P. 1
makalah van de graaf

makalah van de graaf

|Views: 97|Likes:

More info:

Published by: Annisa Nur'aini Wardhani on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2011

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Sebuah ilmu akan menjadi lebih sempurna jika tidak hanya dipelajari dan didalami,tapi juga dipraktekkan dalam kehidupan. Demikian pula dengan percobaan yang dibahas dalam makalah ini. Jika hanya mengenai teori, penulis tidak meragukan pengetahuan pembaca mengenai Generator Van de Graaf dan cara kerjanya, tapi ketika sudah sampai di saat untuk mempraktekannya, akan ada beberapa hal yang mungkin bertentangan dengan teori yang telah dipelajari. Maka dari itu, makalah ini disusun untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa jika hanya mengandalkan teori saja dan tidak mencoba merealisasikannya, maka semuanya akan sia-sia.Penulis memilih judul dan percobaan ini atas beberapa pertimbangan seperti perihal penulis ingin memberikan pengertian lebih dalam mengenai salah satu generator dan cara kerjanya serta untuk membagikan sedikit informasi akan proses kerja generator.

2. Tujuan
Segala sesuatu yang dibuat karena ada tujuan yang ingin disampaikan oleh sang pembuat. Maka dari itu, makalah ini disusun oleh penulis dengan tujuan utama, yaitu untuk memenuhi tugas Fisika dan Bahasa Indonesia dan juga untuk beberapa tujuanlainnya, antara lain : 1.Meneliti cara kerja Generator Van de Graaf. 2.Mengetahui proses kerja Generator Van de Graaf dan faktor-faktor yangmempengaruhinya. 3.Memberikan pengertian kepada pembaca tentang apa itu Generator Van de Graaf.

3. Ruang Lingkup Masalah
Sesuai dengan judul dan pertimbangan akan koherensi yang harus dipertahankan,maka ulasan dalam karya tulis ini dibatasi dalam hal-hal : 1.Penulis hanya akan membahas perihal cara kerja Generator Van de Graaf dan tidak akan menyinggung tentang cara kerja Generator yang lain. 2.Penulis akan menjelaskan faktor-faktor yang berhubungan dengan cara kerja generator tersebut. 3.Penulis akan memberikan informasi tentang kegunaan Generator Van de Graaf saja.

4. Hipotesa
Sebelum memulai sesuatu, sudah wajar bagi kita untuk membuat suatu teori awal atau dalam hal ini hipotesa yang akan memberi kita suatu gambaran tentang hal yang akan diteliti. Kendati demikian, sebuah hipotesa tidak selalu benar, maka dari itudibutuhkan hasil pengamatan untuk memastikan lagi sebuah hipotesa yang dibuat sebelum penelitian dilakukan.

Sumber Data Penulis menggunakan sumber internet yaitu www. Metodologi Adapun metodologi yang dipakai penulis adalah : a. maka muatan listrik akan berkumpul pada bagian luar yang lancip dan ketika diletakkan kertas. melalui buku-buku. .Hipotesa ini ada bukan hanya sekedar sugesti saja. maka digunakanlah Generator Van de Graaf. b. maka kertas tersebut akan bertebaran karena muatan yang dimiliki kertas dan generator tersebut sama.kaskus.jika penelitian ini berhasil.Tentunya percobaan sederhana seperti menggosokgosok penggaris dengan kain wol agar kertas tersebut dapat menarik kertas-kertas kecil tentunya sudah pernah kita dengar.net untuk membantu penulis menyelesaikan makalah ini. Prinsip menggosok itu dilakukan guna untuk memperoleh muatan listrik. Jadi memberikan suatu kesimpulan dengan hasil yang telah didapatkan.com juga http://www. ada pula sumber dari pihak-pihak ahli berkaitan dengan penelitian ini yang digunakanpenulis untuk menyusun makalah ini. media massa maupun internet yang memberikan informasi yang berkaitan dengan mitologi. 6. Selainitu.budakfisika. c. 5. Teknik yang dipakai penulis dalam makalah ini adalah teknik observasi di mana penulis melakukan sebuah percobaan dan kemudian mengobservasi hasil dari percobaan tersebut kemudian mencatat hasilnya. Metode penelitian literatur atau kepustakaan. Dengan demikian. Prinsip itulah yang digunakan dalam Generator Van de Graaf. Metode penarikan kesimpulan secara deduktif yaitu mengambil satu pendapat berdasarkan hal yang umum untuk hal yang bersifat khusus. tapi karena muatan listrik yangdiperoleh sangat kecil. tapi untuk memberi batasan agar penulis tidak menjauh dari topik yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->