P. 1
KONSEP SISTEM new

KONSEP SISTEM new

|Views: 66|Likes:
Published by Hasan Syihab Ahmad

More info:

Published by: Hasan Syihab Ahmad on Mar 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2013

pdf

text

original

Konsep Sistem

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas matakuliah permodelan sistem dosen pengampu Cahyono Sigit Pramudyo, S.T, MSc.

Di susun oleh : Ahmad Syihab Hasan Habib Nasruhin Nizar Aan Anshari Arthalian Favourlana Muhammad Sulaiman 08660006 08660007 08660029 08660038 08660041

PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2011

yang memberikan input kedalam sistem dan menerima output dari sistem. Isi penting dari sebuah sistem adalah komponennya. dan hubungan atara benda fisik dan abstrak.Sistem memiliki sesuatu yang berada diluar disebut sebagai lingkungan. sementara sebuah sistem setidaknya mampu melakukan hal-hal dibawah kondisi tertentu.Tiap komponen berkontribusi terhadap perilaku sistem dan dipengaruhi karena berada di dalam sistem.hubungan antara komponen.tidak ada komponen yang memiliki efek independen dalam sistem. output kelingkungan dan kepentingan khusus dari pengamat.lingkunganya. banyak .Kelompok komponen didalam sistem bisa jadi mereka juga memiliki properti.mereka dapat menjadi benda abstrak.´teratur´ berarti bahwa ada hubungan khusus antara komponen.Sebuah sistem bukan hanya sebuah kumpulan bagian yang tidak berinteraksi satu sama lain. nilai numerik yang mengukur benda-benda. input dari lingkungan.Sebuah kumpulan yang kacau atau tidak teratur akan tidak melakukan apa-apa . seperti tumpukan batu.Sistem dapat didefinisikan sebagai kepentingan khusus(memiliki tujuan tertentu). Definisi formal dari konsep sistem Sebuah sistem adalah sebuah gabungan komponen yang teratur. sistem disini melakukan sesuatu yang dengan kata lain bahwa ia menunjukkan sebuah tipe perilaku yang unik untuk sistem tersebut.KONSEP SISTEM I.seperti biaya kumulatif atau ingkat pencapaian.Pada faktanya.sehingga mereka dapat membentuk subsistem. Komponen sistem tidak perlu menjadi benda fisik.perilaku dari sistem dapat diubah jika komponen manapun dipindahkan atau meninggalkan. seperti informasi. dengan kata lain bukanlah sebuah kumpulan yang kacau. perilaku atau aktivitas atau proses tranformasi dari sistem.Melakukan sesuatu dalam sebuah sistem perilakunya.

seperti sumberdaya seperti bahan mentah atau dana informasi. Kendaraan bermotor c. yang ketika diekspos cahaya mengubah air dan karbon dioksida(input) menjadi karbohidrat dan oksigen(output). Penggergajian .atau sebuah perusahaan produksi yang mentranformasi barang mentah(input) menjadi produk jadi untuk dijual ke konsumen(output) Lingkungan sistem adalah semua aspek yang mempengaruhi lingkungan siatem dan pada gilirannya tidak secara siknifikan terpengaruh olehnya.Perilak sistem biasanya terdiri dari sebuah transformasi input menjadi output.input adalah benda yang diperlukan sistem untuk berfungsi yang tidak memproduksi sendiri.mereka dipandang diluar sistem dan memeberikan input.contoh yang digunakan bersifat kasar: a. Beberapa contoh diskribsi sistem Mari melihat dari beberapa contoh untuk menjelaskan dan merinci konseb ini.sistem kepentingan dalam pengambilan keputusan seringkali terdiri dari benda abstark dan hubungan mereka sendiri. Ahirnya orang memandang gabungan dari keteraturan sebagai ssbuah sistem memiliki tujuan untuk hal ini. Apa yang dilakukan oleh sistem(aktivitasnya)adalah aspek dari ketertarikan utama bagi pengamat atau analisis. Sistem lalu lintas b.untuk keringkasan.secara sederhana dapat dilakukan leih baik untuk mengontrol perilaku sistem dalam cara tertentu seperti untuk mencapai out put maksimal. II. Contoh dari aktivitas seperti ini adalah tumbuhan hidup.

artinya kegiatan yang terjadi dalam sebuah sistem belum tentu kita identifikasi proses dan komponennya.dengan kata lainbahwa tujuan dalam memandang sesuatu sebagai sistem menentukan pemilihan batasan sistem.misalnya untuk mengetahui sub-sistem kaya menjadi produk jadi dalam memaksimalkan keuntungan.dalam beberapa contoh sistem yang mengandung sistem memiliki beberapa kontrol terhadap sistem yang dikandungnya.maka proses penggergajian sangat mungkin dilakukan dengan black box.mengatut sebaik ia mencapai tujuan ini. Sistem sebagai black box Untuk para pengamat.ini seperti sebush kotak hitam dengan banyak kabel kedalam keluar kotak.III.dan memiliki kontrol terhadap sumberdaya alam yang penting yang diperlukan oleh sistem yang dikandung untuk menjalankan misinya.kedua sistem untuk menggergaji yakni sistem pembuat keuntungan dan sistem minimalisasi biaya dengan jelas mendemontrasikan hal ini.tapi tidak ada cara untuk mengetahui apa yang terjadi di dalamnya. IV. .sistem ini dinamakan¶¶sistem dengan kepentingan lebih luas (wider system) sementara sistem yang dikandung dengan nama¶¶sistem denagan kepentingan lebih sempit(narrow system). Hirarki sistem Hirarki adalah rangkaian keseluruhan dari sistem yang saling berhubungan dan saling melekat demi mencapai satu tujuan. sebuah subtitusi untuk tranfortasi dari sebuah sub-siatem yang menerima input dari lingkungan dan memberikan output pada komponen lain dari sistem.sistem yang dikontrol dapat mengatur tujuan dari sitem yang dikandungnya..

misal seperti fase hijau pada lampu lalulintas yang di picu oleh kendaran yang mendekati jam 8 malam sampai 6 pagi.atribut dari sebuah mobil adalah lokasinya.mereka mengubah nilai mereka dengan dua cara : 1. 2.arah perjalanan dan kecepatan perjalanan. Perubahan dalam variabel keadaan adalah hasi dari sebuah input yang diberikan oleh seseorang yang mempunyai cara untuk mempengaruhi perilaku sistem. Kendali perputaran terbuka Kendali perputaran terbuka adalah masukan yang digolongkan kepada system yang didasarkan kepada perkiraan tentang bagaimana perilaku system dalam menaggapi masukan kendali. Kendali perputaran terbuka sering terjadi dalam bentuk rumusan atau susunan aturan . Perubahan variabel keadaan dalam sebuah komponen adalah sebuah konsekuensi dari aktifitas komponen itu sendirimisal kecepatan sebuah kendaran dapat berjalan dipengaruhi oleh halangan yang muncul didepannya b.caranya adalah dengan menunjukan bagaimana beragam karakteristik. Tidak ada hitungannya tentang bagaimana sebenarnya system menanggapi masukan kendali.properti atau atribut dari tiap komponen itu dapat berubah-ubah. nilai awal dari variabel keadaan ini adalah input. Perilaku sistem a. Ketika kita mengamati sistem.keadaan yang demikian dapat kita ketahui kalau kita mengetahui perubahan sepanjang waktu. Keadaan sistem Perilaku sistem adalah kepentingan utama bagi sesorang yang mempelajari sistem.V.maka variabel keadan ini pasti mempunyai nilai numerik(koordinat geogerafis dan kecepatan untuk dua variabel mbil)atau nilai kategori(terbuka atau tertutup untuk variabel segmen jalan)perangkat ini di asumsikan oleh semua variabel keadaan keadaan pada titik tertentu dan waktunya dan diset keadaan sistem.ini disebut variabel keadaan.

sebagai contoh pada harga penggergajian untuk memperkecil system masukan pengendalian yang akan dimasukkan ke dalam sebuah daftar tentang penjelasan pola pemotongan untuk diplikasikan pada setiap pekerjaan sehingga dapat diproses. sebagai hasil evolusi alam. Contohnya. rekomendasi yang diperoleh untuk pengendalian system merupakan bentuk perputaran kendali terbuka. . sebagian tipe kendali digolongkan ke dalam kendali perputaran terbuka. Kita akan menemukan untuk beberapa pekerjaan OR. Kendali umpan balik dan pengatur an sendiri Kendali umpan balik dan pengaturan sendiri memiliki perbedaan utama pada cara kerjanya. Pada istilah system. unsure sistem pengendali biasanya dalam bentuk aturan keputusan. Perputaran dari mekanisme kendali ke bagian lain dari system akan diakhiri dengan perputaran umpan balik dari bagian ini yang kemudian kembali ke mekanisme kendali. jika kita akan menghidupkan mesin mobil.yang harus diikuti. Contohnya. Tetapi bagi beberapa situasi. Kendali umpan balik menerima masukan tambahan yabg disediakan oleh pengendali manusia. d. untuk itulah. bagaimana kebanyakan orang mengendalikan temperature air di shower . Perilaku pada system merupakan sumber umpan balik untuk mengetahui kendali kita. maka lakukanlah ini dan lakukanlah itu´. Aturan tersebut membangun pengaturan internal sendiri. perputaran kendali terbuka tidak begitu efektif untuk digunakan. Kendali perputaran tertutup Informasi mengenai perilaku system akan memungkinkannya ada tanggapan untu k mengulang dan menilai masukan kendali. Sebuah komponen system. Seperti logika berpikir ³jika ini dan itu benar. pengendali menyiapkan beberapa sasaran masukan kendali kepada mekanisme kendali umpan balik. c. Hal ini akan membimbing si pengendali untuk mengetahui sinyal kendali.

y Kendali umpan balik Mekanisme kendali umpan balik bereaksi untuk merubah sebagian keadaan variable atau hasil yang kritis. Hal tersebut bereaksi terhadap peristiwa yang telah terjadi. seperti sebuah keseimbangan sasaran yang telah ditetapkan. System tersebut berkembang. Umpan balik positif akan menimbulkan kerenggangan antara referensi keadaan dengan system keadaan masa depan. pengaturan sendiri pada system biologis dan ekologis merupakan sebuah aturan yang didasarkan kepada umpan balik negative. Hal ini mengembalikan system kepada keseimbangan awalnya.y Perputaran umpan balik positif dan negative Perputaran umpan balik dapat bereaksi positif atau negative. sebagai contoh dengan mempunyai bagian variable yang lebih besar. Umpan balik positif cenderung menuju kepada ketidakstabilan. Ternyata. akan memiliki nilai yang lebih besar pula atau sebaliknya. Uncontrolled Sistem input Sistem transformation process Sistem outputs Control Inputs Decision rules Control mechanism New State of sistem Feedback Control Loop .

Penutup Pada dasarnya system merupakan konseptualisasi mental dari benda-benda yang belum terjadi. VI. atau pandangan dari perubahan rencana utama dari sebuah operasi yang ada dan masih perlu untuk diimplementasikan. . benda yang kita rencanakan. Melainkan mekanismenya berjalan secara bertahap dan inilah yang dinamakan keterlamabatan tanggapan pada system.Sistem inputs Sistem Transformation process Sistem outputs Selfregulation Sistem reaction New State of system Feedback Loop y Keterlambatan tanggapan pada system Sistem yang telah digunakan dalam melaksanakan tugasnyua tidak sepenuhnya langsung sesuai dengan keinginan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->