PEMAMFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

DI S U S U N OLEH:

Nama Nim Prodi Jurusan

: Dedi Suharman : 07117005 : Fkip : Biologi

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS ABULYATAMA ACEH BESAR 2010/2011

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar belakang belakang Pada hakekatnya setiap bentuk kegiatan pendidikan merupakan suatu usaha yang sangat penting bagi bangasa dan Negara dalam mencapai suatu tujuan.Sehinga pemerintah menginkan generasi sekarang merupakan generasi

penerus dalam mlanjutkan pembangunan bansa. Pendidikan bukanlah tugas perseorangan dan bukan pula tugas orang tua ataw guru, akan tetapi metrupakan tugas tanggung jawab semua orang yang menginginkan perubahan dimasa yang akan datang. Oleh karena itu kegiatan pendidikan dapat diselenggarakan melalui pendidikan formal (pendidikan sekolah) sekolah). Penyelenggaraan pendidikan formal melali perpustakaan sekolah dalam peruses belajar mempunyai tujuan sasaran yang baik demi kemajuan pendidikan dalam peruses blajar.sebab pendidikan ini juga merupakan masalah penting sangat membantu dalam kemajuan pendidikan di sekolah. Hal ini sesuai dengan tujuan Negara republik Indonesia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 pada alenia yang ke empat yaitu untuk memajukan kesejatraan umum dan mencerdaskan bangsa.Untuk bias terlaksana ini semua memerlukan sarana dan prasarana untuk biasa mengembangkan pendidikan dansumber ilmupengetahuan terutama pada para siswa di sekolah. Dengan demikian bahan bacaan yang terdapat dalam perpustakaan yang menerangkan berbagai ilmu haruslah di organisir dan diolah menurut suatu cara tertentu. Secara sistematis, sehingga perpustakaan dapat di manfaatkan sebagai mana mestinya dapat dipergunakan secara berkesinambungan pemakaiannya sebagai sarana pendidikannya. Jadi perpustakaan di sekolah diharapkan para siswa dapat memperoleh sejumlah informasi tentang ilmu pengetahuan dari berbagi disiplin ilmu. dan non formal (pendidikan diluar

maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. IDentifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang di uraikan di atas. Apakah perpustakaan bermanfaat dalam dalam meningkatkan minat baca siswa disekolah ? 1.1.2. maka untuk lebih jelasnya pembatasan dan perumusan masalah tersebut hanya dibatasi kedalam beberapa masalah. Namun demikian penulis belum mendapat gambaran yang sebenarnya tentang perpustakaan sekolah. Serta mensukseskan program pendidikan nasional.Mengingat kan pentingnya suatu perpustakaan bagi tercapainya pengembangan potensi dan minat baca para siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan mereka. Pemanfatan perpustakaan sekolah sebagai saranana siswa dalam menambah pengetahuan dan keterampilan.1.2.2. Pembatasan dan perumusan masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas.3.2. 1. 1. Berdasarkan uraian tersebut di atas.2. Bagaimanakah pengelolaan perpustakaan di sekolah sehingga memiliki minat membaca ? . 1. penulis ingin mengadakan penelitian tentang pemanfatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa (suatau penelitian di SMA Abulyatama ). 1. maka peranan perpustakaan sebagai penunjang sangat mempengaruhi dalam dalam peruses belajar mengajar.3.3. Tentang peranan perpustakaan sebagai sarana penunjang program belajar mengajar di sekolah.

1. .1. oleh karnanya tujuan penelitian ini adalah : 1. 1. bagi penulis akan memperoleh penetahuan dan pengalaman yang sangat berguna terutama dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah.1. Untukmengetahui istem pengelolahan perpustakaan disekolah sehingga siswa memiliki minat baca.4.4.5. Tujuan penelitian Tujuan penelitian merupakan suatu usaha yang dilaksanakan oleh seorang peneliti untuk mencapai sutu sasaran yang akan diperoleh melalui kegiatan penelitian.4. Untuk mengetahui manfaat perpustakaan dalam baca siswa disekolah.2. Manfaat penelitian Hasil penelitian ini kiranya dapat memberikan manfaat kepada para iswa dalam pemanfaatan perputakaan disekolah sebagai sarana ionformasi untuk penambah pengetahuan dan keterampilan dalam meeningkatkan proses belajar mengajar disekolah ssupaya terjadinya peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

1. mengambil keuntungan dan mengambil faedah sesuatu baik benda. dan mengambil faedah suatu benda dan pekerjaan bagi seseorang ataupun tempat. tempat kegiatan. Funsi Perpustakaan Sekolah . 2. Pengertian pemanfaatan Pemanfaatan adalah penggunaan. Pengertian perpustakaan y Perpustakaan merupakan suatu yang disediakan untuk menyimpan.1.1.1. tempat. dan pekerjaan yang dilakukan seseorang baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.mengambil keuntungan. pekerjaan maupun kegiatan.2. Menurut arya (1987 : 83 ) Pemanfaatan adalah mengambil nilai suatu benda.1.3. Hal ini sesuai dengan pendapat yang di kmukakan oleh Mas¶un(1989 : 171) ³perpustakaan dalah koleksi bahan pustaka yangditempatkan didlm suatu ruangan yang diatur menurut system tertentu dan digunakan sebagai bahan dalam peruses belajar mengajaar dan membantu mengembangkan dan bakat seseorang´. Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Pekolah 2. 2. mengambil nilai.1. mengumpulkan dan melestarikn bahan bahan yang terdiri dari buku-buku atau bahan bukan berbentuk buku yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan bagi para peminat untuk dapat memperoleh bahan -bahan yang diinginkan. Menurut Warsito(1981 :301 ) bahw pemanfaatan adalah penggunaan . Pembahasan Teoritis 2.3.BAB 11 KAJIAN TEORITIS 2.1.

Kehadiran dan interaksi perpustakaan sebagaimana telah diuraikan di atas.1. Sehubungan dengan fungsi Perpustakan sekolah di atas.maka siapa saja yang ingat untuk banyak mengetahui. 1985:9) di sebutkan : Fungsi perpustakaan sekolah adalah : 1. keterampilan serta kemauan dan kebiasaan membaca buku menjadikan yang benar-benar peroduktif bagi pengembangan bangsa dan Negara.Sebagai sarana pendidikan belajar bqagi para siswa 2.1.dengan adanya perpustakaan akan dapat belajar di tempat tersebut untuk mengejar ketinggalan dan keterbelakangan ilmu.Sebagai sarana pelestarian budaya badaya Penjlasan dari masing-masing fungsi diatas sebagai berikut : 2. menurut pedoman perpustakaan penyelengaran Sekolah (Depdikbud.merupakan sarana penunjang untuk memperoleh sarana pengetahuan sendiri dan berkesinambungan jika dihubungkan dengan program kejar paket A. Semua subyek disiplin ilmu pengetahuan dan informasi adalah untuk mengembangkan intelegensi.Sebagi sarana informasi dan penerangan siswa 3.3.1. . Koleksi koleksi pustaka dengan bermacam pengetahuan yang lengkap dengan ruang bacanya. Selain itu perpustakaan dapat juga berfungsi sebagai sarana polestarian budya bangsa. secara kereatif menyajikan berbagai macam dan jenis bahan pustaka baik tercetak maupun tidak tercetak.dapat belajar dengan membaca di perpustakaan sekolah. Perpustakaan tak ubahnya´Sekolah´ di masyarakat.maka dengan banyak membaca diharapkan bagi nasyarakat yang mengetahui program tersebut tidak akan buta huruf kembali . Sebagai sarana pendidikan sekolah Mengingat buku sebagai sumber berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang tiap saat harus dibaca dan dikaji .

3. Sebagai sarana rekresi dan hiburan sehat bagi siswa. Bila perpustkaan sekolah itu lengkap.juga mengingat kehadiran tutor (guru) di sekolah sangat di perlukan sekurang kurangnya untuk membantu memperjelas masalah yang di temui dalam buku.Kemudian untuk mendapat pengetahuan tidak selamanya harus bertumpupada tutor atau guru saja.3.2. Humor. Sebagai sarana informasi dan penerangan di sekolah Mengingat kebutuhan masyarakat untuk mendukung kegiatan sehari-hari sangat berbeda untuk satu orang lain. tentu membutuhkan informasi-informasi serta penerangan yang jelas agar hasil kerjaannya tidak sia-sia dan tepat guna.dalam arti tersedianya berbagai macam buku derita. untuk meningkatkan pengetahuannya. Maka dengan adanya seperangkangkat hiburan segar .maka keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah kurang optimal. Padahalkalau kita perhatikan bahan.seorang pengusaha untuk meningkatkan usahanya perlu mengetahui teknikteknik mamajukan usaha itu.kalau tidak di imbangi dengan pengisian ilmu pengrtahuan dan pembudayaan bagi siswa dengan banyak membaca di perpustakaan.3. Bukanlah tutor (guru) itu sendiri harus banyak membaca buku. 2.majalah.1. 2.maka informasi dan penerangan yang di perlukan juga sanagat jauh berbeda. Hal ini merupakan masalah bagi masyarakat sekolah yang berekonomi lemah.1.demikian juga dalam upaya meningkatkan bidang pertanian.bahan atau informasi tersebut sangat di perlukan. dan majalah disamping buku pengetahuan lainnya siswa dapat membaca untuk dapat menghilangkan perasaan yang susah. Koran dan bacaan lainnya memerlukan biaya yang besar.Fiksi.karna untuk memperoleh bahan bacaan berupa bukubuku .1. sekaligus untuk memanfaatkan waktu terluang. kan tetapi membaca buku-buku justru sangat di utamakan.

Sehingga disamping tempat belajar perpustakaan sekolah dapat pula berfungfi sebagai tempat menghilangkan rasa lelah seharian belajar.Hal ini sejalan dengan keputusan Mentri pendidikn dan kebudayaan no 0103/0/1981 . yaitu juga merupakan tingkat meningkatkn pengetahuan dan keterampilan serta kemampuan dalam mengembangkan intelektual dan emosional yang optimal.setiap masyarkt yang hendak meningkatkan taraf hidupnya. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perpustakaan bagi siswa bukanlah sekedar tempat membaca atau menyimpan buku-buku tetapi lebih jau dari itu. 2. Selain itu perpustakaan juga berfungsi sebagai sumber informasi bagi tempat rekreasi dan hiburan yang menyenangkan untuk dapat memberikan suatu represing.3. Tujuan Perpustakaan Keberhasilan perpustakaan yang baik dan sempurnah merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan membaca member untuk kehidupan rakyat.tentu saja keinginan siswa untuk membaca akan teransang.Nantinya diharapkan juga buku-buku yang berisikan petunjuk kegiatan keterampilan yang bias sesuai dengan tuntutan serta kebutuhan siswa yang bersangkutan serta buku-buku pedoman lainnya.2.oleh sebab itu.juga berfungsi sebagi tempat pelestarian budaya bangsa untuk kepentingan Nasional.hanya bedanya kalau perpustakaan sekolah tempatnya disekolah dan bewrfungsi untuk keperluan seluru siswa/guru yang bersangkutan.perpustakaan sekolah juga merupakan bagian yang terkait dalam perpustakaan umum.1.Tentang pokok-pokok kebijaksaanpembinaan dan .tentu saja lebih dahulu harus mengenal pendidikan. Selain itu keberadaan perpustakaan Sekolah akan meransang dan menumbuhkan minat baca untuk meningkatkan pengetahuan dn keterampilan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Menyadiakan berbagai macam kebutuhan untuk penerangan informasi serta data sekunder serta pengetahuan ilmiah. Membantu kegiatan dalam bidang masyarakat dan kebudayaan dari individu-individu golongan-golongan. dengan pendidikan . Member semangat dan hiburan yang sehat dalam pemanfaatan dalam hal-hal yang membangun dalam waktu senggang. Membekali berbagai pengetahuan dan ilmu.pengembangan perpustkaan diindonesia yang tercantum dalam buku pedoman perpustakaan sekolah. 6. 3. 4. 2.keterampilan dan produktifitas dan pengembangan bangsa dan Negara. Lebih lanjut menurut buku pedoman penyelenggaraan perpustkaan sekolah(Depdikbud. prakarsa dan suadaya masyarakat guna meningkatkan kemajuan kehidupan dan kesejahtraannya. 5.atau dengan kata lain perpustakaan dibianda dan di kembangkan untuk dijadikn salah satu cara guna mencerdaskn kehidupan bangsa. (1985/1986 : 8) yaitu sebagi berikut : Tujuan pengembngan perpustakaan adalah untuk membentuk suatu system nasional perpustakaan serta pendaya gunaan demi terwujutnya masyarakat yang senang membaca dan belajar seumur hidup untuk meningkatkan pengetahun.1786:60) tujuan perpustakaan sekolah ialah : 1.serta pengalamanpengalman kepada masyarakat di berbagai bidang Berdasarkan ke dua kutipan diatas dapat disimpulkan bhwa tujuan dari perpustakaan di sekolah dalah ikut membantu dan meneruskan program kehidupan pemerintah bangsa dibidang sesuai pendidikan tujuan serta mencerdaskan nsional. menggairahkan memelihara dan member semangat membaca dan semangat belajar masyarakat. serta organisasiorganisasi. Untuk mencerdaskan masyarakat sekolah/kelurahan dan memberi daya rekreasi. Mendorong.

4.sehingga pelaksanaan berbagai proses pinjaman atau pengambilan buku-buku dapat terlaksanadengan baik.demikian juga halnya tentang perpustakan yang tidak biasa dipisahkan dengan pendidikan. Memajukan perpustakaan sebagai sumber pusat belajar merupakan langkah yang tepat sekali.tempat pelayanan dan tempat bias di manfaatkan untuk membaca.sehingga memiliki daya tarik kepada siapa saja yang dating baik untuk melihat-lihat-saja.Selanjutnya menruskan dapat semangat membina. belajar mendorong. akan tetapi lebih jauh lagi yang akan ditemui dimana-mana dan beranekaragam jenisnya. .oleh sebab itu akan memberi makna kepada kita bahwa sumber belajar tidak hanya terpusat pada program yang dirancang berdasarkan kerikulum saja. Disamping itu kelengkapan buku-buku harus tetap diproritaskan.setiap sumber memiliki masing-masing.menggairahkan menuju masyarakat ilmiah dan dan membangun. akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seta dapat memperkaya bahasa.dengan banyak dengan membaca buku dan bahan-bahan pustaka lainnya di perpustakaan sekolah. sebagai sarana rekreasi.Perpustkaan sekolah menjadi motor penggerak untuk terus memacu masyarakat agar terus menerus membina ilmu pengetahuan.tata ruang yang indah memberikan teraturnya tempat yang bersangkutan. 2 Perpustakaan merupakan pusat sumber belajar Idealnya sebuah perpustakaan bila dilengkapi dengan ruanganruangan sebagai tempat menempatkn rak-rak buku.bila tidak otomatis keberadaan perpustakaan tidak berarti apa-apa. Hal ini sesui dengan fungsi perpustakaan itu sendiri yaitu sebagai sarana pendidikan masyarakat. Jadi dengan demukian jelaslah bahwa perpustakaan merupakan pusat sumber belajar. 1. atau hiburn sehat bagi masyarakat dan sewbagai sarana pelestarian budaya bangsa.

5.1.Membangun kecerdasan masyarakat haruslah berdasarkan pada peningkatan pengetahuan dan membaca adalah persaratan untuk memperoleh pengetaahuan yang luas. Perpustakaan sekolah benar benar hrus dimanfaatkan untuk meningkatkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan keterampilan masyarkatserta menumbuhkan sikap gemar membaca. Beberapa factor yang mempengaruhi yang minat baca siswa Pada perinsipnya siswa membutuhkan perpustakaan didalam kehidupannya tetapi masih banyak siswa yangtidak mengerti tentang makna suatu . Hal ini sesuai dengan membicarakan Saoed yoesoef (1983 :3) ketika meresmikan pustaka balai pustaka mengatakan sebagai berikut : Bahwa kemajuan masyarakat tidak bergantung dari jumlah atau mutu lembaga-lembaga pendidikan tetapi lebih banyak ditentukan oleh kemampuan masyarakat itu sendiri merobah dirinya menjadi masyarakat belajar dan untuk menjadfi demikian masyarakat terlebih dahulu mengubah dirinya menjadi masyarakat pembaca.1.6. Karena perpustkan ini dilengkapi dengan buku-buku petunjuk dan bahan bacaan yang mudh di prktekkan secara ekonomis dan kehidupan sehri-hari. 2. dengan membaca dapat menelaah buku-buku yang ditulis pada zaman purbakala yang merupakan pengalaman penting dalam mengisi zaman modern dan aneka buku catatan buku baru yang sesuaai dengan perkembangan zaman.2. Manfaat perpustakaan sekolah dalam memajukan siswa Perpustakaan sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang bersifat denikratis yang diperuntuhkan bagi segenp siswa disekolah agar anggota sekolah dapat mendlmi berbagi ilmu pengethuan dan keterampilan yang dpat meningkatkan taraf pengetahuan.

maka pengaru keinginan para siswa mulai beruba dari statistic menjadi dinamis dalam usaha mengerakan dan mengembangkan kebutuhan dan kepentingan sehari-hari.karna factor intern merupakan suatu benteng atau keinginan dalam jiwa siswa tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Sebaiknya akan sisa-sisa bila tidak ada yang berminat untuk mengunjunginya.sehingga perpustakaan di sekolah mereka itu benar-benar merupakan gudang ilmu yang harus di buka dan di kaji.sesunggunya Allah tidak meruba nasip satu kaum.untuk meningkatkan minat baca sangat perlu memperhatikan kedudukan factor-faktor tersebut untuk memperjelas faktor tersebut yang mempengaruhi minat baca dapat dilihat bahasan berikut: 2.1.dan itu semua akan sangat berati bila betul-betul dimanfaatkan. Masi ada kelompok-kelompok yang pro dan kontra. Dalam Al-Qur¶an (Ar-Ra¶du:11). Oleh sebap masi terus diperlukan penerangan serta penyuluhan. Mempelajari sesuatu merupakan langkah-langkah awal untuk meroba pola hidup yang keterbelakangan. Memang kita tetap menyadari bahwa tidak sedikit masyarakat masi memiliki pandangan yang sempit serta dipengaruhi sikap mental tradisional terhadap kehadiran perpustakaan di tempatnya.dan perubahan ini harus dirintis sendiri.dan dapat menambah ilmu dengan sepuas-puasnya dengan suka rela tanpa melakukan biaya yang besar. Hal ini sesuai seperti yang di jelaskan Allah Swt. Denagan adanya perpustakaan.tetapi harus datang dari diri sendiri. mendirikan dan memanfaatkan perpustakaan yang sudah ada.6. Faktor Intern Faktor inten adalah factor yang sangat menentukan bagi siswa dalam usaha meningkatkan minat baca di perpustakaan. sehingga tidak ada minat dan kemauan untuk menumbuhkan.perpustaskaan yang sesungguhnya.sehingga kaum berusaha untuk merubanya. Mutifasi ini tidak bias di buat-buat atau di paksa-paksa. Dari keterangan di atas. . Perpustakaan akan menyungguhkan berbagai macam ilmu disiplin.1.

2.1. 3. Faktor dari luar siswa yang dapat mempengaruhi penggunaan perpustakaan sekolah atau minat baca siswa dapat digolongkan sebagai berikut: 1. Faktor Ekstern Kegagalan siswa dalam memafaatkan perpustakaan bukan saja bersumber dari dalam masyarakat. 4.2.6. Kurang kolaksi perpustakaam Ruang baca perpustakaan Pelayanan pengunjung perpustakaan Pengkajian hasil penelitian terdahulu .2.akan tetapi juga bersumber dari pangaru lingkungan yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

Jumlah ini telah dapat mewakili dari semua siswa yang ada di sekolah.2.oleh karnanya penulis mengambil 15% dari populasi subjek kurang dari 100 lebih baik diambil semua sehingga penelitianya merupakan penelitian populasi. Sesuai dengan pendapat Arikunto tersebut maka penulis mengambil 15 % dari populasi dan di laksanakan secara random sampling sehingga jumla keseluruhan dari simple adah 316*15%=79 orang siswa. Popolasi dan sample Yang menjadi populasi dalm penelitian ini adalah keseluruhan objek yang ingin di teliti. Adapun metode yang di gunakan adalah metode deskriptif yaitu: Menggambarkan suatu masalah yang sedang terjadi pada suatu tempat.selanjutnya jika subjeknya besar capat di ambil antara 5-15% atau 20-25% atau lebih. Metode dan rancangan penelitian Untuk menyelidiki suatu masala di perlukan metode yang tepat guna untuk memperoleh data yang berhubungan dengan masaala yang di teliti. Hal ini perlu di perhatikan untuk mendapat gambaran yang jelas tentang besar kecilnya jumlah populasi yang dapat di jadikan sasaran penelitian ini adalah keseluruhan siswa yang berjumla 316 orang. Dengan random sampling sebab objek yang diteliti mempunyai kesempatan yang sama.BAB 111 METODE PENELITIAN 3. Sedangkan yang dijadikan simple dalam penelitian ini adalah sebagian populasi dan cara penentuan populasi menjadi simple. Tehnik pengumpulan data Untuk mendapatkan data yang objeknya setelah diadakan opserfasi maka yang menjadi instrument dalam pengumpulan data ini sebagai berikut. Mengingat jumlah populasi yang begitu banyak sehingga tidak mungkin di jadikan simple dalam penelitian ini. 3. .1.3. 3.

. Dari hasil perhitungan persentase ini selanjutnya ditafsirkan dan akhirnya dapat dijadikan suatu komsep yang dapat di ambil kesimpulan.Studi bibliografi ini penulis lakukan untuk memperoleh keterangan melalui beberapa buku bacaan dan mengumpulkan teori yang erat hubungannya dengan penelitian. c. b.makah selanjutnya akan diolah dengan menggunakan persentase yaitu dengan cara menghitung frekuensi jawaban. Teknik pengolahan dan analisis data Untuk mempeloreh angket data lapangan sebagai bahan penelitian ini di gunakan angket dalam bentuk tertutup dengan jumlah sebanyak 18 angket. Setelah angket diberikan kepada siswa lalu di kumpul.Pengendaran angket yang penulis tentukan alternatif jawaban responden(angket tertutup).a.4.melalui peroses tabulasi. Setelah diketahui besarnya dimasukan dalam rumus F/N*100%.Obserfasi langsung dilapangan dan wawancara dengan para responden yang di jadikan simple(Key informan). 3.

1.BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.dan kemudian dihitung persentase sehingga akan jelas telihat pemamfaatan perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa.18%) . Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dalam table 1sampai table 8: Pernyataan nomor 1 Kelas berapakah siswa saat ini? TABEL 1 KELAS SISWA DUDUK No a. c.3 34.18 100 Tabel 1 menunjukan bahwa sebanyak tiga pulu orang (44.52 44.dan sebanyak 27 orang (34. dan data yang telah dikumpulkan dari hasil angket akan diolah dengan cara mentabulasikan semua item untuk mudah proses analisa dan data sesuai dengan keperluan. Hasil penelitian Dalam bab ini penulis melakukan pengolahan data yang telah dikumpul melalui angket yang diedarkan kepada siswa menjadi responden siswa.30%) dari responden menyatakan kelas dua siswa saat ini. Berdasarkan dengan data inilah terlihat jawaban dari para responden yang telah di hitung frekuensi jawaban sesuai dengan yang di jawab oleh para reponden. Pelaksanaan penelitian ini telah dilaksanakan. Alternatif Jawaban Kelas satu kelas dua kelas tiga Jumlah 35 27 79 F % 21. b.

79 orang (100. Data table1 dapat dianalisa bahwa para siswa pada saat sekarang ini ada yang duduk memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam rangka meningkaatkan minat baca bagi semua siswa yang ada. Pernyataan Nomor 2 Apakah perpustakaan ada di tempat anda sekolah ? TABEL 2 KEBERADAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH No a. b.00%)dari responden menyatakan ada perpustakaan di sekolah mereka.serta sebanyak 17 orang (21. .sangat membantu bagi siswa untuk menambah pengetahuan yang lebih banyak lagi disamping peningkatan prestasi.52 %) dari responden menyatakan kelas satu siswa saat ini.00 Tabel 2 menujukan bahwa secara keseluruhan. karena tidak mungkin semua pengetahuan di ajarkan oleh guru didalam kelas karenanya pemanfaatan perpustakaan. Data table dua dapat dianalisa bahwa para siswa menyatakan perputakaan ada di sekolah mereka saat ini se3bab dimanapun sekolah didirikan oleh pemerintah saat ini tetap dipikirkan keberadaan perpustakaan dalam menunjang minat baca siswa atau dengan adanya perpustakaan akan meningkatkan perestasi belajar dari semua siswa.Pemanfaatan perpustakaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa merupakan hal yang mutlak. Ada Tidak ada Alternatif Jawaban F 79 0 % 100.00 Jumlah 79 100.00 0.dari responden menyatakan kelas tiga siswa saat ini.

Pernyataan Nomor 3 Kalau ada terdaftar sebagai peserta anggota perpustakaan.hal ini membuktiakan bahwa para siswa bulan hanya terdaftar sebagai anggota perpustakaan.00 No a. 79 orang (100.apakah anda selalu belajar di perpustakaan? TABEL 3 KEADAAN RESPONDEN UNTUK BELAJAR DIPERPURTAKAAN F 79 0 79 % 100 0 100. Selalu Tidak Alternatif Jawaban Jumlah Tabel 3 menujukkan bahwa secara keseluruhan. dan yang menyatakan tidak perna belajar di perpustakaan ternyata tidak ada satupun respondenpun. b.tetapi mereka mau memamfaatkan untuk luang mereka dengan belajar diperpustakaan.Kemudian untuk mengisi perpustakaan itu dengan berbagai buku pemerintah setiap tahunnya akan mengirimkan berbagai jenis buku setiap sekolah. Data table 3 dapat dianalisis bahwa para siswa memamfaatkan waktu mereka untuk bekajar di perpustakaan terutama bila ada waktu luang.sehingga manfaat pustaka dalam menamba pengetahuanpara siswa sangat didasarkan oleh para siswa itu sendiri. Pernyataan Nomor 4 Kalau anda selalu belajar diperpustakaan apakah tujuan anda ? .00%) menyatakan selalu belajar diperpustakaan.

Data table 4 dapat dianalisa bahwa keinginan para siswa untuk belajar diperpustakaan. juga dengan adanya kebiasaan para siswa belajar di perpustakaan juga akan semakin meningkat kecintaan para siswa untuk belajar secara mandarin dan kelompok.TABEL 4 TUJUAN BELAJAR DI PERPUSTAKAAN No a.79 orang (100. Ternyata tidak satupun respondenpun.00 Tabel 4 menunjukan bahwa secara keseluruhan.00%) dari responden menyatakan tujuan mereka belajar diperpustakaan adalah menambah ilmu pengetahuan.Juga dengan belajar di perpustakaan para siswa merasa senang sebab buku yang dapt mereka baca sangat beraneka ragam. dengan semakin seringnya siswa belajar diperpustakaan dengan sendirinya akan menambah pengetahuan siswa terutama dalam meningkatkan perestasi belajar itu sendiri.sesuai dengan yang diinginkan. Sedangkan yang menyatakan hanya ikut-ikutan dengan teman saja. c.00 100. Pernyataan table 5 Kapankah waktu anda mengunjungi perpustakaan ? . b. Alternatif Jawaban Menambah pengetahuan Untuk melatih membaca Hanya ikut-ikutan Jumlah F 79 0 0 79 % 100 0 0.

Alternatif Jawaban Sewaktu jam pelajaran istirahat Sewaktu jam belajar Sewaktu sekolah libur Sebelum jam belajar dimuali Jumlah F 72 0 0 7 79 % 91. Data table 5dapat dianalisa bahwa waktu luang para siswa untuk mengunjungi perpustakaan adalah waktu jam istirahat hanya 30 menit dalam setiap harinya tetapi para siswa berusaha mereka dating ke pustaka meminjam buku untuk dibaca di rumah. Pernyataan Nomor 6 Anda sebagai pelajar berapa kalikah dalam seminggu membaca di perpustakaan ? .14 0. d.00 0.86 100. juga waktu yang paling lama siswa dapat belajar di perpustakaan sewaktu guru mata pelajaran berhalangan dating ke sekolah. c. b.TABEL 5 WAKTU MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN No.00 8.00 Tabel menunjukkan bahwa sebanyak 72 orang (91.14%) menyatakan sewaktu jam pelajaran istirahat mengunjungi perpustakaan sekolah. dan sebanyak 7 orang (80. a.serta ada juga sebagian guru sengaja memawa para siswa belajar di perpustakaan.86%) dari responden menyatakan selum jam belajar di mulai mengunjungi perpustakaan sekolah. sehingga minat untuk membaca lebih tinggi.

Data table 6 dapat dianalisa bahwa kedatangan siswa belajar di perpustakaan secara umum terjadi pariasi tetapi pada umumnya mereka dating ke pustakaan untuk meminjam ataupun untuk belajar di perpustakaan tersebut. d. e. b.05 3. c.25%) dari responden menyatakan 2 kali dalam seminggu belajar di perpustakaan.25 24.% ) dari responden menyatakan 6 kali belajar di perpustakaan.05%) dari responden menyatakan 4 kali belajar di perpustakaan.00 Tabel 6 menunjukan bahw sebanyak 62 orang (32. serta sebanyak 16 orang (24.sebanyak 3 orang ( 3. Alternatif jawaban Dua kali Tiga kali Empat kali Lima kali Enam kali jumlah F 15 26 16 19 9 79 % 29.54. sebanyak 15 orang (29. a.91%) dari responden menyatakan 3 kali dalam seminggu belajar di perpustakaan dan sebanyak 19 orang (24.05%) dari responden menyatakan 5 kali dalam seminggu .25 32.TABEL 6 BANYAKNYA PELAJARAN DIPERPUSTAKAAN DALAM SEMINGGU No.54 100. Pernyataan Nomor 7 Apakah semua buku pelajaran tersedia diperpustakaan sekolah ? .91 20.

sebab apabila buku paket tidak di sediakan oleh pemerintah dengan sendirinya proses belajar mengajar akan terganggu atau kurng lancer berdasarkan hal ini oleh pemerintah tetap berusaha menyediakan buku pelajaran kepada para siswa di sekolah. Dari tabel7 dianalisa bahwa dalam menunjang prestasai siswa belajar disekolah oleh pemerintah menyediakan buku-buku paket bagi siswa.TABEL 7 TENTANG TERSEDIANYA BUKU PELAJARAN DI PERPUSTAKAAN No a.15 27.00 Tabel 7 menunjukkan bahwa sebanyak 57 orang (72.15%) dari responden menyatakan semua buku pelajaran ada tersedia di perpustakaan dan sebanyak22 orang ( 27.85 100.85% )dari responden menyatakan tidak semua buku pelajaran tersedia du perpustakaan.tetapi pada buku paket yang untuk siswa dapat terpenuh dan para siswa tinggal meminjam saja di perpustakaan sekolah. . b. Alternatif Jawaban Ya semua terlaksana Tidak semua tersedia Jumlah F 57 22 79 % 72. Disamping pemerintah disekolah juga berusaha membeli buku-buku untuk keperluan para siswa tersebut dan buku-buku yangdi beli itu akan disimpan di perpustakaan sehingga siswa secara bergilir dapat meminjam buku tersebut.

Altenatif jawaban Buku ilmu sosial Buku ilmu Alam Buku ilmu Bumi Ilmu pengatahuan Umum Jumlah F 25 17 8 29 79 % 31.dan sebanyak 25 orang menyatakan buku ilmu social ada tersedia di perpustakaan.71 100.52%) menyatakan buku ilmu pengetahuan alam yang mereka senangi membaca diperpustakaan serta sebanyak 8 orang (10. d. a. b. sebanyak 17 orang (21.00 Tabel 8 menujukan bahwa sebanyak 29 orang (36. .64 21. c.13%) dari responden menyatakan buku ilmu bumi yang mereka senangi dalam membaca diperpustakaan.13 36.71%) responden menyatakan semua ilmu pengetahuan ada tersedia di perpustakaan.52 10. Data dari tabel 8 dapt dianalisa bahwa yang membuat para siswa senang untuk belajar di perpustakaan disebabkan karena buku-buku yang tersedia di pustaka tersebut sesuai dengan selera para siswa dan paling diminati oleh siswa adalah ilmu pengetahuan yang bersifat umum.Pernyataan nomor 8 TABEL 8 TENTANG BUKU YANG TERSEDIA No. walaupun demikian buku ilmu sosial juga sangat mereka senangi dan di dalam pustaka sekolah pengetahuan sosial bukunya yang paling banyak.

BAB V KESIMPULAN DAN SKESIARAN 5.1. 5.1.2.3. Maka penulis dalam kesempatan ini mencobak mengemukakan beberapa saran antara lain sebagai berikut: 5.sebab perpustakaan bukan sekedar tempat membaca dan menyimpan buku.1.Guru.perpustakaan siswa siswi.dimana pada setiap saatnya menghimbau siswa siswi untuk belajar diperpustakaan. . Saran-saran Bagaimana supaya perpustakaan dapat berfungsi sebagai mana mestinya yang di harapkan oleh semua pihak terutama oleh pihak pemerintah. Untuk lebi berfungsinya perpustakaan di sekolah-sekolah hendaknya pemerinta selalu memperhatikan keberadaan perpustakaan sekolah tersebut dengan mengirimkan dan melengkapi dengan buku-buku yang bermanfaat bagi siswa. Pembinaan dan pengembangan perpustakaan dewasa ini sedang digalakan oleh pemerintah.1.1 Pengertian guru terhadap pemanfaatan perpustakaan bagi siswa dan siswi suda menunjukan suatu kemajuan besar. tetapi merupakan pusat dokumentasai pelestarian budaya bangsa dan sebagai tempat sumber ilmu pengetahuan 5.1. . 5.2.2. Pemanfaatan perpustakaan sebagi sarana belajar bagi siswa siswi dalam meningkatkan prestasi siswa telah menunjukkan kemajuan namun belum dapat dikatakan ketingkat yang sangat memuaskan.Kesimpulan Adapun kesimpulan yang dapat kemukakan sesuai dengan isi mata kulya penelitian tindakan kelas dalah sebagai berikut: 5.sehingga keinginan siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan minat baca akan lebih tinggi.sehingga hasil yang di harapkan dapat terlaksana dengan baik.

2. 5.2.agar para siswa siswi semakin mencintai atau gemar membaca di perpustakaan sekolah. sehingga akan menumbukan semanagat membaca yang lebih tinggi di kalangan para siswa siswi. 5. .sebab buku ini merupakan sumber ilmu yang perlu dilestarikan dan di jaga keutuhannya.5. Diharapkan kepada pengelola perpustakaan (Pustakawan)supaya dapat meningkatkan pelayanan yang lebi baik parasiswa siswi.3.4.2.2. Agar Guru-guru selalu mendorong para siswa siswi intuk mau memanfaatkan dan menjelaskan mamfaat dari pustaka sekolah. diharapkan kepada para siswa siswi supaya dapat menjaga yang telah mereka pinjam dari perpustakaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful