TUMOR DAN KANKER

Oleh: Dewa Nym. Angga Arsika Berata Anna Kristina Halim Made Cahyadi Wiranata K. I Made Mahendrayana (03) (04) (06) (19)

yang mirip dengan simtoma bengkak. Mutasi yang menahan gen untuk mekanisme ini dapat juga menyebabkan kanker. Pada organ paru dan usus besar manusia.Pengertian Tumor dan Kanker Tumor (bahasa Inggris tumor. Ini berarti "prevalence" tumor meningkat kuat sejalan dengan penuaan. tumour) adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya. Sebuah penimbunan mutasi dibutuhkan untuk tumo r dapat muncul. terjadi setelah terjadi adduct atau ligasi antara karsinogen atau salah satu gugus fungsionalnya dengan salah satu nukleotida di dalam DNA. Sebuah kombinasi dari sejumlah mutasi dibutuhkan. apabila wanita berumur 70 tahun makan kemungkinan besar tumor ini adalah ganas. Tumor disebabkan oleh mutasi dalam DNA sel. kebanyakan tumor ini merupakan tumor ganas.   Inisiasi tumor Inisiasi tumor bermula saat karsinogenesis kimiawi yang terjadi pada sel menyebabkan kerusakan genetik yang tidak dapat dipulihkan. . Penuaan menyebabkan lebih banyak mutasi di DNA mereka. Perubahan struktur molekul D NA. Sebuah mutasi dalam satu oncogen atau satu gen penahan tumor biasanya tidak cukup menyebabkan terjadinya tumor. Mutasi yang mengaktifkan onkogen atau menekan gen penahan tumor dapat akhirnya menyebabkan tumor. Pertumbuhannya dapat digolongkan sebagai ganas (malignan) atau jinak (benign). DNA microarray dapat digunakan untuk menentukan apakah oncogene atau gen penahan tumor telah termutasi. Namun. Sel memiliki mekanisme yang memperbaiki DNA dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel untuk menghancurkan dirinya melalui apoptosis bil DNA rusak terlalu parah. Di masa depan kemungkinan tumor dapat dirawat lebih baik dengan menggunakan DNA microarray untuk menentukan karakteristik terperinci dari tumor. Contohnya. Kerusakan genetik tersebut disebabkan kesalahan genetik yang diinduksi oleh karsinogen kimiawi dengan mengubah struktur molekul pada DNA yang berakibat pada mutasi dalam sintesis DNA. bila seorang wanita berumur 20 tahun memiliki tumor di dadanya kemungk inan besar tumor ini adalah jinak. Ini juga kasus di mana orang tua yang terdapat tumor. perubahan epigenetik adalah perubahan awal yang terjadi pada proses karsinogenesis. Hal ini menjelaskan mengapa tumor sangat jarang ditemukan pada jaringan tubuh yang tidak dapat membentuk ligasi karsinogen-DNA. Tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak".

fenobarbital. Sedangkan agen yang dapat menginisiasi sekaligus mempromosikan tumor. hanya jika terjadi asupan lemak makanan kadar tinggi yang kontinu. Metilasi DNA pada area promoter dalam berkas gen. pada umumnya tidak bersifat mutagenik. dan sering memiliki kemampuan untuk menginduksikan potensi kimiawinya tanpa aktivasi metabolik terlebih dahulu. merupakan promoter tumor dalam karsinogenesis kulit dengan lintasan senyawa 12-otetradecanoylphorbol-13acetate melalui aktivasi protein kinase-C. sinar ultraviolet. sakarin. dichlorodiphenyltrichloroethane (DDT). estrogen. bromometilbenzantrasena. Selain itu. antralin. Peningkatan diasilgliserol akan menyertai aktivasi tersebut. teleosidin. makrosiklik lakton. jika sel mempunyai kemampuan proliferasi dan hidup cukup lama di dalam organisme. Contoh promoter lain berupa dioksin. Pada tahap ini. antara lain: benzo[a]pyrene dan 4-aminobiphenyl. dapat mentranskripsikan inaktivasi gen penghambat tumor. Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk: y y tumbuh tidak terkendali (pemb elahan sel melebihi batas normal) menyerang jaringan biologis di dekatnya. disebut karsinogen utuh. ekspansi klonal dari sel terinisiasi. atau meningkatkan jumlah tumor yang terbentuk di dalam jaringan. Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. asam empedu. Promosi tumor Karena akumulasi mutasi berbanding lurus dengan laju proliferasi. abrasi. Akumulasi mutasi kemudian terjadi. disebut metastasis. sebelum mengalami perubahan genetik lebih jauh. Minyak kroton yang diekstrak dari biji Codiaeum variegatum. akan menghasilkan populasi sel. dan iritasi kronis lain seperti saline lavage. sebuah zat yang disebut promoter tumor bekerja. Promoter tumor. .Ligasi ini akan mengaktivasi proto onkogen atau meng-inaktivasi gen penghambat tumor. kondensat asap rokok. Agen ini memiliki kemampuan untuk menurunkan jangka waktu latensi guna pembentukan tumor. asam siklamat. benzoil peroksida. fenol. luka. bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik. atau setidaknya pada laju pergantian sel punca. tidak bersifat karsinogenik. promoter tumor juga dapat membentuk heterodimer dengan zat inisiator yang terlalu lemah untuk menimbulkan dampak karsinogenik dalam bentuk monomernya. triptofan. setelah terpapar suatu jaringan at au sebuah inisiator tumor. polychlorinated biphenyls (PCBs).

Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi. Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA. diagno sis. Untuk menentukan diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Pencerap hormon tiroid beta1 (TRbeta1) merupakan faktor transkripsi yang diaktivasi oleh hormon T3 dan berfungsi sebagai supresor tumor dan gangguan gen THRB yang sering ditemukan pada kanker. Bila tak terawat. atau hilangnya sebagian DNA pada domain tertentu pada kromosom. tetapi beberapa tidak. 95% penderita mengalami translokasi kromosom 9 dan 22. Mutasi -mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. dan pencegahan kanker disebut onkologi. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. translokasi posisi kromosom yang sering ditemukan pada kanker sel darah putih seperti leukimia atau limfoma. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Setelah didiagnosis. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan. kebanyakan kanker menyebabkan kematian. siklus sel terjadi tanpa disertai dengan aktivasi faktor transkripsi. kecuali pada leukemia. Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda. Pada umumnya. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline). sel kanker membentuk sebuah tumor. siklus sel terjadi dengan kerusakan DNA yang tidak terpulihkan. terutama bila perawatan dimulai sejak awal. perawatan. yang disebut kromosom filadelfia.Sebagian besar kanker membentuk tumor. bergantung pada lokasinya dan karakter dari keganasan dan apakah ada metastasis. Pada leukimia mielogenus kronis. kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kelainan siklus sel. menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Perbedaan Tumor dengan Kanker . kanker biasanya dirawat dengan operasi. antara lain terjadi saat: y y y y perpindahan fasa G1 menuju fasa S. kemoterapi. atau radiasi. Reaksi antara Asam tetraiodotiroasetat dengan integrin adalah penghambat aktivitas hormon tiroksin dan tri-iodotironina yang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam angiogenesis dan proliferasi sel tumor. seperti leukemia.

squamous cell carcinoma o transitional epithelium: transitional cell papilloma. pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya. kanker laringeal. jaringan otot seperti rabdomiosarcoma. Klasifikasi Pada umumnya. misalnya: y y y y y Karsinoma. karsinoma anal. Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum. hepatocellular carcinoma o bile ducts epithelium: cholangiocellular adenoma. tumor dapat dibagi menjadi: y y Tumor asal epithelial. kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Tumor adalah sebutan untuk segala benjolan atau gumpalan yang timbul pada tubuh. fibrosarcoma  myxoma.Limfoma dan Mieloma kanker yang terjadi pada jaringan darah Melanoma timbul dari melanosit. Mesotelioma pada pleura atau perikardium Berdasarkan tissue awal. sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal dari kulit dirujuk sebagai karsinoma sel basal. karsinoma serviks. baik kelihatan dari permukaan tubuh atau tersembunyi. cystadenoma. Contoh meliputi kanker kulit. hipernefroma. kanker lambung. kanker adalah suatu penyakit akibat pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal yang kemudian berubah menjadi sel-sel kanker. malignant melanoma Tumor asal mesenchymal: o tissue berhubungan:  fibroma. misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. kanker testiskular dan kanker tiroid. merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel. karsinoma hepatoselular. Sarkoma. kanker esofageal. osteosarcoma (osteogenic sarcoma)  lipoma. merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma. cholangiocellular carcinoma o melanosit: melanocytic nevus. adenocarcinoma o tubules epithelium (ginjal): renal tubular adenoma. jaringan adiposa. o squamous epithelium: squamous cell papilloma. transitional cell carcinoma o basal cell (hanya di kulit): basal cell carcinoma o glandular epithelium: adenoma. Sementara itu. Sebagai contoh. renal cell carcinoma (Grawitz tumor) o hepatosit: hepatocellular adenoma. tulang rawan seperti kondrosarkoma. chondrosarcoma  osteoma. kanker yang bermula pada usus besar dirujuk sebagai kanker usus besar. seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh. Leukemia. tetapi tidak semua tumor disebut kanker.Kanker sering dikenal sebagai tumor. liposarcoma . myxosarcoma  chondroma.

Hampir semua kanker yang dikenal muncul secara bertahap. dan lain-lain). Mutasi bisa menyebabkan sel menjadi neoplastik. atau lingkungan yang membuat sel tidak mungkin bertahan.. molekul pembantu (beberapa polimerase DNA). bisa terkena kanker. Sebagai contohnya. hemangiosarcoma. . Mutasi dalam perlengkapan pembuat sinyal (endokrin) bisa mengirimkan sinyal penyebab-kecacatan kepada sel di sekitarnya. membuat sel bermigrasi dan dan merusak sel yang lebih sehat. terutama di dalam lingkungan yang membuat kecatatan lebih mungkin untuk muncul dan menyebar. cavernous h.o otot:   y y leiomyoma. dan lain-lain. disebut dengan bahan karsinogen.). Setiap hal yang bereplikasi memiliki kemungkinan cacat (mutasi). Namun. saat kecacatan bertumpuk di dalam sel kanker dan sel anak-anaknya (lihat bagian mekanisme untuk jenis cacat yang umum). penuaan/(senescence). rhabdomyosarcoma o endothelium:  hemangioma (capillary h. metoda koreksi-kecatatan ini sering kali gagal. panas. Hodgkin lymphoma Tumor sel germ: o Teratoma (mature teratoma. lingkungan tersebut mengandung bahan bahan yang merusak. Sebagai contohnya : y y y y Mutasi dalam perlengkapan perbaikan-kecacatan bisa menyebabkan sel dan sel anangnya mengakumulasikan kecacatan dengan lebih cepat. Mutasi bisa menyebabkan sel menjadi kekal (immortal). Kecuali jika pencegahan dan perbaikan kecatatan ditangani dengan baik. biasanya bisa memperkuat dirinya sendiri (self-amplifying). dan berbagai kecacatan progresif ini perlahan berakumulasi hingga sel mulai bertindak berkebalikan dengan fungsi seharusnya di dalam organisme. leiomyosarcoma rhabdomyoma. dan mungkin diwariskan ke sel anang/(daughter cell). Karena itu. seperti apoptosis. kecacatan itu akan tetap ada. Kecacatan sel. sebagai penyebab kanker. kanker adalah penyakit progresif. tubuh melakukan penjagaan terhadap kanker dengan berbagai metoda. glomus tumor. Biasanya. membuat sel rusak bisa membuat sel sehat rusak selamanya. pada akhirnya akan berlipat ganda secara eksponensial. seperti hipoksia. lihat telomeres. lymphangiosarcoma Tumor sel darah: o hematopoietic cells: leukemia o lymphoid cells: non-Hodgkin lymphoma. cedera berkala (fisik. immature teratoma) Penyebab timbulnya kanker Kanker adalah kelas penyakit beragam yang sangat berbeda dalam hal penyebab dan biologisnya. Kaposi sarcoma  lymphangioma. bahkan tumbuhan. Setiap organisme.

maka deteksi dini dapat dilakukan dengan menguji gen yang menjadi biomarker untuk kanker. Beberapa kanker ditemukan secara tidak sengaja pada saat evaluasi medis dari masalah yang tak berhubungan. baik melalui konsumsi. Misalnya untuk kanker payudara dapat digunakan biomarker BRCA. Pada tahapan ini ukuran nukleus bervariasi. Displasia merupakan kondisi ketika sel berkembang tidak normal dan pada umumnya terlihat adanya perubahan pada nukleusnya. displasia. sepanjang hidup. yang biasanya membutuhkan sebuah biopsi.Faktor pencetus munculnya sel kanker Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel kanker adalah hiperplasia. sedangkan untuk kanker kolorektal dapat menggunakan biomarker Sox17. Beberapa jenis kanker telah diketahui status metilasi biomarker-nya. Hiperplasia adalah keadaan saat sel normal dalam jaringan bertumbuh dalam jumlah yang berlebihan. aktivitas mitosis meningkat. Terdapat empat jenjang karsinogenesis: y y y y inisiasi tumor promosi tumor konversi malignan progresi tumor Pencegahan Adapun yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker yaitu y y y y Melakukan diet. Karena kanker juga dapat disebabkan adanya metilasi pada promotor gen tertentu. dan tidak ada ciri khas sitoplasma yang berhubungan dengan diferensiasi sel pada jaringan. maupun infeksi. dan neoplasia. Diagnosis kanker Kebanyakan kanker dikenali karena tanda atau gejala tampak atau melalui screening. Karsinogenesis pada manusia adalah sebuah proses berjenjang sebagai akibat paparan karsinogen yang sering dijumpai dalam lingkungan. Neoplasia merupakan kondisi sel pada jaringan yang sudah b erproliferasi secara tidak normal dan memiliki sifat invasif. Melakukan uji genetika. Mengikuti pengobatan pencegahan. Memakan makanan yang mengandung vitamin. Kedua metode ini tidak menuju ke diagnosis yang jelas. .

Berdasarkan kasus kematian. Sebagai penyebab kematian kanker paru-paru adalah yang paling umum (31%). dan "cutaneous melanoma (5%). diikuti oleh kanker paru -paru (12%). kanker menjadi penyumbang kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung. kanker kolon dan rektum (11%). Penghambat tirosin kinase (imatinib dan gefitinib) pada akhir 1990-an dianggap sebuah terobosan utama. diikuti oleh kanker prostat (10%). merokok. kanker sekarang ini bertanggung jawab untuk sekitar 25% dari seluruh kematian. Antibodi monoklonal telah terbukti sebuah langkah besar dalam perawatan kanker. kanker pankreas (5%) dan leukemia (4%). kanker kolon dan rektum (10%). dan kanker pankreas (6%). kanker kolon dan rektum (10%). kanker paru-paru paling umum (27% dari kematian kanker). kanker kolon dan rektum (10%). kanker paru-paru (13%).5% dari populasi terdiagnosa kanker. Pada tanaman. Kanker pada orang dewasa Di Amerika Serikat dan beberapa negara berkembang lainnya. Pada pria dewasa di Amerika Serikat. kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis jamur/ bakteri tertantu. seperti kurang olahraga. Di Indonesia. kanker payudara adalah kanker yang paling umum (32% dari seluruh kasus kanker). terapi baru yang radikal hanya ditemukan dan diperkenalkan secara bertahap. Dalam setahun. Pola invasi kanker tanaman dan kaner pada manusia sangat berbeda. Riset kanker Riset kanker merupakan usaha ilmiah yang banyak ditekuni untuk memahami proses penyakit dan menemukan terapi yang memungkinkan. uterus) dan limfoma non-Hodgkin (4%). dan pola makan yang tak sehat. diikuti oleh kanker payudara (15%). Meskipun pemahaman kanker memiliki tumbuh secara eksponen sejak dekade terakhir dari abad ke-20.Deteksi dini ini sangat penting. Selain itu.[14] Untuk dewasa wanita di Amerika Serikat. kanker indung telur (6%). deteksi dini dapat memudahkan dokter untuk memberikan pengobatan yang sesuai. sekitar 0. Statistik dapat bervariasi besar di negara lainnya. kanker endometrium (6%. kanker kandung kemih (7%). Penyebab utama kanker di negara tersebut adalah pola hidup yang tidak sehat. Pada beberapa kanker seperti kanker kolorektal apabila diketahui sejak dini peluang untuk sembuh lebih besar. kanker yang paling umum adalah kanker prostat (33% dari seluruh kasus kanker). .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful