P. 1
modal manusia

modal manusia

|Views: 581|Likes:
Published by Viki Lemba

More info:

Published by: Viki Lemba on Mar 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/24/2013

pdf

text

original

MODAL SOSIAL DALAM PENCIPTAAN MODAL MANUSIA

MAKALAH MATAKULIAH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

DOSEN: DR. YURNI HARRI JALIL

OLEH:

VINSENSIUS C. LEMBA ( 7616090443)

PRORAM MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2009

Page 1 of 31

KATA PE

ANTAR

Salah satu unsur penting yang menentukan kemajuan dunia pendidikan adalah peranan pelbagai sumberdaya sebagai investasi, yang lebih dikenal dengan sebutan modal. Dari pelbagai jenis modal, yang umum dikenal adalah modal sosial, modal kapital, dan modal manusia. Dalam makalah ini, kelompok kami mengemukakan pandangan-pandangan inovatif dari James S. Coleman tentang penggunaan modal sosial dan modal manusia dalam hubungan dengan pendidikan. Hemat kami, pendidikan yang berkualitas layak mengakomodir secara tepat dan benar pelbagai bentuk modal sosial dan modal manusia, yang terarah pada pembentukan dan perkembangan jati diri para peserta didik. Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini dapat diselesaikan karena campur tangan dari pelbagai pihak. Karena itu, pertama -tama kami patut bersyukur kepada Allah SWT, yang atas berkah -Nya telah menyertai kami dalam

menyelesaikan makalah ini. Kami juga patut mengucap terima kasih berlimpah kepada Dosen Matakuliah Manajemen Berbasis Sekolah, Dr. Yurni Harri Jalil yang telah mempercayakan kami untuk membuat dan menyelesaikan makalah ini. Lewat kuliah tatap-muka, kami memperoleh masukan-masukan penting tentang pendidikan, yang dapat kami kaitkan dengan materi makalah ini. Makalah ini disusun untuk disajikan dalam diskusi bersama para mahasiswa mahasiswi program magister Manajemen Pendidikan, angkatan tahun 2009, khususnya dari kelas D. Kami selalu berharap agar butir -butir pemikirian dalam makalah ini berguna bagi kita semua. Karena itu, dengan hati terbuka kami berharap agar gagasan-gagasan makalah ini dapat dipersoalkan, dikritik, didiskusikan, dan disempurnakan agar selanjutnya semakin berguna bagi perkembangan pendidikan kita.

Jakarta, Oktober 2009

Page 2

¡ 

31

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ««««««««««««««««««««««««« DAFTAR ISI ««««««««««««««««««««««««««««... AB I PENDAHULUAN «««««««««««««««««««««««..

i ii

1.1. Latar Belakang ««««««««««««««««««««««««« 1.2. Permasalahan ««««««««««««««««««««««««« 1.3. Tujuan dan Manfaat «««««««««««««««««««««««
BAB II PE BAHASAN ......................................................................................

1

2.1. Alur Pemikiran Penulis «««««««««««««««««««««.. . 2.2. Pokok-Pokok Pikiran ««««««««««««««««««««««« 2.2.1. Kritikan dan Revisi Atas Pandangan Sosiologi dan Ekonomi Tentang Aksi Sosial ««««««««««««««««««««««... 2.2.2. Modal Sosial «««««««««««««««««««««««««« 2.2.3. Modal Manusia dan Modal Sosial ««««««««««««««««« 2.2.4. Bentuk-Bentuk Modal Sosial ««««««««««««««««««« 2.2.4.1. Kewajiban, Ekspetasi dan Kredibilitas Struktur-Struktur ««««««.. 2.2.4.2. Saluran Informasi ««««««««««««««««««««««« 2.2.4.3. Norma dan Sanksi Efektif «««««««««««««««««««.. 2.2.5. Struktur Sosial Yang Memfasilitasi Modal Sosial ««««««««««.. 2.2.5.1. Penutupan Jaringan Sosial ««««««««««««««««««« 2.2.5.2. Organisasi Sosial Yang Dapat Dise suaikan «««««««««««« 2.2.6. Modal Sosial Dalam Penciptaan Modal Manusia ««««««««««.. 2.2.6.1. Modal Sosial Dalam Keluarga «««««««««««««««««« 2.2.6.2. Modal Sosial Di Luar Keluarga «««««««««««««««««.. 2.2.7. Aspek-Aspek Kebaikan Publik Modal Sosial ««««««««««««.. 2.2.8. Kesimpulan ««««««««««««««««««««««««««..

Page 3

¢ £

31

Saran ««««««««««««««««««««««««««««««« DAFTAR PUSTAKA «««««««««««««««««««««««««. 3. Implikasi «««««««««««««««««««««««««««««« 3.2.1.3... Page 4 ¤ ¥ 31 .BAB III PENUTUP ««««««««««««««««««««««««««. 3. Kesimpulan ««««««««««««««««««««««««««««..

nor ma. 9. pabrik. hal. akan tetapi juga berupa modal manusia. 1 Berkaitan dengan modal manusia dan modal sosial. dan kepercayaan antarsesama yang lahir dari anggota kelompok dan menjadi norma kelompok. nilai. Misalnya. alat -alat. Modal sosial menekankan potensi kelompok dan pola hubungan antarindividu dalam suatu kelompok dan antarkelompok dengan ruang perhatian pada jaringan sosial. Demikian pun pelbagai bidang kehidupan manusia dewasa ini mulai didominasi oleh peranan modal manusia. yakni James S. Kekuatan tersebut akan maksimal jika didukung oleh semangat proaktif membuat jalinan hubungan. Modal yang demikian disebut dengan µmodal sosial¶ ( social capital). Inti telaah modal sosial terletak pada bagaimana kemampuan masyarakat dalam suatu entitas atau kelompok untuk bekerjasama membangun suatu jaringan untuk mencapai tujuan bersama. Social Capital Jakarta. dalam makalah ini. 2006). dan dibangun di atas kepercayaan yang ditopang oleh norma dan nilai sosial yang positip dan kuat. selain pengetahun dan ketrampilan adalah µkemampuan masyarakat untuk melakukan relasi satu sama lain¶. dalam sistem perekonomian semakin tampak bahwa modal tidak hanya berwujud alat-alat produksi seperti tanah. Kerjasama tersebut diwarnai oleh suatu pola interelasi yang timbal-balik dan saling menguntungkan. yaitu µpengetahuan¶ dan µketrampilan¶ manusia. Latar Belakang Salah satu ciri khas yang menandai perkembangan globalisasi adalah peralihan yang signifikan peranan non-human capital ke human capital (modal manusia). Dalam karyanya yang berjudul ³ Social Capital in the Jousairi Hasbullah. Kemampuan ini akan menjadi modal penting bagi kehidupan manusia dalam segala aspeknya. Coleman. 1 Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia (Jakarta: MR-United Press Page 5 ¦ § 31 . penulis akan mengkaji tulisan salah seorang pemikir besar dalam bidang sosiologi modern. dan mesin-mesin. Kandungan lain dari modal manusia. yaitu kemampuan masyarakat untuk bekerja bersama demi mencapai tujuan bersama dalam suatu kelompok dan organisasi. .BAB I PENDAHULUAN .

Coleman memperlihatkan bahwa modal manusia dapat berkembang efektif sejauh terjadi dalam sebuah relasi sosial yang efektif. Coleman memfokuskan perhatiannya pada korelasi yang kuat antara modal sosial dan modal manusia. yang dalam beberapa penelitiannya selalu dikaitkan dengan pendidikan.Creation of Human Social´. Untuk menjelaskan bentuk-bentuk modal sosial c. Permasalahan Makalah ini membahas beberapa poin penting berkaitan dengan modal sosial dalam upaya penciptaan modal manusia.) kewajiban. (3. dan modal social ± turut bertanggung jawab dalam menentukan masa depan pendidikan seorang anak. Menurut Coleman. Dari pelbagai hal yang dikemukakan dalam makalah ini. seperti (1. Untuk mengkaji penerapan modal sosial dalam pendidikan anak -anak dan orang muda. modal sosial terwujud dalam pelbagai aspek penting. Tujuan dan anfaat Bertolak dari fokus permasalahan makalah ini. struktur sosial baik keluarga maupun organisasi -organisasi sosial di luar keluarga ± yang memiliki modal manusia. Untuk menjelaskan peranan modal sosial dalam penciptaan modal manusia d. (2. khususnya berkaitan dengan pendidikan dalam keluarga maupun di luar keluarga (dalam masyarakat umum maupun institusi/lembaga sosial lainnya)? Dengan kata lain. baik yang terjadi dalam keluarga maupun di luar keluarga Page 6 of 31 . ekspektasi. . dan kredibilitas struktur sosial.) norma dan sanksi efektif. modal kapital. 1. Menurutnya.) saluran informasi. Coleman membuktikan bahwa modal sosial berperanan penting dalam penciptaan modal manusia. yang menjadi fokus permasalahan makalah ini adalah bagaimana modal sosial berperanan dalam penciptaan modal manusia. bagaimana mengembangkan modal sosial di dalam keluarga maupun di luar keluarga sebagai upaya penciptaan modal manusia anak yang adalah pelajar? 1. Modal sosial seperti ini terjadi dalam suatu jariangan relasi antarpribadi. maka yang menjadi tujuan penulisan makalah ini adalah: a. . Coleman tentang modal sosial b. Modal sosial memfasilitasi perwujudan modal manusia. Secara khusus. Pada titik ini. Untuk menjelaskan pandangan James S.

Untuk membuka kemungkinan kepada para peserta diskusi dalam mempersoalkan dan mencari solusi yang tepat berkaitan dengan semua tujuan terdahulu (a -d). peranan modal sosial dalam penciptaan manusia. b. Page 7 of 31 .e. bentuk-bentuk modal sosial. Agar para peserta diskusi mendapat pemahaman yang jelas tentang modal sosial. baik yang terjadi dalam keluarga maupun di luar keluarga. Sedangkan yang menjadi manfaat dari penul isan makalah ini adalah: a. Agar para peserta didik dapat menggali lebih dalam penerapan modal sosial dalam pendidikan anak-anak dan orang muda.

yakni pertama-tama penulis membuat kritikan dan memberikan pemahaman baru yang lebih up to date berkaitan dengan pandangan sosiologi dan ekonomi tentang aktor. hal. . antara lain aktor/pelaku. Economy. Coleman yang berjudul ³Social Capital In The Creation of Human Social´ merupakan hasil sintesis antara dua pandangan besar yang mempengaruhinya. Seluruh makalah ini merupakan hasil telaah atas karya James S. Orientasi ini digunakan untuk memperk enalkan konsep tentang modal sosial. 2003). Term-term kunci yang selalu digunakannya. 2 Page 8 of 31 .). modal sosial. dia mempertalikan modal manusia dan modal sosial serta mengemukakan beberapa bentuk modal sosial. and Society (New York: Oxford University Press. Sosial Capital In The Creation of Human Capital .H. Coleman. ekspetasi dan kredibili tas struktur-struktur yang menyokong pendayagunaan modal sosial. Haugh Lauder. Education Culture. Hasley. aksi/tindakan. ALUR PE IKIRAN PENULIS Karya James S. yang terarah pada dan diperkaya dengan orientasi baru dalam dunia pendidikan. aksi. Phillip Brown. di mana pada dua bagian selanjutnya. 80-94. Hasil sintesis ini mengerucut dalam suatu pandangan sosiologi yang lebih spesifik. dan nilai prinsipiil setiap pandangan tersebut. Konsep modal sosial mewarnai seluruh hasil karya Coleman ini. Selain itu. Coleman juga mempertimbangkan urgensitas norma dan sanksi yang efektif dalam membangun interaksi yang resiprokal sebagai salah satu bentuk pemanfaatan modal sosial. modal financial. Alur pemikiran penulis dalam karya ini dapat dipetakan dalam beberapa bagian. Berkaitan dengan bentuk modal sosial. . Amy Stuart Wells (ed.BAB II PE BAHASAN2 2. dalam A. Coleman secara khusus menyodorkan kepada pembaca hasil telaahnya yang menonjolkan aspek kewajiban. Kemudian penulis beranjak menuju satu pandangan yang berorientasi teoretis dengan penekanan pada prinsip rasional atau aksi yang purposif . yakni pandangan sosiologi dan ekonomi . modal manusia. Coleman melihat pentingnya mendiskusikan tentang saluran-saluran informasi sebagai salah satu bentuk modal sosial.

yang memandang pelaku/aktor sosial sebagai pribadi yang dipengaruhi oleh faktor -faktor sosial. yakni ekonomi. Bagian utama dari seluruh karya ini terdapat pada pokok tentang modal sosial dalam penciptaan modal manusia. diperlukan pengembangan sebuah orientasi teoretis dalam sosiologi yang memasukan komponen -komponen dari kedua aliran pemikiran tersebut di atas.1. dapat menerangkan tidak hanya aksi-aksi individual dalam konteks-konteks yang partikular. Coleman berkeyakinan bahwa modal sosial penting bagi terealisasinya modal manusia. dan tindakan sosial sebagai sesuatu yang dipengaruhi oleh norma -norma sosial. dan kewajiban. Orientasi ini menerima prinsip rasional atau aksi yang purposif (memiliki tujuan) dan mencoba menunjukkan bagaimana prinsip itu. Coleman mengemukakan model organisasi sosial yang memungkinkan terealisasinya modal sosial secara eksklusif. bersama dengan konteks sosial yang partikular.4. Nilai-nilai prinsipiil dari aliran ini terletak dalam kemampuan seseorang u ntuk menggambarkan tindakan dalam konteks sosial dan menjelaskan cara aksi dibentuk. karena dalam modal sosial ada aspek-aspek kebaikan publik (aspects of public-good). didorong. Coleman menyadari bahwa modal sosial memenuhi fungsi dan mencapai maknanya bila difasilitiasi oleh suatu struktur sosial. yang ditandai oleh keterikatan semua pelaku dalam sebuah jaringan sosial. Sementara itu. dan diarahkan oleh konteks sosial. Secara khusus. tetapi juga untuk Page 9 of 31 . yakni memaksimalkan nilai kegunaan.Berpijak pada beberapa hal di atas. . Kedua -duanya memungkinkan penciptaan modal manusia dalam diri peserta didik. berpandangan bahwa pelaku adalah orang yang memiliki tujuan -tujuan tertentu untuk dicapainya secara independen. P KOK-POKOK PIKIRAN 2. Menurutnya. Berhadapan dengan dua pandangan ini. aliran kedua. Nilai prinsipiilnya terletak dalam sebuah prinsip aksi. Aliran pertama. 2. Untuk memperkuat pandangannya tersebut. institusi sosial yang ada telah menyediakan modal sosial dan memungkinkannya untuk berdaya guna dalam rangka penciptaan modal manusia. Coleman melihat modal sosial yang tersedia dalam keluarga dan di luar keluarga. Kritikan dan Revisi Atas Pandangan Sosiologi dan Ekonomi Tentang Aksi Sosial Ada dua aliran pemikiran besar yang menggambarkan dan menjelaskan tentang aksi sosial. aturan. yakni sosiologi.

perlu dilihat kritikan terhadap dua aliran pemikiran tersebut dan upaya memodifikasinya. Aktor/pelaku dibentuk oleh lingkungan. didorong oleh konteks sosial. tidak hanya sebagai struktur yang ditempatkan untuk memenuhi fungsi ekonomis. Sementara itu. dan tidak ada sumber-sumber internal (dalam diri pelaku) dari aksi yang memberi pelaku suatu tujuan. diarahkan. membangun harapan.pengembangan organisasi sosial. dan organisasi sosial dipandang penting tidak hanya dalam fungsi masyarakat tetapi juga ekonomi. Salah satu alat konseptual yang digunakan dalam usaha teoretis ini adalah modal sosial. aliran ekonomi menentang kenyataan empiris: aksi-aksi manusia dibentuk. kepercayaan hubungan an tarpribadi. Dalam hal ekonomi. Baker (1983) telah menu njukkan bagaimana relasi yang berkembang di Pasar Chicago Options Exchange di antara pedagang lantai bursa dan mempengaruhi aktivitas perdagangan. sahabat (friend). ada pengabaian dalam ekonomi institusional baru untuk mengakui kekonkretan relasi pribadi dan jaringan relasi ± yang dinamakannya penanaman transaksi ekonomi pada relasi sosial ± untuk menghasilkan kepercayaan. jaringan sosial. Gagasan Granovetter tentang penanaman (embeddedness) merupakan suatu usaha memperkenalkan organisasi sosial dan relasi sosial ke dalam analisis sistem ekonomi. karena ekonomi institusional baru sering menjelaskan keberadaan institusi ekonomi hanya berdasarkan fungsi yang dijalankan sistem ekonomi tersebut. Page 10 of 31 . Dalam hal sosiologi. Yoram Ben-Porath (1980) telah mengembangkan ide tentang fungsi sistem pertukaran yang dinamakannya µrelasi-F¶. dan menciptakan serta menjala nkan normanorma. Norma. dan perusahaan (firm). Oliver Williamson mengkaji kondisi yang mengorganisir aktivitas ekonomi dalam bentuk bentuk kelembagaan yang berbeda. Kelemahan utama aliran sosiologi adalah memandang aktor/pelaku sebagai pribadi yang tidak mempunyai 'mesin aksi'. Dia mengatakan bahwa. yang terdiri atas keluarga (family). Granovetter mengkritik banyak ekonomi institusional baru sebagai fungsionalis secara kasar. Granovetter (1985) menyerang ³konsep manusia yang kurang bersosialisa si´. Sebagai latar belakang untuk memperkenalkan konsep ini. Upaya mereformasi pandangan di atas telah dilakukan oleh kedua pandangan tersebut. Secara lebih umum lagi. seperti perusahaan dan pasar. Sementara itu. ada kajian tentang cara organisasi sosial mempengaruhi fungsi institusi ekonomi. tetapi sebagai struktur dengan sejarah dan kelanjutan/kontinuitas yang mempengaruhi fungsi sistem ekonomis.

dengan tingkat perkawinan antarsuku/kawin campur yang tinggi. pasar ini adalah milik orang Yahudi. melalui keluarga. modal sosial bersifat produktif. tetapi terdiri atas sejumlah entitas yang berbeda. Dalam proses negosiasi penjualan di sebuah p asar batu permata borongan di New York City. dengan dua elemen pada umumnya. Tidak seperti bentuk modal lainnya. komunitas. tinggal di komunitas yang sama di Brooklyn.4. berikut ini dipaparkan beberapa contoh yang membantu pemahaman kita tentang modal sosial: 1. Seperti bentuk-bentuk modal lainnya. yang tidak dapat dicapai tanpa keberadaannya. konsep modal sosial merupakan alat bantu. menyediakan jaminan Page 11 of 31 . baik dalam frekuensi interaksi maupun dalam pertalian etnis dan keluarga. 2. Dalam penelitian penulis. tanpa jaminan resmi bahwa pedagang tersebut tidak akan menggantikannya dengan batu bermutu rendah atau tiruan. Penulis (James S. dan beribadat di sinagoga yang sama.Tampak bahwa semua pandangan di atas mempertahankan konsepsi aksi rasional. Letak modal sosial bukan pada individu ataupun alat produksi fisik. modal sosial melekat pada struktur relasi -relasi di antara para pelaku. Sebelum diuraikan secara tepat apa saja yang menjadi bagian dari modal sosial. Modal Sosial Modal sosial didefinisikan oleh fungsinya. dan hubungan agama. dan (2) memudahkan/memfasilitasi tindakan -tindakan tertentu para pelaku ± baik pelaku individu ataupun aktor perusahaan ± dalam struktur. Coleman) mengambil prinsip ekonomi aksi rasional untuk digunakan dalam analisis sistem sosial yang tepat. Sebuah kecenderungan komunitas pedagang adalah biasanya sangat akrab. Pengamatan lebih lanjut mengindikasikan bahwa pertalian yang dekat.2. Ada sifat tertentu dari struktur sosial yang hidup di dalam pasar ini. dan menempatkan di atasnya organisasi sosial dan institusional. seorang pedagang biasanya menyerahkan batu permata kepada pedagang lainnya untuk diuji sendiri. yakni semua entitas tersebut (1) terdiri atas banyak aspek struktur sosial. Modal sosial bukan merupakan sebuah entitas tunggal. Pasar ini pada dasarnya merupakan sebuah komunitas yang tertutup. Dalam hal ini. memungkinkan bagi pencapaian tujuan tertentu.

Kekuatan pertalian ini membuat transaksi menjadi mungkin dan perdagangan dapat terjadi dengan mudah. Artikel ini menjelaskan perkembangan aktivisme yang berpikir secara radikal dalam µlingkaran belajar¶ tersembunyi. para anggota kelompok tidak pernah saling berjumpa langsung. alasan kepindahan mereka adalah agar anak-anaknya yang masih muda dapat memperoleh kebebasan yang jauh lebih besar di Yerusalem. dan komunitas. Lingkaran belajar itu sendiri merupakan sebuah bentuk modal sosial ± bentuk sel organisasi yang memudahkan perlawanan terhadap sistem politik yang tidak menerima perbedaan pendapat. tetapi berkomunikasi melalui wakil yang dipilih. Dia merasa aman mengijinkan anaknya yang berusia 6 tahun dan 8 tahun pergi ke sekolah di kota naik bus kota. bukan seperti yang dia rasakan ketika dia hidup pinggir kota Detroit. Sepasang suami-istri bersama enam anaknya berpindah dari sub-urban Detroit ke Yerusalem. Di Yerusalem. 'Sekolah menengah atau kota kediaman atau G ereja yang sama' menyediakan relasi sosial yang kemudian dikembangkan 'lingkaran belajar' tersebut. dan Gereja yang sama. Menurut sang istri.yang perlu untuk memudahkan transaksi di pasar. 2. Lingkaran belajar ini menjadi unit organisasi dasar untuk demonstrasi dan protes lainnya. Dalam The International Herald Tribune. agama. Deskripsi dasar organisasi aktivisme ini menggamb arkan dua jenis modal sosial. dia akan kehilangan pertalian keluarga. dimuat sebuah artikel tentang pelajar Korea Selatan sebagai aktivis radikal. kota asal. Agar tidak diketahui. struktur normatif menjamin bahwa anak-anak yang tidak diawasi akan dijaga oleh Page 12 of 31 . Alasan perbedaan ini dapat digambarkan sebagai perbedaan modal sosial yang tersedia di Yerusalem dan di sub -urban Detroit. Bila ada anggota komunitas ini melanggar dengan cara menggantikan batu lain atau dengan mencuri batu. tanggal 21-22 juni 1986. Beberapa organi sasi pendukung aktivitas oposisional semacam itu merupakan bentuk modal sosial bagi individu-individu yang menjadi anggota organisasi tersebut. Lingkaran belajar ini terdiri atas para pelajar yang berasal dari sekolah menengah. 3. dan merasa anak-anaknya aman bermain tanpa pengawasan d i taman kota.

modal manusia maupun modal sosial. Misalnya. dia mendapat komisi.4. dia akan menghentikan penjualannya dan membantu pembeli untuk mendapatkan bar ang yang dimaksud di tempat koleganya. Lewat tindakan ini. Pasar tersebut dapat dilihat sebagai yang terdiri atas sekelompok pedagang individual. karena diwujudkan dalam keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari oleh individu. Modal sosial.3.orang dewasa yang ada di sekitarnya. ± dapat diperluas dengan memasukan modal manusia (Schultz 1961. pemilik sebuah toko yang khusus menjual barang-barang kulit. setiap pedagang mempunyai modal sosial besa r untuk digunakan. berdasarkan relasi dalam pasar tersebut. Relasi keluarga penting dalam pasar tersebut. Baik modal fisik. Di Pasar Kahn El Khalili Kairo. Contoh-contoh ini menunjukkkan organisasi sosial sebagai modal sosial. orang luar sulit menemukan batas-batas antara para pedagang. Modal Manusia dan Modal Sosial Perkembangan dunia dalam tiga puluh tahun terakhir telah memunculkan ide bahwa konsep modal fisik ± yang diwujudkan dalam peralatan. Becker 1964). Tentunya bermanfaat untuk membandingkan modal sosial dengan modal manusia yang disertai dengan kajian tentang bentuk modal sosial yang berbeda-beda. modal manusia tidak dapat dilihat. tercipta ketika relasi antara orang -orang mengalami perubahan sesuai dengan cara -cara yang memudahkan tindakan. Modal fisik dapat dilihat dalam bentuk materi yang jelas. semuanya memudahkan aktivitas produktif. mesin. 4. modal manusia diciptakan dengan mengubah manusia dengan memberi mereka keteramp ilan dan kemampuan yang memungkinkan mereka bertindak dengan cara -cara baru. ketika ditanya tentang di mana dapat ditemukan jenis perhiasan tertentu. 2. Sebagaimana modal fisik yang diciptakan dengan mengubah materi untuk membentuk alat yang memudahkan produksi. Page 13 of 31 . tetapi struktur normatif semacam itu tidak ada dalam lingkungan yang berada di banyak wilayah metropolis di AS. karena diwujudkan dalam relasi di antara orang-orang. pada gilirannya. modal sosial juga tidak dapat dilihat. yang bermanfaat untuk memahami persoalan ini. dan alat produktif lainnya. Modal sosial ini memudahkan pencapaian tujuan yang tidak dapat dicapai tanpa keberadaannya.

Tetapi konsep modal sosial dapat menunjukkan bagaimana sumber tersebut dapat dikombinasikan dengan sumber lain untuk menghasilkan perilaku di tingkat sistem yang berbeda.4. ekspetasi dan kredibilitas struktur -struktur dapat dijelaskan dengan mendalami contoh berikut ini. dan (2) Page 14 of 31 . sebagai sumber yang dapat digunakan oleh para pelaku untuk merealisasikan kepentingannya. maka lingkaran studi ini dapat dikelompokan dengan struktur organisasi lain. Bentuk modal sosial ini bergantung pada dua elemen: (1) tingkat kredibilitas lingkungan sosial. konsep modal sosial membantu menjelaskan hasil-hasil berbeda di tingka t pelaku individual dan melaku kan transisi mikro ke makro tanpa menguraikan detail-detail struktur sosial yang melangsungkan transisi tersebut. dipahami elemen yang penting yang berguna sebagai sumber pencapaian tujuan tertentu. mengelompokkan ³lingkaran belajar´ yang tersembunyi dari para pelajar Korea Selatan yang radikal sebagai penyusun modal sosial yang dapat digunakan mahasiswa -mahasiswa tersebut dalam aktivitas revolusionernya menegaskan bahwa kelompok tersebut merupakan sumber yang menggerakkan mahasiswa dari protes indivi dual menjadi pemberontakan yang terorganisir. Ekspetasi dan Kredibili tas Struktur-Struktur Hubungan antara kewajiban. Jika sumber yang menyelesaikan tugas ini dipandang penting dalam teori pemberontakan.4. terletak dalam kenyataan bahwa nilai modal sosial mengidentifikasi beberapa aspek struktu r sosial berdasarkan fungsinya. penampilan dan susunan organisasi) perlu diselidiki rincian sumber organisasi semacam itu.1. 2.2. Misalnya.4.4. pertama-tama. dan dikaji bagaimana hal itu muncul dalam kasus tertentu. yang berkaitan dengan kewajiban yang akan dipenuhi. Bila A melakukan sesuatu untuk B dan percaya bahwa B akan membalasnya. hal ini telah menciptakan sebuah harapan/ekspetasi di pihak A dan kewajiban pihak B untuk memelihara kepercayaan tersebut. Kewajiban. sumber berbeda yang telah memenuhi kesamaan fu ngsi individual dengan tujuan revolu sioner dalam konteks yang lain. Bentuk-Bentuk Modal Sosial Nilai konsep modal sosial. Dengan mengidentifikasikan fungsi tersebut. Fungsi yang diidentif ikasikan oleh konsep 'modal sosial' merupakan nilai aspek aspek struktur sosial bagi para pelaku. Tentunya benar bahwa untuk maksud lain (misalnya: bentuk.

Asosiasi kredit berputar semaca m itu tidak dapat beroperasi dengan sukses di daerah yang ditandai dengan tingkat kekacauan sosial yang tinggi ± atau. Sebenarnya.tingkat kewajiban yang melekat dalam diri seseorang. yang kemudian diberikan kepada salah seorang anggota asosiasi tersebut (melalui tawar-menawar atau dengan undian). setiap n orang memberikan kontribusi n dan menerima pembayaran uang. kebutuhan aktual setiap pribadi ± seperti bantuan dari pihak lain.4. yang selalu cepat diberikan. Alasan-alasan ini meliputi: tingkat kredibilitas umum yang mendorong pemenuhan kewajiban. Informasi sekurang-kurangnya memerlukan perhatian. dengan kata lain. Setelah n bulan. Perbedaan-perbedaan pada struktur sosial berkenaan dengan tingkat kewajiban yang belum terpenuhi muncul karena pelbagai alasan. dan faktor-faktor lainnya. Kasus yang mengg ambarkan nilai kredibilitas adalah asosiasi kredit -berputar yang dijumpai di Asia Tenggara dan di tempat lain. kepadatan kewajiban yang belum terpenuhi tersebut mengandung arti bahwa seluruh manfaat sumber -sumber berwujud yang dimiliki oleh para pelaku dalam struktur sosial tersebut diperkuat dengan ketersediaannya bagi pelaku lain yang memerlukan. tidak memiliki modal sosial. dan Back 1963). Struktur-struktur sosial berbeda pada dua dimensi ini dan para pelaku dalam struktur tertentu berbeda dengan pelaku dalam struktur yang lain. individu -individu dengan tingkat kewajiban belum dilunasi yang tinggi kadang -kadang memiliki modal sosial lebih besar yang dapat mereka gunakan.4. logistik relasi sosial ( Festinger. tingkat kemakmuran ±. Alat yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi adalah penggunaan relasi sosial. Schachter.2. Asosiasi ini merupakan kelompok para sahabat dan tetangga yang bertemu setiap bulan. Saluran Informasi Sebuah bentuk modal sosial yang penting adalah potensi informasi yang melekat pada relasi-relasi sosial. tingkat eksklusivitas jaringan sosial. perbedaan budaya dalam bentuk memberikan dan meminta pertolongan (Banfield 1967) . Dalam struktur sosial. Informasi penting untuk mendasari tindakan. asosiasi kredit semacam ini tidak akan ada ± karena orang yang menerima pembayaran pada awal pertemuan dapat melarikan diri dan membiarkan anggota lainnya rugi. Tetapi tanpa tingkat k redibilitas tinggi di antara anggota -anggota kelompok tersebut. Page 15 of 31 . 2. di mana setiap orang memberikan kontribusi sejumlah uang yang sama pada bendahara asosiasi.

Penutupan Jaringan Sosial Salah satu sifat/properti dari relasi-relasi sosial di mana norma -norma efektif bergantung adalah yang disebut sebagai penutupan (closure ). Sebuah norma yang menentukan dalam sebuah kolektivitas yang merupakan bentuk penting modal sosial adalah norma yang membuat seseorang melepaskan kepentingan diri sendiri untuk bertindak demi kepentingan kolektivitas. Namun.5. kehormatan. 2. Norma dan Sanksi Efektif Norma efektif merupakan bentuk modal sosial yang kuat. yang diperkuat dengan d ukungan sosial. Norma efektif dapat menghasilkan bentuk modal so sial yang kuat.4. Struktur Sosial Yang Memfasilitasi Modal Sosial Semua relasi sosial dan struktur sosial memfasilitasi banyak bentuk modal sosial. Norma tersebut. dan umumnya mendorong orang-orang untuk bekerja demi kebaikan publik. dan menguntungkan semua pihak. Tetapi. Demikian pun.4. Jenis-jenis tertentu dari struktur sosial sangat penting dalam memudahkan beberapa bentuk modal sosial.3.5. dalam banyak struktur sosial di mana Page 16 of 31 . para aktor mengadakan relasi dengan maksud tertentu dan melanjutkannya bila hal tersebut memberikan manfaat. 2. status.4. 2. modal sosial ini. dan penghargaan lain. memudahkan perkembangan gerakan sosial yang lahir dari s ebuah kelompok kecil orang-orang yang berdedikasi.1. tidak hanya memudahkan beberapa tindakan tetapi juga membatasi tindakan lain.4.Relasi sosial dapat menghasilkan modal sosial untuk penyediaan informasi yang memudahkan tindakan. Norma-norma efektif yang mencegah kejahatan di sebuah kota memungkinkan masyarakat senantiasa merasa aman. norma-norma dalam sebuah komunitas yang mendukung dan memberikan penghargaan efektif untuk prestasi yang tinggi di sekolah sangat memudahkan pelaksanaan tugas-tugas sekolah. adalah modal so sial yang membentuk dan menguatkan keluarga untuk mendorong anggota keluarga bertindak tanpa pamrih demi kepentingan keluarga. Norma-norma timbul sebagai upaya untuk membatasi efek-efek eksternal yang negatif atau mendorong tindakan positip sebuah organisasi.

norma-norma justru tidak ada. Gambar 1: Jaringan tanpa (a) dan dengan (b) penutupan D E B C B C A (a) Gambar 2: Jaringan yang melibatkan orang tua (A. maka B dan C tidak dapat menyatukan kekuatan untuk memberi hukuman terhadap tindakan A. B dan C dapat bersatu untuk bersama -sama menghukum A. Hubungan Page 17 of 31 . D) dan anak-anak (B. yang dinamakan ketertutupan antargenerasi. Dalam sebuah struktur dengan ketertutupan. aktor A. tetapi dengan yang lain. atau mendukung salah satunya untuk menghukum A. Alasannya dapat digambarkan sebagai kekurangan ketertutupan struktur sosial. ketertutupan struktur membutuhkan suatu struktur yang agak lebih kompleks. Dalam sebuah struktur yang terbuka seperti yang ada dalam gambar 1a. Gambar 1 menunjukkan alasan tersebut. seperti yang ada pada gambar 1b.C) tanpa (a) dan dengan (b) penutupan antargenerasi F A D E A A (b) D B C B C (a) (b) Berkaitan dengan norma-norma yang ditentukan oleh orang tua untuk anakanaknya. yakni dengan D dan E. yang mempunyai relasi dengan aktor B dan C.kondisi ini ada. Bila mereka (B dan C) tidak mempunyai hubungan satu sama lain. dapat melakukan tindakan yang mengganggu B dan atau C. Ketertutupan antargenerasi dijelaskan dalam sebuah diagram sederhana yang mewakili hubungan -hubungan antara orang tua dan anak dan hubungan -hubungan di luar keluarga.

ada penutupan antargenerasi (closure intergenerational). tetapi juga bagi anak lain. dan titik D mewakili orang tua anak C. Garis vertikal menunjukkan hubunganhubungan lintas generasi. dan mengembangkan norma -norma tentang tingkah laku satu sama lain Dua komunitas yang ditunjukkan dalam gambar 2a dan 2b. Melampaui hal itu. B. sedangkan gambar 2a menunjukkan hal sebaliknya. dapat dikaitkan dengan aspek pendidikan anak. Dalam komunitas yang lebih kecil yang ditunjukkan oleh gambar 2b. dalam sebuah struktur tanpa ketertutupan. teman-teman orang tua adalah orang tua teman -teman anak-anak mereka. Peralihan dari sebuah kewajiban adalah sebuah bentuk yang mengganggu eksternalitas (hal-hal eksternal) negatif pada yang lain. Meskipun relasi -relasi lain antara anak-anak dalam sekolah tidak ditunjukkan di sini. yang mereka jumpai setiap hari. Untuk sekolah yang ditunjukkan oleh gambar 2b. Titik A baik dalam gambar 2a maupun 2b mewakili orang tua anak B. keberadaan penutupan antargenerasi memungkinkan tersedianya modal sosial untuk setiap orang tua dalam membesarkan anak-anaknya ± tidak hanya dalam hal-hal yang bertalian dengan sekolah. Penutupan struktur sosial penting tidak hanya untuk keberadaan norma -norma yang efektif tetapi juga untuk bentuk-bentuk lain dari modal sosial yang dapat dipercayai dari struktur sosial yang memungkinkan perkembangan kewajiban dan ekspektasi. Jadi. sementara garis horisontal mewakili hubungan-hubungan dalam satu generasi. orang tua D menjadi seorang yang memonitar tidak hanya untuk anak anaknya sendiri. tetapi juga dalam hal -hal lain yang baik. yang mempunyai harapan-harapan yang tertuju pada satu sama lain. Garis antara B dan C mewaikili hubungan -hubungan antara anak-anak yang ada dalam beberapa sekolah. adanya seperangkat sanksi efektif yang dapat memonitor dan membimbing perilaku setiap pribadi. orang tua A dan D dapat membicarakan aktivitas anak -anak mereka dan sampai pada konsensus tentang norma-norma dan sanksi. Akibat ketertutupan ini adalah. peralihan ini dapat diberi sanksi efektif atau didukung secara efektif hanya oleh orang untuk siapa perjanjian Page 18 of 31 . antara orang tua dan anak.seperti ini dapat terlihat dalam gambar 2. mereka tidak demikian. Sekalipun begitu. khusunya ada -tidaknya hubungan antara orang tua anak-anak di sekolah. Dalam komunitas seperti pada gambar 2b. C. Orang tua A dikuatkan oleh orang tua D dalam mendukung atau menghukum aksi-aksi anaknya. Dalam yang lain. ada sebuah tingkatan ketertutupan yang tinggi antara temanteman sebaya.

yang menjadi modal sosial yang penting bagi setiap individu yang telah menyediakan sumber organisasi yang pentin g bagi perlawanan yang efektif. Kedua. Modal sosial tersebut ada dalam relasi antarpenduduk. 1956). berikut ini dipaparkan beberapa contoh: Pertama. Organisasi sosial yang tertutup seperti ini dapat menjadi modal sosial yang tertutup yang dapat digunakan untuk pelbagai tujuan . dalam proyek perumahan yang dibangun selama Perang Dunia II di sebuah Kota di Timur AS. Orang-orang yang terlibat di dalamnya Page 19 of 31 . Dalam perkembangan selanjutnya. Organisasi Sosial Yang Dapat Disesuaikan Untuk memahami pelbagai hal positip yang terkandung dalam organisasi sosial yang dapat memfasilitasi modal sosial.2. dan merupakan modal sosial yang memperbaiki kualitas kehidupan berkaitan dengan proyek tersebut. keduanya menemukan organisasi ini sebagai jasa pekerjaan yang efektif dan menggunakannya untuk tujuan ini. dan organisasi penduduk tersebut tetap aktif . Ketiga. Reputasi tidak bisa timbul dalam sebuah struktur yang terbuka. trotoar yang rapuh. kita dapat mengatakan bahwa ketertutupan menciptakan hal yang dapat diperc ayai dalam sebuah struktur sosial. Penduduk diorganisir untuk bertemu para pembangun tersebut dan menyatakan persoalan -persoalan tersebut. dan Coleman. Trow. Klub Monotype menjadi sumber modal sosial penting bagi Partai Independen. ada banyak persoalan fisik yang disebabkan oleh konstruksi yang buruk. kota asal dan Gereja yang sama. para anggota New York Typographical Union yang menjadi operator monotip membentuk kelompok sosial bernama Monotype Club (Lipset. dan sanksi bersama yang menjamin hal kepercayaani tidak dapat diterapkan. Selanjutnya sebagai pegawai yang dicari operator mono tipe dan sebagai operator monoti pe yang mencari pekerjaan.5. Contoh-contoh ini menggambarkan poin umum bahwa organisasi yang didirikan untuk satu rangkaian tujuan juga dapat membantu tercapainya tujuan lainnya .4. dan kerusakan-kerusakan lain. Persoalan-persoalan tersebut dapat diselesaikan. lingkaran-belajar para pelajar Korea Selatan yang radikal merupakan kelompok mahasiswa yang berasal dari sekolah menengah. yang mempertahankan partai mereka sebagai oposisi terorganisir selama mereka tidak berkuasa. tetapi dapat digunakan untuk tujuan yang lain. seperti: pemipaan air yang salah.diberikan. 2. Organisasi ini didirikan untuk satu tujuan. Jadi.

Anak mendapat salinan pertama.6. dan lain -lain. Kedua. modal manusia. dan modal sosial. dan k eluarga mendapat salinan kedua . pengetahuan ayahnya mungkin tak lebih luas daripada pengetahuan orang lain di masa itu. rekan sekerja.dapat saling berhubungan dalam lebih dari satu konteks (tetangga.4. John Stuart Mill.). John Stuart Mill bersama ayahnya dan Jeremy Bentham mendiskusikan secara kritis naskah-naskah manuskrip sang ayah. dalam meneliti pengaruh pelbagai faktor dalam prestasi di sekolah. 2. James Mill mengajarkan bahasa Latin dan bahasa Yunani kepada anaknya. ketika anak itu belum mencapai usia sekolah. Baik modal sosial dalam keluarga maupun komunitas berperan dalam penciptaan modal manusia dalam generasi yang sedang muncul. yang Page 20 of 31 . sesama pemeluk agama. Modal ini memberikan sumber-sumber fisik yang dapat membantu meningkatkan prestasi anak. Pertama.6. Kemudian di masa kecilnya. Modal finansial berkaitan dengan kekayaan keluarga atau penghasilan. Berikut ini diberikan dua contoh ketersediaan modal sosial dalam keluarga yang mendukung pendidikan anak. 'latar belakang keluarga' dipertimbangankan sebagai suatu entitas tunggal. yakni penciptaan modal manusia. rekan orang tua. Barangkali John memang tidak memiliki anugerah genetik yang luar biasa. Perbedaan kritisnya adalah waktu dan upaya yang dicurahkan ayah itu pada kegiatan -kegiatan intelektual bersama anaknya. Modal Sosial Dalam Penciptaan Modal Manusia Ada satu efek modal sosial yang penting . sejumlah keluarga imigran Asia biasanya memiliki dua salinan teks setiap buku yang dibutuhkan oleh anak. 2. yang dibedakan dari pendidikan yang diterima di sekolah. Modal Sosial Dalam Keluarga Biasanya.4. dalam sebuah sekolah umum tingkat kabupaten di AS. Modal manusia diukur dalam bentuk pendidikan orang tua dan ketersediaan potensi untuk lingkungan pengetahuan/kognitif anak yang membantu kegiatan belajarnya. seperti ruang belajar yang kondusif. Latar belakang keluarga dapat dipisahkan secara analitis ke dalam sekurang-kurangnya tiga komponen yang berbeda: modal finansial.1. sarana yang membantu anak dalam belajar. sumber finansial yang melancarkan kehidupan keluarga.

ketika modal manusia mereka dipakai semata-mata di tempat kerja atau di tempat lain di luar rumah. Ini berarti bahwa apapun modal manusia yang ada dalam diri orang tua. Jika modal manusia dimiliki oleh orang tua tetapi tidak dilengkapi dengan modal sosial yang diwujudkan dalam relasi keluarga. di mana satu atau kedua orang tua bekerja di luar rumah. benar bahwa anak -anak kuat sekali dipengaruhi oleh orang tua mereka. dengan menggunakan bermacam ukuran modal sosial dan modal manusia dalam keluarga yang dikontrol secara statistik. Tentu saja. anak tidak mendapat manfaat bila tidak difasilitasi oleh modal sosial yang baik dan benar. Bagaimana pun. Elemen yang sangat menon jol dari kekurangan struktural dalam keluarga-keluarga modern adalah keluarga dengan orang tua tunggal ( singleparent). Kedua contoh ini menggambarkan pentingnya modal sosial dalam keluarga bagi perkembangan intelektual anak. Ketidakhadiran fisik orang dewasa dipandang sebagai sebuah kekurangan struktural dalam modal sosial keluarga. keluarga inti itu sendiri. oleh keterikatan orang tua dalam relasi dengan orang dewasa lainnya yang tidak melintasi generasi. dapat dilihat sebagai hal yang kurang baik secara st ruktural. sebuah kekurangan modal sosial. Sekalipun orang dewasa hadir s ecara jasmani. Orang tua menyediakan dan memberikan modal manusianya untuk membantu perkembangan pendidikan formal anak. Modal sosial keluarga adalah hubungan antara anak-anak dan orang tua. Page 21 of 31 . Tetapi modal manusia ini mungkin tidak relevan bagi anak-anak jika orang tua tidak menjadi bagian penting dari kehidupan anak anak mereka. Kurang adanya relasi yang kuat dapat diakibatkan oleh keterikatan anak dalam komunitas orang muda. Salah satu dampak yang penting adalah pelajar yang putus sekolah (drop-out).digunakan oleh orang tua untuk belajar supaya membantu anaknya memahami materi pelajaran di sekolah. ini tidak relevan untuk pertumbuhan pendidikan anak. Modal sosial dalam keluarga yang memberikan anak akses untuk modal manusia orang dewasa bergantung baik pada kehadiran fisik orang dewasa dalam keluarga maupun perhatian yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak. Kekurangan modal sosial dalam keluarga berdampak negatip pada hasil pendidikan anak. Tabel 1 menunjukkan angka drop-out para pelajar Sekolah Menengah kelas 10 dan 12 yang berasal dari keluarga-keluarga dengan pelbagai tipe yang berbeda. ada suatu keku rangan modal sosial dalam keluarga jika tidak ada relasi yang kuat antara anak dan orang tua.

tidak ada pengharapan tentang perguruan tinggi Ada beberapa hal yang dapat dikemukakan berkaitan dengan hasil penelitian J.Tidak ada ekspektasi perguruan tinggi 11. angka drop-out-nya adalah 22.6 12. satu saudara kandung . Kehadiran orang tua: . (2.Satu orang tua 2.1 22.4 13. Indikator Persentase Drop Out 1. No.2 8.5 4. angka drop-out antara Tahun Pelajaran Musim Semi dari Pelajar Tingkat 10 dan Tingkat 12. yakni: (1. satu saudara kandung.0 Selisih Persentase Rasio orang tua terhadap anak-anak: .Tabel 1.Dua orang tua . empat saudara kandung.6 20. Satu saudara kandung Empat saudara kandung 10.6 mengharapkan perguruan tinggi Satu orang tua.Satu orang tua.4 poin persentase lebih tinggi para pelajar yang drop-out dari keluarga dengan empat saudara kandung dibandingkan dengan keluarga yang anaknya mempunyai satu saudara kandung. Sedangkan keluarga yang Page 22 of 31 .Ekspektasi perguruan tinggi .Dua orang tua.1 22.) Persentase pelajar yang drop-out dari keluarga dengan dua orang tua (ayah dan ibu) lebih rendah 6 poin persentase dibandingkan dengan anak -anak dari keluarga single-parent.2 6.1 6. Semua ukuran digabungkan: Dua orang tua.6 5. empat saudara kandung 10.) Keluarga yang memiliki seorang pelajar dengan empat saudara kandung dan satu orang tua.1 19. dengan menggunakan bermacam ukuran modal sosial dan modal manusia dalam keluarga yang dikontrol secara statistik.5 30.8 17. Rasio jumlah orang tua dan anak menjadi ukuran modal sosial dalam keluarga yang berpengaruh pada pendidikan anak. ibu 8. yang berasal dari keluarga-keluarga dengan pelbagai tipe yang berbeda. Coleman yang terbaca dari tabel 1. Ekspektasi ibu terhadap pendidikan anak: .6%. (3. Anak tambahan dalam keluarga: 3.) Ada 6.

5 poin antara keduanya.) Jumlah saudara kandung dan rasio orang tua terhadap anak (no. dua orang tua.memiliki seorang pelajar dengan seorang saudara kandung dan dua orang tua. (2. Hal ini dapat juga ditemukan di luar keluarga.1%. 2.) Dalam hubungan dengan ekspetasi seorang ibu terhadap pendidikan anak. dalam komunitas yang terdiri atas hubungan -hubungan sosial yang ada di antara orang tua dan anak-anak dari keluarga yang satu dengan orang tua dan anak-anak dari keluarga yang lain . 2 dan 3): Perhatian dan kepentingan orang tua pada masing -masing anak umumnya berbanding terbalik dengan jumlah anak.6.) Kehadiran kedua orang tua dalam keluarga (no. sama. (4. Harapan merupakan unsur penting yang memfasilitasi penerapan modal manusia orang tua terhadap anak. Itu berarti ada perbedaan 12. (5. Perbedaan angkanya adalah 22. angka drop-out-nya adalah 30.1%.) Harapan orangtua: Harapan positip bagi pendid ikan anak biasanya berakibat lanjut pada semakin besarnya perhatian dan semakin kuatnya relasi yang terbangun antara orang tua dan anak. angka drop-out-nya adalah 8.) Bila semua ukuran diambil bersama. (3. sedangkan untuk pelajar dengan dengan empat saudara kandung.6% .2.1): Relasi orang tua dan anak akan lebih kuat jika kedua orang tua sama -sama hadir diibandingkan kalau hanya satu orang tua yang hadir. dapat disimpulkan bahwa: (1. angka drop-out-nya adalah 10. semakin berkurang modal sosial yang tersedia bagi setiap anak.6 poin persentase lebih tinggi daripada pelajar yang ibunya memiliki harapan terhadap pendidikannya. dan tidak adanya harapan ibu untuk pendidikan anak. angka drop-out-nya adalah 8. Modal Sosial Di Luar Keluarga Modal sosial yang mempunyai nilai bagi perkembangan pribadi orang muda tidak terletak semata-mata dalam keluarga. Page 23 of 31 .5 poin Dengan hasil penelitian ini.4. satu orang tua. pelajar dengan satu saudara kandung. dan juga dalam relasi mereka dengan institusi sosial lainnya. Semakin banyak anak di dalam keluarga. untuk pelajar yang ibunya tidak mempunya harapan akan pendidikannya. dan adanya h arapan ibu akan pendidikan anak.

Salah satu hal penting dalam hal ini adalah dengan meneliti sejauh mana orang tua yang sering berpindah -pindah tempat tinggalnya berpengaruh pada presta si belajar anak. Meski demikian. hubungan antar-keluarga didasarkan pada sebuah relasi yang multipl eks (terdiri atas banyak bagian). Maksudnya.Pengaruh modal sosial di luar keluarga pada hasil pendididikan dapat dilihat dengan menguji hasil pendidikan pada anak-anak yang orang tuanya berbeda dalam sumber modal sosial yang partikular. Penulis menggunakan seperangkat data dari hasil penelitian terhadap beberapa sekolah menengah dan sesudahnya. yang tidak didasarkan pada agama. 84 sekolah Katolik. khususnya pada tingkat 10 dan 12. Para orang tua menyokong anak-anak mereka dengan modal manusia yang besar. Untuk mendalami hal di atas. dalam sekolah ini. relasi yang dibangun lebih disebabkan oleh karena mereka adalah anggota perkumpulan religius yang sama dan orang tua anak dalam sekolah yang sama. relasi antarkeluarga kurang ditemukan. penulis menunjukkan hasil penelitian terhadap para pelajar dari sekolah menengah. Tabel 2 menunjukkan hasil penelitian terhadap 893 sekolah negeri. yang tetap menuntut adanya modal sosial. dan sekolah-sekolah menengah swasta yang tidak berlandaskan bukan pada agama. Penulis hendak menunjukkan tingkatan hasil pendidikan yang berbeda -beda untuk sekolah-sekolah menengah negeri. dan 27 sekolah swasta lainnya . kesamaan dari dua tipe sekolah swasta ini adalah bahwa pilihan sekolah swasta bagi kebanyakan orang tua merupakan sesuatu yang bersifat individual . Dalam sekolah-sekolah menengah swasta yang berlandaskan pada agama. tampak jelas bahwa untuk keluarga yang sering berpindah. sekolah-sekolah menengah swasta yang berlandaskan pada agama. Sedangkan dalam sekolah-sekolah swasta yang independen. Dalam beberapa penelitian yang telah dibuat. Page 24 of 31 . ada hal-hal lain yang dapat dijadikan sebagai indikator yang berpengaruh pada hasil pendidikan anak. relasi sosial yang merupakan modal sosial terputus pada saat setiap kali berpindah. Selain keseringan orang tua yang berpindah tempat do misili.

9 11. (Coleman dan Hoffer 1987: 138 ).4 persen dalam sekolah Katolik. No. Perbedaan angka drop-out ini dikaitan dengan perbedaan modal finansial perkumpulan pelajar. yang adalah sebuah ukuran modal sosial. Dalam penelitian lain yang dibuat Coleman bersama Hoffer. diperlihatkan bahwa perbedaan angka dropout tidak berkaitan dengan agama pelajar atau tingkat ketaatan pada agama. Angka-angka yang dapat dibandingkan untuk para pelajar sekolah Katolik secara berturut -turut adalah 5.Tabel 2: Angka Drop-out antara para pelajar tingkat 10 dan 12 dari sekolah-sekolah dengan membedakan sejumlah modal sosial dalam komunitas yang mengelilinginya. Yang sangat mencolok adalah angka drop-out yang rendah dalam sekolah-sekolah Katolik.4 14. dan 11. 3. modal manusia dan modal sosial antara tiga set sekolah .5 persen pelajar sekolah umum yang jarang atau bahkan tidak pernah hadir yang drop-out dibandingkan dengan 9. dengan 19.4 Sekolah Katolik 3. kekurangan/ketiadaan angka dropout yang rendah dalam sekolah swasta yang lain.2 Sekolah-Sekolah Swasta Lain 11. Angkanya adalah hampir seperempat dari persentase drop-out pada sekolah negeri dan sepertiga dari sekolah swasta lainnya. dan pengaruh independen Page 25 of 31 .6 persen. Tetapi efek ini ada terlepas darie pengaruh afiliasi aspek religious sebuah sekolah. Frekwensi kehadiran pada kegiatan -kegiatan agama. Angka dropout Angka dropout yang berpatokan pada rata-rata mahasiswa 14.7 10.6 tahun kedua Sekolah Bukan Katolik 3.9 persen dalam sekolah -sekolah swasta lainnya.0 Independen Pokok 1 tabel ini menunjukkan bahwa angka drop-out antara pelajar tahun kedua dan pelajar senior adalah 14. kuat sekali dikaitkan dengan angka drop-out.4 persen dalam sekolah -sekolah negeri. 2.4 3. Rata-rata dropout untuk pelajar dari sekolah swasta independen dan sekolah bukan Katolik 3.1 persen mereka yang sering hadir. Indikator Sekolah Negeri 1. Para pelajar Katolik di sekolah umum mungkin hanya agak kurang sedikit yang drop-out dibandingkan dengan yang non -Katolik. Angka drop-out sekolah katolik yang rendah.9 persen dan 2.

sekolah-sekolah ini juga harus menunjukkan suatu angka dropout yang lebih kecil daripada sekolah-sekolah swasta independen. sebuah asosiasi/perkumpulan orang tua anak -anak yang bersekolah di sekolah tertentu. Misalnya. 3. misalnya pekerjaan dengan upah yang tinggi. Percobaan yang lebih jauh adalah mungkin. Bila kesimpulannya benar tentang komunitas religius yang membuktikan ketertutupan intergenerasi dan hingga/demikian modal sosial dan tentang pentingnya modal sosial dalam menekan kesempatan drop -out sekolah menengah.7.4. norma dan sanksi sosial yang ada dalam sebuah struktur sosial sebenarnya tidak hanya berguna bagi orang -orang yang menciptakan norma dan sanksi tersebut. dan 3 dari 3 sekolah agama yang lain. Tiganya adalah sekolah-sekolah Baptis. dua sekolah Yahudi.7 persen. Masih ada perbedaan mendasar antara modal sosial dan hampir semua bentuk modal yang lain yang mempunyai implikasi yang kuat bagi perkembangan kaum muda. Aspek-Aspek Kebaikan Publik Modal Sosial Biasanya orang yang menginvestasi modal fisik akan memperoleh keuntungan dari hasil investasi tersebut.frekswensi kehadiran agama semuanya memberikan bukti penting modal sosial di luar sekolah dalam komunitas orang dewasa yang mengelilinginya. Pokok 3 Tabel 2 menunjukkan bahwa angka dropout-nya leih kecil. untuk hasil pendidikan ini. karena ada 8 sekolah dalam contoh sekolah swasta non-Katolik (µswasta lain¶ dalam analisis di atas) yang mempunyai dasar religius dan lebih dari 50 persen perkumpulan pelajar dari agama itu. Demikian pun dengan modal manusia ± sekurangkurangnya jenis modal manusia yang dihasilkan di sekolah ± orang-orang yang menginvestasikan waktu dan sumber untuk membangun modal ini mendapat keuntungan yang diharapkan dari pendidikan di sekolah dalam bentuk . 2. pentingya modal sosial dalam penciptaan modal manusia. Page 26 of 31 . tetapi juga bagi semua orang yang menjadi bagian dari struktur tersebut. Tetapi kebanyakan bentuk modal sosial tidak seperti ini. Sebagai contoh. bahkan kegembiraan karena luasnya horizon tentang dunia sekitar. yang pada dasarnya sama seperti yang di sekolah-sekolah Katolik. Data yang disajikan di atas mengindkasikan pentingnya modal sosial bagi pendidikan kaum muda. atau sebagaimana hal itu diuraikan. status pekerjaan yang lebih terhormat.

bila seorang individu memandang dan merasakan bahwa segala kebutuhannya telah terpenuhi secara mandiri. maka di satu sisi tampak bahwa orang tersebut tidak memiliki kewajiban terhadap siapa pun. Modal sosial dicirikan oleh relasi antarpribadi. di satu pihak bantuan itu mendatangkan keuntungan baginya. Kerugian dialami setiap keluarga sebagai konsekuensi dari keputusan keluarga untuk berpindah. Sebagai contoh lain. Namun di lain sisi. sepenuhnya benar dari sudut pandang keluarga tersebut. Karena itu. namun di lai n sisi tidak dapat memperbesar modal sosial yang terdapat dalam komunitas hidupnya. Page 27 of 31 . pengunduran diri tersebut merupakan kerugian bagi semua orang tua lainnya dalam asosiasi ini. Kekurangan investasi semacam ini juga dapat terjadi dalam bentuk modal sosial lainnya. bila seorang individu meminta bantuan (dalam arti umum) dari orang lain. namun di lain pihak menimbulkan kewajiban dalam dirinya dan ekspektasi dalam diri orang yang memberikan bantuan. yakni kewajiban dan ekspektasi. Berkaitan dengan modal sosial. yang kedua-duanya berandil dalam membangun relasi sosial yang kredibel. Kerugian semacam ini melemahkan norma dan sanksi yang membantu pelaksanaan hukum dan melemahkan norma yang membantu orang tua dan sekolah dalam mendidik anakanak. tanpa melibatkan pribadi lain. Bila seorang ibu dari asosiasi tersebut memutuskan untuk meninggalkan aktivitas ini ± misalnya. misalnya. Dalam pernyataan ini tampak kenyataan bahwa setiap pribadi saling membutuhkan pribadi yang lain. misalnya karena mendapat kesempatan kerja di tempat lai n. Relasi itu timbul didasari oleh kesadaran bahwa pertumbuhan dan perkembangan setiap pribadi turut dipengaruhi oleh pribadi yang lain. perpindahan sebuah keluarga dari suatu komunitas tersebab. karena terputusnya relasi sosial yang telah dibangun. Tetapi karena modal sosial terdiri atas relasi di antara pribadi-pribadi. kesadaran saling membutuhkan ini senantiasa melahirkan dua hal mendasar. Berlainan dengan hal itu. karena mendapat pekerjaan purna-waktu ± maka keputusan ini di satu sisi sepenuhnya masuk akal dari sudut pandang pribadi. Modal sosial justru terjadi dalam dua kutub tersebut. dan bahkan dari sudut pandang rumah tangga dan anak-anaknya. perpindahan tersebut merupakan kerugian bagi orang lain. para ibu hanya memperoleh sub-bagian keuntungan dari modal sosial yang dihasilkan untuk sekolah tersebut.Asosiasi ini terdiri atas para ibu yang tidak memiliki pekerjaan purna -waktu di luar rumah. Dari asosiasi ini.

apa peran aspek kebaikan publik dari modal sosial bagi perkembangan anak-anak dan kaum muda? Ada implikasi-implikasi penting dari aspek-aspek kebaikan public dari modal sosial yang berperan dalam perkembangan anak-anak dan kaum muda. Solusi yang tepat tampak sebagai usaha untuk menemukan jalan menanggula ngi permasalahan dalam menyediakan kebaikan publik ini . yang adalah modal sosial yang dapat digunakan bagi anak-anak dan orang muda. kita dapat mengharapkan bahwa kita mempertemukan kuantitas modal manusia yang merosot yang diwujudkan dalam setiap generasi berturut -turut. Beberapa bentuk modal sosial memberikan keuntungan bagi orang-orang yang menginvestasikan modal sosial tersebut. Aspek-aspek kebaikan public tersalurkan melalui modal sosial ketika sumber-sumber modal sosial tersebut digunakan tidak hanya untuk diri sendiri. Lantas.Hal yang sama dapat terjadi pula dalam saluran -saluran informasi. Page 28 of 31 . Di dalamnya. Individu tersebut dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain. tetapi juga untuk ora ng lain. Mereka memiliki kemampuan untuk menghasilkan modal semacam itu. keluarga-keluarga dan komunitaskomunitas yang kuat ± sangat sedikit sering disajikan untuk masa sekarang bila dibandingkan dengan masa lalu. Seorang individu memerlukan pelbagai informasi yang digunakannya untuk memenuhi pelbagai kebutuhannya. Karena kondisi struktur sosial yang mengatasi masalah-masalah menyediakan kebaikan publik ini ± yang adalah. tetapi juga terlebih untuk pribadi-pribadi yang ada dalam sebuah struktur sosial. Aspek kebaikan publik kebanyakan modal sosial menunjukkan bahwa pada dasarnya modal sosial merupakan sumber penting bagi individu dan mempengaru hi baik kemampuan individu untuk bertindak maupun kualitas kehidupan yang mereka rasakan. meskipun maksud utama dari upayanya mendapatkan informasi semata mata untuk digunakan sendiri. dan ada kemungkinan tidak muncul di masa depan. keuntungan tindakan yang menghasilkan modal sosial tidak hanya diperoleh orang -orang yang memiliki tindakan tersebut.

Modal sosial berkaitan erat dengan modal manusia. . .2. yaitu pribadi para peserta didik. Modal sosial memungkinkan peningkatan dan pengembangan modal manusia. modal sosial memberikan ruang positip bagi perkembangan modal manusia.1. Modal sosial inheren dalam struktur relasi antarindividu. membawa saluran informasi. yakni: Page 29 of 31 . sebagai salah satu bentuk penciptaan modal manusia. yang terdiri dari beberapa struktur social yang memfasilitasi tindakan para pelakunya. b. Dalam hal ini. Berkaitan dengan pendidikan.BAB III KESI PULAN . dan menetapkan norma-norma dan sanksi sosial bagi para anggotanya. Modal sosial merupakan varian entitas. Modal manusia merupakan investasi individu dalam hal pengetahuan dan keterampilan. keluarga dan organisasi -organisasi di luar keluarga merupakan struktur sosial yang memungkinkan pemberdayaan modal manusia para peserta didik. Implikasi Implikasi konkret penggunaan modal so sial secara efektif dalam pendidikan adalah terciptanya para pelajar yang berkualitas. Saran Kami memandang perlu untuk memberikan beberapa saran terkait dengan pembahasan makalah ini. d. entah dalam bentuk personal maupun korporasi dalam suatu struktur sosial. menciptakan iklim saling percaya. yakni: a. . c. Struktur relasi dan jaringan inilah yang menciptakan pelbagai ragam kewajiban sosial. Kesimpulan Ada beberapa kesimpulan yang dapat dikemukakan bertolak dari pembahasan di atas.

yang mendukung pengelolaan pendidikan ke arah peningkatan mutu pendidikan. baik dengan para pelajar maupun dengan para orang tua siswa dan mas yarakat luas. Keluarga-keluarga perlu mendukung pencapaian prestasi pendidikan anak anaknya (pelajar) dengan me mberdayakan secara efektif modal sosial dan modal manusia yang dimiliki keluarga. Kehadiran dan pe rhatian orangtua serta relasi yang intens dengan anak-anak harus dibuat seoptimal mungkin. Page 30 of 31 . orang tua perlu terbuka u ntuk menjadi anggota organisasi -organisasi sosial yang menjadi peluang berharga untuk membantu perkembangan pendidikan anak.a. Sekolah perlu mengupayakan terbangunnya hubungan yang harmonis. c. yang mendukung pendidikan para pelajar. Dalam hal ini. b. Organisasi-organisasi di luar keluarga pun perlu memperkuat jaringan relasi antaranggotanya.

DAFTAR PUSTAKA Sumber Utama: Coleman. Education Economy. Hasley. Sumber Pendukung: Hasbullah. dalam A. Social apital ± enuju Keunggulan Budaya anusia Indonesia . 2006 Page 31 of 31 . Amy Stuart Wells (ed. Haugh Lauder. New York: Oxford University Press. Phillip Brown.H. and Society .). ³Sosial Capital In The Creation of Human Capital´. James S. Jakarta: MR-United Press Jakarta. Jousairi. 2003 ulture.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->