BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Hotel merupakan salah satu perusahaan jasa industri pariwisata yang keberadaannya bertujuan memberikan jasa penginapan, pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya yang ada hubungannya dengan kunjungan wisatawan ke kawasan bersangkutan (Agusanwar,2000:13). Sebuah hotel dituntut dapat memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu. Disinilah peranan petugas di kantor depan (front office) yang berinteraksi langsung dengan tamu. Petugas kantor depan berkewajiban menyambut, melayani dan memenuhi kebutuhan para tamu. Setiap tamu mengharapkan mendapat pelayanan yang terbaik, sedangkan pada kenyataannya pelayanan yang optimal sering kali tidak dapat diberikan. Kelambanan pelayanan pada saat-saat padat menyebabkan antrian yang cukup panjang. Untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada tamu, keakuratan informasi, baik berupa informasi keberadaan kamar maupun informasi fasilitas-fasilitas yang tersedia di hotel, perlu diperhatikan. Akan tetapi dengan keterbatasan kemampuan dan waktu, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan penyampaian informasi kepada tamu yang tidak disengaja. Kesalahan tersebut, walaupun kecil dapat berdampak besar bagi keberadaan hotel. Hal ini menyangkut nama baik dan reputasi hotel itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa permasalahan-permasalahan diatas merupakan kelemahan-kelemahan dari pekerjaan yang dilakukan secara manual. Sehingga

Batasan Masalah Mengingat luasnya jangkauan masalah di atas. permasalahan yang timbul adalah sebagai berikut. memblokasi kamar (blocking rooms) . front office hotel yang Rumusan Masalah Sesuai dengan latar belakang di atas. . Manajemen reservasi (reservation management) seperti pemesanan kamar (reservation rooms).diperlukan suatu alat bantu yang mampu mengatasi atau paling tidak meminimalisasi kesalahan yang mungkin terjadi. 1. efesiensi waktu dan tenaga dapat ditingkatkan. perpanjangan masa menginap (extend). laporan data reservasi. pembatalan pemesanan kamar (cancellation). Bagaimana rancang bangun sistem informasi front office hotel. sistem aplikasi perhotelan ini dibatasi pada hal-hal berikut. serta informasi yang dihasilkan lebih akurat. Diharapkan dengan adanya alat bantu ini. Bagaimana implementasi sistem informasi front office hotel dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi6 dibantu basis data MySQL. laporan cancellation dan laporan in house guest. 2. 1. laporan data registrasi. Alat bantu yang dimaksud adalah sebuah sistem informasi terkomputerisasi.

2. 1. Menghasilkan sebuah program aplikasi yang mampu menangani transaksi-transaksi di front office hotel. Mengimplementasikan sistem informasi front office hotel dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi6 dibantu basis data MySQL. Manfaat Manfaat yang diperoleh dari Sistem Aplikasi Perhotelan ini adalah sebagai berikut 1. Manajemen registrasi (registration mangement) seperti registrasi tamu yang check-in dan check-out dan pembuatan rekapitulasi hunian kamar (housecount sheet). 3. Manajemen kamar (rooms management) seperti laporan kamar yang kosong dan sedang terpakai. . pembuatan laporan pendapatan sewa kamar perhari. Manajemen kasir pada kantor depan (front office chasier management) seperti pembayaran tagihan ketika tamu keluar (check out). Membuat rancang bangun sistem informasi front office hotel. perbulan dan pertahun. tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut. pembuatan rekening tamu (guest biil) . 4.2. Tujuan Dari rumusan masalah di atas.

2. . Meningkatkan efesiensi sumber daya dan waktu dalam penanganan pelayanan kepada tamu. 3. Menghasilkan laporan-laporan dan informasi yang akurat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful