SEL ‡ Istilah sel (latin :cella) pertama kali digunakan oleh Robert Hooke (1665) pada waktu menemukan tekstur gabus dari sel tumbuhan. ‡ Teori sel (Schleiden dan Schwann) 1838 1. 2. fungsional dan hereditas terkecil dari semua bentuk mahluk hidup. Setiap sel mempunyai kehidupan sendiri selain integrasinya dalam organisme multisel. . Sel berasal dari sel yang sudah ada 3. Sel merupakan satuan fundamental struktural.

‡ Sel sbg satuan hereditas terkecil : Melalui proses aseksual dan seksual sel memperoleh materi hereditas dari induknya pada peristiwa reproduksi aseksual (pembelahan) .‡ Sel sbg satuan struktural terkecil : organisme unisellular dan multisellular tersusun atas sel dan sekresinya ‡ Sel sbg satuan fungsional terkecil : Kegiatan fisiologis organisme hidup akibat dari aktivitas seluller baik secara tunggal maupun secara terkoordinasi.

sedang jika dengan mikroskop elektron sitoplasma nampak mengandung organel. sitoplasma. inti.bentuk amorf. ‡ Dengan mikroskop cahaya sitoplasma nampak sebagai substansi spt gel.‡ Sel terdiri atas masa protoplasma yaitu membran plasma. .

fungi. cyanobacteri. tumbuhan. hewan . Mencakup bakteri. mikoplasma (PPLO) ‡ SEL EUKARIOTIK Sel dengan inti bermembran. Mencakup protista.STRUKTUR SEL ‡ SEL PROKARIOTIK Sel dengan inti tidak bermembran.

Ukuran seperti mitokondria sel hewan atau tumbuhan Bentuk : bola.Memberi bentuk sel .batang Struktur : Dinding bakteri Secara kimia berbeda dengan dinding sel tumbuhan. Pada dinding bakteri mengandung peptidoglikan. Fungsi peptidoglikan : .BAKTERI ‡ ‡ ‡ 1.Mencegah lisis sel dalam larutan hipotonis .

. 4. Membran plasma Pada bakteri gram + melipat-lipat ke arah dalam membentuk mesosom. berperan dalam pembelahan sel. sebagian melekat di permukaan dalam membran plasma 3. subtilis) Peptidoglikan < : gram ± (E coli) Gram ± struktur dinding sel lebih komplek yaitu lapisan dinding sebelah luar mengandung LPS (lipopolisakarida).Adanya peptidoglikan dapat untuk klasifikasi bakteri Peptidoglikan > : gram + (B. sehingga bakteri gram ± lebih resisten terhadap beberapa antibiotik 2. Lamela sitoplasma Ribosom Sebagian besar bebas di sitosol.

5. Nukleoid : bahan inti pada bakteri yang tidak dapat dipisahkan dengan daerah sitosol 6. Flagel : tersusun dari protein globuler (flegelin) .

com/ sp/sampletour/medical/ .STRUKTUR SEL BAKTERI www.conceptdraw.

:www.html 06f98- ..uiuc.edu/../ 06f98-cells.life.

‡ Mempunyai vakuola gas .CYANOBAKTERI ‡ Struktur sel sama dengan bakteri ‡ Terdapat tilakoid yang mengandung pigmen fikobilin setara dengan khlorophil A yang berfungsi untuk fotosintesis.

CYANOBAKTERI :www.earthlife.html .net/ prokaryotes/cyano.

SEL EUKARIOTIK ‡ STRUKTUR SEL HEWAN ‡ STRUKTUR SEL TUMBUHAN .

htm ...SEL HEWAN fig.edu/./ 150/life/top_10_life.miami.cox.

magnet.fsu.html .Sel tumbuhan micro.edu/ cells/plantcell.

plasmodesmata .

PERBEDAAN SEL HEWAN DAN TUMBUHAN ‡ TUGAS 1 : ‡ Sebutkan beberapa perbedaan antara sel tumbuhan dan hewan .

PERBEDAAN ANTARA ORGANISME PROKARIOTIK DAN EUKARIOTIK TUGAS 2 Sebutkan perbedaan antara kedua organisme tsb berdasarkan : ‡ Organel ‡ DNA ‡ RNA dan protein ‡ Sitoplasma ‡ Pembelahan sel .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful