P. 1
ASPEK LEGAL

ASPEK LEGAL

|Views: 1,309|Likes:
Published by legia

More info:

Published by: legia on Mar 15, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2013

pdf

text

original

ASPEK LEGAL KEPERAWATAN

By Cecep E. K., SKp.,MNS

Konsep legal 
  

Kita merupakan bagian dari masyarakat Untuk membentuk harmony, keamanan, dan produktivitas anggota masyarakat membuat aturan Aturan informal/formal mis membuka pintu Kegagalan dalam melaksanakan hukum menimbulkan hukuman berupa kurungan penjara atau denda

Regulasi praktek keperawatan    Keperawatan merupakan profesi yang telah diberi izin oleh negara untuk melakukan praktek keperawatan Izin diperlukan untuk meningkatkan kualitas tenaga kesehatan dan untuk melindungi masyarakat hukum administrasi .

sedangkan legalitas bisa diartikan sah.Konsep dasar aspek legal berarti tidak menyalahi aturan atau sah menurut hukum.  Sesuatu berdasarkan hukum atau peraturan  Legal .

 Penyebab masalah hukum :  Kegagalan mendeteksi dini  Tidak adekuatnya supervisi  Komunikasi yang tidak adekuat .

evidance base. lengkap-ringkaskomunikasi dengan team-klien-klg. terapkan management resiko. team-klien- . berpatisipasi dalam membuat kebijakan. dokumentasi lengkap-ringkas-akurat. Peran perawat dalam penyelesaian masalah legal :   Mempermudah proses Mencegah terjadinya masalah :berdasar standar.

cidera orang lain. keterampilan. mencelakakan. . Kelalaian berat mengakibatkan kematian.1989)   Malpraktek : tidak melaksanakan pekerjaan yang lazim dilakukan oleh profesi menurut tolak ukur ilmu. Masalah legal (sukamto. sumpah/janji. kode etik. hukum Negligence : kelalaian yang mengakibatkan kerugian materi.

4 unsur :  Duty (kewajiban).  causation ( membuat kerugian).  damages (kerugian dan kerusakan karena pekerjaan tidak sesuai standar) .  break of duty ( melanggar standar).

maka diperlukan ketetapan hukum yang mengatur praktek keperawatan a.l : . Untuk menjamin perlindungan terhadap masyarakat sebagai penerima layanan dan perawat sebagai pemberi layanan.

PP no.32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan .. .23 tahun 1992 tentang kesehatan .Kepmenkes RI no.1239/Menkes/SK/XI/2001 tentang registrasi dan praktek perawat.PP no.

Perawat profesional memiliki tgjwb thd setiap bahaya yg timbul dari kesalahan tindakannya.Liabilitas dalam Praktek keperawatan    Liabilitas adalah tanggungan yang dimiliki oleh seseorang terhadap setiap tindakan atau kegagalan melakukan tindakan. Kesalahan berupa: salah obat meningal atau berupa tindakan kriminal ringan .

    Kecerobohan sengaja berupa: menipu. Biasanya akibat kurang pengetahuan Institusi tdk bertanggungjwb terhadap kelalaian tapi pwt tsb yg harus bertanggungjawab malpraktik . melanggar privasi. mengancam dll Kecerobohan yg tdk disengaja berupa kelalaian dan malpraktik Kelalaian melakukan sesuatu yg oleh orang yg sama seharusnya dpt dilakukan dlm situasi yg sama.

  Untuk mencegah malpraktik: meningkatkan kwaspadaan diri dan menetahui kekuatan dan kelemahan kompetensi Elemen liabilitas:    Memberikan perawatan (sesuai standar praktik) Kecenderungan besar menimbulkan bahaya Cedera .

HalHal-hal yang harus diketahui oleh perawat - - - kesalahan : kesalahan sipil yang dibuat terhadap seseorang atau hak milik kelalaian : perilaku yang tidak sesuai dengan standar keperawatan\ keperawatan\ malpraktik : terjadi ketika asuhan keperawatan tidak sesuai standar yang menuntut praktik keperawatan yang aman .

kegagalan melaporkan mengenai alat-alat yang alattidak berfungsi kegagalan melakukan tindakan standar pengamanan terhadap klien kegagalan dalam mencegah timbulnya luka pada klien kegagalan menanyakan instruksi dokter yang menurut pengetahuan perawat tidak benar .Tindakan perawat dapat dikategorikan sebagai kelalaian atau malpraktek melakukan prosedur keperawatan yang tidak pernah diajarkan sebelumnya.

Pertimbangan sah (Legal consideration) Lingkup praktek : area spesifik untuk perawat Standar praktek keperawatan : menetapkan kriteria minimum untuk kompetensi praktek keperawatan . b. a.

c. Persetujuan (informed consent) : pernyataan sah untuk melindungi hak otonomi klien dan karakteristik diri melalui aktifitas spesifik d. Hak pribadi (Right to privacy) : hak seseorang untuk memelihara atau memilikii perlindungan dari masyarakat .

PENERAPAN ASPEK ETIK DAN LEGAL DALAM PENANGANAN KASUS        Issue etik pada akhir kehidupan donor organ hidup pengambilan keputusan untuk merawat pasien intensif issue kejujuran restrain menolak perawatan/pengobatan kerahasiaan .

. memperjelas posisi sendiri yang berhubungan dengan isu.IMPLIKASI KEPERAWATAN  Perawat harus belajar mengantisifasi dilema etik. dan mengembangkan strategi untuk pengambilan keputusan etik. kesalahpahaman implikasi legal terhadap isu.

 Untuk memenuhi tugas ini perawat hrs : sering membaca tentang isu bioetik  berpartisifasi dalam kelompok diskusi   atau mengikuti mengikuti kursus dan workshops yang membahas topic etik dalam area praktis .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->