pengecilan ukuran dapat didefinisikan sebagai penghancuran dan pemotongan mengurangi

ukuran bahan padat dengan kerja mekanis, yaitu membaginya menjadi partikel-partikel yang lebih kecil. Penggunaan proses penghancuran yang paling luas di dalam industri pangan barangkali adalah dalam penggilingan butir-butir gandum menjadi tepung, akan tetapi penghancuran ini dipergunakan juga untuk beberapa tujuan, seperti penggilingan jagung menghasilkan tepung jagung, penggilingan gula, penggilingan bahan pangan kering seperti sayuran (Earle, 1983). Dalam pengecilan ukuran ada usaha penggunaan alat mekanis tanpa merubah stuktur kimia dari bahan, dan keseragaman ukuran dan bentuk dari satuan bijian yang diinginkan pada akhir proses, tetapi jarang tercapai (Henderson dan Perry, 1976).

. Gaya atau tenaga ini dapat berasal dari gaya gravitasi atau kerja sentrifugasi. 2001).Pemisahan partikel dan bahan cair secara mekanis biasanya menggunakan tenaga yang dikenakan terhadap partikelnya. yang dapat dikatakan sebagai kekuatan penahanan negatif gerakan relatif partikel terhadap bahan cairnya. Dengan demikian proses pemisahan tergantung pad karakter partikel yang a sedang dipisahkan dan tenaga yang bekerja pada partikel yang menyebabkan terjadinya pemisahan (Sutardi. atau secara tidak lengsung seperti pada pengendapan. Tenaga tersebut dapat secara langsung dikenakan pada partikelnya seperti pada pengayakan dan penyaringan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->