P. 1
Apa itu Pemasaran Internet

Apa itu Pemasaran Internet

|Views: 240|Likes:
Published by Dhanta Fajri

More info:

Published by: Dhanta Fajri on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2014

pdf

text

original

Tugas Individu Perbaikan

Dosen Pembimbing

Strategi Kebijakan Pemasaran

Sri Zuliarni, MBA.

Strategi Pemasaran Internet (Internet Marketing Strategy)

Oleh :

DHANTA FAJRI (0801113036)

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI NIAGA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 2011
1

hidayah.KATA PENGANTAR Puji syukur hanyalah bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat. Cinta dan ilmunya telah memberikan kemudahan dalam menggerakkan jasad. serta ilmunya seluas langit dan bumi. Januari 2011 Tim Penulis 2 . Semoga makalah ini dapat memberi pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan dan pengembangan wawasan serta kemampuan metodologis terhadap disiplin ilmu yang diajarkan. melainkan suatu langkah awal yang masih banyak memerlukan perbaikan. akal sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini yang merupakan tugas Strategi Kebijakan Pemasaran ini dengan baik. Kami menyadari bahwa makalah ini bukanlah proses akhir dari suatu pembelajaran dan pemahaman. Oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca sekalian sangat diharapkan demi kemajuan kesempurnaan makalah untuk mas yang a akan datang. Pekanbaru. cinta. ruh.

................. 3 .................... Cara Menentukan Strategi Pemasaran Internet ...... Kesimpulan ............ ............. .........Daftar Isi Kata Pengantar .................................... ...................................................................................................................................................................................... 2 Daftar Isi ..... 3 Pendahuluan ................................................................... ....................... 5 9 15 17 19 Strategi Pemasaran di Internet ............................................................................................................................................................................... ................................................... ................................. 4 Isi Apa itu Pemasaran Internet (PI)? ................. ...... .......................................... Daftar Pustaka ...............................................

Apa itu Pemasaran Internet (PI)? b. Tentunya hal itu memberikan peluang promosi atau pasar yang lebih luas. yaitu: a. Diantaranya dengan membentuk atau bergabung ke dalam sebuah kumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dengan kita. Pembatasan Masalah Adapun batasan masalah yang kami bahas dalam makalah ini tentang pemasarran internet. Yang kita sebut jejaring sosial. Rumusan Masalah Untuk melakukan kegiatan pemasaran internet tersebut banyak sekali langkah-langkah yang dapat kita lalui. mencoba dan belajar sendiri. Pada umumnya didasari rasa ingin tahu. Cara Menentukan Strategi Pemasaran Internet 4 . Strategi Pemasaran di Internet c.PENDAHULUAN Latar Belakang Sebagian besar orang Indonesia sudah menggunakan internet.

padahal situs web hanyalah bagian kecil dari pemasaran di dunia maya.suatu metode untuk mengenali sekelompok konsumen. dan tidak akan ada perusahaan yg tidak 'go internet' bila mereka tidak ingin punah (walau ini bukan jaminan kalau mereka tidak mengetahui kekuatan dari strategi pemasaran di dunia online). Market Segmentation. namun sayang sekali mereka tidak kompeten untuk melakukan itu. di dalam suatu pasar yang lebih luas. Segmentasi Pasar ". Apa itu Pemasaran Internet (PI)? Bagaimana ini sebenarnya berbeda deng an konsep pemasaran tradisional? 5 . Banyak perusahaan termasuk di Indonesia sebenarnya mampu dan memiliki budget untuk melakukan itu. namun mereka berupaya menjangkau dunia online HANYA dengan metode pemasaran tradisional.. semakin banyak perusahaan akan 'go internet'. Menurut Lennart Svanberg." Nah. itu hanyalah bagianterkecil dari PI.Apa itu Pemasaran Internet (PI)? Ya Anda harus tahu tentang konsep dan ruang lingkup dari "Pemasaran Internet". Selain itu situs web BUKANLAH segalanya dalam Pemasaran Internet. Kebanyakan dari perusahaan mengira bahwa situs web adalah segalanya dalam dunia pemasaran di internet. Untuk dapat mengidentifikasi segmen pasar yg baru ini mengharuskan Anda mengenali dan mengimplementasi berbagai macam strategi dan teknik baru sebagai tambahan dari strategi pemasaran konvensional. Pertimbangkan konsep pemasaran tradisional yaitu. "sekelompok konsumen" yg dapat dijumpai secara online.. Presiden dari World Association of Internet Marketers. yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang mirip. sekarang dengan meledaknya pertumbuhan internet. Dunia adalah dan bisa menjadi pasar kita yaitu.

com. pemasaran dan pembelian berbasis pay per click. distribusi produk dan promosi online Akan tetapi memang. JANGAN seperti para pelaku bisnis internet kebanyakan dari mereka adalah orang TI yg tidak paham sekali akan konsep pemasaran tradisional sehingga itu juga menyulut keambrukan dari kebanyakan bisnis dotcom murni. otomatis mereka bisa berbisnis di Internet.com untuk menjadi e-marketer yang cakap. pengembangan pasar dan produk.Banyak 'khan ruang lingkupnya!!! Dengan demikian. juga 5P yg berbeda. online press releases. analisa kastemer. penetapan harga.kombinasi dari prinsip pemasaran tradisional dan metode pemasaran interaktif yang diterapkan untuk memenuhi kebutuhan dari kastemer.Beberapa di antaranya mencakup perencanaan strategi. promosi berbasis testimonial di situs Web. email marketing. BUKAN karena mereka orang TI.bjoconsulting. itu adalah pemasaran pesan-pesan iklan melalui media promosi Internet jenis classified.. viral marketing. Atau intinya Pemasaran Internet didefinisikan sebagai ".com yg spesialisasi di dunia pemasaran elektronik. 6 . seharusnya PI harus dimasukkan ke dalam bagian dari "Marketing Mix" dari setiap perusahaan." Karena itu para professional pemasaran tradisional perlu mendapatkan pelatihan tambahan untuk bisa memenuhi dan mengerti kebutuhan dari kastemer. Anda bisa menjumpainya di http://www. Jadi agar promosi dan bisnis internet Anda berhasil. Anda harus mengenal konsep strategi pemasaran konvensional. affiliate marketing. positioning. URL marketing. internet dan mobile. Di samping itu bertambahnya dimensi baru ini yang telah menyatu ke dalam khususnya landscape bisnis internet. Sumber informasi dan edukasi saat ini dalam bidang pemasaran Internet di Indonesia.. dan taktik dari PI berakar dari strategi pemasaran tradisional namun dengan implementasi yg berbeda. teknik. pemasaran melalui situs pencari. banyak dari prinsip. analisa situasi.

karena mereka tidak tahu menahu bahkan konsep pemasaran tradisional apalagi prinsip pemasaran online yg terkandung di dalamnya. Alasan kesuksesan di Internet sangat jauh berbeda dengan yang biasa kita dapati dalam bisnis di masa lampau. Mari kita simak lebih jauh soal ruang dan waktu ini. Juga harus dibedakan bahwa PI itu harus dilakuan oleh orang-orang marketing yg mengerti pemasaran tradisional juga. Karena itu sudah saatnya tim marketing Anda mengetahui dan belajar banyak tentang Pemasaran Internet ini untuk dijadikan satu dengan seluruh "Marketing Mix" perusahaan di mana Anda bekerja. Paling tidak orang TI adalah tenaga operasionalnya dan orang marketing adalah komando strategi pemasarannya. Dapat diumpamakan bahwa hal ini bukan lagi persoalan seekor ikan besar yang menelan ikan kecil atau pelari yang lebih cepat mengalahkan pelari 7 . Jadi para e-Marketer harus mengomandani para pakar teknologi dan grafis. PARADIGMA DAN MANFAAT DARI EBUSINESS Minggu lalu kita sudah banyak membahas tentang salah satu manfaat Internet dalam bidang edukasi yakni soal belajar jarak jauh. Kini kita akan menyimak bagaimana ruang dan waktu dijabarkan dalam dunia Internet. paling tidak idealnya.Karena itu disarankan agar perusahaan-perusahaan di Indonesia juga harus menekankan dunia pemasaran yg satu ini. sebagain dari pembaca mungkin belum pernak mengenal istilah Swatch Beat atau istilah Biel Mean Time. harus ada staf pemasaran yg didedikasikan khusus untuk konsumen online walaupun mereka pun harus disinergikan antara off dan online. karena mereka hanya melihat dari sisi teknologi saja bukan pada sisi bagaimana menggunakan teknologi untuk bisnis dan pemasaran serta promosi untuk memenuhi kebutuhan dari kastemer.com dan menghasilkan keuntungan. jadi bukan dilakukan oleh orang-orang dari departemen TI yg tidak mengerti dunia pemasaran secara umum.

