P. 1
ALAT PROSES

ALAT PROSES

|Views: 706|Likes:

More info:

Published by: Septian Yubil Sumurung Sihombing on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

NAMA KELAS B.

STUDY

: : : TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI

Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan. CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki  PERANGKAT INPUT 1. tuas kontrol. yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. ps2. . ALAT PROSES 1. Selanjutnya. hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM). Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port. cakram padat. maupun tetikus. usb dan wireless. maupun pita perekam. seperti cakram keras. Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. CPU CPU berfungsi seperti kalkulator. disket. angka. yaitu port serial. karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. seperti papan ketik. pemindai. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras.

yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.2. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. 3. disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll). dimana letak tombol ini terletak ditengah. Mouse Mouse adalah salah unit masukan (input device). Selain scanner untuk . Joy Stick biasanya berbentuk tongkat. Touchpad Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook. Joy Stick dan Games Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. 4. Dari memori komputer selanjutnya. Selain itu. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol. dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. 5.

gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video. Monitor berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis. 6. Kamera Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.  PERANGKAT OUTPUT 1. . Monitor Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Kamera ini dinamakan dengan Kamera dengan Digital kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file.

gambar ataupun grafik didalam media kertas. 3. Rekaman suara merupakan jenis output device yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan pelbagai peralatan audio message. kecepatan. baik ditinjau dari segi ukuran. harga. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai. kualitas ataupun teknik pengoperasiannya. . Printer Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan.2. Speaker Speaker merupakan media output yang berikut bagi komputer.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->