.

DAERAH-DAERAH YANG DILANDA BANJIR DAN WAKTU PENYEBAB TERJADINYA. DAMPAK YANG DITIMBULKAN. USAHA YANG DILAKUKAN UNTUK MENCEGAH DAN MENAGGULANGI BANJIR. .TOPIK : BENCANA ALAM TEMA : BANJIR KERANGKA : MACAM-MACAM BENCANA ALAM.

gempa bumi. kekeringan. Mulai dari tsunami.Negara Indonesia merupakan salah Satu negara yang rawan bencana alam. . kebakaran hutan. Salah satu bencana Yang saat ini sedang melanda sebagian Besar wilayah indonesia adalah banjir. tanah longsor hingga letusan gunung berapi yang telah terjadi di alami tanah air kita ini.

Bencana Alam di Indonesia (1998-2003) Jenis Banjir Longsor Gempa bumi Gunung meletus Angin topan jumlah Jumlah kejadian Korban jiwa 302 245 38 16 46 647 1066 645 306 2 3 2022 Kerugian (juta rupiah) 191.000 n.312 13.A 4015 .928 100.

Banjir merupakan bencana besar rutin yang menimpa sebagian besar wilayah di Indonesia tiap tahunnya. Jakarta dengan skala 1:1000. sedangkan sulawesi dan Sumatera memiliki skala dalam peta kerawanan sebesar 1:50000.2500. . sebagian besar wilayah jawa timur tepatnya di kabupaten-kabupaten yang terletak sepanjang aliran sungai bengawan solo (2007). Beberapa wilayah yang pernah dilanda banjir yaitu: bukit lawang. sebagian wilayah di jawa tengah (2003). dan jakarta (2007-2008). Setiap tahun banjir tidak pernah absent untuk membasahi tanah air Indonesia. Sedangkan beberapa daerah yang sering dan rawan terkena banjir ialah. wilayah jawa dengan skala 1. sumatera utara (2003).

daya kikis genangan air.Dampak negatif banjir yaitu: bangunan yang berada di sekitarnya akan rusak akibat terseret arus banjir. longsornya tanah diseputar atau dibawah pondasi. . terjadi tanah longsor. terjadi kerugian ekonomi bagi bangunan atau rumah yang hancur.

sehingga biji-bijian sperti padi. . dan jagung dapat membusuk tergenang air banjir. gandum. dan banjir dapat menghilangkan binatang ternak. banjir dapat menerjang lumbunglumbung. air menjadi tercemar oleh jasad-jasad korban banjir yang belum di evakuasi.terdapat korban jiwa. karena banjir dapat merobohkan bangunan dan menenggelamkan manusia dan binatang.

Dampak positif banjir yaitu: banjir bisa menggelontor bahanbahan pencemar air yang mengendap di saluran air. dan banjir bisa menambah cadangan air. banjir bisa menjaga kelembapan tanah dan mengembalikan kelemahan tanah tandus. .

adanya proyek pendalaman pada sungai-sungai. menyediakan sistem perparitan yang dapat memperlacar proses air banjir. memelihara hutan dengan cara reboisasi dan kegiatan semacamnya. .Usaha-usaha yang dapat dilakukan tidak membuang sampah sembarangan dan mendaur ulang bahan-bahan yang sudah tidak terpakai.

Sungguh bencana tersebut adalah bencana yang terencana. Namun. serta tidak adanya managemen bencana dari pemerintah. adanya kebijakan yang tidak memenuhi aspirasi masyarakat. .Dari berbagai fakta yang ada jelas terlihat bahwa bencana besar yang terjadi tidak serta merta Datang. Bencanabencana tersebut seharusnya tidak perlu terjadi dan bisa diminimalisir oleh pemerintah seandainya pemerintah berbesar hati untuk tidak mencampakkan alam dengan dalih kebijakan pembangunan atau devisa. didahului oleh adanya eksploitasi lingkungan.

.

.

.

Wassalamualaikum.Sekian presentasi dari kelompok kami. Wb . Terima kasih atas perhatiannya. Wr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful