Komputer dan Masyarakat "Masyarakat Informasi

"
MASYARAKAT INFORMASI A. TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM MASYARAKAT INFORMASI Sejak istilah apa yang disebut masyarakat informasi diperkenalkan pada tahun 1962, perdebatan ramai mengenai apa dan bagaimana dampak information society atau masyarakat informasi terus berlanjut sepanjang garis kontinum dengan berbagai dimensi yang berbeda. Secara umum, masyarakat informasi mengacu pada suatu masyarakat dimana produksi, distribusi, dan pengolahan informasi merupakan aktifitas utamanya (Anonimus, 2006). Perkembangan peradaban manusia terasa begitu cepatnya, kita tentunya mengenal masyarakat primitif, pada era itu seseorang untuk mendapatkan suatu barang harus ditukar dengan barang lagi (barter), kemudian meningkat ke masyarakat agraris, kemudian masyarakat industri. Dari masyarakat indusri loncat ke masyarakat informasi (era informasi). Mengapa dikatakan loncat ke masyarakat informasi ? karena kita baru memulai melangkah ke masyarakat industri, era informasi sudah datang. Dengan era informasi ini, semuanya menjadi serba yaitu serba murah, cepat, tepat, dan akurat. Teknologi Komunikasi mutaakhir telah menciptakan apa yang disebut ³publik dunia´. Bersamaan dengan perkembangan teknologi komunikasi ini, meningkat pula kecemasan tentang efek media massa terhadap masyarakat (khalayak). Di era globalisasi saat ini media massa mempunyai peranan penting dalam membentuk pola hidup masyarakat. Media menjadi patokan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, terutama bagi masyaraka informasi, t mereka dengan mudah dapat mengakses segala informasi yang mereka butuhkan. B. PENGERTIAN MASYARAKAT INFORMASI Information society atau masyarakat Informasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah masyarakat dan sebuah ekonomi yang dapat membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan teknologi komunikasi baru (new information and communication technologies(ICT¶s)). Dalam masyarakat informasi orang akan mendapatkan keuntungan yang penuh dari teknologi baru dalam segala aspek kehidupan:Di tempat kerja, di rumah dan tempat bermain. Contoh dari ICT¶s adalah: ATM untuk penarikan tunai dan pelayan perbankan lainnya, telepon genggam(handphone), teletext television, faxes dan pelayan informasi seperti juga internet, email, mailinglist, serta komunitas maya (virtual community) lainnya. Pengertian lain dari informastion society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat dimana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama. Jadi dapat dikatakan bahwa pengolahan informasi adalah inti dari kegiatan Teknologi baru ini memiliki implikasi untuk segala aspek dari masyarakat dan ekonomi kita, teknologi mengubah cara kita melakukan bisnis, bagaimana kita belajar, bagaimana kita menggunakan waktu luang kita. Ini juga berarti tantangan yang penting bagi pemerintah:

SDA (angin. air.Transportasi. Namun disamping itu ada sisi negatifnya. penelitian. Perbedaan Masyarakat Agraris. bahan bakar) masyarakat industri . asuransi. Contoh .Hukum perlu diperbaharui dalam hal untuk mendukung transaksi elektronik.Teknologi mesin masyarakat industri .Modal masyarakat industri . dan akurat. dan Masyarakat Informasi Sumber daya yang diolah: . real estate. pada era itu seseorang untuk mendapatkan suatu barang harus ditukar dengan barang lagi (barter).Bahan mentah / alam masyarakat agraris . semuanya menjadi serba yaitu serba murah.Penerapan pengetahuan dalam teknologi masyarakat informasi Mode produksi dalam bidang ekonomi: . kita tentunya mengenal masyarakat primitif. pekerja dengan skill khusus masyarakat industri .Membuat tenaga(listrik. masyarakat industri .Teknologi cerdas masyarakat informasi Prinsip perkembangan: . rekreasi..Masyarakat kita perlu untuk dididik mengenai teknologi yang baru. tepat. distribusi barang.Pekerja profesional (dengan skill tinggi) masyarakat informasi Teknologi: .Pengetahuan masyarakat informasi Keahlian SDM yang dibutuhkan: .Produksi. pendidikan. . . engan era informasi ini. pekerja tanpa skill tertentu masyarakat agraris . perikanan.Petani. pertambangan. konstruksi berat.Pertanian. kemudian meningkat ke masyarakat agraris. Masyarakat Industri. Dari masyarakat indusri loncat ke masyarakat informasi (era informasi). cepat. tanah. masyarakat agraris . peternakan.Alat-alat manual masyarakat agraris . masyarakat informasi Perkembangan peradaban manusia terasa begitu cepatnya. tergantung kita mau kemana melangkah.Tradisional masyarakat agraris . manusia) masyarakat agraris .Pertumbuhan ekonomi masyarakat industri .Pelayanan pemerintah harus tersedia secara elektronik. perdagangan.Informasi (transmisi data dan komputer) masyarakat informasi Sumber daya yang dibutuhkan: . pemerintahan. Mengapa dikatakan loncat ke masyarakat informasi ? karena kita baru memulai melangkah ke masyarakat industri. kesehatan. kemudian masyarakat industri.Bisnis harus online jika mereka ingin menjadi sukses. era informasi sudah datang.Ahli mesin. .

C. Ciri ± ciri Masyarakat Informasi * Adanya level intensitas informasi yang tinggi (kebutuhan informasi yang tinggi) dalam kehidupan masyarakatnya sehari ± hari pada organisasi ± organisasi yang ada. wanita. yang dapat merubah perilaku dan etika seseorang. sehingga mendukung promosi pemahaman yang luas dan peningkatan kualitas kehidupan warga dunia. MENGAPA MASYARAKAT INFORMASI SANGAT PENTING? Masyarakat Informasi menghadapkan kita pada tantangan-tantangan baru dan kesempatan perkembangan-perkembangan menuju seluruh area dari masyarakat.dengan era informasi ini seorang auditor dapat melakukan supervisi audit ditempat yang berbeda. kita tidak boleh terjebak perdebatan dampak positif dan negatifnya era ini. sebagaimana juga menawarkan variasi sarana yang lebih luas dimana masyarakat dapat berkomunikasi. pendidikan. dan tempat± tempat kerja * Penggunaan teknologi informasi untuk kegiatan sosial. ICT dapat membantu membangun kapasitas dan keterampilan untuk menciptakan peluang kerja yang lebih banyak. generasi muda dan pribumi. Oleh karena itu diperlukan sikap arif dalam menyikapi era informasi ini. Inovasi teknologi dapat menyokong secara nyata untuk memberikan akses yang lebih baik kepada layanan kesehatan. Potensi ICT untuk memberdayakan masyarakat sangat besar. dan meningkatkan partisipasi serta menginformasikan pembuat keputusan pada setiap level melalui peningkatan pendidikan dan latihan. dan ketika hal tersebut menjadi mungkin. dimana pengetahuan berbasis pada inovasi yang menjadi kunci sumber dari penopang keuntungan yang kompetitif. serta kegiatan± kegiatan lainnya. Hal ini terutama dalam kasus untuk orang cacat. pengajaran dan bisnis. khususnya bila disertai dengan penghormatan sepenuhnya terhadap keanekaan bahasa dan budaya. ICT sebagai sarana pembangunan ekonomi dan sosial. membantu usaha kecil dan menengah. dan memenuhi sasaran pembangunan Information and communication technologies (ICT) adalah penting untuk terwujudnya lingkungan ekonomi global yang berpengetahuan dan oleh karenanya memainkan peran yang penting dalam mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan dan menghapus kemiskinan. Kunci yang penting dari jaringan teknologi dalam masyarakat informasi adalah teknologi membantu kita untuk membuat koneksikoneksi baru. melakukan transaksi bisnis melalui internet (e-commerce). dan ini mentransformasi aktivitas ekonomi dan sosial. Perkembangan masyarakat informasi telah menjadi bagian penting untuk masyarakat informasi sebagai ekonomi kecil yang terbuka di dalam pengembangan jaringan ekonomi global. Dampak dari teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi sebuah definisi sementara yang kuat. informasi dan pengetahuan. Dan bisa juga menyerap informasi budaya yang jelek. Yang harus kita bangun adalah kemauan untuk merubah diri. Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerima apa yang mungkin. * Kemampuan pertukaran data digital yang cepat dalam jarak yang jauh . yang akhirnya mandeg dan tidak berubah.

sebagai hasil dari tekanan ekonomi untuk selalu berada di atas. Hanya dengan mengkombinasikan efesiensi operasional dengan aktifitas-aktifitas bisnis yang unik yang membedakan dari lainnya. penetrasi ICT sangat berdampak pada sejumlah komunitas. kompetisi yang ketat menghasilkan monopoli ketika suatu perusahaan menguasai infomasi yang terlalu . Activity-Based Management dan lainnya. yang dijabarkan kedalam efisiensi operasional dan aktifitas-aktifitas unik. Business Process Reengineering. khususnya negara-negara berkembang. pembaruan dibidang sistem pendidikan menjadi mungkin dengan memperkenalkan komputer rumah sebagai media pelengkap untuk memperluas perolehan informasi bagi anak-anak. Di bidang bisnis. baru perusahaan dapat menikmati keunggulan yang bertahan untuk waktu yang lama. spesialisasi atau ceruk pasar baru. Kekurangannya Pihak yang dirugikan juga muncul dari kelompok masyarakat yang sama sebagai hasil dari ketidakmampuan dalam mempertimbangkan lingkungan sosio-ekonomi dan politik pada saat kelompok tersebut mengimplementaskan inisiatif ICT. Rentetan cerita sukes muncul baik di kelompok usaha dan kelompok yang lebih luas yang mewakili kelompok dalam masyarakat informasi yang menikmati manfaat tertentu dari ICT. perusahaan melaksanakan serangkaian program peningkatan kualitas. Hal itu menghalangi anggota masyarakat tertentu untuk menggunakan dan menerima ICT secara terbuka. Manfaat lain juga diterima di sektor pertanian. Analisa Economic Value-Added. Di bidang layanan publik. beragam inovasi dalam ICT secara intensif diteliti dengan fokus untuk mendapatkan keunggulan bersaing dari para rival. Untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk mencapai efisiensi operasional. Untuk bidang usaha. dimana informasi yang lebih baik diperoleh para petani dalam memperkirakan harga pasar dan menjamin terus tersedianya input dan jasa pertanian lainnya. Di bidang pendidikan. penggunaan sistem pajak online untuk melaporkan pajak tahunan dan pengembangan website otoritas pajak yang menyajikan informasi seputar sistem pajak di suatu negara memungkinan administrasi yang lebih efisien dan menghindari kemungkinan kecurangan yang mungkin dilakukan oleh petugas pajak dan pelaku potensial. seperti Total Quality Management. menggunakan dan menyebarkan informasi ke lingkungan mereka. Kelompok kelompok ini mampu menggunakan peran ICT dalam konteks mereka sendiri yang berbeda dari kelompok lain.Contoh dari Masyarakat Informasi * Mailing List * Chatting * Friendster Kelebihannya Penerima manfaat mengindikasikan mereka yang mampu memahami berbagai dimensi dari dampak informasi dan oleh karenanya lebih mampu belajar untuk mendapatkan. perusahaan-perusahaan melancarkan strategi yang berkisar dari keunggulan dalam biaya. Diluar bidang bisnis.

informasi dan pengetahuan. Ketiga. sehingga mendukung promosi pemahaman yang luas dan peningkatan kualitas kehidupan warga dunia. Berikut ini akan disarikan beberapa ciri-ciri dari era globalisasi informasi. Globalisasi berasal dari kata global yang artinya secara umum atau keseluruhan. Fenomena baru dalam era globalisasi ini hanya dalam hal tempo edar informasi yang kian pendek dan cakupannya yang kian luas.banyak dari yang lain untuk berkompetisi. inilah yang disebut dengan era informasi. jumlah kontak komunikasi global yang ada diperkirakan sama banyak dengan komunikasi serupa selama beberapa abad lalu. Hal ini disebabkan karena.1 Era globalisasi memiliki potensi untuk ikut mengubah hampir seluruh sistem kehidupan masyarakat. Kesimpulan Kunci yang penting dari jaringan teknologi dalam masyarakat informasi adalah teknologi membantu kita untuk membuat koneksi-koneksi baru. diuntungkan dan juga dirugikan oleh ICT dalam konteks yang berbeda. perubahan jabatan (changing careers). Inovasi teknologi dapat menyokong secara nyata untuk memberikan akses yang lebih baik kepada layanan kesehatan. baik piranti lunak maupun piranti kerasnya. ekonomi. Kedua. rasa penghormatan terhadap karya ilmiah orang lain masih rendah dibandingkan dengan temanteman mereka di negara-negara maju. politik. Era globalisasi saat ini mempengaruhi pola kehidupan masyarakat informasi (life styles). Bagi pelajar di negara-negara berkembang. jumlah pesan dan arus lalu lintas informasi telah berlipat ganda secara geometrik. budaya dan sebagainya. D. yaitu era informasi. sehingga sekat-sekat atau tapal batas antara negara akan semakin kabur. Era dimana akan lahir global village (desa global). Sehingga tidak berlebihan bila kata globalisasi dikatakan sebagai word of the year. secara potensial teknologi komunikasi dapat menjangkau seluruh permukaan bumi hanya dalam tempo sekejap. Dialog antar budaya progresif Barat dan budaya ekspresif Timur berlangsung dalam skala besar-besaran tanpa disadari. CIRI ± CIRI ERA GLOBALISASI INFORMASI Perkawinan antara teknologi transmisi mutakhir dengan komputer melahirkan sebuah era baru.Pornografi anak juga menjadi perhatian utama di sektor pendidikan. kompleksitas teknologinya sendiri semakin canggih (sophisticated). Masyarakat modern sebagaimana dihasilkan . dan ketika hal tersebut menjadi mungkin. Situasi yang sama juga terjadi pada sektor pendidikan dimana terdapat risiko potensial akan penggunaan website yang tidak berwenang yang dilakukan oleh pelajar bahkan pengajar. Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerima apa yang mungkin. Era global adalah proses masuknya sebuah negara ke ruang lingkup dunia. pendidikan. Para pelajar dalam hal ini. Collin Cherry mengungkapkan perkembangan teknologi komunikasi yang cepat dewasa ini dengan istilah explosion. Ciri pertama dari masyarakat global adalah semakin tingginya peradaban yang ditopang oleh keberadaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk dua dekade belakangan ini saja. Globalisasi ini ditandai dengan semakin majunya teknologi komunikasi. transaksi elektronik yang memerlukan undang-undang dan peraturan yang baru (changing regulators). Pertama. sebagaimana juga menawarkan variasi sarana yang lebih luas dimana masyarakat dapat berkomunikasi.

pemberian bagian (dalam sesuatu). Seluruh kemajuan yang diperoleh oleh manusia tidak bisa dilepaskan dari peranan komunikasi. Jarak tidak lagi menjadi kendala untuk dapat berkomunikasi. pertukaran. Munculnya industrialisasi adalah dampak dari kemajuan pola pikir dan daya kreasi manusia sehingga mampu memformulasikan makna kehidupan dalam bentuk sarana yang tersedia di alam raya. jika terjadi keruwetan dan ketidakharmonisan dalam hubungan antar manusia dan antara bangsa. tidak ada persoalan sosial yang tidak melibatkan komunikasi. Sifat komunikasi yang serba hadir ini. selain memberikan keuntungan juga sekaligus menimbulkan banyak kesulitan karena fenomena komunikasi itu menjadi luas. komunikasi juga sering dipandang seolaholah memiliki kekuatan gaib. Artinya komunikasi berada di manapun dan kapanpun.2 Tidak satupun peradaban yang dapat disebut maju tanpa diikuti oleh pesatnya pertumbuhan ilmu dan teknologi. Oleh sebab itu setiap saat manusia selalu dihadapkan dengan masalah sosial. Dengan semakin cepatnya arus informasi dan beragamnya media komunikasi mengantarkan umat manusia kepada . Ciri ketiga adalah tingginya laju transformasi sosial. Memang komunikasi sering dimunculkan sebagai kambing hitam. Karena itu. Ciri kedua dari globalisasi informasi adalah penyerbuan komunikasi dan informasi yang menembus batas-batas budaya.3 Di samping sebagai lem perekat hidup bersama. Komunikasi merupakan sesuatu yang memang serba ada. sosial. perubahan dari keadaan negara kurang maju (less developed country) menuju kepada negara maju (more developed country). ganda dan multi makna. Menurut B.4 Setidak-tidaknya semua kesalahfahaman yang kemudian menimbulkan konflik antara manusia dalam bidang politik. ekonomi. sehingga sebagian orang menyebut komunikasi sebagai ³perekat´ hidup bersama. atau sebaliknya semua aspek kehidupan masyarakat menyentuh komunikasi. commoness: Inggris) berasal dari bahasa Latin communicatio yang berarti pemberitahuan. penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan prasyarat untuk memenuhi kebutuhan hidup modern yang sudah memasuki seluruh wilayah kehidupan manusia dan masyarakat bangsa. budaya dan sebagainya dinyatakan sebagai akibat kesalahan komunikasi. Aubrey Fisher. kreatif untuk melahirkan gagasan-gagasan demi kepentingan manusia dalam berbagai sektor kehidupan.oleh industrialisasi dan teknologisasi merupakan masyarakat dengan struktur kehidupan yang dinamis. Informasi dan peristiwa yang terjadi di belahan dunia secara cepat dapat diakses oleh manusia di benua lain. seterusnya akan berakibat pada bergesernya nilai-nilai budaya yang setiap saat dapat berlangsung walaupun lamban namun pasti. masyarakat juga semakin banyak mendapatkan pilihan sarana untuk menyerap informasi. Komunikasi memang menyentuh semua aspek kehidupan bermasyarakat. Hal ini dipahami karena istilah komunikasi itu sendiri mengandung makna bersama-sama (common. Kemajuan teknologi komunikasi yang dialami umat manusia dewasa ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam berhubungan antara satu dengan lainnya. di mana si pembicara mengharapkan pertimbangan atau jawaban dari pendengarnya. Daya berpikir dan daya cipta semakin berkembang sedemikian rupa sehingga mampu memformulasikan makna kehidupan dalam konteks yang nyata. yang penyelesaiannya menyangkut komunikasi yang lebih banyak atau lebih baik. Justru itu orang selalu melukiskan komunikasi sebagai ubiquitous atau serba hadir. Industrialisasi dengan demikian menyangkut proses perubahan sosial. ikut mengambil bagian. Di samping jarak yang semakin dekat. yaitu perubahan susunan kemasyarakatan dari suatu sistem sosial.

Arus informasi yang tersedia bagi berbagai lapisan masyarakat sangat banyak dan sukar dikendalikan atau diawasi. di samping banyaknya limbah informasi. namun karena terlalu banyaknya informasi yang sampai melalui berbagai media komunikasi (flood of information). muncul pula ekonomi informasi. Gejala penyakit tersebut terlihat karena orang mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Teknologi komunikasi yang semakin canggih memberi kemudahan dan kebebasan kepada masyarakat untuk mengakse s informasi apa saja yang ada. implikasi dari kebijakan ini ialah tidak ada negara yang dengan sendirinya memiliki hak untuk menyimpan fakta dan bahwa etika informasi yang tidak terucapkan mengatasi kepentingan nasional. masalahmasalah lingkungan. sehingga kebijakan sebuah negara menjadi perhatian bagi negara lain´. inovasi di bidang komunikasi dan teknologi komputer akan menambah langkah perubahan dalam penyebaran informasi dan percepatan arus informasi. Implikasinya terjadilah perubahan sistem nilai karena perbenturan sistem nilai yang diadopsi oleh suatu masyarakat belum tentu atau tidak sesuai dengan latar belakang budaya. John Naisbitt mengidentifikasi beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai perubahan masyarakat industri ke masyarakat informasi sekaligus yang mencirikan masyarakat informasi adalah: Pertama. individu yang menginginkan kemampuan menulis dan kemampuan dasar membaca lebih bagus daripada masa yang lalu. tetapi juga jenis. dan kompleksitas informasi yang berkembang di segala bidang.transformasi.5 Alfin Toffler menggambarkan ³karena tumbuhnya karakter global dari teknologi. walaupun belum tentu mampu mengelola dengan baik agar informasi yang tepat dalam bentuk yang sesuai. kualitas. keuangan. Dengan munculnya masyarakat informasi. Ciri keempat adalah terjadinya perubahan gaya hidup (lifestyle). dikarenakan laju pertumbuhan dan akumulasi pengetahuan serta informasi mengalami peningkatan yang sangat cepat secara eksponensial. Kelima. i Keempat. sehingga dengan pengendalian arus informasi tersebut peradaban umat Islam akan dapat terus eksis. Industri pabrik berubah menjadi industri informasi. arus informasi yang membanjir akan menenggelamkan SDM yang jumlahnya relatif masih sedikit. teknologi informasi yang baru pertama kali diterapkan dalam tugas industri yang lama. Begitu rupa perkembangannya. masyarakat informasi merupakan suatu realitas ekonomi.6 Selanjutnya ia menjelaskan. Munculnya penyakit kecemasan informasi pada sebagian masyarakat belakangan ini. Bahkan ada pameo yang mengatakan kebingungan manusia modern bukan disebabkan oleh kurangnya informasi yang diterima. Ketiga. kemudian secara perlahan akan melahirkan aktivitas dalam proses produks yang baru. bisa mendapatkan pada sistem pendidikan yang tidak begitu terinci. arus yang besar ini berguna untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) sekaligus memperkuat ketahanan nasional. telekomunikasi dan media. maka umpan balik kultural yang baru mulai beroperasi. Tetapi pada segi yang lain. ia hanya dapat dikendalikan. Terpaan media cukup penetratif dan persuasif. di dalam masyarakat informasi. Pesatnya pertumbuhan informasi saat ini bukan lagi hanya menyangkut jumlah. termasuk yang tidak atau belum tentu berguna. Arus informasi sukar untuk dibendung. Kedua. agama pada masyarakat sebelumnya. keberhasilan atau kegagalan teknologi komunikasi ditentukan oleh prinsip teknologi tinggi dan sentuhan yang tinggi pula. sehingga mulai menimbulkan gejala (penyakit) kecemasan informasi. Dari satu segi. daya pengaruhnya sudah mampu menembus filterisasi kebudayaan tradisional yang sudah semakin jauh ditinggalkan oleh para generasi .

Alat dominasi yang paling efektif adalah pengetahuan. Rachmadi. E. Ahmad Naufal mengatakan bahwa strategi yang dilakukan Barat adalah memecah belah dan menimbulkan kecemasan (keresahan) di hati umat Islam. Sebaliknya. sedangkan pengetahuan itu tidak lain berbasis informasi.8 Ketidakseimbangan ini mengakibatkan kepincangan dan ketergantungan negara-negara berkembang terhadap negara-negara maju. seringkali merupakan akibat dari kurangnya informasi dan karena pengaruh kekuasaan yang emosional. dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan sebuah komunitas. akurasi dan keseimbangan sumber. bahkan sebagian besar negara-negara dunia ketiga tidak memiliki alat-alat dan struktur yang memadai bagi pemancaran dan penerimaan informasi. Rekayasa informasi merupakan bagian integral dari rekayasa sosial. Di sinilah fungsi krusial informasi benar-benar berlaku sebagai sebuah kekuasaan (information is power). 'internet' adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain. bukan tujuan-tujuan Barat. maka ia akan memberikan jalan ke arah kekuasaan kepada masyarakat yang terbelakang. akan terus menjadi objek ketidakadilan informasi dunia.9 Arus deras penyebaran berita dengan kedangkalan interpretasi Dunia Barat terhadap masalah hak azasi dalam Islam. Mereka pada umumnya sudah tercerabut dari akar-akar kebudayaan nasional. dengan kata lain terjadinya dominasi informasi oleh negara-negara maju terhadap negara-negara terbelakang. PENGGUNAAN INTERNET Sejalan dengan perkembangan zaman. tanpa mengenal . Arus informasi dunia memperlihatkan ketidakseimbangan yang serius. ia bisa menjadi alat depostisme dan ketidakadilan sosial. Mereka menggambarkan situasi ke dalam kaca yang pecah.muda di sebuah negara. Menurut F.7 Ciri kelima dari era globalisasi dan informasi adalah semakin tajamnya gap antara negara industri dengan negara berkembang. dengan taktik memanfaatkan perbedaan pendapat di kalangan umat. Informasi memainkan peranan yang vital dalam sebuah masyarakat. Penyaluran informasi yang dikembangkan oleh Barat pada era ini bertendensi sinisme dan antipati terhadap Islam sehingga seringkali tidak berdasarkan objektivitas. tanpa informasi seseorang tidak memiliki kekuasaan. jika informasi dibatasi dan dikekang. Negara-negara maju memiliki pengaruh dan dominasi yang kuat terhadap negara yang belum memiliki teknologi maju. sementara kita belum lagi menemukan bentuk idel kebudayaan baru yang nota bene diimpor dari luar. kemajuan teknologi internet juga semakin maju. serta akan mencegah konsentrasi kekuasaan pada segelintir orang. Umat Islam yang pada umumnya masih dikategori sebagai negara sedang berkembang. Dengan adanya Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya. kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada satu sisi telah berhasil mengatasi dimensi ruang dan waktu. Pada saat itu peranan informasi sangat dominan dalam mempengaruhi sekaligus mengubah watak dan kepribadian seseorang. Jika informasi dibolehkan mengalir secara bebas dalam masyarakat. Kita harus dapat memahami manfaat dan mudarat informasi serta secara sadar memanfaatkannya untuk mencapai tujuantujuan kita. Secara kuantitatif arus informasi dunia dikuasai oleh negara-negara maju. Menurut Ziauddin Sardar informasi merupakan kekuasaan. sehingga dapat berkomunikasi atau berbagai data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. namun di sisi lain ternyata juga mempertajam ketidakseimbangan informasi antara negara-negara maju dengan negara-negara berkembang. jika kita sendiri tidak pernah memberikan perhatian yang cukup dan kerja yang keras di bidang informasi.

batasan ruang dan waktu. kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dang cara yang sangat mudah. yang namanya media berarti bisa untuk apa saja.yahoo. menyusun Index berdasarkan kategori. cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada form yang telah disediakan. Ini semua dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines. Para peneliti mengatakan bahwa internet itu adalah sumber yang tak terbatas. Search engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi. tentu harus ada gunanya. dari beberapa Website yang telah mendaftarkan sitenya. 1. organisasi dan lain-lain. maupun film.Pebisnis mengatakan bahwa internet adalah sebuah pasar yang besar. Dan banyak lagi pendapat-pendapat lainnya. Internet dan Manfaatnya Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia. serta memberikan rate berdasar dari seringnya site tersebut dikunjungi. Masing-masing orang mempunyai gambaran dan pendapatnya sendiri mengenai internet.yahoo. pemerintahan. tergantungdari orang yang memanfaatkannya. Gudang Informasi tadinya sulit diperoleh. sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.internet itu bisa berarti apa saja. Search engine yang biasanya digunakan adalah http://www.com. Hal ini memungkinkan karena jangkauan Internet yang telah mengglobal. Manfaat Internet Banyak manfaat yang menguntungkan yang didapatkan dari Internet baik dalam bidang bisnis. Media berarti alat atau sarana. Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. http://www.com 2. Dan internet itu juga sebuah media. saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi.. musik. Para pencari kesenangan mengatakan internet adalah sarana pemuas. Sebagai media atau sarana. file. akademis. yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita perlukan. atau mesin pencari dalam dunia Internet. yang bisa saja berupa data. Asal kita alamat seseorang atau lembaga di Internet. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan halaman web yang kita butuhkan. Internet itu bisa berarti bermacam-macam kita. dan http://www.com.msn. Orang teknis mengatakan bahwa internet itu adalahsebuah jaringan komputer yang sangat luas. saat ini sangat mungkin dilakukan di Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman Web yang ditujukan untuk aktivitas . gambar. Berbelanja Online Berbelanja dan membeli sesuatu secara instan. Latar Belakang InternetCikal bakal dari Internet adalah ARPANET.

lengkap dengan score-score yang up to date untuk pertandingan sepak bola dunia. komputer dan barang-barang elektronik. § SPN Sportszone (htttp://espn.edu/ ) § (http://perpustakan-online. pakaian dan asesorisnya. Tentunya tidak semua buku yang kita inginkan tersedia secara gratis. Dalam Site ini kita dapat memperoleh buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita download terlebih dulu) secara gratis. § http://www. dan esoknya produk atau jasa tersebut sudah dapat hadir di depan pintu rumah kita. Belajar Jarak Jauh .com.com.detik.bekas. ada beberapa yang harus kita beli secara online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit.com yang menyediakan layanan pembelian komputer secara Online § http://www.id.msnbc. 3. dan sebagainya.com. cuaca dan sebagainya. antara lain adalah : § http://www. Web Site berita yang mengupdate beritanya setiap beberapa menit.library. § http://www.com yang menyediakan pembelian buku secara online. § http://www. Novel.upenn. ibarat toko-toko on-line di Internet. hanya untuk membaca berita. banyak sudah halaman-halaman Web yang menyediakan berita-berita dunia secara upto-date dan selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berikut ini adalah beberapa Web sites penyedia Perpustakaan Online tersebut : § (http://onlinebooks. Berita-berita Sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga pagi. Internet juga menyediakan fasilitas Perpustaakan Online. mulai dari rumah hingga Komputer. dan sebagainya.glodokshop.com) yang menyajikan berita seputaran olah raga di seluruh dunia. Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.blogspot. Ada beberapa sites yang layak dicoba untuk memulai belanja secara on-line. keuangan.ini. 4. cassette.sportszone. buku-buku tersebut mulai dari ensiklopedia. § http://plaza. Sebagai salah satu site terpopuler tentang berita-berita diseluruh dunia. Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan membayarnya secara on-line via kartu kredit.co. § MSNBC http://www. politik.jawapos.com yang menyediakan layanan belanja on-line untuk buku-buku. yang berupa kumpulan-kumpulan Web sites dari perpustakaan kelas dunia. menyajikan berita-berita aktual ditanah air. Perpustakaan Selain hal-hal tersebut diatas.fastncheap. misalnya. Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.amazon. disamping berita tentang cuaca dunia.com yang menyediakan layanan pembelian komputer secara Online § http://www. § Untuk mengetahui berita cuaca seluruh dunia.com). Iptek.com) 5.com yang menyediakan layanan pengiklanan penjualan barang-barang.weather. Site-site menarik tersebut antara lain : § http://www.kompas. Berita-berita yang tersaji dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap. kita dapat membuka site The Weather Channel (http://www. disini pun dapat memperoleh peta-peta khusus daerah atau negara AS.msn. mulai dari berit-berita olahraga. CD dan VCD.

virtual banking. Internet banking akan mengurangi nasabah yang datang ke bank. Untuk mengukur tingkat kemampuan siswa/mahasiswa. dan sebagainya. pengecekan saldo. interaksi atau komunikasi dengan sumber belajar dan interaksi atau komunikasi dengan sesama siswa/mahasiswa. bank harus menyediakan teknologi keamanan data yang sesuai standar sehingga data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. informasi rekening. Ada beberapa faktor yang terlibat dan harus aktif agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh secara efektif. bankbank yang telah menyediakan jasa internet banking relatif masih kurang. Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan ang dilakukan dengan cara biasa: melalui teller bank atau automatic teller machine/ATM. dan video kepada para siswa/mahasiswa untuk dipelajari. www.com). seseorang membutuhkan interaksi atau komunikasi langsung dengan guru. Internet merupakan alat komunikasi yang murah yang memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one-to-many communication). Pemanfaatan Internet tersebut akan membuat proses belajar jarak juah menjadi lebih efektif dan hasil yang diperoleh lebih baik. Di Indonesai. Kemampuan internet memungkinkan dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh. kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet. Dapat Anda bayangkan. internet juga memungkinkan terjadinya komunikasi dengan tatap muka melalui teleconference. Keamanan data merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan layanan internet banking. diberikan latihan dan ujian yang harus dikerjakan.sfnb. pemindahan buku. Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang. Hal ini memungkinkan terjadi diskusi dua orang dan antar banyak orang. transaksi-transaksi. Kedua hal tersebut menyebabkan bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan. Komunikasi audiovisual dapat terjadi dan memungkinkan komunikasi verbal dan nonverbal terjadi secar langsung. Orang tersebut . Selain itu. home banking. Dalam belajar. seperti Universitas Terbuka. Institusi penyelenggara/sekolah/universitas b. Internet Banking Internet banking sering kali juga dikenal dengan sebutan electronic banking (e-banking). internet banking memungkinkan untuk mengurangi biaya operasinal. Siswa/mahasiswa 6. Bagi pihak bank. dan online banking. Dalam hal ini. Pihak yang menyediakan layanan internet banking harus menjamin keamanan data nasabah. kaset. Pihak penyelenggara belajar jarak jauh mengirim bahan-bahan pelajaran berupa buku-buku. sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank karena nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dari mana saja (asal tersedia internet). Salah satu bank di dunia yang merupakan pionir dari internet banking adalah Security First Network Bank (SFNB. yaitu : a.Belajar jarak jauh sudah lama dilakukan sebelum internet ada. Beberapa universitas luar negeri mempunyai program belajar jarak jauh. pembayaran tagihan-tagihan. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah. Latihan atau ujian tersebut harus dikerjakan dan dikirim kembali oleh para siswa/mahasiswa. jika seseorang menyusup ke komputer bank melalui internet dan mencuri data nasabah. Pengajar/guru/dosen c. cyberbanking. Dahulu belajar jarak jauh dilakukan dengan cara belajar mandiri. Di Indonesia juga terdapat universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh.

Wadsworth Publishing Company.kemudian dapat mentransfer dana nasabah ke rekeningnya sendiri. Communication Media in the Information Age. Inovasi teknologi dapat menyokong secara nyata untuk memberikan akses yang lebih baik kepada layanan kesehatan. informasi dan pengetahuan. Anda harus menjaga User ID dan password Anda agar tidak di ketahui oleh orang lain karena jika User ID dan password Anda diketahui orang lain. 2005. Misalnya saja.zamrishabib. Media Now. maka hal tersebut dapat merugikan diri Anda sendiri berupa hilangnya uang Anda. Daftar Pustaka * Zulkarimen Nasution. Jakarta.wordpress. 2000. California. * Joseph Straubhar & Robert La Rose. sebagaimana juga menawarkan variasi sarana yang lebih luas dimana masyarakat dapat berkomunikasi. pendidikan. Selain tanggungjawab bank Anda sebagai nasabah bank yang menggunakan layanan internet banking juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan data-data Anda. Perkembangan Teknologi Komunikasi. dan ketika hal tersebut menjadi mungkin. Kesimpulan Kunci yang penting dari jaringan teknologi dalam masyarakat informasi adalah teknologi membantu kita untuk membuat koneksi-koneksi baru. * www. Third Edition. USA. Universitas Terbuka.com . Media Impact An Introduction to Mass Media. sehingga mendukung promosi pemahaman yang luas dan peningkatan kualitas kehidupan warga dunia. 1995. Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerima apa yang mungkin. * Shiley Biagy. Tentu hal ini akan sangat merugikan nasabah yang kehilangan uangnya. Belmont. Wadsworth.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful