P. 1
laporan biologi tentang kimia

laporan biologi tentang kimia

|Views: 29|Likes:
Published by Brian Reynald

More info:

Published by: Brian Reynald on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2011

pdf

text

original

I.

TUJUAN
Menganalisa fungsi dari bahan bahan kimia dalam kehidupan sehari hari

II.

LANDASAN TEORI 
Zat aditif adalah zat yang biasa ditambahkan kedalam suatu jenis makanan atau minuman, sehingga makanan atau minuman tersebut lebih menarik. Umumnya, zat aditif tidak memiliki nilai gizi. Zat ini berfungsi untuk mengawetkan makanan, menambah rasa dan aroma, dan mempermudah proses pembuatan makanan ataupun minuman.  Zat adiktif dan psikotropika dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan nama narkoba ( narkotika dan obat berbahaya) atau NAPZA (narkotika, psikkotropika, dan zat adiktif). Sebenarnyan NAPZA adalah obat kedokteran yang diperlukan untuk pengobatan. Berbeda dengan obat jenis lainnya, penggunaan NAPZA harus dilakukan dengan hati-hati dan harus di bawah pengawasan dokter.  o o o o  Ada beberapa keuntungan apabila kita tidak merokok. Dapat terhindar dari resiko sakit apabila keracunan tembakau Tubuh menjadi sehat, segar, dan tumbuh dengan baik dan normal Dapat menghindari dari polusi udara Dapat menghemat uang obat dan narkotik yang disalahgunakan dapat menimbulkan berbagai akibat yang beraneka ragam : berikut ini adalah berbagai contohnya.

o Dampak Tidak Langsung Narkoba Yang Disalahgunakan 1. Akan banyak uang yang dibutuhkan untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan pecandu jika tubuhnya rusak digerogoti zat beracun. 2. Dikucilkan dalam masyarakat dan pergaulan orang baik-baik. Selain itu biasanya tukang candu narkoba akan bersikap anti sosial. 3. Keluarga akan malu besar karena punya anggota keluarga yang memakai zat terlarang. 4. Kesempatan belajar hilang dan mungkin dapat dikeluarkan dari sekolah atau perguruan tinggi alias DO / drop out. 5. Tidak dipercaya lagi oleh orang lain karena umumnya pecandu narkoba akan gemar berbohong dan melakukan tindak kriminal. 6. Dosa akan terus bertambah karena lupa akan kewajiban Tuhan serta menjalani kehidupan yang dilarang oleh ajaran agamanya. 7. Bisa dijebloskan ke dalam tembok derita / penjara yang sangat menyiksa lahir batin.  Biasanya setelah seorang pecandu sembuh dan sudah sadar dari mimpi-mimpinya maka ia baru akan menyesali semua perbuatannya yang bodoh dan banyak waktu serta kesempatan yang hilang tanpa disadarinya. Terlebih jika sadarnya ketika berada di penjara. Segala caci-maki dan kutukan akan dilontarkan kepada benda haram tersebut, namun semua telah terlambat dan berakhir tanpa bisa berbuat apa-apa. o Dampak Langsung Narkoba Bagi Jasmani / Tubuh Manusia 1. Gangguan pada jantung 2. Gangguan pada hemoprosik 3. Gangguan pada traktur urinarius 4. Gangguan pada otak

III. ALAT & BAHAN Zat Aditif Zat Adiktif Buku Tulis Alat tulis IV. Menyebabkan gangguan jiwa berat / psikotik. Hepatitis. Gangguan pada endorin 8. Dapat terinfeksi penyakit menular berbahaya seperti HIV AIDS. TBC. Gangguan pada tulang 6. 2. Gangguan pada paru-paru 11. kekerasan dan pengrusakan. Menyebabkan depresi mental. Menyebabkan melakukan tindak kejehatan. No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 DATA Dalam makanan Bahan Daun pandan Tartazin Kunyit Eritrosin Cuka Asam MSG Gula Siklamat Garam Asam Benzoat Alami ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ Buatan ¥ Fungsi Pewangi / Pengharum Pewarna Pewarna Pewarna Pengawet Penyedap Perasa / Pengawet / Penyedap Perasa Pengawet / Penyedap Pengawet . Gangguan pada sistem syaraf 10. Gangguan pada sistem pencernaan 12. Menyebabkan bunuh diri 4. 3. Gangguan pada kulit 9. Dan banyak dampak lainnya yang merugikan badan manusia. dll. o Dampak Langsung Narkoba Bagi Kejiwaan / Mental Manusia 1. LANGKAH KERJA Ambil Buku Tulis dan Alat tulis yang sudah kalian bawa Buatlah tabel tentang bahan bahan kimia di lingkungan sekitar kita Tentukan apakah zat yang kalian tulis itu alami atau buatan Jelaskan fungsi dari setiap bahan kimia yang kalian tulis V. 13.5. Gangguan pada pembuluh darah 7. Herpes.

jadi mulai sekarang kita harus selktif memilih bahan kimia yang akan kita pakai atau kita konsumsi .Napza No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Bahan Alkohol Barbiturat Morfin Ekstasi Heroin Sabu sabu Ganja Rokok Bunga kecubung Inhalen Alami ¥ Buatan ¥ Fungsi Penghangat / Antiseptik Menghilangkan rasa cemas Penahan rasa nyeri Halusinogen / stimulus Penahan rasa nyeri Halusinogen Penahan rasa nyeri Upaya bunuh diri Halusinogen Depresan ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ Lingkungan sekitar No 1 2 3 4 5 Bahan Detergen Sabun mandi Pemutih Formalin Baygon Alami Buatan ¥ ¥ ¥ ¥ ¥ Fungsi Pembersih pakaian Pembersih tubuh Pemutih pakaian Pengawet mayat Pembunuh nyamuk VI. KESIMPULAN Melalui table yang sudah kita buat di atas. ada yang berbahaya dan ada yang tidak. kita dapat mengetahui semua fungsi dari bahan bahan kimia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->