P. 1
Panduan Step By Step Clonning Harddisk with Norton Ghost

Panduan Step By Step Clonning Harddisk with Norton Ghost

|Views: 64|Likes:
Published by xetanalas

More info:

Published by: xetanalas on Mar 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2011

pdf

text

original

Mengunakan

Disusun oleh :

( Nathan Gusti Ryan )

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008)

Hal : 1

lalu CDROM / CDRW / DVDROM / DVDRW menjadi Primary Slave serta Pasang Harddisk Target sebagai Secondary Master. Atau anda juga bisa mengunakan Hiren’s BootCD dan selanjutnya ikuti gambar petunjuk ini… Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 2 . Jadi kalau ada yang bilang Clonning harddisk itu harus sama persis berarti dia belum pernah mengunakan atau mencoba Norton Ghost. Umumnya pada Motherboard terdapat 2 kabel harddisk ( Primary & Secondary ) dan masing-masing kabel tersebut terdapat 2 konektor ke harddisk ( Master & Slave ). Minimal memiliki kapasitas yang tidak lebih kecil dari USED SPACE harddisk Source yang akan kita Clonning. Setelah pertama kali PC kita Booting pake BootableCD Norton Ghost yang sudah penulis sediakan di http://jamesbond. umumnya terdapat 3 buah Jumper yang mengatur fungsi peripheral tersebut agar menjadi Master ( M ). Selain itu berikut ini saya rekomendasikan teknik pemasangan Harddisk yang paling praktis untuk mengurangi resiko akibat kesalahan pemasangan harddisk. Memory minimal 256 MB / 512 MB.4shared. # Kabel Primary # Kabel Secondary : : Terdiri dari => Terdiri dari => Primary Master Secondary Master & & Primary Slave Secondary Slave Selanjutnya pada harddisk maupun CDROM / CDRW / DVDROM / DVDRW. Agar anda tidak bingung maka sebaiknya pasang Harddisk Source sebagai Primary Master.1. Clonning Harddisk Disk to Disk Sebelum memulai Installasi. pastikan di Setup BIOS kita untuk First BOOT dari CDROM. menjadi Slave ( S ) atau Cable Select ( CS ). Pada Ujicoba ini penulis akan melakukan Clonning harddisk dari harddisk 10 GB ke Harddisk 15 GB.com. Harddisk tidak harus sama persis baik kapasitas maupun merknya.

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 3 .

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 4 .

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 5 .

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 6 .

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 7 .

Setelah selesai proses Clonning ini. Selanjutnya posisikan harddisk Target dari Secondary Master menjadi Primary Master …… Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 8 . matikan PC anda lalu lepas kabel harddisk Primary Master.

Setelah itu hidupkan komputer… Ooooopppsss… mulai Starting Up… yeach… ternyata Harddisk yang barusan kita Clonning berisi Windows Vista Bussiness. Wooowww… Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 9 .

masuk ke menu “Peer to Peer” lalu pilih menu “TCP/IP” terus klik “Slave”. jalankan aplikasi GHOST32 di kedua PC. Setelah semuanya siap. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah pada PC Source.2.88.88. Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 10 .150 pada PC Source dan IP : 192. Pada Ujicoba ini penulis mengunakan IP : 192.168. pastikan Norton Ghost sudah di-copy-kan pada kedua PC dan juga sudah dipastikan kedua PC ini sudah terkoneksi dalam jaringan LAN dengan baik. Clonning Harddisk via LAN / TCP-IP Sebelum memulai Clonning harddisk via LAN atau TCP/IP ini.168. Serta sebaiknya mengunakan Account Administrator untuk menjamin kelancaran akses maupun proses transfer data nanti.16 pada PC Target.

168. Dan setelah kedua PC tersambung dan memulai proses Clonning via LAN maka info yang ditampilkan adalah “Connected”.88.Setelah muncul tampilan seperti diatas ini berarti PC Source sudah Standby menunggu koneksi dari PC Target. Selain itu anda bia perhatikan pada gambar / capture proses Clonning via ini berbeda dengan Clonning harddisk dalam 1 local PC. Yaitu pada sebelah pojok kiri bawah layar program Norton Ghost ditunjukkan “Connecting via TCP/IP”. Selanjutnya masukkan TCP/IP dari PC Source yaitu : 192. masuk ke menu “Peer to Peer” lalu pilih menu “TCP/IP” terus klik “MASTER”.150. Langkah Kedua yang harus kita lakukan adalah pada PC Target. Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 11 . ( Lihat gambar dengan ditandai kotak merah… ).

Masukkan TCP/IP dari PC Target kita yaitu : 192. Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 12 .150.88.168. lalu klik “OK”.

Dan di PC Target muncul seperti pada gambar selanjutnya dibawah ini. maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini layaknya kita Clonning biasa dalam 1 Local PC. Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 13 .Begitu setelah kita klik “OK”.

. Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 14 .Selanjutnya muncul gambar seperti dibawah ini.

Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 15 .

com Dibuat oleh : Nathan Gusti Ryan (12 April 2008) Hal : 16 .Mudah sekali bukan…? Selamat mencoba…… Salam… Nathan Gusti Ryan progtel2004@yahoo.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->