SISTEM AIR BOILER

BOILER
‡ Boiler digunakan untuk memanaskan air dalam
upaya memproduksi ´steamµ (uap air) dan air panas ‡ Masalah utama dalam sistem boiler bersumber pada kualitas air. ‡ Jenis problem pada sistem boiler yang sangat umum adalah korosi dan kerak/scale/deposit material

‡ Korosi biasanya terjadi karena .kondisi mekanis yang rapuh .pH yang rendah .timbulnya deposit/scale .Cont·d ‡ Korosi umumnya terjadi pada daerah terpanas di boiler (dinding. screen & superheater tubes). .adanya gas terlarut (terutama O2 & CO2) .

.

maintenance pH & alkalinitas . N2H4) 2 Na2SO3 + O2 2 Na2SO4 N2H4 + O2 2H20 + N2 .kontrol O2. Na2SO3 atau Hydrazin. dengan deaeration atau O2 scavenger (sodium sulfite.Cont·d ‡ Korosi dapat dicegah dengan : .kontrol kontaminan di air umpan .pengaturan start up & shut down yang tepat .

Mengganggu sirkulasi air. yang akan menambah laju akumulasi . .Akumulasi deposit pada permukaan boiler dapat menyebabkan overheating dan/atau korosi .Akibat lebih jauh downtime menjadi tak terjadwal sehingga mengganggu proses produksi .Cont·d ‡ Pembentukan deposit/scale merupakan masalah serius pada operasi produksi steam.

Besi. Lumpur dan Minyak ‡ Deposit dapat berupa : . Magnesium.deposit sludge yang terpresipitasi di bagian tertentu namun terbawa ke bagian lain karena aliran air .scale yang langsung terkristalisasi pada permukaan tube/tanki . seperti Calcium. Aluminum. Silika. Tembaga.Cont·d ‡ Deposit umumnya disebabkan oleh kontaminan pada air umpan.

reverse osmosis (membran) . dengan ion exchange.Cont·d ‡ Pencegahan masalah deposit/scale dapat dilakukan dengan : .eliminasi senyawa terlarut di dalam air umpan.jadwal blowdown yang teratur .

SISTEM AIR PENDINGIN .

Recirculating cooling system . 1. sehingga dapat tetap beroperasi pada kondisi suhu yang stabil ‡ Media pendingin yang paling umum : Air ‡ Ada 2 macam proses pendinginan dengan air . Once through cooling system 2.SISTEM PENDINGIN ‡ Fungsi sistem pendingin adalah untuk menyerap panas dari proses/mesin/peralatan.

water losses juga menyebabkan adanya deposit. Open recirculating system .Cont·d ‡ Proses pendinginan pada sistem resirkulasi ada 2 jenis .pendinginan dilakukan dengan mengontakkan air dengan udara. . Untuk itu blowdown secara teratur perlu dilakukan . sehingga umpan air baru diperlukan untuk menjaga kesetimbangan. Akibatnya ada water losses. 1.

proses pencucian/maintenance relatif sukar .Cont·d 2. Closed recirculating system .proses pendinginan dilakukan dengan mengontakkan air dengan fluida lain atau udara dalam proses tertutup .water losses dalam sistem ini relatif lebih kecil .

Cont·d .

Korosi .Korosi bisa terjadi murni secara elektrokimia (dipicu oleh adanya O2 dan senyawa korosif lainnya) maupun karena adanya slime .Korosi akan menurunkan umur produksi mesin/tanki . 1.Cont·d ‡ Problem pada sistem air pendingin .

stainless steel . Menggunakan material anti korosi. Upaya ini umumnya dilakukan apabila menggunakan air permukaan. 2. Eliminasi kontaminan penyebab korosi.Cont·d ‡ Upaya pencegahan korosi pada sistem air pendingin dapat dilakukan dengan cara : 1. Linings atau Coating dengan anti corrosive agent 3. seperti copper. dengan ion exchange atau membran.

Silika. Aluminum. Magnesium.Deposit umumnya disebabkan oleh kontaminan pada air umpan. Tembaga. Scale/Deposit .Komponen tersebut umunya cenderung terdeposit dan melekat pada permukaan heat transfer karena kelarutannya yang menurun terhadap suhu . seperti Calcium. Besi. Lumpur dan Minyak .Cont·d 2.

Slime .Pada kondisi aerobik di sekitar fouling. menghasilkan H2S yang akan mempercepat proses korosif : H2S + 4H2O SO42.3. jamur dan alga yang tumbuh di dalam sistem .Slime disebabkan oleh adhesi dan akumulasi fouling (lapisan) lumpur halus yang terbentuk oleh campuran mikroorganisme seperti bakteri.+ 10H+ + 8e Cont·d . bakteri sulfat akan tumbuh.

Cont·d Mikroorganisme Mikroorganisme + sticky material (slime) Material anorganik .

.

.

O lain (jamur. Photosynthesis bacteria Iron.Cont·d Sumber energi dan nutrient bagi mikroorganisme di sistem cooling tower Jenis M.O Algae. Sulfur dan Nitrification bacteria M. sphaerotilus sp) Sumber Energi Energi matahari Oksidasi substansi anorganik Oksidasi substansi organik Nutrien Mampu tumbuh dengan hanya memanfatkan material anorganik Tidak mampu tumbuh tanpa adanya material organik .

Senyawa Chlorine ² menurunkan tingkat populasi mikroorganisme b.‡ Slime Control Agent : Cont·d a. Surfaktan kationik ² menyerap mikroorganisme dan menurunkan aktifitasnya c. akibatnya mikrroganisme mati . Senyawa Bromine ² menurunkan tingkat ´stickyµ/kelengketan biofilm dan mencegah slime adhesion d. Senyawa organik nitrogen-sulfur ² mengikat nitrogenradikal cystein dari protein sehingga fungsi enzime terganggu.

TERIMA KASIH Sampai Ketemu di Modul Lain .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful