P. 1
Jenis Pengetahuan

Jenis Pengetahuan

|Views: 862|Likes:

More info:

Published by: Hanifah Al-Zulfan Khair on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

TUGAS Filsafat Ilmu Hanifah (190110100103) dan Logika

I. Jenis Pengetahuan
1. Pengetahuan Sehari-hari a. Pengertian Pengetahuan yang berasal dari pengalaman manusia itu sendiri dan sering tidak memerlukan logika untuk membuktikannya. Hasil dari pengetahuan sehari-hari dapat berupa dugaan baik yang bersifat positif ataupun negatif, rumor, opini subjektif, dan lain -lain. b. Contoh Sebagian besar pasangan selebriti yang menikah selalu berakhir dengan perceraian. (sumber: gosip dalam infotainment) Pengetahuan Filsafat a. Pengertian Pengetahuan yang berasal dari pemikiran dan perenungan manusia. Bersifat kritis, radikal, dan lebih mementingkan pemikiran rasional dibandingkan bukti empiris. b. Contoh "Aku berpikir maka aku ada." (Rene Descartes) Pengetahuan Media Massa a. Pengertian Pengetahuan yang berasal dari media massa dengan mendapatkan informasi melalui metode wawancara, analisis dokumentasi, dan observasi. Bersifat informatif, deskriptif, dan kasuistik. Bersumber dari fakta dan opini yang dihimpun dari masyarakat. b. Contoh Ibu yang memiliki anak usia balita kini diresahkan dengan beredarnya susu formula yang mengandung bakteri Enterobacter sakazakii. (sumber: Liputan 6 SCTV) Pengetahuan Agama a. Pengertian Pengetahuan yang berasal dari keyakinan manusia terhadap Tuhannya. Berpatokkan kepada segala sesuatu yang bersifat Ketuhanan. Dapat bersifat rasional atau irasional karena bergantung kepada kepercayaan dan keimanan masing-masing individu. b. Contoh Teori penciptaan alam semesta dalam Al-Qur an (Al-Ambiya' ayat 30)

2.

3.

4.

com ) 6. .wordpress. Pengetahuan Mistik a. (sumber: jurnal dalam website http://healindonesia. Contoh Apabila perwarna Rhodamin B untuk tekstil tertelan maka dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan dan air seni akan berwarna merah atau merah muda. maka mengapa mereka tidak juga beriman?" 5. b. (sumber: Komik Ghost Hunt Jilid 1) Pengetahuan Ilmiah a. kami jadikan air segala sesuatu yang hidup. Penyebarannya dapat menyebabkan gangguan fungsi hati dan kanker hati. Pengertian Pengetahuan yang muncul dari pemikiran kritis. Dapat dibuktikan dengan metode ilmiah dan teruji secara empirik. b. dan sistematis. rasional. sering tanpa mempertimbangkan rasio dan pengalaman empiris. Contoh Kemunculan makhluk halus dapat ditandai dengan penurunan suhu sehingga temperatur udara menjadi rendah dan terasa dingin. Pengertian Pengetahuan yang berasal dari kepercayaan subjektif yang bersifat mistik dan magis.TUGAS Filsafat Ilmu Hanifah (190110100103) dan Logika "Tidakkah orang kafir memperhatikan bahwa langit dan bumi tadinya merupakan satu yang padu (gumpalan) kemudian kami memisahkannya.

observasi. berurusan kasuistik. rasional (lebih mengandalkan pemikiran rasional dibandingkan fakta empiris) Pengetahuan Media Massa Fakta atau opini dalam media massa (surat kabar. dengan deskriptif bagaimana suatu peristiwa atau kejadian . hanya informatif. empiris (mengacu pada fakta/gejala tertentu). metode ilmiah Sifat Ciri-ciri rasional (sistematis). dan sistematis. Jarang atau tidak dilakukan verifikasi Pengetahuan Sehari-hari Pengalaman Pengetahuan Filsafat Perenungan dan pemikiran manusia rasional. hidup manusia pengalaman subjektif Berfikir mengakomoda secara logis si berbagai dan rasional pendapat atau perbedaan mengenai kebenaran. rasional dan universal wawancara.TUGAS Filsafat Ilmu Hanifah (190110100103) dan Logika II. ekstensif (universal). mensintesa berbagai klaim pengetahuan dan kebenaran. majalah. analisis dokumentasi. radio. metodis (berdasarkan metode ilmiah tertentu). objektif dalam menjelaskan suatu masalah. kritis. Perbandingan antara Ilmu Pengetahuan Ilmiah dengan Jenis -jenis Pengetahuan Lainnya Jenis Pengetahuan Pengetahuan Ilmiah Sumber penelitian Metode scientific approach. bersifat umum (general knowledge) Heuristik sangat praktis (jalan pintas dan dalam mengarahkan berfikir). kritis. televisi. dll radikal.

bahkan hand phone. hanya berupa pemikiran rasio saja . opini an rasio dan sesuatu yang yang pengalaman gaib berkembang empiris di masyarakat Tuhan. ajaran keyakinan. Pengetahuan ilmiah bersifat kritis sedangkan pengetahuan sehari-hari tidak Pengetahuan Bersifat kritis dan Pengetahuan ilmiah memerlukan menggunakan rasio pengujian secara empirik Filsafat sedangkan pengetahuan filsafat tidak. bisa rasional tidak bisa agama kepercayaan.) dideskripsikan oleh jurnalis. irrasional Sering tanpa subjektif bersifat mempertimbangk tentang mistis. dan sementara kepercayaan Pengalaman Gaib.diverifikasi secara iman kepada rasional saintifik seperti Tuhan ilmu alam. muapun non. sesaat. bersifat deskriptif. mengandaikan penerimaan mutlak manusia yang bersumber dari Tuhan Pengetahuan Mistik Pengetahuan Agama Persamaan dan Perbedaan Pengetahuan Ilmuah dengan Pengetahuan lainnya Ilmu pengetahuan Ilmiah Jenis Pengetahuan Persamaan Perbedaan Pengetahuan Mengarahkan kehidupan Pengetahuan sehari-hari sering Sehari-hari manusia karena hasilnya tidak menggunakan logika dan tidak dapat dirasakan langsung dibuktikan dengan metode ilmiah dalam kehidupan sehari-hari seperti pada pengetahuan ilmiah.TUGAS Filsafat Ilmu Hanifah (190110100103) dan Logika internet.

tersebut sedangkan pengetahuan ilmuah bersifat objektif karena muncul dari hasil serangkaian penelitian Pengetahuan Mistik Pengetahuan Media Massa III. Maka tidak bisa dikatakan bahwa ilmu pengetahuan ilmiah lebih unggul dibandingkan pengetahuan yang lain.TUGAS Filsafat Ilmu Hanifah (190110100103) dan Logika Pengetahuan Agama Berperan langsung dalam kehidupan manusia karena dapat hasil dari pengetahuan agama dan pengetahuan ilmiah dapat dirasakan langsung dalam kehidupan sehari-hari Bersumber dari manusia Pengetahuan agama datang dari keyakinan manusia atas hal-hal yang spiritual seperti tentang adanya Tuhan. . setiap pengetahuan memiliki porsi masing-masing dalam kehidupan. Masingmasing memiliki metode serta sistematika tersendiri sehingga dapat dikatakan sebagai pengetahuan. sehingga tidak dapat dicampur adukkan begitu saja. sedangkan pengetahuan ilmiah bersifat rasional dan dapat dibuktikan keberannya melalui penelitian dan percobaan Memiliki sistematika dalam Pengetahuan media massa bersifat menghasilkan pengetahuan subjektif karena muncul dari opini. Setiap pengetahuan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Apakah Ilmu Pengetahuan Lebih Unggul dibandingkan dengan Pengatahuan-pengetahuan Lain? Setiap pengetahuan memiliki keunggulannya masing-masing. Perbedaan itulah yang menjadikan setiap pengetahuan yang ada melengkapi satu sama lain sehingga terjadi keseimbangan diantaranya. Pengetahuan Ilmiah tercipta dari hasil penelitian dan menggunakan pengujian secara empirik Pengetahuan mistik bersifat irasional dan tidak dapat dibuktikan secara empirik. Selain itu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->