Dibalik kelebihan dan kekurangan

Di dalam suatu Negara tentunya memiliki system media massa, dan system media massa yang dianut di dalam suatu Negara akan ada keterkaitan dengan praktek jurnalisme yang berkembang. Sebagai contoh system otoritarian dan liberalisme, kedua system ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Otoritarian memiliki kelebihan : Dalam aspek politik, misalnya: Partai-partai yang berkuasa saat ini sebagian besar adalah partai yang berkuasa pada massa otoritarian. Oleh karena itu otoritarian membawa pengaruh yang cukup kuat dan menguntungkan khususnya bagi kelompok politik yang ingin mendapatkan kekuasaan, Mudah diatur, Media masa mudah untuk dikendalikan Dan dampaknya pro kontra lebih sulit untuk ditemukan, karena pemerintah disini lebih berkuasa. Dengan kata lain mau gak mau harus tunduk pada penguasa. Namun system ini memiliki kekurangan seperti Setiap individu sulit untuk mengekspresikan ide atau gagasan, individu harus sepenuhnya tunduk pada orang yang berkuasa, media massa merasa terbatas karena adanya intervensi dari aturan yang telah dibuat pada massa itu. Kontrol atas pengelolaan negara, baik secara sosial, ekonomi, maupun politik tetap dikuasai oleh segelintir orang atau kelompok tertentu, sementara masyarakat hanya eksis dalam politik electoral yang proses dan hasilnya pun tidak bisa dikontrol oleh masyarakat. Menurut saya, Otoritarian terlihat pada massa orde baru yang memiliki pandangan siapa saja yang punya uang, jabatan, kekuasaan ialah yang mampu berkuasa. Strategi ekonomi politik Indonesia berubah secara drastis baik secara nasional maupun internasional. Pemerintah Indonesia yang sebelumnya meprogramkan ekonomi ³berdikari´ berubah membuat kebijakan penanaman modal asing dan hutang. Dari itulah bangsa Indinesia tidak dapat mandiri dan selalu terbayang hutang luar negri. Namun apakah setelah otoritarian berakhir yang saat ini diganti dengan demokratis akan menjadi lebih baik ?saya rasa perlu adanya penelitian yang lebih spesifik lagi Liberalisme mempunyai kelebihan : individu disini bebas mengekspresikan dirinya, sistem pemerintahan maupun negara hanya dianggap sebagai fasilitator, individu tidak terpaku intervensi aturan pemerintahan, bersifat demokrasi. Kekurangan liberalisme : karena bersifat demokratis dan bebas kerap mengalami pro dan kontra pada pemikiran masing-masing, media kadang tidak memikirkan privasi seseorang, tidak ada batasan. Menurut saya, liberal mempunyai sistem yang memiliki tujuan menciptakan masyarakat tanpa hirarki politik, ekonomi dan sosial. Selain itu segala kekerasan akan dilenyapkan, dan pada tempatnya setiap orang akan mendapatkan akses bebas dan setara terhadap alat-alat informasi dan produksi. Sebaiknya Liberal perlu dimiliki oleh setiap individu sebagai filosofisnya untuk menjalankan sebuah kehidupan. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki HAM, namun kita juga tak lupa harus menjunjung nilai tanggung jawab dan dapat memilah mana yang baik untuk diri kita sendiri,orang lain dan negara.

sistem ekonomi sosial..27 aben mengatakan.Alat-alat produksi dan kebijaksanaan ekonomi semuanya diatur oleh negara. .Diposkan oleh gila_informasi@gmail. definisi sistem ekonomi sosialis. sistem . 12 Oktober 2010 01. . ciri-ciri sistem ekonomi sosialis.Masyarakat dianggap sebagai satu-satunya kenyataan sosial.Pemerintah bertindak aktif mulai dari perencanaan. dan aku mau tanya nih.. y Peran pemerintah sangat kuat . pokok2 nilai liberal salah satunya adalah: "Trust in God as a Creator". tapi tidak semua.28 Poskan Komentar Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda Langgan: Poskan Komentar (Atom) menurut kalian Ciri-ciri sistem ekonomi Sosialis y Lebih mengutamakan kebersamaan (kolektivisme). y Sifat manusia ditentukan oleh pola produksi (more«) Pencarian yang terkait : sistem ekonomi sosialis. pelaksanaan hingga tahap pengawasan. ciri ciri sistem ekonomi sosialis.com di 07... aku juga orangnya mungkin liberal. tapi pada kenyataanya masyarakat liberal itu cendrung sekuleris. sedang individu-individu fiksi belaka. .Tidak ada pengakuan atas hak-hak pribadi (individu) dalam sistem sosialis. pengertian ekonomi sosialis. sistem ekonomi sosialisme.04 2 komentar: Hendra mengatakan. pengertian sistem ekonomi sosialis.. thanks buat infonya. ciri-ciri sistem ekonomi sosialisme. kenapa ko orang liberal di Indonesia di pandang jelek?? 19 Desember 2009 04.

definisi sistem ekonomi kapitalis. kelemahan sistem ekonomi kapitalis. pendekatan sistem. ciri-ciri ekonomi kapitalis. Keuntungan sistem ekonomi kapitalis Kelebihan Pendekatan Sistem Ekonomi Filed under Ekonomi Islam by Choir on 7 April 2010 at 17:53 no comments Beberapa dengan pendekatan teori ekonomi yang melihat persoalan-persoalan ekonomi secara ³terkotak-kotak´ maka pendekatan sistem ekonomi melihat persoalan ekonomi secara utuh. Dengan demikian setiap persoalan ekonomi yang kita hadapi. sistem perekonomian kapitalis. pengertian sistem ekonomi kapitalisme. (more«) Pencarian yang terkait : kelebihan dan kelemahan pendekatan sistem. teori sistem ekonomi. kelebihan pendekatan tradisional. ekonomi kapitalis.sosialis. SISTEM EKONOMI DI LIHAT DARI . kelebihan sistem ekonomi kapitalis. Perbedaan sistem ekonomi sosialis dan komunis. pengertian sistem ekonomi sosial. pengertian kapitalisme. kelebihan sistem kapitalisme. kelemahan dan kelebihan sistem ekonomi kapitalis. ciri ciri sistem ekonomi kapitalis. pengertian ekonomi sosial. definisi ekonomi sosialis. Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu. Inidividu bebas memilih pekerjaan/ usaha yang dipandang baik bagi dirinya. pengertian sistem ekonomi sosialisme. ciri sistem ekonomi sosialis. ciri-ciri ekonomi sosialis. kelebihan Sistem Ekonomi Pancasila. kelebihan ekonomi kapitalis. KEBAIKAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS. kelebihan pendekatan sistem. pengertian sistem ekonomi kapitalis. y Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar (more«) Pencarian yang terkait : sistem ekonomi kapitalis. CIRI-CIRI EKONOMI SOSIALISME. sistem sosialisme. pendekatan sistem ekonomi. sistem ekonomi -tradisional kelebihan. sistem ekonomi kapitalisme. sistem ekonomi dipandang sebagai suatu totalitas. kita lihat secara menyeluruh ± dilihat dari kelima unsur sistem ekonomi ± sehingga seluruh fakta yang berkaitan dengan persoalan tersebut bisa terungkap secara lengkap. kelebihan teori sistem. ciri-ciri sistem ekonomi kapitalis. pengertian sistem sosialis Sistem Ekonomi Kapitalis (Kapitalisme) Filed under Ekonomi Islam by Choir on 7 April 2010 at 17:56 no comments Ciri-ciri sistem ekonomi Kapitalis : y Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi. ciri sistem ekonomi kapitalis.

pengertian sistem zonasi. (more«) Pengertian Sistem dan Sistem Ekonomi Filed under Ekonomi Islam by Choir on 7 April 2010 at 17:51 no comments Istilah ³sistem´ berasal dari perkataan ³systema´ (bahasa Yunani). komponen sistem ekonomi. serikat buruh. elemen-elemen sistem ekonomi. sistem ekonomi terbuka. invstor dan pejabat-pejabat yang terkait. instansi pemerintah dan lembaga-lembaga lain yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi. yang memiliki batas yang menseleksi baik macamnya maupun banyaknya input yang masuk dan output yang keluar dari sistem tersebut. pendekatansistem ekonomi. yang saling berhubungan satu samalain. pendekatan sistem dalam ekonomi. kelebihan dan kelemahan Pendekatan Sistem !.KELEBIHAN. definisi teori sistem. pengertian Elemen Daniel. pengertian sistem bisnis. arti sistem ekonomi. pengertian sistem ekonomi islam. Demi prinsip tersebut. Sumber Daya Kapital (SDK).Suatu sistem adalah seperangkat komponen. kelebihan dari sistem ekonomi Unsur-unsur dan Fungsi Elemen Sistem Ekonomi Filed under Ekonomi Islam by Choir on 7 April 2010 at 17:51 no comments Elemen-elemen dalam Sistem Ekonomi antara lain : a) Unit-unit ekonomi seperti rumah tangga. pengertian pendekatan sistem. pendekatan dalam sistem ekonomi. c) Lingkungan Sumber Daya Alam (SDA) Dan Sumber Daya Manusia (SDM). yang dapat diartikan sebagai: keseluruhan yang terdiri dari macam-macam bagian. Sumber Daya Teknologi (SDT). Pengertian elemen ekonomi. pengertian pendekatan sistem ekonomi. pendekatan melalui sistem ekonomi. pengertian elemen daniell Macam-macam Sistem Perekonomian * Kapitalisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. perusahaan. elemen-elemen sistem. (more«) Pencarian yang terkait : pengertian sistem ekonomi. definisi sistem ekonomi. pengertian pendekatan totalitas dalam sistem ekonoki. pengertian sistem ekonomi terbuka. b) Pelaku-pelaku ekonomi seperti konsumen. Beberapa definisi tentang sistem antara lain : . elemen-elemen dalam sistem ekonomi. elemen sistem ekonomi. pengertian integrasi ekonomi. pengertian ekonomi terbuka. maka pemerintah tidak dapat . produsen. elemen daniel. pendekatan sistem teori ekonomi. definisi ekonomi. buruh.

seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. 4. terutama barang modal. Walaupun demikian. Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu 3. Ciri-ciri Kapitalisme : 1. Prinsip . Mendewakan hak milik pribadi dgn membuka jalan selebar-lebarnya agar tiap orang mengerahkan kemampuan dan potensi yg ada utk meningkatkan kekayaan dan memeliharanya serta tidak ada yg menjahatinya. Mencari keuntungan dgn berbagai cara dan sarana kecuali yg terang-terangan dilarang negara krn merusak masyarakat seperti heroin dan semacamnya. 2. Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi 2. kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut. 3.melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Karena itu dibuatlah peraturan-peraturan yg cocok utk meningkatkan dan melancarkan usaha dan tidak ada campur tangan negara dalam kehidupan ekonomi kecuali dalam batas-batas yg yg sangat diperlukan oleh peraturan umum dalam rangka mengokohkan keamanan. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut. yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi. Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar 5. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19. Price system sesuai dgn tuntutan permintaan dan kebutuhan dan bersandar pada peraturan harga yg diturunkan dalam rangka mengendalikan komoditas dan penjualannya. Pasar berfungsi memberikan ³signal´ kepda produsen dan konsumen dalam bentuk harga- . para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu. Perfect Competition .Prinsip Sistem Kapitalisme 1. Inidividu bebas memilih pekerjaan/ usaha yang dipandang baik bagi dirinya.

6.Sistem Perekonomian komunisme. Dalam sistem perekonomian kapitalis. tetapi dngan campur tangan pemerintah.Sistem Ekonomi Merkantilisme. fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan.Sistem Perekonomian Fasisme. yaitu suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset& modal yang dimiliki negara. Sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah. 5.. 7.Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. mulai dari yang kecil hingga yng besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan Pemerataan Ekonomi dan kebersamaan. 1.Setiap orang tak boleh memiliki kekayaan pribadi. Barang dan jasa diperdagangkan di pasar bebas (free market) yang bersifat kompetitif. .Semua unit bisnis.Sistem Perekonomian Kapitalisme. yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain. Klik Disini Untuk Penjelasan Sistem Perekonomian Kapitalisme Selengkapnya 2. ³The Invisible Hand´ yang mengatur perekonomian menjadi efisien.modal kapitali (baik uang maupun kekayaan lain) diinvestasikan ke dalam berbagai usaha untuk menghasilkan laba (profit). Campur tangan pemerintah diusahakan sekecil mungkin. 3. Macam2x Sistem Ekonomi Berikut berbagai macam sistem perekonomian dan penjelasannya. yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. 8.semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.Sistem Perekonomian Sosialisme. adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber2x kegiatan perekonomian.yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi.harga. 4. dengan kata lain.

kelemahan sistem perekonomian.jenis sistem perekonomian.sosialisme.pengertian sistem perekonomian.keunggulan sistem perekonomian.Kumpulan Macam Macam Sistem Ekonomi Tag=sistem perekonomian.kapitalisme.komunisme.jenis sistem ekonomi.fasisme Related Posts .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful