JENIS - JENIS DAN MACAM HAMSTER DI INDONESIA akhirnya posting jenis - jenis hamster dalam hal ini berisi

beberapa macam hamster di indonesia yang saya tahu saja dan yang pada umumnya di pelihara orang. sebenarnya hamster pasti banyak macam jenisnya, akan tetapi dalam postingan ini saya tulis yang tahu saja. mudah mudahan bagi yang mau memelihara hamster bisa di jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. oiya, jenis2 ini saya dapat dari berbagai sumber dan yang saya tahu. beberapa macam dan jenis hamster adalah: 1. Hamster campbell Hamster campbell menurutku hamster yang murah, karena harga hamster campbell cuma 20 ribu. jenis hamster campbell merupakan yang saya pelihara dulu, menurutku sangat enak dan cocok untuk di kembangbiakkan karena sangat mudah beranak dan sekali beranak maka akan menghasilkan 2-10 bahkan lebih bayi hamster. spesifikasi hamster campbell : -> umur normal 1-2 tahun -> panjang kira-kira 10-15 cm umur dewasa -> lama kehamilan kurang lebih 20 hari -> lincah karena ukurannya kecil -> masa sapih (pemisahan anak dari induknya) 3-4 minggu -> macam campbell (albino,panda,black bear,argente,opal,blue)

campbell 2. Hamster roborovski Hamster roborovski merupakan jenis hamster pelari dan sangat lincah, karena bentuknya yang lebih kecil dari pada capbell sehingga kerjaanya ya lari - lari saja. harga hamster roborovski sekitar 45-75 ribu, tergantung dimana posisinya. hehehe. hamster ini sangat cocok jika mau di buat bisnis, karena harga mahal dan bentuk hamster yang banyak dicari orang,

lucu banget sampai - sampai aku saja pengen pelihara ini hamster. Spesifikasi hamster roborovski : -> umur normal 3-4 tahun -> panjang hamster 4-5 cm -> lama kehamilan 23-30 hari -> jumlah anak rata - rata 6 ekor -> masa sapih 30 hari -> macam roborovski (normal,white face)

roborovski 3. Hamster syria Hamster syria ini bentuknya besar banget, kayak tikus got. hehehe kalo yang suka besar - besar ya monggo di pelihara tapi kayaknya hamster jenis ini pemalas dech. kurang lincah, panjang seh bentuknya so jadi males2an. harga hamster syria sekitar 15-30 ribu tergantung jenis dan warnanya. Spesifikasi hamster syria: -> umur normal 2-2,5 tahun -> panjang 15-20 cm -> lama kehamilan sekitar 20 hari -> macam syria (short hair,long hair,rex,satin)

syria 4. Hamster winter white Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula. harga hamster winter white berfariasi dari 15 - 75 ribu tergantung jenisnya. Spesifikasi hamster winter white : -> umur 1-2 tahun -> panjang 7-9 cm

Hamster panda Untuk hamster panda ini bentuknya sedikit panjang dan kecil bagu juga persis panda.macam2 hamster cina : (normal.-> lama kehamilan 15-20 hari -> macam winter (normal.safir.umur 2 – 4 thn. tapi di beberapa situ di tulis ada hamster cina.berbintik2). Spesifikasi hamster panda: -> umur 1-3 tahun -> panjang 10-15 cm -> lama kehamilan sekitar 20 hari panda 6.putih. tidak suka menggigit kayaknya karena temanku melihara ini nggak pernah ke gigit.panjang maksimal bisa mencapai 10 cm. untuk harga hamster panda untuk sepasang sekitar 70 ribu. Hamster cina Nah yag satu ini aku kurang begitu ngerti karena lom pernah lihat. nah ini spesifikasi yg aku peroleh: . cina MAINAN UNTUK HAMSTER . .pearl. .golden) winter 5.

Sebenarnya ada bermacam . kemudian juga berfungsi untuk hamster agar tidak malas dan nggak gemuk. RODA BERPUTAR Nah lihat itu.gambar sudah ada di internet kok. Hamster merupakan hewan pengerat yang senang sekali bermain .Punya hamster? bingung memilih mainan untuk hamster.main.. biar hamster makin senang. tak cari juga lewat google. ini gambar . RUMAH .rumahan hamster ini sangat di senangi hamster ketika hamster tersebut tidur. dan aneh aneh sekali bentuknya untuk mainan hamster ini.jenis mainan hamster. aku saja nggak punya. karena hamster itu kalo tidur pasti mencari tempat yang nggak dingin.macam seh. aneh aneh mainan hamster itu.)) 2. Nah penasaran kan bagaimana gambarnya?merawat hamster harus di sertai perlengkapannya juga. mainan inilah yang paling di sukai hamster karena hamster bisa berlari sekencang mungkin di dlam roda tersebut. lihat gambar jenis mainan untuk hamster berikut: 1. Diet kalee . maka dari itu hamster akan cepet stress bahkan mati jika di dalam kandangnya tidak ada mainannya. tetapi yang aku tampilkan ya yang cocok dan bagus saja. jangan khawatir nanti akan saya kasih tahu jenis .RUMAHAN kalo Rumah . dan biasanya satu rumah-rumahan itu bisa di isi 4-5 .

3. Sehingga hamsternya pasti senang.. lihat tuch gambar diatas. lihatlah gambarnya aneh .hamster. =)) mudah-mudahan bermanfaat bagi calon pemelihara hamster. RUMAH HAMSTER BAIK Mau tahu kandang hamster yang baik. JUNGKITAN Kalau yang satu ini emang hamster juga suka. CARA AGAR TIDAK DIGIGIT HAMSTER .. monitor pun bisa buat kandang hamster. 4. agar anaknya selalu hangat dan bisa aman. adalagi yang kreatif. Bisa juga untuk hamster yang melahirkan dan beranak.aneh saja. senang sekali maen pelorotan bahkan jugnkit2an. satu kandang banyak banget mainan dan terowongannya serta kandangnya gede banget tuch..

"kayak belai pacar gitu lho" ckckck WASPADA PENYAKIT HAMSTER hamster ternyata juga bisa kena penyakit. Tetapi mencegah hamster sakit itu lebih penting dari pada mengobatinya.celah jari tertutup rapat alias di rapatkan agar nggak ada celah untuk menggigit. mendingan langsung pegang "mak cek" kalo bahasa jawanya.nah aku ada sedikit tips neh. ya jangan kenceng2 megangnya. dan bagaimana cara agar hamster hidup sehat? Nah ini ada sebuah artikel menarik yang saya dapat. kalo mau di bawa ke dokter hewan juga mahal. kalau mau di obati juga nggak tau apa obat hamster sakit. 2. 3. Jangan suka godain hamster. dan pernyakit hamster menurut saya memang susah untuk di sembuhkan jika kita sebagai orang awam. jangan siksa hamster. ya paling tidak mengurangi jumlah gigitan jika biasanya sehari 6x di gigit ya bisa menjadi 3x saja. jangan ragu gitulah. "Jika kamu punya hamster di rumah. hehe 5. Jangan pegang ketika hamster sedang atau masih tidur. kalo pertama pegang.belailah dengan lembut agar hamster ngerawa nyaman. ada baiknya kamu menyediakan kotak ini. dan pegangnya dari belakang.mudahan beguna tips ini agar nggak di gigit hamster lagi.. mudah .. dan setelah saya baca pun memang sepertinya berguna bagi kita seorang yang mau memelihara hamster. jangan di colek2 dulu. atau sedang bertengkar kecil gitu. tar dia kesakitan dan pasti akan menggigit. Belai . hehhe 6. 4. . jangan ganggu hamster ketika sedang kejar2an dengan temannya. usahakan celah . kasihan tar dia pasti akan membalas penyiksaaanmu dengan gigitan berdarah2. karena ketika dia kaget pasti akan langsung menggigit. hehehe langsung TKp saja ini tips dan triknya : 1. Ketika sudah di pegang. 7. tetapi kalo sudah bertengkar hebat ya pisahkan saja dengan kayu atau alat lainnya jangan langsung di pegang.. 8. ketika hamster di letakkan di atas permukaan telapak tangan.

Jadi kita harus extra hati2! Obat-obatan : 1. jangan gunting kertas) : pakai yang ujungnya tumpul jadi tidak melukai hamster. hamster yang didiamkan basah bisa terserang flu dan pneumonia yang berakibat kematian. Gunanya untuk memotong bulu hamster terutama kalo hamster itu luka dan butuh diberi obat sedangkan bulunya mengganggu. Untuk membersihkan luka dan memberikan obat2 cair ke atas luka. Peralatan : 1. Soalnya kalo pake tangan nanti malah menular buat yang lain. 6.Hair dryer kecil. 3. Biasanya juga ukurannya kecil. Ini berguna buat memegang hamster yang sakit. Untuk memberikan obat cair ke dalam mulut hamster.Obat tetes mata (seperti visine. Pilih alat suntik yang ujungnya kecil jadi mudah dimasukkan ke dalam mulut hamster. Kalo hamster sakit akibat virus biasanya cepat menular dan bisa mengakibatkan semua hamster mati juga.Gunting kuku khusus binatang kecil. Berguna banget soalnya hamster sering iritasi mata mengingat tempat hidupnya diantara serbuk2 kayu. 4.Jadi kalo hamster kamu sakit bisa cepat-cepat ditolong sebelum dibawa ke dokter.Cotton buds. 2. 5. Kalo kondisi badannya lagi ngga kuat.Sarung tangan karet sekali pakai. Bentuknya beda dengan gunting kuku anjing. Kalau hamster kamu basah harus segera dikeringkan karena hamster lemah sama air.Gunting kecil (bisa gunting rambut atau gunting benang. . dsb).Alat suntik tanpa jarumnya.

Panyakit ini disebabkan oleh Yersinia pestis dan disebarkan ke manusia lewat gigitan dari kutu tikus yang terinfeksi. dengan cara diwash lap. Ini untuk membersihkan luka. Jangan pake merk laen soalnya hamster itu sensitive ama antibiotic.Antibiotik (erythrocin). Kalo ke apotik bilang harus merk itu.Antiseptik ringan. 5.Alkohol. Kebersihan ini penting untuk kita sendiri. Ini penting banget! Baca deh tentang penyakit pada manusia yang bisa disebabkan oleh binatang pengerat: “…Plague (penyakit serius bahkan fatal yang berasal dari binatang pengerat. suka ganti merk seenaknya jadi harus ati2! Gunanya jika hamster kamu luka trus infeksi. terutama bubonic plague). Hal ini perlu dilakukan karena tangan kita sendiri biasanya suka bawa penyakit buat hamsternya. Pokoknya obat luka deh… Soalnya kan kadang hamster suka berantem. Jangan dibasahin hamsternya! Cukup dilap aja. bisa juga untuk mengobati flu yang parah… 6.Betadine. Tapi ngak semua negara masuk dalam category ini. Apotik di Indo kalo ngga ada merk itu. Iya kan? 4. Guna lainnya adalah untuk membasuh tangan kita. 3. Unfortunately . Campuran dettol dan air bisa untuk membasuh luka atau kalau campuran dettol yang konsentrasinya ringan bisa untuk untuk memandikan hamster. Biasakan membasuh tangan sebelum dan sesudah memegang hamster.2. jadi kalo mau pegang cuci tangan dulu. Jadi kalo berdarah bisa cepet2 ditolong. Alternatif lain bisa disediakan cairan khusus cuci tangan seperti handy clean dekat kandang hamster.Obat kutu khusus hamster. Beberapa kasus yang aku denger sih banyak yang kasih amoxilin tapi hamsternya mati. Kita kan ngga tau di jalanan udah pegang apa aja.

." MERAWAT HAMSTER Pada artikel kali ini saya akan memberikan bagaimana cara merawat hamster yang baik dan benar agar hamster kita yang lucu bisa bertahan hidup lama. Jadi hati2 ok. atau bisa membuat sendiri asalkan memenuhi standard kandang hamster yang baik 2. so ya dilihat seperti diatas tadi. Trus ada juga yang merk Hartz. Setelah hamster sudah terbeli maka : Belilah sekalian kandang hamster di toko yang menjual hamster tadi. 1. mungkin anda akan bingung memilih hamster apa yang akan di beli. ya walaupun umur hamster juga tergantung jenis hamster yang di pelihara. tp biasanya sudah dilengkapi mainan hamster jika kita membeli kandang yang sudah jadi. mengaku sehat padahal tidak. . so lihat dahulu jenis jenis hamster di indonesia agar bisa di jadikan pertimbangan.rata umur hamster sekitar 1-3 th.. cara paling bagus sih biar penyakit ini ngak nempel ke Hamster kamu yah kamu harus beli obat anti kutu khusus buat hamster. Kemudian jangan lupa beli aneka jenis makanan hamster dan makanan tambahan juga. 3.Indonesia ngak bebas sama plague.lari atau tidak. Kemudian jangan lupa beli mainan hamster berupa (roda2an. Untuk pertama kali membeli hamster pastikan hamster tersebut sehat. Vitamin buat hamster ada macem2 merk. tetapi kalo pemalas ya coba di bangunkan dulu dia gesit dan lari .� Tanda2 hamster kena kutu? Menggaruk2 tubuh terus terutama di daerah belakang telinga (menggaruknya benar2 sering dan parah) trus kalo kamu balikin bulunya kamu kadang ngeliat bekas2 luka kecil akibat gigitan kutu. dan perosotan). Selama ini yang biasa dipake sih buatan 8in1 merknya vitasol. Nah jika saat kita membeli dari sang penjual hamster yang licik ya bisa saja ditipu. rata . nah bagaimana mengetahui hamster itu sehat atau sakit? yang jelas dari tingkahnya kalau gesit berarti sehat..

dll pokoknya bersihkan semuanya hingga bau hamster itu tidak ada. seekor hamster kan mengenali hamster yang lainnya dari bau'nya. tempat makanan. Beli juga tempat untuk minum DOT khusus hamster 6. tetapi tidak tahu bisa menyelesaikan masalah apa tidak. tetapi saya lebih menganjurkan pasir hamster dari pada serbuk kayu.4. . mainan. dan bersiap . 8. hehe 7..siaplah kebanjiran anak hamster kemudian selanjutnya merawat anak hamster dech. semoga membantu. Setelah semua perlengkapan hamster terbeli. setelah semuanya dilaksanakan dengan baik maka hamster niscaya akan sehat dan kuat. mulai dari alas. serta hamster di usahakan jangan samapi kedinginan atau kepanasan karena bisa menyebabkan kematian. hihihi Nah sekarang sudah mengerti kan bagaimana cara merawat hamster supaya hidup sehat. Beli pasir atau serbuk kayu untuk alas kandangnya nanti biar tidak kedinginan si hamsternya. kalau ternyata nggak sehat juga ya berarti emang hamsternya penyakitan tuch dan perlu di bawa kedokter. Keluarkan hamster2 yang ada didalam kandang dan bersihkan semua isi kandang. 5.. kemudian berilah wangi2an agar semakin tidak tercium bau hamster yang lama. jadi bagaimana agar hamster baru kita tidak berkelahi ketika digabungkan dengan hamster lama? beginilah yag saya temukan agar menggabungkan hamster lama dan baru bisa aman: 1. bawalah pulang dan letakkan hamster didalam kandangnya yang baru kemudian taruh di tempat yang aman dari kucing dan tikus liar. sehingga biasanya hamster akan berkelahi jika menemukan bau hamster lain yang asing atau tidak pernah tercium oleh hamster tersebut. jangan lupa kasih makan 2x sehari dan air minum jangan sampai habis. :D untuk gambar jenis hamster bisa dilihat disini TIPS AGAR HAMSTER TIDAK BERANTEM saya habis googling2 dan blogwalking ke sebuah web dan blog eh menemukan tips ini..

so aku langsung kepikiran aja buat ini postingan. yang jelas mereka menunggangi dari belakang. agar bau hamster menjadi wangi sehingga hamster laen tidak mencurigai adanya hamster baru yg berpotensi bisa berkelahi. 4. pokoknya sampai wangi. kemudian. iu pasti. maka dari itu lebiha baik masukkan dahulu hamster cowok beberapa saat sebelum hamster cewek di masukkan tujuannya agar cowok itu sebagai penghuni pertama dan cewek berikutnya karena biasanya jika pendatang itu akan relatif lebih sering diserang. jika memang hamster masih juga berantem dan berkelahi hingga cakar2an biarkan saja dahlu. lihat dan amati setelah digabung. mungkin itu perkenalan. pada saat pengejaran biasanya si jantan akan mengendus atau menciumi bagian kelamin si betina. hehehe 3...2. neh yang aku tahu kalau hamster sedang kawin pasti seperti ini : 1. hamster kawin pada dasarnya seperti kucing atau anjing atau kambing atau kelinci dan sebagainya.. mandiin dengan bedak juga bisa. mudah -mudahan bisa membantu para pencinta dan pemelihara hamster. kemudian si hamster betina juga nggak bakalan langsung mau diajak kawin. ini menurut pengalaman bahwa hamster cewek lebih agresif dibanding cowok dalam arti lebih suka menyerang ketimbang cowok. Mandikan dengan bedak mandi khusus hamster. langsung aja yach. tetapi berhubung cowok jarang menyerang. yang pertama. sekarang mo buat cara mengetahui hamster sedang kawin atau membuat anak atau berhubungan bada. banyak sekali seh yang tanya mengenai ini. MENGETAHUI HAMSTER KAWIN bingung buat posting. pasti akan terjadi proses kejar mengejar kayak berkelahi gitu tapi yang ini hamster sedang mau kawin. tetapi jika memang terus berantem sebaiknya pisahkan saja jangan digabung. so bisa aman. 2. mmmm si jantan bakal mengejar ngejar si betina sebelum. .

kita sebagai yang memelihara hamster tidak bisa berbuat banyak jika hamster melahirkan anak .anaknya dan kemudian dimakan. maka dia akan pasrah dan langsung diem saja di kawini. SEBAB HAMSTER MEMAKAN ANAKNYA sesuai dengan judul postingan kali ini. nah yang pasti kalo sudah ada bunyi ciiiitt ciiiitttt pada saat tunggang2an (cewek di bawah) itu berarti sudah terjadi proses perkawinan (si betina dan si jantan terlihat bersatu alat kelaminnya. bukan salah kita juga ketika . NB: hamsterku campbell. dalam arti hampir berhadap2an posisinya) dan mereka si hamster jantan dan betina akan melinkar gitu posisinya. saya akan menceritakan pengalaman kenapa hamster memakan anaknya. gitu. alat kelamin si hamster betina di jilati. hingga kadang sampai lama banget proses kawinnya (saya amatisendiri ) :D.... setelah sekitar 3 minggu maka hamster tersebut akan melahirkan. terus pasti mereka hamster jantan dan betina akan menjilati alat kelamin mereka sendiri sendiri. mungkin sebagai rasa puas.. mungkin semuanya juga sama.. :D 6. kemudian pada saat proses tunggang2an juga terjadi agak lama. ada coment silahkan. ckckcck kayak manusia saja. hehehe. gitu sampai mereka puas atau salah satu bener ngaak mau lagi. tapi ada juga yang tetep berontak nggak mau. proses hamster kawin tidak sekali. 5. atau mau berlangganan ya silahkan. tetapi ada juga yang sampai tega memakan anaknya sendiri. dan pasti akan berbunyi2 cit cit.beda satu sama lainnya. dan si jantan akan senang karena akan mempunyai se-ekor hamster. cb aja perhatikan kalo nggak percaya. yang terakhir.. dengan catatan nggak mandul.. beberapa hamster ada yang bisa menyusui dan menjaga anak anaknya sampai besar. beginilah pernyataanku tentang hamster hamil menurut yang aku lihat. setelah kejar mengejar biasanya kalo dah agak lama dan si betina ngerasa sudah capek.3.. 8. terimakasih dah berkunjung. 7. sampai2 kayak film bokep gitu. sifat dari seekor hamster memang berbeda . bahkan dan pasti setelah kawin pertama maka selang beberapa menit (5 menitan)pasi akan kawin lagi. 4. dan akhirnya hamster betina akan hamil dech.

hamster yang melahirkan tadi memakan anak .karena habis mengalami sakit setelah melahirkan. hamster di letakkan ditempat yang jauh dari keramaian saat melahirkan. biarkan secara alami si hamster saat melahirkan dan menyusui serta merawat anak anaknya. lebih baik. jadi nggak usah bingung jika hamster beranak. pindahkanlah dengan sendok kalo memang perlu di pindahkan. 3.. ketika hamster tersebut melahirkan. serta buatlah hamster senyaman mungkin. sehingga anaknya bisa bertahan hidup karena selalu hangat. dengan memberi serbuk kertas atau kain yang bisa di jadikan tempat anak anaknya kelak. nah karena stress yang besar tadi maka bisa jadi anaknya dimakan. sehingga akan membuat si induknya bingung mencari2 dimana bau tersebut.. bisa juga karena di pegang. bisa juga karena hamster ngerasa terganggu dengan keadaan sekitar. pasti kan akan mengalami yang namanya stress berat. oiya hampir kelupaan. maka hamster induk mengira itu sebuah bahaya. atau di beri rumah2an agar si anak hamster bisa nyaman sehingga si induk tidak memakannya.anaknya padahal sudah kita lakukan sedemikian rupa agar sang anak hamster tidak dimakan dan hidup sampai besar nantinya. lebih baik jangan sekali2 di pegang. karena rame dan sering di lihatin sama orang2 disekitar.. dan akan merawat anak2nya nantinya untuk beberapa minggu. jika kurang mohon di tambahi dan jika masih bingung bisa di tanyakan lewat coment.sebab hamster memakan anaknya selain dari sifatnya tadi: 1. dan lakukan hal2 diatas untuk menghindari anak hamster di makan induknya. karena dengan begitu anak hamster akan ada bau manusia. hamster memang ada yang pinter merawat anaknya tetapi ada yang tidak bisa merawat anaknya. nah itulah sekelumit cerita mengenai kenapa hamster sampai memakan anaknya. dan lebih baik memakan anaknya. biasanya setelah ketemu.. serahakan saja sama induknya. selesai! hehehe Aneka jenis pakan hamster . itu semua bisa juga dikarenakan sifat dari induk tersebut. berikut sebab . kita sebagai yang memelihara hamster tugasnya hanya perlu memberi makan dan minum agar induknya sehat dan anak2nya tidak mati karena kekurangan susu induknya. 2. mungkin hanya itu saja sekelumit sebab karena anak hamster dimakan induknya.

hamster juga butuh yang namanya karbohidrat. ini juga disukai hamster.. Jagung . so aman2 saja. Tetapi sebelumnya saya mau menggaris bawahi “JANGAN MEMBERI MAKANAN DENGAN SATU JENIS SAJA”. nah inilah penghasil karbohidratnya. Kacang hijau dan Kedelai Selama ini yang saya berikan hanya kacang ijo. Nyatanya hamster saya nggak botak tuch bulunya?padahal setiap hari aku kasih makan biji bunga matahari. Kan biar tulangnya si bayi tumbuh dengan baik dan nggak ada yang cacat.. tetapi katanya kalau kebanyakan bikin bulu hamster kita jadi rontok. tetapi menurut saya.. Ntah kenapa dia bisa suka. Kenapa? Saya sendiri juga nggak ngerti. mungkin dengan rasanya yang gurih maka hamster sangat suka dengan biji ini. tetapi mungkin banyak mengandung protein so sangat dibutuhkan untuk bayinya.html disitu terdapat banyak sekali pakan hamster dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Kenapa? Karena biar kulitnya nggak bikin kotor kandang hamster kita. Tetapi dalam arikel saya kali ini hanya akan membahas beberapa jenis makanan hamser yang saya pakai saja. enak kali ya? 5. Ah itu hanya katanya…. saya juga mendapatkan jenis pakan hamster ini dari situs http://hamster. Adapun jenis pakan hamster yang saya gunakan adalah: 1. Apalagi jika hamil… makanan ini sangat disukai hamster ketimbang biji bunga matahari.acanic. 2. 3. malah lebih simple pake beras langsung saja. Tetapi menurut saya inilah makanan jenis kedua yang disukai hamster disamping biji bunga matahari. Biji bunga matahari / kacang tanah menurut saya biji bunga matahari adalah yang paling disukai hamster. kan hanya akan diambil isinya saja dan kulitnya pasti dibuang. Biji bunga matahari banyak mengandung LEMAK yang bisa kita gunakan untuk memuat hamster kita gemuk. maka kali ini saya akan mengulas aneka makanan hamster yang saya pakai dan terbukti tidak bikin hamster sakitan ataupun meninggal. Gitu kali ya… 4. Makanan burung perkutut Ini berbenuk biji2an yang bentuknya kecil2.Untuk melengkapi artikel saya sebelumnya tentang pakan hamster. Katanya lebih bagus kalau kita kasih dalam bentuk gabah.net/pakan-hamster. karena Kedelai sangat susah didapat didaerah saya. karena kulitnya mengandung vitamin D. Beras/gabah ^diutamakan beras/gabah merah^ Seperti kita. tapi juga aku campur dengan biji2an yang laennya.

Terus ditaruh dalam DOT khusus hamster. TANDA – TANDA HAMSTER HAMIL DAN MAU MELAHIRKAN Hamster hamster dan hamster. AIR PUTIH Jangan lupa untuk memberinya air putih dengan cukup jika makanan yang kita berikan adalah jenis diatas. Nah makanan hamster diatas adalah yang saya pakai sampai saat ini. maka jagunglah yang paling sedikit dimakan.itu pengalamanku yang buruk. Harganya Cuma 10.. Kali ini saya mau berbagi info mengenai hamster yang hamil dan hamser yang mau melahirkan. dan hasilnya memuaskan tuch.. syukur alhamdulilah saya bisa menuliskan lagi artikel tentang Hamster. beri sediki saja untuk jagung. unik dan lucu.000 kok. Jd saran saya.biar nggak gampang tumpah dan si hamter nggak basah kena air minumnya.. banya tersedia ditoko hamster pastinya. Dan si hamster juga nggak protes tuch?? Hehehe 6. itulah binatang yang kecil.. Info ini saya peroleh melalui pengalaman dari hamster saya sendiri. Dan aku nyesel…. hamster kan bisa memilih sendiri mana yang dia sukai. Karena dari pada mubazir.. biar lebih bagus. dan berakibat anusnya berdarah tiada henti so mati. PERHATIAN: hamsterku mati satu gara-gara kurang minum air putih. Sebaiknya dan saya anjurnkan air putihnya yang sudah direbus atau yang mateng. Berikut tanda-tanda hamster hamil: . nggak tau kenapa tiap kali 5 jenis makanan diatas aku campur jadi satu dalam wadah makan hamaster.Ini adalah makanan yang menuru saya kurang disukai oleh hamster.

mau beternak hamster gitu. karena emang hewan ini kencingnya yang bau dan juga tai hamster juga bau. dan yang jelas sudah tidak mau lagi jika si jantan mau mencabulinya lagi. karena aku sekarang dah nggak memelihara hamster sobat. setelah seminggu maka hamster akan terlihat sedikit buncit. karena belum terlihat buncit. baca disini untuk membaca kisah matinya hamsterku. 5. :D tp suatu saat aku akan memelihara hamster lagi ah biar seru!! kalau perlu mau tak jual hamsternya kalau dah banyak. eh blm nympe rmh dah mati. Setelah hamster itu melakukan hubungan badan dengan lawan jenis selama kurang lebih 3 hari. 8. seperti gemuk sekali. Apalagi pas dipegang pada perutnya 4. itupun gara2 tak kasih sm adikQ biar dipelihara. hamsterku dah mati semua. menurutku itu seh wajar. 7. pas sekita 15 hari’an maka hamster akan terlihat gelisah. kalo dipegang terasa sekali beratnya berbeda dengan yang laen. Hehehe sakit kali ya..1. 2. Pada hari 1-4 mungkin belum terlihat jelas kalo hamster kita hamil apa tidak..... lebih galak (suka menggigit) ketimbang pas tidak hamil. tapi aku sekarang kok kangen sama binatang yang namanya hamster ya?? aku kangen sama lucunya itu lho.. 3. 10. TIPS MENGURANGI BAU KANDANG HAMSTER hai teman teman. dengan sikapnya yang mondar mandir diwaktu siang hari (karena biasanya tidur). kandang hamster itu pasti relatif bau. selanjutnya lihat disini untuk cara merawa bayi – bayi nya. maka hamster akan segera mengalami kehamilan. uh pokoknya. agresif. :) menurut pengalaman temen temen dan saya sendiri. dah lama neh nggak posting tentang hamster. puting susunya terlihat lebih besar ketimbang pas tidak hamil.. Hamster betina yang hamil pasi akan menolaknya jika mau diajak senggama. 6. semuanya. tetapi aku akan berbagi tips bagaimana caranya mengurangi atau meminimalkan bau dari pada kandang hamster: . 9. tp kalo dah berkembang biak banyak banget kok ya bingung juga mau diapain.. setelah berumur 20’an hari maka hamster akan segera melahirkan..

karena terbuat dari kawat yang disusun jarang-jarang. ini bertujuan agar tai hamster bisa kering (tidak mencret). klau beli kandang hamster pada umumnya sudah memenuhi standar ventilasi. karena ini juga akan sangat mengurangi bau kencing dan tai hamster. 7. sesekali hamster dimandikan dengan pasir khusus hamster mandi (jangan pakai air). karena bau kencing hamster yang sering makan wortel akan terasa bau sekali (menyengat). kandang hamster harus besar lihat artikel kandang hamster yang baik. maximal seminggu sekali atau jika sudah terasa bau. semakin banyak pasir yang di berikan maka air kencing hamster akan meresap dengan baik.karena kalau kandang hamster sempit maka akan cepat bau. dan itu akan menyebabkan kandang hamster terasa bau sekali. sehingga bulu hamster tidak akan terkena bau dari kotorannya dan kandang hamster pun jadi tidak bau. tapi jangan sampai hamster di beri kipas angin karena hamster pasti akan mati!! pengalaman. yang terpenting adalah sesering mungkin kandang hamster dicuci (terutama pasir sebagai alasnya). jangan keseringan memberi makan makanan yang mengandung AIR (seperti jenis2 sayuran). 3. CARA MERAWAT BAYI HAMSTER BIAR HIDUP Sebenarnya gampang kok merawatnya supaya bayi hamster kita hidup semua. kandang hamster harus mempunyai ventilasi yang cukup. letakkan kandang hamster di tempat yang terbuka atau selalu terkena udara bebas atau angin yang selalu berhembus. dan memang . tetapi saran saya jangan memandikan hamster dengan air karena sangat beresiko mati. :D 5.. 2. Ini menuru pengalaman saya loh. ini tergantung jumlah hamster dan ukuran kandang hamster. Berilah alas kandang hamster berupa pasir hamster yang banyak. ini akan membuat kandang hamster tetap kering karena kelembapan udaranya selalu tertiup angin. 4..1. 6. jika pakai air maka secepat mungkin dikeringkan. jangan keseringan memberi makan WORTEL.. karena kalau mencret maka itu sangat lebih bau dari pada tkotoran hamster yang kering (hitam dan keras). 8. sehingga bau akan banyak berkurang.

Jika sang jantan tidak suka makan bayi. karena takutnya bayi hamster akan kekurangan gizinya dan bias berakibat premature nantinya. 5.ada yang pinter ngerawat anaknya tetapi ada juga yang blo’on. 7. karena bisa dimakan induknya. Karena induk hamster itu berbeda beda satu sama yang lain. Knp??karena nggak ada yang menyusui tho… 2. Karena jika tidak maka anak hamster bias dimakan sama hamster yang laennya. Karena habitat hamster emang seneng ditempat gelap. Kan hamster itu suka sekali buat anak.banyak yang hidup dari pada yang mati. 3. Letakkan ditempat aman dan jauh dari keramaian serta tutupi kandang supaya terlihat gelap layaknya di lorong tikus. percaya nggak.. enapa?karena supaya cepet beranak lagi. karena pasti ank hamster akan mati semua. Jangan sekali2 anda pisah induk hamster dengan anaknya. mending sang jantan dijadikan satu dengan induk yang melahirkan. Tetapi ada juga hamster yang nggak mau makan bayi hamster. hamster saya beranak dan si jantan nggak saya pisah dengan betina eh taunya 3 minggu kemudian sudah beranak lagi. 1. berilah serbuk kerta atau kain supaya bayi2 hamster nggak . Jangan keseringan dilihat. 8. Jika anda mau memindahkan maka gunakan sendok untuk mengangkat bayi hamster. ϑ neh cara saya untuk merawat bayi hamster. atau perut sudah terlihat buncit. Padahal umur kandungan itu hanya sekitar 20 hari.. Tetapi lebih baek DIPISAH saja. Pisahkan segera induk hamster dan anak2nya jika sudah terlihat mau melahirkan. Anak hamster jangan sekali kali kali dipegang. 6. 4. karena induk hamster pasti akan ngerasa terganggu dan itu bias berakibat penyusuan bayi hamster nggak seimbang. Makanan dan minuman di dalam tempatnya jangan sampi habis.

KANDANG HAMSTER YANG BAIK Supaya hamster kita sehat. maka kita harus memperhatikan juga yang namanya kandang hamster. Serata melindungihamster dari hewan jahat ainnya seperti tikus dan kucing. Kandang hamster yang baik adalah berupa kawat jarang-jarang dengan alas dibawahnya untuk tempat pasir atau serbuk kayu supaya hamster bisa berlindung dari rasa dingin. sebaiknya makanan hamster jangan disebar begitu saja di antai kandang. karena hamster sangat suka pada tempat yang luas. kenapa? Karena kandang hamster adalah rumah utama dari hamster. ini membuat kandang hamster jadi jorok dan hamster jadi lusuh bentuknya. Kandang hamster untuk jumlah hamster sepasang lebih baik kita gunakan kandang dengan 30x30x30. Adapun syarat kandang hamster yang baik itu apa saja? 1. Gunakan tempat minum berupa DOT hamster yang banyak dijual dipasaran. 5.. 4. Ada tempat makanan. 8. 6. 2. Karena hamster itu kalo . Lebih lebih lebar lebih bagus.. baik dari makanan maupun kotoran hamster. ini bertujuan untuk membuat supaya hamster tidak mudah kabur dari kandangnya. Bersihkan kandang hamster setiap max 1 minggu sekali. atau paling lama ya setelah kandang hamster terasa bau banget. 3. Jagalah kandang hamster sebersih mungkin.kedinginan. Kandang hamster harus bener-bener tertutup rapat secara keseluruhan. ini untuk menghindari air yang tumpah jika menggunakan wadah yang diletakkan di lantai kandang hamster. Harus ada mainan buat hamster berupa roda2an yang banyak dijual dipasaran. 7.

2. 9.malam banyak banget tingah lakunya. Yang paling penting.Dia akan mencari makan . Sebisa mungkin kandang hamster dibuat tingkat dengan dikasih tangga untuk naik turun. ada hamster yang pemalas. ukurannya pun mini banget dan lucu. Tetapi saya hanya akan membahas jenis hamster yang saya peihara sendiri yaitu hamster tipe campbel. Nah.Dia akan bermain kesana kemari. kandang hamster harus terbuat dari bahan yang tidak mudah digigiti hingga habis oleh hamster. jika ada roda2 (puteran/baling2) pasti dia akan bermain sampai pagi hari. terus pada sore hari sekitar pukul ± 17..Dia pengen keluar kandang jika nggak ada mainan (roda2) didalam . KEBIASAAN HAMSTER CAPMBEL Kebiasaan hamster berbeda beda menurut jenis hamster itu sendiri. Jadi usahakan mainan hamster itu yang nggak berisik. apa saja she aktifitas hamster? . karena hamster itu binatang yang tingkahnya mirip dengan tikus alias suka memanjat. tapi karena saya hanya memelihara hamster campbel maka saya akan kasih tau kebiasaan hamster cambpel. Pada siang hari hamster ini lebih suka tidur dan ngorok. Tetapi hamster ini hanya akan bergerak atau melakukan aktifitasnya pada malam hari..maka dari itu gunakan kawat atau besi atau plastik yang terhadap gigitan hamster. karena dia bakal melek terus sampai pagi hari. Hamster campbel itu menurut saya dia lincah banget kok.00 maka hamster ini akan bangun dan melakukan aktifitasnya sampai pagi. Mungkin hampir mirip kali ya tentang kebiasaan tiap hamster. Adapun kebiasaan hmaster ini adalah: 1. . ada yang gesit tetapi ada juga yang lincah. 10.. hehe emang bisa ya.

Makanya kandang harus ada alasnya. maksudnya si pemilik bias membuat hamster jinak apa nggak. Ya itu semua tergantung sama pemiliknya she. Tapi kandang juga harus yang jaring2. dan ini terjadi dulu pada hamsterku.. tapi gigitannya nggak mengandung rabies kok..kandang. karena pasti hamster mencari tempat yang hangat jika tidur. 8. artinya bahwa hamster itu mempunyai kebiasaan yang bagus juga. supaya tetep hangat. Alias yang keras2. Kalo kencing pasti ditempat yang sama. 9.. Suka mengumpulkan makanan didalam pipinya. dan nggak sakit.. Hamster yang sehat maka dia akan lebih banyak bergerak. Suka menggigit.. dalam arti pastikan hamster tidak mungkin keluar dari kandang dengan mempunyai kandang yang tertutup rapat. jadi usahakan sebisa mungkin kalau kandang beserta isinya itu terbuat dari bahan yang tidak mudah di makan sama hamster. Bias dikatakan dia itu mengasah giginya.. 7. dia bener2 terlihat stress karena selalu cari lubang untuk keluar. hamster melakukan ini karena katanya gigi hamster itu selalu tumbuh terus dan terus memanjang. Masak seh?? Iya… tapi ada juga hamster jenis ini (campbel) yang mau menggigit sampai berdarah. dan apa akibatnya jika gigi hamster tidak diasah?? Maka dia akan suka menggigit jika dipegang. ya dia dah nggak pengen kabur lagi. Makanya dia akan selau mengerat selama hidupnya supaya giginya tidak panjang.. Itu salah satunya. Hamster sudah pasti akan mengerat (dalam bahasa jawa ngrikiti) semua bahan yang ada. .. Dia pasti akan kencing pada tempat yang banyak mengandung air kencing.. berarti dia nggak jorok kan? hehehe 5. Tetapi setelah saya kasih puter2an dan dia sudah bermain. dan rame2 sama temen2 hamster yang laen. terutama pada malam hari. jadi usahakan kandang hamster itu yang rapat. jadi jangan takut jika kita kasih makan terus pakan di tempatnya langsung habis. 4. Alas bias berupa pasir atau serbuk kayu. Tidurnya sering di pojokan kandang. dia akan banyak mengumpulkan makanan yang banyak untuk persediaan nantinya jika ternyata makanan di kotak makan yang kita berikan habis. Suka memanjat dinding. 6.. 3.

tetapi harganya relatif mahal yaitu berkisar 100 ribu keatas. Tetapi harga segitu sudah dilengkapi fasilitas: Tempat makan Tempat minum berupa DOT Mainan hamster berupa putera-puteran Tempat tidur yang bagus Harga dan fasilitas tersebut bisa kita dapat tetapi membelinya di jogja karena saya sendiri sedang kul dijogja. dan dia akan lari karena di kejar2 sama yang menang. Saya punya tips untuk buat kandang hamster sendiri dengan menghabikan duit sekitar max 25.. dan kalau sudah begini maka kita wajib memisahnya. Suka bercanda dengan hamster yang lain.. Unuk kandang hamster sebaiknya jangan menggunakan bahan yang terbuat dari kayu dan sejenisnya atau bahan yang mudah habis jika digigiti... Dan itu semua bisa kitta beli di PASAR NGASEM. langkah langkah awal dalam memelihara hamster 1.. Jika anda ingin membeli kandang hamster maka pergilah ke pet shop terdekat. Kalau saya sendiri ya mending buat sendiri.000. Karena binatang ini cenderung menggigit terus itu disebabkan memang dari sifatnya yang pengerat. karena hamper sama. apalagi yang satu peranakan. Kandang hamster minimal dibuat dengan ukuran 30x40 cm itu jika hamster hanya berjumlah 2 ekor. Begitu seterusnya. itu semua disebabkan karena saya anak kost dan eman eman untuk beli kandang hamster dengan harga segitu. mau buat sendiri atau mau beli. 10. Buat kandang hamster Kandang hamster adalah faktor utama supaya hamster hidup sehat dan panjang umur. tapi yang jelas kalo bertengkar pasti ada salah satu yang kalah.karena pasti hamster simpan di pipinya. tetapi jika lebih besar ukuran kandang itu lebih bagus dan untuk ukuran tinggi kandang saya sarankan 30 cm atau lebih. munkign akan saya ungkap laen kali saja ya…?? Jenis hamster yang akan dipelihara . seperti kucing. Tapi kita juga harus bias membedakan mana bercanda mana bertengkar. So anda bisa tentukan sendiri.

karena hamster ini mempunyai beraneka jenis.karena kesukaan orang kan beda2. Pakan hamster yang paling utama yaitu BIJI-BIJIAN. dan itupun juga dengan harga yang lebih murah. Supaya kalian semua tidak penasaran. tetapi bisa kita belikan yang mahal. disitu banyak banget situs yang menjelaskan aneka jenis hamster. Itu menurut saya lho…. Untuk harga makanan hamster yang saya pakai itu sangat murah.com. diutamakan beras/gabah merah Aneka pakan hamster diatas adalah yang selama ini saya gunakan.Tentukan jenis hamster yang akan kita pelihara. yaitu seperti: Jagung . yaitu 5000/bungkus dan itu bisa cukup untuk 2 bulan.Pakan burung perkutut Kacang hijau Bunga matahari Beras/gabah. Untuk lebih jelas mengenai jenis hamster ya cari saja di google. Maka pilihlah sendiri mana yang akan kamu rawat. dan . Tetapi dalam pasal nomor 3 tentang pakan hamster ini akan saya bahas dalam bab berikutnya dalam judul “jenis jenis pakan hamster”. Kenapa?? Karena bentuknya yang kecil banget dan menurut saya inilah yang sangat lucu dan nggak menjijikkan. dan semuanya tersedia di pet shop. Lihat foto berikut pakan hamster Dengan pakan tersebut saja bisa menghasilkan 9 ekor anak hamser yang sehat-sehat. maka akan saya kasih sedikit info tentang pakan hamster. Mungkin laen menurut yang laennya…. Tetapi dalam jenis hamster kali ini saya memelihara jenis hamster CAMPBEL. bahkan bisa dibilang hamster adalah hewan yang tidak susah dalam hal pakan. Kenapa? Karena menurut saya yang laen itu besar besar sekali dan hamper mirip tikus CURUT dan bahkan ada yang seperti tikus got. Atau kita bisa beli dengan terpisah. Hehehe Pakan hamster yang kita beli Untuk masalah pakan hamster yang pastinya tidak susah kok.

000 dan makanan hamster juga tidak lupa aku beli pakan hamster dengan harga 11.. terlihat besar kalo campbel.000 sepasang. dan kali ini jenis robovski. eh ternyata masih ada lagi hamster robovsky yang ukuran dan bentuknya sangat mungil dan lucu. kadang kadang juga aku beri Wortel dan kecambah. ada dua jenis hamster robo yang ada di toko tempat aku beli yaitu robo yang banyak warna putihnya dan yang warna tanah alias agak kusam. Trims~~~~~ Ibu hamster sedang menyusui 7 ekor anaknya MEMBELI HAMSTER ROBOVSKI akhirnya aku membeli hamster lagi. pengennya seh ntar kalo dah beranak pinak mau aku jualin. beda banget ketika aku memelihara hamster campbel dulu. mungkin cukup segini dulu artikel kali ini… Oh iya… pakan pada foto diatas adalah pakan pokok yang aku gunakan sekarang.000.. padahal dahulu aku kira jenis hamster campbel itu sudah yang terkecil. kemudian aku juga sekalian beli kandang hamster seharga 90.000 dan terakhir aku beli pasir hamster seharga 6. umurnya hamster robov yang aku beli ini kata penjualnya seh 3 bulan. :b( .. dan tambahan untuk beli pakan hamster. aku memilih hamster jenis robo karena bentuknya kecil lucu dan gesit banget. :D Aku beli hamster dengan harga 135. ya aku nurut saja dan percaya saja. Karena harganya mahal seh. lumayan mahal seh.lumayan lah.000 jadi totalnya 242. tapi karena emang aku dah ngidam ya tak beli saja.dari pada buat bisnis online yang kemudian ternyata scam?? ya mendingan buat beli hewan peliharaan yang nota bene bisa di jual lagi jika nanti melahirkan anak hamster. so kali aja bisa buat tambahan uang jajan.... tetapi itu mungkin seminggu sekali.nantinya bisa kita campur sendiri.

NB : sayangnya aku nggak bisa menampilkan gambar hamster robov ku... yang di fikirkan hanyalah uang dan uang. wuuuuu marlet marlet.mudahan aku bis memelihara hamster robo ini bisa seperti dulu ketika memelihara hamster campbel.dasar otak bisnis. xixixi . yawudahlah mudah . ckckckk. karena nggak punya camera seh. pelihara hewan pun di jadikan lahan bisnis.