Membuat Menu Utama Dan Menu Login di VISUAL BASIC

Adi Irawan
mail: adhie.shadows@yahoo.co.id – web : http://ilmuti.com

Abstraksi
VISUAL BASIC , Sebuah program buatan MICROSOFT ini begitu populer sejak awal peluncurannya. Tak heran lagi saat ini sudah banyak masyarakat yang bisa menggunakannya. Namun tidak banyak pula yang benar-benar bisaa saat ini. Di sini saya akan sekilas mempraktekkan cara membuat menu utama dan login program menggunakan password. Tidak banyak yang akan saya ulas disini. Hanya sedikit ilmu yang baru saya pelajari.. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang mempelajari tentang visual basic. Terimakasih…

1

Ketikan nama Caption pada menu utama (yang ingin di munculkan) 5.Pembahasan Cara Membuat Menu Utama 1. Buat Form 2. Klik kanan Menu Editor 4. Berikan inisial di kolom Name 2 . Letakkan Pointer di Lembar Design 3.

Pilih menu yang akan di panggil. Coding Untuk Memanggil form adalah seperti dibawah ini.6. Setelah selesai membuat daftar apa saja yang akan di masukan sebagai menu. setelah anda click maka lembar kerja vb akan menampilkan lembar kerja coding seperti di bawah ini 3 . berikut gambarnya (gambar sebelah kiri adalah proses pembuatan dan yang kanan adalah hasilnya) 7.

Enabled = False Form1. Hasilnya seperti gambar di bawah Membuat Menu Login Dan Password 9.absensix. tambahkan Coding untuk mendisablekan Coodingnya Private Sub Form_Load() Form1.Enabled = False End Sub 4 .datax. Klik ganda pada Form Menu utama beberapa menu yang bersifat privat.8.

Enabled = True If Data1.Recordset. Buat DataBase/Table baru untuk di isi ID/Passwordnya Dengan cara 5 .Enabled = True Form1.!". vbCritical.EOF Then MsgBox "Maaf Password Anda Salah.absensix. Isikan Coding untuk meng ENABLE kan Menu-Menu (di menu utama) yang tadi kita Disablekan. Disini kita membuat password login menggunakan metode Database. Private Sub Command1_Click() Data1.Text = "" Text1.SetFocus Else Unload Me End If End Sub 12.RecordSource = "select * From passwd where paswd ='" & Text1..Text & "'" Data1.datax. "Pesan" Text1.Refresh Form1.Berikut adalah gambar hasilnya Menu menjadi disable 10. 11. Kemudian Buat Form baru untuk Login passwordnya.. Dimana anda membutuhkan sebuah database untuk menyimpan setiap ID/Password yang akan digunakan.

Koneksikan Data1(yang ada di Form LOGIN) dengan DataBase yang tadi anda buat. 14.Klik pada tab Add-Ins Visual Data Manager. Kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini. 6 . Disini saya hanya membuat table baru dan membuat 1 field saja (untuk memasukan password yang telah terintegrasi dengan database tersebut) 13. Isikan sebuah record di dalam Table yang tadi di buatyang akan digunakan sebagai ID/Password untuk anda login kedalam Program tersebut. Buat DataBase baru atau jika anda sudah mempunyai sebuah database untuk program ini. anda tinggal membuat table baru.

7 . Semua menu Menjadi Aktif setelah kita masukan Password. Isikan Password di dalam kolom tersebut sesuai dengan yang ada di DataBase yang tadi dibuat.UJI COBA PROGRAM Hanya Menu Login dan Keluar saja yang Aktif (ENABLE) Ketika menu login di klik akan tampil jendela seperti berikut.

SELESAI Referensi • Belajar Dikampus. Menyelesaikan pendidikan di SMKN 1 Kab. 8 . dan saat ini sedang menjalani S1 di STMIK RAHARJA jurusan Teknik Informatika tahun 2009 sampai dengan sekarang.Tangerang Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) lulusan tahun 2009. Saat ini penulis sedang aktif dalam mempelajari ilmu yang bersangkutan dengan Dunia TI. Biografi Penulis Adi Irawan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful