Microsoft Office Access 2007 1.

Pengertian Microsoft Access 2007
Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagaijenis data dengan kapasitas yang besar. Database adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi. Antar tabel yang satu dengan yang lain saling berelasi, sehingga sering disebut basis data relasional. Relasi antar tabel dihubungkan oleh suatu key, yaituprimary key dan foreign key. Access 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Access versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yanglebih simpel dan efisien. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.

2. Mengenal Elemen Dasar pada Access 2007

d) Save As : Untuk menyimpan database Anda menjadi berbagai format database lainnya/versi Microsoft Access sebelumnya (2000 2003 dan 2007)atau bisa juga dalam bentuk PDF/XPS jika Anda telah mempunyai add-ins nya . g) Manage : Ini merupakan fasilitas untuk mengatur database yang telah kita   © £¢   A ¡ ffi Button . Qui k Print (mencetak database secara langsung tanpa melakukan perubahan property-properti pada printer) dan Print Preview (untuk mengatur sebelum database dicetak). b) Open : Untuk membuka database yang pernah Anda buat sebelumya.Be s Bac s age yang be s bebe apa pilihan pe intah untuk mengelola database Fasilitas ini hampir sama pada seluruh program Microsoft Office ¨ ¤ ¤ ¥ ¤ § ¦ ¨ ¥ ¥¤ 2007 Pada gambar di atas terdapat beberapa Task Pane seperti ini: a) New : Untuk membuat sebuah database baru. c) Save : Untuk menyimpan secara langsung database anda. e) Print : Fasilitas untuk mencetak database yang telah dibuat. Terdapat tiga f) pilihan yakni Print (mencetak dengan sebelumnya menentukan propertiproperti printer dan halaman yang akan dicetak).

b) Clipboard : Berisi perintah-perintah dasar seperti Cut. ukuran. Pada Access 2007 terdapat empat tab yakni Home. j) Publish : Fasilitas ini digunakan setelah database yang dibuat telah selesai atau final. k) Close Database : Untuk keluar dari database. Terdapat beberapa pilihan yang berbeda-beda tergantung dengan objek Database yang dipilih atau yang sedang dikerjakan. perataan dan sebagainya. Paste dan Format c) Font : Berisi pengaturan-pengaturan jenis huruf. B Ribbon     Element ini merupakan interface baru yang ditawarkan dalam Microsoft Office 2007. Copy.h) buat. i) Email : Fasilitas ini memudahkan anda dalam mengirimkan database melalui email. Terdapat tiga pilihan : Co pact and Repair Database (untuk melakukan maintenance atau juga merepa r ). Element ini semakin mempermudah user dalam mengolah/mengedit data. Package and Sign (ini digunakan untuk memberikan digital signature pada package database yang telah Anda buat). Database Properties (dari fasilitas ini akan memunculkan kotak dialog yang dimana anda dapat menentukan properties pada database yang sedang anda buat). (tempat menaruh document/database di server sehingga dapat dengan mudah untuk diakses maupun dibagi ke user lainnya). Terdapat dua pilihan didalamnya Document Management Server. warna. Back Up Database (fasilitas untuk membac up database untuk mencegah terjadinya kehilangan data). External Data dan Database Tools Pada tab Home terdiri dari tujuh group : a) Views: Group ini memudahkan pengguna dalam melihat/mengedit Database-nya. .  Create.

Indentasi. e) Record : Berisi perintah-perintah untuk pengolahan record. . f) Sort & Filter : Group ini sering digunakan karena berisi perintah untuk melakukan penyaringan atau juga mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu. Pada tab External Data juga terdiri dari empat group : a) Import : Fasilitas ini dapat Anda gunakan ketika ingin memasukan document lain dalam database anda. penyajian akhir dalam bentuk laporan data-data. d) Other : Di group ini terdapat dua pilihan utama untuk pembuatan Query dan Macro.d) Rich Text : Berisi kumpulan untuk memperkaya format teks. Anda dapat mengexport database yang telah Anda buat ke program aplikasi lain. Di tab ini terdapat berbagai pilihan pengaturan form. b) Forms : Form merupakan Input bagi user ketika ingin memasukan data baru. seperti pengaturan paragraph. c) Reports : Atau laporan. g) Find : Untuk berisi perintah untuk mencari dan juga dapat mengganti data yang Anda cari dengan data yang lain. Pada tab Create terdiri dari empat group : a) Tables : Untuk membuat tabel data atau juga menentukan tipe tabel yang akan kita buat. b) Export : Kebailikan dari import. Bullet and Numbering. Anda dapat membuat dan mengatur seperti apa report yang akan Anda gunakan. Keduanya akan kita bahas tersendiri pada bab berikutnya.

Di group ini kita dapat menggunakan Visual Basic dalam pembuatan perintahnya. d) SharePoint List : Dalam group ini kita dapat melakukan sinkronisasi database dengan SharePoint. Komponen Utama (Object) A. 3. Table terdiri atas : . Pada tab Database Tools terdiri dari lima group : a) Macro : Berisi rangkain perintah berupa aksi yang dapat dilaksanakan secara otomatis. Tentunya dalam mengubah database Anda menjadi SQL Server dibutuhkan Program SQL Server pada komputer kita. d) Move Data : Database yang telah Anda buat dapat digunakan (move) menjadi SQL Server atau Database Access.c) Collect Data : Berhubungan dengan pengiriman database melalui E-mail. e) Database Tools : Salah satu fitur advance yang ada pada Access 2007 seperti kita dapat memberikan melakukan enkripsi database dengan menggunakan password dan juga fitur-fitur advance lainnya. Table Table adalah objek utama dalam database yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data sejenis dalam sebuah objek. c) Analyze : Anda juga dapat menganalisa performa dari database yang Anda buat pada group ini dan juga menganalisa keefektifan penggunaan tabel. b) Show/Hide : Berisi pembuatan Relationships (hubungan antar tabel) dan juga perintah lainnya.

mengubah. d) Membuat database Buku. memeriksa dan memperbaharui data. relasi antar tabel dan sebagainya. c) Lalu click Blank Database untuk membuat database. menampilkan data (output). Digunakan untuk menampilkan. B. dan menganalisa sekumpulan data. yaitu : y DDL ( Data Definition Language ) digunakan untuk membuat atau mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel. . seperti : menambah. Report Form digunakan untuk menampilkan data yang sudah dirangkum dan mencetak data secara efektif.- Field Name : atribut dari sebuah table yang menempati bagian kolom.accdb kemudian click tombol create. C. 4. y DML ( Data Manipulation Language ) digunakan untuk manipulasi database. Query dibedakan menjadi 2. Record : Isi dari field atau atribut yang saling berhubungan yang menempati bagian baris. D. Membuka Microsoft Access & Membuat Database (New Project) Langkah-langkah untuk membuka Microsoft Access dan membuat database : a) Click Start All Program Microsoft Office Microsoft Access 2007 b) Kemudian akan tampil jendela Microsoft Access seperti gambar di bawah ini. Form Form digunakan untuk mengontrol proses masukan data (input). mengubah atau menghapus data serta mengambil informasi yang diperlukan dari database. Query ( SQL / Structured Query Language ) Query adalah bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database.

b) Click Table Design pada ribbon Tables. lalu pilih Datasheet View untuk masukkan data ke dalam tabel. 6. d) Kemudian click ribbon View pada tab Home. Normalisasi merupakan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabel yang menunjukkan entitas dan relasinya. Ada beberapa macam relationship: . kemudian simpan tabel (Ctrl+S). Untuk membuat relationship maka masing-masing tabel harus memiliki primary key dan foreign key untuk dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak. Membuat Table Langkah-langkah untuk membuat tabel : a) Click tab Create pada jendela. Table Relationship Table Relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel. Relasi antar tabel dihubungkan oleh primary key dan foreign key.5. Sehingga diperlukan teknik normalisasi terlebih dahulu sebelum membuat relationship antar tabel. c) Masukkan nama field beserta tipe datanya.

Contoh Kasus : NIM dalam tabel Mahasiswa merupakan nilai unik yang tidak mungkin bersifat ganda. yaitu suatu atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas. .Primary Key Tabel memiliki primary key. Karena setiap mahasiswa memiliki NIM yang berbeda antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain.

NIM merupakan primary key pada tabel. Biologi.Foreign Key Foreign key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan antara tabel induk dengan tabel anak. Masing-masing tabel memiliki primary key. Foreign key ditempatkan pada tabel anak. Contoh Kasus : UKDW memiliki banyak fakultas yaitu Teknik. akan dibuat table relationship untuk tabel buku dan tabel penerbit) : a) Click tab Database Tools pada jendela b) Click Relationship pada ribbon Show/Hide . Teologi. Relationship antar tabel dapat digambarkan sbb : Pada Gambar diatas terdapat relationship antara tabel Mahasiswa dan Fakultas. Dimana satu fakultas dapat dimiliki oleh banyak mahasiswa (One to Many). Langkah-langkah untuk membuat Database Relationship (dalam hal ini. Mahasiswa sedangkan ID_Fakultas merupakan primary key pada tabel Fakultas dan foreign key pada tabel Mahasiswa. Ekonomi.

Click checkbox Enforce Referential Integrity. muncul relasi tabel seperti gambar dibawah ini.c) Kemudian akan muncul tab Relationship pada object tab dan kotak dialog Show Table. f) Setelah Click button create. e) Kemudian akan muncul kotak dialog Edit Relationship. . kemudian hubungkan ID_Penerbit pada tabel Penerbit dengan ID_Penerbit pada tabel Buku. kemudian pilih tab Tables d) Click tabel Buku dan Penerbit lalu click button Add. lalu click button Create.

mengedit dan menampilkan data. dan mencetak informasi. Langkah-langkah untuk membuat form : a) Click tab Create pada jendela b) Click More Form pada ribbon Forms. c) Memilih tabel yang atribut-atributnya akan digunakan. Sehingga akan muncul kotak dialog Form Wizard. mengontrol application flow . kemudian pilih Form Wizard. Membuat Form Form adalah komponen utama yang terintegrasi secara khusus dan berfungsi sebagai menginputkan data. d) Click > atau >> untuk memilih atribut-atribut yang akan ditampilkan dalam form. .7.

e) Memilih bentuk layout form kemudian click next. g) Kemudian simpan form dengan nama Buku. Lalu akan tampilan Form View sbb : 1 . f) Memilih style form kemudian click next. lalu click finish.

list box). Click tab Home. textbox. kemudian pada ribbons Views click Design View.h) Untuk mengatur tampilan form dapat dilakukan pada tampilan Design View. Pada Design View user dapat menambahkan tools (misal : tombol navigasi. Langkah-langkah untuk membuat tombol navigasi form buku seperti gambar di bawah ini: . check box. 2 Gambar diatas menunjukkan tampilan Design View yang digunakan untuk mengubah susunan form sesuai dengan keinginan user.

.Langkah langkah untuk membuat tombol navigasi : a) Membuka form yang akan di edit. b) Pilih Button pada ribbon Controls c) Kemudian akan muncul kotak dialog Command Button Wizard d) Memilih categories dan action sesuai kebutuhan user. kemudian click next. kemudian pilih Design View.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful