BAB I PENDAHULUAN

Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19.Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golonganalkali tanah. Secara alami, kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air lautatau mineral lainnya. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara, sangat reaktif terutama dalam air, dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. Dalambahasa Inggris, Kalium sering disebut Potassium. Kalium merupakan mineral zat mikro penting dalam gizi manusia; ia membantu dalam pengecutan otot dan pengekalan keseimbaingan bendalir dan elektrolit dalam sel tubuh. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga daripada protein, lemak, dan karbohidrat semasa metabolisme. Kekurangan kalium dapatmengakibatkan keadaan yang boleh membawa maut yang dikenali sebagai hypokalemia, biasanya lanjutan daripada cirit-birit, diuresis berterusan dan muntah-muntah. Simptom kekurangan termasuklah kulit kering, jerawat, seram sejuk, fungsi kognitif terganggu, kekejangan (spasma) otot, aritmia, tindak balas refleks yang berkurangan, rasa dahaga, intolerans glukosa, perencatan pertumbuhan, insomnia,kolestrol, dan rendah tekanan darah. Memakan bermacam jenis makanan yang mengandungi kalium adalah cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi. Individu sihat yang

memakan gizi yang seimbang jarang sekali memerlukan makanan tambahan. Makanan yang mengandungi sumber kalium yang tinggi termasuklahpisang, avokado, saderi dan turnip, dan kebanyakan buah-buahan, sayur-sayuran dan daging lain juga mengandungi kalium. Kajian menunjukkan gizi yang mengandungi kandungan kalium yang tinggi boleh merendahkan risiko menghidapi tekanan darah tinggi. Garis panduan 2004 oleh Institut Perubatan menetapkan RDA sebanyak 4,700 mg kalium.Sesetengah orang yang menghidap penyakit ginjaldinasihatkan agar mengelakkan pemakanan zat kalium pada kuantiti besar.

Dalambahasa Inggris.Kalium merupakan logam pertama yang diasingkan melalui elektrolisis. tetapi adalah neo-Latin. Kalium merangkumi 2. yang menghasilkannya daripada potasy kaustik (KOH). Oleh kerana ia amatlah elektropositif.4% berat kerak Bumi dan merupakan unsur ketujuh paling berlimpah di dalamnya. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara.Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golonganalkali tanah.BAB II PEMBAHASAN A.Mineral ini membentuk longgokan besar- . Kalium sering disebut Potassium. polihalit. Garam kalium seperti kalanit. langbeinit. Kalium ditemui pada tahun 1807 oleh Sir Humphrey Davy. Kalium tidak diketahui semasa zamat Rom. dan silvit dijumpai pada tasikpurbakala dan dasar laut. Nama kalium diambil daripada perkataan "alkali". dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. yang berasal daripada Bahasa Arab al qal y = "abu terkalsin". unsur kalium sukar diperoleh daripada mineral nya. Secara alami. Pengertian Kalium Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. sangat reaktif terutama dalam air. kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air lautatau mineral lainnya. dan namanya bukan Latin klasik.

potasy.3000 kaki di bawah permukaanSaskatchewan terdapt longgokan besar potasy yang merupakan sumber penting unsur ini dan garam-garamnya. dilombong di California.Kalium tidak pernah dijumpai dalam bentuk unsur bebas dalam alam semula jadi. New Mexico. Reputan 40K kepada 40Ar membolehkan penggunaan kaedah pentarikhan batuan yang biasa digunakan.Lautan merupakan satu lagi sumber kalium. Terdapat tujuh belas isotop kalium yang diketahui. 40K (0.250 x 109 tahun. dan lain-lain tempat di dunia.3%). Saskatchewan menjadi perintis kepada penggunaan pembekuan pasir basah (pembentukan Blairmore) untuk memandu syaf lombong menerusinya. Jerman. Kaedah terma juga digunakan dalam penghasilan kalium. dan terdapat beberapa lombong besar sudah beroperasi semenjak 1960-an.Lihat Syarikat Potasy Saskatchewan. 40K yang wujud secara semula jadi merebut menjadi 40Ar (11.8%) melalui reputan beta. Utah.Pentarikhan K-Ar lazim bergantung .Sumber utama kalium. Kalium boleh diasingkan melalui elektrolisis hidroksida dalam sejenis proses yang berubah sangat sedikit semenjak zaman Davy. 40K mempunyai separuh hayat selama 1.2%) stabil melalui tawanan elektron dan melalui pancara positron. menggunakan kalium klorida.012%) dan 41K (6.besaran pada persekitaran-persekitaran ini. Tiga isotop wujud secara semula jadi: 39K (93. dan merebut menjadi 40Ca stabil (88. membuatkan penyarian kalium dan garam-garamnya lebih berdaya maju.7%). tetapi kuantiti yang hadir pada isipadu tertentu air laut adalah kurang berbanding dengan natrium.

B.Mineral ditarikhkan menggunakan pengukuran kepekatan kalium dan bilangan 40Ar radiogenik yang terkumpul. Mineral yang sesuai digunakan untuk pentarikhan termasuklah biotit. kira-kira 4. 40K wujud dalam kalium semula jadi (oleh itu dalam sesetengah pengganti garam biasa komersil) pada kuantiti mencukupi menyebabkan karung besar pengganti-pengganti ini boleh digunakan sebagai sumber radioaktif untuk tunjuk cara dalam kelas.000 nuklei 40K mereput sesaat. Ciri-ciri utama Kalium Dengan ketumpatan lebih rendah daripada air.40K merupakan sumber terbesar keradioaktifan. danfeldspar gunung berapi. hornblende plutonik/metamorfik gred tinggi. muskovit. lebih besar daripada 14C. Dalam tubuh badan manusia berjisim 70. Dalam haiwan dan manusia yang sihat. kalium adalah logam kedua ringan selepas litium.Ia adalah pepejal lembut yang mudah dikerat . sampel baruan keseluruhan daripada aliran gunung berapi dan terobosan cetek juga boleh ditarikhkan jika ia tidak mengalami perubahan.kepada andaian bahawa batuan tidak mengandungi argon semasa masa pembentukan dan kesemua argon radiogenik terkemudian (iaitu.Ia juga digunakan dalam kajian kitaran nutrienkerana kalium merupakan makronutrien {zat makro) yang diperlukan untuk kehidupan. isotop kalium digunakan secara meluas sebagai penyurih dalam kajian luluhawa. 40Ar) dikekalkan secara kuantitatif. Selain pentarikhan.

digunakan sebagai medium pemindahan haba. juga dikenali sebagai potasy. Seperti juga logam-logam alkali lain. C. digunakan dalam pembuatan kaca. Apabila berada dalam air. Penggunaan y y y y Kalium oksida digunakan terutamanya dalam baja. Kalium karbonat. kalium bertindak dengan cergas dengan airmenghasilkan hidrogen. ion kalium adalah sangat penting untuk memastikan sel hidup (lihat pam Na-K) . Ia teroksida dengan cepat dalam udara dan haruslah disimpan dalam minyak mineral atau kerosin untuk penyimpanan. y Kaca yang dirawat dengan kalium cair adalah lebih kuat daripada kaca biasa. sejenis aloi natrium dan kalium. ia mungkin akan terbakar serta-merta.dengan pisau dan mempunyai warna keperakan pada permukaan yang baru dipotong. y Kalium adalam juzuk penting dalam pertumbuhan tumbuhan dan dijumpai dalam kebanyakan jenis tanah. Garamnya memancarkan warna ungu apabila didedahkan kepada nyala api. Kalium nitrat KNO3 digunakan sebagai ubat bedil. y Dalam sel haiwan. y NaK. Kalium hidroksida adalah bahan kimia penting sebagai besi kuat.

kalium nitrat. Ia amat berguna dalam sistem pernafasan mudah alih. Memakan bermacam jenis makanan yang mengandungi kalium adalah cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi.kolestrol. fungsi kognitif terganggu. perencatan pertumbuhan. kalium sianida.y Kalium klorida digunakan sebagai pengganti garam biasa dan digunakan juga untuk memberhentikan jantung. termasuklah kalium bromida. dan rendah tekanan darah. Kalium merupakan mineral zat mikro penting dalam gizi manusia. Simptom kekurangan termasuklah kulit kering. y superoksida KO2 digunakan sebagai sumber oksigen mudah alih dan penyerap karbon dioksida.kalium kromat. kalium iodida. dan karbohidrat semasa metabolisme. aritmia. biasanya lanjutan daripada cirit-birit. contohnya dalam pembedahan jantung dan pelaksanaan hukuman mati melalui suntikan maut. kekejangan (spasma) otot. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga daripada protein. rasa dahaga. insomnia. lemak. kalium klorat. kalium dikromat. tindak balas refleks yang berkurangan. Individu sihat yang . jerawat. diuresis berterusan dan muntah-muntah. Kekurangan kalium boleh mengakibatkan keadaan yang boleh membawa maut yang dikenali sebagai hypokalemia. kalium sulfat. ia membantu dalam pengecutan otot dan pengekalan keseimbaingan bendalir dan elektrolit dalam sel tubuh. seram sejuk. y Kebanyakan garam kalium sangat berguna. intolerans glukosa.

muntah-muntah.merupakan anion ± anion utama di dalam cairan ekstraseluler. lemahnya tindakan refleks.Na+ merupakan kation utama dan Cl. Makanan yang mengandungi sumber kalium yang tinggi termasuklahpisang.merupakan anion utama bersama protein.700 mg kalium. yaitu penyakit yang disebabkan oleh kekurangan kalium di dalam tubuh.Dalam cairan tubuh harus terdapat keseimbangan antara kation dan anion. D. jerawat. saderi dan turnip. sayur-sayuran dan daging lain juga mengandungi kalium. Kekurangan Kalium Tubuh manusia terdiri atas unsur cairan yang mengandung elektrolit ± elektrolit larut. Kajian menunjukkan gizi yang mengandungi kandungan kalium yang tinggi boleh merendahkan risiko menghidapi tekanan darah tinggi.Sesetengah orang yang menghidap penyakit ginjaldinasihatkan agar mengelakkan pemakanan zat kalium pada kuantiti besar.serta HCO3. intolerans . K+ dan Mg++ merupakan kation utama dan HPO4.Misalnya pada penderita hypokalemia. avokado. kekejangan (spasma) otot. Gejala kekurangan kalium diantaranya adalah diuresis berterusan. apabila terjadi gangguan pada metabolisme tubuh. rasa dahaga. kulit kering. Garis panduan 2004 oleh Institut Perubatan menetapkan RDA sebanyak 4.Terkadang keseimbangan kation dan anion ini terganggu. dan kebanyakan buah-buahan.Sementara dalam cairan ekstraseluler. fungsi kognitif terganggu.memakan gizi yang seimbang jarang sekali memerlukan makanan tambahan.

Diabetes. kolestrol. pertama menunjukkan adanya penambahan volume urin yang diproduksi dan yang kedua menunjukkan jumlah pengeluaran zat-zat terlarut dalam air. Tumor pada kelenjar diatas ginjal. terhambatnya pertumbuhan. Diuretik adalah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. dan tekanan darah yang rendah. lemak. Kalium merupakan mineral zat mikro yang penting dalam tubuh manusia. Pemakaian diuretik. yang berarti mengubah keseimbangan cairan sedemikian rupa sehingga volume cairan ekstra sel kembali menjadi normal. 1. c. Unsur Penyebab Kekurangan Kalium: a. insomnia.glukosa.Ia membantu dalam kontraksi otot dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel tubuh. dan karbohidrat pada proses metabolisme. Fungsi utama diuretik adalah untuk memobilisasi cairan udem.Istilah diuresis mempunyai dua pengertian. Rapuhnya pembuluh darah arteri di ginjal. d. Efek Kekurangan Kalium: Kondisi Kekurangan Kalium yang berat dapat mengakibatkan kelemahan fungsi otot dan : . b. 2. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga yang berasal dari protein.

. 3. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandungi kalium adalah cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi. f.Sebagian besar buah-buahan. Otot pernapasan. Makanan (sayur dan buah) Sumber Kalium: y y y y y y y y y Garam potasium Pisang Alpukat Tomat Jeruk Melon Kentang Kacang-kacangan Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya. b. Tubuh mudah lelah.a. sayur-sayuran dan daging banyak mengandung kalium. e. Kadang juga mengenai otot mata. Kelemahan otot biasanya terjadi pada otot kaki dan tangan. Otot untuk menelan. d.Makanan yang mengandung sumber kalium yang tinggi. bergizi seimbang jarang sekali memerlukan suplemen tambahan makanan. Kedua keadaan terakhir ini dapat berakibat fatal. Individu sehat yang mengkonsumsi makanan yang beragam. c.

Bila kalium tubuh tidak terpenuhi. diuretic. spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.Pada kasus ini ginjal mengeluarkan terlalu banyak kalium karena rendahnya magnesium dan tingginya produksi aldosteron. misalnya.Kasus ini termasuk langka di Indonesia. Faktor kedua akibat keluarnya kalium berlebihan dari tubuh. Pertama. perkembangan janin hingga menjadi bayi menyerap mineral dan nutrisi dalam tubuh sang ibu. rendahnya kalium pada asupan makanan si ibu hamil.Dan baru dirasakan setelah melahirkan. Pengobatan tertentu yang menggunakan cortisone. Menurut Dr. termasuk kalium. mata berkunang-kunang hingga amnesia temporer.4.Namun wanita pasca melahirkan kerap menjadi incarannya. hal itu dapat berefek jangka panjang. Proses ini bisa melalui diare atau muntah yang terjadi selama kehamilan. atau obat pengontrol tekanan darah tinggi selama kehamilan juga dapat memicu hipokalemia. . Akibat Kekurangan Kalium Pasca Persalinan Ciri-cirinya kram otot. Padahal selama kehamilan. Surahman Hakim. Faktor penyakit yang diderita sebelum melahirkan juga dapat memicunya. ada beberapa faktor penyebab hipokalemia pada wanita pasca persalinan. Dalam istilah kedokteran kekurangan kalium itu disebut hipokalemia. SpOG. kambuhnya penyakit tumor adrenalin.

karena kaya kalium. dan tidak mahal. . Sedangkan pada tingkat berat atau kadar kalium kurang dari 3 mEq/l. Penanganannya bisa melalui pemberian suplemen kalium klorode secara oral. Surahman menyarankan agar ibu hamil memperhatikan nutrisi makanannya. Suplemen itu merupakan larutan garam 20-40 mEqKCI per liter yang diberikan setiap 3-4 jam sekali. bagi wanita yang baru melahirkan dan kekurangan kalium disarankan untuk memahami lebih dulu penyebabnya.Penanganan Maka itu. Maka itu.Pergantian kalium itu perlu penanganan yang khusus dan akurat untuk menghindari masalah dengan jantung pasien. dan jeruk. dan pisang untuk kembali menormalkan kadar kalium dalam tubuh. jeruk. brokoli. sebelum hal itu terjadi. sapi. pisang. melon.´ tambah dia. Tingkat ini biasanya disebabkan kurangnya konsumsi nutrisi pada makanan.Utamakan sumber makanan yang mengandung kalium yang baik seperti daging ayam. mujarab. penanganan baru disesuaikan dengan tingkat keparahan yang diderita pasien.³Kalau ikan. penanganannya melalui suplemen suntik.Apakah hal itu akibat kesalahan pola makan atau efek dari pengobatan tertentu yang menyebabkan pengeluaran kalium secara berlebihan.0 mEq/l. kacang polong.Cara ini dipandang paling aman karena mudah dipantau. Juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau. Pertama. tomat. Bila penyebabnya telah terdeteksi. usahakan sardin. tomat. Ada beberapa cara penanganan penderita hipokalemia berdasarkan tingkat keakutannya. tingkat sedang atau yang memiliki kadar kalium lebih 3.

Biasanya hal ini terjadi akibat terlepasnya sebagian plasenta dari rahim. vitamin. dan kelainan proses pembekuan darah. mengingat pendarahan merupakan salah satu penyumbang kematian terbesar pada ibu pasca melahirkan. dan mineral yang terkandung pada . hal lain yang perlu mendapatkan perhatian pasca melahirkan adalah terjadinya pendarahan. atonia uteri ( tidak adanya kontraksi rahim). Pendarahan Selain kekurangan kalium. Tekanan darah tinggi Tekanan darah tinggi juga merupakan satu masalah yang harus diperhatikan oleh ibu hamil karena kondisi ini akan memengaruhi kehamilan sampai proses persalinan. Penting Bagi Ibu Hamil a. c. Normalnya tidak lebih dari 500 cc. meskipun saat ini dokter berusaha untuk mengurangi risiko itu. luka di jalan rahim. Perdarahan dapat terjadi dalam 24 jam pertama atau sekunder sesudah itu. Infeksi Infeksi pasca melahirkan merupakan salah satu masalah yang juga harus diwaspadai. b. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Sebaiknya perlu perawatan yang cepat. Asupan gizi yang cukup Perhatikan asupan gizi dan nutrisi yang cukup bagi ibu sebelum dan sesudah melahirkan.Gangguan Lain Pasca Melahirkan a.

buah segar. ibu hamil perlu lebih berhatihati dalam mengonsumsi obat. c. Segera periksakan diri bila sakit Kesehatan diri merupakan hal utama yang perlu diutamakan bagi ibu hamil. d.daging. Kontrol teratur Upaya ini untuk memantau perkembangan kehamilan dan mendeteksi bila ada kelainan pada kehamilan dan janin. tapi juga kemungkinan terjadinya kontra indikasi yang lain. . kondisi janinnya bergantung pada kondisi sang ibu. segeralah periksakan diri bila ibu hamil sakit atau keluhan pada kesehatan. dan sayuran. ³Bukan hanya untuk masalah hipokalemia. Hindari pula kebiasaan merokok. Sebab.Maka itu. Berhati.Kontrol juga guna mengetahui tingkat kebutuhan nutrisi pada ibu. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya masalah lebih parah yang mungkin dapat mengggangu kesehatan dan masa depan janin.´ ujar Dr. SpOG. Surahman Hakim. ikan. dan alkohol yang bisa membahayakan kesehatan bayi dan ibu b. mengonsumsi kopi. Maka itu. spesialis Obstetri dan Ginekologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.hati ketika mengonsumsi obat Masalah kekurangan kalium juga bisa terjadi akibat dari penggunaan obat tertentu saat kehamilan.

terutama setelah penggunaan diuretik yang menyebabkan hilangnya kalium atau pada diabetes melitus y Penyebab renal dari hipokalemia antara lain aldosteronisme. terutama oleh keseimbangan asam-basa y Asidosis memindahkan kalium keluar sel. Kelebihan Kalium Kalium plasma normal bervariasi antara 3. Gejala y y Tanda toksisitas hiperkalemia yang terpenting adalab aritmia jantung Kelemaban otot perifer dapat terjadi . Patologi dan Penyebab y Kadar kalium plasma dan ekstraseluler dipengaruhi oleh banyak faktor. penyakit Addison atau hipoaldosteroinisme selektif y Hipokalemia sering terjadi akibat kehilangan melalui traktus gastrointestinal atau urin. sindrom Cushing.5-5 mm/l (tergantung pada masing-masing laboratorium) walaupun kalium ekstraseluler hanya merupakan 2% dan keseluruhan dalam tubuh Hiperkalemia dan hipokalemia menunjukkan kadar kalium serum yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai batas laboratorium yang normal 1. alkalosis memindahkan kalium ke dalam sel y Hiperkalemia biasanya terjadi pada gangguan fungsi ginjal tetapi juga terjadi pada destruksi jaringan. asidosis tubular ginjal 2.E.

interval PR memanjang. infus . dan segmen ST menunjukkan µsagging¶) b. blok jantung lengkap. dan asistole atrial. gelombang U. hipokalemia: gelombang T mendatar atau terbalik. Pemeriksaan Khusus a. rasa lelah yang bersifat menyeluruh. Diagnosis Banding y y Penyebab lain dari rasa Iemah dan lelah yang menyeluruh Paralisis periodik familial karena kalium berpindah dari plasma ke dalam sel y Hiperkalemia semu misalnya karena pengambilan contoh darah yang salah dan/atau terbebaskannya ion K dari platelet selama pembentukan bekuan dalam tabung 4. Pengobatan Hiperkalemia dapat diobati dengan glukosa dan insulin yang mendorong kalium masuk ke dalam sel (1 unit insulin harus diberikan untuk tiap 2 g glukosa) Hiperkaleinia juga diobati dengan metoda yang efektif yang lain misalnya induksi alkalosis dengan infus natrium bikarbonat.y Hipokalemia menyebabkan letargi. kelemahan otot dan poliuria y Iritabilitas miokardium meningkat pada hipokalemla dan pemberian digitalis menjadi lebih berbahaya 3. Kadar plasma Elektrokardiogram untuk mencari perubahan EKG yang khas (hiperkalemia: gelombang T tinggi.

kalsium glukonat. Kalium akan berkurang sebanyak 10 %. . Cara ini bisa dikenal dengan stup. hal tersebut juga tidak baik. 2. Ada 3 cara supaya dapat mengkonsumsi sayur dan buah ± buahan. pada saat air sudah mendidih masukkan sayur dan buah ± buahan ke dalam air mendidih tersebut selama 15 menit. pemberian resin pengikat kalium per oral. Merebus (Sayur dan buah) selama 15 menit. Ketiga cara tersebut sebagai berikut : 1. Kalium sangat banyak pada bahan makanan jenis sayuran dan buah-buahan. karena Anda akan kekurangan vitamin C dan serat yang berakibat sulit buang air besar. dan hemodialisis atau dialisis peritoneal Hipokalemia memberikan respon terhadap kalium per oral atau larutan kalium intravena untuk kasus-kasus yang gawat.Kadar kalium dalam infus tidak bolehmelebihi 40 mEq/L kecuali pada keadaankeadaan yang jarang terjadi. Merendam (sayur dan buah ± buahan) dengan air panas selama 15 menit. Bagaimana cara agar Anda yang terkena hemodialisa dapat mengkonsumsi sayuran dan buah ± buahan. Cara ini dapat menghilangkan kadar kalium sebanyak 5 % dari kadar awal. Prognosis y y Tergantung pada etiologi dan ketidak seimbangan elektrolit Juga tergantung pada kecepatan pemberian pengobatan. Caranya adalah panaskan air. c.

intolerans glukosa. seram sejuk. Kalium merupakan mineral zat mikro penting dalam gizi manusia. dan secara kimiawi memiliki sifat yang mirip dengan natrium. Secara alami. dan karbohidrat semasa metabolisme. Kalium teroksidasi dengan sangat cepat dengan udara. jerawat.kolestrol. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga daripada protein. dan rendah tekanan darah. ia membantu dalam pengecutan otot dan pengekalan keseimbaingan bendalir dan elektrolit dalam sel tubuh. perencatan pertumbuhan. kekejangan (spasma) otot. tindak balas refleks yang berkurangan. kalium ditemukan sebagai senyawa dengan unsur lain dalam air lautatau mineral lainnya. insomnia. fungsi kognitif terganggu. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan keadaan yang boleh membawa maut yang dikenali sebagai hypokalemia. aritmia. Dalambahasa Inggris. diuresis berterusan dan muntah-muntah. lemak.BAB III KESIMPULAN Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. biasanya lanjutan daripada cirit-birit.Kalium berbentuk logam lunak berwarna putih keperakan dan termasuk golonganalkali tanah. sangat reaktif terutama dalam air. Kalium sering disebut Potassium. rasa dahaga. Simptom kekurangan termasuklah kulit kering. .

com/ketahui-bahaya-kelebihan-kalium-pada-buah-dansayur/ http://joematsuda.org/wiki/Kalium http://www.wordpress.php?uid=66710896694&topic=12555 http://www.suatuhari.com/2009/04/17/hipokalemia-kadar-kalium-yangrendah-dalam-darah/ .com/topic.DAFTAR PUSTAKA http://id.org/wiki/Kalium http://ms.facebook.wikipedia.com/berita-detail.koran-jakarta.wikipedia.php?id=14337 http://ibuprita.

1540110038 SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BINA PUTERA BANJAR PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN TAHUN 2011 .KALIUM PADA IBU HAMIL MAKALAH Disusun oleh : ELIN HERLINAWATI NIM.

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah. Maret 2011 Penulis i .Penulis menyadari dalam penulisan makalah ini tidak terlepas dari segala bantuan dan bimbingan semua pihak. untuk itu saran dan kritik penulis harapkan demi kelancaran penulisan makalah ini yang lain di masa yang akan datang. Penulis menyadari masih banyak kekurangan dari isi makalah ini maupun penyajiannya.KATA PENGANTAR Segala puji dan rasa syukur penulis panjatkan kepada tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan hidayah-Nya. penulis dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul ³Kalium Pada Ibu Hamil¶¶. Banjar. maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersedia memberikan bantuan kepada penulis baik moril maupun materil. Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umunya.

............. ............... ... C................................... ............ ii BAB I PENDAHULUAN .......................... ....................... ........ ......... .... A........... ...................................................... ...... i DAFTAR ISI ....... ........ .. Ciri-ciri Utama Kalium ......... ..............DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............................................ .... ......................................................................................... ........ 1 3 3 5 6 8 E.. B......... ..................... 18 DAFTAR PUSTAKA ii ..... 15 BAB III KESIMPULAN ........ BAB II PEMBAHASAN ..................................... Kelebihan Kalium ...................... ................................................... D.................. .............................................................. Pengertian Kalium ................................................ .................. ................................. .................................... Kekurangan Kalium ............................ Penggunaan ..........

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful