P. 1
ifrs

ifrs

|Views: 19|Likes:
Published by Mira Elvira

More info:

Published by: Mira Elvira on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2011

pdf

text

original

UNDANGAN MENYUSUN KAJIAN ATAS TOPIK-TOPIK AKUNTANSI TERKINI DALAM RANGKA KONVERGENSI IFRS 2012 26-01-2010 11:00 Kategori

: Info IAI

IAI mengundang para akademisi untuk terlibat dalam proses penyusunan Exposure Draft (ED) PSAK yang dilaksanakan DSAK IAI dalam rangka konvergensi IFRS. Saat ini DSAK IAI juga memiliki program untuk mulai terlibat aktif di kancah internasional dengan memberi masukan atas penyusunan Standar Akuntansi yang dilakukan oleh IASB. DSAK juga telah menjadi anggota Asia Oceania Standard Setter Group (AOSSG), dan telah menyatakan komitmennya untuk terlibat dalam Working Group yang dibentuk AOSSG. Untuk mendukung DSAK-IAI berperan aktif dalam kelompok kerja tersebut dibutuhkan dukungan riset dari universitas-universitas agar keputusan maupun posisi yang diambil oleh DSAK di dalam diskusi AOSSG memiliki landasan penelitian yang kuat. Keterlibatan perguruan tinggi dalam rangka persiapan dan implementasi konvergensi IFRS 2012 sangat diharapkan. Perguruan tinggi dapat membentuk pusat pengembangan dan sosialisasi IFRS di kampus masing-masing. Selain menjadi motor penggerak dalam rangka implementasi IFRS di daerahnya, para dosen juga sangat diharapkan dapat aktif membentuk kelompok kajian dan melaksanakan riset yang terkait dengan IFRS untuk memberi masukan kepada DSAK IAI.

Latar Belakang International Financial Reporting Standards (IFRS) merupakan kesepakatan global standar akuntansi yang didukung lebih dari 100 negara dan badan-badan internasional di dunia. Ikatan Akuntan Indonesia pada tanggal 23 Desember 2008 telah mencanangkan konvergensi PSAK ke IFRS secara penuh pada tahun 2012. Demikian juga dengan kesepakatan G-20 di Pittsburg pada tanggal 24-25 September 2009 yang diantaranya menyatakan bahwa Otoritas yang mengawasi peraturan akuntansi internasional harus meningkatkan standar global pada Juni 2011 untuk mengurangi kesenjangan peraturan di antara negara-negara anggota G-20. Mulai tahun 2009, DSAK-IAI mempunyai program kerja yang cukup padat terkait dengan proses konvergensi ini sampai dengan tahun 2011. Ditargetkan bahwa pada tahun 2012, seluruh PSAK tidak memiliki beda material dengan IFRS yang berlaku per 1 Januari 2009. Setelah tahun 2012, akan terus dilakukan update secara terus-menerus atas PSAK jika ada perubahan pada IFRS yang terkait. Bukan hanya mengaodpsi IFRS yang sudah terbit, DSAK-IAI juga bertekad untuk berperan aktif dalam pengembangan standar Akuntansi dunia.

Di dalam konferensi AOSSG yang pertama tanggal 4-5 November 2009 di Kuala Lumpur, DSAK-IAI telah bersedia ikut serta berperan aktif dalam diskusi kelompok untuk topik-topik sebagai berikut: Kelompok kerja AOSSG menelaah Exposure Draft (ED) maupun Discussion Paper (DP) yang dikeluarkan oleh IASB untuk kemudian didiskusikan bersama dan disusun suatu komentar atau posisi bersama atas ED maupun DP tersebut.

Penjelasan detail TOR Kajian ini kami sertakan pada bagian terpisah, untuk informasi bagi pihak-pihak yang tertarik aktif memberi kontribusi kepada pengembangan standar akuntansi di Indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Divisi Teknis IAI, email: dsak@iaiglobal.or.id atau iai-info@iaiglobal.or.id. Telp: 31904232 ext. 126/133.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->