P. 1
ZYGOMYCOTINA.doc mikro

ZYGOMYCOTINA.doc mikro

|Views: 2,015|Likes:
Published by Zimzim Fauziah

More info:

Published by: Zimzim Fauziah on Mar 20, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2012

pdf

text

original

ZYGOMYCOTINA

Posted on 28 Juni 2010 by cillperqueen JAMUR Jamur (fungi) banyak kita temukan di lingkungan sekitar kita. Jamur tumbuh subur terutama di musim hujan karena jamur menyukai habitat yang lembab. Akan tetapi, jamur juga dapat ditemukan hampir di semua tempat di mana ada materi organik. Jika lingkungan di sekitarnya mengering, jamur akan menjalani tahapan istirahat atau meghasilkan spora. Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur disebut mikologi. Kebanyakkan jamur termasuk dalam kelompok kapang. Tubuh vegetatif kapang berbentuk filamen panjang bercabang yang seperti benang, yang disebut hifa. Hifa akan memanjang dan menyerap makanan dari permukaan substrat (tempat hidup jamur). Hifahifa membentuk jaring-jaring benang kusut, disebut miselium. Merupakan organisme tingkat rendah yang belum mempunyai akar, batang, daun sehingga disebut dengan tumbuhan tallus. Tubuh terdiri dari satu sel (uniseluller) dan bersel banyak (multiseluller). Sel berbentuk benang (hifa). Hifa akan bercabang-cabang membentuk bangunan seperti anyaman yang disebut miselium. Selnya bersifat eukaryotik, tidak mempunyai klorofil, sebagai parasit atau saprofit. Menyukai hidup pada tempat yang lembab dan tidak menyukai akan adanya cahaya. Alat reproduksi berupa :
• •

gametangium : penghasil gamet jantan dan betina sporangium : penghasil spora seksual dan spora aseksual

Cara reproduksi :
• • • • • •

generatif : dengan peleburan dua buah gamet vegetatif : spora vegetatif fragmentasi (pemisahan) membelah diri tunas (budding)

Fungi dapat dibedakan menjadi 5 devisio yaitu : 1. Oomycotina 2. Zygomycotina

3. Ascomycotina 4. Basidiomycotina 5. Deuteromycotina ZYGOMYCOTINA Nama Zygomycota berasal dari jenis perbanyakan diri seksual,terutama pada pembentukan zigospora. Jamur ini dinamakan Zygomycetes karena membentuk spora istirahat yang berdinding tebal yang disebut zygospora. Zygospora merupakan hasil peleburan menyeluruh antara dua gametangium yang sama atau berbeda. Zygomycota, adalah tumbuhan jamur yang terdiri dari benang-benang hifa yang bersekat, tetapi ada pula yang tidak bersekat. Jamur ini bersifat senositik dan dapat membentuk struktur dorman bersfat sementara yang disebut zigospora. Ciri- ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota adalah: 1. Biasa hidup sebagai saprofit 2. Miselium bercabang banyak dan hifa tidak bersekat sehingga terlihat seperti pipa atau buluh 3. Dinding sel terdiri atas kitin, tidak memiliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding. Spora inilah yang tersebar ke mana-mana 4. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah. Beberapa hifa akan tumbuh dan ujungnya membentuk sporangium. Sporangium berisi spora. Spora yang terhambur inilah yang akan tumbuh menjadi miselium baru 5. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan isi selnya. Hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya. Perkembangbiakan ini dilakukan dengan gametangium yang sama bentuknya (hifa jantan dan hifa betina) yang mengandung banyak inti. Selanjutnya, gametangium mengadakan kopulasi. 1. Struktur Tubuh Zygomycota Jamur ini dinamakan Zygomycota karena membentuk spora istrahat berdinding tebal yang disebut zigospora. Zigospora merupakan hasil peleburan menyeluruh antara dua gametangium yang sama atau berbeda. Jamur yang tergolong divisi ini hidup di darat, di atas tanah, atau pada tumbuhan dan hewan yang telah membusuk. Stuktur tubuh Zygomycota memiliki miselium yang bercabang banyak dan tidak bersekat-sekat dengan dinding sel mengandung kitin. Hifanya bersifat senositik. Septa hanya ditemukan pada sel-sel bereproduksi. Tubuh zygomycota. Bagian tertentu dari zygomycota membentuk sporagium yang didukung sporangiofor. Sporagium adalah struktur penghasil spora vegetatif. Alat reproduki seksual adalah zigosporagium yang berdinding tebal dan berwarna kehitaman. Nama zygomycota menujukan alat reproduksi seksual tersebut. Zigomycota tidak memiliki tubuh buah.

Ada beberapa tipe hifa pada Zygomycota yaitu :
• • •

Stolon, hifa yang membentuk jaringan pada permukaan substrat. Misalnya jamur pada roti Rizoid, Hifa yang menembus substrat dan berfungsi sebagai jangkar untuk menyerap makanan Sporangiofor, Hifa yang tegak dipermukaan substrat dan memiliki sporangium globuler diujungnya.

1. Habitat Zygomycota sebagian besar merupakan jamur terestrial yang hidup sebagai saprofit di tanah, makanan atau pada sisa-sisa tumbuhan dan hewan. Jamur zygomycota ada yang hidup sebagai parasit pada manusia dan tumbuhan sehingga menyebabkan penyakit. Jenis jamur zygomycota lainnya hidup bersimbiosis saling menguntungkan dengan organisme lain. Misalnya dengan ganggang hijau- biru atau ganggang hijau membentuk lumut kerak (lichen), dan dengan akar tumbuh tinggi sebagai mikoriza. 1. Reproduksi Ciri-ciri umum filum zygomycota yang berkaitan dengan pembiakan adalah seperti dibawah: 1. Melakukan pembiakan pengawanan dengan cara percantuman 2 nukleus melalui alat kelamin “gametangium”; untuk membentuk zigospora (= spora rehat / resting spore). 2. Zigospora ialah struktur diploid yang kuat daya ketahanan. Tersebar di udara sehingga bertemu substrat yang sesuai. Meiosis akan berlaku – dan hasilnya ialah hifa haploid. Hifa haploid ini akan seterusnya membentuk sporangium: struktur di mana spora haploid tersimpan. 3. Berupaya melakukan pembiakan aseksual melalui hifa haploid, yang merupakan cambahan dari spora (lalu membentuk hifa haploid). Zygomicetes dapat bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi secara aseksual adalah dengan spora yang dihasilkan oleh sporangium. Reproduksi seksualnya secara konjungsi. Gambar: Repoduksi seksual dan Aseksual pada Zygomycota Cabang pendek Rhizopus yang berjenis positif dan cabang pendek yang berjenis negative bertemu pada ujungnya. Setelah bertemu akan terbentuk sekat didndidng dibawah ujung cabang hifa. Gamet dari kedua rhizopus kemudian bertemu dan melebur membentuk zigot. Zigot mempunyai dinding pelindung yang tebal kemudian zigot memasuki periode dormansi. Dormansi biasanya berlangsung selama 1 sampai 3 bulan. Setelah periode dormansi zigot berkecabah. Saat berkecambah, inti sel zigot melkukan meiosis, kemudian hifa haploid pendek tumbuh dari zigot. Hifa haploid segera membentuk sporangium yang

akan memproduksi spoara aseksual. Setelah dibebaskan dari sporangium, spora aseksual akan membentuk miselium baru.

Gambar : Miselium Rhizopus 1. 1. Pembiakan asekssual Reproduksi aseksual terjadi dengan fragmentasi miselium atau spora seksual yang dihasilkan oleh sporangium.
• •

Pembiakan secara vegatatif melalui penyerpihan miselium. Pengeluaran spora aseksual yang dipanggil sporangiospora

Gambar: Zygospora- konidia (asexual) 1. 1. Pembiakan seksual Reproduksi seksual terjadi dengan cara perkawinan antar hifa yang berbeda jenis disebut hifa (+) dan hifa (-), menghasilkan zigospora. Zigospora merupakan spora seksual (spora generatif), yaitu spora yang dihasilkan oleh reproduksi aseksual. Gambar: Zygosporangia (sexual)
• • • • • • • •

Menghasilkan spora seks yang dipanggil zigospora Berlaku secara konjugasi yaitu percantuman 2 gametangium Gametangium tersebut merupakan hujung-hujung hifa yang subur Sitoplasma di antara gametangium ini akan bergabung (plasogami) Bagi spesies yang heterotalus guna simbol (+) dan (-) kerana tidak boleh tentukan jantan betina Hasil percantuman nukleus menghasilkan zigot Zigot merupakan zigospora, Zigospora bermeiosis hasilkan spora (n) matang hasilkan sporangium

1. Klasifikasi Zygomycetes 1. Zygomycetes terbagi atas dua kelas, yaitu : 1. Class Zygomycetes 1. Karakteristik dari kelas Zygomycetes :

Reproduksi aseksual dengan sel amuboid. Karakteristik dari kelas Zygomycetes • • • • Simbiosis obligat atau komensialisme dengan anthropoda. 1. Class Zygomycetes memiliki 4 genus. Dimargaritales ex : Dispira cornuta 1. . Reproduksi seksualnya dengan peleburan dari sel gamet yang sama menghasilkan susunan zygosporangium berisi zygospore. Mucor ex : Mucuo hiemalis Mucor bainieri 1. yaitu : 1. Amoebilidales ex : Amodium spp. Reproduksi aseksualnya dengan satu kelompok aplanosphore dengan kantong spora. yaitu : 1. Endogone ex : Endogone pisiformis 1. Miseliumnya terbatas pada luas permukaan hifa baik bercabang maupun tidak. 1. Kickxellales ex : Coemansia mojovensis 1. Class Zygomycetes memiliki 4 genus. 1. Seksual reproduksinya tidak ada konfirmasi walaupun dihasilkan zygospore. saprofit atau parasit pada tumbuhan ataupun mamalia atau predator dari organisme mikroskopik.• • • Umumnya terestial.arthospore atau sporangiosphore. Asellariales ex : Asellaria spp. Class Trichomycetes 1.

Sporangia membentuk di ujung sporangiofor-sporangiofor.1. .stolonifer dapat tumbuh di bawah kondisi anaerobik. Beberapa contoh jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota a) Jamur Roti (Rhizopus Stolonifer) Klasifikasi dari Rhizopus Stolonifer adalah sebagai berikut : Kingdom : Fungi Phylum : Zygomycota Class : Zygomycetes Ordo : Mucorales Family : Mucoraceae Genus : Rhizopus Species : Rhizopus stolonifer Rhizopus Stolonifer mempunyai beberapa karakteristik diantaranya : dapat tumbuh pada suhu 5oC – 37oC.stolonifera adalah yang terdiri atas tiga jenis haploid yang berbeda hyphae. tetapi pertumbuhan optimumnya yaitu pada suhu 25oC. R. Sporangium menjadi hitam karena mendewasakan. Geragih-geragih dari rizoid-rizoid di mana saja ujung-ujung mereka berhubungan substrat. yang bersifat cabang lurus membentuk secara langsung di atas rizoid-rizoid. dan suatu dinding sel dibentuk di sekitar masing-masing spora.89 aw) seperti beberapa lainnya mucorales. AW berkisar pada 0. Protoplasma di dalam dibelah. Arundinula abyssicola 1. Miselium dari R. Dari ini semua. Bagian terbesar dari miselium terdiri dari dengan cepat bertumbuh hyphae yang bersifat senositik (multinucleate) dan takbersekat (tidak yang dibagi oleh dinding lintang ke dalam sel-sel atau kompartemen-kompartemen). dan itu adalah pada akhirnya dikerat dari sporangiofor-sporangiofor oleh pembentukan suatu sekat. cincin busur hyphae “geragih-geragih” dibentuk. Masingmasing sporangium mulai sebagai suatu bengkak ke dalam dimana sejumlah nucleus mengalirkan. Harpellales ex : Smittium spp.93 tetapi di laboratorium telah terjadi pertumbuhan pada MY50G agar mudah (0. Eccrinales ex : Arundinula spp. 1.

Spora akan tumbuh menjadi miselium baru. yang terdapat pada ragi tempe ini mempunyai daya untuk memecah putih telur dan lemak. + dan – nucleus bergabung untuk membentuk suatu zigospora yang muda dengan beberapa nucleus diploid. Siklus Hidup Rhizopus sp Rhizopus sp dapat kalian temukan diroti dan buah-buahan. Gambar: Rhizopus sp. Jika roti yang lembab disimpan ditempat yang hangat dan gelap.000 spora. Meiosis terjadi pada waktu perkecambahan. Masing-masing spora. Pada roti Gambar: Rhizopus sp (pada strowberry) Rhizopus sp. Zigospora membuka dan menghasilkan suatu sporangium yang serupa menghasilkan sporangium dengan tidak berkelamin. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan gametangium. Selain pada tempe. dapat berkecambah untuk menghasilkan suatu miselium yang baru. Gambar: Rhizopus sp b) Murcor mucedo. berperan dalam pembuatan tapai karena jamur ini terdapat dalam ragi tapai. Sporangium ini berisi spora. Dalam waktu dua sampai tiga hari. yang biasanya berlabel + dan -. Jamur ini termasuk makhluk hidup yang mempunyai daya untuk mengubah tepung menjadi gula. yang disebut Sporangium yang dapat menghasilkan sekitar 50. hidup sebagai saprofit pada sisa tumbuhan dan hewan. Jamur tempe mempunyai hifa yang berguna untuk menyerap makanan dari kacang kedelai. menghasilkan hormone-hormon yang menyebabkan ujung hyphal memasang bersama-sama dan mengembangkan ke dalam gametangia. Reproduksi seksual terjadi hanya antara tegangan kawin yang berbeda. Ketika tegangan keduanya di dalam sudah dekat. c) Murcor javanicus. Dari miselium pada subtratnya muncul benang-benang tegak dengan sporangium pada ujungnya. beberapa hari kemudian akan tampak jamur tumbuh diatasnya. dan daur hidup mulai kembali lagi. yang menjadi terpisah dari sisa tubuh fungal oleh pembentukan septa. . Jika sporangium sudah matang.. misalnya.. ia berperan dalam pembuatan tempe dan oncom putih. kumpulan hifa tersebut akan membungkus kedelai yang kemudian disebut tempe.memberi warna karakteristik cetakan nya. sering kali untuk beberapa bulan-bulan. Oleh karena itu. Pada roti akan tumbuh bulatan hitam. dan kedua protoplas-protoplas multinucleate datang berkumpul. kotoran hewan dan roti busuk. Tembok kota antara keduanya menyentuh dan memecahkan gametangia. ketika dibebaskan. Zigospora lalu mengembangkan suatu tebal. jamur ini juga dapat tumbuh di tempat-tempat yang lembab. akan pecah sehingga spora akan tersebar keluar. mantel hitam keras dan menjadi tidur.

Siklus Hidup Jamur Mucor 2. selanjutnya hasil hidrolisis tersebut akan di fermentasi menjadi etanol. 6. Kedua jalur ini mempunyai produk hasi akhir yang sama yaitu gliseraldehid – 3 – fosfat. Harpellids memperoleh gizi pada pakan yang tidak dimanfaatkan oleh arthropoda. Jalur PP (Pentosa-Phosphat). PERANAN ZYGOMICETES DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI • • Dekomposer dalam tanah dan kotoran. seperti yang pada Harpellales yang mendiami arthropoda (khususnya larva serangga air tawar akuatik) yang melekat pada lapisan chitinous dari hindgut. dan eritrose – 4 – fosfat untuk sintesis asam amino aromatic. misalnya menghasilkan intermediet ribose – 5 – fosfat untuk sintesis asam nukleat. Kemudian akan dipecah menjadi dua senyawa berkarbon 3 yang akan berubah menjadi 2 molekul asam piruvat. Produksi energi pemecahan gula pada jamur terjadi secara 2 jalur utama. Karena mereka pada umumnya dianggap tidak . Jalur EM dimulai dari gula berkarbon 6 (C6) misalnya glukosa. sukrase. • Metabolisme pada Zygosaccharomyces sp Fermetasi sukrosa oleh khamir memerlukan kerja enzim invertase (disebut juga sakarase. yaitu : 1. yang kemudian akan digunakan organisme tersebut melaksanakan berbagai fungsi hidup. Semua reaksi ini terjadi di dalam sitoplasma. Mucor sp 1. 1. tetapi kedua jalur ini digunakan dalam keperluan yang berbeda. Glukosa ini akan mengalami fosforilasi yang akan berubah menjadi fruktosa -1.1 Gambar. Berperan dalam beberapa simbiosis. Metabolisme Fungi Metabolisme adalah seluruh proses kimia yang terjadi pada organisme hidup untuk memperoleh dan menggunakan energi. α-D-fruktofuransidase) untuk menghidrolisis sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. sehingga bermain peranan yang cukup besar dalam siklus karbon. jalur ini digunakan untuk keperluan biosintesis. 1. Jalur EM (Embden-Meyerhof). 2. Proses ini menghasilkan 4 molekul ATP. merupakan jalur utama untuk menghasilkan energy. Ketika maltosa telah dihidrolisis menjadi glukosa.difosfat dengan memakai energi sebesar 2 molekul ATP. maka proses fermentasi dapat berlangsung.

Sebagai agen penyakit tanaman misalnya. D. Deswaty.blogspot.com/ http://media. immuno-tertindas. 2001). Menyebabkan infeksi oportunistik dari diabetes. Srikini. Parasit pada amoeba. Dalam buku Mikologi dan Dasar Terapan Oleh Indrawati Gandjar dkk. Pathogen serangga yang dapat menyebabkan penyakit wabah besar Parasit pada jamur Basidimycota Sejumlah spesies digunakan dalam fermentatios. Biologi Jilid 1.com/ ( 18 oktober 20 PENDAHULUAN Latar belakang Terdapat sekitar 30000 spesies basidiomycota yang telah diketahui. Bambang. S. http://zigomicotakelompok4. A. Furqanita. Sri. infeksi virus dan dikompromi immuno-pasien (de Hoog dkk. seperti Rhizopus oligosporus yang dimanfaatkan dalam pembuatan tempe.com Anonim.wiley. 2009.allergy-details. (kirk et al. Jakarta:Erlangga Setiawati. dan Actinomucor elegans di Cina untuk pembuatan keju atau sufu (Hesseltine 1991). jamur dari divisio basidiomycota memiliki 25000 spesies. Beberapa jenis memiliki dampak negatif ekonomi pada manusia menyebabkan buah-buahan terutama strawberry oleh Rhizopus stolonifer. Tetty. Gambar: Strawberry dengan miselium rhizopus DAFTAR PUSTAKA Pratiwi. yaitu basidium. Maryati. asosiasi ini dianggap commensalistik. Foto thallus dari Genistellospora homothallica (Harpellales) • • • • • bearing trichospores yang melekat pada kutikula hindgut dari Chili blackfly. 2005. Kelompok . Basidiomycota hidup sebagai dekomposer pada kayu atau bagian lain tumbuhan. Bandung: AZKA http://www. Kelompok fungi basidiomycota ini sering disebut jamur oleh orang awam karena banyak jenis – jenis yang karpusnya (tubuh buahnya) besar dan dapat dilihat dengan kasat mata. Biologi Interaktif. Choanephora cucurbitarum yang menyebabkan bunga cucurbita membusuk.berbahaya dan tidak bermanfaat bagi hewan inang. Menurut Campbell (1998 : 579). dan 37% diantaranya termasuk golongan jamur atau Fungi. Nama dari divisio ini diambil dari bentuk diploid yang terjadi pada siklus hidupnya. 2006. Zigomycota. 2000). Suharno.

Hymenomycetes. yaitu : • • • Urediniomycetes. dan setengah lingkaran. dan Falmmulina velutipes. Tujuan Penulisan Tujuan penyusunan makalah ini adalah memberikan informasi tentang reproduksi. Bentuk jamur ini ada yag seperti payung. yang umumnya adalah patogen pada tanaman. Perkembangbiakan secara aseksual (vegetatif) biasa dilakukan dengan konidium. dan mutualisme 5. kuping. 2001). parasit. Reproduksi secara aseksual dengan cara menghasilkan konidia. Reproduksi pada jamur ini terjadi secara seksual dan secara aseksual. Hidupnya saprofit. Dan yang secara seksual terjadi perkawinan antara hifa yang berbeda jenis. agar pembaca mengetahui bahwa kelompok jamur Basidiomycota ini merupakan kelompok jamur yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari (meskipun pada kelompok ini terdapat jamur yang merugikan bagi manusia). dan Ustilaginomycetes (Sjamsuridzal. Pleurotus flabellatus. lembaran – lembaran yang berliku – liku atau bulat 4. Basidiomycota terdiri dari anggota mikro maupun makro.tersebut (yang memiliki tubuh buah besar) dipakai istilah cendawan. Hyfanya bersekat 3. Umumnya anggota basidiomycota berukuran makroskopis 2. habitat. Banyak di antara cendawan (mushrooms) sudah dimanfaatkan oleh manusai misalnya Agaricus bisporus. dll. Dkk. Memiliki tahapan diploid sementara . pertunasan dan fragmentasi miselium dan secara seksual dengan basidiospora yang dibentuk oleh basidium 6. bahkan ada racun yang dapat mematikan. Miselia dikariotik berumur panjang 7. Memiliki tubuh buah (basidiokarp) berbentuk panjang. Sedangkan basidiomycota yang makro adalah Basidiomycota memiliki tubuh buah (basidiokarp) yang besar sehingga mudah untuk diamati. Basidiomycota yang mikro adalah basidiomycota yang basidiokarpnya kecil dan halus. BAB II PEMBAHASAN Karakteristik Umum Ciri-ciri basidiomycota 1. akan teteapi banyak juga yang beracun. misalnya Amanita sp. Filum basidiomycota dibagi ke dalam tiga kelompok utama.

Reproduksi Reproduksi jamur ini terjadi secara aseksual maupun seksual. yaitu spora basidium (basidiospora). Bentuk basidiokarp bermacam-macam. Gambar. reproduksi seksual Basidiomycotina terjadi melalui perkawinan antara hifa yang berbeda jenis menghasilkan spora seksulal (spora generative). Jenis lainnya ada yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan membentukmikoriza. Struktur tubuh Basidiomycota adalah jamur multiseluler yang hifanya bersekat. Jamur yang parasit hidup pada organisme inangnya.8. merang padi. Jalinan hifa generatif ada yang membentuh tubuh buah dan ada yang tidak. Seperti Zygomycotina dan Ascomycotina. kuping. Hifa vegetatif basidiomycota terdapat dalam substratnya (tempat hidupnya). Reproduksi aseksual yaitu dengan cara membentuk spora konidia. misalnya seperti paying. Pada bagian bawah tudung basidiokarp terdapat lembaran-lembaran (bilah). Kedua hifa ini saling bersinggungan. Tubuh buah disebut basidiokarp Basidiokarp berukuran makroskopik sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang. Basidiospora merupakan spora generative. Basidiokarp ada yang memiliki batang dan ada yang tidak. tanah. . Misal pada kulit kayu. Habitat jamur yang saprofit pada sisa – sisa makhluk hidup misalnya serasah daun di tanah. Reproduksi Seksual Basidiomycotina Penjelasan : • • • Hifa (+) dan hifa (-) yang berinti haploid (n) berkecambah dari basidiospora. misalnya serasah daun di tanah. Tahapan reproduksi seksual pada Basidiomycotina adalah sebagai berikut. dan serasah daun. Hifa haploid dikariotik akan tumbuh menjadi miselium haploid dikariotik. Jenis lainnya ada yang bersimbiosis dengan akar tumbuhan membentuk mikoriza. Habitat Jamur Basidiomycotina umumnya hidup sebagai saprofit pada sisa-sisa makhluk hidup. Plasmogami terjadi antara hifa (+) dan hifa (-) sehingga inti salah satu hifa pindah ke hifa lainnya membentuk hifa dengan dua inti haploid (n) yang berpasangan (dikariotik). misalnya tumbuhan dan manusia. Pada lembaran ini terbentuk banyak basidium yang akan menghasilkan spora basidium (basidiospora). Sedangkan jamur yang bersifat parasit hidup pada organisme inangnya seperti tumbuhan dan manusia. dan batang pohon mati. atau setengah lingkaran. merang padi dan pohon yang mati.

Satu inti haploid pada basidium kemudian masuk ke dalam salah satu sterigma dan berkembang menjadi basidiospora.• • • • • • Miselium dikariotik tumbuh dan membentuk badan buah yang disebut basidiokarp. akan tumbuh menjadi hifa yang haploid. PERAN BASIDIOMYCOTA • Yang menguntungkan manusia Nama Jamur Jamur kuping (Auricularia polytricha) Jamur merang Peran Dapat dimakan No 1 2 (Volvariella volvacea) Jamur shitake 3 (Lentinulla edodes) Jamur kayu 4 (Ganoderma) • Dapat dimakan Dapat dimakan Sebagai obat atau makanan suplemen Yang merugikan Nama Jamur Jamur karat (Puccinia graminis) Puccinia arachidis Ustilago maydis Amanita ocreata Amanita phalloides Amanita muscaria Peran Merupakan parasit pada daun tanaman pertanian Parasit pada kacang tanah Parasit pada jagung Beracun jika dimakan Beracun jika dimakan Dapat menyababkan halusinasi jika dimakan No 1 2 3 4 5 6 . Jika basidiospora terlepas dari basidium dan jatuh pada tempat yang sesuai. Pada ujung-ujung hifa basidiokarp terjadi kariogami sehingga membentuk basidium yang berinti diploid (2n). Inti diploid dalam basidium akan membelah secara meioisis menjadi empat inti yang haploid (n). Basidium membentuk empat tonjolan yang disebut sterigma pada ujungnya.

html http://id. maupun manusia.gov/Main/docs. Namun. beberapa jenis jamur ada yang dapat menyebabkan penyakit. Berikut ini beberapa contoh jamur yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan Daftar pustaka Buku Mikologi dan Dasar Terapan Oleh Indrawati Gandjar dkk.com/2009/05/basidiomycotina. Sebagian jenis jamur ada yang dapat dimakan sebagai sumber protein. dan glikogen. Daftar Gambar Amanita muscaria Auricularia polytricha Amanita ocreata Amanita phalloides Ganoderma Puccinia graminis Lentinulla edodes Volvariella volvacea Puccinia arachidis Gambar siklus hidup Puccinia graminis BAB III PENUTUP Kesimpulan Jamur sangat berperan dalam kehidupan manusia. Beberapa jenis lainnya dapat dimanfaatkan dalam industri makanan dan minuman dengan melalui proses fermentasi. tidak sedikit kerugian yang ditimbulkannya terhadap hasil pertanian.htm?docid=991 . hewan.wikipedia. Akibat serangan jamur. http://basidiomicota.blogspot. baik pada tumbuhan. Buku biologi 1 Oleh Diah Aryulina Choirul Muslim.usda. lemak.ars.Terdapat beberapa jenis jamur Basidiomycotina yang mempunyai tubuh buah yang sulit dibedakan antara beracun dan tidak beracun. Jamur bersama bakteri berperan dalam menguraikan sampah organik hingga menjadi bentuk sederhana. Di dalam ekosistem. jamur sangat berguna sebagai organisme dekomposer (pengurai). dkk.org/wiki/Basidiomycota http://www. sehingga lebih baik jangan memakan jamur yang belum diketahui dapat dimakan atau tidaknya.

Yang termasuk kelas Plectomycetes adalah Aspergillus dan Penicillium. Beberapa jenis Saccharomyces antara lain: 1) Saccharomyces cerevisiae. antara lain: a. Reproduksi seksual membentuk askospora di dalam askus. juga disebut khanir raja yang berguna dalam pembuatan roti dan alcohol. tubuhnya terdiri dari sel bulat atau oval yang dapat bertunas sehingga terbentuk rantai sel atau hifa senu. Kelas Plectonycetes Kelas ini bercirikan adanya askokarp berbentuk bola yang disebut kleistotesium. tidak mempunyai hifa. A. B.ascomycotina Divisi Ascomycota Divisi ini bercirikan talus yang terdiri dari miselium bersepta. Ada yang hidup sebagai parasit. 2) tuac. .Askus tanpa askokarp b. Kelas Hemiascomycetes Kelompok jamur ini tidak membentuk askokarp. Askus-askus tersebut berkumpul dalam suatu badan yang disebut askokarp.Askus yang askokarpnya berbentuk bola tanpa ostiulum disebut kleistotesium. mempermentasi buah anggur menjadi anggur manuman. Contoh anggota Hemiascomycetes adalah khamir Saccharomyces. bekerja mengubah air nira(legen) menjadi tuak. Kelompok ini ada yang saprobe. c. Reproduksi aseksual kedua jamur ini adalah dengan pembentukkan konnidium dalam rantai pada konidiofor.Askus yang askokarpnya berbentuk botol dengan leher dan memiliki ostiulum disebut peritesium. Ada bermacam-macam askus tersebut digunakan sebagai dasar klasifikasi tingkat kelas. Struktur umum Bentuk askus ada bermacam-macam. 3) Saccharomyces ellipsoideus. yang menimbulkan penyakit pada tumbuhan. Sedangkan reproduksi seksualnya dengan spora yang dibentuk dalam askus. d. parasit atau hipeparasit.Askus yang askokarpny berbentuk deperti mangkok disebut aposetium. khamir roti atau khamir bir.

3) Aspergillus niger. 6) Aspergillus soyae. Kelas Pyrenomycetes Ciri khas yang dimiliki adalah askokarp berbentuk khusus yang dilengkapi dengan ostiolum (lubang untuk melepas askus dan askospora). 3)Penecillium italicum dan P.52 . b. daging yang sudah diolah. kacang-kacangan dan lain-lain. butiran padi. untuk pembuatan kecap. Kapang ini benyak terdapat pada kacang tanah dan makanan yang terbuat darinya. banyak terdapat pada bahanbahan organik dan sebagai saprofit. Penicillium Kapang multiseluler ini mempunyai miselium bersekat-sekat. Jenis-jenis Aspergillus antara lain: 1) Aspergillus fumigates. chrysogenum penghasil zat antibiotik (penisilin) yang ditemukan tahun 1929 oleh Alexander Fleming. 4) Aspergillus oryzae. requefort dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas keju. Koloninya berwarna abu-abu. maka disebut “Yellow rice” C. penghasil flatoksin yang diduga sebagai penyebab penyakit kanker hati. 4)Penecillium axpansup. parasit pada telinga menyebabkan outomikosis. seperti pada roti. 5)Penecillium islandicum merusak beras sehingga menjadi kuning. Ujung konidiofornya tidak melebar melainkan bercabang-cabang tadi. kuning atau cokelat. misalnya sebagai berikut: 1)Penecillium notatum dan P. Tubuh buah seperti itu disebut peritesium. menghasilkan asam sitrat. 5) Aspergillus nidulan. digitatum perusak buah jeruk masing-masing dinamai juga kapang biru dan kapang hijau.Siklus hidup a. Penicillium. menyebabkan buah apel membusuk ditempat penyimpanan. 2)Penecillium cammemberti dan P. bersifat parasit yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan unggas 2) Aspergillus flavus. Diposkan oleh our work di 22. hitam. untuk merombak zat pati dalam pembuatan minuman berakohol. yang dapat berwarna cerah atau gelap. Aspergillus Aspergillus hidup sebagai saproba pada bermacam-macam bahan organik.

htm Ascomycota Pengikut Arsip Blog • ▼ 2009 (1) o ▼ Mei (1)  ascomycotina Mengenai Saya Kelompok 4 Embriologi Hewan .html http://faculty.palaeos.org.com/Fungi/Ascomycota/Ascomycota.0 komentar: Poskan Komentar Beranda Langgan: Poskan Komentar (Atom) Link Sumber • • • • http://www.fungionline.sparknotes.html http://www.uk/7sexual/6ascomyco.rhtml http://www.ircc.cc.us/FACULTY/TFischer/micro%20resources.fl.com/biology/microorganisms/fungi/section2.

Askus yang askokarpnya berbentuk bola tanpa ostiulum disebut kleistotesium. Lihat profil lengkapku ascomycotina Divisi Ascomycota Divisi ini bercirikan talus yang terdiri dari miselium bersepta. tidak mempunyai hifa.Askus tanpa askokarp b. 3) Saccharomyces ellipsoideus. Beberapa jenis Saccharomyces antara lain: 1) Saccharomyces cerevisiae. Struktur umum Bentuk askus ada bermacam-macam. c. Contoh anggota Hemiascomycetes adalah khamir Saccharomyces. tubuhnya terdiri dari sel bulat atau oval yang dapat bertunas sehingga terbentuk rantai sel atau hifa senu.Askus yang askokarpnya berbentuk botol dengan leher dan memiliki ostiulum disebut peritesium. bekerja mengubah air nira(legen) menjadi tuak.Askus yang askokarpny berbentuk deperti mangkok disebut aposetium. khamir roti atau khamir bir. antara lain: a. Ada bermacam-macam askus tersebut digunakan sebagai dasar klasifikasi tingkat kelas. A. Ada yang hidup sebagai parasit. B. Kelas Plectonycetes .Pemilik Blog Ini adalah Kelompok 4 Embriologi Hewan. 2) tuac. Reproduksi seksual membentuk askospora di dalam askus. Mudah-mudahan dengan adanya blog ini bisa bermanfaat bagi kami dan bagi semua yang melihatnya. Kelas Hemiascomycetes Kelompok jamur ini tidak membentuk askokarp. juga disebut khanir raja yang berguna dalam pembuatan roti dan alcohol. mempermentasi buah anggur menjadi anggur manuman. d. yang menimbulkan penyakit pada tumbuhan.

kuning atau cokelat. chrysogenum penghasil zat antibiotik (penisilin) yang ditemukan tahun 1929 oleh Alexander Fleming. penghasil flatoksin yang diduga sebagai penyebab penyakit kanker hati. banyak terdapat pada bahanbahan organik dan sebagai saprofit. Siklus hidup a. Kelas Pyrenomycetes Ciri khas yang dimiliki adalah askokarp berbentuk khusus yang dilengkapi dengan . Askus-askus tersebut berkumpul dalam suatu badan yang disebut askokarp. maka disebut “Yellow rice” C. 4) Aspergillus oryzae. parasit pada telinga menyebabkan outomikosis. Sedangkan reproduksi seksualnya dengan spora yang dibentuk dalam askus.Kelas ini bercirikan adanya askokarp berbentuk bola yang disebut kleistotesium. parasit atau hipeparasit. untuk pembuatan kecap. bersifat parasit yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan unggas 2) Aspergillus flavus. 3) Aspergillus niger. 5) Aspergillus nidulan. Penicillium Kapang multiseluler ini mempunyai miselium bersekat-sekat. menghasilkan asam sitrat. Yang termasuk kelas Plectomycetes adalah Aspergillus dan Penicillium. 3)Penecillium italicum dan P. 4)Penecillium axpansup. Kapang ini benyak terdapat pada kacang tanah dan makanan yang terbuat darinya. Penicillium. 2)Penecillium cammemberti dan P. kacang-kacangan dan lain-lain. Kelompok ini ada yang saprobe. seperti pada roti. untuk merombak zat pati dalam pembuatan minuman berakohol. Koloninya berwarna abu-abu. b. 5)Penecillium islandicum merusak beras sehingga menjadi kuning. 6) Aspergillus soyae. hitam. Reproduksi aseksual kedua jamur ini adalah dengan pembentukkan konnidium dalam rantai pada konidiofor. digitatum perusak buah jeruk masing-masing dinamai juga kapang biru dan kapang hijau. misalnya sebagai berikut: 1)Penecillium notatum dan P. Ujung konidiofornya tidak melebar melainkan bercabang-cabang tadi. menyebabkan buah apel membusuk ditempat penyimpanan. butiran padi. Aspergillus Aspergillus hidup sebagai saproba pada bermacam-macam bahan organik. requefort dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas keju. daging yang sudah diolah. Jenis-jenis Aspergillus antara lain: 1) Aspergillus fumigates.

ircc.uk/7sexual/6ascomyco.52 0 komentar Beranda Langgan: Entri (Atom) Link Sumber • • • • http://www. Tubuh buah seperti itu disebut peritesium.us/FACULTY/TFischer/micro%20resources.palaeos. yang dapat berwarna cerah atau gelap.html http://faculty. Diposkan oleh our work di 22.rhtml http://www.org.fungionline.cc.sparknotes.htm Ascomycota Pengikut Arsip Blog • ▼ 2009 (1) o ▼ Mei (1)  ascomycotina Mengenai Saya Kelompok 4 Embriologi Hewan .fl.html http://www.com/Fungi/Ascomycota/Ascomycota.com/biology/microorganisms/fungi/section2.ostiolum (lubang untuk melepas askus dan askospora).

dari lendir tersebut muncul bentukan menjulur ke atas. misal di tubuh serangga yang tergenang air. sehingga jamur mengambil makanan dari lingkungannya ( heterotrof ). Jamur yang berbentuk seperti payung misalnya jamur merang. Mudah-mudahan dengan adanya blog ini bisa bermanfaat bagi kami dan bagi semua yang melihatnya. atau bingkai binatang. atau pada serasah daun di hutan. Tubuhnya terdiri dari satu sel atau berbentuk benang yang disebut hifa. Jamur yang hidup parasit misalnya jamur panu yang hidup parasit pada kulit manusia. Perkembangbiakkan Jmur . Jamur Air ( Oomycota ) Disebut jamur air karena hidup di air. Jamur tempe ( rhizopus ) atau jamur oncom ( neurospora ) mempunyai hifa. Tubuh jamur terdiri dari kumpulan miselium. jamur merang. Jamur ini membentuk spora kembara ( zoospora ). Hifa tumbuh bercabang – cabang membentuk anyaman yang disebut miselium. Yang hidup secara saprofit banyak dijumpai di atas tanah. Tiga sampai lima hari akan muncul bentukan seperti serabut kapas dari serangga tersebut. dan jamur karat. Lihat profil lengkapku amur Posted on 10 September 2009 by jar Jamur Lendir ( Myxomycota ) Disebut jamur lendir karena bentuknya menyerupai lendir yang sering terdapat pada sampah kayu lapuk. Contoh jamur saprofit adalah jamur kayu. sedangkan jamur yang berbentuk lembaran misalnya jamur kuping. Kitin adalah zat pada kulit udang dan kepiting. jamur kuping. kayu lapuk. Contohnya saprolegnia. Jamur hidup secara saprofit atau parasit. Ciri – ciri Jamur Jamur ( fungi ) termasuk makhluk hidup eukariot yang tidak berklorofil. membentuk spora. Lendir tersebut merupakan protoplasma tanpa dinidng sel. contohnya saccharomyces. Bentuk tubuh jamur bermacam – macam. Jamur tidak berfotosintesis. Hifa jamur tempe atau oncom tampak seperi serabut kapas.Pemilik Blog Ini adalah Kelompok 4 Embriologi Hewan. Ciri khas lainnya adalah dinding sel jamur tarsusun atas zat kitin. Tubuh jamur yang terdiri dari satu sel misalnya jamur ragi ( khamir ). Letakkan seekor serangga ( lalat. belalang ) di dalam gelas berisi air dan simpan. Spora dapat tersebar oleh angin dan jika sampai ke tempat sesuai akan tumbuh menjadi jamur lendir baru. Jika sudah cukup tua.

Warnanya dapat merah. Jamur ini dapat berkembang biak secara aseksual dan seksual. Ascomycota menghasilkan spora sebagai hasil dari perkembangbiakkan seksual. Klasifikasi Jamur Jamur dapat diklasifikasikan berdasarkan hifa dan alat reproduksinya. Di dalam sporangium terdapat spora. ascomycota. yaitu secara aseksual ( vegetatif ) dan secara seksual ( generatif ). Jamur yang demikian dikelompokkan dalam subdivisi deuteromycota yang berarti jamur tak tentu. atau hijau. Hifa jamur ini bersekat melintang. . Zigot tumbuh menjadi tubuh buah. Perkembangbiakan aseksual adalah perkembangbiakan tanpa adanya pertemuan sel kelamin jantan dan betina. Jamur memiliki kotak spora yang disebut sporangium. Contoh jamur yang membentuk spora adalah rhizopus. Spora tersebut dapat tumbuh menjadi hifa baru. Perkembangbiakan seksual terjadi dengan meleburnya dua hifa dari jamur berbeda untuk membentuk zigot. cokelat. dan apel. Jika tempe disimpan beberapa hari. Contoh jamur yang membentuk tunas adalah saccharomyces. Contoh yang lain adalah mikroriza. Ascomycota dapat ditemukan pada makanan yang busuk. Jamur dibedakan menjadi empat subdivisi. Hifa jamur dapat terputus dan setiap fragmen dapat tumbuh menjadi hifa baru. 1. Ascomycota dapat mengakibatkan penyakit tanaman. yaitu zygomycota. Subdivisi Zygomycota ( Jamur Zigot ) Jamur tempe rhizopus merupakan contoh jamur subdivisi zygomycota. Subdivisi Ascomycota ( Jamur Askus ) Ascomycota disebut juga jamur kantong. basidiomycota dan deuteromycota. Di dalam kantong terdapat 8 spora. yaitu jamur yang hidup bersimbiosis mutualisme dengan akar tanaman tingkat tinggi. misalnya pada kacang. Saat ini masih terdapat jamur yang belum diketahui cara reproduksi seksualnya.Cara perkembangbiakan jamur dapat dibedakan menjadi dua macam. Caranya dengan membentuk spora. Spora terdapat di dalam askus yang menyerupai kantong. dari hifa jamur tampak serbuk berwarna kehitaman. stroberi. 2. Serbuk tersebut adalah spora jamur yang keluar dari kotak spora. Ada pula ascomycota yang digunakan untuk industri kecap dan tahu. bertunas. Pada manusia dan hewan lainnya. atau fragmentasi hifa. ascomycota dapat mengakibatkan penyakit kaki atlet dan infeksi mulut.

sebagai hasil perkembangan dari zigot. tape. Subdivisi ini sebenarnya bukan merupakan subdivisi sesungguhnya. Tumbuhan yang tergolong tumbuhan tak berpembuluh angkut adalah divisi lumut ( bryophyta ). Spora ( basidiospora ) yang jumlahnya empat berada di luar basidium. Pembuluh angkut adalah jaringan yang berfungsi mengalirkan makanan dari akar ke daun atau dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Jika kemudian diketahui perkembangbiakan seksualnya. Spora dapat disebarkan angin dan jika jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi hifa baru. Subdivisi Basidiomycota ( Jamur Basidium ) Jamur merang. meneliti dan menemukan bahwa jamur ini mampu berkembang biak secara seksual dan menghasilkan askus. Kemudian. jamur oncom dahulu dimasukkan deuteromycota dengan nama monilia sitophyla. jamur tersebut dikeluarkan dari deuteromycota dan dimasukkan ke ascomycota dengan nama baru neurospora sitophyla atau neurospora crassa. tetapi hanya merupakan kelompok sementara. Tumbuhan Tak Berpembuluh Angkut . Bentuk jamur ada yang seperti payung atau tudung. dan jamur kayu merupakan contoh dari jamur subdivisi basidiomycota. Neurospora crassa : jamur oncom digunakan untuk membuat oncom. jamur kuping. Zigot dihasilkan oleh perkawinan antara hifa positif dan negatif. dimanfaatkan untuk membuat roti. Di sebelah dalam payung terdapat “sisir” atau “bilah” yang mengandung basidium.Contoh ascomycota : 1. Jamur ini berwarna jingga. Kerajaan Tumbuhan Kerajaan tumbuhan dibedakan atas tumbuhan tak berpembuluh angkut dan tumbuhan berpembuluh angkut. Karenanya. Sedangkan yang tergolong tumbuhan berpembuluh angkut adalah divisi tracheophyta. Sebagai contoh. salah seorang peneliti dari Malang. Tubuh buah menghasilkan spora/ spora terdapat pada basidium. Dwidjoseputro. Tubuh jamur berupa tubuh buah. maka jamur tersebut dikeluarkan dari deuteromycota dan dimasukkan ke salah satu subdivisi yang ada. Jamur basidiomycota terdiri dari kumpulan benang miselium yang berkelompok membentuk tubuh jamur. dan bir. 2. Jamur basidiomycota umumnya berukuran makroskopik ( dapat dilihat dengan mata ). Saccharomyces cerevisiae : ragi. Subdivisi Deuteromycota Jamur panu ( tinea versicolor ) tergolong deuteromycota. Hifanya bersekat melintang. Jamur ini jika diamati dengan mikroskop tampak seperti untaian kalung ( monel ).

Sphagnum dikenal sebagai moss. yaitu secara aseksual dan seksual. Peleburan sel telur dan sperma menghasilkan zigot. Misalnya di atas tebing. termasuk lumut sejati. Sperma tersebut mempunyai flagela dan bergerak menuju ovum dengan perantara air. ada yang seperti lembaran daun. Anteridium menghasilkan sel sperma. ( tumbuhan penghasil spora ). misalnya air hujan. kulit kayu. misalnya anthoceros 3. Contoh lumut yang koloninya berbentuk seperti beledu hijau adalah polytrichum. sedangkan arkegonium menghasilkan sel telur. Tumbuhan Berpembuluh Angkut . tangkai. sedangkan lumut betina mempunyai arkegonium. Kelas lumtu tanduk ( antocerotopsida ). ada yang seperti panu pada kulit pohon. Koloni lumut ada yang seperti beledu hijau menempel pada tanah atau tebing. Sedangkan di tebing – tebing banyak dijumpai talus lumut berbentuk lembaran pipih seperti daun. dan makanan ke jaringan lain. tetapi mempunyai akar semu atau rizoid. Lumut jantan mempunyai anteridium. Kelas lumut sejati ( bryopsida ). Divisi Lumut ( Bryophyta ) Ciri – ciri Lumut Lumut tidak memiliki akar sejati. ada pula yang bergelantungan dari atas pohon. Klasifikasi Lumut Divisi lumut ( bryophyta ) dibedakan menjadi 3 kelas. Spora berkecambah membentuk protonema. misalnya polytrichum yang berbentuk beledu hijau dan sphagnum yang hidup di pohon. Zigot membelah dan berkembang menjadi sporofit.Tumbuhan tak berpembuluh angkut adalah tumbuhan yang tidak memiliki jaringan pengangkut khusus untuk mengalirkan air. Lumut dapat dijumpai dilingkungan sekitar kita. Yang tergolong tumbuhan tak berpembuluh angkut adalah lumut. Perkembangbiakan Lumut Lumut berkembangbiak dengan dua cara. Sporangium menghasilkan spora dan kemudian siklus kembali terulang. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan melalui peleburan gamet jantan dan betina. dan sporangium. yaitu : 1. misalnya marchantia. tembok basah. misalnya marchantia yang berbentuk lembaran – lembaran 2. Protonema tumbuh menjadi gametofit ( tumbuhan penghasil gamet ) jantan atau betina. Sporofit terdiri atas kaki. Dalam perkembangbiakan lumut terjadi pergiliran keturunan sebagai berikut. yang disebut lumut hati. Kelas lumut hati ( hepaticopsida ). mineral. dan di atas pohon. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan melalui fragmentasi dan pembentukan tunas.

Ciri – ciri Tumbuhan Paku Ciri utama tumbuhan paku adalah daun yang muda menggulung. spora tumbuh menjadi protalium berbentuk lembaran seperti bentuk jantung. Ikatan pembuluhnya berupa xilem dan floem. Di pegunungan terdapat paku yang berbentuk seperti pohon palem yaitu alsophilla. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan menghasilkan spora. dan daun. Karena itu tumbuhan paku disebut fase sporofit. misalnya paku pohon. Protalium mempunyai klorofil dan berukuran 3 cm . Ada pula paku yang hidup menempel di pohon. Daun tumbuhan paku yang mempunyai sorus disebut daun fertil ( subur ) atau sporofil. Divisi tracheophyta dibedakan menjadi subdivisi pteridophyta ( tumbuhan paku ) dan spermatophyta ( tumbuhan biji ). Sebaliknya. Batang tumbuhan paku umunya tumbuh di bawah tanah. batang. Jika jatuh di tempat lembab. Tumbuhan Paku ( Pteridophyta ) Tumbuhan paku hidup di habitat yang lembab. Tumbuhan biji dibedakan menjadi gymnospermae ( tumbuhan biji terbuka ) dan angiospermae ( tumbuhan biji tertutup ). Tumbuhan paku memiliki akar. Akan tetapi ada juga yang batangnya tumbuh di atas tanah. Contoh paku yang hidup di tanah basah adalah semanggi ( marsilea crenata ). dan daun sejati. Spora dihasilkan oleh fase tumbuhan paku. baik di tanah. yaitu pembuluh kayu ( xilem ) dan pembuluh tapis ( floem ). Di permukaan bawah daun terdapat bintik berwarna cokelat tua yang disebut sorus. Tumbuhan pembuluh angkut merupakan ciri khas tumbuhan darat. batu. sedangkan contoh yang hidup di air adalah kayu apu ( azolla pinnata ). ikatan pembuluh tampak sebagai tulang – tulang daun. batang. Di daun. Perkembangbiakan Tumbuhan Paku Perkembangbiakan terjadi secara aseksual dan seksual secara bergiliran. Misalnya simbar menjangan dan picisan. jaringan pengangkut dibedakan menjadi dua macam. Xilem adalah jaringan pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Berdasarkan fungsinya. Kotak spora terkumpul di dalam wadah yang disebut sorus. Spora dihasilkan didalam kotak spora ( sporangium ). Jaringan pengangkut itu berbentuk pembuluh ( pipa ). Ikatan pembuluh terdapat pada akar. di tepi sungai atau di pohon. Batangnya dapat digunakan sebagai tempat unutk memelihara anggrek. Sedangkan floem berfungsi mengangkut bahan makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan yang memerlukannya. daunyang tidak mempunyai sorus disebut daun steril ( mandul ).Tumbuhan berpembuluh angkut ( divisi tracheophyta ) adalah tumbuhan yang memiliki jaringan pengangkut khusus.

KAPANG .sampai 5 cm. demikian seterusnya daur akan berulang. ZYGOMICOTINA 2. Contoh: • • • • Rhizopus oligoporus (jamur tempe).ASCOMICOTINA 3. Reproduksi aseksual dan seksual. Hifa berfungsi untuk menyerap makanan. Karena itu protalium disebut fase gametofit. Rhizopus nigricans. Zigot tumbuh menjadi tumbuhan paku baru. Tumbuhan paku akan menghasilkan spora.biasa digunakan untuk membuat oncom putih dan tempe Rhizopus oryzae untuk membuat tempe Rhizopus nigricans pada tomat dan mampu menghasilkan asam fumarat Rhyzopus stolonifer pada roti basi • Reproduksi Zygomycotina Aseksual . 2. 3. sisa tumbuhan dan hewan Miselium berkembang dalam substrat •Mucor javanicus untuk pembuatan tape •Rhizopus pada tape dan tempe. Hifa tidak bersekat dan bersifat koenositik (mempunyai beberapa inti). Mucor mucedo dan Pilobolus -pada kotoran ternak. sedangkan arkegonium menghasilkan ovum.roti. BASIDIOMICOTINA 4. Pertemuan sperma dan ovum menghasilkan zigot.JAMUR KLASIFIKASI JAMUR 1. 4. Anteridium menghasilkan sperma. Protalium menghasilkan anteridium dan arkegonium yang emnghasilkan sel gamet. DEUTEROMICOTINA Zygomycotina Zigomycotina memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1.memiliki kemampuan memecah protein dan lemak. yang disebut rhizoid. Dinding sel tersusun dari kitin.

2. Bersel satu atau bersel banyak. Inti haploid gametangium melebur membentuk zigospora diploid. Seksual 1.1. 3. 4. Tubuh jamur terdiri dari rhizoid. Hifa bercabang-cabang membentuk miselium. 4. Zigospora berkecambah tumbuh menjadi sporangium. Spora haploid keluar. 3. sporangiofor dengan sporangiumnya 5. Di dalam sporangium terjadi meiosis dan menghasilkan spora haploid. 2. 5. antara lain: 1. Hifa bersekat-sekat dan di tiap sel biasanya berinti satu. Dua ujung hifa berbeda. 2. Beberapa jenis Ascomycotina dapat bersimbiosis dengan ganggang hijau dan ganggang biru membentuk lumut kerak. Ujung hifa membentuk gelembung sporangium yang menghasilkan spora. jika jatuh di tempat cocok akan tumbuh menjadi hifa. Sporangium menghasilkan spora baru. Perhatikan siklus hidup micotina ini Ascomycotina Ascomycotina memiliki ciri-ciri. Bila spora jatuh di tempat yang cocok akan tumbuh menjadi hifa baru. Kedua ujung hifa menggelembung membentuk gametangium yang terdapat banyak inti haploid. 4. yaitu suatu sel yang berupa gelembung atau tabung tempat . Mempunyai alat pembentuk spora yang disebut askus. yaitu hifa– dan hifa+ bersentuhan. 3.

untuk pembuatan antibiotik penisilin. • Seksual • Bersel satu 1. 4. karena daur hidup seksualnya hanya sebentar. • Bersel banyak 1. Zigot membesar menjadi askus. untuk pembuatan roti. misalnya pada Penicillium. berfungsi sebagai gametangia).terbentuknya askospora. untuk penelitian genetika. Konidiospora. . Neurospora crassa. misalnya pada Sacharomyces cereviceae. Contoh: • • • • • Sacharomyces cereviceae. Di dalam askus terbentuk delapan askospora yang tersusun dalam dua jalur atau satu jalur. Aseksual • • Bersel Satu (Uniselluler) Dengan membentuk tunas. untuk pembuatan oncom. untuk pembuatan antibiotik penisilin. Askospora merupakan hasil dari reproduksi generatif. yaitu spora yang dihasilkan secara berantai berjumlah empat butir oleh ujung suatu hifa. 6. Hifa membentuk antheridium dan askogonium (oogonium). 3. Di dalam askus terjadi meiosis dan terbentuk empat askospora haploid (n). Reproduksi Ascomycotina Reproduksi dapat dilakukan secara vegetatif (aseksual) dan generative (seksual). menghasilkan zigot diploid (2n). Dinding sel dari zat kitin. hifa tersebut disebut konidiofor. Penicillium notatum. Bersel Banyak (Multiseluler) Dengan konidia (konidiospora). Penicillium chrysogenum. 2. Reproduksi seksual dan aseksual. 5. Neurospora sitophilla. Konjugasi antara dua gametangia (misalnya dua sel Sacharomyces.

4. 2. 4. f. sehingga terbentuk askospora yang haploid. Pada bagian bawah tudung tampak adanya lembaran-lembaran (bilah) yang merupakan tempat terbentuknya basidium. Miselium sekunder. beracun. e. enak dimakan. Mempunyai tubuh buah yang bentuknya seperti payung yang terdiri dari bagian batang dan tudung. Tubuh buah disebut basidiokarp. Volvariella volvacea (jamur merang). antara lain: 1. . 3. Amanita caesarina. g.2. Amanita verma. parasit pada tanaman kacang tanah. c. Puccinia graminis. d. enak dimakan. parasit pada tanaman kedelai Reproduksi Basidiomycotina Reproduksi dapat dilakukan secara vegetatif (aseksual) dan generative (seksual). 3. kemudian mengadakan pembelahan meiosis. yaitu miselium yang terdiri atas miselium sekunder yang terhimpun membentuk jaringan yang teratur pada pembentukan basidiokarp dan basidiofor yang menghasilkan basidiospora. yaitu: 1. Selanjutnya ujung-ujung dikarion membentuk askus. 6. Miselium tersier. Hifanya bersekat. 5. h. Contoh: a. yaitu miselium yang sel-selnya berinti satu hasil pertumbuhan basidiospora. Miselium ada 3 macam. Ganoderma applanatum (jamur kayu). Basidiomycotina Basidiomycotina memiliki ciri-ciri. yaitu miselium yang sel-selnya berinti dua. Askogonium membentuk tonjolan yang disebut trikogen yang menghubungkan antara askogonium dan antheridium. Inti-inti askogonium berpasangan dan inti tersebut membelah membentuk hifa yang berisi satu pasang inti (hifa dikarion= hifa berinti dua). Miselium primer. parasit pada Gramineae. Dua inti sel bersatu. Reproduksi secara seksual dan aseksual. mengandung inti haploid. Auricularia politricha (jamur kuping). b. Puccinia arachidis. Phakospora pachyrhizi. 2. Hifa dikarion kemudian memanjang dan membentuk miselium yang akan membentuk badan buah. 3. enak dimakan.

penyebab panu. 2. 6.Aseksual • Dengan membentuk spora vegetatif berupa konidia atau dengan fragmentasi. 4. Basidiospora yang sudah masak akan terlepas dari basidium dan jika jatuh di tempat yang cocok akan tumbuh menjadi hifa. 3. Hifa+ dan hifa– akan melebur menjadi hifa dikariotik (2 inti). Hifa bersekat dan dinding sel tersusun dari bahan kitin. hidup pada tanaman kentang. 4. 4. menimbulkan ketomb . manusia. Basidium membentuk 4 tonjolan dan masing-masing tonjolan diisi 1 inti haploid yang akan berkembang menjadi spora disebut basidiospora. 2. Ujung-ujung hifa pada basidiokarp menggelembung (disebut basidium) dan dua inti haploid menjadi satu inti diploid. Melazasia fur-fur. Epidermophyton floocosum. Banyak yang bersifat merusak atau menyebabkan penyakit pada hewan-hewan ternak. Inti diploid membelah secara meiosis menjadi 4 inti haploid. penyebab penyakit kurap. 6. 3. hidup pada tanaman tomat. 2. Hifa dikariotik tumbuh menjadi miselium dan akhirnya membentuk tubuh buah (basidiokarp). Terbentuk spora secara vegetatif dan belum diketahui fase kawinnya (jamur tidak sempurna atau imperfekti). Contoh: 1. Seksual 1. Deuteromycotina Ciri-ciri Deuteromycotina 1. Fusarium. 3. Microsporum. menyebabkan kutu air. Epidermophyton. Spora berinti haploid+ dan haploid– tumbuh menjadi hifa+ dan hifa–. Reproduksi aseksual dengan konidium dan seksual belum diketahui. dan tanaman budidaya. Trychophyton tonsurans. 5. 5. Altenaria Sp.

.. asam inti c.VIRUS s/d FUNGI SKL 2 Mengidentifikasi Virus. a. adsorpsi-infeksi-sintesis-perakitan-lisis b. protein b. RNA Jawab A. Protein .. 1. karbohidrat e. adsorpsi-lisis-perakitan-sintesis-infeksi d. adsorpsi-perakitan-infeksi-sintesis-lisis . hanya bisa dibiakkan di mahkluk hidup misalnya embryo telur dll 2. Protista. dan Fungi serta peranannya bagi manusia. Virus tidak tidak bisa dibiakkan pada kaldu atau larutan gula karena ingin mengambil protein untuk dibuat kapsidnya. selubung itu disebut kapsid karena virus hanya mempunyai 1 asam nuclead dalam tubuhnya yaitu DNA atauRNA maka tentu tidak bisa membuat protein karena pembuatan protein harus ada dua komponen asam nuklead yaitu DNA sebagai Arsitek dan RNA sebagai Pelaksana . Tahap-tahap proliferasi virus yang benar adalah.. lemak d. adsorpsi-sintesis-infeksi-perakitan-lisis c. dari hal inilah maka virus selalu berada pada inangnya (mahkluk hidup) ketika melakukan reproduksi. Monera. Selubung (kulit)virus tersusun dari. a.

bebas di dalam Jawab D Transisi benda mati dengan benda hidup terlihat dari sifatnya yang dapat dikristalkan dan Dapat Proliferasi /berkembang biak sebagai hakiki ciri hidup 4. adsorpsi b.. Virus memiliki sifat seperti benda mati (benda tak hidup) pada saat dalam fase. perakitan d. tidak berinti . Proliferasi berbeda dengan membelah diri karena virus tiadak terbelah dirinya urutannya APEAL : Adsorbsi . a. Ciri-ciri organisme prokariotik adalah..e.Penetrasi .Asembling dan Lisis Adsorbsi : menempel Penetrasi / infeksi memasukkan DNA tubuhnya ke inang Eklipase /Sintesis/Replikasi Perbanyakan DNA Asembling /Perakitan Untuk menyatukan DNA dengan protein hingga terbentuk virus baru Lisis menjebol /merusak inang keluar cari inang baru lagi Untuk lebih jelas animasinya lihat skema gambar reprosuksi virus 3.Eklipase .. kristal e.. sintesis c. a. sintesis-adsorpsi-infeksi-perakitan-lisis Jawab A Proliferasi itu sam dengan Replikasi cara berkembang biaknya virus.

lumut dll namun sebagai pertahanan diri bakteri ketika suasana kurang baik dengan membentuk cover tubuhnya dengan lendir/senyawa yang tebal . dinding selnya bukan sellulose namun Peptidoglikan dan perlu diketahui ia tetap bisa buat energi meskipun nggak ada mitrocondria .. mesosom d. Endospora bukan sebagai alat perkembangan layaknya kehidupan jamur . berflagel Jelas jawabannya B karena ganggang hijau biru itu bukan ganggang hijau kelompok protista tetapi ganggang biru (cyanophyta) kelompok Monera satu teman dengan bakteri 7. tidak bermembran inti c. tidak berflagel e. maka ia nggak ada mitocondria . Nostoc b. ribosom b. ketika sudah sesuai akan pecah endospora tersebut O iya Kelompok prokaryotik di dunia ini hanya dua yaitu bakteri dan Ganggang Biru (Cyanobacteria atau Cyanophyta). prokariotik c. lamella fotosintetik Jawab D bakteri (Eubacteria) jenis sel yang prokryotik yang berbeda dengan sel Eukaryotik/ umumnya sel ..b. bersilia e. tidak membentuk endospora Jawab B Ketika sel terjadi Sitokinesis ( sitoplasma terbelah dua)dan sel tidak terjadi Karyokinesis ( inti terbagi dua) maka terbentuk dua sel dimana satu sel dengan inti dan satu sel lainnya tanpa inti ternyata mati. tidak bermembran sel d. Organel yang dapat menghasilkan energi pada bakteri adalah. Chroococcus .. nggak ada membran inti . lainnya intinya dicover membran ( Eukaryotik) 5. bersel satu b.. dinding sel c.. a. mitokondria e.tetapi sebagai energinya nerupa ATP dibuat di mesososm 6. Persamaan antara bakteri dan ganggang hijau biru adalah. a. a.. eukariotik d. Salah satu contoh ganggang hijau biru yang berkoloni adalah.

Sporozoa e.Ciliata.foraminifera. a. stentor . untuk bernafas d.OK 8. Polycystic e. Ciri-ciri hewan tersebut adalah: memiliki satu cambuk. Nitrobacter d. Protista seperti hewan : bisa bergerak namun tak berklorofil . Anabaena Jawab : B . Mastigopora) Rhizopoda : bergerak dengan kaki semu /pseudopoda : amuba . untuk berkembang biak .autotrof 3. Seorang siswa mengamati hewan dengan mikroskop. Ciliata c. mengeluarkan sisa makanan yang cair c. berklorofil . Rhizopoda b. bergerak cepat.Oocyst) ada 2 inang plasmodium yaitu 1. Nitrobacter jelas bukan itu bakteri nitrifikasi yang mengubah nitrit jadi nitrat .Gametosit-Zygot-Ookinet . Protista seperti jamur : menetap tetapi tidak berklorofil . Apakah fungsi vakuola berdenyut / contractil ? a. dan lainnya lihat sendiri berbentuk benang . radiolaria Sporozoa : tanpa alat gerak Plasmodium (penyebab malaria) Ciliata : bergerak dengan cilia (bulu getar): paramaecium.. Siswa tadi berkesimpulan bahwa hewan tersebut tergolong.c. heterotrop Protista Hewan yaitu : Protozoa meliputi RSCM (Rhizopoda. Protista seperti tumbuhan : menetap . terdiri dari satu sel. mengeluarkan sisa makanan yang padat b. Flagellata d. vorticella Mastihopora/Flagelata: bergerak dengan bulu cambuk : Tripanosoma .. pada nyamuk anoples betina : secara sexual /sporogoni yaitu ZOO(binatang-kawin) 2. Leishmania Untuk mempelajari dengan mudah siklus Plasmodium ini keta gunakan istilah S-T-M-G-Z-O-O (Sporozoid-Tropozoid-Merozoid.Sporozoa. pada tubuh manusia : secara asexual/Schyzogoni STM G didarah manusia dan hati Berrikut Cyclusnya Pasmodium 9. Foraminifera Jawab : C Flagelata atau disebut Mastigopora Kingdom Protista dibagi jadi 3 1. untuk peredaran darah e.heterotrop 2.

anteridium . fertilisasi Jawab Sexual / generatif : Prinsipnya menggunakan 2 sel kelamin / atau 2 individu hasil keturunannya dipastikan berbeda dari induknya karena ada perpaduan substnsi genetik : . konjugasi c.fertilisasi jika sudah jelas jenisnya (ada jantan dan betina)ada ovum-sperma. stek . multiplasma e. fragmentasi b. tunas luar .arkegonium dll Lha soal diatas jelas Ganggang yang dimaksud pastilah Spyrogira ya jadinya konjugasi karena mggak ada spyrogira jantan dan betina Asexual /vegetatif Prinsipnya melepaskan bagian tubuhnya (pasti bukan ubicel ini) untuk membentuk individu baru . hormogonium . protoplasma c. pembelahan sel e. gampangnya bagian yang dilepaskan dari tubuhnya itu nanti jadi individu baru .konjugasi jika belum dikenal jenisnya (ingat konjugasi selalu bersel satu) . Ganggang dapat berkembang biak secara seksual yaitu dengan jalan.. Fase vegetatif jamur lendir yang dapat bergerak seperti Amoeba disebut. kebanyakan air Vac contraktil membuang kelebihan airnya dari tubuh sehingga tetap pekat. Fragmentasi . plasmodium d... pembentukan spora d.Jawab B Satu satunya kehidupan yang punya 2 jenis vakuola adalah Paramaecium : 1.non contraktil untuk mencerna makanan dalam bentuk padat 2. gemulae . melepas spora dll Lha kalau bersel satu namanya Membelah diri (dirinya 1 sel dibelah jadi 2) atau kerennya disebut pembelahan Amitosis / pembelahan biner 11. Mikronukleus : untuk reproduksi dalam konjugasi secara sexual 2. untuk jelasnya lihat paramecium Dari pengamatan Juga terlihat Paramaecium punya 2 initi 1. Makronukleus : untuk mengatur metabolisme 10.Vac contractil untuk menyerap air ( osmoregulasi)ya artinya mengatur kepekatan cairan tubuhnya .. multinukleat .Vacuola berdenyut.Vacuola makanan/Vac.regenerasi . a. a. amoeboid b.

menghasilkan konidia. namun dengan klasifikasi modern Whitaker ( 1969)Jamur kingdom sendiri karena tidak berklorofil seghingga heterotrop 13. a. Saccharomyces memiliki kemampuan untuk. Zygomycota Rumus menghafal jamur adalah OZABD(OZZY ABDULAH) O-Z : Jamur yang hifanya tak bersekat ABD : Jamur yang bersekat hifanya OZAB : Jamur yang bisa Sexual dan Asexual Sexual pakai spora yang namanya sesuai nama jamurnya : Zygospora. tetapi belum diketahui reproduksi seksualnya. Fase tubuh buah ( kering): menetap tidak bergerak sperti jamur lainnya menghasilkan sporangium yang didalamnya ada spora : spora . membentuk spora d. Ascomycota c. hifanya ada yang tidak bersekat c.. Telah lama diselidiki jamur mikroskopik yang hifanya bersekat melintang. tidak memiliki klorofil e..Lendir (plasmodium)-Fase kering begitu seterusnya 12. berbentuk lendir 2. a. a. mengubah asam cuka menjadi karbon dioksida . Basidiomycota d. dinding selnya dari kitin atau selulosa b. bersifat autotrof Jamur pada zaman dulu masuk dunia tumbuhan .Askospora. Oomycota b.. mengubah alkohol menjadi asam cuka d. kaya organik. mengubah gula menjadi alkohol b.. mengubah asam cuka menjadi alkohol e. Jamur tersebut digolongkan. Jamur tidak dapat digolongkan ke dalam dunia tumbuhan karena. intinya dua. dan sapropitik jamur ini ada 2 kehidupan 1.. fase Hewan : Plasmodium :bergerak bebas secara gerak amuboid . Basidiospaora) Asexual : Konidiospora D : belum punya fase sexual oleh karena itu disebut Fungi Imperfectii contoh Monilia sitophylla (oncom) 14.Protista seperti Jamur meliputi Mixomicotina dan OOmicotina Myxomicotyna ( Jamur lendir ) bisa ditemui di tempat lembab. mengubah tepung menjadi asam cuka c. Deuteromycota e..

Jenis jamur ini jago bikin alkohol tentu melalui Fermentasi Bahan : Glukosa Produk : Alkohol dan CO2 dan energi 2 atp Suasana : Anaerob jadi Akseptor ion H+ bukan Oksigen sehingga tak menhasilkan H2O Akseptor ion H+ nya Asetaldehide 15. sitoplasma * Cara hidup : heterotrof [saprofit. Tinea versicolor e. Sporozoa 2. c :tauco . b:bir .e: jamur kuping enak dimakan REVIEW PROTISTA CIRI * Sel eukariotik * Mirip hewan. Rhizopoda 3. a. tumbuhan. Aspergillus oryzae d. jamur PROTISTA MENYERUPAI HEWAN [protozoa] CIRI * Ukuran mikroskopis * Bentuk tubuh: tetap & berubah * Memiliki membran sel.. Auricularia polytricha Jawaban Dari namanya bikin kulit menjadi berwarna putih alias Panu a:Antibiotik .. Flagellata 4. Cilliata * Perannya PROTISTA MENYERUPAI TUMBUHAN CIRI * Ukuran : mikroskopis – makroskopis . Penicillium chrysogenum b. Jamur yang bersifat merugikan manusia adalah.parasit] * Reproduksi : seksual [konjugasi] aseksual [biner] * Klasifikasi 1. Saccharomyces cerevisiae c.

Dinding sel tersusun atas selulosa.* Bentuk tubuh tetap.fragmentasi.air tawar. Myxomicota 2. algin * Penyusun sel : uniseluler – multiseluler * Cara hidup : autotrof – fotoautotrof * Reproduksi : seksual [konjugasi.tempat lembab * Klasisfikasi 1.simbiosis. Suatu mikroorganisme yang termasuk filum Protozoa mempnyai cirri – cirri sebagai berikut : hidup sebagai parasit. Phyrophyta PROTISTA MENYERUPAI JAMUR CIRI · Ukuran : mikroskopis – makroskopis · Bentuk tubuh tetap.peleburan gamet] aseksual [biner. Sarcodina 2..fragmentasi.organisme lain. Rhodophyta 5. Dinding sel dari zat kitin · Penyusun sel : uniseluler – multiseluler · Cara hidup : heterotrof [parasit.saprofit] · Reproduksi : seksual [membentuk askus. tidak emmpunyai alat gerak..zoospora. Flagellata 4. silisa.konidia] · Habitat : sampah. Sporozoa 5. Phaeophyta 4. Oomycota PREDIKSI SOAL.zoospora] * Habitat : air laut. 1. Cilliata Jawaban D Alat gerak pada PROTOZOA Rhizopoda : kaki semu [pseudopodia] . Rhizopoda 3. Chrysophyta 3. peptin. Acrasiomycota 3. Chlorophyta 2. Mikroorganisme ini termasuk… 1.tempat lembab · Klasifikasi 1. Euglenophyta 6.basidium] aseksual [tunas.

Pembentukan zigospora 2. SEBAB Plasmodium vivax mengadakan sporulasi tiap 2 hari Jawaban C Malaria tropikana berasal dari plasmodium falcifarum. Plasmodium vivax mempunyai sporulasi 1-2 kali dalam 24 jam. Jenis flagellate yang hidup sebagai parasit dalam darah manusia antara lain… 1. Plasmodium falciparum 4. Perkembangan generatif pada ganggang adalah 1. Pembentukan spora kembar Jawaban E Pembelahan biner.Flagellata : bulu cambuk [flagel] Cilliata : rambut getar [cilica] Sporozoa : tidak ada 2. Para penderita malaria tropika akan mengalami kenaikan suhu badan secara berkala. Pembuatan hormogonium 5. Sporulasi adalah perubahan sporozoit menjadi merozoit yang menyerang sel darah merah dan disertai dengan peningkatan suhu tubuh. Trypanosoma envansi 3. pembuatan hormognonium merupakan perkembangan vegetatif 5. Trypanosoma gambiense Jawaban B Flagellata yang hidup dalam darah: Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodesiensi menyebabkan penyakit tidur pada manusia dengan perantaraan lalat Tse-Tse Giardia lambia hidup dalam eritrosit manusia Trypanosome evansi hidup pada darah ternak dan mengakibatkan penyakit antraks Trypanosome cruzi hidup pada darah manusia dan mengakibatkan Anemia Plasmodium falcifarum hidup dalam darah manusia dan menyebabkan penyakit malaria tropikana 3. 4. Karoten 2. Fragmentasi 4. Pigmen yang dikandung ganggang hijau adalah 1. Pembelahan biner 3. fragmentasi.yang mempunyai sporulasi 1-2 kali dalam 24 jam. Fikosianin . Giardia lambia 2.

Siklus hidup Reproduksi aseksual dengan menghasilkan konidia atau menghasilkan hifa khusus disebut konidiofor. Cara hidup . Fikobilin Jawaban A Pigmen ganggang hijau adalah karoten dan xantofil Deuteromycota (deutero: kedua. mykes:jamur) Karakteristik Kelompok jamur ini tidak diketahui cara reproduksi generatifnya sehingga disebut juga jamur imperpekti. Sitokorom 5. Filioeritin 4. Hifa berukuran bersekat-sekat dan tubuhnya mikroskopis. Kemungkinan jamur ini merupakan suatu perkembangan jamur yang tergolong Ascomycocetes ke Basidiomicetes tetapi tidak diketahui hubungannya.3.

49 0 komentar Beranda Langgan: Entri (Atom) link sumber • • http://www. dan perusak tanaman budidaya dan tanaman hias. gleosporium. Fase pembiakan secara vegetative pada monilia sp. Jamur ini juga menyebabkan penyakit pada manusia . konodiumnya sangat banyak dan berwarna jingga. Askus – askus yang tumbuh pada tubuh buah dinamakan peritesium. sebagai parasit pada tanaman tingkat tinggi .html http://moldsporeinfo. Monilia juga dapat tumbuh dari roti . Contoh klasik jamur ini adalah monilia sitophila . Jamur ini umumnya digunakan untuk pembuatan oncom dari bungkil kacang. sisa.cara hudup jamur Deuteromycota Jamur ini bersifat saprofit dibanyak jenis materi organic. Diposkan oleh our work di 22. dan diploria. curvularia.com/category/mold-facts/ . Contoh lain jamur yang tidak diketahui alat reproduksi seksualnya antara lain : chalado sporium. yaitu dermatokinosis (kurap dan panu) dan menimbulkan pelapukan pada kayu.com/library/contest2551/science04/17/2/ThaiGoodVie w/deuteromycota. tongkol jagung . yaitu jamur oncom. pada tonggak – tonggak atau rumput sisa terbakar. setelah diketahui fase generatifnya.thaigoodview. tiap askus mengandung delapan spora. Ditemukan oleh dodge (1927) dari amerika serikat. Reproduksi generative monilia sp dengan menghasilkan askospora.sisa makanan. kenudian jamur ini dimasukkan golongan ascomycocetes dan diganti namanya menjadi Neurospora sitophilla atau Neurospora crassa. misalnya lokanol dithane M-45 dan copper Sandoz. Untuk memberantas jamur ini digunakan fungisida . sedangakan fase generatifnya ditemukan oleh dwidjoseputro (1961).

com/deuteromycota.. pada tape. mykes:jamur) Karakt. pada pembuatan kecap Aspergillus oryzae. alkhohol dan roti Saccharomyces ovale.tripod. Saccharomyces sake.biology.html http://www.Bidang industri makanan dan minuman : Rhizopus oryzae.ed. pada tape.esd105. Mengenai Saya Kelompok 4 Embriologi Hewan Pemilik Blog Ini adalah Kelompok 4 Embriologi Hewan.htm http://http://share4.edu/kteske/bales/baldueteromycota.htm gambar jamur pada atlet Pengikut Arsip Blog • ▼ 2009 (1) o ▼ Mei (1)  Deuteromycota (deutero: kedua.ac. Lihat profil lengkapku Peranan Jamur Dalam Kehidupan a. Menguntungkan : ..• • • http://lynx6663. jamur pada tempe Saccharomyces cerevisiae.uk/research/groups/jdeacon/microbes/fungalwe. jamur pada sake Aspergillus wentii. untuk tape .wednet. Mudah-mudahan dengan adanya blog ini bisa bermanfaat bagi kami dan bagi semua yang melihatnya. alkohol dan roti.

trim'z y buat infonya. October 2.Pada hewan : Aspergillus fumigatus.. 2009 10:55 PM Post a Comment Older Post Home Subscribe to: Post Comments (Atom) Blog Archive • ▼ 2008 (6) o ▼ August (6) . penyakit pada kentang.Penicellium camemberti.Jamur penghasil racun : Aspergillus flavus. Phytophthora faberi. Amanita phaloides. untuk antibiotik Penicellium chrysogenum.. penyakit pada karet. . penghasil racun oflaktoksin.. jamur merang. .. Deuteromycetes.. untuk pembuatan keju Volvariela volvacea.Bidang kedokteran : Penicellium notatum.. Posted by deathdecember at 6:24 AM Labels: peranan jamur 1 comments: ich.error said. untuk peembuatan keju Penicellium roqueforti. .. Keduanya menyebabkan penyakit pada telinga (otomikosis). penyakit pada tembakau.. Merugikan : . teruz berkarya untuk INDONESIA. penghasil racun falin.Bidang pertanian : jamur membantu mengembalikan kesuburan tanah . b. Phytophthora nicotianae. menyebabkan penyakit paru-paru burung (aspergilosis). menyebabkan penyakit kulit (dermatomikosis).. . yang dapat merusak sel darah merah... Aspergillus niger...Pada tanaman : Phytophthora infestan. sebagai organisme pengurai..Pada manusia : Aspergillus nidulans. untuk antibiotik ..

Namun pengembangannya dan mulai dikenal masyrakat pada 1970-an. Komoditi jamur khususnya jenis jamur merang dan tiram baru dikenal pada 1960-an. Peluang pasar produk jamur saat ini cukup tinggi. lemak.48 juta MT (42%). Saat ini di Indonesia ada 6 perusahaan penyuplai jamur yakni PT Indo Ever Green. karbohidrat. Eropa 2. Jepang dan Arab 1. serat. Khusus PT Zeta Agro. seiring pengetahuan masyarakat akan manfaat jamur yang mengandung banyak khasiat sebagai ntibakteri.40 juta MT (35%). mineral. terdiri USA 0. Permintaan pasar pun kini makin meningkat. Eropa sebesar 0. kripik. PT Suryajaya Abadiperkasa.000 MT (8%). PT Dieng Djaya. Sebelumnya jamur hanya dikenal sebagai sayuran eksotik. bahkan difermentasi sebagai jamur segar dalam botol.500 MT. dimana . menurunka kolesterol. asam amino assensial. terdiri pasar Eropa 2. vitamin. dan Indonesia sendiri sebesar 3.029 juta MT (2. meningkatkan kekebalan tubuh.500 MT (20%). Asia dan Australia 3000 MT (24%). antitumor. Sejak tahun 2000 permintaan produk jamur khususnya untuk jenis jamur merang makin besar mencapai 12.000 MT (24%) Sedang pasar jenis jamur kancing mencapai 1. dan negara lainnya 0. kebutuhan pasar lokal sekitar 35% dan pasar luar negeri 65%. Produknyapun mulai dipasarkan di Supermarket. menguatkan syaraf. dan dapat untuk mengurangi stress. Masih sangat jauh pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan teknologi industri pengolahan jamur serta produk olahan & industrinya. Indonesia sendiri sebesar 0. Baru beberapa tahun terakhir produk industri jamur mulai mendapat perhatian yakni sebagai bahan baku pangan baik untuk sayuran.5%). bakso.500 MT (20%).      Peranan Jamur Dalam Kehidupan 10 Signs I'm in love with Karra Dedicated to Karra Selamat Hari Kemerdekaan Indonesiaku Therresya Charramella Fayth Marisca SUICIDE SEASON About Me deathdecember View my complete profile Di Indonesia budidaya jamur termasuk relatif baru. USA 6000 MT (48%). antioksidan. Sedang jenis jamur yang diminati yakni jamur merang (Staraw Mushrooms) dan jenis jamur kancing (Champignon atau Agaricus Bisporus). dan asam lemak tak jenuh. nugget.13 juta MT. antivirus. Jamur merupakan sumber pangan atau makanan yang mengandung gizi dan protein tinggi.25 juta MT (23%). menormalkan tekanan darah.

Tentu hal ini membuat komoditi jamur makin prospektif. Dari hasil riset peneliti Jepang. Pengembangan pasar yang lebih luas baik ditingkat regional maupun internasional perlu diadakan perbaikan produk terutama dalam kemasan yang higienis. Pertanian sebagai pembina budidaya dan pasca panen (bahan baku) dengan Dep. Apalagi hasil penelitian telah menemukan jamur dapat dijadikan sebagai bahan baku makanan suplemen kesehatan dan bahan baku obat-obatan. Jamur yang menguntungkan bagi manusia adalah Jamur yang mempunyai berbagai manfaat sebagai berikut: •Konsumsi. terbukti bahwa ganoderma mengandung 800 – 2000 .222 kg dengan nilai US $ 3. Jamur Shiitake dan Jamur Champignon •Membantu Peragian.214. Singapura 15 ton. Dengan menciptakan berbagai jenis makanan olahan dari jamur. oncom dan tape.Perindustrian sebagai pengolah bahan baku menjadi industri hasil olahan dari jamur. Contohnya: Jamur Tiram. Setiap tahun permintaan akan jamur dalam negeri maupun luar negeri mengalami kenaikan antara 10-20%. perlu merubah dengan diversifikasi produk atau diolah dalam bentuk lain seperti dibuat.530.saat ini dari enam perusahaan tersebut mampu mensuplai 50-60 FCL atau 30 ton jamur segar perhari. permintaan jamur kuping dari beberapa negara juga semakin meningkat rat ata perbulan ke Jepang 25 ton.000 kg dengan nilai US $ 31. Hal ini berkaitan dengan sifat jamur yang mudah busuk. perlunya penyebaran informasi pengolahan jamur kepada IKM baikdalam bentuk profil maupun pelatihan teknis diberbagai Propinsi yang berpotensi untuk pengembangan industri jamur.175. Jamur Merang. mencegah kanker dan mengandung lovastatin (penurun kolesterol).475. Dan yang lebih penting lagi dapat menyerap tenaga kerja makin banyak. Langkah lebih lanjut. Taiwan 20 ton. Dengan begitu akan memberikan nilai tambah pada produk jamur.646. untuk jamur segar volumenya 2. saos dan jamur botol. Jamur Kuping. bakso dan kripik atau produk untuk pemakaian jangka panjang seperti kecap. Kedepan pola pemasaran yang terjadi di daerah-daerah menjual jamur segar. Disamping itu perlu adanya kerjasama aparat pembina antara instansi terkait dari Dep. yang selanjutnya dapat meningkatkan pendapatan petani jamur. Contohnya: Jamur untuk tempe. Perkembangan nilai dan volume ekspor jamur sejak tahun 2000. Para ahli di luar negeri telah berhasil mengekstrak Jamur Tiram Putih untuk mengambil senyawa aktif lovastatin. Selain jamur merang dan jamur kancing. Jamur lingzhi dipercaya dapat meningkatkan proses metabolisme & menunda penuaan dini.665. Sedangkan produksi yang dihasilkan di Jogyakarta 16 ton perbulan dengan harga di pasar internasional berkisar US $ 2. Contohnya: Jamur Tiram Putih berguna sebagai pencegah hipertensi.5 – 4. Jamur olahan 26. Ada Jamur yang merugikan dan menguntungkan bagi manusia. Terdapat ribuan spesies Jamur di dunia ini. •Pengobatan. tentunya akan membuka peluang baru.

Hampir semua ramuan masakan Cina. ketebalan.8. Namun jamur kuping sudah dikenal dekat sebatai ahan makanan yang memiliki khasiat sebagai obat dan penawar racun. aroma dan penampilan). Lendir jamur kuping dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol.8. maka lendir yang dihasilkan oleh masyarakat dan tabib pengobatan memiliki khasiat: • Penangkar / penon-aktif racun baik dalam bentuk racun nabati. Jamur kuping ang mempunyai bentuk tubuh buah kecil (sering disebut jamur kuping tikus) digemari oleh konsumen karena waranya lebih muda. mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Jamur Tiram kalengan ini produksi negara Thailand dan diimpor ke Indonesia dengan merk Hand Brand. lemak 8. Jamur Tiram kalengan sudah banyak di jual di Carefour. Pepes Jamur. karbohidrat total 82. racun residu pestisida. Jamur Kuping sebagai anti kolesterol dan menetralkan senyawa toksik. selain itu Ganoderma Lucidum juga mengandung polisakarida yang bisa memperkuat system imun. dimana 4 – 6 kali lebih kuat dari ginseng. Harganya cukup mahal yaitu Rp.2. Orangorang Jepang dan Cina telah membuktikan hal ini. Produk Olahan Jamur Tiram Putih Sebagai bahan konsumsi. Jamur kuping yang tubuh buahnya melebar (jamur kuping gajah) rasanya sedikit kenyal atau alot sehingga kurang disenangi karena harus diiris kecil-kecil bila akan dimasak. • Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping. jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan. Mie Jamur. Jamur kuping dipanaskan. Untuk mengurangi panas dalam. Kripik Jamur. Osengoseng Jamur. jamur kuping kurang menarik bila dihidangkan sebagai bahan makanan. mereka telah mengkonsumsi Jamur ribuan tahun yang lampau. Kandungan nutrisi jamur kuping terdiri kadar air 89. Jamur Crispy. Sate Jamur.7 dan nilai energi 351. serat 19. Berfungsi juga untuk . dikeringkan dan dikalengkan. bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Jamur Tiram Putih dapat diolah sebagai Sup Jamur. efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 – 90%. Lendir yang dihasilkan jamur kuping selama dimasak dapat menjadi pengental. Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk. 18.ppm germanium organik. Jamur Merang berguna sebagai pencegah anemia/kurang darah. Orang-orang Inggris percaya bahwa Jamur Kuping dapat menyembuhkan sakit tenggorokan . Soto Jamur. dan warnanya. Dari segi gastronomik ataupun organoleptik ( rasa. abu 4.1. Jamur kuping selain untuk ramuan makanan juga unuk pengobatan.3. kanker dan darah tinggi. protein 4. di luar Indonesia Jamur Tiram disebut dengan Abalone Mushroom. Jamur Shiitake berguna sebagai penghambat pertumbuhan tumor dan kanker sampai 7292%. dan rasanya sesuai dengan selera.400 per kaleng kecil.

sporangium : penghasil spora seksual dan spora aseksual Cara reproduksi : . parasit pada tanaman karet Phytophthora nicotinae. Jamur kuping dimasak bersama bahan-bahan lain seperti sayuran. tidak mempunyai klorofil. Tubuh terdiri dari satu sel (uniseluller) dan bersel banyak (multiseluller).vegetatif : . Hifa akan bercabang-cabang membentuk bangunan seperti anyaman yang disebut miselium. Sel bersifat eukaryotik. ditambah air bersih 5 gelas diminum dimasak sampai airnya tersisa 1 gelas. ditambah 30 gram buah kurma. parasit pada tanaman tembakau Phytophthora palmivora. reproduksi aseksual dengan zoospora yang mempunyai 2 flagel. Sel berbentuk benang (hifa). • Datang bulan tidak lancar dan memperlancar buang air besar. nanas. Devisio Zygomycotina Tubuh terdiri atas hifa yang bercabang.tunas (budding) Fungi dapat dibedakan menjadi 5 devisio yaitu : .Ascomycotina .spora vegetatif . terdapat pada tempe Rhizopus nigricans. rendam semalam dan buang airnya hingga tinggal jamur basah.generatif : dengan peleburan dua buah gamet . Manfaat jamur kuping untuk pengobatan penyakit antara lain: • Darah tinggi/pembuluh darah mengeras akibat penggumpalan darah: 3 gram jamur kuping kering. batang. jahe.Deuteromycotina a. darah. parasit pada tanaman kentang Phytophthora faberi.membelah diri . tambahkan air bersih dikusus hingga lunak. sebagai parasit atau saprofit. reproduksi seksual dengan bersatunya gamet jantan dan gamet betina membentuk oospora. Devisio Oomycotina Hifa tidak bersekat. contoh : . kina.gametangium : penghasil gamet jantan dan betina . daun sehingga disebut dengan tumbuhan tallus. AMUR (FUNGI) Merupakan organisme tingkat rendah yang belum mempunyai akar.Basidiomycotina .Saprolegnia. tambahkan gula batu secukupnya dimakan secukupnya sehari sekali. parasit pada tanaman kelapa Pythium. bayam dan penyebab busuk pada tanaman kemiri. tempatkan dalam rantang. bayam. ada yang bersekat dan ada yang tidak bersekat dengan dinding sel mengandung kitin.antikoagulan bahkan menghambat penggumpalan • Lendir jamur kuping dapat meghambat dan mencegah penggumpalan darah.fragmentasi (pemisahan) . Hal diatas juga dapat diterapkan untk mengobati sakit wasir/ ambeian. contoh : Rhizopus stolonifer. Alat reproduksi berupa : . • Kurang darah dengan memasak jamur kuping 30 gram. penyakit busuk pada kecambah tembakau. . Menyukai hidup pada tempat yang lembab dan tidak menyukai akan adanya cahaya. tembakau. merupakan jamur air yang tumbuh pada bangkai serangga juga pada luka ikan Phytophthora infestans. terdapat pada teempe Chlamidomucor oryzae.Oomycotina .Zygomycotina . terdaapat pada tempe Rhizopus oryzae. b.

Penicillium notatum  penghasil zat aantibiotik Penicillium chrysogenum  penghasil zat antibiotik Penicillium glaucum. c. pepaya. untuk melunakan adonan roti. asam nirat dan asam oksalat. Tahap-tahapnya : hifa dari talus positif dan talus negatif saling berdekatan. Aspergillus wentii. b. coklat. padi. tebu. parasit pada butir jagung. - bakal gametangium berubah menjadi gametangium yang berisi banyak inti haploid (n). parasit atau membentuk mikorhiza. spora tumbuh menjadi miselium yang baru. contoh : Saccharomyces cerevisiae. neurospora. Pembiakan seksual terjadi karena adanya 2 macam hifa yaitu hifa positif dan hifa negatif. Tetapi jamur ini ada yang bermanfaat yaitu saccharomyces. jika sporangium matang dindingnya akan robek dan sporanya akan tersebar. penghasil racun olfatocsin. Devisio Basidiomycotina Tubuh multiseluller terdiri atas hifa yang bersekat. menghasilkan spora negatif dan spora positif. tauco. untuk mengubah air nira menjadi tuak Apergillus niger. reaksi : C6H12O6  2C2H5OH + 2CO2 + energi (glukosa) (alkohol) Saccahromyces ellipsoides. Tubuh buah disebut basidiokarp yaitu tempat terbentuknya basidium dan dan basidium terbentuk spora basidium. hidup pada sisa roti dan nasi Neurospora (Monilia sitophila). Mucor javanicus. dinding gametangium pecah dan inti positif bergabung dengan inti negatif membentuk inti diploid (2n). Basidiokarp tersusun atas basidiun-basidium yang di dalamnya berisi spora . teh. Zigospora akan beristirahat dalam waktu yang lama. Sclerospora maydis. untuk menjernihkan sari buah dan penyebab otomycosis. mengubah glukosa menjadi alkohol dan CO2 dalam proses fermentasi sehingga banyak digunakan sebagai pengembang roti dan kue. Saccharomyces tuac. persatuan dua gametangium positif dan negatif membentuk zigospora yang berisi banyak inti diploid. Pilobolus crystallinus. sake. Inti ini membelah secara meiosis dan hanya satu yang dapat hidup terus. Zygomycotina terjadi pembiakan seksual dan aseksual. diujung benang hifa tadi tumbuh bakal gametangium. hidup pada kotoran hewan. penicillium. penghasil enzim selulosa dalam jumlah yang cukup besar dan berfungsi untuk mencerna selulosa. Devisio Ascomycotina Merupakan kelompok jamur yang terbesar. Hidup terestrial saprofit. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan pembiakan seksual pada Rhizopus.Mucor mucedo. utnuk fermentasi cairan buah anggur menjadi minuman anggur. - Aspergillus oryzae. Inti haploid membelah secara meiosis menjadi inti spora yang terbentuk pada sporangium. jamur ini hidup secara parasit dan menimbulkan penyakit pada tanaman jeruk. setelah lama istirahat spora dapat tumbuh jika ada substrat yang cocok. aspergillus. membentuk sporangium dengan sporangiofor. terdapat pada kotoran hewan dan roti. Aspergillus flavus. inti diploid hanya satu yang hidup yang lain mengalami degenerasi. - zigospora tumbuh dindingnya menebal dan berwarna hitam. untuk pembuatan kecap. - tumbuh cabang benang hifa dari hifa positif dan hifa negatif yang berdekatan. tembakau. untuk pembuatan oncom Trichoderma. dll. jahe. di dalamnya juga berisi makanan cadangan antara lain lemak. Beberapa ascomycotina ada yang hidup bersimbiosis dengan algae hijau dan algae biru membentuk lumut kerak. terdapat pada ragi dan tape.

contoh : Volvariella volvacea (jamur merang) disebut juga champignon atau juga jamur merang karena hidup saprofit pada merang atau tangkai padi (jerami). Schleroderma aurantium (jamur so). Dengan adanya ektomikorhiza akar tanaman tidak memerlukan lagi bulu-bulu akar. penyebab busuk pada tanaman budidaya. Epidermophyton floocosum. parasit pada jeruk Exobasidium vexan. Epidermophyton. dan memperoleh air atau mineral dari jamur. Pucinna graminis (jamur karat). Talus liken berbentuk tipis yang tersusun atas miselium dan hifa. Biasanya jamur yang dapat bersimbiosis dengan akar tanaman pinus adalah jamur zygomycotina. Setiap liken mempunyai bentuk dan warna serta habitat tertentu yang mempunyai ketergantungan pada jenis-jenis dan algae yang ada. merusak kecambah dan menyerang buah-buahan sehingga menimbulkan nodanoda pada daun inang dan buah yang terserang berwarna hitam. Endomikorhiza dapat hidup tanpa bersimbiosis dengan tanaman inangnya. contoh : Helminthosporium oryzae. Basidium ada yang terdiri atas satu sel dan ada yang bersekat-sekat terbagi menjadi 4 bagian sel. penyebab penyakit kurap dll. bagian glebanya dapat dimakan. contoh : - Usnea barbata dan Usnea dasypoga : untuk obat tuberculosis. Devisio Deuteromycotina Dikenal dengan fungi imperfecti. keras seperti kayu. ascomycotina. lunak. menyerang tanaman kubis. Lumut kerak dapat kita temukan pada kulit pohon dan batu-batuan. penyebab penyakit kurap Mikrosporium. parasit pada ranting tumbuhan Ustilago maydis. Bila terjadi perobahan cuaca dan kelembaban. Auricularia polytrica (jamur kuping). bit dan beberapa jenis pohon lain. parasit pada jagung dll e. Karena sifat di atas liken disebut dengan tumbuhan pioner (tumbuhan pertama atau pemula yang dapat mencapai pada lahan yang baru. Ganoderma applanatum (jamur kayu) Agaricus malleus. Lumut kerak melekat pada batu-batuan menggunakan rizoidnya. Alternaria. berombak. Jamur pada liken memperoleh makanan dari hasil fotosintesis algae. Reproduksi aseksual dengan fregmentasi sedangkan reproduksi seksual dengan membentuk spora pada basidium. tomat dan kentang. Mikorhiza terdiri dari 2 macam. dapat dimakan. apabila hifanya dapat menembus sampai ke dalam (korteks). kol. parasit pada tumbuhan gramineae. b. Ektomikorhiza : hidup antara jamur dengan tanaman pinus. Jamur ini tidak dapat hidup tanpa bersimbiosis dengan akar tanaman. hidup saprofit pada tanah di hutan. Inilah yang menunjukan adanya simbiosis antara jamur dan algae. tomat. Endomikorhiza : hidup antara jamur dengan tanaman. Pembiakan aseksual dengan konidium seperti pada ascomycotina. jamur ini dapat dimakan. Liken (Lumut kerak) Adalah hidup simbiosis antara jamur dengan algae. Jamur ini biasanya terdapat tanaman anggrek. yaitu : a. Mikorhiza Adalah hidup simbiosis antara jamur dengan akar tanaman (pinus). parasit pada teh Corticium salmonicolor. penyakit kaki atlit pada manusia. yaitu cendawan yang tidak sempurna karena belum diketahui tingkat seksualnya. Clavaria zippelli (supa mayang). Fusarium. Basidiokarp berbentuk pipih.(basidiospora). pengahsil antibiotik asam usnin. maka liken akan melepaskan fragmen talus dan zat kimia sehingga dapat melapukan permukaan batuan tersebut dengan demikian liken akan tetap hidup. apabila hifanya tidak menembus ke dalam akar tetapi hanya pada sampai lapisan epidermis. penyebab penyakit kurap Trighophyton. seperti payung (supa). basidiomycotina. Melalui jamur ini tanaman dapat memperoleh air atau unsur lainnya. padi pisang dll. . bulat bertangkai. Jamur ini membantu pertumbuhan bintil akar tanaman Leguminoceae dan mempercepat fiksasi nitrogen. Liken merupakan hasil simbiosis antara jamur ascomycotina atau basidiomycotina dengan algae hijau atau algae biru.

penghasil racun falin. untuk tape Penicellium camemberti. hidup di pohon dan batu-batuan. menyebabkan penyakit paru-paru burung (aspergilosis). Peranan jamur dalam kehidupan : a. menyebabkan penyakit kulit (dermatomikosis). untuk antibiotik Penicellium chrysogenum. Pada hewan : Aspergillus fumigatus. penghasil racun oflaktoksin. Phytophthora faberi. jamur pada sake Aspergillus wentii. untuk antibiotik Bidang pertanian : jamur membantu mengembalikan kesuburan tanah . Phytophthora nicotianae. Aspergillus niger. Deuteromycetes. pada tape.- Parmelia acetubulum : berupa lembaran seperti kulit. alkhohol dan roti Saccharomyces ovale. sebagai organisme pengurai. by : teddy . penyakit pada tembakau. jamur merang. Saccharomyces sake. . untuk peembuatan keju Penicellium roqueforti. penyakit pada kentang. pada tape. penyakit pada karet. Merugikan : Pada manusia : Aspergillus nidulans. Menguntungkan : Bidang industri makanan dan minuman : Rhizopus oryzae. Keduanya menyebabkan penyakit pada telinga (otomikosis). Pada tanaman : Phytophthora infestan. Amanita phaloides. untuk pembuatan keju Volvariela volvacea. jamur pada tempe Saccharomyces cerevisiae. alkohol dan roti. yang dapat merusak sel darah merah. Jamur penghasil racun : Aspergillus flavus.Bidang kedokteran : Penicellium notatum. pada pembuatan kecap Aspergillus oryzae. b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->