P. 1
TANAMAN DAN HEWAN BERKHASIAT OBAT

TANAMAN DAN HEWAN BERKHASIAT OBAT

|Views: 1,328|Likes:
Published by daitrims1

More info:

Published by: daitrims1 on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2015

pdf

text

original

Hibiscus rosa- sinensis L.

(Kembang Sepatu)

Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Ordo Suku Marga Spesies : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Malvales : Malvaceae : Hibiscus : Hibiscus rosa-sinensis L.

Tanaman ini tersebar di berbagai daerah dan Negara. Di Perancis tanaman ini disebut dengan Rose de Chine, di Jerman disebut Chinesische Rose, di Inggris disebut Chinarose. Di Sumatera sering dikenal sebagai bungong raja, bungabunga, soma-soma, bunga raja. Di Jawa disebut dengan uribang, kembang wera, wora-wari, bunga rebhang, mandhaleka. Di Nusa Tenggara disebut pucuk, waribang. Di Sulawesi di sebut amburanga, embuhanga, kuyanga, ulango, bunga bisu, bunga sepatu. Di Maluku disebut hua hualo, ubo-ubo. Di Irian disebut dioh, gerasa, kando. Akarnya berupa akar tunggang dan berwarna cokelat muda. Tinggi batangnya ± 3m, bulat, berkayu, keras, diameter ± 9cm, masih muda berwarna ungu setelah tua putih kotor. Daun Hibiscus rosa-sinensis merupakan daun tunggal berwarna hijau kecokelatan dan tersusun spiral, helaian daun berbentuk bundar telur, panjang helaian daun 3,5 - 9,5 cm, lebar 2,0 - 6,0 cm, ujung daun meruncing, tepi daun bergerigi kasar, tulang daun menjari, tangkai daun panjang 1,0 - 3,7 cm. Bunganya berbentuk lonceng dengan tangkai sari panjang. Bunga dari berbagai jenis kultivar dan hibrida biasanya berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis). Mahkota bunganya dapat berwarna putih, merah jambu, merah tua, kuning, ungu, atau campuran. Bunganya berukuran besar dan tidak berbau. Bunga berbentuk terompet dengan diameter bunga sekitar 5 cm. hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke

samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur. Buahnya kecil, lonjong, diameter ± 4mm, masih muda putih setelah tua cokelat. Bijinya terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima, pipih, berwarna putih. Khasiatnya adalah sebagai antiradang, antivirus, antipiretik, diuretik, menormalkan siklus haid, menghentikan pendarahan, ekspektoran. Bagian yang digunakan adalah bunga dan daun baik yang segar atau yang dikeringkan dan juga bagian akar. Kandungan Kimia tanaman ini adalah: 1. Daun : flavonoida, saponin, polifenol, taraxeryl acetat, kalsium oksalat, peroksidase, lemak dan protein 2. Bunga : flavonoida, polifenol, cyanidin-diglucoside, hibisetin, zat pahit, dan lendir 3. Akar : flavonoida, tanin dan saponin

Kegunaannya antara lain sebagai berikut: 1. Akarnya berkhasiat menyejukkan dan menurunkan panas demam yang keras. 2. Akar Hibiscus rosa-sinensis jika dicampur dengan akar Hibiscus tiliaceus dan akar bahar putih bila digosokkan dan dimakan akan menyembuhkan rasa menusuk-nusuk pada lambung. 3. Daun berlendir,menyejukkan dan dapat mematangkan bisul 4. Daun kembang sepatu ini dapat digunakan sebagai obat demam pada anakanak, obat batuk, dan obat sariawan 5. Daun digunakan untuk membantu persalinan,diminum mempercepat kelahiran 6. Daun dan bunga yang dilumatkan dipakai sebagai obat bisul dan borok 7. Daun atau bunga ditambah sedikit air dan gula batu diembunkan selama satu malam dan rendamannya diminum sebagai obat pereda pada penyakit kencing bernanah (gonorrhoe) 8. Bunga jika dilumatkan dan diminum, berfungsi untuk memperlancar haid

. Cara pakai untuk obat yang diminum adalah dengan merebus bunga kering (3-9 g) atau bunga segar (15-30 g) atau daun 15-30 g. Bunga dapat dipakai sebagai bahan pewarna makanan. misal mewarnai cuka nira enau (aren) menjadi merah.9.

minyak atsiri kumarin. Tanaman ini berkhasiat sebagai stimulan. wedusan dus wedusan. weru. ki bau. daun tombak .Ageratum conyzoides L. dan potassium klorida. Di Jawa disebut dengan babadotan. dus bedusan. Ciri-cirinya batang bulat dan berambut panjang. peluruh kencing (diuretik). organacid. siangik kahwa dan rumput tahi ayam. berokan. malaria. siangit. (Bandotan) Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Ordo Suku Marga Spesies : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Asterales : Asteraceae : Ageratum : Ageratum conyzoides L. tannin. pectic sub-stance. Tanaman ini juga di kenal di beberapa negara lain dengan debutan Sheng hong ji (Cina). lawet. tombak jantan. Bagian akar mengandung minyak atsiri. alkaloid dan kumarin. Di beberapa daerah. . Bagian yang digunakan biasanya seluruh tanaman atau akar. r. friedelin. tonik. Herbanya mengandung asam amino. jukut bau. white leed dan bastard agrimony (Inggris). leutik. billy goat weed. influenza. rukut manooe. dan peluruh kentut (karminatif). sulfur. b. menghentikan pendarahan (hemostatis). menghilangkan pembengkakkan. b. arganda dan sahadevi (India dan Pakistan ). beureum. b. bisa berupa herba segar atau yang telah dikeringkan. bandotan. dan tempuyak. dan sopi. babandotan. stigmasterol. hejo. peluruh haid (emenagog). Daun bandotan juga dapat digunakan sebagai insektisida nabati. Tumbuhan ini mampu hidup di ketinggian 1-2100 meter dpl. antitoksik. tumbuhan ini dikenal juga dengan nama babandotan. -siatosterol. Sedangkan di Sulawesi dikenal dengan dawet. Di daerah Sumatera dikenal dengan nama bandotan. pereda demam (antiperik).

. lalu tumbuk sampai halus. Sedangkan penggunaan herba pada perawatan rambut dilakukan dengan cara mencuci daun dan batang bandotan segar sampai bersih. Untuk malaria dan influenza. saring dan minum sekaligus. lakukan 2 kali sehari. biarkan selama 2-3 jam. Bilas rambut dengan air hangat dan keramas sampai bersih. setelah dingin. rebus 15-30 g herba bandotan kering dalam 2 gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas.Cara pakainya antara lain sebagai berikut: 1. Oleskan hasil tumbukkan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan kain. 2. Lakukan perawatan ini 1-2 minggu sekali.

Urang aring tumbuh subur di areal terbuka yang banyak mendapatkan sinar matahari dan tanahnya agak basah. orang-aring (Jawa). dibuat minyak. penyakit kulit. Selain untuk menumbuhkan rambut. Seluruh tanaman diatas tanah. seduh (infus). Tumbuhan yang berkhasiat menyuburkan rambut dan mendinginkan kepala ini mengandung alkaloid. di Sumatera tanaman ini disebut dengan daun sipat dan keremak janten (Melayu). urang-aring juga berkhasiat untuk mengobati batuk. dipanen pada waktu berbunga. Selain di Indonesia tanaman ini juga dikenal di negara luar dengan nama Mo han lian dan han lian cao (Cina). pinggir jalan. atau halaman rumah. dan teleneyan (Madura). digigit serangga. luka berdarah. Diberbagai daerah di Indonesia tanaman ini dikenal dengan berbagai nama berbeda. (Urang-aring) Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Ordo Suku Marga Spesies : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Asterales : Asteraceae : Eclipta : Eclipta prostrata L. aring-aring rumput beu dan kurumak jantan (Malaysia). dikeringkan lalu direbus. . antitoksik. dan triterpenoid saponin. Diantaranya. ajagaro (Sanskrit). nikotin. serta bhringraja (India). diare. seperti di selokan. bubuk (powder) dan tincture. antipiretik.Eclipta prostrata L. phytosterol. antibakteri. keputihan. isoflavonoid. Sedangkan di Maluku dikenal dengan daun tinta (Banda). tonik. ekliptin. nho noi dan nha cha chat (Vietnam). Di Jawa dikenal dengan goman. Tanaman ini juga berkahsiat menyehatkan organ hati dan ginjal menghentikan pendarahan. dan gusi bengkak.

minum airnya setelah dingin. Sedangkan untuk pengobatan gusi bengkak dan gigi berlubang yaitu panggang herba urang-aring segar ingá kering. alau ditim. . hancurkan hingga menjadi serbuk.Cara pemakaian untuk pengobatan keputihan adalah dengan cara merendam herba urang-aring segar (30 gr) dalam kaldu ayam. Taburkan serbuk ini ke bagian tubuh yang sakit.

tepi jurang dan tempat-tempat teduh lainnya yang berhawa dingin. Kandungan klimia dari tanaman ini adalah alkaloid. dan radang amandel (tonsilitis). akar keluar pada percabangan. Selain . Tumbuhan tegak. Umumnya dipakai dalam keadaan kering.Selaginella doederleinii (Cakar Ayam) Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Lycopodiophyta : Lycopodiopsida : Selaginellales : Selaginellaceae : Selaginella : Selaginella doederleinii Nama daerah dari tanaman ini ini adalah rumput solo dan cemara kipas gunung. masing-masing 1 gelas sebelum makan. anti racun. ujungnya meruncing dan tersusun di kiri dan kanan batang induk sampai ke percabangannya. Penggunaan utamanya adalah untuk penyakit kanker rahim. lebar 2 mm. Di Cina tanaman ini dikenal dengan nama shi shang be. tinggi (15-35) cm. Penggunaan untuk penyakit lain yaitu batuk. bentuknya jorong. panjang 4-5 mm. phylosterol. Sifatnya manis dan hangat. Cakar ayam termasuk jenis tumbuhan paku-pakuan yang banyak tumbuh di tebing. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. lalu diminum sehari 3 kali sebelum makan. Daunnya kecilkecil. paru. masing-masing 1 gelas. radang paru. menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya. dan antibengkak (antioedem). Diminum setelah dingin 3 kali sehari. menghentikan pendarahan (hemostatik). Khasiatnya sebagai penurun panas. anti kanker (antineoplastik). batangnya ada yang berbaring dan ada yang berdiri tegak. bercabang menggarpu. dan saluran pernapasan. dan saponin. Penggunaannya dengan cara merebus 60 gram herba cakar ayam kering selama 3-4 jam dengan api kecil. Penggunaannya dengan cara merebus 30 gram herba cakar ayam.

itu juga digunakan sebagai penghilang rasa panas dan lembab. memperlancar aliran darah. . dan anti radang. antitoksik.

Pelepah daun membentuk batang semu. di dalamnya putih atau putih kebiruan. 43-80 cm atau lebih. Pertulangan menyirip. yakni setinggi dua meter. lunak. berwarna hijau coklat tua. sedangkan di pangkal tumpul. berbulu . di bagian ujung meruncing.Curcuma zedoaria (Temu Putih) Kerajaan Divisi Subdivisi Class Bangsa Suku Marga Spesies : Plantae : Spermatophyta : Angiospermae : Monocotylodonae : Zingiberales : Zingiberceae : Curcuma : Curcuma zedoaria Temu putih banyak ditanam di ladang dan merupakan tumbuhan semak tinggi. Batang sesungguhnya berupa rimpang yang bercabang di bawah tanah. Tumbuh di daerah tropis. lonjong. Herba setahun. hijau atau hijau dengan bercak coklat ungu di tulang daun pangkal. berwama coklat muda coklat tua. bentuk memanjang lanset 2. Daun tunggal. Panjang daun bisa mencapai 0. 750 m dpl. ujung runcingmeruncing. Batang di dalam tanah membentuk rimpang berwarna hijau pucat. dapat lebih dari 2 m. berambut tidak nyata. berbentuk silindris.5 kali lebar yang terlebar. memiliki umbi bulat dan aromatilc. Batangnya semu. helaian 2-9 buah.6-1 meter dan lebar 10-20 sentimeter. tipis.

