P. 1
kelainan pada jaringan

kelainan pada jaringan

|Views: 2,054|Likes:

More info:

Published by: sarah-fauzia-siregar-7134 on Mar 16, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

http://www.luc.edu/faculty/wwasser/dev/layer.

htm

.

and metabolism. ovaries. The organs involved in this system include the mouth. Quite simply. hair. and regulate body temperature. Endocrine System This system is made up of a collection of glands. your body uses this system to digest food so your cells can use it to make energy. There are ten major organ systems in the body. and testes. and nerves. The respiratory system does this through . Muscles are bundles of cells and fibers that work in a simple way: they tighten up and relax. stomach. eliminate waste products. Your brain uses the information it receives to coordinate all of your actions and reactions. When you eat. It is made up of organs such as the uterus. blood. penis. and lymphatics. These secretions help control moods. It receives and interprets stimuli and transmits impulses to organs. spinal cord. growth and development. blood vessels.http://www. concerned with circulating blood to deliver oxygen and nutrients to every part of the body.sciencenetlinks. coordinates. including the pituitary and thyroid glands. Muscular System This system is made up of muscle tissue that helps move the body and move materials through the body. It is made up of the brain. Reproductive System The human reproductive system ensures that humans are able to reproduce and survive as a species. nails. muscles move you. Digestive System The purpose of the digestive system is to turn the food you eat into something useful for the body. It is the body¶s delivery system. Nervous System The nervous system is the control center of the human body. each of which plays a different role in helping the body work. Circulatory System This system is made up of the heart.com/interactives/organsystem_resource. protect against disease. and sweat glands.html Organ Systems The human body is made up of several organ systems that all work together as a unit to make sure the body keeps functioning. It also functions to retain body fluids. as well as the ovaries and testes. and intestines. It regulates. Respiratory System The primary function of the respiratory system is to supply the blood with oxygen in order for the blood to deliver oxygen to all parts of the body. and controls a number of body functions by secreting chemicals into the bloodstream. Integumentary System This system consists of the skin. Its main function is to act as a barrier to protect the body from the outside world.

urinary bladder. and storing minerals. larynx. bronchi. Some fluid gets reabsorbed by your body but most gets expelled as urine. ureters. Urinary System The purpose of the urinary system is to filter out excess fluid and other substances from your bloodstream. and joints. and urethra. It consists of the nose. diaphragm. . producing blood cells.breathing. cartilage. Skeletal System The skeletal system provides the shape and form for our bodies in addition to supporting and protecting our bodies. and lungs. The organs found in this system are the kidneys. This system consists of bones. allowing bodily movement. trachea.

.

Beda Apoptosis dan Nekrosis Apoptosis dan nekrosis sama-sama merupakan proses kematian sel. Cancer Epidem. dan akan membentuk badan apoptosis. Schedin. Biomarkers and Prevention 1: 597-602. . Sedangkan sel yang mengalami nekrosis mengalami kehilangan integritas membran. R. Secara biokimia. apoptosis terjadi sebagai respon dari dalam sel. Y. Dengan mikroskop akan terlihat kromatin sel yang mengalami apoptosis terlihat bertambah kompak dan membentuk massa padat yang uniform. Sel yang mengalami apoptosis lisosomnya utuh. Membran sel yang mengalami apoptosis akan mengalami penonjolan-penonjolan ke luar tanpa disertai hilangnya integritas membran. Sedangkan sel yang mengalami nekrosis kromatinnya bergerombol dan terjadi agregasi. Pada apoptosis terjadi DNA fragmentasi non random sehingga jika DNA yang diekstrak dari sel yang mengalami apoptosis di elektroporesis dengan agarose akan terlihat gambaran seperti tangga (DNA ladder). Masalahnya. sedangkan nekrosis melibatkan sekelompok sel. Cell Biol. enzym-enzym yang terlibat dalam proses apoptosis mengalami perubahan atau inaktivasi. bagaimana kita membedakan apoptosis dengan nekrosis? Jika kita sedang meneliti. fragmentasi terjadi secara random sehingga pada agarose setelah elektrophoresis akan terlihat menyebar tidak jelas sepanjang alurnya (DNA smear). Sedangkan nekrosis terjadi karena trauma nonfisiologis. Sedangkan sel yang mengalami nekrosis akan dimakan oleh makrofag. Sedangkan pada nekrosis. Ben-Sasson. Sel yang mengalami apoptosis biasanya akan dimakan oleh sel yang berdekatan atau berbatasan langsung denganya dan beberapa makrofag. Sherman..J.J. Pada proses apoptosis terjadi aktivasi enzym spesifik untuk transduksi signal dan eksekusi. J. Thompson. sedangkan sel yang mengalami nekrosis terjadi kebocoran lisosom. Pada proses apoptosis dapat pula terjadi sintesis makromolekul baru. Y. Pada pemeriksaan histologi tidak terlihat adanya sel-sel radang di sekitar sel yang mengalami apoptosis. yang mungkin merupakan proses yang fisiologis. sedangkan pada nekrosis tidak disertai proses sintesis makromolekul baru. (1992) Identification of programmed cell death in situ via specific labeling of nuclear DNA fragmentation. Sedangkan pada nekrosis. terlihat respon peradangan yang nyata di sekitar sel-sel yang mengalami nekrosis. Daftar Pustaka: Gavrieli. (1992) Apoptosis in the genesis and prevention of cancer. Sedangkan pada proses nekrosis. Sedangkan sel yang mengalami nekrosis akan terlihat membengkak untuk kemudian mengalami lisis. H.A. Sel yang mengalami apoptosis terlihat menciut. Secara metabolis proses terjadinya apoptosis dapat diamati sedangkan nekrosis tidak. 119: 493-501.. bagaimana kita tahu sel yang kita teliti mati karena proses apoptosis atau nekrosis? Apoptosis adalah kematian sel per sel. and S. Strange and P. Bagi yang sedang meneliti bidang yang berhubungan dengan apoptosis dan nekrosis pastilah akrab dengan kedua kata ini.

.

jaringan saraf. Berdasarkan lapisan penyusunnya. a. dan kehilangan cairan. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi permukaan tubuh ( epitelium). 2) Epitel pipih berlapis banyak Jaringan epitel berlapis banyak disusun oleh lebih dari satu sel yang berbentuk pipih dan tersusun sangat rapat. yaitu: 1) Epitel pipih selapis Jaringan epitel pipih selapis disusun oleh selapis sel yang berbentuk pipih dan tersusun sangat rapat. Contoh: pada pembuluh darah. Jaringan Epitel Jaringan epitel terdiri atas sel-sel yang terikat satu sama lain. jaringan epitel pipih dibagi menjadi beberapa jenis. besar. dan terletak di tengah. pembuluh limfa. Epitel pipih Epitel pipih memiliki bentuk. b. dan terletak di dasar sel. nukleusnya bulat. ???? ltrasi. nukleusnya bulat. dan sekresi. dan jaringan otot. osmosis. nukleusnya bulat.Pada hewan tingkat tinggi (mamalia) dibedakan empat tipe jaringan dasar. Berdasarkan bentuk dan susunannya jaringan epitel dibagi menjadi tiga. Contoh: pada lambung. saluran pernapasan bagian atas. 1. Sel-sel epitelium terikat kuat satu sama lain oleh material yang berada di antara sel-sel. Epitel batang (silindris) Epitel batang berbentuk seperti batang. dan vagina. glomerulus. Berdasarkan lapisan penyusunnya. Adanya ikatan yang kuat tersebut memungkinkan jaringan epitel sebagai pelindung yang melindungi tubuh dari luka secara mekanik. dan ginjal. jaringan pengikat. epitel batang. yaitu jaringan epitel. Contoh: pada saluran kelenjar ludah dan uretra. jonjot usus. atau membatasi organ dengan rongga dalam tubuh (endotelium). c. Epitel kubus Epitel kubus berbentuk seperti kubus. yaitu epitel pipih. serangan mikroorganisme. 1) Epitel silindris selapis Jaringan epitel silindris selapis disusun oleh selapis sel yang berbentuk batang. dan terletak di tengah. alveolus. dan epitel kubus. Jaringan ini berfungsi dalam proses difusi. Contoh: pada kulit. membatasi antarorgan ( mesotelium). kantung empedu. rongga mulut. 2) Epitel silindris berlapis banyak Jaringan epitel silindris berlapis banyak disusun oleh lebih dari satu sel yang berbentuk batang. Fungsi jaringan ini adalah sebagai pelindung. maka epitel kubus dibagi menjadi: 1) Epitel kubus selapis .

Jaringan ikat longgar terdapat di . sangat tipis. Contoh pada kantung kemih. Contoh pada rongga hidung dan trakea d. Epitel transisional Epitel ini memiliki bentuk sel yang berubah-ubah dan berlapis-lapis. ‡ Serabut retikuler. Pada lapisan tengah selnya berbentuk kubus dan pada lapisan atas berbentuk pipih. Contoh: pada saluran kelenjar minyak dan kelenjar keringat pada kulit. yaitu: ‡ Serabut kolagen. bersifat tidak elastis. Akibatnya. Contoh: pada kelenjar tiroid. Jaringan Pengikat (Konektif) Jaringan ikat disebut juga jaringan penyokong atau jaringan penunjang. epitel ini nampak berlapis. tersusun dari kolagen. ‡ Serabut elastis. dan gerakan zat yang melewati permukaan. dan cairan ekstraseluler. Cairan ekstraseluler dan serabut disebut matriks. Jaringan ini berfungsi dalam sekresi dan absorpsi. Jaringan ikat longgar Ciri-ciri jaringan ikat longgar adalah sel-selnya jarang dan sebagian jaringannya tersusun atas matriks yang mengandung serabut kolagen dan serabut elastis. Berdasarkan struktur dan fungsinya jaringan ikat dibedakan menjadi berikut ini. gel. permukaan ovarium. dan lensa mata. Fungsi jaringan ikat adalah mengikat atau mempersatukan jaringanjaringan menjadi organ dan berbagai organ menjadi sistem organ serta menjadi selubung organ dan melindungi jaringan atau organ tubuh. Jaringan pengikat mempunyai kerapatan sel yang longgar dan selselnya tersebar di antara matriks-matriks ekstraseluler. Jaringan ikat terdiri atas serabut. dan tidak gampang sobek jika ditarik memanjang. 2. Serabut pada jaringan ikat dikelompokkan menjadi tiga.Jaringan epitel kubus selapis disusun oleh selapis sel yang berbentuk kubus. bercabang. maka sel-sel bagian dasar berbentuk kubus atau silindris. ataupun padat. Kebanyakan matriks-matriks tersebut disekresikan oleh selsel pengikat itu sendiri. 3) Epitel kubus berlapis banyak semu Jaringan epitel kubus berlapis banyak semu berfungsi sebagai perlindungan. Epitel ini sebenarnya tersusun atas selapis sel epitel batang namun ketinggian sel yang menyusun tidak sama. sekresi. Matriks tersusun dari serabut yang diselubungi oleh media dasar yang bisa berupa cairan. Jaringan ini berfungsi dalam sekresi dan sebagai pelindung. Bila jaringan ini menggelembung. 2) Epitel kubus berlapis banyak Jaringan epitel kubus berlapis banyak disusun oleh lebih dari satu sel yang berbentuk kubus. serat tersusun oleh kolagen dan dilanjutkan oleh serabut-serabut kolagen. a. sel-sel. tersusun oleh protein yang disebut elastin dan bersifat seperti karet.

d. 2) Kartilago brosa Matriks kartilago fibrosa berwarna gelap dan keruh. Terdapat pada permukaan tulang sendi. Ada 3 macam jaringan tulang rawan. dan pada ujung tulang panjang. cincin tulang rawan pada batang tenggorok dan cabang batang tenggorok. pembuluh darah. c. Matriksnya terdiri dari zat perekat kolagen dan endapan garam-garam mineral terutama garam . fasia. ujung tulang rusuk yang melekat pada tulang dada. Pada orang dewasa berasal dari selaput tulang rawan atau perikondrium yang banyak mengandung kondroblas atau pembentuk selsel tulang rawan. Fungsinya untuk menyokong kerangka tubuh. dan saraf. Jaringan ini terdapat pada daun telinga. Fungsi utama untuk memberikan proteksi dan penyokong. Tendon adalah ujung otot yang melekat pada tulang. tulang dengan tulang. Jaringan ikat padat Nama lain jaringan ikat padat adalah serabut putih. memberi kemungkinan pertumbuhan memanjang tulang pipa. dan pada pertautan antartulang kemaluan kiri dan kanan. Fungsi jaringan ikat longgar untuk membungkus organ-organ tubuh. b. pembuluh darah. dan laring. Jaringan tulang sejati Jaringan tulang sejati terdiri dari sel-sel tulang atau osteon yang tersimpan di dalam matriks. Jaringan ini terdapat pada perekatan ligamenligamen tertentu pada tulang. yaitu: 1) Kartilago hialin Matriks kartilago hialin bening kebiruan. selaput pembungkus otot. persendian tulang pinggang. Jaringan tulang rawan (kartilago) Jaringan tulang rawan pada anak-anak berasal dari jaringan embrional yang disebutmesenkim. epiglotis. dan memberi kemungkinan tulang rusuk bergerak saat bernapas. Fungsi jaringan ikat padat untuk menghubungkan berbagai organ tubuh seperti otot dengan tulang-tulang. Ligamen adalah jaringan ikat yang berperan sebagai penghubung antartulang. dan tendon. pembuluh. Fasia adalah jaringan ikat berbentuk lembaran yang menyelimuti otot. menguatkan saluran pernapasan. Kartilago hialin merupakan bagian terbesar dari kerangka embrio. karena terbuat dari serabut kolagen yang berwarna putih. dan saraf. 3) Kartilago elastis Matriks kartilago elastis berwarna keruh kekuning-kuningan. Selain itu kartilago hialin juga membantu pergerakan persendian. Jaringan ini terdapat pada selaput urat. ligamen.sekitar organ-organ. juga memberikan perlindungan terhadap organ tubuh.

. Bila otot polos dirangsang. dinding pembuluh darah. otot lurik.kalsium (kapur). a. Jaringan lemak Nama lain jaringan lemak adalah jaringan adiposa. bila matriks tulang rapat dan padat. Tulang sejati dapat dibagi menjadi 2 macam. garam-garam. Bagian-bagian dari jaringan darah adalah: 1) Sel darah Sel darah dibagi menjadi sel darah merah ( eritrosit) berfungsi untuk mengangkut oksigen dan sel darah putih ( leukosit) berfungsi untuk melawan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh. protein. Jaringan otot dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu otot polos. dan asam lemak. Jaringan Otot Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot yang fungsinya menggerakkan organ-organ tubuh. g. f. 3. dan mencegah hilangnya panas secara berlebihan. Jaringan darah Jaringan darah merupakan jaringan ikat istimewa. karena berupa cairan. Contoh: tulang pendek. reaksinya lambat. dan saluran pernapasan. yaitu: 1) Tulang padat (kompak). Komponen selulernya adalah limfosit. Jaringan otot polos Jaringan otot polos mempunyai serabut-serabut (???? bril) yang homogen sehingga bila diamati di bawah mikroskop tampak polos atau tidak bergarisgaris. zat sisa hasil metabolisme. antibodi. Tulang merupakan komponen utama dari kerangka tubuh dan berperan untuk melindungi alatalat tubuh dan tempat melekatnya otot kerangka. dan otot jantung. dan zat-zat lain dari jaringan ke sistem pembuluh darah. 3) Plasma darah Komponen terbesar adalah air. 2) Tulang spons. Jaringan limfa/ getah bening Komponen terbesarnya dari jaringan limfa adalah air di mana terlarut zatzat antara lain glukosa. Otot polos terdapat pada saluran pencernaan. garam mineral. dan lain-lain. e. 2) Keping-keping darah ( trombosit) Berfungsi dalam proses pembekuan darah. lemak. bila matriksnya berongga. Fungsi jaringan limfa selain untuk kekebalan tubuh juga untuk mengangkut cairan jaringan. Contoh: tulang pipa. hormon. untuk cadangan makanan. Jaringan limfa menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfa. Otot polos berkontraksi secara re???? eks dan di bawah pengaruh saraf otonom. Jaringan ini terdapat di seluruh tubuh. Fungsinya untuk menyimpan lemak. berperan mengangkut sari makanan. Kemampuan tersebut disebabkan karena jaringan otot mampu berkontraksi. Kontraksi otot dapat berlangsung karena molekulmolekul protein yang membangun sel otot dapat memanjang dan memendek.

dan sel saraf penghubung. Perhatikan gambar 2. meskipun begitu kontraksi otot jantung secara re???? eks serta reaksi terhadap rangsang lambat. berfungsi menghantarkan rangsangan dari reseptor (penerima rangsangan) ke sumsum saraf pusat. berfungsi menghantarkan impuls motorik dari susunan saraf pusat ke efektor. c. dan cabang akson. Terdapat 3 macam sel saraf yaitu sel saraf sensorik. a. Konduktivitas artinya kemampuan sel saraf untuk membawa impuls-impuls saraf. Cabang-cabang inilah yang menghubungkan tiap-tiap sel saraf sehingga membentuk jaringan saraf. Jaringan otot jantung/miokardium Jaringan otot ini hanya terdapat pada lapisan tengah dinding jantung. Sel saraf mempunyai kemampuan iritabilitas dan konduktivitas. sel saraf motorik.b.Jaringan otot polos melingkar.Jaringan ikat serosa. b) Sel saraf motorik. 5. a) Sel saraf sensorik. Sebagai contoh organ adalah usus dan trakea. Usus Usus merupakan bagian dari sistem pencernaan. susunan dari luar ke dalam adalah: . Fungsi otot jantung adalah untuk memompa darah ke luar jantung. Tiap neuron terdiri atas badan sel saraf. cabang dendrit. . Disusun dari beberapa jaringan. Iritabilitas artinya kemampuan sel saraf untuk bereaksi terhadap perubahan lingkungan.24. Fungsi otot lurik untuk menggerakkan tulang dan melindungi kerangka dari benturan keras. fungsinya untuk menggantungkan usus ke organ lain. merupakan penghubung sel saraf yang satu dengan sel saraf yang lain. Strukturnya menyerupai otot lurik.Jaringan otot polos memanjang. Jaringan Saraf Jaringan saraf tersusun atas sel-sel saraf atau neuron. Kontraksi otot lurik berlangsung cepat bila menerima rangsangan. Oleh sebab itu nama lain dari otot lurik adalah otot serat lintang. Dinamakan otot lurik karena bila dilihat di bawah mikroskop tampak adanya garis gelap dan terang berselang-seling melintang di sepanjang serabut otot. 4. . c) Sel saraf penghubung. . Jaringan otot lurik Nama lain otot lurik adalah jaringan otot kerangka karena sebagian besar jenis otot ini melekat pada kerangka tubuh. Kontraksinya menurut kehendak kita dan di bawah pengaruh saraf sadar. Derajat dari organisme ditentukan dari makin beragamnya organ yang dimiliki. Organ Hewan Kumpulan dari berbagai macam jaringan yang melaksanakan suatu tugas tertentu disebut dengan organ.

.Jaringan ikat longgar mukosa. Jakarta : Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Sumber : Diastuti. Trakea/batang tenggorok Trakea merupakan bagian dari sistem pernapasan.Jaringan epitel silindris yang merupakan jaringan terdalam dari rongga usus.. . dan lainlain yang menunjang kerja usus. Berdasarkan letaknya. h. . . Biologi 2: untuk SMA/MA Kelas X. Di samping jaringan-jaringan tersebut di atas juga terdapat jaringan saraf. 50 ± 58. yaitu organ dalam dan organ luar. Renni.Jaringan ikat longgar. Trakea disusun atas 3 lapis jaringan.Jaringan tulang rawan dan jaringan otot polos. Organ dalam tubuh misalnya lambung dan usus.Jaringan epitel silindris berlapis banyak semu atau epitel silindris bersilia.Jaringan ikat padat. telinga. . organ dikelompokkan menjadi dua. dan hidung. Sedangkan organ luar tubuh misalnya mata. b. .Jaringan otot polos mukosa. dari luar ke dalam: . 2009. jaringan darah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->