LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA

Gelombang Bunyi
Diajukan untuk memenuhi tugas mata pelajaran Fisika Guru Mata Pelajaran : Ibu Drs. Ismun Darjatiningsih, M.Pd

Di Susun Oleh: Anisa Nufus Firdha Nurhidayati Lia Eliyati Siti Lathifah N. A. Yani Andalis P.

Kelas : XII IPA 2 SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 2 KRAKATAU STEEL Jalan Semang Raya No.1 Kompleks Krakatau Steel CILEGON 2010

Kami menyadari. bahwa laporan ini masih banyak memiliki kekurangan. Amin. kami masih perlu banyak belajar dalam penulisan laporan. Cilegon. Penulisan laporan ini ditujukan untuk memenuhi tugas Fisika. karena atas kehendak-Nyalah Laporan Praktikum ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT. 27 September 2010 PENULIS . Harapan kami. Dan kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu hingga dapat terselesaikannya laporan ini. Oleh karena itu. mudah-mudahan laporan yang sederhana ini dapat bermanfaat di masa yang akan datang dan khususnya bagi para pembaca. kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang positif agar laporan ini menjadi lebih baik dan berdaya guna di masa yang akan datang.

11 ..7 ...i ii 1 ..8 10 .DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi Judul Tujuan Percobaan Landasan Teori Langkah Percobaan Data Hasil Percobaan Kesimpulan Lampiran Daftar Pustaka .4 ..12 ii ..3 .......

LANDASAN TEORI Pipa organa adalah alat yang menggunakan kolom udara sebagai sumber bunyi. l0 = f0. 2. Gambar berikut menunjukkan berbagai pola getaran yang terjadi pada pipa organa tertutup. 3. Pada panjang kolom udara L terjadi 1/4 gelombang. maka dinamakan pipa organa tertutup.Apabila pada ujung atas pipa organa tertutup. Jadi : L= o. karena hanya terdapat 1 simpul dan 1 perut.I. sehingga gelombang longitudinal stasioner yang terjadi pada bagian ujung tertutup merupakan simpul dan pada bagian ujung terbuka terjadi perut. 4. o = 4L f0 . TUJUAN PERCOBAAAN Percobaan yang kami lakukan bertujuan untuk : 1. 4L = v f0 = 3 . Memahami konsep tentang pipa organa tertutup Memainkan sebuah lagu dengan alat dan bahan yang ada Mengetahui frekuensi dan lamda dengan diketahuinya tinggi air Mengetahui hubungan antara panjang botol (L) dan frekuensi (f) II. Pada (a) memberikan nada dasar dengan frekwensi fo.

= 1 : 3 : 5 : 7 : . . f1 = Pada pola ( c ) memberikan nada atas kedua dengan dengan frekwensi f2 pada panjang kolom udara pipa organa tertutup terjadi 3 simpul dan 3 perut. fo : f1 : f2 : f3 : . l2 = f2 . Ungkapan ini dinamakan Hukum Bernoulli ke II : Frekwensi nada pipa organa tertutup berbanding sebagai bilangan-bilangan ganjil. . Jadi : L= atau L=v 1= panjang 1 L f1 . . Sepanjang kolom udara pipa organa tertutup terjadi 2 simpul dan 2 perut. . sehingga panjang pipa = gelombang. f2 = Dari keterangan di atas dapat disimpulkan : Pada nada atas ke-n terdapat ( n+1 ) simpul dan ( n+1 ) perut.Pada pola ( b ) memberikan nada atas pertama dengan Frekwensi f1. sehingga panjang pipa = gelombang. l1 = f1 . 4 . Jadi : L= l2 atau l2 = L=v L panjang f2 .

Organa Tertutup Pola gelombang untuk nada dasar ditunjukkan pada gambar 3. Gambar 3..... sehingga pada ujung pipa selalu terjadi simpul.. maka pipa organa itu disebut pipa organa tertutup..8a.... dan 5 .... atau 1 = 4L. Pada ujung pipa tertutup.. sehingga terjadi 2 perut dan 2 simpul..12) Pola resonansi berikutnya dengan panjang gelombang 3 disebut nada atas pertama.... Ini terjadi dengan menyisipkan sebuah simpul. Tiga keadaan resonansi di dalam pipa organa tertutup ditunjukkan pada Gambar 3...8.. dan frekuensi nada dasar adalah .. Panjang simpul sama dengan frekuensi nada atas kesatu ini adalah .......(3. ditunjukkan pada gambar 3.. Dengan demikian.. yaitu terjadi 1 perut dan 1 simpul.. Dengan demikian.8b...Secara umum dirumuskan : Sehingga untuk panjang gelombangnya : jika ujung pipa organa tertutup.. Panjang pipa sama dengan ¼ (jarak antara simpul dan perut berdekatan).. atau .. udara tidak bebas bergerak....8.

......... yang getarannya seperti ditunjukkan pada Gambar 3....... dan seterusnya... harmonik ketiga f3 = 3f1...........14) Tampak bahwa pada kasus pipa organa tertutup hanya harmonik-harmonik ganjil yang muncul.... Harmonik kesatu. frekuensi-frekuensi alami pipa organa tertutup ini dinyatakan oleh : ... f1........ Secara umum....8c adalah (3. 6 .........15) Alat musik yang termasuk keluarga klarinet merupakan contoh pipa organa tertutup dengan harmonik ganjil untuk nada-nada rendah.....(3....(3...... harmonik kelima f5 = 5f1. Selanjutnya akan Anda peroleh bahwa frekuensi nada atas kedua.13) Perhatikan bahwa frekuensi ini sama dengan tiga kali frekuensi nada dasar....

Plastik f. Gunting 2. d.III. 7 . 8 Botol bekas dengan ukuran yang sama b. Penggaris d. Alat yang digunakan: a. Tali g. Setelah botol-botol tersebut diisi air. tutup bagian atasnya dengan plastik lalu ikat dengan tali.18 cm dari dasar botol untuk nada si (7) rendah . Isi botol dengan air sebanyak : . Cara Kerja : a. Sendok e. Inilah yang akan disebut sebagai pipa organa tertutup.20 cm dari dasar botol untuk nada la (6) rendah . Uji frekuensi setiap botolnya apakah nada yang dihasilkan sudah sesuai atau belum.16 cm dari dasar botol untuk nada do (1) . c. LANGKAH PERCOBAAN 1.22 cm dari dasar botol untuk nada sol (5) rendah b. Mainkan lagu dengan botol-botol tersebut sebagai alat musiknya.10 cm dari dasar botol untuk nada fa (4) .8 cm dari dasar botol untuk nada sol (5) .12 cm dari dasar botol untuk nada mi (3) .14 cm dari dasar botol untuk nada re (2) . Air c.

86 Hz 4.625 Hz 88 cm 80 cm 72 cm 64 cm 56 cm 48 cm 40 cm 32 cm P Nada yang terbentuk Sol rendah La rendah Si rendah Do Re Mi Fa Sol Ket: V= 340 m/s V.25 Hz 4. DATA HASIL PERCOBAAN No 1 2 3 4 5 6 7 8 L 22 cm 20 cm 18 cm 16 cm 14 cm 12 cm 10 cm 8 cm f 3. PENGOLAHAN DATA 8 .07 Hz 7.31 Hz 6.72 Hz 5.08 Hz 8.IV.5 Hz 10.

VI. 5) berbanding lurus dengan 9 .Begitupun sebaliknya 2) Frekuensi berbanding lurus dengan nada 3) Tinggi rendahnya nada diketahui berdasarkan frekuensinya 4) Sumber bunyi akan berbeda oleh perbedaan bahan. bentuk dan ukurannya. KESIMPULAN 1) Semakin besar volume air yang diisi ke dalam botol maka suara yang dihasilkan akan semakin rendah dan frekuensinyapun rendah.

Jakarta : Erlangga 10 .2007.Fisika 3A.DAFTAR PUSTAKA Google.co.id Kanginan.Marthen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful