P. 1
Komunikasi Perkantoran

Komunikasi Perkantoran

|Views: 1,414|Likes:
Published by Yendi Permana Putra

More info:

Published by: Yendi Permana Putra on Mar 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

Komunikasi Perkantoran

diajukan sebagai tugas kelompok mata kuliah Administrasi Perkantoran program studi ilmu Administrasi Negara

Oleh: Tb Arya Sultan Teguh Prakoso Yendi Permana Tri Setya Puspasari Zaenal Asiqin Zahrotul Addawiyah Iskandar (072748) (072749) (072755) (072753) (072758) (072759)

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA SERANG 2010

Komunikasi didefinisikan oleh Bovee (2003) sebagai proses mengirim dan menerima pesan. nada serta yang semuanya tergantung pad aide. Pengirim menyandikan ide dengan memutuskan bentuk pesan. gerak tubuh. hubungan yang renggang dan sikap terhadap waktu yang tersedia ketika berkomunikasi tanpa kata. yaitu menggunakan isyarat.PEMBAHASAN Komunikasi Perkantoran A. audien. B. Pengirim memiliki ide dan berkeinginan untuk membaginya kepada orang lain. panjang. proses komunikasi dapat dijabarkan sebagai berikut: 1. ekspresi wajah. tetapi berupa semua isyarat. Komunikasi memiliki empat fungsi penting yaitu: 1. dan ekspresi wajah. Fungsi informasi. Fungsi motivasi 3. Fungsi kontrol 2. gerak tubuh. Komunikasi Umum Organisasi harus menyadari bahwa salah satu kunci penting tercapainya tujuan tergantung pada kemampuan pegawai dan manajer untuk berkomunikasi yang penting dengan stakeholder yang lain. pembawaan diri dan mood pengirim . Bentuk paling dasar dari komunikasi adalah komunikasi nonverbal yang merupakan proses komunikasi tanpa kata. Proses Komunikasi Bentuk yang paling dasar dalam berkomunikasi adalah komunikasi tanpa kata. serta dikatakan efektif jika pesan tersebut dapat dimengerti dan menstimulasi tindakan atau mendorong orang lain untuk bertindak sesuai dengan pesan tersebut. organisasi. 2.

Pengirim mengirimkan pesan dengan memilih jalur komunikasi dan media yang tergantung pada pesan. 6. 5. Penerima memberikan feedback yang memungkinkan pengirim mengeevaluasi efektivitas dari pesan atau komunikasi yang telah dilakukan C. Menghasilkan arus kerja yang lebiih siap dan efektif. lokasi audien. kebutuhan dan kecepatan diterima. Komunikasi yang Efektif Thomas dan Schmidt pada tahun 1976 melakukan penelitian dimana hasilnya adlaah bahwa komunikasi yang buruk akan menciptakan konflik antar pribadi. 4. Penerima menguraikan pesan dengan memahami isi pesan yang disampaikan.cirri sebagai berikut: • • • Menyediakan informasi yang praktis Memberikan fakta dibandingkan kesan Menyatakan tanggungjawab secara jelas. Membuat pemecahan masalah menjadi lebih cepat 2. dan menjelaskan apa yang kita harapkan atau apa yang kita lakukan. Meningkatkan citra professional. Membuat keputusan yang diambil menjadi lebih kuat. Meningkatkan produktivitas. 3. pesan yang efektif memiliki ciri. Meningkatkan tanggapan stakeholders 8. dan formalitas yang dibutuhkan. 6. 7. Penerima mendapatkan pesan. Memunculkan hubungan bisnis yang lebih kuat. 5. Quible (2001) mengilustrasikan delapan manfaat komunikasi yang efektif sebagai berikut: 1. Menjadikan materi promosi lebih besar Selain itu. .3. 4.

melaporkan kinerja perusahaan kepada mesyarakat (jika termasuk perusahaan yang terbuka). Menghindari Hambatan Komunikasi Menurut (2003). untuk itu. melakukan korespondensi. atau takut. akan lebih baik jika waspada akan kemungkinan besarnya kesalahpahaman yang akan terjadi akibat keterlibatan emosi tersebut. pegawai adalah contact point dalam jaringan komunikasi internal dan eksternal.D. yaitu: a. Perbedaan Bahasa dan Persepsi Pimpinanlah yang mempunyai andil besar dalam menyatukan persepsi anak buahnya untuk memajukan dan meningkatkan kinerja perusahaan. Komunikasi eksternal Komunikasi eksternal dilakukan untuk membawa informasi masuk atau keluar dari organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Gangguan Fisik misalnya. yaitu: a. b. E. Komunikasi Internal Komunikasi internal merupakan bentuk pertukaran informasi dan ide dalam organisasi. ada empat hambatan komunikasi yang akan mempengaruhi kualitas komunikasi yang dilakukan. walaupun tidak mungkin menghindari komunikasi dengan orang lain ketika sedang dalam keadaan emosi. Gangguan Emosional Pesan akan sulit disampaikan dalam keadaan kecewa. b. Komunikasi dalam Organisasi Komunikasi yang berlaku dalam suatu organisasi sdibagi menjadi dua macam. marah. 2. Gangguan Komunikasi Ada dua gangguan berkomunikasi yang sangat berpengaruh. yaitu: 1. atau melakukan kegiatan sosial. .

aplikasinya berupa penggunaan internet. Penyaringan Informasi Yang Tidak Tepat Menyaring adalah membuang atau menyingkat informasi sebelum pesan itu diteruskan kepada orang lain. 3. Beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampak hambatan tersebut (Quible. sehingga dapat melakukan pertukaran data maupun informasi. Mengembangkan iklim komunikasi yang terbuka 3. Menggunakan pesan yang singkat dan efektif F.Hambatan komunikasi sering kali bersifat fisik. 2003) 1. seperti hubungan yang buruk. utmanya untuk layanan email dan world wibe web. namun. 4. Overload Informasi Komunikasi bisnis sering terganggu karena materinya rumit dan kontroversial. a. telekomunikasi telah berkembang menjadi berbagai macam multimedia. multimedia yang umum digunakan adalah computer dan handphone. Teknologi Komunikasi Perkantoran Zaman sudah semakin canggih. Berdasarkan Topologi Jaringan komputer adalah gabungan/ kumpulan dari beberapa komputer yang saling berhubungan satu sama lain dan tersusun secara seri. Melakukan pendekatan yang berpusat pada audien 2. dan tulisan yang dapat dibaca. Jaringan Komunikasi Jaringan komunikasi didefinisikan oleh rowe (2002) sebagai hubungan antara dua tempat berdasarkan topologi kepemilikan dan geografi: 1. akustik yang jelek. jika hal tersebut mempengaruhi komunikasi efektif yang diharapkan. beberapa macam topologi sebagai berikut: . Komitmen untuk berkomunikasi secara etis 4.

MAN biaanya hanya ditemukan di area metropolitan yang luas. Berdasarkan Kepemilikan Berdasarkan kepemilikan. jaringan komunikasi dibagi menjadi tiga bentuk: a) Jaringan private b) Jaringan public c) Jaringan value added network 3.a) Konfigurasi bintang b) Topologi hirearki c) Topologi jala d) Topologi bus e) Topologi hybrid f) Topologi cincin 2. Berdasarkan Geografi jaringan komunikasi berdasarkan geografi yang saat ini digunakan adalah: a) Wide area network Penggunaan WAN biasanya untuk hal. tetapi masih lebih kecil dibandingkan dengan WAN.hal sebagai berikut: • • • • Memusatkan data entry Memasukan data Memusatkan penyimpanan software Electronic communication b) Metropolitan Area Network (Man) Metropolitan area network menggunakan jalur serat optic dengan kecepatan tinggi untuk melayani area geografi yang lebih luaws dibandingkan dengan LAN. .

. c) Local Area Network (LAN) Local area network digunakan untuk menghubungkan computer dan peralatan lain dalam radius jarak dibawah 50 meter. • Private Automatic Branch Exchange Sistem PABX juga menggunakan switchboard. puskesmas. yaitu: • Key System Sistem ini menggunakan central headset yang memungkinkan operator memilih jalur yang diinginkan dan mampu melayani 3-50 jalur telepon. sistem ini hampir sama dengan yang digunakan oleh perusahaan telepon dengan skala yang lebih kecil dan hanya digunakan untuk kepentingan satu perusahaan. posyandu hingga rumah sakit yang terletak dalam suatu area metropolitan yang luas. penggunaan operator tidak diperlukan.MAN mungkin dapat menghubungkan fasilitas kesehatan dari klinik. • Private Branch Exchange (Pbx) Pada system PBX. Sistem Telepon Ada empat jenis telepon yang biasa digunakan perusahaan. namun untuk melakukan panggilan didalam kantor. semua panggilan masuk dan keluar dilakukan melalui switchboard. ada beberapa keuntungan penggunaan LAN: • • • • sebagai alat komunikasi membagi computer dan peralatan lain membagi file computer mengurangi biaya software b.

1990).masing. pegawai juga dapat melakukan panggilan didalam kantor.• Central Exchange (Centrex) Sistem centrex tidak membutuhkan switchboard untuk melakukan panggilan. . semua pegawai memiliki nomor telepon masing. biasanya dengan memasukan empat atau lima digit angka dari departemen atau orang yang akan dihubungi (Sabo.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->