P. 1
hubungan-ilmu-politik-dengan-ilmu-lainnya

hubungan-ilmu-politik-dengan-ilmu-lainnya

|Views: 143|Likes:

More info:

Published by: Bonar Sang Penghibur on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2013

pdf

text

original

HUBUNGAN ILMU POLITIK DENGAN ILMU LAINNYA

Maulana Mukhlis, S.Sos. M.IP.
Maulana.mukhlis@unila.ac.id

Pengantar
Prinsip-prinsip ilmiah dalam ilmu alam adalah berarti prinsip “resonable conduct” yaitu ‘the manner in which a typical contemporary scientist deal with his problems of research”, atau prinsip-prinsip yang sudah diterima secara umum dalam ilmu ilmu alam, seperti ketika ilmuwan ilmu alam dihadapkan pada gejala yang harus dijelaskannya

1

Sama-sama menelaah negara.Hubungan Ilmu Politik & Sosiologi Baik ilmu sosiologi maupun ilmu politik sebagai ilmu yang berusaha mengupas fakta-fakta yang terjadi dalam masyarakat. sumber-sumber keabsahan politik Ilmu Politik & Ilmu Sejarah Mempelajari peristiwa masa lampau baik menyangkut sebab-sebabnya serta hubungan antar peristiwa. bagaimana suatu peristiwa terjadi serta akibat-akibat yang ditimbulkannya. Ilmu politik melihatnya sebagai asosiasi tertinggi. Sosiologi melihat negara sebagai organisasi pengendali sosial. pengendalian sosial serta pola pengorganisasian secara politis. Membantu ilmu politik dalam memprediksi masa depan yakni mengapa suatu peristiwa terjadi. 2 . Sosiologi banyak memberi kontribusi terhadap ilmu politik dalam penajaman analisis : Membantu ilmu politik dalam memahami latar belakang struktur dan pola kehidupan sosial terutama kaitannya dengan pengambilan keputusan. Membantu memahami ilmu politik dalam ragka mengetahui sumber-sumber kewenangan politik.

demokratisasi. dll Pengembangan metode penelitian partizipant observer Ilmu Politik dengan Filsafat Mengkaji secara sistematis dan rasional dalam mencari jawaban atas persoalan yang menyangkut alam dan kehidupan manusia. Membant ilmu politik menyangkut hakekat manusia. nasionalisme. nilai-nilai ideal bagi kehidupan negara/pemerintah. kolonialisme. Membantu Ilmu politik : Untuk memahami kondisi masyarakat terutama di negara-negara berkembang yang sedang mengalami perubahan terkait dengan konsep modernisasi.Ilmu Politik & Antropologi Budaya Fokus analisisnya menyelidiki aspek kultural dari setiap hidup bersama. Membantu ilmu politik menyangkut moral dan etika 3 . hubungan elite dengan massa.

Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Sama-sama menganalisis negara dan komponenanya.Ilmu Politik & Psikologi Sosial Cabang psikologi yang meneliti perilaku manusia sebagai individu dalam kaitannya dengan situasi sosial (mengamati tingkah laku seseorang yang dipengaruhi situasi sosial). Ilmu Politik dapat dibantu dalam memahaminya secara normatif. 4 . Membantu ilmu politik : Menjelaskan gejala-gejala politik dan motif-motif politik yang menjadi dasar setiap proses politik Dalam menganalisis tentang siapa yang paling berkuasa dalam proses politik Pengaruh pemimpin informal dalam pembuatan keputusan politik Mengetahui sikap masyarakat terhadap hal-hal yang baru dan bagaimana situasi yang ada.

M.mukhlis@unila.Sos. Membantu ilmu politik : Pengambilan keputusan terutama menyangkut pembangunan ekonomi nasional Penggunaan pendekatan tingkah laku dalam menganalisis masalahmasalah politik PERKEMBANGAN & BIDANG KAJIAN ILMU POLITIK Maulana Mukhlis. Maulana. S.IP.Ilmu Politik dengan Ilmu Ekonomi Menelaah sesuatu yang berkaitan dengan faktor kelangkaan sehingga berorientasi pada kebijakan rasional.ac.id 5 .

perbandingan lembaga-lembaga politik) Partai politik. teori politik yang membahas fenomena dan fakta politik) Lembaga-lembaga politik (konstitusi.Perkembangan Ilmu Politik Bidang Kajian Ilmu Politik Teori Politik (filsafat politik. ideologi. golongan dan pendapat umum Hubungan internasional (politik internasional. teori politik sistematis. pemerintah. organisasi dan administrasi internasional. hukum internasional) KONSEP-KONSEP DALAM ILMU POLITIK 6 .

Fokus utamanya pasa sasaran.TEMA (PENDEKATAN) DALAM POLITIK Menurut David E Apter SOSIAL (PUBLIK) PERKEMBANGAN FILSAFAT POLITIK KELUARGA STRUKTURALISME KELEMBAGAAN PEMERINTAH KEMAJEMUKAN TINGKAH LAKU INDIVIDU DESKRIPSI SINGKAT PENDEKATAN POLITIK FILSAFAT POLITIK Adalah kajian masalah nalar/logika yang dikaitkan dengan masalah-masalah kemanusiaan. pertukaran peran apa yang terjadi dan bagaimana pola pertukaran itu terjadi. industrialisasi. konsepsi mengenai justifikasi moral dan etis dari demokrassi Adalah bagaimana lembaga-lembaga dapat mewujudkan tujuan moral dan bagaimana lembaga mengatur kehidupan masyarakat melalui alat politik. dan perubahan serta dampak dari faktor tersebut terhadap bentuk & kebijakan pemerintahan. struktur-struktur. tujuan moral. Fokus perhatiannya adalah bagaimana manusia bertingkah laku dan apa motivasi dari tingkah laku mereka Merupakan penggabungan dari paham kelembagaan dan paham tingkah laku. Tema kajiannya adalah bagaimana pembagian kehidupan sosial dalam kelas-kelas. serta hubungan antara individu dengan masyarakatnya Adalah bagaimana terjadinya proses pertumbuhan. Yaitu bagaimana kelompok-kelompok saling bekerja sama dan persaingan dan bagaimana efeknya terhadap penampilan demokrasi. KELEMBAGAAN TINGKAH LAKU PLURALISME STRUKTURALISME PERKEMBANGAN 7 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->