P. 1
Diplomatik Trisna 1

Diplomatik Trisna 1

|Views: 701|Likes:
Published by Tiwi Akio

More info:

Published by: Tiwi Akio on Mar 19, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/16/2014

pdf

text

original

Perwakilan Diplomatik

TRISNA WIDYANA

3/19/2011

SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

1

Menganalisis Fungsi Perwakilan Diplomatik      Menjelaskan pengertian perwakilan diplomatik Menjelaskan tingkatan perwakilan diplomatik Menjelaskan tugas dan fungsi perwakilan diplomatik Menjelaskan tingkatan perwakilan konsuler Membedakan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 2 3/19/2011 .

Amatilah gambar berikut dan berikan komentar Anda!  Gambar 1 Gambar 2 3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 3 .

Perwakilan Diplomatik adalah perwakilan suatu negara di negara lain yang pada esensinya bertugas dalam bidang pemerintahan.Pengertian perwakilan diplomatik   Istilah diplomatik berasal dari bahasa latin. Dalam pertumbuhan sejarah negara-negara. arti diplomatik berkembang menjadi hubungan antarbangsa. yaitu diploma yang berarti piagam atau surat perjanjian. SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 4 3/19/2011 . Dengan demikian.

Alur pengangkatan perwakilan diplomatik 1 Kedua belah pihak saling menukar akan dibuka perwakilan 2 Mendapat persetujuan dari negara penerima 4 Surat kepercayaan diserahkan Kepada kepala negara Penerima (lettre derapple) 3/19/2011 3 Diplomat yang ditempatkan menerima surat kepercayaan (lettre de creance) yang ditandatangani kepala negara 5 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA .

Atase Perindustrian. Menteri Residen (Minister Resident) 4. misalnya: atase perdagangan. Atase-atase (Pertahanan dan Teknis) Atase Teknis. pendidikan dan kebudayaan 3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 6 . Duta Besar Berkuasa Penuh (Ambassador)/Doyen 2.Tingkatan Perwakilan Diplomatik  Menurut Kongres Wina 1815 dan Kongres Aux La Chapella 1818 (Kongres Achen) tingkatan perwakilan diplomatik sebagai berikut: 1. Duta (Gerzant) 3. Kuasa Usaha (Charge µd affair) 5.

3. 4. 5.Tugas dan Fungsi Perwakilan Diplomatik 1. 2. Representasi yaitu mewakili pemerintah negaranya Negosiasi yaitu mengadakan perundingan dengan negara lain Observasi yaitu menelaah kejadian atau peristiwa di negara penerima Proteksi yaitu melindungi kepentingan warga negara yang berada di luar negeri Persahabatan yaitu meningkatkan hubungan persahabatan antara negara pengirim dengan negara penerima SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 7 3/19/2011 .

kebudayaan dan ilmu pengetahuan serta bidang-bidang lain seperti: memberikan paspor.Pengertian perwakilan konsuler  Adalah perwakilan suatu negara pengirim di negara penerima yang melaksanakan tugas di bidang ekonomi. visa dan sebagainya 3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 8 .

3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 9 . kebudayaan dan ilmu pengetahuan serta bidang-bidang lain sebagaimana diuraikan pada pengertian tersebut.Tugas dan fungsi perwakilan konsuler  Melindungi kepentingan negara pengirim dalam bidang perekonomian. perdagangan.

Agen konsul (Consul Agent) Consules missi: seorang pejabat yang khusus dikirim oleh negaranya sebagai konsul di negara asing Consules electi/konsul kehormatan: seorang warganegara di negara penerima yang diangkat oleh negara asing menjadi konsul kehormatan. 1. Wakil konsul (Vice Consul) 4.Tingkatan perwakilan konsuler Konsul Jendral (Consul General) 2. 3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 10 . Konsul (Consul) 3.

Perbedaan antara Duta dan Konsul   Duta Mengurusi soal-soal politik yang lebih luas dari konsul Mendapat surat kepercayaan (lettre de creance) Mempunyai hak ekstrateritorialitas Berhubungan dengan instansi pusat Dalam satu negara hanya seorang kepala perwakilan   Konsul Mengurusi soal-soal yang berhubungan dengan perekonomian dan perdagangan Mendapat surat pengangkatan Tidak mempunyai hak ekstrateritorialitas Berhubungan dengan instansi daerah Dalam satu negara dapat diangkat beberapa konsul         3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 11 .

b. Penting tidaknya kedudukan negara pengutus dan negara penerima perwakilan itu Erat tidaknya hubungan antarnegara yang mengadakan hubungan itu Besar kecilnya kepentingan negara yang mengadakan hubungan itu 3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 12 .l.Penetapan tingkat perwakilan diplomatik suatu negara berdasarkan Sir H. Nicolson a.: a. c.

perdata maupun administrasi.HAK-HAK DIPLOMATIK   Inviolability (tidak dapat diganggu gugat) : Adalah kekebalan terhadap alat-alat kekuasaan dari negara penerima dan kekebalan dari segala gangguan yang merugikan para pejabat diplomatik Immunity (kekebalan) : Adalah kekebalan terhadap yurisdiksi dan hukum negara penerima baik hukum pidana. SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 13 3/19/2011 .

kecuali pajak tanah. SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 14 3/19/2011 . baik soal perdata maupun pidana. Bebas dari semua pajak langsung. Bebas dari kewajiban menjadi saksi. dan bea materai. retribusi.Kekebalan diplomatik dapat dirinci menjadi 3 bagian  a) b) c) d) Kekebalan Pribadi (imunitas perseorangan) Berhak atas perlindungan istimewa atas pribadi dan atas harta benda. Bebas dari alat paksaan.

Kekebalan terhadap korespondensi perwakilan diplomatik (imunitas surat menyurat).   Kekebalan Kantor perwakilan dan rumah kediamannya. Hak Asylum: Hak suaka politik yang diberikan negara tertentu (perwakilan diplomatik) 3/19/2011 SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA 15 .

Wilayah Ekstrateritorial    Kekebalan Kantor perwakilan dan rumah kediamannya. Pesawat terbang yang sedang mengangkasa diatas lautan bebbas dibawah identitas negara tertentu (Flying Island) Kapal laut yang sedang berlayar diatas lautan bebas dibawah identitas negara tertentu (Floating Island) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->