TUGAS IPS

KELAS : V.A
KETUA SEKRETARIS ANGGOTA : FAJRI MARTUNUS : DELA IZATIAH : 1. ADISTI SALSABILA IRVAN 2. HILGA ALBERZA

SD PERTIWI 3 PADANG

di Jakarta. Daerah Istemewa Yogyakarta. antara lain Sutomo dan Gunawan.A. ia melanjutkan ke Sekolah Doktor Jawa. Untuk mewujudkan cita-citanya memajukan bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan. Wahidin Sudirohusodo semakin mendorong dan memantapkan cita-cita pemuda pelajar STOVIA untuk memajukan bangsa Indonesia. ia mengadakan perjalanan keliling Pulau Jawa pada tahun 1906 dan 1907. ia singgah di Jakarta dan bertemu dengan para pelajar STOVIA. Pada tahun 1869. Beliau dilahirkan di Desa Mlati. Sekolah ini mendidik dokter-dokter pribumi. Maksud perjalanan itu ialah untuk menyebar luaskan cita-citanya dan mendirikan suatu gerakan yang bertujuan meningkatkan derajat bangsa Indonesia. Ia menyelesaikan sekolah tingkat dasar di Sekolah Belanda. Dalam perjalanannya. Budi Utomo Salah seorang tokoh yang bercita-cita memajukan bangsa Indonesia melalui bidang pendidikan dan pengajaran ialah Mas Ngabei Wahidin Sudirohusodo. pada tanggal 7 Januari 1852. Wahidin Sudirohusodo .Wahidin Sudirohusodo. Dr. Kabupaten Sleman. Sekolah ini dikenal dengan nama STOVIA atau School tot Opleiding Inlandesche Arsten. Kedatangan Dr. Ia termasuk murid sekolah yang cerdas. yang lebih dikenal dengan nama Dr.

Sutomo bercita-cita mendirikan sebuah organisasi yang bertujuan memajukan dan meningkatkan derajat bangsa Indonesia. M. Wahidun Sudirohusodo. Sutomo. 2. Pada hari rabu. Suraji. Organisasi Budi Utomo di ketuai oleh Dr. Magelang. Organisasi itu di beri nama Budi Utomo. diadakan rapat di kalangan pemuda pelajar STOVIA. dan Bogor. Meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia dengan jalan memajukan pendidikan dan pengajaran. tetapi juga pelajar dan priyayi di luar kota Jakarta. 20 Mei. dan R. di peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Budi Utomo adalah organisasi modern pertama di Indonesia yang bertujuan : 1. Budi Utomo merupakan organisasi yang merintis bangkitnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang secara nasional. di Ruang Anatomi Gedung STOVIA. Suwarno. Jakarta. M. Meningkatkan ekonomi rakyat dan mempererat kehidupan sosial . Surabaya. Gubek. Tokoh-tokoh yang hadir dalam rapat tersebut antara lain M. Anggotanya bukan saja pelajar-pelajar STOVIA.Setalah bertemu dengan Dr.M. Angka. Cita-cita itu mendapat sambutan dari teman-temannya. Rapat itu di pimpin oleh Sutomo. seperti di Yogyakarta. tanggal 20 Mei 1908. Muhammad Saleh. R. para pemuda bertekad mendirikan sebuah organisasi modern pertama di Indonesia. Di mana-mana didirikan cabang Budi Utomo. Dalam waktu singkat. Tanggal berdirinya Budi Utomo. Gunawan. Budi Utomo maju dan berkembang dengan pesat. Dalam rapat itu.

Kemudian. C. Arab. Tujuan Serikat Dagang Islam ialah meningkatkan kesejahteraan bangsa di bawah panji Islam. dan India. pedagang Indonesia yang tidak memiliki modal besar. di Solo. Serikat Islam . Serikat Dagang Islam (SDI) Serikat Dagang Islam (SDI) didirikan oleh Haji Samanhudi pada tahun 1911. Budi Utomo berjuang menuju Indonesia bersatu dan merdeka. Serikat Dagang Islam mulai meningkatkan hidup keagamaannya. Berdirinya Serikat Dagang Islam merupakan reaksi terhadap penguasaan ekonomi dan perdagangan oleh para pedagang keturunan Cina.Dalam upaya mencapai tujuan tersebut. Organisasi ini mula-mula mendorong persatuan para pedagang batik Jawa dalam menghadapi para pedagang Cina. tidak mampu bersaing dengan pemilik modal besar. Anggotanya adalah para pedagang Islam yang ada di kota Solo. B. Arab. Akibatnya. Budi Utomo tidak mau bekerja sama dengan Belanda. dan India. Perkembangan ini dapat diliha dari perubahan nama Serikat Dagang Islam menjadi Serikat Islam. Pada waktu itu perdagangan besar di kuasai oleh pedagang asing.

Serikat Islam berusaha menaikkan upah kerja. D. pada waktu awal berdiri. Serikat Dagang Islam lahir karena Ukhuwah Islamiayah atau tali persaudaraan antara sesama umat Islam. Sementara itu. Serikat Dagang Islam berubah menjadi Serikat Islam. Muhammadiyah Terdorong oleh cita-cita ingin memajukan pengajaran serta meningkatkan pemahaman tentang agama Islam.000 orang. Kyai Haji Ahmad Dahlan mendirikan perkumpulan Muhammadiyah di Yogyakarta. anggotanya mencapai 450. Menjelang kongresnya yang pertama tanggal 25-26 Januari 1913 di Surabaya. .Pada tahun 1912. Dalam kegiatannya. merasa sama-sama menderita akibat tindakan kaum penjajah yang memang sengaja hendak merusak kehidupan agama Islam. serikat Islam memihak kepada kepentingan masyarakat banyak. Serikat Dagang Islam bertujuan meningkatkan serta memajukan kehidupan agama Islam di Indonesia.000 orang. Pada tahun 1918. Perubahan nama bertujuan untuk memperluas jangkauan dan ruang geraknya. membela para petani yang tertindas dan membela rakyat kecil yang diperlakukan sewenang-wenang oleh penguasa. pada tanggal 16 November 1912. anggota Serikat Islam sudah mencapai 80. Serikat Islam berkembang dengan cepat. tetapi juga orang-orang Islam yang bukan pedagang. Umat Islam Indonesia merasa senasib sepenanggungan. Keangotaan Serikat Islam tidak hanya terbatas pada para pedagang yang beragama Islam saja.

Usaha-usaha Muhammadiyah . Tujuan dan Cita-cita Muhammadiyah Tujuan Muhammadiyah ialah menjunjung tinggi agama Islam dan hidup menurut aturan Islam. Muhammadiyah berusaha memberantas semua jenis perbuatan yang tidak sesuai dengan kedua hal tersebut. Di bidang agama Muhammadiyah berusaha mengembalikan kemurnian agama Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW. 2. Oleh karena itu. kegiatan utama Muhammadiayah ialah di bidang agama. kemudian di bidang pendidikan dan kemasyarakatan.Organisasi Muhammadiyah tidak bergerak di bidang politik. tetapi di bidang sosial dan budaya. 1.

Tujuan Indische Partij . Mendirikan panti-panti asuhan Di bidang pendidikan Muhammadiyah mengelola sekolah-sekolah dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. didirikan sebuah organisasi bernama Indische Partij. Mendirikan rumah sakit dan poliklinik c. yaitu : . Organisasi ini didirikan oleh tokoh tiga serangkai. Danudirja Setiabudi . Jawa Barat. yang di kenal dengan nama Dr.Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau lebih di kenal dengan nama Ki Hajar Dewantoro . Sekolah-sekolah Muhammadiyah juga mengajarkan pelajaran umum selain pendidikan agama E. Indische Partij Pada tanggal 25 Desember 1912 di Kota Bandung.Untuk mencapai tujuannya Muhammadiyah melakukan berbagai usaha sebagai berikut. Ernest Francois Eugene Douwes Dekker. Mendirikan sekolah-sekolah b. a.Dr. Cipto Mangunkusumo 1.Dr.

Dengan adanya rasa cinta tanah air dan bangsa. akan dapat di bina persatuan dan kesatuan mencapai Indonesia merdeka. Nasionalisme artinya menanamkan rasa nasional atau rasa kebangsaan yang tinggi terhadap bangsa Indonesia.Tujuan organisasi Indische Partij adalah membangun rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air di dalam hati bangsa Indonesia. Dasar Indische Partij Indische Partij berazaskan nasionalisme dan nonkooperasi. Nonkooperasi artinya tidak bersedia bekerja sama dengan pemerintah Belanda. 2. .

Jika di Indonesia mereka saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerah. Kemudian ketiganya dibuang ke negeri Belanda. dan mahasiswa Indonesia di Belanda mendirikan sebuah perkumpulan yang di sebut Indische Vereniging (Perhimpunan Indonesia). Dr. F. dan Raden Mas Suwardi Suryaningrat di buang ke Pulau Bangka. para pemuda. agama. maka di Belanda mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia (dulu bahasa Melayu). pelajar.Indische Partij tidak membeda-bedakan orang karena warna kulit. bangsa. para pemimpinnya di tangkap dan dibuang. Dr Moh. Hatta . Douwes Dekker di buang ke Kupang (NTT). Perhimpunan Indonesia (PI) Tidak sedikit pemuda. Meskipun di Indonesia mereka saling tidak mengenal. Dr. Cipto Mangunkusumo di buang ke Bandanaira. pelajar. 1. Semboyan Indische Partij yang terkenal ialah “Indonesia lepas dari penjajah Belanda”. Anggota Perhimpunan Indonesia adalah para pemuda. dan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia belajar di negeri Belanda. Berdirinya Perhimpunan Indonesia Pada tahun 1922. dan lain-lain. Oleh karena itu. Kegiatan Indische Partij dianggap mengganggu dan mengancam ketertiban umum. tetapi di negeri Belanda mereka saling bergaul dengan akrab. kepercayaan. Kepulauan Maluku.

walaupun penyebarannya dengan cara di selundupkan. Perguruan Taman Siswa Perguruan taman siswa didirikan oleh Ki Hajar Dewantoro pada tanggal 2 Juli 1922 di Yogyakarta. Tujuan Taman Siswa ialah untuk mendidik pemuda berjiwa kebangsaan yang kuat. Tujuan Perhimpunan Indonesia Perhimpunan Indonesia bertujuan menuntut Indonesia merdeka.pelajar. dan kebudayaan Indonesia. yaitu berupa majalah yang semula bernama Hindia Putera. Tokoh-tokoh Perhimpunan Indonesia yang terkenal ialah Moh. bangsa. Untuk mencapai tujuan itu dilakukan propaganda melalui media cetak. bahkan ke dunia Internasional dengan baik. Tokoh lainnya adalah Ahmad Subarjo. cinta tanah air. dan mahasiswa Indonesia yang tinggal di negeri Belanda. cita-cita mencapai Indonesia Merdeka di propagandakan ke seluruh tanah air. 2. Sukiman. Ali Sastroamijoyo. Semboyan yang di cetuskan oleh Ki Hajar Dewantro dalam bidang pendidikan dan menjadi prinsip dasar dalam pelaksanaan pendidikan Taman Siswa ialah : Ing Ngarso Sung Tulodo (di depan memberi teladan) . G. kemudian berubah menjadi Indonesia Merdeka. Hatta (Ketua). dan lainlain. Melalui majalah inilah.

Ing Madyo Mangun Karso (di tengah membangkitkan semangat) Tut Wuri Handayani ( dari belakang memberi dorongan) Ketiga prinsip pendidikan ini masih terus menjadi panduan dan pedoman dalam pendidikan Indonesia hingga masa sekarang. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful