P. 1
Papan Partikel

Papan Partikel

|Views: 703|Likes:
Published by siti_aulia

More info:

Published by: siti_aulia on Mar 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/15/2013

pdf

text

original

Papan Partikel

Papan partikel merupakan salah satu jenis produk komposit/panel kayu yang terbuat dari partikel partikel kayu atau bahan-bahan berlignoselulosa lainnya, yang diikat dengan perekat sintetis atau bahan pengikat lain kemudian dikempa panas (Maloney 1993). Sebagai salah sat produk komposit, u papan partikel mempunyai kelemahan stabilitas dimensi yang rendah. Pengembangan tebal papan partikel sekitar 10-25% dari kondisi kering ke basah melebihi pengembangan kayu utuhnya serta pengembangan liniernya sampai 0,35%. Pengembangan p anjang dan tebal pada papan partikel ini sangat besar pengaruhnya pada pemakaian terutama bila digunakan sebagai bahan bangunan (Haygreen dan Bowyer 1996).( library.usu.ac.id)

Papan Partikel Komposit Cacah Aseptik dengan Perekat

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Cacah Kotak Aseptik Pada Papan Partikel Kelebihan ± kelebihan penggunaan cacah kotak aseptik pada papan partikel:  Cacah kotak aseptik ramah lingkungan karena mampu mereduksi CO2 akibat berkurangnya volume sampah.  Cacah kotak aseptik relatif murah karena berbahan limbah buangan kemasan teh kotak yang jarang di daur ulang.  Cacah kotak aseptik tahan terhadap cahaya matahari.  Mudah untuk dibuat dan tahan terhadap rayap. Kekurangan ± kekurangan penggunaan cacah kotak aseptik pada papan partikel :  Belum ada perhitungan mix design yang pasti antara perbandingan penggunaan Cacahan aseptik dengan Phenol Formaldehida  Kekuatannya belum teruji karena belum ada percobaan yang di Indonesia yang menggunakan cacah kotak aseptik sebagai papan partikel.

Papan partikel adalah salah satu jenis kayu pabrikan. Papan partikel terbuat dari campuran keping kayu (wood chips) yang dicampur dengan lem resin sintetis dan dipres atau ditekan menjadi lembaran-lembaran keras dalam ketebalan tertentu. Selain keping kayu, rami juga sering digunakan sebagai bahan baku dan menghasilkan papan yang disebut sebagai flex board. Flex board mirip

Keduanya biasanya dapat didaur ulang melalui program daur ulang setempat tepi jalan. kuat. dan karton bergelombang. Papan partikel adalah hasil pengempaan panas campuran partikel kayu atau bahan berlignoselulosa lainnya dengan perekat organik serta bahan lain. bahan perekat. karena kualitas papan partikel yang diperoleh didominasi oleh kekeuatan eksisting material dasar. dan relatif tipis sehingga disebut Panel. namun cenderung lebih ringan dan tidak sekuat papan berbahan dasar kepingan kayu Papan partikel cenderung lebih berat dari kebanyakan material kayu lainnya karena konten lemnya cenderung lebih banyak. Papan partikel umumnya berbentuk datar dengan ukuran relatif panjang. Material ± material yang digunakan dalam penelitian papan partikel adalah : Cacah Aseptik Dua jenis karton dapat didaur ulang: kardus datar. Ada juga papan partikel yang tidak datar (papan partikel lengkung) dan mempunyai bentuk tertentu tergantung pada acuan (cetakan) yang dipakai. papan partikel memiliki serat yang panjang dan karenanya memiliki kekuatan pengikat yang lemah dan cenderung mudah remuk di ujungnya apabila diperlakukan dengan kasar.dengan papan partikel. Pada umumnya papan partikel terdiri dari partikel kayu. kaku. dan bahan-bahan untuk tujuan dekoratif ( SNI 03-2105-2006 ). dan murah. yang biasanya digunakan dalam kotak sereal dan sepatu. Material Papan Partikel Cacah Kotak Aseptik Pemilihan material yang baik akan meningkatkan kualitas papan partikel. relatif lebar. Penelitian saat ini masih banyak dilakukan untuk membuat papan partikel yang lebih ringan. . yang memiliki lapisan mengacak-acak antara dua potong rata karton dan sering digunakan dalam kemasan kotak. Sedangkan papan partikel biasa adalah panel kayu yang dibuat dari hasil perekatan partikel kayu (bagian kayu berukuran kecil). lebih jauh lagi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->