Petunjuk Penggunaan Format Laporan

Sistem Pelaporan Obat

Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan
Pada Tingkat Pedagang Besar Farmasi ( PBF )

Cara : Klik Start → Control Panel → Regional and Language Options → Klik Customize ( Tab Regional Options ) → Pilih tab Date → Pilih Short Date Format. Ubah Menjadi MM/dd/yyyy → Apply → OK . menggunakan format tanggal bulan/hari/tahun ( mm/dd/yyyy ). dan sheet laporan. Kolom deskripsi 4.. Kolom farmalkes_id Berisi kode obat yang akan dilaporkan kepada Dinkes dan Depkes. Kolom pbf_id Berisi kode masing-masing PBF. kode ini didapat dari data sheet PBF 2. Petunjuk Penggunaan Format file laporan dalam bentuk file Excel (xls) ini terdiri atas 3 sheet. Selengkapnya akan dibahas pada bagian petunjuk penggunaan dibawah ini. didapat dari sheet Obat. Dimana sheet Obat dan PBF digunakan sebagai referensi bantuan untuk mengisi sheet Laporan. kode ini didapat dari sheet Obat. Adapun kolom-kolom pada sheet Laporan yang harus diisi adalah sebagai berikut : 1. Selanjutnya setelah format laporan ini diisi. simpan file ini dalam bentuk text (txt) untuk kemudian diserahkan sebagai laporan. 3.Format Pelaporan Obat Pelaporan Obat dari Pedagang Besar Farmasi (PBF) kepada Dinkes Propinsi dan Depkes Pusat dilakukan dengan menggunakan format laporan yang diberikan kepada setiap PBF dalam bentuk file Excel seperti dibawah ini. Kolom farmalkes_desc Berisi nama dari kode obat yang telah disebutkan. sheet PBF. yaitu sheet Obat. Kolom tgl_awal Berisi tanggal awal triwulan pelaporan.

Kolom masuk_pabrik Jumlah obat masuk yang berasal dari pabrik obat 7.3. Kolom periode Periode / triwulan pelaporan : 1. Kolom keluar_pemerintah Jumlah obat yang ditransaksikan untuk keperluan pemerintah. 19. Kolom masuk_pbf Jumlah obat masuk yang berasal dari PBF lain.2. menggunakan format tanggal bulan/hari/tahun ( mm/dd/yyyy ). 14. Harga Berisi harga obat berdasarkan Harga Eceran Tertinggi (HET). bakti sosial. kepolisian. Kolom keluar_apotik Jumlah obat yang ditransaksikan ke apotik 11. dll. Kolom stock_akhir Posisi stock obat dimasing-masing PBF pada akhir triwulan pelaporan 17. Kolom keluar_swasta Jumlah obat yang ditransaksikan untuk keperluan swasta. seperti klinik. Kolom stock_awal Posisi stock obat dimasing-masing PBF pada awal triwulan pelaporan. Kolom keluar_pbf Jumlah obat yang ditransaksikan ke PBF lain. 16. dll. misalnya retur ke pabrik atau pemusnahan.5. seperti departemen. Kolom keluar_lain Jumlah obat yang ditransaksikan selain kepada tiga kategori diatas. misalnya PBF cabang 12. atau 4 18. toko obat berizin. dll 15. Kolom masuk_lain Jumlah obat masuk selain dari tiga kategori diatas. . Kolom tgl_akhir Berisi tanggal akhir triwulan pelaporan. Kolom keluar_rs Jumlah obat yang ditransaksikan ke rumah sakit 10. Kolom penanggung Berisi nama penanggung jawab laporan. 13. misalnya retur 9. 6. Askes. misalnya PBF pusat 8.

. buka file baru pada excel dan paste data-data tersebut. dan no_bukti dikosongkan. Data ini kemudian disimpan dalam bentuk file txt seperti berikut... Copy seluruh datanya ( tanpa header – judul kolom). pilih submenu Save As. sehingga muncul tampilan berikut. Klik menu File.Untuk kolom-kolom update_date. update_by.. Berikut contoh laporan yang telah terisi...

txt).Pilih lokasi menyimpan file pada lajur Save in diatas.. . Ketik nama file pada File name dan pilih tipe file pada Save as type sebagai file Text (Tab delimited) (*.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.