BURUNG BERKICAU

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 ± 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves. Untuk membuat burung peliharaan rajin berkicau, sehat, dan bulu-bulunya mengkilat, maka dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut: Pakan burung Burung tangkaran banyak yang berasal dari alam, ataupun yang berasal dari anakan peternak. Bagi burung yang merupakan tangkapan dari alam, biasanya mereka agak liar, sehingga pola makan mereka lebih cenderung ke extra fooding (makanan-makanan hidup), bagi burung yang telah jinak biasanya mereka mau memakan poer/voer. Poer/Voer banyak yang dijual di pasaran, yang populer di Indonesia biasanya adalah merk Phoenix, Fancy, dan Gold Coin. Selain itu, terdapat banyak pula merk-merk yang lain. Pagi hari Kandang burung dikeluarkan ke teras rumah (diangin-anginkan). Akan lebih bagus jika digantung menghadap ke matahari terbit sambil membersihkan kandang dari fesenya kemudian berikan 2-3 ekor jangkrik yang sudah dibersihkan kakinya dan sayapnya ditambah kroto telur semut yang bersih sekitar 1 sendok teh. Kemudian mandikan Burung pada pukul 07.30. Burung dapat disemprot menggunakan sprayer halus untuk membuat bulunya mengkilat. Sprayer tersebut dapat dicampur dengan air rebusan daun sirih atau shampo burung (biasa disebut Avi Shampoo) yang dijual umum di kios. Atau masukan wadah kecil yang di isi air bersih (dijual di kios juga). Apabila burungnya sudah terlatih, burung dapat dimasukan kekandang mandinya atau biasa disebut keramba mandi. Setelah dibersihkan kandangnya dan dimandikan, kandang dan burungnya dapat dijemur dibawah matahari dari pukul 09.30 sampai dengan pukul 10.00. Kemudian angkat kandang burung dan gantung pada tempat yang teduh serta jauh dari aktivitas manusia agar burung tersebut bernyanyi/ berkicau. Sore Hari (sekitar pukul 16.00) Lakukan sama seperti perawatan pagi hari. Burung diberikan makanan tambahan, dimandikan kemudian dijemur kembali sampai bulu-bulunya kering.

Badan berukuran 14-17 cm.Malam hari Masukan kandang burung ke tempat yang tenang atau jika digantung di luar rumah (teras). Ciri khas lainnya adalah Murai Batu Kalimantan apabila berhadapan dengan jenisnya akan mengelembungkan bulu-bulu disekitar dadanya sambil berkicau.. Burung BlacksTrout 4. Murai Kalimantan memiliki ekor lebih pendek dengan panjang sekitar 8-12 cm. kandang harus dikerudung dengan kain agar burung tidak digigit nyamuk. Terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala. Ekor panjang ditegakkan dalam keadaan terkejut atau berkicau. Burung Anis Kembang 9. Kalimantan Timur menpunyai keunikan di bagian kepalanya yang bergaris putih memanjang ke belakang. Burung Cucak Ijo 13. Murai batu (Copsychus malabaricus) merupakan burung kicau paling populer. .dll) 5.. kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam. Termasuk ke dalam family Turdidae. Jenis Jenis Burung berkicau 1. Ciri morfologis Memiliki tubuh hampir seluruhnya hitam. Burung Cucak Rawa 7. Burung Kenari 2. Burung Cendana Bali 12. Murai Batu dari Tanjung Redep. Sengken. Burung Kacer Hitam (Poci) 10. Tersebar di seluruh pulau Sumatra. Burung Murray Batu (Sumatera) 8.. Semenanjung Malaysia. Blackseng. sementara Murai Batu Sumatra 15-20 cm . Burung Silangan Diatas (Blacken. dan sebagian pulau Jawa. Burung Anis Merah ( spesifikasi khusus yang dikembangkan biakan di Alam dan pemanenan secara periodik di Kebun Coklat di Pupuan BALI). Burung Jalak Suren 11. Jenis yang dianggap terbaik adalah Murai Batu Medan. Hanya saja tindakan eksploitasi hutan berlebihan dan perburuan untuk kepentingan komersial membuat jenis ini sulit ditemui di pasaran. Burung Edel Singer 3. Burung Love Bird 6.

Biasanya penangkaran dilakukan dengan mengawinkan pasangan dari satu induk (incest). Namun saat ini burung kecil ini banyak dicari dan diburu oleh para penghobi burung kicauan sebagai master burung peliharaannya. ulat hongkong dan telur lebah. Jantan tidak bisa menoleransi adanya jantan lain di sekitar wilayahnya. jangkrik. kroto. Sementara betina sulit menerima jantan yang tidak dikenal. juga serangga. Untuk makanannya cukup diberikan jenis makanan sayuran hijau. pentet dan jenis anis. Namun saat ini banyak pengemar burung berkicau di daerah Jawa sudah mulai berhasil menangkar Murai Batu silangan antara jenis Sumatra (Medan) dengan jenis kalimantan (Borneo) Burung Serindit (Si Kecil yang Menawan) Burung Serindit yang memiliki tubuh kecil dan warnanya di dominasi hijau ini. Murai Batu juga memakan poer/voer yang banyak dijual di kios burung. Dahulu burung ini hanya dipelihara oleh sebagian kecil orang sebagai burung hias dirumah. tajam dan keras. cucak hijau. Suara cerecetan yang dihasilkannyapun terkadang memiliki irama yang panjang. Karena dalam . Merawat burung yang satu ini tidak terlalu sulit. ternyata memiliki suara cerecetan yang bagus terutama untuk jenis murai batu. Hobiis biasanya memberikan kombinasi pelet.Pakan Makanan umum adalah serangga kecil. Untuk buah seperti pisang sebenarnya dapat diganti dengan makanan bayi semisal SUN. Seksing Jantan dibedakan dengan betina dari kicauan yang lebih aktif dan ekor lebih panjang. Biasanya untuk buah lebih banyak diberikan buah pisang serta air minumnya diberikan gula atau bisa juga madu. buah-buahan.

maka lama kelamaan burung ini akan menjadi stress. Perawatan Pra Lomba. 3. 6. Perawatan Harian. Menyenangi lingkungan yang sejuk. Sebaiknya peliharalah beberapa ekor burung Love Bird dalam satu rumah. Tukang teriak dan petarung.COM Burung Love Bird pada awalnya burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan berpasangan. Mudah beradaptasi. 5. Love Bird Burung Nan Indah dan Gemulai Informasi Pemilihan Bakalan (Bahan). Perawatan Pasca Lomba dan Perawatan Mabung untuk Burung Love Bird. Burung Koloni dan berkelompok. Berdasarkan Riset SMART MASTERING ± WWW. burung ini sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. KARAKTER DASAR BURUNG LOVE BIRD 1. . Cara berjalan burung ini mirip dengan burung paruh bengkok lainnya yaitu merambat. 7. Burung ini sangat mudah naik birahinya. Birahi yang cenderung mudah naik. maka semangat tempurnya langsung berkobar. Apabila mendengar suara burung Love Bird lain atau melihat burung sejenis. Tidak mudah stress. Burung ini terkenal dengan bentuknya yang lucu dan kombinasi warna-warna bulu yang sangat menawan. Burung ini sangat menyenangi suhu yang sejuk. karena sensitif dengan suara tinggi yang ada disekitarnya. Variasi pakan yang kurang tepat.SMARTMASTERING. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi. maka burung ini mudah jinak kepada manusia. 4. Cara tidurnya burung serindit ini pun cukup unik yaitu kepalanya menggantung ke bawah. burung Love Bird banyak dijadikan sebagai burung master dan burung lomba oleh Kicaumania di Tanah Air. Ketika berbunyi suaranya terkadang terdengan keras mengalun. Burung jenis ini sudah ratusan tahun ditangkarkan oleh manusia. penjemuran yang berlebih atau melihat burung Love Bird lain dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya. 2. Mudah jinak. Merawat burung Love Bird sangatlah mudah dan menyenangkan.makanan tersebut mengandung gizi yang cukup untuk kebutuhan makan burung serindit ini. banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Karena apabila burung ini sendirian. Sehingga banyak penghobi kicauan yang menyukai burung ini. Seiring dengan pesatnya trend dunia burung berkicau. Burung ini terkenal cerewet.

Sawi Putih. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium. ‡ Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek. . ‡ Leher panjang padat berisi. Berikut ini Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Love Bird: 1. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik. burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Ganti atau tambahkan Pakan dan Air Minum. ‡ Asinan. protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya. MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNG LOVE BIRD ‡ Bijian Mix. kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten. Sebaiknya juga pilihlah bahan yang berdada lebar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik. ‡ Berkepala besar. ‡ Lincah dan bernafsu makan besar. Biji bunga Matahari. ‡ Bola mata besar dan bersih bersinar. Jagung Muda dan sayuran lainnya. Menandakan burung ini memiliki prospek yang cerah apabila dijadikan burung lomba.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot. ‡ Postur badan. panjang dan terlihat kokoh. biji Kedelai. Burung Love Bird sangat menggemari sayuran segar seperti: Kangkung. tebal. biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin. Jam 07. Kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya. Bersihkan kandang harian. Jam 07.PEMILIHAN BAHAN BURUNG LOVE BIRD YANG BAIK (CIRI-CIRI BURUNG LOVE BIRD YANG BAIK DARI KATURANGGAN) Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Love Bird ‡ Bentuk paruh.00 burung diangin-anginkan di teras. tergantung pada kebiasaan masing-masing burung) 2. biji Fumayin. Karena akan sangat gacor. pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher. 3. besar. PERAWATAN DAN STELAN HARIAN BURUNG LOVE BIRD Perawatan harian untuk burung Love Bird relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan. sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar. Berikan Sayuran segar atau Buah. badan dan ekor serta kaki yang serasi. ini menandakan bahan tersebut sehat. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung. ‡ Extra Fooding. ‡ Sayuran segar.

Penjemuran dapat dilakukan selama 30-60 menit/hari mulai pukul 08. ‡ Asinan harus selalu tersedia didalam sangkar.30 burung diangin-anginkan kembali diteras. berikan Kangkung segar.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya. sebaiknya burung dikelompokkan agar dapat melihat burung sejenis. H-2 sebelum lomba.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung Love Bird lain. angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit. misalnya pagi-siang dan sore ‡ Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 15 menit/hari saja ‡ Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama PENANGANAN APABILA BURUNG LOVE BIRD KONDISINYA DROP ‡ Perbanyak pemberian Sayuran segar dan Extra Fooding ‡ Mandi dibuat 2 hari sekali saja ‡ Lamanya penjemuran ditambah menjadi 60 menit/hari PERAWATAN DAN STELAN BURUNG LOVE BIRD UNTUK LOMBA Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Air Minum. PENTING ‡ Sebaiknya.00. Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Love Bird: 1. 3. Sayuran segar. Jam 15. Siang hari sampai sore (jam 10. Jam 18.4. 7. boleh dimandikan bila perlu. 2.00-15. Kontrol Pakan. lalu sangkar dikerodong. ‡ Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu. tambahkan bijian Extra Fooding pada campuran pakan bijiannya. 1 Jam sebelum di gantang lomba. 5. burung sebaiknya dijemur maksimal 20 menit saja. 9. . Setelah dijemur. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung. PENANGANAN APABILA BURUNG LOVE BIRD OVER BIRAHI ‡ Frekuensi mandi dibuat lebih sering. 8. PENTING ‡ Variasi pemberian sayuran segar dan Extra Fooding kunci keberhasilan dalam perawatan burung Love Bird. Selama penjemuran. H-3 sebelum lomba. Jangan sampai melihat dan mendengar suara burung Love Bird lain. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. ‡ Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.00-11. 6. mulai H-6 burung diisolasi.

Pada masa mabung ini. Oleh karena itu. daya tarik utama dari burung berkicau adalah kemampuan berkicaunya (irama lagu). Biji Kacang Hijau. Misalnya: Tambahkan biji-bijian bunga Matahari. karena apabila perawatan yang salah pada masa ini akan membuat burung menjadi rusak. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Sampai H+3 setelah Lomba. 3. Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari. jauh dari lalu lintas manusia. Perawatan burung pada masa mabung adalah menjadi hal yang sangat penting. biji Fumayin dan variasikan pemberian sayuran segar dan buah. . 5. Perawatan dan Stelan pakan dikembalikan ke Stelan Harian. penjemuran maksimal 30 menit saja. Hindari mempertemukan burung dengan burung sejenis. PERAWATAN DAN STELAN BURUNG LOVE BIRD MABUNG Mabung (Moulting) atau rontok bulu merupakan siklus alamiah pada keluarga burung. Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan pasca Lomba untuk burung Love Bird: 1. sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master. 2. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Karena kembali kepada filosofi burung berkicau. Proses mabung juga berhubungan dengan hormon reproduksi. Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu. burung butuh asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi lebih besar dari kondisi normal. metabolisme tubuh burung meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.PERAWATAN DAN STELAN BURUNG LOVE BIRD PASCA LOMBA Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung. 4. 2. SUARA MASTER YANG BAIK UNTUK BURUNG LOVE BIRD Irama lagu yang dimiliki burung memegang peranan yang sangat penting di dalam penilaian lomba burung berkicau. Lakukan pemasteran dengan tepat. 3. karena akan membuat proses mabung menjadi terganggu. Memilih suara-suara master untuk burung andalan kita janganlah terfokus hanya memilih suarasuara master yang kedengarannya unik dan bagus. Lakukan pemasteran. Tempatkan burung di tempat yang sepi. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong. Dampak dari ini adalah ketidak seimbangan hormon pada tubuh burung. Berikut ini Pola Perawatan masa mabung: 1.

cenderung untuk lebih banyak menggunakan waktunya untuk menyimak dan mengolah suara-suara yang ada disekelilingnya. saya lihat ada dua betina decu yang sudah mati tidak terurus di atas bekas sarang. tetapi dengan ciri utama lengkingan-lengkingan kristal. melihat ³sisa-sisa´ penangkaran. maka akan direkam dan ditirukan. Pemasteran dapat kita lakukan tidak harus menunggu burung berkicau dalam keadaan mabung atau berganti bulu. agar burung yang di master dapat menirukan gaya bunyi dan cara membuka mulut burung master tersebut. Burung ini termasuk pemakan serangga dan mudah dipelihara bahkan ditangkarkan. Alasannya karena. Saat saya ke rumah Om Dodo. Kunci keberhasilan dalam memaster burung (pemasteran burung berkicau) adalah memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang cocok dan sesuai dengan karakter dasar lagu burung yang akan di master (burung maskot). Dengan tubuh sebesar burung gereja. burung decu jantan memiliki warna tubuh dominan dengan warna hitam dan ada warna putih di pantat dan bagian sayap. Burung-burung itu tinggal tulang belulang dan bulu« sungguh membuat hati miris. penangkaran decu tersebut tidak terurus dan bahkan telantar sampai mati. Decu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang kalau boleh dibilang termasuk tipe burung yang sangat pandai. Om Widodo. Apabila suara yang didengarnya sesuai dengan tipikal karakter suaranya. Dengan kepandaiannya burung tersebut bisa dengan mudah menirukan suara-suara jenis burung lainnya. . Ada Mitos yang mengatakan pemasteran burung harus menunggu masa burung mabung. Pada saat mabung. Saat ketemua lawan kicau. Namun karena memang sudah sedikit populasinya. burung berkicau cenderung untuk banyak diam dan sangat jarang sekali berkicau. Sayang sekali. Dan juga banyak sekali berkembang mitos-mitos yang keliru dalam prakteknya dilapangan.decu di rumah teman. kacer dan sulingan atau tledekan. Karena secara ekonomis burung ini relatif murah. dia akan berkicau sambil bergoyang buka sayap dan ekor seperti halnya burung kacer atau poci/sekoci. bahkan dalam keadaan top form pun juga dapat dilakukan pemasteran. Burung berkicau dalam keadaan normal. Mitos lainnya yaitu proses pemasteran burung berkicau harus menunggu burung dalam keadaan ganti bulu atau mabung. burung ini tidak sepopuler burung tledekan atau sulingan.Sangat banyak metode dan cara-cara yang dapat dilakukan di dalam proses pemasteran burung berkicau. Salah satu mitos aneh yang berkembang. Burung yang banyak diam pada masa mabung tersebut. Decu betina hampir sama dengan jantan tetapi memiliki bulu yang lebih pudar warnanya. Dari sisi suara. burung ini mampu membawakan berbagai jenis lagu tergantung isian yang diberikan kepadanya. Ketika saya main ke Klaten sekitar pertengahan Februari 2010. yaitu burung yang akan di master harus melihat burung masternya. Burung decu adalah salah satu jenis burung petarung (fighter) seperti halnya murai batu. Sebenarnya.

Aneh memang. Sangat sensitif dan butuh waktu untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan. penjemuran yang berlebih dan melihat burung Anis Merah lain. Stelan EF (Extra Fooding) yang berlebihan (over).membuat decu makin mempesona penggemarnya. perubahan ornamen pada kandang dan perubahan suasana lingkungan yang drastis. Misalnya: Selama ini digantang di depan rumah. sehingga bagi para kicau mania apabila kita menginginkan kondisi decu kita selalu vit maka kosumsi EF nya mesti selalu kita jaga disamping voor yang selalu kita sediakan setiap hari. maka burung ini mudah jinak kepada perawat atau pemiliknya. tapi itulah kenyataannya. Mudah jinak. 3. kemudian digantang di samping rumah. KARAKTER DASAR BURUNG ANIS MERAH 1. Ini merupakan salah satu misteri pada burung tersebut. Karena sifat manjanya yang tinggi. Pembosan dan selalu butuh suasana baru. Hampir rata-rata burung Anis Merah tidak akan mau bunyi dan tidak akan mau teler apabila ia melihat orang yang sehari-hari merawatnya. dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya. Penampilan yang nyentrik terkadang sambil buka sayap lagaknya kacer. Biasanya pada waktu kontes atau lomba pada burung kelas Anis Merah. banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. disamping dibeberapa daerah burung tersebut juga sudah termasuk dilombakan. Perlakuan yang kasar. 4. Sangat manja. Birahi yang cenderung mudah naik. Apalagi yang terpenting kisaran harga yang tidak terlalu mahal karena populasinya masih cukup banyak di berbagai daerah kita. Di alam bebas decu termasuk tipe jenis burung pemakan serangga. Hal penting yang juga berpengaruh terhadap perkembangan decu kita adalah penjemuran yang cukup pemadai. joki yang menggantang burung dan joki lapangan adalah orang yang tidak pernah berhubungan atau terlibat dalam perawatan harian pada burung tersebut. Cobalah secara berkala selalu memindahkan tempat gantangannya. Karena burung tersebut secara psikologis telah menganggap perawat atau pemiliknya sebagai pasangan. 2. akan membuat burung Anis Merah dapat menjadi stress. . Burung Anis Merah sangat mudah naik birahinya.Suaranya yang merdu juga merupakan daya tarik tersendiri para kicau mania untuk ingin mengoleksinya. Apabila berada di satu tempat dengan waktu yang relatif lama. 5. maka burung ini menjadi malas untuk berkicau lagi.

ILMU DAN TEKNOLOGI PRODUKSI SATWA HARAPAN BURUNG BERKICAU OLEH: LUQMANULM HAKIM 0810612178 JURUSAN ILMU PETERNAKAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful