P. 1
PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN

|Views: 227|Likes:
Published by Wahyuni Sabur

More info:

Published by: Wahyuni Sabur on Mar 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/29/2014

pdf

text

original

 ARTI KEPRIBADIAN

Personaliti atau keperibadian merupakan satu cabang psikologi yang mengkaji keperibadian dan proses individu lain yang menjadikan kita manusia. Antara definisi yang lain merujuk kepada sesuatu kualiti atau keadaan yang terdapat atau sedia wujud di dalam seseorang individu untuk individu tersebut menggelar dirinya sebagai seorang insan. Personaliti ini merangkumi satu penyusunan di antara faktor-faktor seperti biologi, psikologi dan sosiologi. Untuk proses pergaulan (sosialisasi) berlaku, seseorang itu haruslah mempunyai personalit

POLA KEPRIBADIAAN
‡ Ada 2 Komponen utama dalam

pola kepribadian antara lain : ‡ Pola kepribadian dalam konsep diri ‡ Pola kepribadian dalam sifat

inti

dan y Konsep diri ideal. .GAMBARAN NTANG MPONEN POLA EPRIBADIAN Konsep Diri y Konsep diri ini pula terbagi dalam 2 ( dua ) macam antara lain: y Konsep diri sebenarnya.

.dalam konsep ini merupakan bayangan cermin dan di tentukan sebagian besar oleh peran dan hubungan orang lain dan bagai mana reaksi orang lain terhadapnya. y Konsep diri ideal adalah gambaran seseorang mengenai penampilan dan kepribadian yang di dambakannya.PENGERTIAN KONSEP DIRI DALAM POLA KEPRIBADIAN y Konsep diri sebenarnya adalah konsep seseorang dari siapa dan apa dia itu.

.POLA KEPRIBADIAN DALAM KONSEP SIFAT yKonsep sifat dalam pola kepribadian adalah kualitas perilaku atau pola penyesuaian spesifik.

KONSISTENSI y Konsistensi.yang berarti bahwa orang itu bersikap dengan cara yang hampir sama dalam situasi dan kondisi serupa .

PENGERTIAN INDIVIDUALITAS y Individualitas : Adalah unik dalam hal variasi. .kombinasi dan susunan ciri yang bentuk pola.kekuatan ciri yang berbeda.

Choleric.PENYEBAB INDIVIDUAL Hipoorates menyebut adanya 4 jenis kepribadian yang berbeda : Sanguine.yaitu individu yang sedih dan pesimistis. yaitu type yang lambat. Phleatic.yaitu orang yang cepat dan aktif. Melancholic. orang yang kuat dan mudah di rangsang. y y y y .

y Lingkungan sosial . pengaruhnya pada komsep dinamakan persisian.ini memperkuat konsep diri yang sedang berkembang dan pola penyesuaian anak yang karakteristik. y Nilai nilai orang tua Sifat sifat kepribadian yang sangat dihargai orang tua diperkuat dengan berharganya di basmi dengan hukuman atau dengan tidak diberikannya penghargaan y Memainkan peran Peran yang di pelajari anak di rumah mempengaruhi komsep dirinya. Karena permainan cenderung menetap selama masa kanak kanak .PERSISTENSI DALAM KEPRIBADIAN Kondisi yang menunjang persistensi dalam kepribadian: y Bawaan Sifat yang berkaitan. y Pendidikan anak Metode pendidikan anak dan sikap orang yang menggunakan relatif tetap stabil .secara langsung dengan unsur bawaan anak akan lebih stabil dari ciri yang mempunyai sedikit hubungan dengan bawaan.

y Lingkungan sosial . y Kepribadian anak atau suatu sifat dominan di dalamnya menentukan pilihan sosila .y Karena anak melihat dirinya sebagaimana orang melihatnya . ini memperkuat perkembangan komsep diri dan metode penyesuaian karakteristik dengan dirinya sendiri y Seleksi dalam lingkungan sosial .

c.sekolah.gangguan endokrin.mempunyai pengaruh menguntungkan pada konsep diri.Perubahan dalam kepribadian Kondisi yang menunjang perubahan kepribadian : a. gangguan organiks. Pertolongan profesional Psiko terapi membantu anak mengembangkan konsep diri yang lebih menguntungkan dengan membantu mereka memperoleh wawasan akan penyebab konsep diri yang merugikan.obat ± obatan atau penyakit.pengaruhnya terutama pada konsep diri anak. b. sering di sertai perubahan kepribadian. Tekanan sosial semakin kuat dorongan untuk penerimaan sosial.malnutrisi. perubahan mempunyai pengaruh menguntungkan pada konsep diri.semakin giat anak itu berusaha mengembangkan ciri kepribadian yang memenuhi pola yang di setujui masyarakat.atau lingkungan.baik dalam keterampilan motorik maupun mental. f. Perubahan fisik perubahan fisik yang disebabkan proses kematangan gangguan struktual di otak. d. Peningkatan dalam kecakapan Meningkatnya kemampuan.cedera.Perubahan lingkungan bila perubahan dalam lingkungan meningkatkan status anak dalam kelompok teman sebaya. . e. Perubahan peran Perubahan dari regu bawah menjadi peran soal tarian atau pemimpin dirumah.

PENGARUH KEBERHASILAN Dan KEGAGALAN PADA KEPRIBADIAN yPengaruh keberhasilan pada kepribadian yKegagalan pada kepribadian .

.dan tak bahagia. 5.KEGAGALAN Mendorong anak menurunkan aspirasi mereka hingga tingkat realistis.Membuat anak merasa tidak yakin akan kemampuannya 3. Membuat anak malu dan canggung 1.depresi. 2.Membuat anak murung.Menimbulkan perasaan ketidakmampuan dan inferioritas 4.

b. c. Hukum perkembangan yang satu (1) menyebutkan bahwa : perkembangan manusia ditentukan oleh 2 (dua ) faktor secara bersama (herediter dan lingkungan) menurut w. Hukum perkembangan 3 (tiga ) menyebutkan bahwa tempo perkembangan anak mempunyai ritme.stern .Hukum Perkembangan Kepribadian Menurut W. Hukum perkembangan menyebutkan bahwa : tiap tiap anak mempunyai tempo atau ( kecepatan). Hukum perkembangan 4 (empat ) menyebutkan bahwa: perkembangan mempunyai masa peka (dr maria motessori ) artinya perkembangan itu adalah deretan perubahan penjelmaan .STERN A. d.

. Psikologi klinis adalah menangani kasuskasus kelainan psikis dari sudut psikologi. Psikiater adalah teknik kedokteran psikiater yang menggunakan obat-obatan. 2.PERBEDAAN PISIKOLOGI ABNORMAL Ada 2 perbedaan dalam psikologi abnormal antara lain: 1.

.Pengertian Pola Kepribadian Abnormal Pengertian y Pola kepribadian abnormal adalah cabang psikologi yang khusus mempelajari kelainan psikis.

Tidak mengganggu manusia lain dalam melakukan penyesuaian yang serupa atau dalam memenuhi kebutuhan.Batasan Manusia Yang Dapat Menyesuaikan Diri Dalam Pola Kepribadian Abnormal Dengan sempurna memenuhi segala jenis kebutuhannya dengan tanpa melebih-lebihkan atau mengurangi kepentingan suatu kebutuhan lain. 1. . 2. Melaksanakan pertanggung jawaban dengan sewajarnya terhadap sesama manusia /masyarakat. 3.

WATAK DAN TEMPERAMEN ‡ Sikap Adalah suatu cara bereaksi suatu perangsang.KEPRIBADIAN DALAM SIKAP. . y Watak Adalah sifat yang sukar dimengerti dan diucapkan.SIFAT. y Sifat Adalah ciri tingkah laku hampir sama dengan orang lain y Temperamen Adalah sifat jiwa yang sangat erat hubungannya dengan konstitusi tubuh.

R PEDJAWIJATA Mengatakan: bahwa watak merupakan pendidikan individual dan tegantung dengan orrang yang akan dididik y Menurut Kerchensteiner mengemukakan keadaan jiwa yang tetap. .Para ahli mengemukakan tentang perwatakan dalam kepribadian y Menurut I. tempat semua perbuatan kemauan ditetapan / ditentukan oleh prinsip prinsip yang ada dalam kejiwaan.

faktor faktor yang mempengaruhi kepribadian a.adatistiadat.kepercayaan suatu daerah/masyarakat tertentu berbeda dengan daerah lain. faktor biologis faktor yang berhubungan dengan keadaan jasmani b.bahasa. c.faktor social adalah manusia manusia lain di sekitar individu yang mempengaruhi individu yang bersangkutan. . Factor kebudayaan Bahwa kebiasaan .

milik kebendaan. pengetahuan dan keterampilan 4. .beberapa aspek kebudayaan yang mempengaruhi perkembangan dan bentuk kepribadian: 1. adat dan tradisi 3. Bahasa. dan 5. Nilai nilai ( Values ) 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->