POLA INTERAKSI (HUBUNGAN INTERAKSI) Pada hakikatnya setiap organisme akan senatiasa bergantung pada organisme lain yang

ada di sekitarnya. Pola interaksi organisme melibatkan dua atau lebih organisme. Jenis, sifat dan tingkah laku organisme di bumi sangat beraneka ragam. Karena itu, pola interaksi antarorganisme juga beragam. Berikut ini akan dibahas berbagai pola interaksi antarorganisme. 1. Netralisme Netralisme merupakan hubungan yang tidak saling mempengaruhi, meskipun organisme-organisme hidup pada habitat yang sama.

2. Kompetisi Kompetisi merupakan bentuk interaksi antarindivisu sejenis atau antarpopulasi di mana individu atau populasi tersebut bersaing mendapatkan sarana untuk tumbuh dan berkembang. Kompetisi terjadi bila kedua individu mempunyai kebutuhan yang sama, sedangkan lingkungan tidak menyediakan kebutuhan tersebut dalam jumlah yang cukup. Persaingan dapat terjadi di antara sesame jenis (intraspesific spesies) atau antara jenis yang berbeda (interspesific spesies).

3. Predasi Predasi merupakan interaksi antara pemangsa dan mangsa. Pemangsa (predator) adalah hewan yang memangsa atau memakan. Mangsa (prey) adalah hewan yang dimangsa atau dimakan. Di alam, predasi dapat menjaga keseimbangan alam karena dapat menekan populasi organisme tertentu.

4. . Mutualisme Interaksi ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Pihak yang diuntungkan disebut parasit. Pihak yang dirugikan disebut inang. Pasangan organisme ini disebut inang dan simbion. Parasitisme Parasitisme merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dimana salah satu pihak mendapat keuntungan sedangkan pihak lain mendapat kerugian. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful