P. 1
ZONA KEDALAMAN LAUT

ZONA KEDALAMAN LAUT

|Views: 3,488|Likes:
Published by bibotoh

More info:

Published by: bibotoh on Mar 18, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2013

pdf

text

original

PEMBAGIAN ZONA KEDALAMAN LAUT

1. Berdasarkan intensitas cahaya matahari yang masuk a. Daerah Fotik / Fotosintesis : Daerah laut yang masih dapat ditembus cahaya matahari, kedalaman maksimum 200 m. b. Daerah Twilight : Daerah remang-remang, tidak efektif untuk kegiatan fotosintesis, kedalaman antara 200 - 2000 m. c. Daerah Afotik : daerah yang tidak tembus cahaya matahari. Jadi gelap sepanjang masa. 2. Berdasarkan jarak dari pantai a. Litoral / intertidal : zona yang langsung berbatasan dengan darat. Radiasi matahari, variasi temperatur dan salinitas mempunyai pengaruh yang lebih berarti untuk daerah ini dibandingkan dengan daerah laut lainnya. Zona ini dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Biota yang hidup di daerah ini antara lain: ganggang yang hidup sebagai bentos, teripang, binatang laut, udang, kepiting, cacing laut.

b. Neritik : zona yang masih dapat ditembus cahaya matahari sampai ke dasarnya. Di
daerah ini plankton, nekton (ikan) dan bentos dapat hidup dengan baik. Organisme yang ada dari Alga, Porifera, Coelenterata, berbagai jenis ikan dan udang.

c. Oseanik : Merupakan wilayah ekosistem laut lepas yang kedalamannya tidak dapat
ditembus cahaya matahari sampai ke dasar, sehingga bagian dasarnya paling gelap. Akibatnya bagian air dipermukaan tidak dapat bercampur dengan air dibawahnya, karena ada perbedaan suhu. Batas dari kedua lapisan air itu disebut daerah Termoklin, daerah ini banyak ikannya. 3. Berdasarkan Kedalamannya a. Epipelagik : Kedalaman 0 sampai dengan 200 m dari permukaan laut. b. Mesopelagik : Kedalaman 200 sampai dengan 1000 m dari permukaan laut. c. Batiopelagik : Kedalaman 1000 sampai dengan 4000 m dari permukaan laut. d. Abisalpelagik : Kedalaman 4000 sampai dengan 6000 m dari permukaan laut. e. Hadalpelagik : Kedalaman 6000 sampai dengan 11000 m dari permukaan laut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->