P. 1
Permutasi dan Kombinasi

Permutasi dan Kombinasi

|Views: 1,329|Likes:
Published by Lina Utami

More info:

Published by: Lina Utami on Mar 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

Permutasi dan Kombinasi (PELUANG-MATEMATIKA

)
10/14/2010 04:08:00 PM

| matematika , materi sekolah , peluang

PERMUTASI

Coba perhatikan contoh-contoh di bawah untuk memahami Permutasi dalam konsep Peluang pada pelajaran Matematika. Contoh I: {a,b,c} Jika dipilih 2 dari 3 unsur tersebut, maka banyaknya permutasi dari 3 unsur setiap pengambilan 2 unsur adalah 6, yaitu ab, ba, ac, ca, bc, cb. Ditulis 3P2 = 6.

Contoh II: {a,b,c} maka, banyaknya permutasi dari 3 unusr setiap pengambilan 3 unsur adalah 6, yaitu abc, acb, bac, bca, cab, cba. Ditulis 3P3 = 6

RUMUS

Catatan: Notasi Faktorial

Ditulis 3C2.c}.3! = 3x2x1 5! = 5x4x3x2x1 1! = 1 Def 0! = 1 Permutasi Siklis {a. menggunakan kombinasi maka akan diperoleh hasil kombinasinya ab. RUMUS . pengambilan 2 unsur dari 3 unsur. ca.b.c} Maka. RUMUS: banyaknya permutasi = (n-1)! KOMBINASI Contoh III: {a. bc. jika menggunakan permutasi siklis.b. hasil dari pengambilan 3 unsur dari 3 unsur dapat digambarkan seperti gambar di samping.

yang berarti tidak menyebabkan perbedaan makna. ca. peluang Untuk mengerti tentang Kaidah Pencacahan dalam peluang. Kaidah Pencacahan (PELUANG-MATEMATIKA) 9/23/2010 05:43:00 PM | matematika . C . tetapi apabila dibalik maka menjadi BA (Padang). pertama-tama. Contoh lain permutasi: ada nomor kendaraan di Indonesia yaitu AB (Jogjakarta dan sekitarnya). perhatikanlah contohcontoh di bawah ini: Contoh 1: Untuk pergi dari kota A ke kota B dapat ditempuh dengan 3 jalan. ca. ba. bc. materi sekolah . maka terlihat perbedaan maknanya. sementara di Kombinasi perbedaan urutan tidak akan menjadikan perbedaan makna. ac.b. cb. Tetapi jika menggunakan kombinasi hasil yang diperoleh adalah ab. Contoh: {a.c} pengambilan 2 unsur dari 3 unsur jika menggunakan permutasi maka akan diperoleh hasil ab. bc. B. Dan kota B ke kota C dapat ditempuh dengan 2 jalan. Dengan berapa cara seseorang dapat pergi dari kota A ke kota C melalui kota B? Skema Kota A. Contoh lain kombinasi: Ada dua titik A dan B. Maka garis AB = BA. dihubungkan oleh satu garis.PERBEDAAN KOMBINASI DAN PERMUTASI Salah satu perbedaan antara Permutasi dan Kombinasi adalah jika Permutasi maka perbedaan urutan menjadikan perbedaan makna.

3 x 2 = 6. bagaimana bila terdapat lebih dari 5 cara dari kota A ke kota B dan dari 7 cara dari kota B ke kota C? Nah. Lihat gambar di samping. kita dapat menemukan jawabannya. dari gambar di samping dapat diketahui bahwa terdapat 6 cara yang dapat ditempuh dari kota A ke kota C melalui kota B. perhatikan gambar di samping. dari gambar tersebut. Cara tempuh kota A-kota C Lalu. Namun. bila terdapat soal sejenis dengan jalan yang banyak. . yaitu dengan mengkalikan keduanya. kita tinggal mengkalikannya saja. maka dapat kita ambil sebuah kesimpulan dari penyelesaian di samping. bila diperhatikan. dan 2 jalan dari kota B ke kota C.(Jawaban) Kita buat skema kota dengan jalan yang bisa ditempuh. Maka. maka kita akan mendapatkan hasil yang sama dengan cara yang singkat. Maka. dengan melihat bahwa ada 3 jalan dari kota A ke kota B.

berapa banyak bilangan yang terdiri atas 2 angka dapat dibentuk. kita perhatikan. dalam kasus di soal ini.3. ada 12 bilangan yang dapat dibentuk. . Bila. dan satuan. Maka. angka puluhan. (Jawaban) Penyelesaian Lihat gambar di samping.2. kita dapat simpulkan: Puluhan: 4 cara Satuan: 3 cara. di mana tidak boleh ada angka pengulang. dan tidak boleh ada angka pengulang.Contoh 2: Terdapat bilangan 1. dan 4. Perhatikan: Bilangan terdiri dari 2 angka. 4 x 3 = 12. maka kita dapat menggunakan cara yang lebih singkat untuk menyelesaikan soal di atas (dan soal sejenis). maka 2 angka itu adalah. Maka. maka.

Dengan begitu. berapa pun banyaknya. . kita dapat menyelesaikan soal yang sejenis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->