LATAR BELAKANG

RUMUSAN MASALAH

GLOBAL WARMING

TUJUAN PENELITIAN

MANFAAT PENELITIAN

PENGERTIAN GLOBAL WARMING PENGERTIAN VEGETARIAN GLOBAL WARMING PEMBAHASAN .

tetapi gas CO2 di atmosfer memerlukan waktu ribuan tahun untuk menghilang banyak cara yang bisa diaplikasikan untuk mengurangi emisi karbondioksida Namun diet vegetarian diklaim cara yang paling efektif menghentikan pemanasan global . Namun sekarang kita telah mengetahui bahwa meskipun pengurangan CO2 merupakan hal yang penting dan seluruh dunia berubah ke sistem ekonomi serta pola hidup yang nol-karbon.€ € € Sejak dulu. usaha untuk mengerem pemanasan global hampir seluruhnya terpusat pada penurunan emisi karbon dioksida.

Bagaimana sektor peternakan bisa menghasilkan emisi yang begitu besar? 2.€ Rumusan masalah dari karya tulis ilmiah ini adalah: 1. Bagaimana pengaruh vegetarian bagi pengurangan dampak global warming? .

2. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh vegetarian dalam mengurangi dampak global warming . Untuk mengetahui seberapa besar emisi yang dihasilkan oleh sektor peternakan.€ Tujuan diadakan penelitian dalam karya tulis ilmiah ini adalah: 1.

€ Karya Tulis Ilmiah ini diharapkan bermanfaat bagi seluruh kalangan guna menyelamatkan bumi yang semakin lama semakin rusak oleh Global Warming. Salah satu caranya adalah dengan bervegetarian .

dinitrooksida (N2O) dan CFC di udara (efek rumah kaca). Yang termasuk fossil fuel antara lain minyak bumi dan batu bara. Meningkatnya kadar CO2 itu sendiri diakibatkan meningkatkan konsumsi fossil fuel.€ Pemanasan Global adalah suatu kondisi di mana bumi menjadi semakin panas karena panas sinar matahari terperangkap di bumi sebagai akibat dari meningkatnya kadar CO2. metana (CH4). Selain itu berkurangnya jumlah hutan di bumi juga turut berperan dalam peningkatan kadar CO2 karena hutan berperan dalam mengubah CO2 menjadi O2 . Fossil fuel adalah bahan bakar yang berasal dari fosil tumbuhan atau hewan.

Pengertian Vegetarian € € Vegetarian adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari mahluk hidup seperti daging. Saat itu adalah pertemuan pengukuhan dari Vegetarian Society Inggris . unggas. Inggris. ikan atau hasil olahannya Pertama kali istilah Vegetarian digunakan secara formal pada tanggal 30 September 1847 oleh Joseph Brotherton dan kawankawan di Northwood Villa. Kent.

Praktek yang mereka jalankan tersebut bertujuan menghormati dan mengasihi semua makhluk hidup . Penyebutan secara umum mereka yang tidak makan daging sebelum tahun 1847 sebagai 'Pythagorean' atau mengikuti 'Sistem Pythagorean¶ Definisi asli dari 'vegetarian' adalah dengan atau tanpa telur atau produk olahannya. seperti yang diterapkan oleh masyarakat yang hidup di India dan Tiongkok.€ € Kata Vegetarian ini berasal dari bahasa Latin ´vegetusµ berarti keseluruhan. segar. sehat. Definisi ini masih digunakan hingga sekarang oleh Vegetarian Society. pola hidup vegetarian sudah ada jauh sebelum masehi. Apabila dicermati sejarah dunia. hidup.

5 sampai 4. metana (CH4).€ Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2).0 derajat Celcius pada akhir abad 21 . dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. termasuk Indonesia terjadi pada kisaran 1. Berbagai literatur menunjukkan kenaikan temperatur global.

peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit. peningkatan hujan dan banjir. serta migrasi fauna dan hama penyakit. perubahan iklim. perluasan gurun pasir. dan sebagainya . gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan. punahnya flora dan fauna tertentu. kenaikan muka air laut. pengurangan produktivitas lahan pertanian.€ Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio ² geofisik (seperti pelelehan es di kutub. Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai. pelabuhan dan bandara.

2. Limbah berupa kotoran ternak mengandung senyawa NO . Transportasi yang digunakan 5. Pemeliharaan hewan ternak memerlukan energi listrik untuk lampu-lampu dan peralatan pendukung peternakan 4. Hewan-hewan ternak seperti sapi adalah polutan metana yang signifikan 6.€ Beberapa fakta yang diketahui merupakan sumbangan dari sektor pertanian terhadap emisi berdampak negatif pada dampak global warming adalah : 1. Peternakan menyedot begitu banyak sumber daya pendukung lainnya 3. Peternakan membutuhkan lahan yang tidak sedikit.

Peternakan sapi saja telah menyedot makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori 8. Padahal akan jauh lebih efisien apabila tanaman tersebut diberikan langsung kepada manusia. Hal ini masih diperparah lagi dengan banyaknya hutan yang juga dirusak untuk menanam pakan ternak tersebut (gandum. Hutan hujan tropis mengalami penggundulan besar-besaran untuk menyediakan lahan peternakan. Lebih dari jumlah populasi manusia di dunia. .7 miliar orang. Perusakan hutan sama dengan memperparah efek pemanasan global karena CO2 yang tersimpan dalam tanaman akan terlepaskan ke atmosfer bersamaan dengan matinya tanaman tersebut. dll). Demi pembukaan lahan peternakan. Lima puluh lima kaki persegi hutan tropis dihancurkan hanya untuk menghasilkan satu ons burger. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seorang vegetarian menyelamatkan hingga setengah hektar pepohonan setiap tahunnya. begitu banyak hutan hujan yang dikorbankan.€ Peternakan membutuhkan lahan yang tidak sedikit. rumput. Kelaparan dunia tidak akan terjadi jika semua orang bervegetarian.

sektor industri ramah lingkungan yang bisa dikembangkan di dunia ini. Mungkin sepintas terlihat seperti pendukung pertumbuhan ekonomi. Masih banyak sektor. . Tapi dapatkah dibayangkan berapa banyak lagi emisi yang dihasilkan tiap industri pendukung tersebut? Perekonomian yang maju tidak ada lagi artinya apabila planet kita hancur. mulai dari pakan ternak hingga obat-obatan dan hormon untuk mempercepat pertumbuhan.€ Peternakan menyedot begitu banyak sumber daya pendukung lainnya.

. pengecer. Salah satu inefisiensi listrik terbesar adalah dari mesin-mesin pendingin untuk penyimpanan daging. dll) sebelum daging tersebut tiba di rumah/ piring makan konsumen.€ Pemeliharaan hewan ternak memerlukan energi listrik untuk lampu-lampu dan peralatan pendukung peternakan. rumah makan. pasar. Baik yang ada di peternakan maupun yang ada di titik-titik perhentian (distributor. Mereka tentu mengetahui bahwa mesin-mesin pendingin adalah peralatan elektronik yang sangat boros listrik/energi. mulai dari penghangat ruangan. dll. mesin pemotong.

. sampai dengan elemen pendukung peternakan lainnya (obat-obatan dll) menghasilkan emisi karbon yang signifikan. makanan ternak. baik untuk mengangkut ternak.€ Transportasi yang digunakan.

Tidak kurang dari 100 milliar ton metana dihasilkan sektor peternakan setiap tahunnya. Dan milyaran hewan-hewan ternak di seluruh dunia setiap harinya melakukan proses ini yang pada akhirnya menjadi polutan gas rumah kaca yang signifikan. Sapi secara alamiah akan melepaskan metana dari dalam perutnya selama proses mencerna makanan (dimana dikenal sebagai sendawa³ glegekan menurut orang jawa). Metana adalah gas dengan emisi rumah kaca yang 23 kali lebih buruk dari CO2.€ Hewan-hewan ternak seperti sapi adalah polutan metana yang signifikan. .

Di Amerika Serikat saja. . Bayangkan berapa banyak jumlah tersebut di seluruh dunia.5 ton kotoran per detik.€ Limbah berupa kotoran ternak mengandung senyawa NO (Nitrogen Oksida) yang notabene 300 kali lebih berbahaya dibandingkan CO2. Jumlah yang luar biasa besar itu membuat sebagian besar kotoran tidak dapat di proses lebih lanjut menjadi pupuk atau hal-hal berguna lainnya. hewan ternak menghasilkan tidak kurang dari 39. Kontribusi gas NO dari sektor peternakan sangatlah signifikan. akhirnya yang dilakukan oleh pelaku industri peternakan modern adalah membuangnya ke sungai atau ke tempat-tempat lain yang akhirnya meracuni tanah dan sumber-sumber air.

pesawat terbang. truk-truk besar. Di sisi lain. mobil.PBB pada bulan November 2006 telah merilis laporan mengejutkan yang berhasil membuka mata dunia bahwa ternyata 18% dari emisi gas rumah kaca datang dari aktifitas peternakan ayam. Penelitian Universitas Chicago telah menunjukkan bahwa seorang vegetarian dapat mengurangi emisi karbon hingga 1. dan semua sarana transportasi lainnya hanya menyumbang 13% emisi gas rumah kaca € Jadilah vegetarian. babi. dan hewan-hewan ternak lainnya. Jumlah ini bahkan lebih banyak dari mengganti mobil dengan Toyota Prius yang hanya menghemat 1 ton emisi karbon setiap tahunnya. sapi. sepeda motor. disamping dari segala penghematan listrik dan energi yang biasa dilakukan.µ € . Beberapa media massa luar negeri bahkan menyebut ´Vegetarian is the new Prius. Inilah hal yang terbaik yang bisa dilakukan bila ingin menyumbangkan sesuatu bagi usaha dunia mengerem pemanasan global.5 ton setiap tahunnya.

.

Kontribusi gas NO dari sektor peternakan sangatlah signifikan.€ Berdasarkan hasil kajian pustaka dan permasalahan yang ada. Padahal perusakan hutan sama saja dengan memperparah efek pemanasan global karena CO2 yang tersimpan dalam tanaman akan ikut terlepas bersama matinya tanaman tersebut. maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. 4. Di mana NO 300 kali lebih berbahaya dibandingkan CO2. yaitu Sektor peternakan merupakan penyumbang emisi terbesar. Sedangkan dari kendaraan atau alat transportasi lainnya hanya menyumbang 13% emisi gas rumah kaca. Tidak kurang dari 100 miliyar ton metana9 (CH4) dihasilkan sektor peternakan setiap tahunnya. Dari beberapa point di atas dapat ditarik lagi satu catatan yang merupakan poin dari kesimpulan. 2. . Hutan hujan tropis mengalami penggundulan yang besar-besaran untuk menyediakan lahan peternakan. 3. Sekitar 18% penyebab Global Warming adalah dari sektor pertanian.

Kurangi konsumsi daging.€ Demi meningkatkan produktifitas ternak sapi. untuk menghasilkan 1 kg daging. Karena seorang vegetarian saja dapat mengurangi emisi karbon hingga 1. Berdasarkan penelitian. Sebenarnya kita bisa menyelamatkan bumi dari kekurangan pangan jika kita bervegetarian. 2. langkah yang dilakukan: 1.5 ton setiap tahunnya. Terapkan pola vegetarian. . sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum.