LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN KPL KE PT.

UNITED TRACTORS MENGENAI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
18 NOVEMBER 2010

ANGGOTA KELOMPOK : ABDILLAH AHMAD BUDIMAN BAYU PRIANTO TEGUH WENDAR L.P WIDHYATMIKA (H1F109060) (H1F109021) (H1F109012) (H1F109007) (H1F109025)

DOSEN PEMBIMBING : ABDUL GHOFUR, M.T.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN BANJARBARU 2010

KATA PENGANTAR Laporan ini merupakan laporan tertulis resmi dari Kelompok Mahasiswa Teknik Mesin µ09 yang telah melakukan Kegiatan Kuliah Pengenalan Lapangan yang selanjutnya penulis singkat sebagai KPL. Laporan ini ditujukan kepada Bapak Abdul Ghofur, M.T., sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan. Pelaksanaan penuh kegiatan perjalanan dilaksanakan dari tanggal 18 - 19 Maret 2008. Selama kunjungan, Tim telah melaksanakan pertemuan dan pembahasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan Bapak Herry Purwanto yang menjabat sebagai Supervisor ESR di PT. UNITED TRACTORS. Dalam laporan ini disajikan berbagai informasi tentang jadwal, kegiatan selama kunjungan serta hasil kunjungan yang diperoleh. Pada kesempatan ini kami selaku mahasiswa teknik mesin angkatan µ09 menyampaikan ucapan tarima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada PT. UNITED TRACTORS yang telah memberikan kesempatan untuk dapat mengenal lebih jauh mengenai sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan tersebut. Tak lupa pula kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Abdul Ghofur, M.T. selaku dosen pembimbing mata kuliah K3 yang telah memberikan arahan dan bimbingan baik sebelum ataupun sesudah kegiatan kunjungan ke perusahaan, dan segenap teman-teman yang telah membantu kelancaran pembuatan laporan ini. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna, sehingga penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk perbaikan penulis dimasa yang akan datang. Semoga laporan kunjungan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Banjarbaru, 18 November 2010

Penulis

SARAN DAN USULAN TINDAK LANJUT E. LAMPIRAN . PENDAHULUAN B.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI A. KESIMPULAN D. LAPORAN HASIL KUNJUNGAN C.

A.30 Program / Kegiatan Perjalanan menuju PT.00 12:00-13:00 13. d. diharapkan setiap mahasiswa dapat melihat dan mengetahui bagaimana sistem K3 suatu perusahaan dari jarak dekat dan berdialog langsung dengan pimpinan perusahaan beserta jajarannya / pihak yang bersangkutan. UNITED TRACTORS INI didasari untuk memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) sebagai Mata Kuliah wajib yang memiliki bobot 2 SKS dengan mengunjungi beberapa perusahaan besar baik dunia usaha maupun dunia industria. 18 Desember 2010 07:30-08. c. Menjajaki kerjasama dan membangun jaringan dengan institusi pendidikan dan industri terkait . b. Dapat melihat kondisi yang aktual lapangan kerja dari jarak dekat.00-14. Jadwal & Ringkasan Pelaksanaan Kegiatan Keseluruhan jadwal perjalanan dan kunjungan dilaksanakan dari tanggal 18 Desember 2010 dengan perincian serta ringkasan kegiatan sebagai berikut : Hari / Tanggal Kamis. Berdialog secara langsung dengan pimpinan perusahaan beserta jajarannya / pihak yang bersangkutan mengenai Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) diperusahaan tersebut. 2. Mengembangkan sistem kerjasama dalam pengembangan SDM Mahasiswa Teknik Mesin UNLAM dengan perusahaan terkait. Latar Belakang Kegiatan Pelaksanaan kunjungan Kuliah Pengenalan Lapangan (KPL) ke PT. UNITED TRACTORS ini adalah : a. 3. PENDAHULUAN 1. Tujuan Kegiatan Tujuan dilaksanakannya kunjungan KPL ke PT.UNITED TRACTORS Kegiatan Kunjungan ISHOMA Perjalanan Pulang . Sebagaimana dikemukakan dalam tujuan kegiatan.30 09:00-12.

Jurusan : Teknik Mesin b.P a. NIM : H1F109O25 2. Teguh Wendar L. Jurusan : Teknik Mesin b. Widhyatmika a. Ketua Tim : Ahmad Budiman. Jurusan NIM b. NIM : H1F109060 : Teknik Mesin : H1F109021 . Jurusan : Teknik Mesin b. Anggota : 1. terdiri dari : a. Jurusan : Teknik Mesin b.4. NIM : H1F109O12 4. Abdillah a. NIM : H1F109007 3. Profil Anggota Kelompok Kelompok ini. Bayu Prianto a.

Sumitomo Link Belt dan Tadano Crane. Rungkut Industri III /46 Surabaya.67%. (UT) memiliki 44 kantor cabang dan perwakilan. Mulai mendistribusikan alat berat. saham PT ASTRA meningkat menjadi sebesar 60. Kemudian pada tanggal 13 Oktober 1973 berdasarkan akta no. 1982 PT Komatsu Indonesia didirikan untuk memproduksi mesin konstruksi Komatsu. sebagai distributor alat ± alat berat. Pada saat itu PT. UNITED TRACTORS 1. yang kemudian diubah menjadi PT United Tractors Tbk. Sejarah Berdirinya Perusahaan Pada awalnya perusahaan ini adalah merupakan salah satu divisi dari PT ASTRA yang bergerak dalam bidang usaha agen tunggal alat±alat berat (ASTRA Heavy Equipment). Setelah mengalami beberapa kali penanaman modal. Dan sampai saat ini PT United Tractors Tbk.B. ASTRA mempunyai saham sebesar 50% dari total saham yang beredar. 1974 Ditunjuk sebagai distributor tunggal mesin giling getar Bomag dan forklift Komatsu. 69. dihadapan Notaris Djojo Mulyadi SH. adalah sebagai berikut : 1972 Secara resmi berdiri di Indonesia pada tanggal 13 Oktober. Tbk resmi mencatat sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya. seperti sekarang. Jakarta. . LAPORAN HASIL KUNJUNGAN Adapun hasil kunjungan tersebut dapat dilaporkan sebagai berikut :  Sekilas mengenai PT. 1973 Ditunjuk sebagai distributor tunggal produk Komatsu. Pada tanggal 19 September 1989 PT United Tractors. 1983 PT United Tractors Engineering didirikan untuk memproduksi peralatan dan komponen dari lisensi maupun hasil rancang bangun sendiri. salah satu kantor cabangnya berada di Surabaya yang berdiri sejak tahun 1976 yang terletak di Jl. sehingga secara otomatis menjadi pemegang saham terbesar. divisi ini resmi menjadi sebuah perusahaan sendiri yang diberi nama ASTRA MOTOR WORKS. Tonggak sejarah PT United Tractors Tbk.

Untuk meningkatkan kemampuan para karyawan. mengakuisisi 60% saham PT Berau Coal. 115 miliar dan meningkatkan jumlah saham dari 23. PT United Tractors Semen Gresik didirikan.per lembar. untuk memproduksi Flex Tipper BTS. UT Heavy Industry Pte Ltd didirikan di Singapura sebagai anak perusahaan UT yang menangani distribusi.500.. 1992 PT Hokuriku United Forging Industry didirikan untuk memproduksi komponen baja tempa untuk peralatan industri berat. Forklift Patria mendapatkan sertifikat ISO 9002.500. perusahaan berhasil menghimpun dana Rp.1984 PT Pandu Dayatama Patria didirikan untuk memproduksi mesin diesel berdasarkan lisensi. Australia.000.000.000 menjadi 34.000.000. 1996 UT membentuk perusahaan patungan United BTS Pty Ltd di Darwin. 1995 PT Komatsu Indonesia tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya. PT Pama Persada Nusantara didirikan sebagai anak perusahaan dibidang kontraktor penambangan PT United Tractors Tbk. mencatat sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada 17 September. 1989 PT United Tractors Tbk. Patria menerima sertifikat CE (Certificate of Confirmity) di Eropa dan sertifikat GS (Certificate of Safety) di Jerman.000 saham baru dengan harga Rp. Australia didirikan. 1994 Penerbitan saham bonus tiga untuk saham biasa. meningkatkan jumlah saham menjadi 138. 1993 PT KSB Indonesia didirikan Sunray (S) Pte Ltd didirikan. Kalimantan Timur. United Ostermeyer Engineering Pty Ltd di Darwin. PT . perusahaan pertambangan batu bara dengan konsensi di Berau. United Tractors GmbH didirikan di Hamburg. Banjarmasin hanya bertindak sebagai penjual dan melakukan service purna jual alat ± alat berat yang disupply dari Jakarta. Sebagai perusahaan cabang.000. 1991 Melalui penawaran terbatas 11. PT United Tractors Tbk. 1990 PT United Tractors Tbk. 10. Jerman untuk mendistribusikan forklift patria..

Faktor ± faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi PT United Tractors Tbk. sehingga dalam pemasaran produksinya lebih mudah. pusat pengembangan industri. INSEAD (suatu lembaga pendidikan terkemuka di Perancis) dan secara berkala mengirimkan manajer mengikuti program training di The Association for Overseas Technical Scholarship (AOTS) Jepang.United Tractors Tbk. Astra Education & Training Center (AETC). PT United Tractors Tbk cabang Banjarmasin menangani areal Kalimatan Selatan dan Kalimantan Tengah . Banjarmasin. Sistim Manajemen yang mengikutsertakan semua jajaran karyawan. Sistem manajemen TQC (Total Quality Control atau pengendalian Mutu Terpadu/PMT) telah diterapkan perseroan sejak 1980. adalah : Location Oriented. dengan sukarela melakukan kegiatan kontrol dan perbaikan±perbaikan secara berkesinambungan dengan mempergunakan teknik-teknik pengontrolan kualitas. (Gugus Kendali Mutu adalah kelompok kecil karyawan dari lingkup kerja yang sama. cabang dan perwakilan adalah 106 ha dan tersebar di seluruh Nusantara. 2.5 Gambut. dengan menerapkan pengontrolan kwalitas dan metode statistika untuk mencapai kepuasan pelanggan dan seluruh karyawan melalui Gugus Kendali Mutu. Lokasi Perusahaan Kelancaran perusahaan aktivitas perusahaan sangat dipengaruhi lokasi oleh lokasi perlu sehingga pertimbangan memilih perusahaan dilaksanakan. . Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI). Adapun lokasi PT United Tractors Tbk Banjarmasin terletak di Jl Achamad Yani Km 13. Untuk saat ini luas tanah yang digunakan untuk kantor pusat. menerapkan program pendidikan terpadu untuk para teknisi sampai managernya dengan mengadakan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang ada di Indonesia maupun luar negeri misalnya Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (LPPM). Dale Carnegie.

- Kemudahan sarana transportasi. Presiden Direktur. Dewan Direksi terdiri dari tiga orang anggota Direksi. Susunan Direksi PT United Tractors Tbk. Direksi (Board of Directors) Direksi terdiri dari sedikitnya tiga orang anggota direksi. Berdasarkan Anggaran Dasar Perseroan. sehingga suara yang ditimbulkan tidak mengganggu kepentingan umum. PT United Tractors Tbk. Struktur Organisasi Makin besar suatu perusahaan. Sedangkan untuk susunan organisasi itu sendiri bagi masing±masing perusahaan dibentuk sesuai kondisi perusahaan. Sedang bagi pimpinan perusahaan itu sendiri dengan adanya struktur organisasi yang jelas akan memudahkan didalam memberikan tugas dan mengambil keputusan. Karena itu perlu adanya suatu struktur organisasi yang baik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. b. Areal tanah pengembangan 3. Dengan adanya susunan organisasi yang baik akan memperlancar jalannya perusahaan didalam menghasilkan barang. sehingga memungkinkan untuk dilakukan 1. Dengan demikian bagian yang ada didalam perusahaan dapat diketahui tugas dan tanggung jawabnya yang telah ditentukan oleh pimpinan perusahaan. diurus oleh suatu direksi dibawah pengawasan suatu Dewan Komisaris. Dewan Komisaris (Boards of Commisioners) . Susunan direksi adalah: a. yang cukup luas. karena dengan adanya struktur organisasi dapat diketahui masing±masing bagian serta wewenangnya. makin kompleks urusannya karena semakin banyak masalah yang dihadapi.- Karena jaraknya relatif jauh dari pemukiman penduduk. setelah Rapat Umum Pemegang Saham adalah sebagai berikut : Presiden Direktur Direktur : Hagianto Kumala : Ir Dwi Priyadi Buntoro Mulyono Djoko Pranoto 2.

1. Presiden Komisaris b. yaitu penjualan unit yang ditangani oleh sales departemen seperti yang telah dijelaskan diatas. (Purn) Soegito. Untuk lebih jelasnya mengenai struktur organisasi PT United Tractors. Sedangkan untuk PT United Tractors Tbk. . Banjarmasin terbagi menjadi dua bagian. Sedikitnya dua orang Komisaris dan sebanyak±banyaknya 4 orang anggota Komisaris. Susunan Dewan Komisaris setelah RUPS adalah : Presiden Komisaris Komisaris : Benny Subianto : Rini Maryani Sumarno Soewandi Hagianto Kumala Purnadi Djojosudiro May. Parts. Tbk cabang Banjarmasin dapat dilihat pada gambar 1. dan Service.Dewan Komisaris terdiri dari sedikitnya tiga orang Dewan Komisaris dan sebanyak±banyaknya lima orang anggota Dewan Komisaris. Sebagai perusahaan cabang yang hanya melakukan penjualan dan service maka posisi sales forces dianggap begitu penting untuk meningkatkan omset penjualan. dengan dasar inilah maka sales departemen berada langsung dibawah komando Branch Manager meskipun ada kepala departemennya. untuk bagian sales forces (unit) tidak mempunyai stuktur organisasi sendiri dan ini menjadi tanggung jawab bersama khususnya para kepala departemen. Hal Ini disebabkan sales departemen berada langsung dibawah komando Branch manager sebagai kepala cabang. Perlu dijelaskan bahwa penjualan di PT United Tractors Tbk. Adapun struktur organisasi pada perusahaan ini adalah berbentuk Organisasi Lini dan Staf dimana kepala cabang dalam mengatasi semua masalah yang timbul. Susunan Dewan Komisaris adalah sebagai berikut : a. Jend. Dari ketiga departemen yang ada. Banjarmasin mempunyai 3 (tiga) departemen yaitu Administrasi. dan penjualan spare parts yang ditangani oleh parts departemen. Setiap departemen yang ada dipimpin oleh seorang kepala departemen yang membawahi beberapa bagian yang ada pada departemennya. ia dibantu oleh beberapa staf.

Gambar 1.1 .

Tools Room 13. Under Carriage 16. Selalu menjaga agar penempatan perkakas kerja rapi dan teratur. Tempat parkir . Memetuhi larangan merokok di tempat ± tempat yang telah diberi tanda DILARANG MEROKOK. Engine Test Room 14. Sebelum menghidupkan mesin atau menggerakkankendaraan. kebakaran dan penyakit akibat kerja. Berkeliling dilingkungan sekitar PT. UNITED TRACTORS Keterangan Lay out Perusahaan : 1. SSB Room 4. Ruang cuci 15. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Banyak sekali keselamatan dan kesehatan kerja yang harus dipatuhi di PT. Seluruh karyawan wajib memakai dan mempergunakan alat pelindung diri sesuai dengan bidang pekerjaan dan tempet kerja yang telah ditentukan. KEGIATAN : 1. United Tractors cabang Banjarmasin ini. namun hanya sebagian saja yang dapat ditulis dalam laporan ini : Bersihkan selalu tempat kerja anda. Pada tempat kerja yang kebisingannya melebihi NAB ( Nilai Amabnag Batas ) yang ditentukan. Dilarang memberikan/memindahkan/meminta barang apapun dengan cara melemparkan atau menjatuhkan.4. Gunakan perkakas kerja yang masih berfungsi dengan baik dan aman bagi keselamatan kerja. karyawan diharuskan memakai tutup telingan yang baik. sebab kebersihan dapat mengurangi bahaya ± bahaya kecelakaan. Selalu mengenakan oakaian kerja yang telah ditentukan dan disediakan perusahaan selama jam kerja dengan rapi dan selalu menjaga kebersihannya. bunyikanlah klakson sebagai peringatan. Gudang 3. Lobby 2.

sepatu. Hasil Kunjungan Saat memasuki area perusahaan tim kami langsung dipandu menuju ruang perlengkapan untuk memakai APD (alat pelindung diri) seperti helm. Foto bersama. Compressor Room 20. Panel PLN 18. 3. Bay 2 11. Musholla 23. Cons Good Room 21. Bay 1 10. Tanya Jawab interaktif tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bersama bapak Herry Purwanto. Locker Room 8. WPSR 6. Kantin 22. dan alat . Toilet 7. 2.5. ESR selaku Supervisor PT. Component Section 12 Engine Section 17. FIP Calibration Room 9. Power House 19. Pos Satpam Catatan : Lantai atas terdiri dari ruang Branch Manager dan seluruh stafnya. UNITED TRACTORS yang bergerak langsung dibidang K3.

pelindung badan lainnya yang diperlukan selama proses pengenalan area. dimana fungsi dan kegunaan dari warehouse itu sendiri adalah : y y Tempat penyimpanan Spare Parts Sebagai tempat proteksi utama Warehouse di PT. Selain itu tim juga diberi pengarahan mengenai peraturan-peraturan yang harus ditaati selama proses kunjungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya tim langsung diarahkan ke Warehouse. UNITED TRACTORS ini terdiri dari dua tingkat. Tingkat pertama .

dan untuk tingkat kedua untuk penyimpanan/penempatan Spare Parts dengan bobot yang ringan. Didalam Warehouse terdapat tanda-tanda perbedaan level ketinggian/ keamanan seperti yang tertera pada gambar dibawah.untuk penyimpanan Spare Parts dengan bobot yang besar. Selain itu terdapat juga tanda berupa garis pembatas pada lantai penempatan barang/ Spare Parts yang memiliki arti tersendiri. Keterangan warna pada lantai : y Hijau y Abu-abu y Biru : Tempat Berjalan (Walking area) : Penaruhan Spare Parts : Tempat Bekerja .

sehingga sistem safety sangat diutamakan. Contoh beberapa alat keselamatan dan alat yang digunakan dalam bekerja : 1. didalam Warehouse juga terdapat bahan kimia seperti oli atau bahan kimia lainnya yang mudah terbakar. Kran . Setelah selesai berkeliling di Warehouse tim selanjutnya diajak ke area yang lebih luas yaitu area bekerja. dimana pada area bekerja banyak terdapat alat/ mesin yang digunakan selama bekerja dan tentunya tanda-tanda peringatan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).y Kuning : Batas peletakkan barang Selain sebagai tempat peletakkan dan penyimpanan Spare Parts. Gambar dibawah menunjukkan beberapa alat keamanan jika terjadi kebakaran atau hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Kran diatas telah memenuhu standar SWL (Safety Working Load). UNITED TRACTORS. Gambar Kran diatas memiliki kapasitas sebesar 5 ton. 2.Kran adalah alat yang berfungsi untuk memindahkan barang-barang yang berbobot besar. Untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran air ada tempat control hydrant . Hydrant Hydrant adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api besar jika terjadi kebakaran pada wilayah sekitar PT.

500. Karyawan yang baik yaitu karyawan yang membuang sampah pada tempatnya. Disetiap perusahaan pasti terdapat limbah yang harus dibuang ketempat pembuangan khusus tergantung dari jenis limbah tersebut. baik oli bekas dari mesin maupun oli hasil pembersihan dari alat berat.00-. Tong sampah Seperti yang kita ketahui fungsi tong sampah yaitu untuk tempat penampungan sampah sementara untuk selanjutnya dibuang ke TPA (tempat pembuangan akhir). Pada PT. Di perusahaan ini jenis limbah yang umum dijumpai yaitu oli.3. Kedelapan base itu antara lain : y y y 1 ± 6 Base untuk reparasi component 7 ± 8 Base fabrikasi/ Reinforce bucket 8 Under Carriage. UNITED TRACTORS sendiri terdapat 7 titik Hydrant dari 8 base yang ada.000. . Diperusahaan ini pembuangan limbah perusahaan harus dititipkan ke Bogor dimana harga 1 drum limbah memakan biaya pembuangan sebesar Rp.

Chemical Box Chemical Box atau tempat penyimpanan bahan kimia sangat penting untuk dibuat. Sistem pencucian (Recycle) Pada perusahaan ini terdapat sistem pencucian komponen atau spare parts dimana pada saat proses pencucian air yang telah digunakan akan disaring kembali untuk memisahkan kotoran atau oli hasil pencucian. karena selain tempat penyimpanan Chemical Box juga dapat menghindarkan pekerja dari radiasi zat kimia.4. . 5.

Kelengkapan APD (Alat Pelindung Diri) Contoh beberapa alat pelindung diri yang wajib digunakan selama bekerja tertera pada gambar-gambar dibawah.6. . Peta Evakuasi Peta evakuasi berfungsi sebagai penunjuk arah ke tempat safe (aman) jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran atau masalah lainnya yang berhubungan dengan keselamatan. 7.

y Dengan berdialog secara langsung dengan pimpinan perusahaan beserta jajarannya / pihak yang bersangkutan mengenai Kesehatan dan Keselamatan kerja (K3) diperusahaan tersebut kita akan lebih tahu mengenai sistem struktur K3 yang sesuai. berfungsi untuk mengalirkan limbah  Pipa warna biru. D. dan  Pipa warna kuning. KESIMPULAN Berdasarkan uraian diatas mengenai K3 pada laporan ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: y Kita dapat melihat kondisi yang aktual lapangan kerja dari jarak dekat dan mengetahui lebih dalam mengenai sistem K3 disuatu perusahaan. berfungsi untuk mengalirkan air. SARAN DAN USULAN TINDAK LANJUT Saran-saran yang dapat diberikan selama kunjungan yang telah dilaksanakan antara lain : y Sebelum melakukan kunjungan ke perusahaan. y Dapat mengembangkan sistem kerjasama dalam pengembangan SDM Mahasiswa Teknik Mesin UNLAM dengan perusahaan terkait.8. y Dapat meningkatkan kerjasama dan membangun jaringan antara institusi pendidikan dan industri terkait . Sistem Perpipaan Ada beberapa macam pipa dan juga sistem pewarnaanya sesuai fungsi masing-masing. C.  Pipa warna merah. berfungsi untuk mengalirkan udara atau gas. berhubungan dengan pemadaman kebakaran  Pipa warna hitam. . y Dan dengan diadakannya kegiatan kunjungan ini diharapkan kita semua akan lebih menyadari pentingnya sistem manajemen K3. kita sebaiknya mempersiapkan surat-surat yang diperlukan untuk melakukan aktivitas kunjungan sebaik mungkin.

E. maka dari itu tanamkanlah kedisiplinan mulai dari diri kita sendiri untuk menuju masa depan yang lebih baik. y Mendengarkan penjelasan pengarah dari perusahaan dengan seksama agar informasi yang didapat akurat.y Selama melakukan aktivitas kunjungan mahasiswa sebaiknya mematuhi aturan yang ada terutama aturan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). LAMPIRAN Lampiran gambar selama aktivitas kunjungan . y Kedisiplinan merupakan kunci sukses.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful