MERENGKUH ILMU DI KOTA PELAJAR

Dian Ariyani 2. Dina Rahmadhany . M 3. Fajrin Annisa 4. Mia Istiqomah 5. Miftahul Shifa 6. Nurul Handayani 7. Sri Handayani 8. Wenny
1.

( 06077209 ) ( 06077174 ) ( 06077056 ) ( 06077221 ) ( 06077064 ) ( 06077108 ) ( 06077233 ) ( 06077079 )

KELAS : IX.2 Tahun Ajaran 2008/2009

SMP Negeri 2 Pondok Aren Jl. Jurang Mangu Barat No.62 Pondok Aren, Tangerang Telp. ( 021 ) 7365857

LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis berjudul “ Merengkuh Ilmu di Kota Pelajar “ Disetujui dan di syahkan Pada Hari Tanggal Bulan Tahun Oleh : : : : :

Guru Pembimbing I

Guru Pembimbing II

Halawiyah, S.Ag Nip. 132 192 129

Lusia Andriyani, S.Pd Nip. 900 006 198

Mengetahui : Kepala SMPN 2 Pd. Aren

Alan Suherlan, S.Pd , M.M Nip. 131 399 844

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum wr.wb, Salam Sejahtera Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerah kepada kita semua. Karya tulis ini kami buat dalam rangka menyelesaikan tugas akhir tahun ajaran 2008/2009. Melalui karya tulis ini, kami ingin memaparkan beberapa sejarah singkat tentang objek wisata bersejarah yang telah kami kunjungi. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu kami dalam perjalanan menuju tempat observasi maupun dalam hal penyelesaian tugas karya tulis ini. Kami berharap dengan adanya karya tulis yang kami susun dapat bermanfaat serta memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas mengenai objek wisata bersejarah, khususnya di Yogyakarta. Kami tahu bahwa karya tulis yang kami susun belum sempurna, oleh karena itu kami menerima kritik dan saran untuk perbaikan tugas selanjutnya. Wassalamu’alaikum wr.wb

Tim Penyusun

....... 4 2) Kali Urang ……………………………………………………..... 2 BAB II PEMBAHASAN ………………………………………..... 2 3) Batasan Masalah …………………………………………………........ 9 3) Wisata Candi Borobudur………………………………………..........................…………………………………………........... 2) Saran . ii BAB I PENDAHULUAN …………………………………………………… 1 1) Latar Belakang...............DAFTAR ISI Halama n KATA PENGANTAR ………………………………………………………........ 1 2) Tujuan Penulisan Ilmiah …………………………………………........... 4 1) Candi Prambanan ……………………………………………….. 16 6) Keraton Yogyakarta……………………………………………… BAB III PENUTUP …………………………………………………………… 1) Kesimpulan ………………………………………………………... i DAFTAR ISI ………………………………………………………………….......................... 14 5) Malioboro ………………………………………………………........ 10 4) Kerajinan Perak Borobudur Silver ……………………………….................. 17 22 22 22 .......

Belajar untuk menambah wawasan melalui apa yang kita lihat. lakukan.BAB I PENDAHULUAN 1. akhirnya banyak yang tidak dapat menunjukkan prestasi secara maksimal. Yogyakarta. tetapi observasi langsung dan pengalaman merupakan guru yang paling besar dalam kehidupan ini. . dan mendengarkan tetapi juga dapat dilakukan dengan cara observasi langsung ke daerah yang akan di teliti. Pada era sekarang ini banyak sekali siswa yang jenuh karena harus belajar dengan duduk diam tanpa melihat keadaan sebenarnya. Dengan adanya observasi yang dilakukan di sebuah kota yang terkenal dengan budaya dan sejarahnya. membaca. dan rasakan. Sebenarnya banyak tempat bersejarah sekaligus tempat wisata yang dapat kita pergunakan untuk media pembelajaran dan menuntut ilmu. Karya tulis ini dibuat agar pandangan siswa terhadap ilmu pengetahuan tak sekedar duduk diam dan mendengarkan guru. segudang ilmu yang ada di tiap-tiap sudutnya perlahan dapat terkuak dan kemudian kami menuangkan pengalaman dan ilmu yang kami dapat di sana ke dalam suatu karya tulis yang berjudul ’Merengkuh Ilmu di Kota Pelajar’ ini.1 Latar Belakang Mencari ilmu tidak hanya sekedar duduk dan datang ke sekolah untuk belajar.

5. Pemugaran. 9. Pemugaran. Kutipan legenda “Roro Jonggrang”. Mengapresiasikan keindahan alam dan budaya di Yogyakarta. 2. 5.3 Untuk menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia lebih dalam lagi. 3. 3. 4. 2. 4. yaitu : SEJARAH SINGKAT CANDI BOROBUDUR 1. ASAL USUL CANDI PRAMBANAN 1. Letak dan wilayah. Sejarah singkat Candi Borobudur. Fungsi candi. 8. Batasan Masalah Berikut di bawah ini adalah batasan masalah yang akan di uraikan. 4. 6. Untuk mengetahui salah satu keanekaragaman budaya serta peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia. Lebih mengenal daerah-daerah wisata yang ada di Indonesia. 2. Sejarah singkat dan arti dari Prambanan. 3. Manfaat candi. Menciptakan kebersamaan dan kerjasama kelompok dalam melakukan kegiatan bermasyarakat di lokasi wisata. . Untuk melengkapi tugas akhir tahun ajaran 2008/2009. Untuk menanamkan rasa cinta akan budaya bangsa. 5. Untuk memaparkan sejarah dan cerita yang terkandung di balik bangunan-bangunan bersejarah. Arti dari tingkatan candi. 1. Letak dan wilayah. Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan menjaganya. 7.2 Tujuan Penulisan Berikut adalah beberapa tujuan penulisan dari karya tulis kami : 1.1.

KEMENARIKAN MALIOBORO 1. Letak. Letak. 4. 3. Sejarah dan arti. 3. Sejarah. 4. Manfaat keraton. 2. Bangunan-bangunan di keraton. Barang-barang yang di jual. Keadaan. Hubungan keraton dengan Kerajaan Islam dahulu. 2. . SEJARAH KERATON YOGYAKARTA 1. Kendala-kendala dalam pembuatan. Gambaran. 2. 5. Jenis barang yang di hasilkan. Bidang usaha. 4. Manfaat. Letak. Keadaan. 4. SEMUA TENTANG BOROBUDUR SILVER 1. 3. 3. 2.WISATA KALI URANG 1. Pendapatan.

1 CANDI PRAMBANAN Candi Prambanan terletak di desa Prambanan. Candi Siwa yang merupakan bagian dari Candi Prambanan diresmikan oleh raja RAKAI PIKATAN. Candi Prambanan mempunyai arti penting yang berasal dari kata “PARA BRAHMA” yang berarti para = banyak dan brahmana = kaum / kasta tertinggi dalam agama Hindu.kecamatan Prambanan dan kabupaten Sleman. Pembangunan ini diprakarsai oleh RAJA RAKAI PIKATAN dari Kerajaan Mataram / Hindu kuno yang dipergunakan untuk makam RAJA BALITUNG yaitu ayah Rakai Pikatan. Candi Prambanan merupakan bangunan agama Hindu. Di komplek Prambanan terdapat beberapa candi yang berjumlah 240 candi. di sebelah timur terdapat candi Brahma atau pencipta dan di sebelah tengah terdapat Candi Siwa ( perusak alam ) serta di sebelah barat terdapat Candi Wisnu ( pemelihara alam ) .BAB II PEMBAHASAN 2. Candi ini dibangun pada abad ke-8 sampai abad ke10 Masehi serta pada tahun 865 Masehi.

serta menyuruh Bondowoso masuk . Candi Prambanan juga mempunyai 4 gerbang utama yang ada di sebelah utara. dan Bandung Bondowoso mempersunting Loro Jonggrang. akhirnya dia mau menikah dengan Bondowoso dengan 2 syarat : yang pertama minta dibuatkan 1000 candi dalam semalam. tetapi dia tidak mau karena Bondowoso telah membunuh ayahnya. Pada suatu ketika ayah dari Loro Jonggrang tewas dalam medan perang. Akan tetapi. Pada suatu saat Kerajaan Prabu Boko mengalami penderitaan dan perang. Di Candi Brahma dan Candi Angsa terdapat Candi Apit yang mehadap ke sebelah utara sedangkan di Candi Wisnu dan Candi Garuda terdapat Candi Apit yang menghadap ke sebelah selatan. timur. di sebelah tengah terdapat Candi Nandi ialah kendaraan Dewa Siwa yang berwujud lembu. Candi Prambanan juga memiliki kisah atau legenda yang dikenal dengan legenda LORO JONGGRANG yang menceritakan tentang seorang dara yang Jonggrang atau gadis jangkung putri dari Prabu Boko..mereka disebut TRIMURTI. Di depan halaman utama Candi Prambanan terdapat 4 Candi Kelir. barat dan selatan serta gerbang yang paling utama disebut Swargaloka atau penolak bala. lalu di sebelah barat candi utama tersebut terdapat Candi Angsa ialah kendaraan Dewa Brahma. serta di sebelah timur tedapat Candi Garuda ialah kendaraan Dewa Wisnu. Jadi jumlah candi utama dan Candi Patuk ada 16 candi.

sankha. Karena tidak mau kalah. Loro Jonggrang menyuruh para gadis desa untuk menumbuk padi dan membakar jerami agar terlihat hari telah pagi dan para jin berhenti serta melaporkan kepada Bondowoso.busur.panah dan rambut berkepala raksa asura. ternyata jumlah candi ada 999 candi kurang 1 candi. karena Bondowoso barhasil dengan syarat yang pertama. Arca wanita yang bertangan 8 yang memegang ragam senjata : cakram. Bondowoso pun marah karena kelicikan Loro Jonggrang. lalu Bondowoso memerintahkan kepada jin-jin agar mereka membantu Bondowoso membuatkan 1000 candi dalam semalam.Bondowoso mengutuk putri itu “ hai Loro Jonggrang candi kurang satu dan engkaulah orangnya “ aneh bin ajaib putri itu menjadi patung arca batu dan para gadis menjadi perawan tua karena telah membantu Loro Jonggrang. Akhirnya. Bondowoso tertimbun di dalam sumur bersama batu yang ia bawa. mempersilahkan Loro Jongrang untuk menghitung candi.ekor banteng.perisai. Bondowoso pun. Ia berdiri diatas banteng nandi dengan sikap tribangga dan sering disebut arca durga atau kematian karena ia menghadap .gada. Akhirnya Bandung Bondowoso menerima syarat tersebut.anak panah.ke sumur dengan batu. tapi ternyata Bandung Bondowoso keluar dengan selamat. Akhirnya Loro Jonggrang menagih janji yang kedua yaitu membuatkan 1000 candi.

dan menurut kepercayaan orang dahulu bahwa orang yang berpacaran di Candi Prambanan akan putus cintanya. Candi Prambanan memiliki 2 fungsi yaitu fungsi pada zaman dahulu yaitu untuk pemujaan para dewa dan upacara keagamaan pada zaman sekarang untuk objek wisata dan warisan budaya urutan 642 dunia. . Selain itu di sana juga terdapat tempat bermain khusus anak-anak yang berkunjung ke sana dan juga banyak binatang satwa yang hidup di sana salah satunya adalah monyet.Di sana terdapat air terjun yang tidak begitu tinggi.2 KALI URANG Kaliurang merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang berbentuk perbukitan.renovasi pertama berakhir pada tahun 1993.arca ini menggambarkan permainsuri raja Balitung. Kali urang terletak di kaki Gunung Merapi.ke arah utara ( arah mata angin kematian ) dari jauh tampak indah dan tersenyum. 2. Setelah mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan bencana alam lain beberapa kali candi ini mengalami pemugaranpasca gempa tahun 10062006. Itulah sedikit kutipan legenda di Candi Prambanan.

Diatas bukit Kaliurang terdapat menara yang ketinggiannya mencapai 18 meter. karena bagaimanapun hutan sangat berperan penting dalam kehidupan umat manusia. Dari menara itu kita dapat melihat Gunung Merapi yang letaknya cukup jauh dari bukit Kaliurang.Di depan obyek wisata kaliurang terdapat plang bertuliskan wisata alam. Selain itu. Walaupun melelahkan karena harus mendaki. 2. tetapi Kaliurang mempunyai daya tarik yang dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap lingkungan sekitar.karena letak plangnya yang cukup tinggi. pada plang tersebut juga terdapat asal muasal (sejarah) kaliurang. jadi jika kita ke sana harus menggunakan jaket serta sepatu khusus untuk mendaki karena jalannya bebatuan dan menanjak. Dengan biaya yang murah.namun tidak begitu terlihat jelas.tempat wisata Kaliurang banyak diminati oleh wisatawan domestik dan wisatawan asing.jika kita naik ke atas tekanan udaranya akan semakin tinggi. Udara di sana cukup dingin.3 WISATA CANDI BOROBUDUR .

dan gempa bumi menyebabkan Candi Borobudur saat ini semakin amblas. kabupaten Magelang. pada masa Dinasti Syailendra. di buatlah arca di dalam stupa. provinsi Jawa Tengah. yang biasa di sebut tingkat dunia. Untuk menggambakan orang-orang yang sudah meninggalkan sifat duniawi atau orang-orang yang sudah sempurna. untuk berdoa atau bermeditasi b. Karena adanya pengikisan. Candi Borobudur di bangun pada akhir abad ke-8. dengan lebar 123 meter. Stupa-stupa ini dapat kita temui pada tingkat 7 sampai 10 dan biasa disebut tingkat nirwana. jumlah ini sudah termasuk stupa besar yaitu 73 stupa. Tujuan di bangun candi Borobudur. untuk upacara keagamaan d. untuk penyebaran agama Budha c. Pada Candi Borobudur terdapat 1545 stupa.Candi Borobudur terletak di desa Borobudur. yaitu : a. Itulah yang menyebabkan tinggi Candi Borobudur sekarang menjadi 35 meter. erosi tanah. Kegunaan stupa-stupa pada Candi Borobudur ini adalah : . Candi Borobudur memiliki panjang 123 meter. kecamatan Borobudur. Stupa-stupa kecil terletak di tingkat 2 sampai 6. untuk penghormatan terhadap raja pada saat itu Tinggi asli candi Borobudur adalah 42 meter.

. Ganda Wiuha Ganda Wiuha menggambarkan anak saudagar kaya dalam mengikuti ajaran agama Budha. f. yaitu seorang ahli bangunan yang membuat Candi Borobudur. pengertian gambaran-gambaran kehidupan itu sebagai berikut : a. e. b. Jata Kamala Jata Kamala menggambarkan reinkarnasi atau penjelmaan. Awadana Awadana menggambarkan para pengikut atau murid-murid Sidharta Gautama. c.Sebagai simbol ciri khas candi Budha . Karmawibhangga Karmawibhangga menggambarkan hukum sebab akibat atau hukum karma.Tempat untuk menyimpan benda-benda relief Arti relief itu sendiri adalah untuk menceritakan tentang 6 gambaran kehidupan. Badra Cari . Lalitavistara Lalitavistara menggambarkan riwayat Sidharta Gautama. d.

Kamadatu Kamadatu terdapat pada tingkatan 1 yang menggambarkan hawa nafsu dunia. tingkat 2 sampai 6 pernah di renovasi oleh Pemerintah Indonesia dan UNESCO. c. yang . b. Seperti kepala. dan sebagainya. jari kaki. Rupadatu Rupadatu terdapat pada tingkatan 2 sampai 6. yang menggambarkan materi atau sarana.Yaitu sebagai penutup cerita yang di akhiri dengan sumpah. Arupadatu Arupadatu terdapat pada tingkatan 7 sampai 10. Candi Borobudur juga sangat penting bagi UNESCO. karena Candi Borobudur merupakan warisan dunia yang masuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur merupakan warisan budaya leluhur yang menjadi kebanggaan bagi warganya. Bagi Indonesia sendiri. Candi Borobudur mempunyai beberapa tingkatan atau undagan. Karena terlalu lamanya tertimbun di dalam tanah. beberapa bagian tubuh arca banyak yang hilang. yaitu : a. yang menggambarkan nirwana atau surga. Pada tahun 1973 sampai 1983. jari tangan.

sekaligus penambah devisa negara yang bernilai sejarah tinggi. Melihat keadaan ini.4 KERAJINAN PERAK BOROBUDUR SILVER Perak adalah salah satu jenis logam mulia yang banyak digemari kaum hawa karena jenisnya yang tidak mudah berkarat tetapi mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam perhiasan. Salah satu industri perak yang ada di Indonesia berada di Yogyakarta. Namun. keadaan Candi Borobudur saat ini sangat memprihatinkan. Kualitas perak .maupun asing untuk datang dan menjadikan Candi Borobudur tempat wisata bertaraf internasional.memikat para wisatawan domestik . sebaiknya kita sebagai bangsa yang di titipkan warisan budaya yang sangat bersejarah seperti Candi Borobudur . kita harus ikut serta dalam menjaga dan memelihara serta melestarikan cagar budaya bangsa. Salah satunya adalah Borobudur Silver yang terletak di sekitar candi Borobudur. pusatnya di Kota Gede.Namun karena besarnya peminat perak. industri ini merambah ke daerah-daerah sekitar Yogyakarta. Karena banyaknya arca-arca yang rusak dan kehilangan bagian-bagian tubuhnya. 2.

dan Yogyakarta. bros. dan alat-alat makan.per minggu. miniatur.000. Karena peminat perak terbilang cukup banyak. Mereka juga mengekspor kerajinan ke beberapa negara. Karena pesatnya usaha kerajinan perak yang ada di daerah ini. dan Cina. Di saat proses melekatkan benang-benang perak untuk membentuk suatu ornamen adalah salah satu kesulitan yang dihadapi para perajin karena sangat membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi.Negaranegara yang menjadi tujuan ekspor kerajinan perak Borobudur Silver antara lain : Eropa. misalnya Jakarta. seperti kalung.000. Borobudur Silver memasarkan produknya ke daerah-daerah domestik. Borobudur Silver menggunakan perak murni yang berasal dari Jawa Barat. Bali. liontin. cincin.. pemerintah mengadakan pembinaan terhadap industri perak dengan cara .yang dibuat di Borobudur Silver sudah tidak diragukan lagi. Omset penjualan produk kerajinan perak di Borobudur Silver ini kira-kira Rp 250. Kerajinan perak yang ada di Borobudur silver ini menyerap tenaga kerja sekitar 50 orang. Jepang.Sebelum membuat ornamen pada perak yang akan dibentuk. Para perajin perak dapat mengaplikasikan imajinasimya dalam membuat berbagai macam souvenir. terlebih dahulu para perajin perak membuat benang-benang perak atau lempengan perak yang biasa disebut dengan solid.

hingga bentuk-bentuk aktivitas belanja modern. para pedagang menawarkan berbagai macam barang mulai dari suvenir. batik. pakaian. Malioboro seakan-akan tidak pernah mati karena aktivitas manusia di kawasan ini yang selalu ramai. miniatur barang-barang antik. Malioboro yang dalam bahasa sansekerta berarti ”karangan bunga” menjadi dasar penamaan jalan tersebut. Pada malam hari.5 MALIOBORO Malioboro terletak 800 m dari Keraton Yogyakarta. Kita bisa mendapatkannya dengan harga yang miring bila kita pandai melakukan tawar-menawar dengan pedagang.dll. Kini sebagai kawasan wisata. 2. banyak tersedia berbagai jajanan pasar yang . tempat ini dulunya dipenuhi dengan karangan bunga setiap kali keraton melaksanakan perayaan. Pedagang kaki lima di sepanjang jalan Malioboro umumnya mulai menjajakan dagangannya sejak pukul 5 sore sampai subuh. Mulai dari cara-cara berbelanja tradisional khas Malioboro. Di sepanjang trotoar di kawasan ini. sandal.melekukan pelatihan dari Departemen perindustrian dan perajinan nasional kepada para perajin dan penduduk yang mempunyai minat untuk menjadi perajin perak. tas. Malioboro menyajikan berbagai variasi aktivitas berbelanja.

Selain digunakan untuk transportasi dengan biaya yang murah. Walaupun hanya berupa lesehan di pinggir jalan. . tetapi hal itu tidak mengurangi kenikmatan dan kepuasan wisatawan dalam berwisata kuliner di Malioboro.ditawarkan pedagang di sepanjang jalan Malioboro. adanya Malioboro juga memberikan keuntungan bagi warga sekitar karena sebagian warga memanfaatkannya sebagai tempat mengais rezeki. Selain itu. berkeliling Malioboro dengan alat transportasi tradisional tersebut juga dapat memberikan kesan yang lebih menarik bagi para wisatawan. Harganya pun sangat terjangkau. banyak warga yang menawarkan jasa transportasi menggunakan becak dan andong (delman). Tetapi yang jelas. keraton berarti istana.6 KERATON YOGYAKARTA Keraton ialah tempat bersemayam ratu-ratu. filsafat. dan kulturil (kebudayaan). 2. Contohnya. Dalam bahasa Indonesia. keraton adalah sebuah yang mengandung arti keagamaan. berasal dari kata-kata : ka+ratu+an : keraton.

Ibukota Mataram pun kembali berpindah-pindah. kerajaan warisan sang ayah kian besar.Riwayat terbentuknya Keraton Yogyakarta diawali dari munculnya Kerajaan Mataram ratusan tahun silam. Pemanahan memang berhasil membuat wilayahnya menjadi sebuah kerajaan kecil. menghadiahkan Kota Gede yang pada saat itu merupakan Hutan Mentaok kepada Ki Ageng Pemanahan yang dianggap banyak berjasa. Dibawah kepemimpinan Sutawijaya. Ibukotanya. Para penerusnya. Kala itu. Yang terakhir adalah ke Kartasura. Ketika Sultan Agung meninggal pada tahun 1645. Pada masa-masa inilah Mataram mulai terpecah belah. Kota Gede. Ketika ia wafat. Raja Pajang. Antara lain akibat hadirnya VOC. ternyata tidak mewarisi sifat bijak Sultan Agung. Sultan Hadiwijaya. Kerajaan Mataram pun semakin berjaya pada masa kepemimpinan Sultan Agung. Kemudian pada masa kepemimpinan Sultan Agung. Perebutan kekuasaan pun terus terjadi dalam dinasti . Hutan Mentaok inilah yang menjadi cikal bakal Kerajaan Mataram. Ibukota Kerajaan Mataram dialihkan dari Kota Gede ke Plered. Sutawijaya. sang putra. saat itu jugalah Mataram seolah tinggal menghitung hari keruntuhannya. menggantikannya. Banyak kekacauan terjadi. Sutawijaya pun mengangkat dirinya sebagai Raja Mataram dengan gelar Panembahan Senopati.

Bangunan terluar keraton berupa benteng yang dibuat dari batu bata merah dengan ketebalan sekitar 4 m. bagian barat diberikan kepada Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I dan mendirikan Keraton Yogyakarta. dan membentuk persegi empat dengan beberapa gerbang .000 m². Pohon-pohon yang ditanam di dalamnya pun bukan sembarangan pohon. Sementara bagian timur diberikan kepada Paku Buwono III. Setiap bangunan yang terdapat di kompleks keraton mempunyai fungsi dan makna tersendiri. Keraton Yogyakarta terletak di jantung Kota Yogyakarta. Arsitektur bangunannya dirancang sendiri oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Luas Keraton Yogyakarta adalah 14.Mataram. Tahun 1755. Semua yang terdapat di dalamnya seakan-akan memberi nasihat kepada kita untuk cinta dan menyerahkan diri kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. lahirlah perjanjian Giyanti yang digagas VOC. Mataram dibagi 2. di masa pertikaian antara Paku Buwono III dan Pangeran Mangkubumi. berlaku sederhana dan tekun. tepatnya di alunalun sebelah utara. yang merupakan Kasunanan Surakarta. serta berhati-hati dalam tingkah laku kita sehari-hari. Kemudian Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1756 atau tahun Jawa 1682. Benteng ini mengelilingi keraton sepanjang 4 Km. Isinya.

Di sebelah timur Bangsal Kencono terdapat kompleks Kasatriyan yang merupakan tempat tinggal para putra lelaki Sultan yang .utama.5 Kg. tempat para abdi dalem duduk di pasir. Bangsal yang paling luas adalah Bangsal Kencono. Hukuman bagi orang yang terbukti bersalah dilaksanakan di alun-alun pada hari Jum’at sesudah waktu Dzuhur. berteduh sambil menjalankan tugas atau menunggu perintah dari Ngarso Dalem. Bangunan luas ini disangga oleh 8 buah tiang berwarna putih. Bangunan paling depan dari kompleks keraton adalah Pagelaran. Di belakang Pagelaran terdapat tangga naik menuju ke kompleks yang disebut Siti Hinggil. bangsal luas yang dipakai pada saat penobatan Raja. Halaman luas di depan Bangsal Kencono dinaungi pohon-pohon sawo kecik yang rindang. Di Siti Hinggil terdapat Bangsal Manguntur Tangkil. Gerbang masuk ke bagian dalam keraton dijaga oleh sepasang gupolo (arca raksasa). yang menghadap langsung ke alun-alun utara. Adapun di sebelah utara Bangsal Kencono terdapat Gedong Jene. Di sebelah selatan Bangsal Kencono terdapat Bangsal Manis. tempat Sultan melaksanakan kegiatan sehari-hari. Di sebelah barat dan timur tangga terdapat bangsal kecil yang pada zaman dahulu dipakai untuk tempat algojo menunggu sebelum melaksanakan tugasnya. yang konon pada pondasi masing-masing tiang ditanam emas murni seberat 4. yaitu tempat Sultan menggelar hajat dan berbagai acara lain. tempat Sultan menjamu para tamu.

belum menikah. Sedangkan untuk Sultan adalah Pelataran Kedhaton. Keraton Yogyakarta juga mempunyai berbagai macam tradisi yang masih dipertahankan sampai sekarang. Tahta Sultan. Keraton Yogyakarta mempunya tradisi melaksanakan Upacara Grebeg. . dan Lambang-lambang Kerajaan lainnya. Di sebelah barat Bangsal Kencono terdapat Ndalem Agung Proboyakso yang menghadap ke selatan. Bangsal Kencono merupakan bangsal yang di dalamnya terdapat bangunan-bangunan utama Keraton Yogyakarta. Keputren merupakan tempat tinggal para istri dan putri Sultan. Di dalamnya disemayamkan Pusaka Kerajaan. Di komplek ini juga terdapat museum yang menyimpan foto-foto dan lukisan Sultan beserta keluarga. Grebeg ialah upacara keagamaan di keraton yang diadakan 3 kali setahun. Bangunan yang berdinding kayu ini merupakan pusat dari Istana secara keseluruhan. Salah satunya. Hari Raya Idul Fitri (Grebeg Sawal) dan Hari Raya Idul Adha (Grebeg Besar). bertepatan dengan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW (Grebeg Maulud).

3.BAB III PENUTUP 3. kegiatan studi wisata dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baru dan menarik agar siswa tidak merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang itu-itu saja. Saran kami.1 Saran Tak ada gading yang tak retak. Jangan pernah menyerah sebelum kau mencoba. Kelebihan dan kekurangan dalam karya tulis ini hendaknya dijadikan sebagai pelajaran bagi pembaca dalam mengerjakan tugas karya tulisnya. sampai kau meraih sebuah bintang yang bersinar.2 Kesimpulan . kami berharap untuk tahun-tahun yang akan datang. yaitu masa depan yang cerah dan jangan pernah merasa lelah dalam menuntut ilmu sampai matamu tertutup untuk selamanya. begitu pula karya tulis ini yang masih belum dapat dikatakan sempurna.

tetapi tidak semua candi masih dalam kondisi utuh. Dan ada pula arca-arca yang hilang tak berbekas karena ulah manusia yang tidak bertanggungjawab. Yogyakarta merupakan kota budaya yang mempunyai segudang cerita bersejarah di dalamnya dan kenampakan alam yang beragam uniknya. Unsur budaya. selalu ada nilai-nilai sejarah yang terkandung di dalamnya serta legenda yang menyertai asal-usul terbentuknya. dan kenampakan alam merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan untuk menggambarkan tentang Indonesia. .sejarah. Candi-candi tersebut masih dapat kita saksikan kemegahannya. Tak ketinggalan juga. Kenampakan alam yang tersaji di tiap sisinya pun sudah diakui keindahannya di seluruh dunia.Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang mempunyai beraneka ragam budaya dan sejarah di dalamnya. hanya terlihat bekas-bekas bangunan yang tersusun dari tumpukan batu-batu. Salah satu kota yang cukup menggambarkan tentang Indonesia dilihat dari ketiga unsur tersebut adalah Kota Yogyakarta. Ada juga arca-arca di bangunan candi yang sudah tidak lengkap bagian badannya karena faktor alam seperti gempa bumi. Yogyakarta terkenal dengan candi-candi peninggalan Kerajaan Hindu-Budha. Ada banyak candi yang bangunannya hampir rata dengan tanah.

Segala sesuatu yang ada di dalam keraton mempunyai makna dan fungsi tersendiri. ingat Malioboro. Hasilnya pun berhasil menembus pasar internasional sehingga beromset ratusan juta rupiah perbulan. Gunung Merapi.Sampai saat ini. Air terjun yang menjulang tinggi dan airnya yang segar membuat mata seakan dimanjakan sehingga perasaan menjadi rileks setelah melihat pemandangan tersebut. serta pernak-pernik pemanis ruangan. Malioboro merupakan kawasan yang digemari turis-turis karena kawasan ini menawarkan pernak-pernik dan makanan khas Yogya. bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh dan terawat adalah Keraton Yogyakarta. gunung teraktif di dunia adalah kenampakan alam yang sangat terkenal di Yogyakarta. Keraton Yogyakarta dibangun pada masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1756. tentunya dengan harga yang bersahabat. Dan tempat wisata Kali Urang terletak di kaki gunung tersebut. . miniatur bangunan. Kehidupan di dalam dan di sekitar keraton masih sangat kental dengan budaya dan kepercayaan. Di kota ini juga terdapat sentra kerajinan perak. Ingat Yogya. Perak tersebut umumnya dibentuk menjadi beragam perhiasan.

Sebagai warga negara Indonesia. Kota Yogyakarta dengan segala kekhasan dan keunikannya mempunyai daya tarik yang cukup memikat para wisatawan domestik maupun asing untuk berkunjung ke sana. yang sadar dan peduli akan pentingnya aset bangsa tersebut. kita dapat mengetahui bahwa begitu besarnya potensi wisata yang dimiliki Indonesia. generasi penerus. Banyak sekali pelajaran yang bisa kita serap setelah mengunjungi tempat-tempat wisata di sana. Saat menyusuri Yogya. Sudah saatnya kita peduli dengan apa yang ada di sekeliling kita. termasuk warisan budaya yang beragam jenisnya. siapa lagi yang bisa? . kita seakan-akan berada di zaman sejarah.Tak heran jika Yogyakarta sering disebut kota pelajar dan kota budaya. Kalau bukan kita. yang melambangkan beraneka ragamnya Maha Karya Tuhan di sana.Dari ringkasan tersebut. kita patut bangga dan bersyukur dengan semua keanekaragaman yang dimiliki negeri ini. Tiada kata yang cukup untuk mendeskripsikan tentang Yogyakarta yang diselubungi kabut warna-warni.

Taman Wisata Candi. Kompleks Percandian Prambanan.DAFTAR PUSTAKA Brongtodiningrat. Unit Taman Wisata Candi Prambanan.Yogyakarta : PT. Yogyakarta : PT. 1978. 2009. Yogyakarta : Museum Kraton Yogyakarta. 2009. Yogyakarta : PT. Taman Wisata Candi Unit Taman Wisata Candi Prambanan. . Candi Borobudur. Arti Kraton Yogyakarta. 2009. Taman Wisata Candi. Loro Jonggrang. Unit Taman Wisata Candi Prambanan.

LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful