Analisa Usaha Beternak Puyuh Posted 11-04-2010 at 03:59 PM by ihcodholic BAB I PENDAHULUAN

Puyuh (quail) pada mulanya memang kurang mendapat perhatian dari pada peternak, tubuh dan telurnya yang kecil dengan cara hidup yang liar dianggap tidak dapat diternakkan dan kalau pun bisa merepotkan. Akibatnya banyak kalangan yang beranggapan bahwa beternak puyuh tidak akan pernah membawa keuntungan sama sekali Dilihat dari segi pengelolaan sampai sekarang peternak kebanyakan masih selalu memakai metode coba – coba. Karena memang metode beternak puyuh belumlah semapan beternak unggas lainnya seperti ayam atau itik. Sehingga dalam beternak pun informasi ternak ayamlah biasanya digunakan untuk beternak puyuh

BAB II PEMBAHASAN Puyuh sebagai salah satu ternak unggas cocok diusahakan sebagai usaha sambilan maupun komersial sebab, telur dan dagingnya semakin popular dan dibutuhkan sebagai salah satu sumber protein hewani yang cukup penting. Usaha ini diharapkan dapat menjadi pendorong lebih dikembangkannya usaha ternak puyuh secara lebih lanjut.

Manfaat Beternak Puyuh beternak puyuh selain dapat untuk sekadar menyalurkan hobi dan juga untuk usaha kecil-kecilan (rumahan) dan besar- besaran (komersial) maupun sebagai usaha sampingan disetiap umur, puyuh mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Dari telur konsumsi, telur tetas, hingga bibit dan afkirannya masih dapat dijadikan uang. Bahkan bulu dan kotorannya pun memberi manfaat.

- Telur

setelah itu dapat kita jual untuk dipergunakan sebagai salah satu bahan pembuat lukisan bulu yang sekarang mulia popular. . tidak kalah dengan ternak unggas lainnya. . bulu-bulunya yang agak halus. terutama bulu pada bagian dada dan punggungnya yang besar dan masih baik kondisinya kita kumpulkan dan dijemur sampai agak kering. akan tetapi kotorannya itu masih bisa dimanfaatkan untuk dibuat pupuk. Sebab telur puyuh mengandung protein yang tinggi tetapi kadar lemaknya rendah . dan dimasukkan kedalam kemasan plastik tertutup. Bahkan telur puyuh dipercaya memberi kekuatan sehingga sering digunakan sebagai obat kuat dan campuran untuk minim jamu atau anggur. atau bulu angsa. Selian itu rasa nya juga lezat dan dapa disajikan dalam aneka bentuk dan rasa. Manfaat lain adalah sebagai campuran pakan ternak. yang terkenal bagus warna bulunya itu dapat kita kumpulkan.Hewan laboratorium Di dalam percobaan-percobaan laboratorium puyuh terpilih sebagai hewan . Di Indonesia menjual daging puyuh secara komersial belum begitu lazim. Gambels Quail atau Blue Brested Quail. Apalagi bila puyuh diberikan pakan berkadar protein tinggi. atau sebagai isi bantal pengganti kapuk. busa.Daging Daging puyuh umumnya diambil dari puyuh yang sudah afkir yaitu puyuh betina yang kemampuannya menghasilkan telur sudah menurun atau burung jantan yang tidak terpilih sebagai pejantan.Kotoran Kotoran puyuh baunya lebih menyengat dibandingkan kotoran ayam atau unggas lainnya.Telur puyuh mempunyai nilai kandungan gizi yang tinggi. . kecuali di Jawa Tengah. Daging puyuh biasanya dijual di supermarket dalam bentuk karkas. Dilihat dari kandungan protein dan lemaknnya dapat dikatakan telur puyuh lebih baik dibandingkan telur unggas lainnya.Bulu Bulu – bulu puyuh dari jenis Rollulus Roulroul. karena bulu mempunyai potensi sebagai sumber protein hewani dan mineral serta kaya akan asam amino esensial.

Program pemeliharaan dibedakan menurut skala usaha yang akan dilaksanakan. ternak puyuh juga dapat dijadikan sebagai tabungan.Tabungan Selain manfaat diatas.percobaan. Adapun urutan program pelaksaan tersebut adalah sebagai berikut: . Seekor bibit umur tiga hari harganya bisa mencapai Rp 200.00 per ekornya. atau pedaging saja. Skala Usaha dan Program Pemeliharaan Program pemeliharaan yang dimaksud disini adalah garis besar pelaksanaan yang mutlak harus dilaksanakan secara berurutan dan teratur pada waktu tertentu. Sedangkan betina yang sudah siap bertelur harganya mencapai Rp 1500 per ekornya.Skala usaha menengah Bagi peternak skala menengah biasaanya ada beberapa jalan yang dipilih. pemeliharaan puyuh pembibit dan petelur atau pedaging.Skala usaha kecil atau sampingan . . Dengan memeliharanya kita bisa menetaskan dan memiliki sejumlah puyuh remaja maupun yang siap bertelur. yaitu melakukan seluruh kegiatan pemeliharaan dari penetasan sampai pemeliharaan puyuh dewawsa dengan populasi yang kecil atau hanya melakukan usaha pemeliharaan di mulai dari umur starter atau grower sampai dewasa. petelur. .Skala usaha besar Pengusaha ternak puyuh dalam skala besar biasanya melukun hamper seluruh kegiatan pemeliharaan. Ada beberapa dasar pertimbangan yang di pakai diantaranya adalah karena siklus hidupnya yang relatif singkat. . dari penetasan. Biasanya bibit-bibit ini sangat diperlukan oleh orang-orang yang ingin mulai bergerak. Dengan demikian maka kita dapat menjualnya dengan harga yang cukup lumayan. Dalam usaha ini ada yang khusus menguashakan puyuh pembibit. pemeliharaan puyuh anakan (DOQ).

Kandang yang diperlukan hanyalah kandang untuk puyuh petelur. . . Lokasi dapat berada dimana saja. Ada beberap hal yangn harus di perhatikan dalam pembuatan kandang: . Sebab dengan pengelompokan demikian akan memudahkan kita memberi . Perkandangan Puyuh termasuk jenis burung yang tidak tahan dengan perubahan lingkungan yangt sangat berbeda dari waktu kewaktu dan juga kebisingan-kebisingan.Persyaratan kandang Pembuatan kandang merupakan suatu langkah awal didalam usaha dalam beternak puyuh. Bisa saja kandang berupa bangunan sendiri yang terpisah dari rumah. Dan peralatan kandang memerlukan investasi yang tidak sedikit.Sistem kandang Sistem yang biasa diterapkan adalah sistem litter dan sangakar atau baterei. maka dalam pembuatannya perlu ada perencanaan benar-benar matang.puyuh baik yang masih anakan maupun dewasa selalu dikandangkan. Dalam kandang itu akan terisi puluhan bahkan ratusan ekor puyuh yang harus diingat adalah perlunya pengelompokan berdasarkan umur yang sama atau rata-rata sama. Sekali kandang telah berdiri berarti untuk seterusnya seperti itu wujudnya. asal cocok untuk kehidupan puyuh tersebut. .Menentukan lokasi kandang Pertama kali yang perlu dipikirkan adalah menentukan lokasi kandang.Jenis-jenis kandang Puyuh .Peternak-peternak yang yang berusaha pada skala kecil atau hanya sebagai usaha sampingan ini biasanya hanya memelihara puyuh dari umur starter atau grower sampai waktunya puyuh diafkir sebagai petelur. misalnya diteras belakang dan disamping perkarangan ataupun dibagian dari rumah yang memungkinkan puyuh untuk dipelihara.

Obat ( vitamin dan vaksinasi ) Rp. 1628.000 . Oleh karena itu dalam beternak puyuh dibedakan bebepara jenis kandang sesuai dengan keperluannya : kandang untuk indukan pembibit.000 + Rp.028.Day old quail x Rp. E.275 Rp . 500.kandang luar Rp. kandang untuk induk petelur. Jadi jika terjadi kesalahan dalam pemberian pakan. 550. minum.9 m Rp. bahkan mereka lalu gulung tikar.Pakan ( sampai dengan umur 3 minggu ) Rp.000 b. 848.000 .000 . justru kerugian lah yang diperolehnya. Pakan dianggap terpenting. kandang untuk petelur.kandang ukuran 9 x 0. andang untuk puyuh umur grower dan layer dan sanitasi kandang Pakan Faktor terpenting dalam keberhasilan beternak puyuh adalah faktor( nutrisi). Biaya pemeliharaan ( 0 – 4 bulan ) .makan.2000 DOQ x Rp.000 .Obat ( vitamin dan vaksinasi ) Rp. Analisa Usaha Beternak Puyuh a.550. kandang untuk anak puyuh atau umur starter ( kandang indukan).1. peternakan sudah pasti tidak merasakan manfaat atau keuntungan.Biaya pemeliharaan ( umur 0 – 2 bulan ) .800. sebab 80% biaya yang dikeluarkan seorang peternak puyuh digunakan untuk pembelian pakan. Investasi ..Pakan ( selama 60 hari ) Rp. 50.000 c. 100. dan pengambilan telurnnya juga memudahkan pengawasan bila ada yang sakit dan untuk menghindari sifat kanibalismenya.275 ( harga DOQ ) Rp. perawatan kesehatan.000 Untuk 1 jalur + tempat makan dan minum .6 x 1.000 .

2.5.7 % saja.Biaya untuk umur 0 – 4 bulan Rp.III PENUTUP A.maka kritikan dan gagasan yang membangun dari para pembaca atau pendengar sangat kami harapkan. Dan cara pemasakannya pun tidak sulit. B. sehingga dapat tercipta peternakan puyuh yang sehat dan dapat bersaing dengan peternakan unggas lainnya.250 Jantan ( 25 % jantan layak bibit ) d.440 . Biaya pemeliharaan ( umur 8 bulan ) .Biaya untuk umur 4 – 8 bulan Rp.530 + Rp.313.10 % protein.1.Kami berharap makalah ini dapat mengisi kekosongan informasi tentang bentuk puyuh. Karena daging puyuh mengandung 21. dan 71 ekor Rp..628.284.000 + Betina 1615 ekor.1.3.Kesimpulan Dilihat dari kandungan protein dan lemaknya dapat di kataknya telur puyuh lebih baik dibandingkan telur unggas. Saran .970 BAB. .597.Pakan ( sampai minggu ke 4 ) Rp.Untuk penyempurnaan penyusunan makalah ini pada masa yang akan datang. sedangkan lemaknya hanya 7.815. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful