RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Mata Pelajaran BIOLOGI Kelas VIII
“SISTEM PENCERNAAN”

Oleh :

Disusun Oleh:

Nita Juniar (F05108018)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TANJUNGPURA 2010

Model Pembelajaran • • • Pengajaran Langsung Ceramah. Indikator • Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan padamanusia. Diskusi Kelas dan Tanya Jawab LKS. LCD dan Slide Metode Pembelajaran Media Pembelajaran Sumber Bahan • Buku Ajar Kompetensi Dasar .4 Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Tujuan Pembelajaran • • Siswa dapat menyebutkan pengertian dari pencernaan mekanik dan kimiawi Siswa dapat menjelaskan urutan proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan Materi Pokok • Pencernaan makanan pada manusia. 1.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP NEGERI 1 PONTIANAK Mata Pelajaran Kelas/ Semester Waktu Pertemuan : Biologi : VIII/ 1 : 30 Menit : 2 Standar Kompetensi 1.

Nunung. menjawab pertanyaan dan mendengarkan Mendengarkan dan menjawab pertanyaan 1’ 3’ LCD.Nurhayati.Pendahuluan Menyampaika n tujuan pembelajaran dan menyiapkan siswa Guru mengucapkan salam. laptop . whiteboa rd. 2008. memperhatikan kesiapan siswa Guru memberikan apersepsi berupa menyuruh salah satu siswa memakan roti yang dibawa oleh guru dan mengajukan pertanyaan (“Apakah hasil yang dikeluarkan akan tetap sama dengan yang dimakan ? Apa yang menyebabkan hasil yang dikeluarkan berbeda dengan yang dimakan ?) Guru menginformasikan tujuan pembelajaran pada siswa Menjawab salam. whiteboa rd. Bandung : Yrama Widya • Slide persentasi (Lampiran 4) Langkah – langkah Pembelajaran DURASI (MENIT)) TAHAP FASE KEGIATAN GURU KEGIATAN \SISWA MEDIA DAN ALAT PENGAJ ARAN 1. laptop Mendengarkan dan memperhatikan 1’ LCD. Kelas VIII. IPA-BIOLOGI Bilingual untuk SMP/MTs.

yang belum berada bertanya yang jelas/paham. Bertanya kepada setiap Menjawab kelompok apakah ada pertanyaan hal-hal jelas.DURASI TAHAP FASE KEGIATAN GURU KEGIATAN \SISWA (MENIT) MEDIA DAN ALAT PENGAJ ARAN LCD. Inti Mendemonstra sikan pengetahuan/ keterampilan Guru menyampaikan materi tentang Sistem Pencernaan menggunakan power point dan charta Mendengarkan dan memperhatikan 5’ Membimbing pelatihan Membagi siswa Membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa 2’ menjadi 2 kelompok Membagikan lembar Mendengarkan 3’ LKS kerja kepada siswa dan penjelasan guru menjelaskan cara kerja kepada siswa. charta sistem pencerna an manusia 2. Whitebo ard. di jika yang LKS ada 5’ LKS melalui diskusi dan kurang .

Nita Juniar .Penutup Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan 1’ 2’ 1’ Lembar tes Memberi tugas kepada Mendengarkan siswa mempelajari selanjutnya Bahan untuk perintah guru materi yakni Tambahan Makanan (Adiktif) serta Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Menutup Pelajaran Mengucap salam Menjawab Salam 1’ Pontianak. 10 Maret 2011 Penyusun RPP. Memberikan (postest) menyuruh Perwakilan kelompok kelompok mempresentasikan diskusi kelompok mereka siswa Memberikan membuat kesimpulan soal Menjawab soal 5’ mempresentasikan hasil hasil 3.DURASI TAHAP FASE KEGIATAN GURU KEGIATAN \SISWA (MENIT) MEDIA DAN ALAT PENGAJ ARAN Evaluasi Kegiatan Pembelajaran Guru perwakilan untuk diskusi Mengarahkan untuk kesimpulan.

Saluran pencernaan manusia terdiri dari mulut. Di dalam mulut terdapat gigi. hati dan pancreas. Kerongkongan (esophagus) Merupakan saluran panjang dan tipis sebagai jalan makanan yang telah dikunyah dari mulut ke lambung. lambung dan usus. Alat-alat pencernaan makanan manusia terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. contohnya lambung. lambung. kerongkongan.F05108018 Lampiran 1 URAIAN MATERI Sistem Pencernaan Sistem pencermaan pada manusia Pencernaan makanan pada saluran pencernaan manusia meliputi dua proses. Mulut Mulut merupakan tempat awal terjadinya pencernaan baik secara mekanik oleh gigi dan secara kimiawi oleh enzim. Panjang kerongkongan kurang lebih 20 cm dan . usus halus. Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang melibatkan enzim yang terjadi mulai dari mulut. yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. lidah dan kelenjar ludah. usus besar dan anus. Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang dilakukan oleh gigi di dalam mulut. Kelenjar pencernaan menghasilkan enzim-enzim yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Proses pencernaan makanan pada manusia melibatkan alat-alat pencernaan.

Di dalam ileum terdapat banyak lipatan atau lekukan yang disebut vili / jonjot usus. Di dalm jejunum makanan mengalami pencernaan secara kimiawi oleh enzim yang dihasilkan oleh dinding usus.lebarnya 2 cm. Kolon terdiri dari tiga bagian yaitu kolon naik. Usus halus (intestinum tenue) Usus halus terdiri dari tiga bagian. erepsin. yaiitu duodenum (usus duabelas jari). Anus terdiri dari dua lapisan otot. peptidase. kolon datar dan kolon turun. lactase. Pada kedua ujung lambung terdapat klep (sfingter). yang disebut sfingter pylorus. Klep pertama terletak pada ujung yang berbatasan dengan kerongkongan disebut sfingter eksofageal. fundus dan pylorus. sukrase. Lambung (ventrikulus) Sering dikatakan sebagai perut esar yang terdiri dari tiga bagian. lipase. disakarase. yaitu proses pengeluaran zat-zat sisa pncernaan makanan melalui anus. . Rektum Bagian akhir dari system pencernaan merupakan bagian yang menggelembung yang disebut rectum. yaitu pancreas dan kantung empedu sehingga terjadi proses pencernaan secara kimiawi. dan ileum (sus penyerapanu). Enzim yang dihasilkan antara lain : enterokinase. yaitu kardiak. jejunum (usus kosong). sehingga makanan menjadi semakin halus dan cenderung encer. Makanan di dalam alambung akan dicerna secara kimiawi dan mekanik. Fungsi sfingter esophageal adalah untuk menjga makanan agar tetap di lambung dan hanya akan terbuka saat makanan akan masuk atau pada saat muntah. mmaltase. Gerakan ini disebut gerak peristaltic. Vili berfungsi memperluas permukaan usus sehingga proses penyerapan zat makanan akan semakin sempurna. Bagian dalam dari kerongkongan selalu dubasahi cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar mukosa sehingga makanan menjadi basah dan licin. Pada duodenum bermuara dua saluran. Pada dinding kerongkongan terdapat otot-otot yang dapat mengatur gerakan kembang kempis pada saat mendorong makanan yang berbentuk gumpalan-gumpalan agar masuk ke dalam lambung. Usus besar (kolon) Merupakan kelanjutan dari usus halus.Kolon memiliki tambahan usus yang disebuut umba cacing atau apendiks. Rektum dapat berkontraksi yang aktivitas kontraksinya menimbulkan terjadinya defekasi. yaitu otot polos dan otot lurik. Klep kedua terdapat pada ujung yang berbatasan dengan duodenum.

Fungsinya untuk mengabsorpsi air dan mineral. tempat pembentukan vitamin K (dengan bantuan bakteri Escherichia coli). . Bakteri Escherichia coli yang terdapat dalam usus besar juga berperan dalam proses pembusukan sisa makanan menjadi kotoran. serta melakukan gerak peristaltik untuk mendorong tinja menuju anus.

............................... ........ 7.......... Jelaskan urutan sistem pencernaan pada manusia ! ........... serta fungsinya ! Nama Organ NO 1 2 3 4 5 6 8................................................... ......................................................................Lampiran 2 Lembar Kerja Siswa • Tujuan : Siswa dapat menjelaskan urutan proses pencernaan makanan dalam saluran pencernaan Petunjuk Kerja : a....................... 9 10 11 Nama Organ Fungsi b................... Berilah nama pada organ pencernaan dibawah ini..................

Pedoman Penilaian LKS a. Ascending. serta fungsinya ! NO 1 Nama Organ Mulut Skor 1 Fungsi Melakukan secara 2 Esofagus 1 pencernaan dan saluran 1 2 Skor 1 Total skor per nomor 2 mekanik kimiawi Merupakan panjang dan tipis sebagai jalan makanan yang telah dikunyah dari mulut ke 3 Lambung 1 lambung Melakukan secara 4 5 6 Duodenum Jejenum Ileum 1 1 1 4 pencernaan dan 1 1 1 1 2 2 2 5 1 2 mekanik kimiawi Melakukan kimiawi Tempat pencernaan proses penncernaan terakhir Tempat menyerap makanan Mengatur kadar air pada sisa makanan 8. 7. 9 trenverse. Berilah nama pada organ pencernaan dibawah ini. descending 10 (Kolon) Rektum 1 Tempat sementara makana penampungan sisa-sisa 1 2 .

lalu masuk ke jejenum dimana tempat proses pencernaan paling akhir(1). jejenum(1) dan ileum(1). Makanan kemudian masuk ke dalam Kerongkongan/ Esofagus (1). Jelaskan urutan sistem pencernaan pada manusia ! Makanan masuk melalui mulut (1). Jelaskan urutan sistem pencernaan manusia ! Pedoman Penskoran . dan di ileum sebagai tempat menyerap sari-sari makanan(1). Lalu makanan masuk ke dalam usus halus(1). Lalu masuk kedalam lambung (1). Hasil makanan kemudian ditampung sementara(1) pada rektum(1) dan akhirnya dikeluarkan melalu anus(1) sebagai saluran akhir pencernaan(1) Total benar = 16 Penilaian : (Total Skor jawaban benar : Total skor) x 100 = (37:37) x 100 = 100 Lampiran 3 Soal Post-test 1. Di duodenum terjadi pencernaan secara kimiawi. Sebutkan dan jelaskan 2 jenis pencernaan pada manusia! 2. Lalu makanan masuk ke kolon dimana terjadi penyerapan air pada sisa makanan(1).11 Anus Total Benar 1 Saluran akhir pencernaan 1 2 21 b. didalam mulut terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi (1). Didalam lambung terjadi proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi(1). yang terdiri atas doudenum(1).

Didalam lambung terjadi proses pencernaan secara mekanik dan kimiawi(1). misalnya gigi di dalam mulut. Di duodenum terjadi pencernaan secara kimiawi. Lalu makanan masuk ke dalam usus halus(1). Pencernaan kimiawi Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang melibatkan 2 enzim yang terjadi mulai dari mulut. lalu masuk ke jejenum dimana tempat proses pencernaan paling akhir(1). didalam mulut 16 terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi (1). lambung dan usus. jejenum(1) dan ileum(1). dan di ileum sebagai tempat menyerap sari-sari makanan(1). 2 Makanan masuk melalui mulut (1). Lalu makanan masuk ke kolon dimana terjadi penyerapan air pada sisa makanan(1).No Soal 1 Kunci Jawaban Pencernaan mekanik Skor Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang dilakukan 2 oleh gerakan dari alat pencernaan. yang terdiri atas doudenum(1). Makanan kemudian masuk ke dalam Kerongkongan/ Esofagus (1). Lalu masuk kedalam lambung (1). Hasil makanan kemudian ditampung sementara(1) pada rektum(1) dan akhirnya dikeluarkan melalu anus(1) sebagai saluran akhir pencernaan(1) JUMLAH 20 Penilaian : (Total Skor jawaban benar : Total skor) x 100 = (37:37) x 100 = 100 .