Benang sari 1 buah. putih kemerahan. dan polifenol. memulihkan gangguan pencernaan makanan. Daun dan rimpang Curcuma zedoaria yang biasa digunakan untuk obatobatan mengandung saponin. limpa. Bibir bibiran membulat atau bulat telur terbalik. tangkai 3 5 x 2-4 mm. tangkai putik panjang dua sentimeter.5 sentimeter. spatha dan brachtea. tinggi rata-rata 4. 3 -4 cm. 6 mm. Benang sari melekat pada mahkota dengan panjang sekitar 0. bagian tengah merah atau coklat kemerahan. . 14-18 x 14-20 mm.5cm.halus. hijau dan bergaris ungu. ujung 2 lobe. putih atau kekuningan. Daun pelindung berjumlah banyak. tengah kuning atau kuning jeruk. Khasiatnya antara lain adalah untuk pelega perut. bulat telur terbalik. atasi kista. kuning terang. Bisa diminum dan dicampur sedikit gula agar rasanya enak.5-3. Sifat-sifat ini akan menguatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap virus maupun sel kanker. antikanker. tidak datang haid. Campurkan ke dalam air panas mendidih agar melarut dengan sempurna. panjang 7-15 sentimeter. tangkai berambut. flavonoida. di ketiak daun. pembersih darah setelah melahirkan. tidak sempuma. Setelah itu diperas dan disaring. 12-16 x 10-115 mm.diketiak rimpang primer. kepala sari putih.5 cm mahkota lonjong panjang 7-15 sentimeter. umbinya yang mengandung saponin. nyeri waktu haid. Bunga majemuk. meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker (natural killer) dan sintetis antibodi spesifik. Ekstraknya akan memperbanyak jumlah limfosit. Bunga majemuk susunan bulir. sakit perut. flavonoid. Kelopak 3 daun. kuning atau putih. rata-rata 3-8 x l. Selain itu juga mengandung Ribosome Inacting Protein (RIP). Mahkota: 3 daun. Temu putih memiliki sifat antikanker lewat kerja imunomodulator. dan polifenol dapat diparut terlebih dahulu. rasa penuh dan sakit di dada. Untuk mengolahnya menjadi obat. dan zat anti-oksidan.. dll.

Selain itu. Vietnam. Thailand. khususnya Asia Tenggara. curah . India. Habitat asli tanaman ini adalah wilayah Asia. Filipina. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo Malaysia. Kunyit dapat tumbuh di berbagai tempat. Di berbagai daerah di Indonesia sendiri tanaman ini dikenal dengan berbagai nama diantaranya adlah temu kuning (Jawa). Taiwan.Curcuma domestica (Kunyit) Kerajaan Divisi Kelas Subkelas Ordo Familia Genus Spesies : Plantae : Magnoliophyta : Liliopsida : Zingiberidae : Zingiberales : Zingiberaceae : Curcuma : Curcuma domestica Kunyit (Curcuma domestica) merupakan salah satu tanaman rempah sekaligus tanaman obat-obatan. Cina. di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 200 m diatas permukaan laut. ataupun ditanam di pekarangan rumah. dan kunyir (Lampung). tumbuh liar di ladang. kunyit dapat tumbuh dengan baik ditanah yang baik tata pengairannya. koneng (Sunda). Australia bahkan Afrika. Di Inggiris tanaman ini dikenal dengan nama tumeric dan di Belanda disebut kurkuma. dihutan (misalnya hutan jati).

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat yang disebut kurkuminoid. mempelancar ASI b. terdapat dalam tanah. Obat Luar : gatal gatal. rasa agak getir (agak pedas. Berbau khas aromatik. sesak nafas. agak pahit). antimikroba (broad spectrum). sebaiknya ditanam ditanah lempung berpasir. anti rheumatoid arthritis (rematik). usus buntu. keputihan. Desmetoksikurkumin dengan kandungan 1 5 % 3. gusi bengkak. Kurkumin dengan kandungan 10 % 2. Secara umum kunyit berupa terna parenial. Obat Dalam : panas dalam. zingiberen 25 %.1. tingginya 0. anti kolesterol. bercabang banyak. anti tumor (karena mengandung apostosis untuk hormone dependent and independent dan dose independent). tumeon 60 %. turmeron. atau ditempat dengan sedikit kenaungan. Kegunaannya dapat dilihat sebagai obat tradisional dan obat modern sebagai berikut: 1. feladeren. anti HIV. dan berwarna hijau kekuningan. borneol. untuk mendapatkan rimpang kunyit yang besar. amandel. anti inflamasi. haid tidak lancar. silindris. Kurkuminoid terdiri atas : 1. obat borok (sebagai antiseptik dan antibakteri). tumbuh membentuk rumpun. dan sineil ) . antioksidan. Obat Modern Kurkumin dan minyak atsiri berfungsi untuk pengobatan hepatitis. bengkak. dan bagian dalamnya berwarna kuning jingga. sabinen. tebal dan berdaging seperti gasing.00 m. Caranya dengan dibakar lalu dihirup atau dapat juga dikonsumsi dalam bentuk perasan (filtrat) 2. eksim. diabetes mellitus. tegak. Obat tradisional a. Namun. Akar serabut berwarna coklat muda.hujannya cukup banyak (2000 mm 4000 mm). Batang atau rimpang kunyit seperti umbi. diare (disentri). tifus. Bisdesmetoksikurkumin berupa minyak atsiri (terdiri dari keton sesquiterpan. Batang semu. berak lender.75 m .

saponin. damar.Selain itu. kalsium). pati 8 %. fosfor. vitamin C 45 % 55 %. flavanoid. protein 30 %. garam-garam mineral (zat besi. kunyit juga mengandung lemak 1 3 %. karbohidrat 3 %. dan poliferol. . tanin.

Citrus aurantifolia (Jeruk Nipis) Kingdom Ordo Divisi Subdivisi Kelas Famili Genus Spesies : Plantae : Rutales : Spermatophyta : Angiospermae : Dicotyledonae : Rutaceae : Citrus : Citrus aurantifolia Tanaman jeruk merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. bukan dari ukuran buahnya. aluvial. Jeruk nipis tumbuh pada ketinggian tempat 200 m .000 mm . . curah hujan tahunan 1. Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan berbagai nama yang berbeda yaitu: Kelangsa (Aceh). Sejak ratusan tahun yang lalu.500 mm/tahun. Tekstur kulit perlu diperhatikan. penyinaran sedang.30oC.1300 m di atas permukaan laut. kejernihan dan tekstur kulit. kualitas jeruk nipis diketahui dari warna. semakin tipis kulitnya semakin banyak kandungan airnya. dan andosol. Jenis tanah yang digunakan untuk tumbuhnya jeruk nipis adalah latosol. kelembaban sedang-tinggi. suhu udara 20oC . Jeruk nipis (Sunda). Jeruk nipis selalu tersedia di sepanjang tahun. jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau dibudidayakan. Jeruk nipis berukuran kecil dan sedang biasanya memiliki kulit lebih tipis daripada berukuran besar. Jeruk alit (Nusa Tenggara).1. Jeruk pecel (Jawa).

kedalaman air tanah 40 cm . 3. 2. menghilangkan dahaga. seperti poncirin. drainase baik. keasaman (pH) 4-9. Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool. Buah jeruk nipis berkhasiat mengatasi: 1. juga mengandung flavonoid. obat batuk. peluruh keringan dan membantu proses pencernaan. asam. Disamping itu juga mengandung asam sitrat. Buah masak mengandung synephrine dan N-methyltyramine. . demam. rhoifolin dan naringin. sedikit dingin dan berkhasiat untuk menghilangkan sumbatan vital energi. menghilangkan slem. menurunkan kolesterol dan lain-lain. selain itu. hesperidine. kalsium. batu empedu.tekstur lempung berpasir dan lempung liat. Menghilangkan ketombe. B1 dan C. panas. Batuk rejan. besi dan vitamin A. malaria. peluruh kencing (diuretik). sebagai antiosidan. menunda penuaa n.170 cm dari permukaan tanah. melancarkan pencernaan meningkatkan daya tahan tubuh. kesuburan sedang-tinggi. bronkhitis menahun/kronis. fosfor. haid yang tidak teratur. Selain itu buah jeruk nipis yang rasanya pahit. peluruh dahak (mukolitik).

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol).5 . anti jamur.5 . tumbuh berselangseling.8 cm dan lebar 2 . dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 . diatase. Batang sirih berwarna coklat kehijauan. mengeluarkan dahak . sariawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan. menyembuhkan luka pada kulit. bronchitis.6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1. keputihan.Piper betle L. bau . Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang.berbentuk bulat. gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan.5 cm. bulat dan berwarna coklat kekuningan. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. demam berdarah. dan menghentikan perdarahan. bertangkai. seskuiterpen. Akarnya tunggang. antioksidasi dan fungisida. Kegunaannya antara lain untu menghilangkan batuk. pati. (Sirih) Kerajaan Divisi Kelas Ordo Suku Marga Spesies : Plantae : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Piperales : Piperaceae : Piper : Piper betle Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. dan gangguan saluran pencernaan. beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. sakit gigi karena berlubang (daunnya). jerawat. Selain itu juga bersifat mengerutkan. berujung runcing.3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1. hemostatik. meluruhkan ludah.

radang tenggorokan (daun dan minyaknya). Kegunaannya pada pemakaian luar antara lain untuk eksim. sakit mata. mimisan. pendarahan gusi. menghilangkan gatal Cara pemakaiannya untuk obat hidung berdarah.mulut. haid tidak teratur. bisul. mengurangi produksi ASI. . digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. gusi bengkak (getahnya). luka bakar. kurap kaki. dicuci. asma. koreng (pyodermi). dipakai 2 lembar daun segar Piper betle.

kedua permukaan daun berambut halus. tinggi mencapai 1 m. muntah darah (hematemesis). Bunga merupakan bunga majemuk. beunghar kucicing. percabangan banyak. mempermudah persalinan. beralur dan berambut. berbau tajam. duduk berseling. menstruasi tidak teratur. Warna daun hijau.Tinospora krispa (Brotowali) Kerajaan Divisi Kelas Ordo Suku Marga Spesies : Plantae : Spermathophyta : Dicotyledonae : Euphorbiales : Euphorbiaceae : Tinospora : Tinospora krispa Di Sumatera tanaman ini dikenal dengan nama baru cina. tegak. Di Jawa dikenal dengan nama daun manis. Tanaman ini termasuk tanaman menahun. di bagian bawah warna lebih putih. perdarahan usus (rectal haemorrhgia). Perbanyakan dapat dengan stek atau biji. mencegah keguguran (Threatened abortion). berasal dari Cina. Daun berbentuk bulat-telur dengan tepi berbagi menjari ujung meruncing. Di Maluku di kenal dengan kolo. brobos krebo. pergerakan janin berlebihan. cam cao. . warna kuning muda berbentuk bonggol tersusun dalam rangkaian berbentuk malai yang tumbuh menunduk. jenis yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat. berambut halus. Kegunaannya untuk mengobati menstruasi berlebihan (banyak). Tanaman ini terdapat sampai 3. susah punya anak. Bagian yang dipakai adalah daun atau seluruh tanaman. suket gajahan. keputihan. disenteri. jukut lokot mala. Tanaman ini merupakan herba setengah berkayu. kecil-kecil. sakit pada menstruasi (Dysmenorrhea).000 m di atas permukaan laut. tumbuh liar di hutan dan di ladang. goro-goro cina. daun sudamala. menyenangi tanah yang cukup lembab dan tanah yang kaya humus. mimisan (epistaxis). keluar dari ketiak daun dan ujung tangkai.

cineole. berberin. pedas. hangat.karyophyllene. dan ridentin. 1-quebrachitol. thujvl alkohol). zat pahit pikroretin. melancarkan peredaran darah. bisul. . alfa-amirin. Untuk mengobati Verruca vulgaris (kutil).30 gram daunnya kemudian diminum. pati. rasa tidak enak di lambung (yang terbanyak). Efek farmakologisnya dapat menghilangkan rasa dingin. paru dan limpa. palmatin. A. mengatur menstruasi. Akar dan batangnya mengandung inulin (mengandung artemose). Untuk pemakaian luar biasanya untuk mengobati nyeri persendian (arthralgia). eczema. Sifat kimiawi dari tanaman ini adalah rasa pahit. yomogi alkohol. menghilangkan sakit. dengan cara memanaskan titik-titik akupunktur. Tanaman ini memiliki efek samping. gatal-gatal (pruritus). yang hilang bila memakai minyak daun A. argyi dilumatkan kemudian ditempelkan ke tempat kelainan beberapa kali sehari. argyi mempunyai keluhan mulut kering. dehydromatricaria ester. mencegah keguguran. terpinen-4-ol. cabang kecilnya mengandung oxytocin. muntah. mencret dan pusing. cadinene. pkroretosid. selama + 30 hari. Kandungan kimianya adalah alkaloid. glikosida. Herba ini masuk meridian ginjal. Dipakai sebagai moxa. minyak menguap (Phellandrene. fernenol. dammar lunak. menghentikan perdarahan (hemostatic). mual.Untuk pemakaian dalam biasanya dengan cara merebus 10 . argyi. beta. harsa. yaitu 30% pasien yang memakai rebusan daun A.

Karena sumbernya bermacammacam. Penggunaan propolis sebagai obat sebenarnya sudah dilakukan sejak abad ke 12. Propolis adalah sejenis resin yang karena bentuknya lengket seperti lem. maka warna. juga memakainya sebagai perekat pada pembuatan kano. propolis memiliki efek bakterisidal terhadap Bacillus subtilis. Hal inilah yang mendasari digunakannya propolis sebagai antibiotik. Kemudian dilakukan berbagai penelitian mengenai efek antibiotik propolis terhadap berbagai mikroba. komposisi. Bagi lebah sendiri propolis berfungsi melindungi seluruh sarang dan tempat lebah ratu menyimpan telurnya dari hama yang menyebabkan kebusukan telur-telurnya yaitu Bacillus larvae. . kemudian resin ini bercampur dengan saliva dan berbagai enzim yang ada pada lebah sehingga menjadi resin yang berbeda dengan resin asalnya. propolis bisa berwarna kuning sampai coklat tua. Propolis sebenarnya dihasilkan lebah dengan cara mengumpulkan resin-resin dari berbagai macam tumbuhan. Komposisi kimia propolis terdiri dari flavonoid yang meliputi hampir 50 % dari komposisi propolis. asam kafeat. dan mineral dalam jumlah kecil. disebut sebagai bee glue. dan khasiat propolis bisa bervariasi.Aphis melliferai (Lebah) Kingdom Filum Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Animal : Arthropoda : Hexapoda atau Insecta : Hymenoptera : Apidae : Aphis : Aphis melliferai Sarang lebah dapat digunakan sebagai obat karena mengandung propolis. orang-orang Yunani dan Romawi telah menggunakan propolis untuk mengobati bengkak. bahkan ada yang transparan. Hasil penelitian yang dimulai Karimova sejak tahun 1975 terhadap Bacillus de koch dan kemudian diikuti peneliti-peneliti lain menunjukkan. asam ferulat. Orang mesir selain menggunakan propolis sebagai obat.

Kelebihan propolis dibanding antibiotik lainnya adalah efek sampingnya yang kecil. Streptomyces sobrinus. Sedangkan bila diberikan peroral tidak ada efek samping yang terjadi. Propolis hanya membunuh kuman penyebab penyakit saja sedangkan mikroba yang berguna seperti flora usus tidak terganggu oleh propolis. propolis sebagai antibiotik memiliki selektifitas yang tinggi. Antibiotik seperti penisilin dapat menimbulkan resistensi karena bakteri bisa memperbaharui diri menjadi lebih kebal terhadap penisilin. Botrytis cinerea dan Ascosphaera apis. Asam ferulat juga bersifat aglutinating (berperan dalam pembekuan darah). Klebsiella pneumoniae. Zat ini efektif terhadap bakteri gram positif dan negatif. Satu-satunya efek samping yang terjadi dan itu pun jarang yaitu timbulnya reaksi alergi bila digunakan secara lokal. Aspergillus niger. Tetapi bakteri ataupun virus tidak bisa menjadi kebal terhadap propolis. Selain itu. Streptomyces. selain itu juga efektif sebagai fungisida pada Candida albicans. Kelebihan lain yaitu tidak menimbulkan resistensi. Escherichia coli.Staphylococcus aureus. Saccharomyces cerevisiae. . Salmonella dan Shigella. Bacteroides nodocuc. Giardia lambia. sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka dan diberikan dalam bentuk salep. Streptococcus. Zat aktif yang diketahui bersifat antibiotik pada propolis adalah asam ferulat.

Di Kudus dan beberapa daerah di Indonesia. Zn.4 g 6. dan Iodium Kandungan nutrisi 83 kal 12.2 g 0. keong mas merupakan makanan yang cukup bergizi. jenis keong ini merupakan sumber makanan dengan cara direbus atau diberi bumbu rica-rica. kemudian aktif kembali jika tanah diairi. Mn.2 g 61 mg 40 mg 17 mg 12 mg 1. Cu.Pomacea canaliculata (Keong Mas) Kingdom Filum Kelas Ordo Famili Genus Spesies : Animal : Mollusca : Gastropoda : Architaenioglossa : Ampullariidae : Pomaceae : Pomacea canaliculata Habitat keong mas biasanya di kolam. Keong mas mengandung protein yang cukup tinggi. rawa.6 g 3. Mereka bisa berdiapause selama 6 bulan. saluran air dan areal yang selalu tergenang. Dari hasil uji proksimat dapat diketahui bahwa kandungan protein bisa mencapai 16-50 persen. Kandungan nutrisi keong mas per 100 gram adalah sebagai berikut: Zat nutrisi Energi makanan Protein Lemak Karbohidrat Abu Fosfor Kalium Natrium Ribovlavin Niacin Kandungan lainnya: vit C. Mereka mengubur diri dalam tanah yang lembab selama musim kemarau. sawah irigasi.8 mg Dalam jumlah kecil . Sebagai sumber protein.

Selain itu lendir keong mas juga dapat digunakan sebagai obat luka karena mengandung iodium yang bersifat antiseptic. . Keong mas dipercaya oleh masyarakat dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning ataupun liver.Selain sebagai makanan. keong mas juga berfungsi sebagai bahan obat.

TANAMAN DAN HEWAN BERKHASIAT OBAT OLEH: NAMA NIM KELAS : Tri Maryanti : 0711015206 :A UP. FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA 2009 .

2008. 2009.com. Keong Mas Sumber Pakan dan Obast-Obatan.com. (http:// www. (Online). (Online).jamitra. (Online). diakses 29 Mei 2008) (http://tanamanherbal.com. 2008. diakses 29 Mei 2008) Anonim. (http://anekaplanta. Anonim. (http://www. diakses 31 Maret 2009) Anonim. 2007. 2007.DAFTAR PUSTAKA Anonim.binaapiari.wordpress. (http://toiusd. (Online).com. (Online). Kediaman Lebah Sebagai Antibiotik dan Kanker. diakses 21 Maret 2009) . wordpress. Brotowali. diakses 29 Mei 2008) Anonim. Tanaman Obat Indonesia.multiply. Info Tanaman Herbal.com.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->