MATERI PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBIING

Kelas XI IPA - IPS

Idanila, Idanila, S.Pd

Perkembangan selanjutnya ditemukannya lembing modern yang terbuat dari logam dan serat kaca (fiber). Selama bertahun-tahun. bertahunpelempar lembing dari Finlandia menjuarai perlombaan lempar lembing ini. . Bahan ini dirasa berat dan diganti dengan kayu ringan dari Swedia.Sejarah Lempar Lembing Lempar lembing berawal pada zaman kuno dan berkaitan erat dengan beraneka ragam teknik lempar. Lembing lama terbuat dari kayu dengan ujung dari besi.

Pegangan cara Finlandia dilakukan dengan ibu jari dan jari tangan saling bertemu dibelakang pada tempat pegangan. 2. sedangkan telunjuk lurus ke belakang di bawah lembing. Teknik Lempar Lembing Pegangan cara Amerika dilakukan dengan ibu jari dan jari telunjuk saling bertemu dibelakang balutan lembing (tempat pegangan). . 1.

.3. tepat dibelakang tempat pegangan (balutan). Pegangan cara menjepit (tang) adalah telunjuk dan jari tengah menjepit lembing.

Cara membawa 2. Cara membawa 3. Cara membawa . Cara Membawa Lembing lembing ada 3 macam lembing di bawah lembing di atas bahu lembing di atas kepala Cara membawa yaitu: 1.

6-2.6: 600 gr : 2. : 800 gr : 2.2-2. Peraturan Pertandingan Lempar Lembing Alat dan lapangan untuk putra  Berat lembing  Panjang lembing Untuk putri  Berat lembing  Panjang lembing a.3 m 2.7 m 2.2- .

3 bagian lembing yaitu:  Mata lembing yang terbuat dari metal  Badan lembing yang terbuat dari kayu atau metal  Titik pusat gravitasi lembing yaitu tali yang melilit sebagai pegangan lembing .

.5 meter.b.  Panjang lintasan awal minimal 30 meter. maksimal 36. Lintasan awal  Lintasan awal harus dibatasi garis 5 cm terpisah 4 meter.

datar dengan tanah sekeliling. dicat putih lebar 7 cm. garis 1.5 meter dibuat dari titik temu garis lintasan awalan dengan lengkung lemparan. Lengkung Lemparan Lengkung harus dibuat dari kayu atau metal. manyiku keluar.c. . dan merupakan busur (lengkungan) dati lingkaran yang berjariberjari-jari 8 meter.

Sudut Lemparan Dibentuk oleh dua garis dan dubuat dari titik pusat lengkungan lemparan dengan sudut 29 derjat memotong kedua ujung lengkung lemparan. tebal garis sekitar 5 cm.d. .

.

e.    Peraturan-Peraturan Umum PeraturanLembing harus dipegang pada tempat pegangan. Lemparan sah adalah mata lembing harus menancap atau menggores tanah disektor lemparan. Lemparan tidak sah bila sewaktu melempar menyentuh lengkung lemparan atau garis 1.5 m samping atau menyentuh tanah depan lengkung lemparan .

   Sekali pelempar mulai melempar. Lemparan harus dibuat di atas bahu. pelempar tidak boleh melempar badan sepenuhnya sehingga punggung menghadap ke arah lengkung lemparan. Jumlah lemparan yang diperoleh adalah sama seperti pada tolak peluru dan lempar cakram. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful