1.

Jelaskan dengan contoh yang dimakasud dengan perubahan dan
manajemen perubhaan? Perubahan adalah sebagai situasi nyata yang selalu berbeda dimasa lalu, masa kini dan masa depan. Perubahan terjadi melallui revolusi, revormasi dan inovasi, perubahan merupakan suatu cita-cita bahwa masa kini lebih baik dari masa lalu dan masa depan harus lebih baik dari masa kini. Contoh : seseorang dari lingkungan kuliah ke lingkungan kerja. Manajemen Perubahan adalah upaya yang dilakukan untuk mengelola akibat-akibat yang ditimbulkan karena terjadinya perubahan dalam organisasi. Contoh : Bagaimana seseorang manage agar dia bisa mencapai target yang diinginkan. 2. Jelaskan mengenai sasaran perubahaan dan sertakan contohnya a. Struktur organisasi, menyangkut perubahan dlam struktur Menurut Wibowo ada 6 sasaran perubahan: bagimana suatu tugas secara formal dibagi bagi dikelompokkan dan di organisasikan. Contoh: memecat atasan atau karyawannya karena dipandang merugikan perusahaan. b. Teknologi, menyangkut perbaikan teknologi yang di arahkan pada pekerjaan yang lebih efisien. Contoh: menambahkan komputer dan internet agar pengirimin surat ke anak perusahaan yg berada diluar kota lebih efisien hanya dengan menggunakan e-Mail. c. Pengaturan fisik, menyangkut pemberian kenyamanan pada karyawan agar karyawan memberikan peningkatan kualitas lingkungan kerja yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan produktivitas kerja. Contoh: perusahaan memberikan bonus dan tujanngan kepada karyawannya, agar karyawannya sejahtera. d. Sumberdaya manusia, menyangkut perubahan orang nya Contoh: karyawan PT. Telkom melanjutkan studynya diluar negeri agar perusahannya semakin maju.

Jelaskan factor factor yang mendorong perubahaan. Change advocates : seseorang yang mempunyai gagasan tetapi tidak mempunyai wewenang akan sulit untuk merealisasikannya. e. Sponsor : seseorang perubahan. sponsor berkaitan dengan orang yang terkena perubahan. beri contoh • Factor eksternal : . Proses. memahami yang diinginkan tenaga kerja yang terkena perubahan. 4. yang memahami. b. jawab mengelola seorang atau mengawasi Tanggung sponsor pertama.e. Kedua. Budaya Organisasi. bukan agen. menyangkut hal hal apa saja yang terjadi dalam proses Contoh: sekelompok orang melakukan demo karena dia tidak terima dengan perubahan tesebut f. Stakeholders : mereka semua yang terlibat dan dipengaruhi oleh perubahan. Contoh: seperti garuda indonesia airline merubah warna dan logo perusahaannya. Dengan mencari sponsor dapat menunjuk seseorang menjadi agen perubahan dan mengusahakan sumberdaya dan mendukung agar perubahan benar-benar terjadi. termasuk semuasponsor. Targets : seseorang yang terkena dampak perubahan dan harus berubah. agen perubahan. menyangkut perubahan yang terjadi di norma norma nilai nilai dan kebiasaan yang menyangkut dalam suatu organisasi. Change Agent : seseorang yang menyampaikan perubahan. Ketiga. c. dan target.Tugas agen perubahan adalah merencanakan dan mengimplementasikan perubahan atas namanya sendiri d. 3. mengelola dan mengawasi perubahan agar dapat mencapai tujuan. Karena orang yang mempunyai inspirasi tersebut bukan sponsor. Tentukan peran dan tanggung jawab dalam perubahaan Menurut Wibowo: a.

Kecenderungan Contoh: 6. kebijakan kebijakan yang di ambil pemerintah untuk mempengaruhi bisnis Contoh: Perusahaan di tuntut saat UU tentang gaji minimal di sah kan. gender Dll Contoh: penyetaraan derajat kulit hitam dan putih 3. perubahan teknologi yang berdampak pada bisnis.keterampilan. Contoh: Perusahaan yang dulu mengetik dengan mesin tik sekarang telah beralih mengunakan Komputer 7. Kemajuan teknologi. pendidikan. 4. Peraturan pemerintah. Contoh: Pengusaha kerajianan tangan di bali melakukan eksport karena indonesia telah melakukan pasar terbuka 8. politik sangat berpengaruh karena politik dapat menumbuhkan kekuatan untuk menekan Negara lain Contoh: Dirobohkan nya tembok berlin akibat Polik dunia 2. berkaitan dengan perubahan pasar yang biasanya adalah dampak dari polotik dunia atau kejutan ekonomi. suatu perusahaan yang ingin tetap berdiri akan berubah agar dapat lebih bersaing dengan perusahaan lainnya. Perubahaan tiba tiba ekonomi suatu Negara yang berdampak pada masyarakat. tingkat . Karakteristik demografis. . sperti aspek perbedaan antara orang orang seperti: umur. Persaingan semakin efektif. Politik dunia. Contoh: Perusahaan yang banyak berubah saat soeharto lengser dari jabtan nya. Contoh: Nokia yang dulu tidak mengeluarkan produk jenis qwerty akhirnya BlackBerry mengeluarkan karena adanya persaingan dengan social.1. 5. Perubahan pasar. kebiasaan sutau lingkungan yang memperlakukan seseorang. Kejutan ekonomi.

4. dalam system dan biasanya di ikuti dengan untuk downsizing dan outsourcing. Perubahan dalam bentuk produk atau jasa. 6. Perkembangan teknologi juga mendorong timbulnya produk baru. masalah timbul karena persepsi perkerja bagaimana mereka memperlakukan ditempat kerja dan . Problem dan prospek SDM. Kecenderungan yang terjadi dalam dunia bisnis Contoh: 11. seperti orgnisasi melakukan 2.Privatisasi bisnis milik masyarakat berlanjut. Sifat tenaga kerja. administrasi. • Factor Internal : 1. Perusahaan yang harus melakukan usaha usaha perubahan karena adanya tuntutan dari pemegang saham. dimaksudkan memperbaiki efisiensi merubah citra prusahaan atau untuk mendapatkan kekuasaan dalam organisasi 3. Perubahan ukuran dan struktur organisasi. Contoh: Perusahaan produk makanan semakin aktif membuat produk baru karena produk lama nya di nilai oleh pemegang saham kurang baik.Pemegang saham minta lebih banyak nilai. pelnggan yang makin ingin ini itu membuat perusahaan harus berubah agar tetap ada di benak pelangan Contoh: BlackBerry penggunaan nya makin efektif dan efisien karena adanya tuntutan dari konsumen 10. Perubahan restrukturisasi. 5. Introduksi teknologi baru. Dan perusahaan perlu mengadakan perubahan untuk menyesuaikan diri dengan kecendrungan permintaan pelanggan. teknologi baru mempengaruhi cara bekerja orang-orang dalam organisasi dan teknologi yang canggih membuat organisasi semakin responsif.9. Pelanggan semakin banyak tuntutan. praktek sumber daya manusia harus berubah agar dapat menarikdan mempertahankan tenaga kerja yang semakin beragam.

Tangtangan setiap organisasi adalah menghindari dari tahap decline. . Secara teoritis tahapan decline dihindarkan jika organisasi mampu merancang kurva sigmoid. maturity. growth. 5. apabila adanya prilaku konflik antara manajer dan bawahannya didalam organisasi maka ini merupakan perlu adanya perubahan. decline. Prilaku dan keputusan manajerial. Jelaskan mengenai fase kehidupan sebuah organisasi dengan menggunakan Sigmoid curve Setiap organisasi memiliki siklus kehidupan dari start up.kecocokan organisasi. Hal hal apa saja yang di perhatikan organisasi agar dapat berkembang dalam gelombang perubahaan 6. sebelum mencapai puncak kesuksesan dan sebelum bencana muncul dititik Y . Untuk bertahan bersaing dan pertumbuhan yang berkesinambungan adalah mengambil arah baru dititik X. antara kebutuhan dan keinginan individual dan 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful