P. 1
Fisiologi Jantung

Fisiologi Jantung

|Views: 328|Likes:
Published by Rizkia Dara Febrina

More info:

Published by: Rizkia Dara Febrina on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2012

pdf

text

original

€ Fatimah € Lisa

Setiawati € Rizkia Dara Febrina

€ sebagai

pompa yang melakukan tekanan terhadap darah untuk menimbulkan gradien tekanan yang diperlukan agar darah dapat mengalir ke jaringan. € Jantung memiliki empat ruang, yaitu atrium kanan, atrium kiri, ventrikel kanan dan ventrikel kiri. € Jantung memiliki empat katup yaitu, Katup Atrioventrikuler (katup trikuspidalis dan mitral) dan katup seminularis (katup aorta dan pulmonal)

RUANG JANTUNG
Atrium Atrium kanan berfungsi menampung darah yang datang dari vena kava superior dan vena kava inferior. Atrium kiri berfungsi
€

Ventrikel Ventrikel kanan berfungsi
€

FUNGSI KATUP PADA JANTUNG
€

Katup Atrioventrikuler yaitu katup trikuspidalis dan mitral mencegah pengaliran balik darah dari ventrikel ke atrium selama sistole atau kotraksi.

€

Katup seminularis yaitu katup aorta dan pulmonal mencegah aliran balik dari aorta dan arteria pulmonalis ke dalam ventrikel selama diastolik

Siklus Jantung
€ Siklus

jantung merupakan kejadian yang terjadi dalam jantung selama peredaran darah. € Gerakan jantung terdiri dari 2 jenis: 1.Kontraksi ( sistol ) 2.Pengendoran ( diastol )

KONTRAKSI (SISTOL)
€ Suatu

keadaan dimana arteri dalam keadaan mengembang dan ventrikel dalam keadaan menguncup

Katup mitralis dan trikuspidalis menutup ,sehingga tekanan ventrikel meningkat. Pada saat itulah katup aorta dan pulmonalis terbuka sehingga darah dari ventrikel kanan mengalir ke arteri pulmonalis mengalir ke paru-paru kiri dan kanan,sedangkan darah dari ventrikel kiri mengalir ke aorta kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Lama kontraksi adalah 0,3 detik.

PENGENDORAN ( DIASTOL )
€ €

Suatu keadaan dimana jantung mengembang. Pada saat diastol,katup mitralis dan trikuspidalis terbuka sehingga darah dari atrium kiri masuk ke ventrikel kiri dan darah dari atrium kanan masuk ke ventrikel kanan. Selanjutnya darah yang ada di paru-paru kiri dan kanan masuk melalui vena pulmonalis masuk ke atrium kiri dan darah dari seluruh tubuh melalui vena kava masuk ke atrium kanan. Tahap diastol selama 0.5 detik.

Bagaimana bisa demikian??
€ Karena

adanya sinyal dari nodus sino-atrial yang menyebar bagian dinding atrium dan merangsang nodus atrio-ventrikuler lalu ketika sinyal sampai di berkas his maka jantung akan berkontraksi.

Bunyi Jantung
€ Penyebab

bunyi jantung ialah getaran pada katup yg tegang segera setelah penutupan bersama dgn getaran darah yg berdekatan dinding jantung,dan pembuluh-pembuluh utama sekitar jantung.

€

Bunyi Pertama: Bunyinya lub,kuat,bernada rendah,lama dan disebabkan oleh kontraksi ventrikel yang menyebabkan aliran balik darah secara tiba-tiba yg mengenai katup A-V (katup mitral dan katup trikuspidal),sehingga katup ini mencembung ke arah atrium secara tiba-tiba menghentikan pencembungan ini. Elastisitas katup yg tegang kemudian akan mendorong darah kembali ke ventrikelventrikel yg bersangkutan.

€

Bunyi Kedua: Bunyinya dub,bernada tinggi,lebih singkat dan disebabkan oleh menutupnya katup aorta dan katup pulmonalis karena darah cenderung mengalir kembali ke dalam ventrikel selama diastol.

DENYUT JANTUNG
€ Denyut

jantung merupakan suatu gelombang yang teraba pada arteri bila darah dipompakan keluar jantung. € Denyut ini mudah diraba di tempat arteri melintasi sebuah tulang yang terletak dekat permukaan,

€ Arteri

Radialis pada pergelangan tangan

€ Arteri

Temporalis di atas tulang temporal

Kecepatan Denyut Jantung

Pada bayi yang baru lahir Selama tahun pertama Selama tahun kedua Pada umur 5 tahun Pada umur 10 tahun Pada orang dewasa

140 120 110 9696-100 8080-90 6060-80

Daya Pompa Jantung
Daya pompa jantung seseorang di hitung dari: Kecepatan denyut permenit x volume denyut
€

Pada saat istirahat jantung berdebar sekitar 70x semenit dan memompa 70 ml.Berarti daya pompa jantungnya adalah 70 x 70 = 4900 ml atau sekitar 5 liter Pada saat bergerak kecepatan jantung menjadi 150 permenit dan volume sekitar 150 ml sehingga daya pompa jantungnya adalah 20-25 liter

Sirkulasi Darah
Sirkulasi Sistemik

‡ Peredaran darah besar ‡ Peredaran darah kecil ‡ Peredaran darah untuk organ dalam

Sirkulasi Pulmonal

Sirkulasi Portal

Sirkulasi sistemik
Darah dari ventrikel kiri masuk melalui aorta (arteri terbesar dalam tubuh) lalu ke arteriola (cabang arteri) lalu mengalirkan darah ke dalam kapiler dan disinilah terjadi pertukaran zat. Lalu kapiler bergabung dan membentuk venula dan bersatu menjadi vena untuk mengalirkan darah kembali ke jantung.

Sirkulasi Pulmonal
Darah dari vena masuk ke ventrikel kanan lalu ke arteri pulmonalis (arteri ini bercabang dua untuk menghantarkan darah ke paru-paru kanan dan kiri) dalam peru-paru arteri membelah menjadi arteriola dan akhirnya mengalir ke kapiler pulmonal yang mengitari alveoli (terjadi pertukaran zat) kemudian kapiler pulmonal bergabung menjadi vena lalu kembali ke jantung oleh empat vena pulmonalis

Sirkulasi Portal
€ Darah

dari lambung, usus, pankreas, dan limfa di kumpulkan di vena porta lalu membelah diri ke dalam sistem kapiler kemudian bersatu dengan kapiler-kapiler arteria hepatika lalu arteri ini menghantarkan darah dari aorta ke seluruh organ ini dan hati. Persediaan darah ini di kumpulkan sebuah sistem vena yang bersatu membentuk vena hepatika yang menghantarkan darahnya ke vena kava inferior lalu ke jantung.

Tekanan Darah
€ Yaitu
ƒ ƒ

kekuatan tekanan darah ke dinding pembuluh darah yang menampungnya.
Tekanan sistolik Tekanan diastolik

Ion Yang Mempengaruhi Kerja Jantung
€

Pengaruh Ion Kalium
Kelebihan Kalium dalam cairan ekstrasel menyebabkan jantung menjadi sangat dilatasi dan lemas serta frekuensi jantung lambat. Kalium dalam jumlah yang sangat besar juga dapat menghambat hantaran impuls jantung dari atrium ke ventrikel sehingga jantung menjadi lemas hingga bisa menyebabkan kematian.

€

Pengaruh Ion Kalsium
Kelebihan ion kalsium menyebabkan jantung berkontraksi spastik hal ini disebabkan oleh efek langsung ion kalsium untuk merangsang proses kontraksi.

Lanjutan
€ Pengaruh

ion natrium Kelebihan ion natrium dapat menekan fungsi jantung, suatu efek yang sama seperti ion kalium,ion natrium bersaing dengan ion kalsium pada beberapa tempat yang tidak diketahui pada proses kontraksi otot sedemikian rupa sehingga makin besar konsentrasi ion natrium dalam cairan ekstrasel makin kurang efektivitas ion kalsium menyebabkan kontraksi bila terdapat potensial aksi.

Faktor Yang Mempengaruhi Tekanan Darah
€

Banyaknya darah yang beredar
Untuk membuat tekanan dalam suatu susunan tabung maka perlu tabung diisi sepenuhnya. Oleh karena dinding pembuluh darah adalah elastik dan dapat mengembung,maka harus diisi supaya di bangkitkan suatu tekanan.

€

Viskositas (Kekentalan darah)
Vikositas darah disebabkan oleh protein plasma dan jumlah sel darah yang berada di dalam aliran darah,faktor inilah yang akan mengubah tekanan darah. Mislanya pada anemia, jumlah sel darah berkurang dan dengan sendirinya tekanan menjadi lebih rendah.

Nilai Tekanan Darah Normal (dalam mm Hg)
Diastolik Bayi Anak-anak Remaja Dewasa Muda Dewasa 50 60 60 60-70 80-90 Sistolik 70-90 80-100 90-110 110-125 1 0-150

M I C A A

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->