Kata ~ Kata Mutiara

I Dream Of The Day I Can Fall A Sleep Next To You, I Dream Of The Day I Can Say I Do, To Be Your Wife, To Be Together For Life, Is A Dream I Have, Every Night (Sulis Cyang: 25/07. 22:24) Atau yang ini: So Many Times I Thought I Would Never Find Someone To Love Me The Way I Needed To Be Loved. Then You Came Into My Life And Showed Me What True Love Really Is (Sulis Cyang: 30/07. 16:13)

Petuah Bijak: ‘’Aku memohon kekuatan, dan

1

Tuhan memberiku kesulitankesulitan untuk membuatku kuat. Aku memohon kebijaksanaan, dan Tuhan memberiku masalah untuk diselesaikan. Aku memohon kemakmuran, dan Tuhan memberiku tubuh dan otak untuk bekerja. Aku memohon keberanian, dan Tuhan memberiku berbagai bahaya untuk aku atasi. Aku memohon cinta, dan Tuhan memberiku orang-orang yang bermasalah untuk aku tolong. Aku mohon berkah dan Tuhan memberiku berbagai kesempatan. Aku tidak memperoleh apapun

2

yang aku inginkan, tetapi aku mendapatkan apapun yang aku butuhkan.‘’ (sumber: unknown)

Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya. Word of Wisdom Kata Mutiara
"Jangan berjalan di belakangku, karena aku bukan pemimpinmu. Jangan juga berjalan di depanku, karena aku belum tentu mau jadi pengikutmu. Namun berjalanlah di sisiku dan jadilah sahabatku."

04 April, 2006 "Jangan berjalan di belakangku, karena aku bukan pemimpinmu.

3

karena aku belum tentu mau jadi pengikutmu. Namun berjalanlah di sisiku dan jadilah sahabatku." . tidak ditolak adalah kebaikan juga" 4 . 2005 "Mereka yang hidup sederhana adalah murni.Huanchu Daoren 28 January." . sedangkan mereka yang hidup mewah mungkin seperi budak yang rendah diri.Albert Camus 05 February.Jangan juga berjalan di depanku.sedangkan perilaku diruntuhkan oleh kemanjaan" . Tampaknya keindahan diperjelas oleh kesederhanaan. 2005 "Manusia tidak akan pernah mengalami kemunduran dalam hidupnya dengan sangat tragis kecuali mereka yang mengukur angan-angannya dengan kilauan emas dan perak.Kahlil Gibran 25 January. 2005 "Jangan meminta balas budi orang lain.

Huanchu Daoren Kamu bisa post tentang kata2 mutiara disini.Huanchu Daoren 10 January.. 2005 "Orang tidak perlu mencari sukses di dunia. Alexandre Penciptaan seribu hutan dimulai dari satu benih Edited by ..Alexandre on 06 Jan 2006 08:52:11 Seseorang yang memulai sesuatutelah melakukan setengah dari upaya itu sendiri Alexandre Satu-satunya cara untuk melalui sesuatu adalah dengan menjalaninya 5 . menghindari kesalahan juga suatu keberhasilan" ..

selalu akan ada keraguan. kesempatan.Alexandre Sampai seseorang memiliki komitmen. Alexandre Dunia adalah gerbang. jalinan ketegangan yang menunggu untuk ditembus Alexandre Kesuksesan yang terbesar adalah keberhasilan menerima diri sendiri Alexandre Kita akan selalu melewati kegagalan dalam perjalanan menuju kesuksesan 6 .

mencintai hidup dan pekerjaannya ( Khalil Gibran ).Alexandre Sukses bukan tujuan akhir tetapi perjalanan Alexandre Kita tidak pernah mengalami kegagalan. hanya pengalaman berharga Alexandre Bergaulah dengan para pemenang karna pemenang memberi pengaruh baik kepada anda. Hidup yang berharga adalah hidup 7 . sedangkan (#_-)dang dapat meracuni anda Nilai dari seseorang itu di tentukan dari keberaniannya memikul tanggung jawab.

Nilai seseorang bukanlah bagaimana ia mati melainkan bagaimana ia hidup. Pada punggung setiap orang terdapat etika yang menjadi dasar bagi orang lain untuk menilai dirinya dan dia sendiri tiadk melihatnya ( Paul Brulet ).yang dapat memberikan kehidupannya kepada orang lain ( Albert Einten ). Menurut fakta lelaki lebih memilih wanita yang cantik dalam penampilannya dari pada memilih wanita yang pintar ( beautiful mind or 8 . melainkan orang2 yang dapat menjadi kesalahan itu sebagai cambuk untuk memperbaiki diri. Orang yang benar bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. bukan pangkatnya melainkan tugas apa yang telah dapat ia laksanakan dengan sebaik-baiknya ( Ministry ). Orang2 yang besar bukanlah orang yang otaknya sempurna melainkan orang yang dapat mempergunakan yang terbaik dari otaknya yang tidak sempurna ( Aristoteles ). bukan apa yang telah ia peroleh melainkan apa yang telah ia berikan.

Orang yang suka mengeluh bersiapsiaplah untuk kecewa. Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati. Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani bila kita selalu berpikir positif. Hal yang sangat berharga namun sering kali di lupakan dan tidak di syukuri adalah kesehatan. 9 . itu karena lelaki lebih pandai melihat daripada berfikir. "Orang mulia menyalahkan dirinya. meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik. dan popularitas-akan menggiring kita pada hidup yang hampa . Oleh: Jully Cheung Kuingat kata-kata mutiara yang menusuk dalam batin. Membiarkan diri terperangkap dalam prioritas semu-uang. jabatan. orang bodoh menyalahkan orang lain" Mengenal diri yang paling penting.inner beauty nya ). adalah utama demi kesadaran jagat raya.

Meskipun duduk dalam mobil mewah dan cukup makanan.Jangan lain di kata lain di perbuatan Sesuatu yang baik. Sesuatu yang berharga/berguna. belum tentu berharga. belum tentu baik. Apalagi ulahnya orang pemalas. Mendidik bukan hanya dengan nasihat saja.Sesuai dengan apa yang dikatakannya. Gagal dalam kemuliaan adalah lebih 10 . serta kekeliruannya masing-masing. Sesuatu yang benar. belum tentu bagus. Sebab yang menjadi sukses adalah memberikan contoh dengan perbuatan yang baik.Berarti pula memahami kesalahan. Sesuatu yang bagus. Berarti semakin menumpuk pula resikonya. membosankan dan menggelisahkan. Menunggu sangatlah mengesalkan. Semakin banyak yang dibutuhkan. Yang seumur-umur hanya menunggu waktu yang tidak kunjung berakhir. Semakin banyak yang dipikirkan. belum tentu benar.

Penyebabnya adalah ketidaklancaran komunikasi. berarti berusaha melepas perasaan negatif. Hampir semua konflik disebabkan kesalahpahaman. Kalau sekali maksud belum sampai. Dalam awan ini terdapat kesunyianku. lapar dan hausku "Di dunia ini engkau tidak 11 ."(Bryan A.(Kathleen Lawler). janganlah patah harapan. dan akan membuat perasaan lebih rileks ketimbang ketika Anda memilih untuk 'tidak memaafkan'. Yang satu tidak mendengarkan. Orang yang gagal sekali-kali tidak rugi. Memilih memberi maaf. Banyak yang menilai mereka layak dipercaya. selagi dia belum berputus asa. Demikian juga orang yang lebih tua.baik daripada menang dalam kehinaan. atau yang lain tidak bisa mengungkapkan dengan jelas Aku adalah awan yang dapat membaur dengan benda-benda namun tak pernah dapat bersatu. Sebagian besar orang cenderung percaya pada wanita ketimbang pria. Strange).

Sehingga jika kita ingin menjalani kehidupan yang bahagia. kita harus menciptakan suasana yang bahagia. Jika kita tidak memahami itu kita senantiasa merasa cemas. Itulah jalan yang terbaik buat kita. tidak mengambil ruangannya. kita berdua bersama. Cinta sejati berarti pihak lainnya tidak merasa kita itu ada. bahwa kita tidak berada di sekitarnya. Orang yang menikmati kebebasan yang terbesar adalah ia yang paling bertanggung-jawab karena ia bertanggung-jawab sehingga ianya merasa bebas. Aku mengenalmu. Dia merasa lebih menyenangkan di dekat kita. Yang hanya dapat membebaskan kita adalah Kebenaran. tidak membuatnya merasa terikat. Segala sesuatu diciptakan oleh kita. Kegagalan atau keberhasilan duniawi 12 .sendiri. Bersikap jujur terhadap orang lain adalah perlindungan terbaik bagi martabat dan hati nurani kita.

Sebagian besar orang cenderung percaya pada wanita ketimbang pria. sebaliknya keberhasilan adalah kegagalan. atau yang lain tidak bisa mengungkapkan dengan jelas.bukanlah tujuan yang penting. dan akan membuat perasaan lebih rileks ketimbang ketika Anda memilih untuk 'tidak memaafkan'. Memilih memberi maaf. Yang satu tidak mendengarkan. Hampir semua konflik disebabkan kesalahpahaman. Dalam awan ini terdapat kesunyianku. Kadangkadang kegagalan adalah keberhasilan."(Bryan A. Banyak yang menilai mereka layak dipercaya.(Kathleen Lawler). Aku adalah awan yang dapat membaur dengan benda-benda namun tak pernah dapat bersatu. Kita harus menilainya dengan mata kebijaksanaan. Demikian juga orang yang lebih tua. Penyebabnya adalah ketidaklancaran komunikasi. Strange). berarti berusaha melepas perasaan negatif. lapar dan hausku "Di dunia ini engkau tidak 13 .

tidak membuatnya merasa terikat. Yang hanya dapat membebaskan kita adalah Kebenaran. Orang yang menikmati kebebasan yang terbesar adalah ia yang paling bertanggung-jawab karena ia bertanggung-jawab sehingga ianya merasa bebas. kita harus menciptakan suasana yang bahagia. Sehingga jika kita ingin menjalani kehidupan yang bahagia. Dia merasa lebih menyenangkan di dekat kita. tidak mengambil ruangannya. Kegagalan atau keberhasilan duniawi 14 . Jika kita tidak memahami itu kita senantiasa merasa cemas. kita berdua bersama. bahwa kita tidak berada di sekitarnya.sendiri. Itulah jalan yang terbaik buat kita. Bersikap jujur terhadap orang lain adalah perlindungan terbaik bagi martabat dan hati nurani kita. Segala sesuatu diciptakan oleh kita. Cinta sejati berarti pihak lainnya tidak merasa kita itu ada. Aku mengenalmu.

bukanlah tujuan yang penting. 15 . Kadangkadang kegagalan adalah keberhasilan. sebaliknya keberhasilan adalah kegagalan. Kita harus menilainya dengan mata kebijaksanaan.

16 . sang laut menghantarkan lebih banyak lagi pasir ke tepi. yang penuh kesungguhan menyusun pasir jadi menara. Tapi. sambil gelak tertawa ria. Bagaikan kanak-kanak yang asyik bermain di tepi pantai. kemudian menghancurkannya sendiri. Dan pada ketika kau menghancurkan menara buatanmu. sang laut pun turut tertawa bersamamu. Kalian senang meletakkan perundangundangan.KAHLIL GIBRAN SANG NABI par 12 Seorang ahli hukum menyusul bertanya. Dan bagaimana tentang undangundang kita? Dijawabnya. namun lebih senang lagi melakukan pelanggaran. selama kau sedang sibuk menyusun menara pasirmu.

menjangan. menurut selera manusia. Tapi bagaimanakah mereka. sesuai hasrat kemauan. dan melihat undang-undang buatannya sendiri. menamakannya hewan liar tiada guna? Lalu betapa ular tua. yang menganggap kehidupan bukan sebagai samudra. samudra senatiasa ikut tertawa. dan undang-undang menjadi pahatnya.Sesungguhnyalah. si pincang yang membenci para penari? Bagaimana pula kerbau yang menyukai bebannya. yang tak dapat lagi menukar kulitnya. bersama mereka yang tanpa dosa. dam mencemooh kijang. untuk memberinya bentuk ukiran. Bagaimana dia. dan karenanya menyebut ular lain 17 . laksana sebungkal batu karang. bukan ibarat menara pasir? Merekalah yang memandang kehidupan.

kemudian setelah kenyang perutnya. dan bayangan itulah menjadi undangundangnya. Apalah yang kukatakan tentang mereka. menyatakan semua pesta sebagai pelanggaran. yang paling pagi mendatangi pesta. namun berpaling wajah. dan semua peserta pelanggar hukum belaka.telanjang. kecuali bahwa memang mereka berdiri di bawah sinar mentari. dan punggung mereka membelakangi? Mereka hanya melihat bayangannya sendiri. suatu perhelatan perkawinan. Ada lagi dia. tak kenal susila. Apakah arti sang surya bagi mereka. selain sebuah pelempar bayangan? Dan apakah kepatuhan hukum baginya. meninggalkan keramaian dengan umpatan. 18 . dengan badan letih kecapaian.

yang berjalan menghadapkan wajah ke arah mentari. yang dapat menahanmu? Kau yang mengembara di atas angin. tanpa melemparkannya di jalan orang lain? Rakyat Orphalese. bila kau mencampakkan pakaianmu. kalian mungkin mampu membungkam genderang. jikalau kau menari-nari. hukum mana yang mengikatmu. bila kau patahkan pikulanmu.selain terbongkok dan melata di atas tanah. kincir mana yang mampu memerintahkan arah perjalananmu. tanpa kakimu tersandung belenggu orang lain? Dan siapakah dia yang menuntutmu. 19 . tanpa memukulnya pada pintu penjara orang lain? Hukum apa yang kau takuti. mencari dan menelusuri bayangan sendiri? Tapi kau. bayangan apa di atas tanah.

memanggul kebebasannya laksana pikulan. walaupun dia hendak menikam. menanyakan masalah kebebasan. Telah kusaksikan. burung pipit untuk menyanyi.dan kalian dapat melonggarkan tali kecapi. 20 . di gerbang kota maupun dekat tungku perapian. dikau bertekuk lutut memuja Sang Kebebasan. Laksana budak belian merendahkan diri di depan sang tuan. SANG NABI . siapakah yang dapat menghalangi. Didapatnya jawaban. dan keteduhan pusat kota. Ya. namun katakan. si zalim yang disanjung puja. sampaipun di relung-relung candi. ----KAHLIL GIBRAN. kulihat yang paling bebas pun diantara kalian.par 13 Seorang ahli pidato maju ke depan.

karena kutahu. berhenti bicara tentang Kebebasan. Hatiku menitikkan darah dalam dada. 21 . maka kau akan bebas. bila hari-hari tiada kosong dari beban pikiran. mengatasi hari dan malammu. Hanya jikalau kau pada akhirnya. pabila kau tak mematahkan belenggu ikatan.mengenakannya seperti borgol pembelenggu tangan. terlepas segala tali-temali. bahwa kau hanya dapat bebas sepenuhnya. dan malam-malammu tiada sepi dari kekurangan dan kesedihan. Bahkan justru Kebebasanmu berada dalam rangkuman beban hidup ini. dan jaya kau tegak menjulang tinggi. yang di pagi pengalamanmu. sempurna. bahwa keinginan bebas pun. pabila kau dapat menyadari. sebagai suatu tujuan dan sebuah hasil pencapaian. Dan bagaimana kau kan bangkit. tetapi yang berhasil engkau atasi. merupakan sebentuk belenggu jiwamu.

apa yang kau namai Kebebasan. tak lain dari mata terkuat diantara mata rantai belenggumu. serta menyilaukan pandang matamu. dengan hanya membakar kitab-kitab hukummu. suatu hukum yang tak adil. serta kau guratkan diatas permukaan keningmu. apa yang akan kau lepaskan itu? tiada lain adalah gumpilan dari dirimu.telah engkau kaitkan pada ketinggian tengah harimu? Sesungguhnyalah. 22 . Pabila yang akan kau buang itu. tak mungkin pula dengan cara membasuh kening para hakimmu. walau air seluruh lautan kaucurahkan untuk itu. Mustahil kau akan menghapusnya. akuilah bahwa dia telah kau tulis dengan tanganmu sendiri. Dan sadarkah engkau. jikalau kau hendak mencapai kebebasan yang kau rindu. walau kilaunya gemerlap cemerlang di sinar surya.

dapat memerintah orang bebas dan berharga diri. agar kursi tahtanya yang kau tegakkan di hatimu. kau cabut akarnya sebelum itu. maka ingatlah bahwa beban itu telah pernah menjadi pilihanmu. 23 . Bilamana ketakutan yang ingin kau hilangkan.Pabila seorang zalim yang hendak kau tumbangkan. maka perasaan ngeri itu bersarang di hatimu. Sebab bagaimanakah seorang zalim. usahakanlah dahulu. menodai kebebasan yang kaujunjung tinggi. jika bukan engkau sendiri membiarkannya. bukannya telah dipaksakan diatas pundakmu. mencorengkan arang pada harkat martabat kemanusiaanmu pribadi? Pabila suatu beban kesusahan yang hendak kautanggalkan. bukannya berada pada dia yang kau takuti.

pabila ia kehilangan pengikatnya yang lama. antara. bagaikan Sinar dan Bayangan.Sebenarnyalah. dalam rangkulan setengah terkatup. bagi sinar yang lain. yang kauinginkan dan yang kau takuti. maka sinar yang tinggal. segalanya itu bergetar dalam diri. melenyap hilang. Seperti itulah pekerti Kebebasan. berwujudlah bayangan baru. Kesemuanya itu hadir dalam dirimu selalu. dalam pasangan-pasangan. maka ia sendirilah menjadi pengikat baru. demikianlah selalu. yang abadi. yang memuakkan dan yang kausanjung puji. senantiasa. 24 . yang lestari berpelukan. bagi Kebebasan yang lebih agung. yang kaukejar-kejar dan yang hendak kau tinggal pergi. Dan pabila sang bayangan menjadi kabur.

tapi bukan jiwa mereka Karena jiwa-jiwa itu tinggal di rumah hari esok.--ANAK-ANAKMU Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu Mereka adalah anak-anak kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri Mereka terlahir melalui engkau tapi bukan darimu Meskipun mereka ada bersamamu tapi mereka bukan milikmu Pada mereka engkau dapat memberikan cintamu. tapi bukan pikiranmu Karena mereka memiliki pikiran mereka sendiri Engkau bisa merumahkan tubuh-tubuh mereka. yang tak pernah dapat engkau kunjungi meskipun dalam mimpi Engkau bisa menjadi seperti mereka. tapi jangan coba menjadikan mereka sepertimu Karena hidup tidak berjalan mundur dan tidak pula berada di masa lalu Engkau adalah busur-busur tempat anakmu menjadi anak-anak panah yang hidup diluncurkan 25 .

sehingga anak-anak panah itu dapat meluncur dengan cepat dan jauh.Sang pemanah telah membidik arah keabadian. Yang satu menariknya dg Harapan dan yg lain dg Keputusasaan. maka ia juga mencintai busur yang telah meluncurkannya dengan sepenuh kekuatan. (Dari "CINTA KEINDAHAN KESUNYIAN" -nya Khalil Gibran) --Dan aku melihat hal-hal yang menyedihkan. Aku melihat Cinta dan Benci bermainmain dg hati manusia. dan ia merenggangkanmu dengan kekuatannya. Jadikanlah tarikan tangan sang pemanah itu sebagai kegembiraan Sebab ketika ia mencintai anak-anak panah yang terbang. Cinta menyembunyikan kesalahan 26 . Para Malaikat Kebahagiaan tengah berperang dg Setan-setan Penderitaan Dan Manusia berdiri diantara mereka.

Manusia dan memabukkanya dg anggur kepatuhan. bahwa Kemiskinan yang membuatmu sengsara itu mampu 27 . Aku melihat para pemimpin mulutnya berbusa seperti serigala licik dan juru-juru selamat palsu merencanakan dan bersekongkol untuk Melawan Kebahagiaan Manusia.. karena Manusia pernah Mengabaikannya ketika ia berbicara kepadanya di jalanjalan kota. (Dari The Voice of the Master) --Kasih . pujian dan rayuan: sementara Kebencian menghasutnya dan menutup telinganya dan membutakan matanya dari Kebenaran. tetapi Kebijakan tidak mendengarkan jeritannya.. jika engkau hanya mengetahui....Sayang dan Persamaan Sahabat yang papa. Dan aku melihat Manusia memanggil Kebijakan untuk membebaskannya.

bahwa kemalangan yang menimpamu dalam hidup justru merupakan kekuatan yang menerangi hatimu. Kusebut pengetahuan tentang Keadilan : karena orang kaya terlalu sibuk menumpuk harta guna mencari pengetahuan. karena engkau merupakan penyambung lidah Keadilan dan Kitab tentang Kehidupan. Dan kusebut pengertian tentang Kehidupan : karena orang yang kuat terlalu berhasrat mengejar kekuatan dan keagungan guna menempuh jalan kebenaran. 28 . Tenanglah. sahabatku yang papa. maka engkau boleh puas dengan nasibmu. karena engkau merupakan sumber kebajikan bagi mereka yang memerintah terhadapmu. dan tiang kejujuran bagi mereka yang membimbingmu.menjelaskan pengetahuan tentang Keadilan dan pengertian Kehidupan. sahabatku yang papa. dan membangkitkan jiwamu dari ceruk ejekan ke singgasana kehormatan. Jika engkau dapat menyadari. Bergembiralah.

tidak dapat ditumpuk seperti harta kekayaan. Duka merupakan salah satu mata rantai emas antara penyerahan terhadap masa kini dan harapan akan masa depan. hanya memperlihatkan kemewahan dan kerakusan. dan engkau akan memandangnya sebagai pembimbing. dan Suka mengobati hati yang luka. Duka melembutkan perasaan. Ingatlah. Kehidupan ialah suatu rantai yang tersusun oleh banyak mata rantai yang berlainan.maka engkau akan merasa puas karena pengalamanmu. sedangkan kemewahan memperlihatkan keburukannya. Antara tidur dan jaga. Mereka yang mewah sering mengesampingkan 29 . jiwa manusia akan menjadi batu tulis yang kosong. Sahabatku yang papa. Bila Duka dan kemelaratan dihilangkan. Kemiskinan menyalakan api keagungan jiwa. serta membuatmu bijaksana. bahwa keilahian itu adalah pribadi sejati Manusia. Tidak dapat ditukar dengan emas. di luar fajar merekah.

saat bersama istri dan anak sepulang dari ladang merupakan waktu yang paling mesra bagi keluarga. pada hakikatnya seperti hidup cacing di dalam kuburan.Keilahiannya. Itu menandakan ketakutan. Tapi hidup orang yang senang bermewah-mewah dan menumpuk emas. dan lebih manis daripada ejekan seorang pencemooh. wahai sahabtku yang papa. dan hanya mengejar kepuasan diri dan kesenangan semata. lebih murni daripada tawa ria orang yang ingin melupakannya. Air mata ini membersihkan hati dan kuman benci. dan mendekap erat emasnya. dan mengajar manusia ikut merasakan pedihnya hati yang patah. Orang-orang papa yang kusayangi. Orang muda sekarang jangan sampai meninggalkan Keilahiannya. 30 . sebagai lambang kebahagiaan bagi takdir angkatan yang akan datang. Air mata yang kulelehkan.

sesuai dengan Hukum Alam. Dan kita yang diburu oleh keduanya. Dan dukacita yang kausandang.Benih yang kautaburkan bagi orang kaya. akan dikembalikan menjadi sukacita oleh kehendak Sorga. akan kembali pada sumbernya. hanya mendengar suara yang mengerikan. Keindahan menghadirkan dirinya dengan duduk di atas singgasana 31 . Nasib memindahkan kita dari satu tahap ke tahap lain. dan hanya melihat sosok yang menghalangi dan merintangi jalan kita. Karya : Kahlil Gibran 'Suara Sang Guru' --Pikiran dan Samadi Hidup menjemput dan melantunkan kita dari satu tempat ke tempat lain . Dan angkatan mendatang akan mempelajari Dukacita dan Kemelaratan sebagai pelajaran tentang Kasih Sayang dan Persamaan. dan akan kaupanen nanti.

tapi sebenarnya beban itu seringan pawana riang Lebanon. Cinta lewat di depan kita.keagungan . atau ada pula yang malahan mengikutinya. tapi bila kita telah duduk menghadapinya. tapi kita lari ketakutan. dan menawarkan pula agar kita menikmati keindahannya . merenggut mahkota kesuciannya. tapi kita 32 . tapi kami mendekatinya atas dorongan Nafsu . dan mengotori busananya dengan tindak laku durhaka. Meski orang yang paling bijaksana terbungkuk karena memikul beban Cinta. kita pun makan dengan lahap dan rakus. Tangan Alam menyambut hangat kedatangan kita. untuk berbuat kebusukan atas namanya. Kebebasan mengundang kita pada mejanya agar kita menikmati makanan lezat dan anggurnya . berjubahkan kelembutan . atau bersembunyi dalam kegelapan.

Malampun berlalu. dan menghadapinya bagaikan musuh. karena kita tidak membuka telinga dan berniat memahaminya. Tapi di siang dan malam hari. tapi kita menutup pintu keramahan baginya. Tapi orang yang mendengar dan memahaminya malahan kita sebut gila lalu kita tinggalkan. berdesak-desakan seperti kawanan kambing yang lari ketakutan oleh serigala garang.takut akan keheningannya. Kebenaran memanggil-manggil kita di antara tawa anak-anak atau ciuman kekasih. sedang hari pun memberi salam dan merangkul kita. Hati manusia menyeru pertolongan . tapi kita tidak mendengar teriak mereka. Kita amat terikat pada bumi. hidup kita lelah dan kurang waspada. jiwa manusia memohon pembebasan . sedangkan gerbang Tuhan terbuka 33 . lalu bergegas lari ke kota yang ramai. kita senantiasa ketakutan.

Memohon wejangan tentang kesenangan. Karya : Kahlil Gibran ' Suara Sang Guru ' --Kemudian datang seorang pertapa. namun betapa jauh Manusia meninggalkan Sang Hidup. Jawabnya demikian : Kesenangan adalah lagu kebebasan. Namun bukannya sang kebebasan sendiri. Itulah dia . sedangkan kelaparan menggerogoti hati kita. Yang sekali setahun turun ke kota. Dialah si terkurung yang 34 . Sungguh betapa budiman Sang Hidup terhadap Manusia. namun dia bukan kedalaman maupun ketinggian itu sendiri.lebar. Sebuah jurang menganga yang berseru kepuncak ketinggian. Kita menginjak-injak roti Kehidupan. Dialah bunga-bunga hasrat keinginan. Namun bukan buah yang asli.

ataupun memarahinya. dihakimi dan dipersalahkan. Yang menggali 35 . Aku tak akan mempersalahkannya. Namun kesenangan tiada berdiri sendiri. Namun jangan hanyutkan diri dalam bernyanyi. Sebab mereka akan menemukan kesenangan. sesungguhnyalah kesenangan merupakan lagu kebebasan. Ya. Saudaranya ada beberapa. Dan mereka ini dipergunjingkan. Melainkan akan mendorong mereka untuk mencari dan menyelami. Kalian menyanyikannya dengan sepenuh hati. Yang terjelek pun diantaranya lebih unggul kecantikannya. Dan aku amat suka bila dapat mendengarkan. ialah tujuh orang puteri. Engkau pernah mendengar tentang seorang manusia. Daripada dia yang bernama kesenangan. Beberapa diantaramu mencari kesenangan.terbang terlepas. Seolah kesenangan itu adalah segala-galanya. Namun bukannya ruang yang terbentang luas .

Khawatir melemahkan kekuatan jiwa. Namun pabila rasa penyesalan lebih menentramkan hatinya. Tiada berkemampuan menyucikan hati nurani. Lalu menyingkiri segala kesenangan yang ada di mayapada. Dengan rasa syukur dan terima kasih dalam kalbu. Tatkala sedang terbius di luar kesadarannya. Ataupun 36 .tanah hendak mencari akar. Sebagaimana mereka mengenang rahmat panen di musim panas . Seolah kesenangan itu dosa yang diperbuatnya. Pun belum terlampau tua sehingga memerlukan kenang-kenangan untuk digali. Tapi penyesalan ini hanya mengaburkan akal budi. Namun menemukan harta pusaka ? Beberapa diantara orang tua mengenangkan saat kesenangan. Dan ada diantaramu yang bukan lagi remaja sehingga masih butuh mencari. Maka biarlah mereka menikmati ketenteramannya. Seyogyanyalah mereka mengingat kesenangan yang lalu. Dengan penuh rasa penyesalan.

hanya mencoba menggali akar.bertentangan dan merugikannya. Terganggukah olehnya ketenangan malam yang syahdu ? Atau ambillah dia. Yang hanya dengan sentuhan sepucuk kayu. Kau hanya menimbun keinginan tersembunyi. ataupun asap bara. Tapi dalam pencegahan diri inipun terletak kesenangan mereka. Siapa tahu bahwa apa yang nampaknya lenyap sekarang. Walau semula mereka dengan tanga gemetar. dapat kauganggu ? Betapa seringnya. dari 37 . Dan dengan demikian mereka pun menemukan sebuah mustika. si kunang-kunang. Tetapi katakanlah padaku. Adakah dia memberati pawana ? Dan dikau mengira. di relung kesadaran. dengan menyingkiri segala kesenangan. bahwa jiwa merupakan danau yang tenang. Adakah diganggunya keagungan bintangbintang ? Dan nyala api. siapakah yang dapat merongrong jiwa ? Si burung bul-bul yang menyanyikan lagu merdu.

Jasmani adalah kecapi jiwa. bagaimana cara membedakan baik-buruk dalam kesenangan? maka pergilah dikau ke ladang.permukaan. Untuk menggetarkannya dengan petikan lagu merdu. bunga merupakan pancaran kehidupan. lebah merupakan duta kasih kehidupan. kebun dan tamanmu. sang lebah maupun sang bunga. mengisap madu adalah kesenangan. Dan bagi keduanya. Dan kau akan mengerti. Tergantung kepada manusia. namun bagi bunga pun memberikan madu adalah kesenangan. Lalu sekarang bertanyalah dalam hatimu. Untuk lebah. bahwa bagi lebah. Serta tiada sudi mengalami tipuan dari akal manusia. hanya menanti saat kebangkitan dihari kemudian ? Bahkan jasmani memahami kodratnya dan kebutuhan hak alamiahnya. Memberi dan menerima kesenangan adalah kebutuhan dan keasyikan. Ataupun suara yang tiada menentu. Untuk bunga. 38 .

Walau suaranya bisa membuyarkan mimpi-mimpimu bagai 39 . Walau jalannya sukar dan curam.Rakyat Orphalese. Dan dengan suara lantang dia berkata: Pabila cinta memberi isyarat kepadamu. Dan pabila sayapnva memelukmu menyerahlah kepadanya. Walau pedang tersembunyi di antara ujungujung sayapnya bisa melukaimu. dan keheningan menguasai mereka. Dan kalau dia bicara padamu percayalah padanya. bersenanglah bagaikan bunga dan lebah. Lebanese Poet CINTA LALU berkatalah Almitra. Ditengadahkan kepalanya dan memandang pada orang-orang itu. Bicaralah pada kami perihal Cinta. --From "The Prophet" Kahlil Gibran. ikutilah dia.

40 . Dan kemudian dia mengangkat engkau ke api sucinya. sehingga engkau bisa menjadi roti suci untuk pesta kudus Tuhan. Demikian pula dia akan menghunjam ke akarmu dan mengguncang. Karena sebagaimana cinta memahkotai engkau.rantingmu nan paling lembut yang bergetar dalam cahaya matahari. Sebagaimana dia mendaki kepuncakmu dan membelai mesra ranting. demikian pula dia kan menyalibmu. Dia merembas engkau hingga kau menjadi liar. Dia menggosok-gosokkan engkau sampai putih bersih. Laksana ikatanikatan dia menghimpun engkau pada dirinya sendiri.angin utara mengobrak-abrik taman.guncangnya di dalam cengkeraman mereka kepada kami. demikian pula dia ada untuk pemanakasanmu. Dia menebah engkau hingga engkau telanjang. Dia mengetam engkau demi membebaskan engkau dari kulit arimu. Sebagaimana dia ada untuk pertumbuhanmu.

pun tiada ingin dimiliki. Cinta tiada memiliki. dan menangis. Cinta tak memberikan apa-apa kecuali dirinya sendiri dan tiada mengambil apa pun kecuali dari dirinya sendiri. Memasuki dunia tanpa musim tempat kaudapat tertawa. supaya bisa kaupahami rahasia hatimu.Semua ini akan ditunaikan padamu oleh Sang Cinta. Pabila kau mencintai kau takkan berkata. "Tuhan ada di dalam hatiku. Namun pabila dalam ketakutanmu kau hanya akan mencari kedamaian dan kenikmatan cinta. tapi tak sehabis semua airmatamu. dan di dalam pemahaman dia menjadi sekeping hati Kehidupan." 41 . Karena cinta telah cukup bagi cinta. tapi tak seluruh gelak tawamu. Maka lebih baiklah bagimu kalau kaututupi ketelanjanganmu dan menyingkir dari lantai-penebah cinta.

Dan meneteskan darah dengan ikhlas dan gembira.luap." Dan jangan mengira kaudapat mengarahkan jalannya Cinta. "Aku berada di dalam hati Tuhan. Merasa dilukai akibat pemahamanmu sendiri tenung cinta. sebab cinta. 42 . Namun pabila kau mencintai dan terpaksa memiliki berbagai keinginan.tapi sebaliknya. yang menyanyikan melodinya bagai sang malam. Istirah di kala siang dan merenungkan kegembiraan cinta yang meluap. biarlah ini menjadi aneka keinginanmu: Meluluhkan diri dan mengalir bagaikan kali. mengarahkan jalanmu. Cinta tak menginginkan yang lain kecuali memenuhi dirinya. pabila dia menilaimu memang pantas. Mengenali penderitaan dari kelembutan yang begitu jauh. Terjaga di kala fajar dengan hati seringan awan dan mensyukuri hari haru penuh cahaya kasih.

Kemudian mencurahkan karunianya 43 . -PENYAIR (Kahlil Dalam Kelopak Kelopak Jiwa). Adalah seekor burung bernyanyi Berloncatan sepanjang cabang pidato Bergetaran Melodi mengisi segenap Tubuh dengan kemanisan dan keramahan Sepotong awan putih dilangit cerah Menaik dan mengembang memenuhi Angkasa. Dan lalu tertidur dengan doa bagi kekasih di dalam hatimu dan sebuah gita puji pada bibirmu.Kembali ke rumah di kala senja dengan rasa syukur. Adalah rantai Antara dunia ini dan alam baka Kolam air manis buat jiwa jiwa yang kehausan. Sebatang pohon tertanam Di bantaran sungai keindahan Memikul bebuah ranum Hati lapar yang mencari.

di mana mereka membuahkan hasil demi menopang mereka yang mengumpulkan. apollo menjadi cahayanya. Inilah penyair yang diabaikan oleh manusia pada zamannya. Tak terliput gelap malam Tak tergoyah oleh angin kencang Astarte meminyaki dengan cinta Dan. Seberkas cahaya gemilang tak kunjung padam.diatas bumi padang kehidupan. Dia berpakaian sederhana Dan. dipelihara oleh keramahan Dia duduk di pangkuan alam belajar mencipta. Dan. Adalah malaikat diutus Yang Maha Kuasa mengajarkan Kalam Illahi. Sendiri. terjaga dikeheningan malam. Menantikan turunnya ruh Seorang suami yang menabur hati di kebun perasaan. Dan dikenal oleh mereka pada dunia 44 .

Sampai kapan O keberadaan. O manusia. Sampai kapan. Apakah kalian membangun gedung kehormatan bagi mereka yang meremas bumi dengan darah. Namun membuat orang bersembunyi dari makanan dan tempat perlindungannya. melupakan mereka yang 45 . Dan mengelakan diri dari mereka yang memberimu kedamaian dan ketentraman? Sampai kapan engkau akan memuja pembunuhan dan mereka yang membuat leher membungkuk dibawah beban penindasan.yang sesungguhnya Taman surga tempat kembali Inilah dia yang tak mencari sesuatu Dari manusia demi menjaga seulas senyuman Yang tertiup bangkit dan memenuhi Cakrawala dengan bayangan keindahan yang hidup. Dan.

Dan. Hidupnya hidup ini: Telah engkau tundukan abad demi abad termasuk tirainya. Kau berdaulat atas semua hati. kalian. O para penyair. Akankah hari itu datang. --Masa Muda & Keindahan Keindahan menjadi milik usia muda. ketika orang- 46 .menghambur kedalam Kepekatan malam yang cahaya matanya menunjukan kemegahan siang dan kebahagian serta kesenangan Tak boleh melintas di dekat mu? Dan. kau dianugerahi sebuah mahkota Daun salam. di wajah angan-angan. Dan. tapi keremajaan yang untuknya dunia ini diciptakan tidak lebih dari sekedar mimpi yang manisnya diperbudak oleh kebutaan yang menghilangkan kesadaran. kerajaan mu adalah abadi.

orang bijak menyatukan kemanisan masa muda dan kenikmatan pengetahuan? Sebab masing masing hanyalah kosong bila hanya seorang diri. Akankah hari itu datang ketika alam menjadi guru yang mengajari manusia, dan kemanusiaan menjadi buku bacaan sedangkan kehidupan adalah sekolah sehari-hari? Hasrat masa muda akan kesenangankenikmatan tidak terlalu menuntut tanggung jawab hanya akan terpenuhi bila pajar telah menyibak kegelapan hari. Banyak laki-laki yang tenggelam dalam kemabukan hari-hari masa muda yang mati beku; banyak perempuan yang menyesali dan mengutuk tahun-tahun tak berguna mereka seperti raungan singa betina yang kehilangan anak; dan banyak para pemuda dan pemudi yang menggunakan hati mereka sekedar sebagai alat penggali kenangan pahit masa depan,

47

melukai diri melalui kebodohan dengan anak panah yang tajam dan beracun karena kehilangan kebahagiaan. Usia tua adalah permukaan kulit bumi; ia harus, melalui cahaya dan kebenaran, memberikan kehangatan bagi benihbenih masa muda yang ada dibawahnya, melindungi dan memenuhi kebutuhan mereka hinggaNisan datang dan menyempurnakan kehidupan masa muda yang sedang tumbuh dengan kebangkitan baru Kita berjalan terlalu lamban ke arah kebangkitan spiritual, dan perjalanan itu seluas angkasa tanpa batas, sebagai pemahaman keindahan eksistensi melalui rasa kasih dan cinta kepada keindahan tersebut --Nyanyian Hujan

48

Aku ini percikan benang-benang perak yang dihamburkan dari surga oleh dewa-dewa. Alam raya kemudian meraupku, guna menyirami ladang dan lembahnya. Aku ini taburan mutiara, yang dicupliki dari mahkota Raja Ishtar, oleh puteri Fajar, 'Tuk menghiasi taman-taman mayapada. Pabila kuurai air mata, bukit-bukit tertawa; Pabila aku meniup rendah, bungabunga gembira, Dan bila aku membungkuk, segalanya cerah-ceria. Ladang dan mega berkasih-mesra, Di antara mereka aku pembawa amanat setia, Yang satu kulepas dari dahaga, Yang lain kuobati dari luka. Suara guntur mengabarkan kedatanganku Pelangi di langit mengantarkan kepergianku, Bagai kehidupan duniawi, diriku, Diawali pada kaki kekuatan alam, Dan diakhiri di bawah sayap kematian.

49

Panas udara mematangkan saat kelahiranku.Aku muncul dari dalam jantung samudra. kubelai mesra bunga-bunga dan pepohonan Dalam berjuta cara. Dan cucuran air mata dari surga. Namun sebaliknya aku membunuhnya. Dapat memahami maknanya. 50 . disertai cinta kasih Menarik nafas dari kedalaman laut kasih-sayang. Semua orang dapat mendengarnya. Pabila kulihat ladang membutuhkan. Maka. Diriku helaan nafas samudra Gelak tertawa padang ladang. Jemariku lembut bermain pada jendelajendela kaca Dan berita yang kubawa membawa bahagia. Aku turun. namun hanya yang peka. Dengan kekuatan yang dihisap daripadanya. Laksana wanita yang mengungguli pria. Membubung tinggi bersama pawana.

sukma. 1995. tunggu hingga Fajar tiba. karena suasana Sarat jeritan dan keluhan berat. Diam. Diamlah.tertawa ria dari rona padang jiwa. hal. Tiada suara kidungmu masih termuat. Penerjemah: Sri Kusdyantinah. 51 . hatiku. Mengucurkan air mata dari kenangan surga abadi. tiada iring-iringan kegelapan Sudi berhenti di hadapan mimpi-mimpi. sebab ruang angkasa Tiada mendengarmu. 1820) --Antara Malam dan Fajar Pagi Diamlah. Dia sabar menanti kedatangan pagi Bakal menjumpainya dengan pasti Dan dia yang mencintai sinar surya. Jakarta. sebab bayang-bayang malam Tiada sudi mengindahkan bisikan Rahasiamu. (Dikutip dari Suara Penyair. Pustaka Jaya. bakal dicintainya.

hati. 52 . Namun bulbul tiada lagi terdengar menyanyi. Sedangkan seorang bayi tertawa riang gembira. Kulihat langit menurunkan salju melurupi Ladang-ladang terhampar dan lembah ngarai. dan dengarkan kisahku ini. Dalam mimpiku terlihat seekor burung bulbul Menyenandungkan kidung di tepi kawah mengepul Sebuah gunung berapi. memandang sekitar diri Gunung berapi itu masih juga tampak menggelegak. Bermain-main dengan tengkorak manusia.Diamlah. Dan kulihat sekuntum bunga lilia mengangkat kepala Di atas timbunan salju. tanpa busana Menari-nari di tengah pekuburan. Tiada pula kulihat terbang kian kemari. Semua bayangan ini 'lah kulihat dalam mimpi Dan ketika kubuka mata. Lalu seorang wanita.

hatiku. Secara bagaimana bayangan mereka hilang musna? Bagaimana mungkin jiwa bersabar. sebelum Lena Ketiduran memulihkan bayangan bahagia Harapan dan gairah Kehidupan? Mohon perhatian. kusaksikan penderitaan dan kesedihan. Dalam jaga. 53 . Kulihat sederetan makam di depan Abad-abad bungkam Tapi tiada insan menari atau memuja di tengahnya Kulihat tengkorak setumpuk tapi tiada seorang pun Yang tertawa. kecuali angin pawana.Menyembunyikan di bawah selimut kafannya. dan dengarkan tuturku. Kemarin jiwaku laksana pohon tua perkasa Berakar dalam menghunjam ke jantung bumi. Batang-batang lilia dan beku terlena. Apa yang terjadi dengan sukacita dan kemanisan mimpi-mimpi? Ke mana perginya keindahan impian.

dan menimbuni Sukacitanya di bawah ratapan dan keluhan. Kupandang nampanku dan hanya kudapati Sisa sebutir buah Yang kupungut. Apa yang telah kaulakukan.Berdahan dan ranting yang menggapai Keabadian. "Celakalah aku. kususun buah-buah Pada nampan ukiran dari perak murni Dan kuletakkan di pinggir jalan bagi pejalan Mereka suka mengambilnya. Ketika musim Gugur tiba. kemudian kumakan Namun terasa sepahit empedu Dan masam bagai anggur mengkal hijau. untuk kemudian berjalan lagi Ketika musim Gugur berlalu. jiwaku? Apa yang telah kauperbuat dengan sari 54 . dan menyebabkan penyakit belaka. Maka aku berkata dalam hati. Di musim Semi berkembang dia berseri-seri Di musim Panas berbuah melimpahruah." Yang telah mengundang umpatan seru Dari bibir sesamaku.

manis Yang kauisap dari bumi. Kewaspadaan bakal lebih mendekatkan kita pada gemintang angkasa. Dan kemanisan dalam air mata. Siang malam dia kupupuk dan kusirami. Jauh dari detak-detak perjalanan Waktu. Sambil berkata dalam hati. Dengan haruman wangi Yang 'lah kautarik dari langit tinggi? Dalam kegusaran telah kurenggut pohon perkasa tua Sampai akar-akarnya melawan Dari kedalaman bumi. Kuperciki dia dengan darah dan air mata Sambil berkata: Ada citarasa sedap-wangi pada darah ini. seribu bayangan Musim Gugur Lalu kutanam pohon jiwaku di tempat lain yang subur. Kucabut pohon itu dari masa lalu Dan bersamanya terenggut pula seribu kenangan Musim Semi. Sekarang dia tegak di atas ladang." Ketika Musim Gugur tiba. kukumpulkan 55 .

dan orang-orang melewatinya Tanpa ada yang sudi menyentuhnya. Mengarungi ombak samudra. Sebab Rahmat itu putri Air Mata Dan kebenaran adalah putra Darah. Aku pun berseru: "Orang-orang tak menghendaki Rahmat menyentuh bibirnya atau kebenaran menyinggahi hati. Diamlah. hatiku." Kutinggalkan kebisingan kota mencari tempat teduh Di bawah pohon tunggal jiwaku Dalam sebuah padang yang jauh Dan jalan kehidupan. sampai Fajar tiba. melaju bersama angin Dari negara yang satu ke negara yang lain. 56 . Kupungut sebuah lalu kucicipi Ternyata amat manis bagai madusari dan menggelorakan semangat bagaikan anggur Babilonia Harum wangi laksana bunga Yasminia.semua Buah ranum di atas nampan kencana Yang kusajikan di jalanan umum. dan dengarkan ceritaku ini Kemarin pikiranku seperti kapal yang berlayar. Diamlah.

Setelah kuakhiri tugasku.Kapalku hampa. Biru laksana langit. kapal pikiranku Tampak bagai bayangan nujum Yang berlayar antara kedua unsur keabadian Yaitu langit dan lautan. Kumasuki pelabuhan pulau kelahiranku 57 . dan saat pun tiba Ketika aku jemu melayari wajah samudra Lalu kukatakan pada diriku sendiri. Lalu tiang dan buritan kapal kugambari bentuk-bentuk ganjil yang menarik perhatian Dan menyilaukan pandangan." Dan kulakukan persiapan dengan mengecat perahuku Berwarna kuning seperti matahari tenggelam. Dan hijau menyerupai jantung musim Semi. dan merah bungan anemon. kecuali tujuh buah piala berisi warna-warna pelangi. "Aku akan kembali dengan kapal pikiran Ke pelabuhan pulau kelahiran.

" Sesudah itu kunaiki kapal layar pikiranku 58 . Mereka pun memetik dawai-dawai alat musiknya Serta menabuh gendangnya. Tiada pula mereka dapat mengamati Bahwa kapalku telah kubawa dalam keadaan hampa Sebab kegemilangannya t'lah membuat mereka alpa. sebab kapalku Terhias indah. Kemudian kukatakan kepada diri: "Telah kubawa sesat orang-orang ini.Penduduknya berdesak-desakan menyambutku Sambil bernyanyi dan bersukaria Dan kerumunan itu mengajakku memasuki kota. dan tak seorang pun masuk Hendak melihat bagian dalam kapal pikiranku. Dan dengan tujuh piala zat pewarna Telah kukelabui pandangan mereka. Tiada pula menanyakan apa buah tangan Yang kubawa dari seberang lautan. Demikian sambutan yang kuterima.

Dan kapal pikiran pun kupenuhi dengan Benda-benda paling berharga yang serba pilihan kembali aku ke pelabuhan tempat kelahiran Sambil bergumam: "Orang-orang akan menyanjungku lagi Tetapi kini dengan tulus hati. dan kusinggahi Kepulauan Timur Kukumpulkan di sana.. dupa dan cendana lalu kumasukkan dalam perahuku..Untuk berlayar lagi. setanggi. Senjata ampuh aaneka ragam. Busana perang serba gemilang. zamrud dan intan. Aku kunjungi Kepulauan Selatan. dan mengangkut barang.." Ketika aku sampai di pelabuhan.. tombak pedang gemerlapan. dan kembali Mereka akan mengundangku memasuki kotanya. dan membawa serta Gading dan batu mirah. Kujelajahi Kepulauaan Barat. tiada 59 . Tetapi kini dengan maksud mulia. permata langka...

terlihat olehku Sesuatu yang belum pernah kulihat selama perjalanan Aku pun berteriak.. Dan ketika kupandang perahuku. namun tak seorang Menengok kepadaku. Aku menapaki jalan-jalan Masa laluku yang megah.seorang Yang menyongsongku." Angin dan semburan. Dan mereka malah mengolok-olok daku.. bersama terik sinar surya 'Lah memudarkan cerlang warna. dan kapalku kini hanya Tinggal laksana seonggok jubah usang kelabu. patah semangat Penuh kekecewaan dan kebigungan.. 'Kuberdiri di tengah pasar. Aku kembali ke pelabuhan berhati kosong. 60 . "Ombak lautan telah menghapuskan Segala warna perahu dan gambargambarnya! membuatnya kini kelihatan bagai kerangka. Bersikap tak acuh pada diriku..

dan menyimpannya dalam wadah kapal Samudra. dibawa mengambang di atas airnya. Dan gua-gua di lembah ngarai tak kuasa memantulkan 61 . Diamlah. tak dapat melihatku. sampai Fajar amekar. sebab badai yang mengamuk menenggelamkan bisikan hati. Diam. sabar. dan aku duduk termangu Di tengah tanah pekuburan bisu. Sebab dari dalam mataku telah dibutakan. Pada saat itu kutinggalkan kapal gagasanku Untuk menuju Kota Kematian. Merenungkan rahasia yang dikandungnya. dan mereka kembali mengusirku. Telah kukumpulkan harta kekayaan paling mahal Di dunia. Perubahan ini terluput dari pengamatanku.Dari tengah tibunan harta-bendaku. Penglihatan mereka telah tergoda Oleh pikatan gemerlapnya harta hampa. hatiku.

hatiku. Bakal disambut ombak Pagi dengan rindu. Dan perjalanan tanpa tujuan. Jakarta. Pustaka Jaya. Berjalanlah bersama fajar pagi Sebab malam telah lewat. Sebab dia yang sabar menunggu terbit Fajar. 109119) --- 62 . tunggu sampai Pagi baru. hatiku. (Dikutip dari Lagu Gelombang. 1993. dan lantangkan suaramu dengan lagu Sebab manusia yang tiada menyertakan Fajar dalam nyanyiannya Adalah seorang putra Kegelapan Selamanya. Bangkitlah. hal. dan ketakuatn akan kelam Telah hilang. bersama mimpi-mimpinya yang hitam Pikiran-pikiran yang mengerikan. Penerjemah: Sri Kusdyantinah.Getaran tali kecapi yang kaubunyikan. Diamlah.

Yang tiada bercairkan oleh tinta Di atas perkamen. yang mengalirkan sayang. Perilaku tanganku saksi bisu kehadirannya. Tetapi tak menyentuh bibirku. Dan pabila kusentuh ujung jemariku Terasa getaran kehadirannya. Betapa kudapat mendesahkannya? Aku cemas bila dia berbaur dengan eter fana Kepada siapa aku akan menyanyikannya? Dia tersimpan dalam relung sukmaku Karena aku cemas. 63 . sebuah lagu Yang bernafas di dalam benih hatiku. dia akan terhempas Di telinga pendengaran yang keras.Nyanyian Sukma Di kedalaman relung sukmaku Menggema nyanyian tanpa kata. Pabila kutatap penglihatan batinku Tampak di dalamnya bayangan dari bayangannya. dirangkuminya rasa kasihku Dalam jubah tembus pandang.

Diulang-ulang oleh mimpi dan bayangan. Disembunyikan oleh kesadaran siang Dan dinyanyikan oleh sukma malam.Bagai danau tenang yang memantulkan cahaya Bintang-gemintang angkasa raya. Getar nada mana yang mampu menggugahnya? 64 . Kain atau esau manakah gerangan Yang mampu membawakannya berkumandang? Nyanyian itu lebih wangi daripada melati: Suara manakah yang dapat menagkapnya? Kidung itu tersembunyi bagai rahasia perawan suci. Dipahami dalam-dalam oleh kasih sayang. Dan dikumandangkan oleh kesunyian. Dilipat rapat oleh kebenaran. Dan disingkiri oleh kegaduhan. Air mataku menandai sendu Bagai titik-titik embun syahdu Yang mengungkapkan rahasia mawar layu. Lagu itu kasih-sayang. Lagu itu digubah oleh renungan.

Penerjemah: Sri Kusdyantinah. bungan merupakan keheningan 65 . Dengan desah bayi yang pulas di buaian. 1993. Siapa berani memecah sunyi Dan lantang menuturkan bisikan sanubari Yang hanya terungkap oleh hati? Insan mana yang berani melagukan kidung suci Tuhan? (Dikutip dari Lagu Gelombang. pohon merupakan impian. dan bagi pulau itu bukti karang yang timbul merupakan harapan. Jakarta. 8082) --Hidup Kehidupan merupakan sebuah pulau di lautan kesepian.Siapa hendak mencoba memadukan debur ombak samudra Dengan kicau bening burung malam? Siapa yang ingin membandingkan deru alam. Pustaka Jaya. hal.

wahai saudara-saudaraku. Engkau tak dikenal oelh sesama insan. menderita karena pedihnya sepi dan dambaan terhadap kebahagiaan. Hidupmu. Di mata hatiku engkau tampak bagaikan panglima besar yang memimpin balatentara. Tapi setelah kuamati lagi. entah berapa banyak armada yang berlabuh di pesisirmu. Entah berapa banyak kapal yang bertolak dari pantaimu menuju wilayah lain. namun engkau tetap pulau yang sunyi. laksana pulau yang terpisah dari pulau dan daerah lain. dan sungai merupakan damba kehausan. lagi pula terpencil dari keakraban dan perhatian.perasaan. kulihat engkau duduk di atas bukit emas serta menikmati kekayaanmu -bangga kan hartamu. bagaikan seekor burung kehausan dalam sangkar emas dengan wadah air yang kosong. Saudaraku. 66 . yang tertempel di balik kopor emasmu. yang tampak hanya hati hampa belaka. hendak menggempur benteng musuh. dan yakin bahwa setiap genggam emas yang kaukumpulkan merupakan mata rantai yang menghubungkan hasrat dan pikiran orang lain dengan dirimu.

seakan-akan engkau adalah nyawa bagi raga mereka. memasrahkan hatimu pada latar kecantikannya. Ketika kulihat ia memandangmu dengan kelembutan dan kasih keibuan. menyanyikan lagu penghormatan bagi karyamu yang mengagumkan. yang sedang kasmaran pada wanita jelita. tampak engkau seorang diri dalam kesepian. di sekelilingmu berdiri rakyatmu yang memuji-muji keagunganmu. saudaraku. Tapi bila kupandang lagi. bahkan jiwa mereka melambungkan suka ria sampai ke langit-langit angkasa. menadahkan tangan ke segala arah. berdiri di samping singgasanamu. Dan ketika engkau memandang kawulamu. kekuasaan. seakan-akan memohon belas kasihan dan pertolongan dari hantu-hantu yang tak tampak -mengemis perlindungan. terlukislah pada wajahmu kebahagiaan. saudaraku. memandangmu seakan-akan nabi yang mengajawantah. duduk di atas singgasana agung. Kulihat dirimu.Kulihat engkau. aku berkata dalam hati. karena tersisih dari persahabatan dan kehangatan persaudaraan. memuji kebijaksanaanmu. "Terpujilah Cinta yang mampu 67 . dan kejayaan.

terdapat jiwa lain yang hampa. Jika rumahmu berdiri di sebuag gurun. isi gudang tatnggamu tak dapat mengisinya. dan di balik jiwamu yang sarat cinta. engkau tak dapat memindahkannya ake lembah. engkau tak dapat memindahkannya ke halaman orang lain. Hidupmu. Jika rumahmu berdiri di atas puncak gunung. wahai saudaraku. bagaikan awan yang mengembara. sinar lampu tetanggamu tak dapat masuk meneranginya." Namun. kentara dalam hatimu yang bersalut cinta terdapat hati lain yang kesunyian. bilamana kuamati lagi. Seandainya rumahmu tersaput oleh kegelapan. karena lerengnya tak dapat ditempuh oleh kaki manusia. merupakan tempat tinggal sunyi yang terpisah dari wilayah perumahan orang lain. bagaikan ruang tengah rumah yangtertutup dari pandangan mata tetangga. yang telah diolah dan ditanami oleh tangan orang lain. 68 .mengisi kesepian pria ini dan mengakrabkan hatinya dengan hati manusia lain. sia-sia menjadi titik-titik air mata kekasihmu. siasia meratap hendak menyatakan cintanya pada wanita. Jika kosong dari persediaan pangan...

Mari menapaki jejak Musim Semi. engkau bukanlah engkau. Jika bukan karena kesepian dan kesunyian itu. 1995. dan mendaki 69 . Ladang-ladang jauh. sayang. dan aku bukanlah aku. (Dikutip dari Suara Sang Guru. mari berjalan menjelajahi perbukitan. Pustaka Jaya.Kehidupanmu. Salju telah cair dan Kehidupan t'lah jaga dari kantuknya Kini mengembara menyusuri pegunungan dan jurang-jurang. itulah wajahku sendiri yang lagi memandang cermin. Jakarta. aku akan percaya manakala aku memandang wajahmu. dan jika bukan karena kesepian dan kesunyian itu. yang menjelang. Penerjemah: Sugiarta Sriwibawa. saudaraku. 4750) --Kehidupan Cinta MUSIM SEMI Marilah. hal. diliputi oleh kesunyian.

dari piala kelopak bunga lili.puncak-puncak perbukitan 'Tuk menadah ilham dari tempat ketinggian. 70 . Pada pohon persik dan batang sitrus disangkutkan selendangnya. Di sela-sela bebatuan. Di atas hamparan ngarai nan sejuk kehijauan. Fajar Musim Semi telah membeberkan gaunnya Dari lipatan penyimpanan ke dalam peti Musim Dingin. menyanyikan lagu riang. Sulur-sulur daun anggur saling berpelukan bagai kekasih Air parit pun lincah berlompatan menari ria. dari kalbu lautan Kemarilah. Laksana buih-buih bersembulan. Dan bunga-bunga meletup bermekaran dari jantung alam. Yang tampil bertebaran bagai pengantin-pengantin putih Dalam perhelatan Adat Malam Kedre. sayang: mari mereguk sisa air mata Musim dingin.

dengan gerimis nada-nada Curahan simfoni burung-burung yang bernyanyi Dalam gita sukacita. 71 . dan meniru Kemanisan mereka dalam pertukaran kasih rindu. Dengan harta kekayaan tak terperi. mari duduk di batu besar itu. yang tertanam dalam sanubari. dan cahya surya 'Lah memanggang gandum menguning matang. karena Musim panen 'lah tiba.Dan menenteramkan jiwa. kasih. tempat bunga fiola ungu berteduh dalam persembunyian. MUSIM PANAS Mari pergi ke ladang. sebagaimana jiwa Menyantuni butir gandum sukacita Dari benih cinta-kasih. Mari mengisi lumbung kita dengan limpahan hasil bumi bagai kehidupan mengisi penuh rongga hati. Mari mengelola buah bumi. dibius angin mamiri.

dalam guci keabadian.mari. MUSIM GUGUR Mari pergi memetik anggur di perkebunan Dan memeras sari buah segar Lalu menyimpannya di jambangan tua Sebagaimana jiwa menyimpan ilmu pengetahuan Abad-abad lalu. Dan sekarang mari pulang. jadikan bunga-bunga alas tilam peraduan kita Dan langit biru selimut beledu syahdu. Mendengarkan bisik gemercik air yang bernyanyi. Letakkan kepala di bantal harum jerami. 72 . karena burung-burung Telah terbang dalam perjalanan ibadah menuju kehangatan Meninggalkan padang yang dingin dan kesepian. kekasihku abadi. karena sang bayu Merontokkan daun-daun kuning Yang membisikkan dendang kematian pada Musim Gugur Mari pulang. Lalu istirahat sehabis kerja sepanjang hari.

Duduklah di dekatku di depan tungku. Mari. Bicaralah padaku tentang kekayaan hatimu. Mari kembali. Alam telah letih. enggan mengucapkan kata perpisahan. Sebab nyala api adalah satu-satunya buah musim ini.o teman sejati dalam sepanjang hidupku. Menyela di antara kita. Yang jauh lebih besar daripada unsur 73 . Sedang bukit-bukit tua telah mulai melipat gaunnya yang berwarna-warni. kasihku. Dekatlah padaku. MUSIM DINGIN Dekatlah kemari. sebab parit yang sayu Telah kehabisan lagu.Bunga mirtel dan melati pun telah lama Mengeringkan air matanya. dan jangan biarkan sentuhan Musim Salju. Dan berpamitan dengan gairah kehidupan Dengan dendang ketenangan dalam nada ketenteraman. dan sumber air yang lincah Telah membisu.

dan anggur minuman 74 . jangan biarkan dia redup sendu. Dekatlah padaku. dari timbunan abu Dekaplah aku. Letakkan dekat wajahmu. sebab aku ngeri akan kesepian. api mendingin dalam tungku. Lampu meredup. Tuangkan minyak ke dalam lampu. Menyelinap padam nyalanya satu-satu. Palanglah pintu dan patri gemboknya. o kekasih jiwaku. sehingga terbaca oleh airmataku Apa yang 'lah ditulis oleh kehidupan kita bersama Pada raut sinar kecantikanmu. Sebab wajah angkasa menekan semangatku Dan pemandangan ladang-ladang salju Menimbulkan tangis dalam jiwaku. dan mari minum bersama Sambil menembangkan lagu kenangan pada gairah Musim Semi Dan perawatan hangat Musim Panas.Alam yang menggeletar Di luar pintu. Berilah aku anggur Musim Gugur. serta anugerah Panen meriah dari Musim Gugur.

75 . kekasihku. Kecuplah aku. Ketika akhirnya kami dipertautkan oleh cinta. Pustaka Jaya. karena Musim Salju. temui daku dalam pelukan Lalu biarkan kabut malam merangkum kita dalam kesatuan. sebelum mata tertutup. Betapa dalam dan kuat samudra Alpa. cari aku dengan rabaan. hal. 1995. Penerjemah: Sri Kusdyantinah. Jakarta. Telah merenggut segala.membuat mata sayu mengatup. 4550) --Lagu Gelombang Pantai yang kokoh adalah kekasihku. Mari kita saling berpandangan. kecuali bibir yang berkata: Engkau dalam dekapan. o Kekasihku Abadi. (Dikutip dari Suara Penyair. Dan aku menjadi buah hatinya. Dan betapa cepat pagi berlalu.

Membisikkan selamat tinggal berulang kali. Kala air pasang kami saling memeluk 76 . dan dia memelukku penuh damba Di terik siang kunyanyikan dia lagu harapan Diiringi kecupan-kecupan kasih sayang Gerakku gesit diwarnai kekhawatiran Sedangkan dia tetap sabar dan tenang. Bergegas aku pergi menyongsong dia Lalu minta diri dengan berat hati. Aku pusaka dahaganya Dan nafasku memenuhi segenap relung hatinya Dia melunakkan suaraku dan meredam gelora di dada Kala fajar tiba. kuucapkan kaidah cinta Di telinganya.Bulan pun menarikku darinya. Aku membubung tiba-tiba Dari balik kebiruan cakrawala Untuk mengayunkan sinar keperakan buihku Ke pangkuan keemasan pasirnya Dan berpadu dalam kecemerlangan sempurna. Dadanya yang bidang meneduhkan kegelisahan.

mengitari puteriputeri duyung Bila mereka timbul dari kedalaman dan mengapung Di dadaku.Kala surut aku berlutut menjamah kakinya Memanjatkan doa. sebab 77 . Seringkali 'lah kugoda tebing-tebing batu karang Kuajak bercanda. Seringkali aku menari. Seringkali 'lah kuangkat insan-insan yang tenggelam. Namun tak sekali jua merasa tergerak membalasnya. Seringkali kudengar keluh kekasih akan kekecilan dirinya. memandangi kelap-kelip bintang-bintang. Dan pantaiku menerimanya dalam bisu Namun aku memberi selalu. Kudukung mesra dan kubawa ke pangkuan pujaanku. dan kulempari senyum cemerlang. pantai perkasa: yang memberinya daya Kekuatan-rangkuman diriku Seringkali kucuri permata simpanan dasar samudra Kupersembahkan ke haribaan kekasih tercinta.

tetapi aku pemuja cinta. selalu berjaga sendiri Menyusutkan kekuatan. hal. Lelap terlena dalam buaian Alpa. Pabila segenap makhluk ciptaan Tuhan. Dan kebenaran cinta itu sendiri perkasa. Penerjemah: Sri Kusdyantinah. 1821) 78 . sekali waktu melagukan dendang. Sekali waktu menghela napas dalam desah berkepanjangan. (Dikutip dari Lagu Gelombang. Namun tiada aku bakal binasa. Aku senantiasa terjaga. Aku tetap bergadang. Mungkin kelelahan akan menimpa. 1993. Jakarta. Dalam sarat kegelitaan ajntung malam. Seribu sayang. Pustaka Jaya.diamnya menyambutku.

tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama” 79 .Arsip untuk 'Kata Mutiara' Kategori Kata Mereka Sih! Ditulis oleh dhant di/pada 8th Agustus 2006 “Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan. tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah” “Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan.

demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya” “Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka. dibantuditolak. dihibur-disakiti. diperhatikan-dikecewakan. didengar-diabaikan. namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian” 80 .“Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi.

tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah” “Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan. tetapi bukan pada saat kita 81 . justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya” “Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman.“Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan.

karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis” “Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati. pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain.membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian. namun tidak semua orang 82 . tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya” “Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya.

Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan. namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya” “Tetapi penghancur persahabatan ini telah berhasil dipatahkan oleh sahabatsahabat yang teruji kesejatian motivasinnya” “Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri” 83 .berhasil mendapatkannya.

Siapa yang mengasihi anda saat anda merasa tidak dicintai??” “Siapa yang ingin bersama anda pada saat tiada satupun yang dapat anda berikan??.“Dalam masa kejayaan. Dalam kesengsaraan. Merekalah sahabat-sahabat anda” 84 . teman-teman mengenal kita. Siapa yang berada di samping anda??. kita mengenal teman-teman kita. Ingatlah kapan terakhir kali anda berada dalam kesulitan.

“Hargai dan peliharalah selalu persahabatan anda dengan mereka. tergantung kebijaksanaan raja. dari mana pun datangnya. dan bukan kebijaksanaan raja tergantung pada nasehat yang baik (Niccolo Machiavelli) 85 . Karena seorang sahabat bisa lebih dekat dari pada saudara sendiri” Ditulis dalam Kata Mutiara | Tidak ada komentar » Kata-kata Mutiara Ditulis oleh dhant di/pada 26th Mei 2006 Karena itu perlu disimpulkan bahwa nasehat yang bijaksana.

Orang yang mendidik dirinya sendiri lebih patut dihormati daripada mengajari orang lain.Barangsiapa mengangkat diri sebagai pemimpin. hendaknya ia mulai mengajari dirinya sendiri sebelum mengajari orang lain. Dan hendaknya ia mendidik dirinya sendiri dengan cara memperbaiki tingkah lakunya sebelum mendidik dengan orang lain dengan ucapan lidahnya. (Imam Ali) Seseorang tidak melakukan hal yang benar di satu bagian kehidupannya sementara dia 86 .

amatilah dengan siapa dia bergaul. ketika dia dalam kesulitan. Hidup adalah sebuah kesatuan yang tak terbagi-bagi (Mahatma Gandhi) Sebelum seseorang dikenal. lihatlah kepada siapa dia memberikan promosi. perhatikan kepada siapa dia memberikan uangnya.sibuk melakukan hal yang salah di bagian lain mana pun dari kehidupannya. perhatikan hal apa yang dia tolak untuk 87 . ketika dia mendapat kedudukan tinggi. ketika dia menjadi kaya.

dikerjakan. ketika dia miskin. lihatlah apa yang tidak dia terima. Jika kamu mengetahui lima hal diatas mengenai seseorang. kamu tahu siapa yang seharusnya ditunjuk menjadi perdana menteri (Li ke. abad ke 5 SM) Mereka yang tidak dapat mengingat masa lampau ditakdirkan untuk mengulanginya (George Santayana) Ada suatu perbedaan besar antara alasan-alasan yang baik 88 .

“Seseorang tidak boleh datang ke sebuah kota sebelum dia mengetahui tiga hal tentang kota itu: rajanya adil. “Sahabat-sahabat dan prajurit-prajuritku adalah 89 . menterinya ahli dan hakimnya suci Iskandar ditanya: ‘Mengapa engkau tidak menyimpan kekayaan seperti yang dilakukan oleh para raja? Dia menjawab.dan masuk akal dengan alasan-alasan yang kedengaranya saja baik (Burton Hills) Plato berkata.

Harta yang menjagaku lebih baik dari harta yang aku jaga. Aku menyimpan harta di dalam diri mereka.harta kekayaanku. prajuritlah yang dapat menolongku” Iskandar bertanya kepada filosof India: ‘Mengapa peraturan dan undang-undang di negeri kalian sangat sedikit? Mereka menjelaskan. “Karena kami memenuhi kewajiban atas dasar kesadaran kami 90 . Tanah tidak dapat menolongku. bukan di dalam tanah yang jauh dari mereka.

Seorang pemimpin yang baik tidak akan berguna kalau menteri menterinya tidak baik” Pengadilan mencabut harapan kita.sendiri. “Seorang nakhoda yang bijaksana tidak akan berguna kalau para kelasinya tidak ahli. Mereka mendekati dan melindungi kepentingan kaum berada. meludahkan kekecewaan. dan karena keadilan raja kami kepada kami” Diogenes berkata. Sudah saatnya kaum miskin membebaskan diri dari masyarakat yang diam-diam 91 .

mencekik mereka. oleh pendiri MOVE John Africa) 92 . hari ini. Sistem ini mengkhianatimu kemarin. Sadarilah bahwa masyarakat gagal melindungimu. kelak kau tidak perlu memprotes kegagalan ini. dan telah menciptakan kondisi yang menjamin pengkhianatan di masa datang (dari The Judges Letter. Bila kini kau berusaha mengabaikan sistem penipu ini.

Henry W. For every truth there is an ear somewhere to hear it. Longfellow For every beauty there is an eye somewhere to see it. And he who followeth Love's behest Far excelleth all the rest.It is the heart and not the brain That to the highest doth attain. ~Ivan Panin~ 93 . For every love there is a heart somewhere to receive it.

Walau perjalanan yang mendera itu tak pernah bertepi sama. Meneduhkan segala yang diusik oleh hempasan rasa dan segala pecah buih perih manis nya yang berlaksa laksa B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c. bersembunyi dengan manis disetiap hati manusia. sehingga kamu lupa 94 . akan menyerebak dengan harum ketika sentuhan kecil itu menyentuh hati tanpa ragu.com Cinta adalah sebuah karya dalam dunia yang kecil. menuai bulir pendamaian diri dengan hati.

bersama hembusan kasihnya menemani karpet merah kehidupanmu. pernah mencintai B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com Cinta adalah kerahmatan yang diberikan padamu sejak kau pertama kali bernafas di dunia.kapan kamu seseorang. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> 95 .

dia bukan sebuah keegoisan untuk setiap ketidakberdayaan.B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c. tapi dia adalah penopang untuk setiap kekalahan.com Cinta adalah sebuah penerimaan tanpa sebuah tuntutan. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services 96 .

karena cemburu akan menjadikan cinta sebagai awal sebuah perpecahan. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ 97 .Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com Cinta adalah kepasrahan jiwa. sebuah keindahan tanpa sebuah kecemburuan.

com Cinta adalah keikhlasan untuk terus memberi. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com 98 .darkmir c. tanpa harus mendapatkan sesuatu dari apa yang telah diberi. dia murni bagai air yang terus mengalir mengenangi tanah-tanah gersang.

tatapan mata dan melodi jeritan hati yang akan terdengar oleh hati-hati manusia yang memiliki seribu cinta dihatinya.com Pecinta sejati adalah mereka yang tidak pernah menyiakan waktu mereka untuk berujar (Aku 99 . ia terbaca dengan sikap. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.Cinta adalah sebuah ungkapan tanpa suara.

dia memberikan ribuan cinta.mencintaimuï) tetapi nafas. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c. kasih dan sayang dengan tangan-tangannya dan terus meniupkan helaian demi helaian 100 .com Pecinta sejati bukanlah orang yang memuja cinta. sikap dan tatapan mereka adalah sebuah ungkapan tanpa butuh sebuah jawaban dan pembalasan untuk setiap cinta yang pernah dia berikan.

com Pecinta sejati adalah kekasih yang tak perlu banyak bicara untuk sebuah jalinan kasih. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.mawar cinta untuk setiap orang disekelilingnya. dia memberikan pita-pita cinta untuk setiap kado yang akan diberikan kepada orang yang dicintainya setiap menitnya. tak pernah lelah untuk terus mencintai dan tak pernah 101 .

com Pecinta sejati. tetapi ia membiarkan kekasihnya tumbuh dengan dewasa dengan cinta yang ia berikan. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c. memberi bimbingan ketika kekasihnya salah arah. meminta hak. bukanlah mereka yang bodoh untuk mencintai orangorang yang hanya bisa menuntut.menuntut untuk mendapatkan kesempurnaan kekasihnya. memberikan ribuan 102 .

kecemburuan yang akan menghujamnya hingga luapan kemarahan akan membuatnya untuk berhenti bersama mereka walaupun ia tak akan berhenti untuk mencintainya. mereka adalah orang dengan insting tajam yang tahu 103 . <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com Pecinta sejati adalah mereka yang memiliki pendirian untuk mencintai seseorang.

kepada siapa mereka akan berjalan seumur hidupnya, memberikan kediaman terdamai di dunia untuknya dan kekasih sejatinya. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com Pecinta sejati adalah mereka yang selalu menggenggam tangan kekasihnya dengan erat, merangkul sahabat-sahabatnya, memberi sebuah jawaban untuk setiap pertanyaan tanpa amarah tetapi

104

dengan senyuman yang menyejukkan jiwa. <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com Pecinta sejati bukanlah pujangga picisan yang berteriak tanpa pembuktian, yang berjalan tanpa tentu arah, ia berjalan dengan keharuman yang akan ia semerbakkan untuk membangunkan emosi yang lain untuk bisa saling mencintai, karena sesungguhnya

105

manusia adalah untuk saling mencintai <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c.com Pecinta sejati adalah mereka yang tak pernah berhenti untuk mencintai seseorang walau waktu mereka telah habis di dunia, walau matanya tertutup dalam panggilan suci-Nya, cintanya akan terus ada mengiringi kehidupan-kehidupan lain yang akan terus berjalan dan yang akan

106

mengenang semua cinta yang pernah diberikannya. untuk 107 . <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> B y DjRuFfy is a Services Root Adminis trator A dmin@ darkmir c. punya segudang cinta yang akan terus diberikan untuk mereka yang dicintainya. setiap ia menyentuh tanpa ragu.com Sebuah ungkapan cinta dari sudut kecil mata hatiku. diungkapkan untuk menyentuh hati para pecinta yang masih berusaha untuk mencinta.

you still have your heart on. keluarga.. We still fight in love.Tuhan. How could anyone make oneself stop loving another person? Was it not the heart that chose?" Sol : "Good for you Ky... Salam dariku untuk para pecinta. My heart has 108 . but… I couldn’t help the way I felt.. kekasih dan orang disekelilingnya. bersama keanggunannya akan membuat hatimu lebih indah dan auramu lebih cantik.. hope u are the true lovers. CINTA akan menuntun hidupmu lebih baik... <!--[if !supportLineBreakNewLine]-> <!--[endif]--> Senyuman dari orang yang dikasihi merupakan berkat bagi anda Peace ! from Shikamaru & Temari Ky : "That didn’t make it any less wrong.. but not me kid...

... The others must be filled with joy and laughter" Kecantikan yang sejati tidak terletak pada penampilan tubuh namun di dalam hati. but sometimes the answer is no" "Tears are just for one night. Kenali lah dirimu sendiri dengan APA 109 .dead too many nights ago" -words taken from amazing SolKy doujin: Hearts Of Ours (So amazing I can cry) God Always answer our prayers. Cinta terhadap Mahkluk di dunia. Harta karun yang hakiki tidak terletak pada apa yang bisa terlihat. ^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^ ^^^^^^^^^^^^^^^^^^^ -Anonymous Cinta yang sejati itu adalah Cinta yang menghargai apapun keputusan lawan jenis. namun pada apa yang telah dikerjakan namun tidak diketahui. Cinta yang sejati tidak terletak pada apa yang telah dikerjakan dan diketahui.. Cinta terhadap Sesama TANPA PAMRIH Sebelum mengenal Cinta sejati. namun pada apa yang tidak dapat terlihat.

Love is none but a camouflage of greed among the race of men. and how a Woman give sex to obtain love. Then why does Arwen falling in love with. Jadi.in short.ADANYA... i forgot! :x 8O 8O 8O "love is the greatest mystery of the universe" 8O 8O 8O 8O 8O 8O 8O "Life isn't fair.. Di saat kau sakit hati. cinta itu tetap indah. cinta itu indah.. As I spoke before. But it's worth dying for" 8O 8O 8O 8O You know. love is sex. how a Man gives love to obtain sex.. 110 . Di saat kau sedih. what was his name? doh. cinta itu indah. benarkah yang kau rasakan saat ini adalah cinta? Love sadly is manifestation of sexual desire. Dia saat kau senang.... cinta itu indah di segala saat.. Dan di saat kau bosan dan marah. cinta itu indah. is kinda sad to observe. tanpa paksaan dan tanpa kepalsuan..

this shortsatire conclusion is nevertheless hitherto an uncanny preference between both sides... this shortsatire conclusion is nevertheless hitherto an uncanny preference between both sides..in short. believe it not.... men and women... believe it not. is kinda sad to observe. and how a Woman give sex to obtain love.. then you can continue your childish dreams about alice in wonderland.. Love sadly is manifestation of sexual desire. men and women. 111 .. then you have grown up ali'l bit. then you can continue your childish dreams about alice in wonderland.... how a Man gives love to obtain sex. love is sex. then you have grown up ali'l bit.... believe it.... believe it.

semua itu merupakan lingkaran emas dari kehidupan yang pasti akan berhasil. beri perasaan hatimu dengan cinta seperti matahari yang akan terbit. Tutup mata hatimu dari kebencian. pengeluaran yang terbatas. memberi yang banyak.. hiduplah dengan kesederhanaan. maka dia bisa jadi penyelamat nyawa kita.Cinta itu ibaratnya pedang.. selalu bernyanyi.selalu berpikir dengan perasaan. lupakan masa lalu. Tapi. then your neck is on the line. 112 . If you dont tell him/her how you feel.. then he/she WILL NEVER KNOW. selalu berdo'a. jangan selalu gelisah.. kalau kita bodoh dan banyak berbuat kesalahan (atau sebuah kesalahan besar). Kalau kita pintar memainkannya.