Agar bisa sukses. Dalam masyarakat informasi. saat kapan saja mereka memerlukan produk atau layanan. Ketimbang membagi waktu dalam 24 jam. segala sesuatunya segera tersedia saat ini juga. menghasilkan waktu respon yang nyaris nol dan nyaris tak berjarak. Zona waktu dan batas-batas geografis tidak berarti lagi. Meskipun banyak orang bisa jadi berpikir bahwa waktu Internet ini hanya sebuah lelucon.. siapapun dapat menawarkan segala macam barang atau jasa dengan lebih cepat dan singkat. Pengetahuan adalah mutu dan tempat arahan bagi dunia bisnis. yang diambil dari nama sebuah kota di Swiss. ukuran dan kecepatan menjadi tidak relevan lagi. presiden dari Swatch Group yang memproduksi jam tangan "Swatch" yang sangat sukses. para kastemer di Internet selalu ingin mendapatkan barang. Dari pada hanya melayani kastemer Anda dari jam sembilan hingga jam lima. Nicolas Hayek.000 Swatch Beats. Waktu Internet ini menggunakan garis bujur sendiri. dalam Internet. Karena setiap orang mampu bergerak dengan cepat. Jarak. ini mempengaruhi cara kerja yang dilakukan di era digital ini.Melalui Internet. lebih banyak pengetahuan menciptakan lebih banyak tawaran daripada yang kurang terinformasi. informasi atau layanan yang mereka telah minta. dengan sistem waktu ini para kastemer dapat dilayani sepanjang waktu. Satu Swatch Beat sama dengan 86. tidaklah perlu mencoba untuk lebih cepat dari pada pesaingnya. seperti penemuan Internet 25 di Amerika Serikat. perlu pelayanan yang lebih baik daripada kompetisi tersebut. Pilihan tidak lagi dibuat berdasarkan faktor-faktor yang 8 . Biel Mean Time (BMT). setiap perusahaan harus bergerak lebih cepat dari pada pesaingnya dan berupaya agar jangan ketinggalan dengan pesaingnya. Tidak soal jam lima di Boston atau jam sepuluh di Nairobi. Seraya gerak laju Internet dari hari ke hari semakin cepat melalui hasil penemuan dan program baru. Sewaktu seseorang bekerja dengan jarinya.4 detik. telah berhasil menciptakan standar waktu yang baru. Meskipun zona waktu tersebut penting bagi seseorang untuk berkomunikasi dengan yang lain. hal ini sudah tidak relevan lagi bagi bisnis. satu hari dibagi menjadi 1. segala sesuatunya saling berkaitan. Melalui Internet.yang lebih lamban. Mutu layanan menjadi faktor sukses yang utama.

produk. Semua kastemer menguasai bidang mereka masing-masing. mereka memilih produk yang terbaik secara subjektif. ruang lingkup Internet menjadi nampak berbeda seorang dengan yang lainnya.sehingga Anda pun harus senantiasa berubah. Sebaliknya daripada memilih produk terbaik secara objektif. 9 . sehingga perlu pendekatan yang lebih terarah sewaktu menawarkan barang. khususnya di Internet? Terlepas dari masih banyaknya bisnis yang menggunakan metode pemasaran tradisional. ide dan harga berubah menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Karena itu bagaimana agar kita tetap bertahan dalam situasi pasar yang sangat kompetitif. Melalui pendekatan yang lebih bersifat pribadi (personalisasi). ada juga perusahaan yang sudah memiliki situs web yang ramai dikunjungi atau ada juga yang sedikit dikunjungi dan keduanya mendapatkan hasil yang sedikit. Hal ini memudahkan seseorang untuk mendapatkan kastemer. Sebaliknya daripada pertanyaan: Mengapa saya harus beli produk atau jasa ini? Harus diganti menjadi ³Mengapa saya harus beli produk atau jasa ini dari perusahaan Anda?´ Karena sekarang konsumen cenderung memilih perusahaan yang memiliki nilai tambah. Strategi Pemasaran di Internet Sekarang ini kita hidup dan bekerja di dalam dunia yang dipenuhi dengan informasi. namun terutama atas dasar merek yang bernama baik dan berkualitas baik pula. Peranan konsumen dan pemilik bisnis sangat ditantang agar tetap bertahan dalam berbisnis. Internet senantiasa berubah. Sebagai contoh.informasi atau jasa secara online. Online atau offline kuncinya adalah bukan untuk mengiklankan bisnis yang sedang tren namun seharusnya mengiklankan bisnis sesuai dengan kebutuhan.disebutkan di atas.Internet menjembatani ketiga dimensi dunia ini dan waktu menjadi satu titik.

Mengapa tidak? Bayangkan bahwa internet telah mampu memberikan kemungkinan orang untuk berpromosi kemungkinan orang untuk berpromosi dan melakukan transaksi langsung (online transaction) bahkan dapat dijadikan saluran distribusi. Promosi dapat dilakukan melalui Internet antara lain dengan pemasangan situs web atau home page di mana perusahaan dapat menyampaikan informasi tentang produk sampai pelayanan 10 . Televisi telah membawa perubahan besar dalam upaya mengiklankan sebuah produk. Pemasaran menjadi ujung tombak yang mempunyai peranan penting bagi suatu perusahaan atau organisasi baik komersial maupun non profit.Halnya demikian di Internet. Teknologi internet ini telah menyadarkan banyak orang tentang adanya media atau sarana baru untuk merancang strategi pemasaran. Web memiliki banyak sekali informasi mentah di mana orang tidak lagi memiliki waktu untuk memilahnya. Menarik pengunjung ke situs Anda lebih mudah dibandingkan membuat pengunjung tersebut membeli. Halnya demikian di Internet. Cara mereka mengambil keputusan dari data informasi tersebut adalah berdasarkan jenis informasi yang langsung atau serta merta mengkonsumsikan manfaat khusus yang memang mereka butuhkan. teknologi komunikasi dan teknologi komputer telah melahirkan teknologi Internet. Pemasaran telah dilakukan oleh semua perusahaan baik besar maupun kecil. Semakin berkembang teknologi informasi. Cara mereka mengambil keputusan dari data informasi tersebut adalah berdasarkan jenis informasi yang langsung atau serta merta mengkonsumsikan manfaat khusus yang memang mereka butuhkan. Web memiliki banyak sekali informasi mentah dimana orang tidak lagi memiliki waktu untuk memilahnya. Maka bagaimana sebuah perusahaan mengkomunikasikan kepada pengunjung bahwa ini adalah bisnis yang dibutuhkan? Bagaimana ini memberikan jenis Informasi yang membuat orang membeli khususnya dalam dunia yang sangat kompetitif? Jawabanya melalui positioning. Kini teknologi informasi yang dipadukan dengan teknologi komputer telah turut mengubah peta strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. penggabungan teknologi informasi. maka strategi pemasaran pun mengalami perubahan-perubahan yang cukup dratis.

karena hal ini akan sangat berpengaruh. navigasinya jelas dan prosedurnya tidak berbelit-berbelit. Kemudian perusahaan juga bisa memasang iklan pada situs -situs yang banyak dikunjungi. yang nantinya akan digunakan dalam menghadapi persaingan ekonomi dalam pasar bebas. Web merupakan sarana promosi di dunia cyberspace atau Internet. hiburan maupun untuk tujuan bisnis. *) Promosi online 11 . Perkembangan Internet dewasa ini begitu pesat. Hingga saat ini pengguna Internet di indonesia hampir 1 juta. Jika sebuah web mempunyai waktu loading yang lama. maka bukan mustahil pengguna ataupun pengunjung internet akan meninggalkan web kita. Namun sebaliknya. jika proses loading cepat.yang diberikan. Di samping itu faktor loading juga harus diperhatikan. misalnya berikan fasilitas forum. Berikan halhal yang membuat pengunjung sedikit pro aktif. Jumlah tersebut semakin lama akan semakin bertambah dengan semakin mengertinya orang akan manfaat Internet baik itu untuk informasi. survei atau hal lain yang sifatnya menarik pengunjung. maka pengunjung akan merasa betah apalagi ditunjang dengan tampilan web yang menarik d tidak an membosankan. Materi yang ada dalam web sebaiknya tidak membingungkan. Kondisi tersebut merupakan segmentasi baru yang potensinya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk memperluas pemasaran produknya. yaitu: *) Desain web Sebuah web harus kelihatan menarik. *) Isi Isi sebuah web juga harus bisa membawa pengunjung bisa menikmatinya. Berikan sedikit perhatian dengan sebuah ucapan ataupun mailing list. Jelas kondisi semacam ini akan membuat rugi perusahaan yang webnya diakses. Selain itu harus sesuai dengan tujuan Web itu dibangun. Kesuksesan sebuah web tergantung dari berbagai faktor.

televisi. radio. namun bisa juga terjadi sebaiknya yaitu menimbulkan biaya yang sangat tinggi apabila tidak denga tepat dan tanpa tujuan yang jelas dalam penggunaan fasilitas tersebut.charles Schwab. Barnes&Nobel. Web sangat membantu membangun citra merek dengan biaya yang sangat efisien. banyak perusahaan mengeluarkan dana promosinya untuk memasang iklan di surat kabar. Bahkan banyak perusahaan besar besar dari Amerika Serikat seperti Federal Express. customer support. Web dapat menjadi referensi yang baik bagi pelanggan karena tersedia informasi yang gamblang dan baik. Tower Records. Namun kemampuan dan manfaat internet untuk mendukung program pemasaran tidak lagi diragukan. online sales. Program pemasaran benar-benar menjadi sangat ekonomis dengan menggunakan internet. Kepedulian pelanggan terhadap suatu merek disebabkan oleh pengenalan yang mendalam tentang merek tersebut. Sears Roebuck. Membangun citra merek dengan biaya yang efisien sangat cocok untuk diadopsi oleh usaha kecil menengah. Efektivitas web untuk membangun kepedulian pelanggan terhadap merek sudah dibuktikan oleh banyak perusahaan. market research. Nike. The New York Times. dan HarleyDavidson telah mendemonstrasikan bahwa mereka menjadi pemimpin besar pada abad 21 melalui penggunaan web secara efektif.Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet. atau brosur. direct marketing. Brand Building Membangun citra merek di masyarakat membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Levi Strauss. majalah. Banyak iklan melalui berbagai media.content publishing/services. Bahkan pelanggan merasa senang karena dapat memperoleh informasi 12 . Oleh karena itu. Bob Heyman dan Keith Schaefer mengatakan dalam beberapa hal keuntungan yang bisa diperoleh dari pemanfaatan Internet untuk program pemasaran yang diperlihatkan pada the six online ROI models yaitu sebagai berikut: brand building. yang sesungguhnya kurang mengajak pelanggan untuk lebih aktif mengenal merek tersebut.

com merupakan toko buku online yang sangat terkenal di dunia. Web memberikan kemungkinan untuk melakukan hal tersebut. Demikian juga dengan toko buku Gramedia telah memelopori penjualan buku secara online di Indonesia. katalog atau profil perusahaan dan ongkos kirim kepada pelanggan. Marketing menginginkan pelanggan harus cepat dapat melihat. Kenyataanya kita bisa melakukan kegiatan perdagangan atau bahkan distribusi melalui internet atau web. Web akan sangat membantu bagi perusahaan yang ingin melakukan direct marketing. Sekalipun memasang iklan di search engines masih relatif mahal bagi perusahaan kecil menengah namun banyak cara yang serupa dapat dilakukan di berbagai situs -situs yang banyak sikunjungi. Sebagai contoh www. Penjualan secara online telah menjadi tren bagi banyak perusahaan. Melalui Web. Direct Marketing Web telah mampu mengingkatkan kepedulian pelanggan terhadap merek. namun demikian para marketing masih menginginkan lebih dari itu. Amazon menjual buku-bukunya ke seluruh dunia melalui Internet. Online Sales Transaksi melalui internet bukan lagi sesuatu yang mustahil dilakukan.amazon. mengenal dan peduli terhadap produk atau merek yang diperkenalkan oleh perusahaan. Kemudian pengunjung akan masuk ke situs perusahaan tersebut. bahkan pemasar dapat menghemat biaya cetak brosur. Marketing dapat memasang iklan web (web advertising) melakukan pencarian ditampilkan banner iklan perusahaan yang memungkinkan pengunjung langsung mengklik (click through) pada banner tersebut. 13 . Memasang iklan di web masih relatif lebih murah dibandingkan dengan memasang iklan pada media lainnya.tersebut dalam waktu yang singkat dan tidak harus menunggu brosur yang dikirim dari perusahaan. marketing dapat dengan mudah mendapatkan pengunjung atau kelompok masyarakat yang tertarik pada hal-hal khusus.

FAQ ini berisi berbagai tanya jawab yang paling sering diungkapkan oleh pelanggannya. 14 . mailing list (milis). Internet telah mengubah metode-metode konvensional yang mengeluarkan dana yang lebih besar. namun web membantu menunjukkan berbagai produk dan langsung melakukan transaksi Customer Support Web telah menjadi primadona yang diserbu oleh banyak perusahaan yang memberikan dukungan pelayanan kepada pelanggannya. Pelanggan dapat melihat berbagai pelayanan bantuan melalui web dan bahkan bisa menanyakan melalui e -mai. dan lainnya. hadirnya chatting di Internet telah semakin banyak membantu pelayanan kepada pelanggan. Market Research Web membantu perusahaan untuk lebih mengenal pasar dan pelanggannya. Banyak web yang digunakan oleh perusahaan untuk penelitian pasar dan pelanggan dengan penyebaran kuesioner lewat web. Sebagai contoh INDOSAT melakukan market research dengan mengadakan kuis dalam rangka menyambut 31 tahun INDOSATnet. pengisian guest book. dan berbagai cara lainnya. Kehadiran web ini mampu mengurangi biaya telepon khususnya perusahaan yang biasa menggunakan pelayanan telepon toll-free (0-800). atau datadata personal pengguna lainnya. pertanyaan dan bahkan dapat memberikan sumber-sumber informasi secara lengkap. Mereka tidak harus selalu mengikuti berbagai pameran ke luar negeri. Melalui FAQ ini pelanggan dapat langsung memperoleh jawaban yang dicarinya. furniture. Melalui web tersebut perusahaan dapat memberikan berbagai informasi tentang pemeliharaan atau petunjuk penggunaan dan bahkan informasi tentang perbaikan apabila produk tersebut bermasalah. Banyak perusahaan memberikan informasi melalui tanya jawab (FAQ). Sekali lagi penjualan ini dapat menjangkau pasar ke seluruh dunia. Tambah lagi.Tentunya penjualan online ini dapat dilakukan untuk berbagai produk seperti software. perusahaan kecil menengah di Indonesia sangat tertolong dengan adanya web ini. geografi. Dari fasilitas itu perusahaan akan mudah memperoleh data demografi. usaha ritel. atau newsgroup.

Cara Menentukan Strategi Pemasaran Internet Sulit untuk menemukan sebuah bisnis yang bisa maju dan berkembang tanpa bantuan dunia maya saat ini. Altavista. Karena itulah Anda sendiri harus mau mengevaluasi apa saja tujuan. dan sebagainya Contoh content publishing/services ini adalah Yahoo!. Sebagian besar pelaku industri menyadari betul bahwa partisipasi dan representasi dalam dunia maya adalah hal yang mutlak jika tidak ingin tertinggal dari pesaing lainnya. berbagai informasi tentang daerah atau hiburan.Excite. kita harus mengetahui beberapa unsur vital dalam melakukan pemasaran di dunia maya. menurut Susan Sweeney dan Randall Craig dalam ³Social Media for Business´. Yang dimaksud dengan tiga unsur tersebut. dan lainnya. ESPN sprotszone. 15 . adalah: 1. Namun demikian perusahaan kecil menengah dapat memanfaatkan dengan menempatkan situsnya di search engines tersebut sehingga pengguna internet dapat dengan mudah menemukan alamat perusahaan kita. Content Publishing ini tentu sangat mahal untuk dibangun oleh perusahaan kecil menengah. CNET. Tujuan Anda 2.Content Publishing/Services Content Publishing/Services merupakan situs web yang menyediakan pelayanan isi situs berupa search engines. Produk dan jasa yang Anda tawarkan Tidak ada sebuah pola atau resep jitu yang cocok dan 100% efektif untuk diterapkan di semua jenis usaha. atau membantu memberikan informasi tentang informasi saham. sasaran pasar dan produk serta jasa yang ditawarkan sehingga akan diketahui formula penggunaan jejaring sosial mana yang paling sesuai dan efektif untuk bisnis yang Anda jalankan. Untuk itulah. Pasar yang Anda bidik 3.

Orkut. Dengan memberikan perincian yang spesifik. pasar yang dibidik. MySpace. atau Koprol. paling cepat. Tujuan-tujuan tersebut misalnya: * Menempatkan merek Anda di level yang lebih tinggi * Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs * Mendorong angka penjualan saat masa lesu Beberapa contoh pasar yang bisa dijadikan sasaran ialah (misalnya untuk bisnis pakaian jadi): * Para lanjut usia * Kaum paruh baya * Kalangan dewasa muda * Para remaja * Anak-anak Setelah itu. dan produk serta jasa yang Anda miliki. Pilihan tersebut dapat berupa pilihan pemasaran online yang konvensional seperti email berisi penawaran ke pelanggan potensial atau situs layanan jejaring sosial seperti Facebook. Usahakan untuk merincinya. dan paling hemat.Bingung bagaimana memulainya? Ambil kertas lalu catatlah semua tujuan. Foursquare. Kemudian amati pilihan pemasaran via web manakah yang cocok. Tentukan salah satu atau beberapa opsi yang Anda pandang paling mudah. Twitter. jangan hanya mencatat secara umum. daftar semua produk dan jasa yang Anda miliki. 16 . akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis teknik pemasaran Internet yang paling sesuai untuk bisnis Anda. LinkedIn.

Pasar yang Anda bidik 3. adalah: 1. semakin banyak perusahaan akan 'go internet'. Yang dimaksud dengan tiga unsur tersebut. 17 . Unsur vital dalam melakukan pemasaran di dunia maya. Maka kita harus dapat menguasainya. dan tidak akan ada perusahaan yg tidak 'go internet' bila mereka tidak ingin punah (walau ini bukan jaminan kalau mereka tidak mengetahui kekuatan dari strategi pemasaran di dunia online). Tujuan Anda 2. Produk dan jasa yang Anda tawarkan Menurut saya semua hal di atas sangan baik untuk kemajuan promosi suatu produk. Presiden dari World Association of Internet Marketers.KESIMPULAN Menurut Lennart Svanberg. menurut Susan Sweeney dan Randall Craig dalam ³Social Media for Business´.

DAFTAR PUSTAKA Bob Julius Onggo http://www.html Mr.bjoconsulting. Endi http://go-kerja.com/strategi-pemasaran-di-internet/ 18 .com/bina-usaha/49-rencana-bisnis/5356-caramenentukan-strategi-pemasaran-internet.com/ezines/2002/edisi35.ciputraentrepreneurship.htm http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->