P. 1
Presentasi Analisis Butir Soal

Presentasi Analisis Butir Soal

|Views: 128|Likes:

More info:

Published by: DinaSeptianaKusumawardani on Mar 17, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/03/2015

pdf

text

original

Dina Septiana K 0808534 Elsa Alpha Edyani 0805754 Ika Purlistyani 0807600 Lailla Ni¶matul Ula 0807602 Osi

Sulastri 0807604

Pengertian

Teknik Analisis

Analisis Butir Soal

Tujuan

Manfaat

peringkasan. dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian (Nitko.Pengertian Kegiatan menganalisis butir soal merupakan proses pengumpulan. 1996: 308) .

.

memberi masukan kepada guru tentang kesulitan siswa 9. membantu para pengguna tes dalam evaluasi atas tes yang digunakan 2.Manfaat 1. sangat relevan bagi penyusunan tes informal dan lokal seperti tes yang disiapkan guru untuk siswa di kelas 3. menentukan apakah suatu fungsi butir soal sesuai dengan yang diharapkan 7. meningkatkan keterampilan penulisan soal . meningkatkan validitas soal dan reliabilitas 6.memberi masukan pada aspek tertentu untuk pengembangan kurikulum 10. merevisi materi yang dinilai atau diukur 11. mendukung penulisan butir soal yang efektif 4. secara materi dapat memperbaiki tes di kelas 5. memberi masukan kepada siswa tentang kemampuan dan sebagai dasar untuk bahan diskusi di kelas 8.

Teknik Analisis Analisis Kualitatif Analisis Kuantitatif .

Pengertian Teknik ANALISIS KUALITATIF Aspek yang ditelaah .

Pengertian Disebut pula validitas logis yang dilakukan sebelum soal digunakan yaitu melakukan penelaahan setiap butir soal. .

Moderator teknik Panel .

ahli penilaian. penyusun/pengembang kurikulum. ahli materi. bahasa/budaya. kebenaran kunci jawaban/pedoman penskorannya yang dilakukan oleh beberapa penelaah . ahli bahasa. yaitu ditelaah dari segi materi.Teknik Moderator setiap butir soal didiskusikan secara bersama-sama dengan beberapa ahli seperti guru yang mengajarkan materi. berlatar belakang psikologi Teknik Panel suatu teknik menelaah butir soal yang setiap butir soalnya ditelaah berdasarkan kaidah penulisan butir soal. konstruksi.

Aspek yang ditelaah Materi Bahasa Konstruksi .

Materi berkaitan dengan subtansi ilmu keilmuan yang ditanyakan dalam butir tes serta tingkat kemampuan yang sesuai dengan tes. Kriteria: Tes sesuai indikator Pilihan jawab homogen dan logis Hanya ada satu kunci jawaban yang tepat .

Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologis Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya .Konstruksi Kaidah penulisan tes Kriteria: Pokok tes dirumuskun secara singkat dan jelas Rumusan pokok tes dan pilihan jawaban Pokok tes tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban Pokok tes bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda Gambar/grafik/table diagram dan sejenisnya jelas berfungsi Panjang rumusan jawaban relatif Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan "semua jawaban di atas salah" atau "semua jawaban di atas benar".

Bahasa Penggunaan bahasa yang baik dan benar menurut EYD Kriteria: tes menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia tes menggunakan bahasa yang komunikatif tes tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama yang bukan merupakan satu kesatuan .

Analisis Kuantitatif Contoh Model Analisis Teori Tes Klasik Pengertian .

Data empirik ini diperoleh dari soal yang telah diujikan. .Pengertian Analisis Kuantitatif penelaahan butir soal didasarkan pada data empirik dari butir soal yang bersangkutan.

.Pengertian Analisis butir soal secara klasik adalah proses penelaahan butir soal melalui informasi dari jawaban peserta didik guna meningkatkan mutu butir soal yang bersangkutan dengan menggunakan teori tes klasik.

Teori Tes Klasik Daya Beda Tingkat Kesukaran Efektivitas DIstraktor .

00 (Aiken (1994: 66) . Indeks tingkat kesukaran ini pada umumnya dinyatakan dalam bentuk proporsi yang besarnya berkisar 0.Tingkat Kesukaran Tingkat kesukaran soal adalah peluang untuk menjawab benar suatu soal pada tingkat kemampuan tertentu yang biasanya dinyatakan dalam bentuk indeks.00 .1.

Rumus menentukan Tingkat Kesukaran Soal .

Daya beda Daya pembeda soal adalah kemampuan suatu butir soal dapat membedakan antara warga belajar/siswa yang telah menguasai materi yang ditanyakan dan warga belajar/siswa yang tidak/kurang/belum menguasai materi yang ditanyakan .

. 2) lebih banyak dipilih oleh kelompok siswa yang belum paham materi.Efektivitas Distraktor Efektivitas pengecoh dimaksudkan untuk mengetahui berfungsi tidaknya jawaban yang tersedia. Suatu pilihan jawaban (pengecoh) dapat dikatakan berfungsi apabila pengecoh: 1) paling tidak dipilih oleh 5 % peserta tes/siswa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->