BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAINNYA

Timotius Teddy, SE,MM

Bank dan Lembaga keuangan lainnya
Bank
Menghinpun dana secara langsung dari masyarakat maupun menghimpun dana secara tidak langsung dari masyarakat (Kertas berharga, penyertaan, pinjaman/kredit dari lembaga lain) Penyaluran dana untuk tujuan modal kerja, investasi dan konsumsi kepada badan usaha dan individu untuk jangka pendek, menengah dan panjang Uang dalam arti sempit adalah narrow money yaitu uang yang memiliki likuiditas paling tinggi yaitu uang kartal dan uang giral, disebut m1 Uang dalam arti luas adalah broad money, bisa berarti m1 ditambah dgn tabungan dan deposito menjadi m2 atau m2 ditambah dengan seluruh simpanan dana masyarakat pada lembaga keuangan bukan bank.

Bukan Bank
Menghimpun dana secara tidak langsung dari masyarakat (kertas berharga, penyertaan dan pinjaman dari lembaga lain) Penyaluran dana terutama untuk tujuan investasi, kepada badan usaha dan untuk jangka menengah dan panjang. Uang adalah sesuatu yang diterima secara umum sbg alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa, pembayaran utang, pajak dan lainnya. Sehingga syarat uang adalah diterima secara umum,memiliki nilai yang stabil, jumlah yang beredar mencukupi kebutuhan, mudah dibawa dan nilai fisik bertahan atau tidak mudah rusak karena sering berpindah tangan. Peranan uang: alat tukar menukar, alat pengukur nilai,standar pembayaran masa depan atau pencicilan utang dan alat penimbun kekayaan atau daya beli.

DEFINISI PERBANKAN
‡ UU RI NO 7 thn 1992tentang Perbankan yang diubah dgn UU NO 10 th 1998 menyatakan: ‡ Perbankan : segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencangkup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. ‡ Bank : badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak . ‡ Bank Umum : bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. ‡ BPR : bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Valas = min 3 % Aktiva terdiri dari kas/NEA. Call money .GIRO Bank lain. deposito. bORROWING)pinjaman bank lain/DPK 2. dapat berupa call money. SBPU)HC. CAR: Modal (Modal inti dan modal tambahan) dibagi ATMR (Aktiva tertimbang menurut resiko atau disebut RWA/ Right Weighted Asset) ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Tabungan. Likuiditas : Curren Asset (kas. dimana Rupiah = min 5%. tabungan/LC. giro BI. Modal/DPK 1 dan Laba (merupakan hutang yang harus dibayar kepemilik saham. selisih antara interest income dgn interest expense disebut interest margin. PLACEMENT) Passiva terdiri dari Giro/LC.Pengukuran Kinerja Bank ‡ Bank menghimpun dana mengeluarkan interest expense (beban bunga) lalu menyalurkan kepada masyarakat mendapatkan interest income . Giro bank lain( bisa NEA. SBI.EA. Giro BI/NEA.Call money) GWM : Giro BI dibagi DPK 3. Deposito/HC. SBI.)dibagi Current Liabilities (Giro.

dana yang disimpan oleh SSU kepada bank umumnya bersifat Liquid. Risk diversification. Penarikan simpanan yang dilakukan SSU juga bervariasi. GWM Ditetapkan BI dengan memperhitungkan jumlah uang beredar agar seimbang dengan volume perdagangan.4 USAHA POKOK BANK. sehingga ada dana yang mengendap yang dipinjam oleh DSU dari bank yang bersangkutan. Maturity Flexibility. Liquidity transformation. ‡ ‡ ‡ . perantara antara SSU (Surplus Spending Unit) dengan DSU (Defisit Spending Unit) ‡ Denomination Divisibility. sehingga resiko yang dihadapi bank dengan cara menyebarkan kredit semakin kecil. tetapi secara keseluruhan jumlahnya akan sangat besar. sehingga nilai tukar relatif stabil. bank menghimpun dana dari SSU yang masing masing nilainya relatif kecil. sehingga dapat memenuhi permintaan DSU yang membutuhkan dana tersebut dalam bentuk kredit. Bank menghimpun dana menyelenggarakan bentuk bentuk simpanan yang bervariasi jangka waktu dan penarikannya. bank menyalurkan kredit kepada pihak debitor dan sektor sektor ekonomi yang beraneka macam.untuk itu bank wajib menjaga posisi likuiditas/ gwm.

‡ Agent of services. selain sebagai intermediary yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. bank menawarkan jasa perbankan kepada masyarakat yang erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian. yaitu: ‡ Agent of trust: kegiatan utama bank berdasarkan kepercayaan. kegiatan distribusi serta konsumsi barang dan jasa yang tidak lepas dari penggunaan uang. baik dalam menghimpun dan menyalurkan kepada masyarakat berdasarkan kepercayaan. ‡ Agent of development: kegiatan ekonomi berada pada sektor riil dan moneter yang saling mempengaruhi kegiatan bank memungkinkan masyarakat melakukan kegiatan investasi. .Fungsi Bank ‡ 3 Fungsi bank secara spesifik.

Proses penetapan simpanan layak bayar yang harus diselesaikan dalam waktu 90 hari sejak ijin usaha bank dicabut. Jika nasabah penyimpan memiliki kewajiban kepada bank. Jika nasabah memiliki rekening gabungan. nilai simpanan yang dijamin LPS maksimum 2 milyar per nasabah per bank. Jenis bank tersebut meliputi bank umum dan BPR. maka pembayaran klaim penjaminan terhadap nasabah tersebut akan terlebih dahuludiperhitungkan dengan kewajiabnnya. maka LPS hanya akan menjamin pembayaran simpanan nasabah tersebut sampai dengan jumlah 2 milyar. saldo pada rekening gabungan tersebut dibagi secara prorata dengan pemilik rekening lain. dan bentuk lain yang dipersamakan dengan itu. Setiap bank yang melakukan kegiatan usaha di Indonesia wajib menjdai bank peserta penjaminan LPS. juga menjamin simpanan yang ada di bank syariah yang berbentuk giro wadiah. nasabah penyimpan merupakan pihak yang diuntungkan secara tidak wajar. . termasuk bank nasional. LPS mulai membayar simpanan yang layak bayar selambatnya 5 hari kerja terhitung sejak proses verifikasi dimulai. tabungan wadiah. data simpanan yang tercatat dalam pembukuan bank. maka untuk keperluan penghitungan simpanan yang dijamin. Cara pembayaran klaim adalah dengan LPS menetapkan simpanan yang layak bayar. yang mencangkup pokok dan bunga/bagi hasilyang telah menjadi hak nasabah. Jika nasabah memiliki simpanan pada suatu bank lebih dari 2 milyar. bank campuran dan bank asing serta bank konvensional dan bank syariah. Jangka waktu pengajuan klaim oleh nasbah adalah 5 tahun sejak izin usaha bank dicabut. Simpanan yang tidak dibayar adalah data simpanan nasbah yang tidak tercatat pada bank. giro. tanggal 22 september 2004. sedangkan sisanya akan dibayarkan dari hasil likuidasi bank. atau nasabah itu yang merupakan penyebab keadaan bank menjadi tidak sehat. Sejak 13 oktober 2008 dan seterusnya. sertifikat deposito. pendirian dan operasional LPS dimulai sejak UU LPS berlaku efektif tgl 22 september 2005) LPS berfungsi menjamin simpanan nasabah bank dan turut aktif dalam menjaga stabilitas sistem perbankan sesuai kewenangannya. setelah melakukan rekonsiliasi dan verivikasi atas data simpanan nasabah bank yang dicabut ijin usahanya. Kriteria simpanan yang akan dinyatakan layak dibayar adalah. Simpanan yang dijamin yang berbentuk deposito.LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN (LPS adalah badan hukum independen dibentuk berdasarkan UU NO 24/2004 tentang LPS. bunga simpanan tidak melebihi tingkat suku bunga penjaminan dan nasabah penyimpan bukan merupakan pihak yang menyebabkan keadaan bank menjadi tidak sehat. tabungan mudharabah dan deposito mudharabah.

perbankan lintas negara (prinsip ke 23 hingga ke 25) ‡ ‡ .wewenang formal pengawasan (prinsip ke 22) g.pedoman dan standar yang telah dikeluarkan oleh basel committe yang sebagian besar saling tekait dengan core principles. Lembaga ini biasanya bertemu diLokasi sekretariat tetap yaitu The Bank for International Settlement dikota Basel-Swiss. Lembaga ini terdiri ari wakil-wakil senior daro otoritas pengawas perbankan dan bank sentral dari Belgia. Komite pengawas Perbankan yang didirikan Gubernur bank sentral negara G-10 telah menyusun 2 jenis dokumen yaitu: Paket lengkap core principles for effective banking supervision (the basel core principles) dan compendium (akan diperbaharui secara periodik) terhadap semua rekomendasi. Belanda.dan Amerika.Jepang.perizinan dan struktur (prinsip ke 2 hingga ke 5) c.peraturaan prinsip kehati-hatian (prinsip ke 6 hingga ke 15) d.Italia.Swedia.informasi (prinsip ke 21) f. The basel core principles terdiri dari 25 prinsip dasar yang perlu ada bagi terwujudnya sistem pengawasan yang efektif. yaitu terdiri dari: a. sebagai penerapan praktik-praktik perbankan internasional dalam 25 Prinsip Pokok Basel untuk pengawasan perbankan yang efektif (Basel Core Principles for Effective Banking Supervision) ‡ The basel Committee on banking Supervision adalah sebuah komite otoritas pengawas perbankan yang didirikan oleh gubernur bank sentral dari negara-negara G-10 pada tahaun 1975.prasyarat bagi pengawasan perbankan yang efektif (prinsip ke 1) b.Inggris.Kanada. Prancis.Swiss. Luksemburg.Arsitektur Perbankan Indonesia.Jerman.metode pengawasan perbankan terus menerus (prinsip ke 6 hingga ke 20) e.

Tantangan dunia perbankan dalam API : a. ‡ ‡ . pemenuhan kebutuhan layanan perbankan yang masih kurang d.dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. perkembangan teknologi informasi. ketersediaan infrastruktur pendukung perbankan yang memadai. f. b. kuat dan efesien. Visi API adalah menciptakan sistem perbankan yang sehat. profitabilitas dan efisiensi bank yang tidak mampu bertahan. kapabilitas perbankan yang masih lemah. pengawasan perbankan yang masih perlu ditingkatkan.API diterapkan oleh BI tahun 2004 sebagai kerangka dasar pengembangan perbankan 5-10 tahun kedepan. perlindungan nasabah yang masih perlu ditingkatkan. e.menciptakan kestabilan sistem ekonomi. kemampuan tinggi dalam pengelolaan resiko. h. dan peningkatan kepercayaan nasabah. struktur perbankan yang belum optimal c. Program API berkaitan dengan usaha peningkatan kinerja perbankan melalui penerapan standar good corporate governance yang didukung oleh kemampuan operasional yang tinggi. g.. ‡ Adanya krisis ekonomi pertengahan tahun 97 sebagai puncak dari serangkaian liberisasi sektor perbankan sejak tahun 80 (deregulasi perbankan) telah menimbulkan kesadaran bahwa API adalah kebutuhan mendesak bagi perbankan indonesia dalam rangka memperkuat fundamental industri perbankan. pertumbuhan kredit perbankan yang masih rendah. keberadaan lembaga pemeringkat kredit domestik.adanya skim penjaminan kredit yang mencukupi.

dan program peningkatan perlindungan nasabah.program peningkatan fungsi pengawasan. Menciptakan sistem pengaturan dan pengawasan bank yang efektif dan mengacu pada standar internasional. Program kegiatan API yaitu program penguatan struktur perbankan nasional. Menciptakan industri perbankan yang kuat dan memiliki daya saing yang tinggi serta memiliki ketahanan dalam menghadapi resiko. Mewujudkan infrastuktur yang lengkap untuk mendukung terciptanya industri perbankan yang sehat. program peningkatan kualitas pengaturan perbankan. program peningkatan kualitas manajemen dan operasional perbankan.Enam pilar API ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Menciptakan struktur perbankan domestik yang sehat yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendorong pembangunan ekonomi nasional yang berkesinambungan. Menciptakan good corporate governance dalam rangka memperkuat kondisi intenal perbankan nasional. program pengembangan infrastruktur perbankan. Mewujudkan pemberdayaan dan perlindungan konsumen jasa perbankan. .

. merupakan bank sentral Republik Indonesia yang merupakan lembaga negara independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya . Barangsiapa melakukan campur tangan thd pelaksanaan tugas BI. dan dapat mempunyai kantor kantor didalam dan diluar wilayah negara RI. bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain. Modal BI ditetapkan sejumlah sekurangkurangya 2 triliun rupiah dan harus ditambah sehingga menjadi paling banyak 10 % dari seluruh kewajiban moneter. yang dananya berasal dari cadangan umum yaitu dana yang berasal dari sebagian surplus BI yang digunakan untuk menghadapi resiko yang mungkin timbul dari pelaksanaan tugas dan wewenang BI atau dari hasil revaluasi aset. konsisten. hubungan internasional. penambahan modal ini ditetapkan dengan peraturaan dewan gubernur. BI melaksanakan kebijakan moneter secara berkelanjutan. diancam pidana sekurang-kurangnya 2 tahun dan paling lama 5 tahun serta denda sekurang-kurangnya 2 miliar dan paling banyak 5 miliar. BI wajib menolak dan atau mengabaikan segala bentuk campur tangan dari pihak lain dalam rangka pelaksanaan tugas. Tugas BI lainnya yaitu mempunyai tanggung jawab dan kegiatan lain dalam kaitannya dengan pemerintah. Tujuan BI adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dan untuk mencapainya. transparan dan harus mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah dibidang perekonomian.Bank Indonesia.akuntabilitas dan anggaran. kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang. ‡ ‡ ‡ ‡ BI berkedudukan diibukota negara RI.

penetapan tingkat diskonto. Mengelola cadangan devisa. Meyelenggarakan survei secara berkala bersifat makro/mikro untuk mendukung pelaksanaan tugas . Dalam hal bank mengalami kesulitan keuangan yang berdampak sistematik dan berpotensi mengakibatkan krisis. Melaksanakan kebijakan nilai tukar berdasarkan sisitem nilai tukar yang telah ditetapkan. penetapan cadangan wajib minimum. Memberikan kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah untuk jangka waktu paling lama 90 hari untuk likuiditas. BI melaksanakan berbagai jenis transaksi devisa dan dapat menerima pinjaman luar negeri. BI dapat memberikan fasilitas pembiayaan darurat yang pendanaannya menjadi beban pemerintah. pengaturan kredit atau pembiayaan Menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi.Tugas BI Yaitu: menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter Pengendalian moneter dengan cara: operasi pasar terbuka dipasar IDR dan VALAS.

dapat dilakukan oleh BI sendiri atau pihak lain dgn persetujuan BI. keterangan dan penjelasan sesuai dengan tata cara BI. Mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundangan. menugasi pihak lain atas nama BI dalam melaksanakan pemeriksaan. Mengatur dan mengembangkan sistem informasi antar bank.TUGAS BI : MENGATUR DAN MENGAWASI BANK Menetapkan peraturaan perbankan termasuk ketentuan-ketentuan perbankan yang memuat prinsip kehati-hatian. jika menurut penilaian BI diduga tindak pidana bidang perbankan. Memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan dan kegiatan usaha tertentu dari bank. Melaksanakan pengawasan bank secara langsung dan tidak langsung dengan cara: mewajibkan bank menyampaikan laporan. melaksanakan pemeriksaan terhadap bank baik secara berkala maupun setiap waktu bila diperlukan. . memerintahkan bank untuk menghentikan sementara atau sebagian kegiatan transaksi.

Sebagai satu-satunya lembaga yang mengeluarkan dan mengedarkan uang rupiah serta mencabut dan memusnahkan uang yang dimaksud dari peredaraan. harga dan ciri uang yang dikeluarkan. Menetapkan macam. Menetapkan penggunaan alat pembayaran. penyelenggaraan kliring ini dilakukan oleh BI atau pihak lain dengan persetujuan BI. .Tugas BI Yaitu:mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran Melaksanakan dan memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran. Mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan tentang kegiatannya. Mengatur sistem kliring antar bank dalam mata uang rupiah dan valas. Menyelenggarakan penyelesaian akhir transaksi pembayaran antar bank dalam mata uang rupiah atau valas. bahan yang digunakan dan tanggal mulai berlakunya sebagai alat pembayaran yang sah. penyelenggaraannya dapat dilakukan oleh BI atau pihak lain yang dengan persetujuan BI.

dalam hal BI melanggar ketentuan tersebut. BI dilarang memberikan kredit kepada pemerintah. . BI dapat melaksanakan kerja sama dengan bank sentral lainnya. wajib terlebih dahulu berkonsultasi dengan BI. Pemerintah wajib meminta pendapat BI dan atau mengundang BI dalam sidang kabinet yang membahas masalah ekonomi. Dalam hal pemerintah menerbitkan surat utang negara. organisasi dan lembaga internasional. BI dapat bertindak dan atas nama negara RI. maka perjanjian kredit kepada pemerintah batal demi hukum.Hubungan BI dengan Pemerintah dan Internasional Bertindak sebagai pemegang kas pemerintah dengan memberikan bunga atas saldo kas pemerintah sesuai peraturan perundangan. BI wajib memberi pendapat dan pertimbangan kepada pemnerintah mengenai RAPBN serta kebijakan lainnya yang berkaitan dengan tugas dan wewenang BI. perbankan dan keuangan yang berkaitan dengan tugas dan kewenangan BI. menatausahakan serta menyelesaikan tagihan dan kewajiban keuangan pemerintah terhadap pihak luar negeri. Dalam hal dipersyaratkan bahwa anggota lembaga internasional dan atau lembaga mulitlateral adlah negara. BI membantu penerbitan surat utang negara tersebut. Dalam kaitannya hubungan internasional. Untuk dan atas nama pemerintah dapat menerima pinjaman luar negeri.

Apabila DPR memerlukan penjelasan. BPK dapat melakukan pemeriksaan khusus terhadap BI atas permintaan DPR bila diperlukan. BI dapat melakukan penyertaan modal pada badan hukum atau badan lain yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas BI dan persetujuan DPR. penetapan sasaran dan langkah-langkah pelaksanaan tugas dan wewenang untuk tahun yang akan datang. sistem pembayaran serta pengaturan dan pengawasan perbankan.aporan hasil pemeriksaan kepada DPR. BI wajib menyampaikan penjelasan secara lisan dan atau tertulis.Akuntabilitas dan Anggaran BI. BI melaporkan kepada BPK dan BPK menyampaikan l. dan awal tahun anggaran BI wajib menyampaikan informasi kepada masyarakat secara terbuka melalui media massa. transparansi dan kredibilitas BI. BI wajib menyampaikan laporan secara tertulis triwulan tentang pelaksanaan tugas dan wewenang kepada DPR dan Pemerintah. berdasar UU no 23 thn 1999 tentang BI BI wajib menyamapaikan laporan secara tertulis kepada DPR dan pemerintah pada setiap awal tahun anggaran yang memuat pelaksanaan tugas dan wewenang serta rencana kebijakan. yang meliputi anggaran kegiatan operasional. dewan gubernur menetapkan anggaran tahunan BI. Surplus kegiatan BI dibagi 30 % untuk cadangan. Untuk membantu DPR melakukan pengawasan bidang tertentu terhadap BI. sisanya dipupuk sebagai cadangan umum dan apabila terjadi resiko pelaksanaan dan wewenang BI. BI menyelesaikan laporan keuangan tahunan BI selambatnya 7 hari. BI menyusun neraca singkat mingguan diumumkan dalam berita negara Republik Indonesia. Laporan tahunan dan triwulan juga disampaikan kepada masyarakat secara terbuka melalui masyarakat. Tahuna anggaran BI adalah tahun kalendar. Selambatnya 30 hari berakhir tahun anggaran. selambatnya 30 hari sebelum dimulai tahun anggaran. Laporan tahunan dan triwulan dievaluasi DPR dan diguanakan sebagai bahan penilaian tahunan terhadap kinerja dewan Gubernur dan BI. kebijakan moneter. . dibentuk badan supervisi dijakartadalam upaya meningkatkan akuntabilitas. interdependensi. transparansi dari kegiatan-kegiatan BI.

penghasilan lain dan fasilitas bagi dewan gubernur ditetapkan oleh dewan gubernur.perbankan atau hukum.. c. teguran tertulis. memiliki keahlian dan pengalaman bidang ekonomi.antara sesama anggota dewan gubernur dilarang mempunyai hubungan keluarga sampai derajat ketiga dan besan.memiliki integritas. deputi gubernur senior dan deputi gubernur BI diusulkan dan diangkat oleh presiden dengan persetujuan DPR. pengenaan sanksi disiplin kepegawaian. sistem penggajian. penghargaan pensiun dan tunjangan hari tua serta penghasilan lain. dewan gubernur dan atau pejabat BI tidak dapat dihukum karena telah mengambil keputusan atau kebijakan yang sejalan dengan tugas dan wewenang sebagaimana yang dimaksud dengan UU sepanjang dilakukan dengan itikad baik. pencabutan atau pembatalan ijin usaha. Anggota dewan gubernur diangkat untuk masa jabatan 5 tahun dan dapat diangkat kembali dalam jabatan yang sama untuk sebanyaknya 1 kali masa jabatan berikutnya. Gubernur. e. SEORANG DEPUTI GUBERNUR SENIOR. akhlak dan moral yang tinggi. gaji. dan anggota dewan gubernur baik sendiri maupun bersama dilarang memiliki kepentingan langsung atau tidak langsung pada perusahaan manapun juga dan merangkap jabatan pada lembaga lain. menetapkan peraturaan kepegawaian. d. Tugas dan wewenang dewan gubernur a.keuangan. mengangkat dan memberhentikan pegawai BI b. berupa denda. .DEWAN GUBERNUR BI (SEORANG GUBERNUR. kecuali karena kedudukannya wajib memangku jabatan tersebut. SEKURANG-KURANGNYA 4 ORANG ATAU SEBANYAKNYA 7 ORANG DEPUTI GUBERNUR. Calon deputi gubernur diusulkan oleh presiden berdasarkan rekomendasi dari gubernur. (jumlah anggota dewan gubernur akan disesuaikan setelah fungsi pengawasan bank dialihkan kepada lembaga pengawasan sektor jasa keuangan dengan mempertimbangkan prinsip efisiensi) Persyaratan dewan gubernur: WNI. besarnya 2 x dari gaji dan penghasilan lain bagi pegawai dengan jabatan tertinggi di BI. dewan gubernur dapat menetapkan sanksi administratif terhadap pegawai BI serta pihak lain yang tidak memenuhi kewajiban.

proyeksi KPMM Aktiva produktif yang diklasifikasikan dibandingkan modal bank Kemampuan bank memelihara kebutuhan penambahan modal yang berasal dari keuntungan (laba ditahan) Rencana permodalan bank untuk mendukung pertumbuhan usaha Akses kepada sumber permodalan Kinerja keuangan pemegang saham untuk meningkatkan permodalan .Aturan Kesehatan Bank CAPITAL (Permodalan) kecukupan pemenuhan KPMM (Kewajiban Penyediaan Modal Minimim) Komposisi permodalan Tren ke depan.

Aturan Kesehatan Bank ASSET QUALITY (Kualitas aset ) Aktiva produktif yang diklasifikasikandibandingkan total aktiva produktif Debitor inti kredit diluar pihak terkait dibandingkan dengan total kredit Perkembangan aktiva produktif bermasalah(non performing asset) dibandingkan aktiva produktif Kecukupan kebijakan dan prosedur aktiva produktif Sistem kaji ulang/review internal terhadap aktiva produktif Kinerja penanganan aktiva produktif bermasalah .

apakah terdapat penyimpanan uang yang cukup aman. apakah terdapat bank didalam bank.Aturan Kesehatan Bank MANAGEMENT (manajemen) Manajemen umum Penerapan sistem manajemen resiko Kepatuhan bank terhadap ketentuan yang berlaku serta komitmen kepada BI dan atau pihak lainnya Terdapat 250 pertanyaan tentang penilaian manajemen. misal apakah terdapat manual operasional dalam pekerjaan. dan lainnya ) .

Aturan Kesehatan Bank EARNINGS (rentabilitas) Pengembalian atas aktiva (ROA/RETURN ON ASSET) Pengembalian atas ekuitas (ROE/RETURN ON EQUITY) Margin bunga bersih (NIM/NET INTEREST MARGIN) Biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) Pertumbuhan laba operasional Komposisi portofolio aktiva produktif dan diversifikasi pendapatan Penerapan prinsip akuntansi dalam pengakuan pendapatan dan biaya Prospek laba operasional .

Rasio pinjaman terhadap dana pihak ke tiga (loan to deposit ratio/LDR) Proyeksi arus kas 3 bulan mendatang Ketergantungan pada dana antar bank dan deposan inti Kebijakan dan pengelolaan likuiditas (Asset and Liability Management/ALMA) Kemampuan bank untuk memperoleh akses ke pasar uang. pasar modal atau sumber pendapatan lainnya.Aturan Kesehatan Bank LIQUIDITY (likuiditas) Aktiva liquid kurang dari 1 bulan dibandingkan passiva liquid kurang dari 1 bulan (1 month maturity mismatch ratio). Stabilitas dana pihak ketiga (DPK) .

Modal atau cadangan yang dibentuk untuk mengatasi fluktuasi nilai tukar dibandingkan dengan potensi kerugian sebagai akibat fluktuasi (advorse movement) nilai tukar Kecukupan penerapan sistem manajemen resiko pasar .Aturan Kesehatan Bank Sensitivity to market risk (sensitivitas terhadap resiko pasar) Modal atau cadangan yang dibentuk untuk mengatasi fluktuasi suku bunga dibandingkan dengan potensi kerugian (potential loss) sebagai akibat fluktuasi (advorse movement) suku bunga.

sebagaimana direvisi UU no 25/2003. melanggar hukum) menjadi uang yang seolaholah tampak legal (tampak sah). mentransfer. menghibahkan. kepedulian pemerintah dengan disahkan UU no 15/2002 tentang tindak pidana pencucian uang. Prinsip ini merupakan bagian dari manajemen resiko bank yang dijalankan untuk meminimalkan resiko yang dihadapi bank.menyumbangkan. Pencucian uang adalah perbuatan dalam hal menempatkan. Sesuai PBI no 3/10/PBI/2001. dibentuk PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan). tanggal 18 juni 2001 tentang penerapan prinsip mengenal nasabah. sebagaimana diubah dengan PBI no 3/23/PBI/2001 tanggal 13 desember 2001 dan PBI no 5/21/PBI/2003 tanggal 17 oktober. membelanjakan. menukarkan atau perbuatan lainnya atas harta kekayaan yang diketahui atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana dengan maksud menyembunyikan atau menyamarkan asal usul harta kekayaan sehingga seolah-olah menjadi harta kekayaan yang sah (sumber UU TPPU) . membayarkan.Aturan Kesehatan Bank KYC/KNOW YOUR CUSTOMER (prinsip mengenal nasabah/tindak pidana pencucian uang/anti money laundering) Pencucian uang adalah satu istilah yang digunakan dalam suatu proses untuk mengubah uang ilegal (yang didapat dari cara yang tidak sah. membawa keluar negeri. menitipkan. Prinsip mengenal nasabah merupakan upaya bank mengenal nasabahnya dengan baik sehingga bank tidak digunakan sebagai sarana atau sasaran pencucian uang.

ATURAN KESEHATAN BANK KNOW YOUR CUSTOMER (KYC) PLACEMENT. Sehingga seolah-olah tampak menjadi harta yang halal (tampak sah). digunakan membiayai kegiatan bisnis yang sah atau digunakan membiayai kembali kegiatan tindak pidana . Contoh: menempatkan dana ilegal pada bank dalam bentuk deposito. misal: bank memiliki ketentuan setiap transaski setor tunai walk in customer bernilai 100 juta atau lebih harus mengisi form khusus dan copy identitas. termasuk pembelian banknotes dan traveler cheques. giro. INTEGRATION. maka walk in customer akan memecah setoran tunainya dibawah 100 juta Smurfing. upaya menggunakan dana yang telah masuk kedalam sistem keuangan dan telah melalui tahap placement dan layering. termasuk sistem perbankan. memecah setoran tunai kedalam jumlah dibawah batas transaksi yang harus dilaporkan. upaya menempatkan dana yang dihasilkan dari suatu kegiatan tindak pidana kedalam sistem keuangan. tabungan. diinvestasikan kedalam bentuk kekayaan material maupun keuangan. Contoh: dana ilegal yang telah ditempatkan(placement) pada suatu bank. ditransfer lagi ke bank lain dalam suatu negara atau kenegara lain. LAYERING. Structuring. upaya memisahkan hasil tindak pidana dari sumbernya melalui beberapa tahap transaksi untuk menyembunyikan atau menyamarkan sumber dana tersebut. Contoh:dana (ilegal) yang telah tampak sah. menggunakan banyak orang untuk menyetor dana ke lembaga keuangan.

pasal 2. pidana denda paling sedikit 100 juta dan paling banyak 15 milyar. pembayaran gaji/pensiun.transaksi dgn pemerintah.pengelola jasa perparkiran.penyelundupan imigran. INTERNATIONAL AIR TRANSPOR ASSOCIATION.penyelundupan barang. Perwakilan negara asing.penyelundupan tenaga kerja. m. atau harta kekayaan yang dipergunakan secara langsung atau tidak langsung untuk kegiatan terorisme dipersamakan sebagai hasil tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat 1.bidang perbankan. .bidang asuransi.perdagangan manusia.ATURAN KESEHATAN BANK KNOW YOUR CUSTOMER (KYC) Hasil tindak pidana menurut UU no 25/2003. yaitu korupsi.pengelola rumah sakit.psikotropika.operator telekomunikasi.p emalsuan uang.bidang perpajakan.penipuan.narkotika.penyuapan. penjara 5 tahun dan paling lama 15 tahun. penyedia tenaga listrik dan organisasi international. dan transaksi lain seperti pengelola jalan tol. Transaksi yang harus dilaporkan: transaksi keuangan mencurigakan. membuat laporan transaksi keuangan mencurigakan (suspicious transaction report/STR) DAN TRANSAKSI KEUANGAN TUNAI yang memenuhi kriteria dilaporkan dengan membuat laporan transaksi keuangan tunai (cash transaction report) Transaksi keuangan tunai yang dikecualikan dari kewajiban pelaporan: transaksi antar bank. Sanksi pelaku tindak pidana pencucian uang.askapai penerbangan.bidang lingkungan hidup.perdagangan senjata gelap.SPBU.bidang kelautan.penculikan.bidang kehutanan..bidang pasar modal. atau tindak pidana lainnya yang diancam dengan pidana penjara 4 tahun atau lebih.perjudian. hypermarket/supermarket.prostitusi.. lembaga pendidikan formal. yang dilakukan diwilayah RI ATAU DILUAR wilayah RI dan tindak pidana tersebut juga tindak pidana menurut hukum Indonesia.penggelapan.

4. keluarga komisaris. pengawas. bab 1 pasal 1 butir 16 dan bab VII pasal 40-45. keluarga pengurus. keluarga pengawas. pengelola. pejabat atau karyawan bank.konsultan hukum. pejabat atau karyawan bank. Rahasia Bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan dan hal-hal lain dari nasabah bank yang menurut kelaziman dunia perbankan wajib dirahasiakan.direksi. penilai. diubah UU no 10 th 1998 perubahan atas UU NO 7/1992. Pihak yang menurut penilaian BI turut mempengaruhi pengelolaan bank antara lain pemegang saham dan keluarganya. . Ketentuan tersebut berlaku juga bagi pihak terafiliasi. Rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. keluarga direksi. 2. 1. atau kuasanya. Pihak yang memberikan jasanya kepada bank antara lain: akuntan publik. Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. dan konsultan lainnya. Anggota pengurus. khusus bagi bank yang berbentuk hukum koperasi sesuai peraturan perundangan yang berlaku. 3. Pihak terafiliasi adalah Anggota dewan komisaris. atau kuasanya. pengawas. dan pasal 47.Rahasia Bank (tercantum dalam UU no 7 th 1992.

Atas permintaan. Penyelesaian piutang bank yang diserahkan ke BUPLN/PUPN ( Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara/Panitia Urusan Piutang Negara) 3.PENGECUALIAN TERHADAP RAHASIA BANK 1.atau kuasa dari nasabah penyimpan yang dibuat secara tertulis. persetujuan. . Kepentingan perpajakan 2. 7. Perkara pidata antara bank dengan nasabahnya 5. Kepentingan peradilan dalam perkara pidana 4. Dalam hal nasabah penyimpan telah meninggal dunia (ahli waris yang sah dapat memperoleh keterangan mengenai simpanan nasabah penyimpan tersebut). Tukar menukar informasi antar bank 6.

KOPERASI. bank pasar. dan bank karya produksi desa. BPR dapat berupa PD. badan kredit kecamatan. antara lain: bank desa. lumbung desa.kredit usaha rakyat kecil. kelayakan rencana kerja. setelah UU berlaku hanya terdapat 2 jenis bank yaitu bank umum dan BPR. dan bank ekspor impor. bank pembangunan. lumbung pitih nagari. badan kredit desa. Lembaga-lembaga keuangan lain yang ditetapkan sebagai BPR. lembaga perkreditan desa. Untuk memperoleh izin usaha. . keahlian dibidang perbankan. bank pegawai. lembaga perkreditan kecamatan. suatu lembaga keuangan wajib memenuhi persyaratan mengenai susunan organisasi dan permodalan. Menurut bentuk badan usaha. bank umum dapat berupa PT. sebelum berlaku UU no 7/1992 terdapat bank tabungan. kepemilikan. KOPERASI.KLASIFIKASI BANK Menurut kegiatan usaha.dan PD(PERUSAHAAN DAERAH). PT dan bentuk lain yang ditetapkan dengan peraturaan pemerintah.

BPR hatus didirikan oleh WNI dan badan hukum indonesia.SYARATNYA wni dan atau badan hukum Indonesia. perusahaan dan lembaga lain dgn skala kecil. dan karawang sekurangnya sebesar 2 miliar. Berdasar SK DIREKSI BI NO 32/35/KEP/DIR tgl 12 mei 1999. bank umum didirikan dan melakukan kegiatan usaha dengan izin BI. Menurut target pasar. dibedakan menjadi retail banking (nasabah individual. retail corporate bank ( fokus kepada 2 segmen tersebut. atau WNI dan atau badan hukum Indonesia dengan WNA atau badan hukum Asing secara kemitraan. modal disetor sekurangnya 3 triliun. bogor. untuk wilayah ibukota provinsi diluar wilayah jabotabeka adalah 1 miliar dan yang ada diluar wilayah itu adalah 500 juta. dengan mengoptimalkan potensi untuk memperoleh keuntungan) . modal disetor BPR yang didirikan di DKI jakarta dan kabupaten/kotamadya tangerang. bekasi. pemberian izin dilakukan dalam 2 tahap yaitu: persetujuan prinsip yaitu persetujuan untuk melakukan persiapan pendirian bank dan izin usaha yaitu izin yang diberikan untuk melakukan kegiatan usaha setelah persiapan selesai dilakukan. konsekuensinya layanan yang diberikan juga kepada direksi dan komisaris perusahaan secara individual). corporate banking (nasabah dengan skala besar berbentuk suatu korporasi. tidak lebih besar dari 20 miliar).KLASIFIKASI BANK Menurut pendirian dan kepemilikan (UU NO 10/1998 dan SK DIR BI NO 32/33/KEP/DIR tgl 12 mei 99).

dana pinjaman terdiri dari call money (pinjaman jangka pendek dari bank lain melalui interbank call money market. pinjaman antar bank beda dengan call money. dana dari deposan berupa GIRO(demand deposit). dan deposito berjangka (time deposit). dan diskonto BI( penyediaan dana jangka pendek oleh BI dengan cara pembelian promes yang diterbitkan oleh bank atas dasar diskonto. .( KLBI untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan) sumber dana lain berupa setoran jaminan yang diserahkan nasabah karena memperoleh fasilitas dari bank seperti L/C. juga dana transfer berupa pemindahan dana antar rekening yang dilakukan nasabah dan sumber surat berharga pasar uang/SBPU. merupakan upaya terakhir bank dan merupakan bantuan bank sentral sebagai lender of the last resort. biasanya bila terjadi kalah kliring atau adanya penarikan dana besar-besaran/rush atau kesulitan likuiditas jangka waktunya overnight atau sampai dengan 180 hari). BANK GARANSI. tabungan (saving deposit).PENGHIMPUNAN DANA Sumber penghimpunan dana terdiri dari dana sendiri. pinjaman ini digunakan untuk kebutuhan dana yang lebih terencana dalam rangka pengembangan usaha) dan kredit likuiditas BI/KLBI.

saldo pada bank lain dan warkat dalam proses penagihan. tergolong aktiva yang tidak produktif dan resiko cukup tinggi karena kemungkinan rusak. penyertaan modal melalui lembaga keuangan atau debitor yang kreditnya macet dan sifat penyertaan sementara. melalui aktiva rate of return yang tinggi.PENYALURAN DANA 1. komputer. 2. Aktiva tetap dan inventaris. saldo pada BI. Penyaluran kredit. terdiri dari aktiva SBPU. kredit merupakan penyediaan uang atau tagihan berdasarkan persetujuan atay kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi kewajibannya setelah jangka waktu tertentu. terbakar atau hilang. Penggunaan dana dengan memperhatikan pertimbangan resiko dan hasil. jangka waktu dan likuiditas Alternatif penggunaan dana berupa: cadangan likuiditas terdiri dari cadangan primer . . beruipa kas. Contoh : mobil. Alokasi investasi. dan sertifikat deposito. 4. 3. cadangan sekunder. kantor dan lainnya. SUN. SBI.

seperti bahan baku.pengalaman dan tindakan atau perilaku dimasa lalu. sertifikat tanah. berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. lingkungan sosial.menyangkut faktor yang dapat mendukung kelancaran kegiatan usaha nasabah. dilihat dari laporan keuangan. analisi perlu didukung dengan rencana pemasaran yang matang dan wajar. Sosial. surat izin tempat usaha. misal untuk pembelian truk . penampilan. Keuangan..ketersediaan mesin. dimana jika pengalaman dan manajemen tidak sesuai dengan usaha nasabah maka akan mengurangi kinerja.maka truk dapat dijadikan agunan utama) dan agunan tambahan (barang yang tidak dibiayai bank oleh dana bank dan bukan merupakan bagian barang yang digunakan untuk kegiatan operasional usaha nasabah. Contoh: usaha peternakan ayam dapat menimbulkan bau tidak sedap dilingkungan masyarakat. jika tidak sesuai maka harus mencari tambahan informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui kondisi keuangan nasabah yang sebenarnya. Pertimbangan penyaluran dana : Perizinan dan legalitas: contoh IMB. walau tidak seringkali tidak mencerminkan kondisi keuangan riil.meliputi agunan utama (barang yang dibiayai oleh dana dari bank. Pengalaman dan manajemen. Kemampuan teknis. berupa dampak kegiatan nasabah terhadap masyarakat bisa sesuatu yang disukai atau tidak disukai masyarakat. Karakter: contoh profesi. karena jikatidak dapat mengganggu kemampuan nasabah memenuhi kewajiban finansial. dan tanda daftar perusahaan. ada kalanya diperlukan konsultan untuk perencanaan yang komprehensif.Kredit Bank (kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu. Pemasaran. tenaga ahli. angka pengenal ekspor terbatas. Agunan. harus dapat diantisipasi. surat ijin usaha jasa konstruksi. tempat usaha dan kemampuan teknis lainnya. .

JENIS KREDIT BERDASARKAN tujuan penggunaannya: Kredit Modal Kerja (KMK). Kredit konsumsi. Sering disebut juga kredit multiguna yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan nasabah. Kredit investasi. dalam hal kegiatan usaha debitur diharapkan berlangsung secara berkelanjutan dalam jangka panjang dan pihak bank cukup mempercayai kemampuan nasabah) dan KMK Einmaleg (KMK yang diberikan sebatas satu kali perputaran usaha nasabah. kredit yang digunakan dalam rangka pengadaan barang atau jasa untuk tujuan konsumsi dan bukan sebagai barang modal dalam kegiatan usaha nasabah. . kredit yang digunakan untuk pengadaan barang modal jangka panjang untuk kegiatan usaha nasabah. untuk membiayai kebutuhan modal kerja nasabah. bila periode selanjutnya membutuhkan KMK lagi maka harus mengajukan baru. terdiri dari KMK revolving (KMK yang dapat diperpanjang setiap periodenya tanpa harus mengajukan permohonan kredit baru. disebabkan karena usaha debitor berfluktuasi dari waktu kew aktu dan pihak bank kurang mempercayai atau karena usaha nasbah yang tergantung proyek yang diperoleh.

USAHA KECIL ADALAH USAHA DENGAN TOTAL ASSET MAKSIMUM 600 JUTA TIDAK TERMASUK TANAH DAN BANGUNAN. Memerlukan persyaratan persetujuan kredit yang lebih sederhana. lalu BPR menyalurkan pinjaman kepada usaha kecil dan mikro). Memerlukan metode monitoring kredit yang khusus.maka agunan utamanya adlah makanan siap saji. biasanya hanya agunan utama atau objek yang dibiayai oleh kredit. Cenderung menimbulkan biaya pelayanan kredit yang realtif tinggi. Kerjasama pemberian kredit kepada usaha kecil dan mikro melalui : pinjaman langsung dari bank umum kepada BPR (Kredit diberikan bank umum kepada BPR. salah satu bank bertindak sebagai bank induk. atau Bank umum dengan lembaga pembiayaan). . KREDIT KEPADA USAHA MIKRO ADALAH KREDIT YANG DIBERIKAN KEPADA NASABAH USAHA KECIL DENGAN PLAFON SAMPAI 25 JUTA) Karakteristik kredit kepada usaha kecil dan mikro : Memerlukan persyaratan penyerahan agunan yang lebih lunak. Keadaan ini menuntut kreativitas pihak bank merancang kredit yang memperhatikan prinsip kehati-hatian tanpa menyulitkan nasabah. contoh KMK untuk usaha rumah makan. maka digunakan informasi tentang kondisi usaha debitor dan fasilitas kredit lainnya. misal laporan keuangan dalam usaha mikro sangat jarang digunakan. KREDIT DAPAT BERUPA KREDIT INVESTASI ATAU KMK. YAITU USAHA YANG MEMBERIKAN NILAI TAMBAH DALAM MENGHASILKAN BARANG DAN JASA.KREDIT KEPADA USAHA KECIL DAN MIKRO (KREDIT YANG DIBERIKAN KEPADA NASABAH USAHA KECIL DENGAN PLAFOND KREDIT MAKSIMUM 250 JUTA UNTUK MEMBIAYAI USAHA YANG PRODUKTIF. persediaan beras. anjak piutang/factoring (bank umum atau BPR melakukan pengambil-alihan tagihan nasabah bank umum atau BPR lainnya) . penyaluran kredit (chanelling. BPR atau lembaga pembiayaan bertindak sebagai penyalur kredit dari bank umum atau BPR lain). Agunan ini bukan agunan yang secure bagi bank. bumbu dan bisa juga piutang kepada pelanggan. yaitu bank umum.pembiayaan bersama/joint financing (pembiayaan bersama berupa pemberian kredit kepada sejumlah nasabah oleh lebih dari 1 bank. atau antara bank umum dengan BPR.

pengendapan dana setoran jaminan yang merupakan dana murah bagi bank. Manfaat bank untuk pemberian bank garansi dan letter of credit bagi bank adalah penerimaan berupa biaya administrasi(provisi dan komisi) yang merupakan fee based income bank. dengan kata lain pembeli tidak harus membayar dahulu sebelum barang dan jasa dikirim atau disampaikan oleh penjual. Dengan fasilitas ini pembeli dapat melakukan pembayaran setelah yakin barang atau jasa akan diterima dengan spesifikasi sesuai perjanjian dengan penjual. Letter of credit (surat kredit berdokumen) adalah salah satu jasa yang diberikan bank dalam rangka pembelian barang berupa penangguhan pembayaran pembelian oleh pembeli sejakl l/c dibuka sampai dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian tipe perjanjian yang difasilitasi adalah perjanjian jual beli. salah satu jasa yang diberikan oleh bank berupa jaminan pembayaran sejumlah uang tertentu yang akan diberikan kepada pihak yang menerima jaminan. . hanya apabila pihak yang dijamin melakukan cidera janji.NON CASH LOAN BANK GARANSI. fasilitas yang diberikan adalah penangguhan pembayaran. dan memberikan pelayanan kepada nasabah sehingga nasabah menjadi loyal kepada bank.

Diperoleh dengan mengumpulkan informasi dari referensi nasabah dan bank lain tentang perilaku. baik oleh BI maupun Akuntan Publik. sistem pengendalian dan penilaian masalah yang berkaitan dengan pembukuan kredit. Capacity. sistem pengendalian kredit yang dilakukan oleh karyawan bank yang bersangkutan. . sistem pengendalian kredit yang dilakukan pihak luar. pergaulan dan ketaatannya memenuhi pembayaran transaksi. agunan yang diberikan pemohon kredit mutlak harus dianalisis secara yuridis dan ekonomis apakah layak dan memenuhi persyaratan yang ditentukan bank. modal dari calon debitor. ia akan membayar pinjaman sesuai dengan perjanjian dan perusahaannya tetap berdiri. Audit control of Credit.Pengendalian Kredit. Internal Control of Credit. Analisis neraca lajur akan memberikan gambaran sehat atau tidaknya perusahaan. dianalisis mengenai besar dan struktur modal yang terlihat dari neraca lajur perusahaan calon debitor. Asas 5 C. watak calon debitur perlu diteliti oleh analis kredit apakah layak untuk menerima kredit. kejujuran. Colateral. cakupan meliputi pencegahan dan penyelesaian kredit macet. Capital. kemampuan calon debitur perlu dianalisis apakah ia mampu memimpin perusahaan dengan baik dan benar. Condition of Economic.. kondisi perekonomian pada umumnya dan bidang usaha pemohon kredit pada khususnya. yaitu: Character. External Control of Credit. Jika calon debitor mampu memimpin perusahaan.

kepribadian yaitu sifat dan perilaku calon debitor (sama dengan character) party. prospek perusahaan diamasa mendatang. mengklasifikasikan nasabah kedalam klasifikasi-klasifikasi ayau golongangolongan tertentu berdasarkan modal. pembayaran untuk mengetahui bagaimana pembayaran kemb ali kredit yang diberikan. Prospect. dimana nasabah akan mendapatkan fasilitas yang berbeda dari bank.Konsep Analisa Kredit Asas 7P. apakah baik atau jelek. karakter dan loyalitas. dapat berupa jaminan barang. bertujuan agar usaha dan jaminan mendapatkan perlindungan. apaka untuk kegiatan konsumtif atau sebagai modal kerja. . tujuan dan penggunaan kredit oleh calon debitor. menganalisis kemampuan nasabah mendapatkan laba. Protection. jaminan orang dan jaminan asuransi. Profitability diukur per periode apakah konstan atau meningkat dengan adanya pemberian kredit. yaitu: Personality. Profitability. Payment. Purpose.

jadwal dan jangka waktu pembayaran kredit Risk bearing ability. penilaian atas hasil yang akan diacapai oleh perusahaan calon debitor setelah memperoleh kredit. Dalam hal ini hasil yang dicapai perusahaan cukup untuk membayar pinjaman dan sekaligus membantu perkembangan usaha calon debitor. . memperhitungkan kemampuan .Konsep Analisa Kredit Asas 3 R. memperhitungkan besarnya kemampuan perusahaan calon debitor untuk menghadapi resiko. apakah perusahaan calon debitor resikonya besar atau kecil. yaitu: Return. Repayment.

persyaratan ulang. penjadwalan ulang yaitu perubahan syarat kredit yang hanya menyangkut jadwal pembayaran atau jangka waktu termasuk masa tenggang (grace period) dan perubahan besarnya angsuran kredit. Restructuring. tingkat suku bunga. . usahanya tidak memerlukan tambahan dana atau likuiditas. konversi sebagian/seluruh tunggakan bunga menjadi pokok kredit baru atau konversi sebagian /seluruh kredit menjadi penyertaan bank atau mengambil partner lain untuk menambah penyertaan. jangka waktu. penataan ulang yaitu perubahan syarat kredit yang menyangkut penambahan dana bank. likuidasi yaitu penjualan barang-barang yang dijadikan agunan dalam rangka pelaksanaan hutang. penundaan sebagian atau seluruh bunga dan persyaratan-persyaratan lainnya. Reconditioning. yaitu perubahan sebagian atau seluruh syarat-syarat kredit meliputi perubahan jadwal pembayaran. Liquidation. Debitor yang dapat diberikan fasilitas penjadwalan ulang adalah nasabah yang menunjukkan itikad baik dan karakter yang jujur serta ada keinginan untuk membayar (wilingnes to pay) serta menurut bank.Penyelesaian Kredit macet. yaitu kredit yang diklasifikasikan pembayarannya tidak lancar dilakukan oleh debitor. Reschedulling. Pelaksanaan likuidasi dilakukan terhadap kategori kredit yang menurut bank benar-benar sudah tidak dapat dibantu untuk disehatkan kembali atau usaha nasabah sudah tidak memiliki prospek untuk dikembangkan.

Sistem kurs mengambang (floating exchange rate). berapapun nilai kurs diserahkan pada kekuatan pasar. bank sentral secara relatip tidak melakukan intervensi. dan kemudian dibiarkan mengambang terhadap mata uang asing lainnya. sistem kurs yang ditentukan terlebih dahulu nilai tukar tetapnya terhadap mata uang asing. Sistem kur s mengambang terkendali (managed floating exchange rate). Sistem ini terbentuk pada tahun 1971 setelah penemuan konsep Smith Sonian. Kurs jual adalah perbandingan nilai tukar mata uang suatu negara dengan mata uang negara asing jika bank yang akan menjualnya atau masyarakat yang akan membelinya.Sistem kurs : kurs merupakan perbandingan nilai tukar mata uang suatu negara dengan mata uang negara asing atau perbandingan nilai tukar valuta antar negara Kurs Bank Indonesia (Kurs Standar=kurs pajak) adalah kurs yang ditetapkan oleh Bank Indonesia pada Bursa Valas dijakarta. Kurs beli adalah perbandingan nilai tukar mata uang suatu negara dengan mata uang negara asing jika bank yang akan membelinya atau masyarakat yang akan menjualnya. selama nilai kurs berada diantara nilai terendah dan tertinggi maka nilai kurs diserahkan pada kekuatan pasar saja Sistem kurs tetap . kurs/harga valas dibiarkan bebas dan dibentuk atas dasar kekuatan pasar (supply & demand). Dalam sistem ini walaupun terjadi gejolak moneter. Dalam sistem ini bank sentral menetapkan nilai kurs terendah & tertinggi dalam suatu rentang (spread).

 Tiap negara anggota menetapkan nilai tukarnya terhadap emas atau USD  Perubahan harga mata uang negara anggota terhadap USD tidak boleh melebihi spread(rentang) 1 % dari harga party yang ditetapkan .Sistem kurs tetap (fixed exchange rate system). namun sepanjang masih dibawah 10% masih dapat dibenarkan.setelah ditetapkan maka exchange rate harus dipertahankan tetap kerena bukan emas maka tidak ada mekanisme seperti standar emas. bila diatas 10 % harus seizin IMF. suatu sistem kurs dimana nilai kurs yang berlaku adalah tetap antara suatu negara terhadap mata uang negara asing.  Amerika akan menjual emas dengan harga tetap kepada pemilik/pemegang resmi dari mata uang USD. .  Negara-negara anggota menetapkan sendiri suatu nilai tukar terhadap USD. Sistem ini diciptakan di bretten woods conference tahun 1851 yang mempunyai kesamaan dengan gold exchange standard yaitu:  Amerika menetapkan nilai USD terhadap emas dan bukan mata uang lain.

komponen yang diperhitungkan dalam cadangan devisa resmi dalah cadangan devisa yang tidak menghasilkan (non interest bearing) dan menghasilkan (interest bearing). aktiva luar negeri yang dimiliki pemerintah dan dikelola oleh BI. lalau lintas devisa adalah perpindahan aset dan kewajiban finansial antara penduduk dan bukan penduduk termasuk perpindahan aset dan kewajiban finansial luar negeri antar penduduk.devisa yang dimiliki pemerintah yang ditata-usahakan dalam dana devisa. Sedangkan interest bearing terdiri atas giro. Call devisa umum dan call devisa kredit disingkat call devisa diselenggarakan menurut ketetapan BI (BI sebagai pemimpin buras valas) pada bursa valas dijakarta. Non interset bearing terdiri dari emas moneter. special drawing right(SDR). tetapi penggunaannya diawasi dan diatur oleh pemerintah. Devisa umum. reserve position in the fund (RPF). Yang ikut serta dalam call devisa adalah BI. Dengan kata lain merupakan valas bantuan pinjaman luar negeri (dari negara-negara donor) yang oleh BI ditempatkan dalam call devisa pada bursa valas. call account dan surat-surat berharga. Devisa negara. devisa yang dimiliki swasta tetapi penggunaannya diawasi dan diatur pemerintah. menurut UU NO 24 TH 1999 devisa adalah aset dan kewajiban finansial yang digunakan dalam transaksi nasional. valas kredit luar negeri yang dijual oleh BI kepada importir dalam bentuk bonus ekspor. Special Drawing Right. Devisa ekspor. aktiva cadangan untuk digunakan dalam transaksi pertukaran valuta international sebagai tambahan atau pengganti cadangan emas dan USD. yaitu sebagian tertentu dari devisa hasil penjualan jasa (dalam valas). yaitu sebagian tertentu dari devisa hasil ekspor barang(Visible goods) yang menurut peraturan devisa yang berlaku saat itu dapat dimiliki eksportir yang bersangkutan sebagai perangsang ekspor. Devisa kredit. devisa yang diperoleh dari hasil ekspor atau penjualan jasa atau dari transfer. Devisa pelengkap. Sedangkan cadangan devisa nasional adalah penjumlahan cadangan resmi dengan cadangan devisa yang dimiliki oleh bank devisa. Devisa umum berasal dari hasil ekspor barang harus dijual oleh eksportir bersangkutan kepada BI melalui bank devisa dan akan ditukar dengan rupiah dengan kurs yang berlaku. uang kertas asing dan wesel ekspor.Devisa adalah pembayaran yang diterima dalam dalam lalu lintas pembayaran internasional (foreign exchange) yang merupakan suatu mata uang international (USD). Bank devisa dan pedagang valas yang telah mendapat izin BI untuk menjadi anggota bursa valas Cadangan devisa resmi. . dari transfer dan lain-lain yang berlaku saat itu dapat dimiliki oleh yang menghasilkan. devisa yang dimiliki pihak swasta.

komponen yang diperhitungkan dalam cadangan devisa resmi dalah cadangan devisa yang tidak menghasilkan (non interest bearing) dan menghasilkan (interest bearing). Bank devisa dan pedagang valas yang telah mendapat izin BI untuk menjadi anggota bursa valas Cadangan devisa resmi. Dengan kata lain merupakan valas bantuan pinjaman luar negeri (dari negara-negara donor) yang oleh BI ditempatkan dalam call devisa pada bursa valas. menurut UU NO 24 TH 1999 devisa adalah aset dan kewajiban finansial yang digunakan dalam transaksi nasional. uang kertas asing dan wesel ekspor. Yang ikut serta dalam call devisa adalah BI. Special Drawing Right. reserve position in the fund (RPF). lalau lintas devisa adalah perpindahan aset dan kewajiban finansial antara penduduk dan bukan penduduk termasuk perpindahan aset dan kewajiban finansial luar negeri antar penduduk. Sedangkan cadangan devisa nasional adalah penjumlahan cadangan resmi dengan cadangan devisa yang dimiliki oleh bank devisa. call account dan surat-surat berharga. aktiva cadangan untuk digunakan dalam transaksi pertukaran valuta international sebagai tambahan atau pengganti cadangan emas dan USD. special drawing right(SDR). Non interset bearing terdiri dari emas moneter. Devisa kredit. . aktiva luar negeri yang dimiliki pemerintah dan dikelola oleh BI. valas kredit luar negeri yang dijual oleh BI kepada importir dalam bentuk bonus ekspor.Devisa adalah pembayaran yang diterima dalam dalam lalu lintas pembayaran internasional (foreign exchange) yang merupakan suatu mata uang international (USD). Sedangkan interest bearing terdiri atas giro. Call devisa umum dan call devisa kredit disingkat call devisa diselenggarakan menurut ketetapan BI (BI sebagai pemimpin buras valas) pada bursa valas dijakarta.

Bank devisa harus memperoleh izin dari bank sentral untuk melakukan usaha perbankan dalam valas. baik transaksi ekspor-impor maupun jasa jasa valas lainnya. ‡ Melayani pembukaan dan pembayaran L/C ‡ Melakukan jual beli valas ‡ Mengirim dan menerima transfer dan inkaso valas ‡ Membuka atau membayar Traveler Cheque ‡ Menerima tabungan valas. ‡ Tugas dan usaha dari bank devisa antara lain: ‡ Melayani lalu lintas pembayaran dalan dan luar negeri. .Bank Devisa ‡ Bank Devisa. bank umum baik bersifat konvensional maupun berdasarkan prinsip syariah yang dapat memberikan pelayanan lalu lintas pembayaran dalam dan luar negeri.

Bank koresponden adalah bank devisa yang ditunjuk oleh bank responden untuk mewakili dan melaksanakan tugas-tugasnya dinegara yang bersangkutan . rekening nostro adalah rekening giro suatu responden (remitting) bank pada bank koresponden. biasanya dibank sentral non depository correspondence adalah jika responden bank tidak membuka rekening giro pada bank koresponden itu.Bank Koresponden Tugas dan usaha bank devisa dapat dilakukan juka memiliki bank koresponden dinegara yang bersangkutan. Bank koresponden dibedakan menjadi: Depository correspondent bank. . Bank pengirim (remitting) dapat menyalurkan transaksi lalu lintas pembayaran (LLD) melalui depository correspondent bank atas beban rekening bank pengirim (rekening nostro). Sedangkan rekening vostro adalah rekening giro bank devisa luar negeri yang ada dibank devisa dalam dalam negeri. jika bank responden (remitting bank) membuka rekening giro pada bank koresponden bersangkutan. bisanya dibank sentral ibukota negara yang bersangkutan.

sumber perintah dan tanggung-jawab jelas. menyediakan alat-alat yang diperlukan. pengelompokkan dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan. serta garis perintah dan tanggung jawab melalui jalur vertikal terpendek. berstruktur. menempatkan orangorang pada setiap aktivitas. jabatan/posisi karyawan jelas. dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. hubungan pekerjaan. 1996:24). Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja (Drs H Malayu S P Hasibuan. . organisasi yang paling luwes.ORGANISASI BANK Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal. (Drs H Malayu S P Hasibuan. Pengorganisasian dalah suatu proses penentuan. Pendepartemenan hendaknya didasarkan atas proses produksi (aktivitas) agar hubungan pekerjaan vertikal dan horizontal secara terintegrasi. Job description setiap karyawan harus ditetapkan secara jelas untuk menghindari terjadinya tumpang-tindih pekerjaan. Struktur organisasi (organization chart) hendaknya berbentuk segitiga vertikal supaya pembagian pekerjaan. menetapkan wewenang yang secara relatif didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukan aktivitasaktivitas tersebut. 1996:23) Organisasi lini dan staf. serta kontrol internal (chek & recheck) antar bagian berlangsung baik.

sehingga ada keefektifan organisasi. Penempatan karyawan didasarkan pada the right man on the right place. Account Ofiecer . setiap karyawan diberikan desentralisasi otoritas terhadap deskripsi pekerjaan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. . (biasa berkisar 3-9 orang) Organisasi bank terbagi atas Front Office (bagian organisasi dimana para karyawan secara langsung melayani nasabah. audit.urusan SDM. Rentang kendali setiap bagian harus berdasarkan kemampuan pimpinan dan volume pekerjaan yang akan dikerjakan. contoh dalam sistem teller) dan Back Offiece (bagian oragnisasi yang tidak berhubungan langsung dengan nasabah. seperti pembukuan.ORGANISASI BANK Adanya desentralisasi authority (pelimpahan wewenang) kepada para karyawan agar pelaksanaan pekerjaan dan pelayanan nasabah dapat ditingkatkan karena birokratisme berkurang.

maka manajemen dan kebijakan bank umum B ditentukan oleh bank umum A. Dilakukan atas dasar inisiatif bank yang bersangkutan. Misalnya bank umum x membeli lebih dari 50% saham BPR Y. Akuisisi bank. penggabungan 2 bank atau lebih dengan cara tetap mempertahankan berdirinya salah satu bank dan membubarkan bank-bank lainnya tanpa melikuidasi terlebih dahulu. Merger konglomerat. permintaan BI. maka kepemilikan saham oleh pemegang saham menjadi lebih dari 25%dari saham bank yang telah dikeluarkan dan mempunyai hak suara yang dianggap mengakibatkan beralihnya pengendalian bank. Contoh: bank yang merger bukan bank yang berada dalam grup yang sama (secara lini tidak ada hubungannya). terjadi pada bank yang statusnya berbeda. penggabungan 2 bank atau lebih dengan status yang sama menjadi 1 bank. pengambil-alihan kepemilikan suatu bank yang mengakibatkan beralihnya pengendalian terhadap bank. maka manajemen dan kebijakan BPR Y ditentukan oleh bank umum X. menjadi bank umum X dan membubarkan BPR Y. penggabungan 2 bank atau lebih dengan cara mendirikan bank baru dan membubarkan bank-bank tersebut tanpa melikuidasi terlebih dahulu. Contoh: bank umum A merger dengan bank umum B. Merger bank. Misal: bank A konsolidasi dengan bank B dengan menjadi bank C tanpa melikuidasi bank A dan bank B. Akuisisi vertikal. Misal bank umum A membeli lebih dari 50% saham bank umum B . inisiatif badan Khusus yang bersifat sementara dalam rangka penyehatan perbankan (BPPN). ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . menjadai bank umum A dan membubarkan bank umum B. konsolidasi. Contoh: bank umum x merger dengan BPR Y.Merger. Merger vertikal. Pengambil-alihan saham bank bisa secara langsung maupun melalui bursa efek. penggabungan 2 bank atau lebih yang satu sama lainnya tidak memiliki hubungans secara lini. Merger horizontal. terjadi pada bank yang statusnya sama. Konsolidasi bank. penggabungan 2 bank atau lebih dengan status yang tidak sama menjadi 1 bank.akibat pengambil-alihan saham. dan Akusisi bank. Akuisisi horizontal.

Menjaga kerahasian. seragam yang mencirikan adanya kesatuan dan ciri khas bank. sikap yang ramah. dan meyakinkan perbankan dikelola pengurus dan pejabat eksekutif yang memiliki integritas tinggi dan kompetensi memadai sehingga tercipta perbankan yang handal dan terpercaya. . penampilan menarik. dan hormat terhadap nasabah. Kecepatan pelayanan.KODE ETIK BANKIR INDONESIA & ETIKA TELLER Kode Etik Bankir Indonesia. menyangkut juga ketelitian sehingga dapat memuaskan nasabah. Penampilan. untuk mencapai sasaran agar industri perbankan dimiliki oleh pemegang saham pengendali yang memiliki integritas tinggi untuk pengembangan bank yang sehat. yaitu kerahasian nasabah maupun kerahasian bank. bersahabat. BI berkepentingan menyaring bankir dalam manajemen puncak untuk melakukan fit and proper test. ETIKA TELLER. dalam rangka menciptakan praktek-praktek perbankan yang sehat (Good Corporate Governance). Kepribadian. Menyangkut pelayanan yang memuaskan kepada nasabah.

Seorang bankir memperhitungkan dampak yang merugikan dari setiap kebijakan yang diterapkan banknya terhadap keadaan ekonomi. Seorang bankir tidak menerima hadiah atau imbalan yang memperkaya diri pribadi maupun keluarganya. Seorang bankir menghindarkan diri dari keterlibatan pengambilan keputusan jika terdapat pertentangan kepentingan. sosial.KODE ETIK BANKIR INDONESIA Seorang bankir patuh dan taat pada ketentuan perundang-undangan dan peraturaan yang berlaku. dan lingkungan. Seorang bankir tidak menyalahgunakan wewenangnya untuk kepentingan pribadi. Seorang bankir melakukan pencatatan yang benar mengenai segala transaksi yang bertalian dengan kegiatan banknya. Seorang bankirmenjaga kerahasiaan nasabah dan banknya. Seorang bankir tidak melakukan perbuatan tercela yang dapat merugikan citra profesinya. Seorang bankir menghindarkan diri dari persaingan yang tidak sehat. .

Time value of money dilarang dalam hal utang piutang. . Dalam pandangan agama Islam.Uang Sebelum dikenal uang. harus mengalir atau bersikularsi. motif permintaan uang adalah money demand for transaction not for speculation. karena itu harus bersikularsi. sehingga money is flow concept. Sistem barter terjadi karena ada perbedaan nilai barang sehingga terjadi selisih harga. Pandangan lain dalam Islam adalah Uang bukan sebagai komoditas. yaitu pertukaran antara barang dengan barang. digunakan hewan dan tanaman sebagai alat tukar. dan bukan lambang kekayaan yang tersimpan dalam bentuk perhiasaan yang berlebihan. dikumpulkan/dipecah dan memiliki rupa yang indah dan tahan lama. Time value of money diperbolehkan dalam jual beli yang ditangguhkan pembayarannya. Dahulu sebelum dikenal uang. barang yang dibayar tunai harganya lebih murah daripada barang yang ditangguhkan pembayarannya. Kemudian emas dan perak digunakan sebagai alat tukar karena mudah dicetak/dibentuk. uang merupakan sebagai alat tukar (medium of exchange). sistem barter terlebih dahulu dikenal. Menahan dana menggangur (idle money) tidak dianjurkan. tetapi hewan dan tanaman memiliki kelemahan karena cepat rusak dan merupakan mahluk hidup.

dan bunga dapat juga menjadi pendapatan bank yang diterima dari debitor karena kredit yang diberikannya. Misal: bank menerima deposito dan jenis tabungan lainnya. Sehingga bunga adalah besarnya penggantian perbedaan antara nilai sekarang dengan nilai yang akan datang.Bunga Bunga. Teori pengorbanan. didasarkan bahwa bunga ada karena adanya motif laba (spread profit) yang ingin dicapai. didasarkan pada pengorbanan yang diberikan seharusnya mendapatkan balas jasa berupa pembayaran. Dalam hal ini paritas tingkat yang sama besarnya dalam negara yang menganut devisa bebas. dimana penggantian nilai ini yang dimaksud dengan bunga. Bank dan pelaku ekonomi mau dan bersedia mambayar bunga didasarkan atas laba yang akan diperolehnya. perbedaan nilai ini harus mendapat penggantian dari peminjam atau debitor. Maksudnya jika pemilik uang meminjamkan uangnya kepada debitor. kreditor tidak dapat mempergunakan uang tersebut. selama uangnya b elum dikembalikan debitor. hal penting bagi bank dimana penarikan tabungan dan pemberian kredit selalu dihubungkan dengan tingkat suku bunga. didasarkan pada anggapan nilai sekarang (present value) lebih besar daripada nilai yang akan datang (future value. Teori paritas tingkat bunga . Pembayaran ini disebut bunga. dan akan membayar bunga karena bank itu akan memperoleh laba dari pemberian kredit. Teori laba. . Pengorbanan kreditor inilah yang harus dibayar debitor. Bunga bagi bank bisa menjadikan biaya (cost of fund) yang harus dibayarkan kepada penabung. menurut teori ini tingkat bunga penting dalam sistem devisa bebas. Teori nilai.

Bunga Bunga menurut Bohn-Bawerk : nilai uang saat ini lebih berharga daripada nilai uang dengan jumlah yang sama pada masa mendatang . cost of money. Teori kelompok pasar (the prefefred market habitat theory) mengemukakan bahwa jika permintaan pasar kelompok dana besar untuk jangka waktu 1 bulan . Hal ini disebabkan semakin singkat pinjaman maka orang akan merasa semakin liquid. gejolak moneter internasional dan situasi pasar modal nasional dan internasional. tingkat inflasi. dikemukakan John Maynard Keynes dalam teori Liquidity Preference. Bunga menurut Fisher: imbalan atas pinjaman untuk suatu jumlah dan jangka waktu tertentu (The Theory of Interest. menjelaskan bahwa semakin lama jangka waktu kredit. Alasannya adalah peranan harapan masuk sulit dan hubungan kelompok sangat menentukan. kondisi perekonomian . Rumus umum perhitungan suku bunga: bunga = (pinjaman x hari / 360) x ( tingkat suku bunga/100) Indikator tingkat bunga : penawaran dan permintaan kredit. suku bunga semakin besar. tingkat bunga 1bulan akan lebih besar daripada tingkat bunga 3 bulan. . tingkat resiko kredit. Teori klasik. interest and money. 1851-1914). Bunga menurut Keynes: hadiah bagi seseorang yang sanggup untuk berpisah dari uangnya (The general theory of employment. 1939). (capital interest. 1954). tingkat persaingan antar bank. kebijakan moneter pemerintah. Teori ini pada dasarnya hanya dapat diterapkan dalam kondisi moneter dan perbankan yang normal.

Diminta: hitung besarnya cicilan pokok.000. sistem bunga terendah. Adapun data-data yang diajukan sebagai berikut: jumlah kredit yang diajukan sebesar Rp: 30.Tgl 15 maret setor Rp 1.Tgl 20 juni menerima transfer dari ucok Rp 1. hendak mendirikan koperasi mahasiswa.000.Tgl 5 april penarikan ATM Rp 1. dan sistem bunga yang mana yang paling menguntungkan.000 .000 .000 Berdasarkan transaksi yang terjadi. dan hitung bunga jika sistem bunga yang dipakai adalah: sistem bunga harian.000 .000 .000 . 1) . Adapun transaksi yang terjadi adalah: .Tgl 20 maret bayar telepon Rp 200. besarnya bunga dan angsuran perbulan serta tabel perhitungan. buat buku laporan tabungan. Mahasiswa AP-YUKI.Tgl 25 april beli pulsa Rp 150.000 .000/bulan).000. dan untuk menambah modal kerja dilakukan pengajuan kredit di BRI cabang kemayoran.Tgl 10 Juli bayar listrik Rp 300.000. sistem bunga rata-rata. 5.LATIHAN SOAL MENGHITUNG BUNGA 1) Mahasiswa BSI.000.Tgl 18 april mendapatkan hadiah Taplus BNI Rp 2. jangka waktu 2 tahun dan suku bunga 12% per tahun. bunga yang berlaku 9% pa dengan pajak 10 %. Lia mempunyai rekening tabungan BNI cabang senen.000 .Tgl 10 maret setor Rp 2.000.000 . menggunakan kartu ATM biasa (potongan Rp.Tgl 10 juni belanja di indomaret Rp 200.000.

000.000. tingkat bunga giro yang berlaku di BNI adalah : .000.5 % .000. tingkat bunga 4 % .5 % hitung berapa jasa giro yang diterima dengan bunga tunggal dan bunga majemuk? 3) 3) .000. bunga yang berlaku 8 %.000.000 Rp 100.000.000 Rp 20. tingkat bunga 4.000.000 Rp 50.saldo Rp 5.000.000.000.000. jangka waktu 3 bulan.000. jangka waktu 15 hari dan pajak 10 %.saldo 0-Rp 5. tingkat suku bunga 6 % pa dan pajaknya 10 % per tahun.000.000. Berapa bunga yang akan diterima? PT Susah Bangkrut memiliki saldo giro pada bank BNI kramat sebesar Rp 75.LATIHAN SOAL MENGHITUNG BUNGA 3) Tangga 6 November Arini menyimpan dana di bank mandiri jakarta dalam bentu deposito berjangka dengan nilai Rp 100.000.000.000. Hitung berapa bunga yang diterima setiap bulan? Lena menyimpoan deposito harian (deposito on call) di bank mandiri pada tgl 2 november.saldo > Rp 100. tingkat bunga 0 % .saldo Rp 50. tingkat bunga 5 % . tingkat bunga 5. Sebesar Rp 300.saldo Rp 20.000.

7 jenis barang ini adalah: emas. kurma. menimbulkan mental pemboros/pemalas dan merupakan bentuk penjajahan/keserakahan. Dampak riba dalam bidang ekonomi adalah berakibat ketergantungan atas bunga. kelebihan atau pertumbuhan.Riba Riba. secara bahasa berarti tambahan. dan Dampak riba dalam bidang sosial adalah permusuhan antar pribadi. atau dijanjikan dalam akad oleh debitur dan dikaitkan dengan tempo pembayaran kembali. beras. Maksud dari tambahan artinya dihitung dari pokok (yang telah ditentukan).. yang diambil dari kreditur atas debitur selaras dengan tempo waktu. Pengembalian tambahan baik dalam transaksi jual beli maupun pinjam meminjam secara bathil bertentangan dengan prinsip muamalat. anggur. gandum. . Komponen riba adalah dipersyaratkan diawal ketika akad biasanya oleh kreditur. Riba diharamkan pada 7 jenis barang yang merupakan barang ribawi yaitu barang yang dapat ditakar atau ditimbang. garam. perak. yang kaya semakin kaya dan miskin semakin miskin serta menurunkan minat investasi.

riba dalam jual beli (terdiri dari riba fadhl dan riba nas iah). Riba nasiah adalah tambahan penangguhan pembayaran. merupakan penambahan pembayaran karena adanya penangguhan pembayaran kembali. Riba Qardh adalah kelebihan atas pinjaman. merupakan pertukaran antara barang sejenis dengan kadar atau takaran yang berbeda sedang barang yang dipertukarkan termasuk barang ribawi. . riba dalam utang-piutang (terdiri dari riba qardh dan riba jahiliyah) dan 2).Jenis-Jenis Riba Riba terbagi dua yaitu: 1).merupakan manfaat atas tingkat kelebihan tertentu yang disyaratkan terhadap yang berutang. merupakan utang yang dibayar lebih dari pokoknya karena sipeminjam tidak mampu bayar utang pada waktu yang ditetapkan. Riba fadhl adalah kelebihan barter atas barang ribawi. (barang ribawi adalah barang yang dapat ditakar atau ditimbang). Riba jahiliyah adalah denda telat bayar.

suku bunga yang wajar dan tidak menzalimi diperkenankan. bunga diterima atas dasar abstinence (menahan keinginan). hanya bunga berlipat ganda saja yang dilarang. oleh karena itu bunga diberikan untuk mengimbangi penurunan nilai ini. jumlah uang pada masa kini nilainya lebih tinggi dari jumlah yang sama pada pada masa nanti. bunga halal hukumnya. hanya kredit konsumtif saja yang bunganya dilarang. uang dianggap sebagai komoditas sebagaimana barang lain.yang produktif tidak dilarang. bunga diberikan untuk mengimbangi laju inflasi yang mengakibatkan menyusutnya nilai uang. bunga sebagai ganti rugi (oppurtunity cost) atas hilangnya kesempatan memperoleh keuntungan dari pengelolaan dana.Alasan yang menjustifikasi bolehnya bunga Dalam keadaan darurat. .

Tidak ada yang meragukan keabssahan bagi hasil. Untung dibagi menurut nisbah. Dana bagi hasil hanya bisa diambil dari hasil pengelolaan dana. Jumlah pembayaran bunga tidak meningkat sekalipun jumlah keuntungan proyek yang dibiayai berlipat.PERBEDAAN BUNGA DAN BAGI HASIL BUNGA Bunga terjadi dalam transaksi pinjaman (kredit). Eksistensi bunga diragukan kehalalan oleh semua agama. . Jumlah bagi hasil meningkat seiring dengan peningkatan jumlah keuntungan. Bunga harus tetap dibayar walaupun merugi. dan rugi ditanggung penyandang dana. Besar rasio bagi hasil berdasar pada jumlah keuntungan yang diperolah. Dana pembayaran bunga bisa diambil dari penghasilan manapun. BAGI HASIL Bagi hasil hanya terjadi pada transaksi mudharobah (bagi hasil) dan musyarakah (penyertaan) dan bukan akad qardh (pinjaman). Besar persentase bunga dikaitkan dengan jumlah uang yang dipinjam. Bagi hasil adalah bagi untung dan bagi rugi.

margin keuntungan dan fee 3. 4. Ada dewan pengawas syariah BANK KONVENSIONAL 1. BERINVESTASI pada usaha yang halal 2. Bebas nilai Sistem bunga Besarannya tetap Profit oriented Hubungan debitur-kreditur Tidak ada lembaga sejenis .BANK SYARIAH (bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah atau prinsip agama islam. 5. Besaran bagi hasil berubahubah tergantung kinerja usaha 4. 2. melarang sistem bunga atau riba yang memberatkan. 3. 6. Profit dan falah oriented 5. Pola hubungan kemitraan 6. Atas dasar bagi hasil. beroperasi berdasarkan kemitraan pada semua aktivitas bisnis atas dasar kesetaraan dan keadilan) BANK SYARIAH 1.

5. 4. jumlah pembagian bagi hasil meningkat sesuai dengan peningkatan jumlah pendapatan Tidak ada agama yang meragukan keabsahan bagi hasil Bagi hasil tergantung kepada keuntungan proyek yang dijalankan. Tidak tergantung kepada kinerja usaha.Perbedaan bank konvensional dengan bank syariah Sistem bunga 1. 3. 3. 5. Penentuan suku bunga dibuat pada waktu akad dengan pedoman harus selalu untung untuk pihak bank Besarnya persentase berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjamkan. 2. 2. Jika proyek itu tidak mendapatkan keuntungan maka kerugian akan ditanggung bersama oleh kedua belah pihak. jumlah pembayaran bunga tidak mengikat meskipun jumlah keuntungan berlipat ganda saat keadaan ekonomi sedang baik. Besarnya resiko (nisbah) bagi hasil berdasarkan pada jumlah keuntungan yang diperoleh Tergantung pada kinerja usaha. Penentuan besarnya resiko bagi hasil dibuat pada waktu akad dengan berpedoman pada kemungkinan untung dan rugi. 4. Eksistensi bunga diragukan kehalalannya oleh semua agama termasuk agama islam Pembayaran bunga tetap seperti yang dijanjikan tanpa pertimbangan proyek yang dijalankan oleh pihak nasabah untung atau rugi Sistem bagi hasil 1. .

dan jual beli lainnya. Pembiayaan bagi hasil berdasarkan prinsip mudharabah.dan qardh.Kegiatan usaha bank syariah Wadiah (titipan) Mudharabah (bagi hasil) Musyarakah (penyertaan) Ijazarah (sewa beli) Salam (pembiayaan dimuka) Istishna (pembiayaan bertahap) Hiwalah (anjak piutang) Kafalah (garansi bank) Rahn (gadai) Sharf (transaksi valuta asing) Wardh (pinjaman talangan) Wardhul hasan (pinjaman sosial) Ujrah (fee) Prinsip diatas dimanifestasikan dalam dalam kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana yaitu: Menghimpun dana dalam bentuk giro berdasarkan prinsip wadiah. deposito berjangka berdasarkan prinsip Mudharabah dan simpanan bentuk lain berdasarkan prinsip wadiah atau mudharabah. musyarakah. ijarah. dan bagi hasil lainnya. tabungan berdasarkan prinsip wadiah atau mudharabah. . Menyalurkan dana melalui transaksi jual beli berdasarkan prinsip murabahah. istishna. salam. Pembiayaan lainnya berdasarkan prinsip hiwalah. rahn.

Pada saat piutang jatu tempo. Muhil meminta muhal alaih untuk membayarkan terlebih dahulu piutang yang timbul dar jual-beli. akad sewa menyewa barang antara bank (Muaajir) dengan penyewa (Mustajir) yang diikuti janji bahwa pada saat yang yang ditentukan kepemilikan barang sewaan akan berpindah kepada mustajir. setelah masa sewa berakhir barang sewaan dikembalikan kepada muaajir. 3. HIWALAH. 2.KEGIATAN USAHA BANK SYARIAH (BERDASARKAN SK DIREKSI BI NO 32/34/KEP/DIR 12 MEI 1999) 1. akad sewa menyewa barang antara bank (Muaajir) dengan penyewa (mustajir). muhal akan membayar kepada muha alaih. IJARAH. akad pemindahan piutang nasabah (muhil) kepada bank (muhal alaih)dari nasabah lain (muhal). dimana muhal alaih memperoleh imbalan sebagai jasa pemindahan piutang. IJARAH WA IQTINA. .

6. Spesifikasi dan harga barang pesanan disepakati diawal akad dengan pembayaran dilakukan secara bertahap sesuai kesepakatan. akad jual beli barang (Mashnu ) antara pemesan (mustashni ) dengan penerima pesanan (shani). Dalam skim ini mudharib tidak diperkenankan untuk mencampurkan dengan modal lain atau dana lain. yang dibagi berdasarkan resiko yang telah disepakati diawal akad. . b. ISTISHNA. tidak dibatasi baik mengenai tempat. MUDHARABAH.KEGIATAN USAHA BANK SYARIAH (BERDASARKAN SK DIREKSI BI NO 32/34/KEP/DIR 12 MEI 1999) 4. Shahibul maal menetapkan syarat tertentu yang harus dipatuhi Mudharib baik mengenai tempat. Apabila bank bertindak sebagai shani dan penunjukkan dilakukan kepada pihak lain untuk membuat barang (Mashnu ) maka hal ini disebut Istishna Pararel. akad antara pemilik modal (Shahibul maal) dengan pengelola (Mudharib) untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan. Mudharabah Muqayyaadah. Berdasarkan kewenangan yang diberikan kepada Mudharib. Pembiayaan ini digunakan untuk investasi khusu dan reksa dana. maupun jenis usaha. tujuan. akad pemberian jaminan (Makful alaih) yang diberikan satu pihak kepada pihak lain dimana pemberi jaminan (kafil) bertanggung jawab atas pembayaran kembali suatu utang yang menjadi hak penerima jaminan. Mudharabah Mutlaqah. 5. Mudharib diberi kekuasaan penuh untuk mengelola modal. Mudharabah dibagi menjadi: a. KAFALAH. tujuan maupun jenis usahanya.

AL QARD UL HASAN. 8. 7. AL RAHN. akad kerja-sama usaha patungan antara dua pihak atau lebih pemilik modal untuk membiayai suatu jenis usaha yang halal dan produktif. QARDH. 10. Muqridh dapat meminta jaminan atas pinjaman kepada muqtaridh. akad pinjaman dari bank (Muqridh) kepada pihak tertentu (Muqtaridh) yang wajib dikembalikan dengan jumlah yang sama dengan pinjaman. Pendapatan atau keuntungan dibagi sesuai dengan rasio yang telah disepakati. 9. akad penyerahan barang harta (Marhun) dan nasabah (Rahin) kepada bank (Murtahin) sebagai jaminan sebagian atau seluruh utang. akad pinjaman dari bank (Muqridh) kepada pihak tertentu (Muqtaridh) untuk tujuan sosial yang wajib dikembalikan dengan jumlah yang sesuai dengan pinjaman. Bank memberi barang yang diperlukan nasabah yang bersangkutan sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan yang disepakati.KEGIATAN USAHA BANK SYARIAH (BERDASARKAN SK DIREKSI BI NO 32/34/KEP/DIR 12 MEI 1999) MURABAHAH. 11. MUSYARAKAH. . akad jual beli antara bank dengan nasabah. Pengembalian pinjaman dapat dilakukan secara angsuran atau sekaligus.

antara pihak yang mempunyai barang/uang dengan pihak yang diber kepercayaan dengan tujuan untuk menjaga keselamatan. SALAM. keamanan serta keutuhan barang/uang. WAKALAH. akad jual beli barang pesanan (Muslam Fiih) antara pembeli (Muslam) dengan penjual (Muslamilaih). 16. WADIAH terdiri dari Wadiah yad amanah (penitipan barang/uang dimana pihak penerimatidak diperkenankan menggunakan barang/uang yang dititipkan dan tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang bukan diakibatkan perbuatan atau kelalaian penerima titipan). 15. . SHARF. imbalan yang diberikan atau yang diminta atas suatu pekerjaan yang dilakukan.KEGIATAN USAHA BANK SYARIAH (BERDASARKAN SK DIREKSI BI NO 32/34/KEP/DIR 12 MEI 1999) 12. Apabila bank bertindak sebagai muslamdan pemesanan dilakukan kepada pihak lain untuk menyediakan barang (muslam fiih) maka hal ini disebut pararel. 14. 13. UJR. akad pemberian kuasa dari pemberi kuasa (Muakkil) kepad a penerima kuasa (wakil) untuk melaksanakan suatu tugas (Taukil) atas nama pemberi kuasa. WADI AH. akad penitipan barang/uang. akad jual beli suatu valuta dengan valuta lainnya. dan wadiah yad dhamanah ( akad penitipan barang/uang dimana pihak penerima titipan dengan atau tanpa izin pemilik barang/uang dan harus bertanggung jawab terhadap kehilangan atau kerusakan. Spesifikasi dan harga barang pesanan disepakati diawal akad dan pembayaran dilakukan dimuka secara penuh.

perhitungan warkat dalam pertemuan kliring oleh suatu kantor bank melalui kantor pusat dari bank tersebut atau melalui salah satu kantor cabang lain.surat bukti penerimaan transfer. menyampaikan laporan kliring ke BI. perhitungan warkat secara langsung dalam pertemuan kliring dan yang dapat ikut adalah kantor BI. berdasarkan pertimbangan geografis (setiap bank dapat mengirimkan wakilnya mengikuti kliring) dan pertimbangan ekonomis ( bank-bank secara ekonomis mempunyai keterkaitan dalam transaksi perbankan dimasukkan dalam 1 wilayah kliring). . bilget giro. Penyertaan tidak langsung.KLIRING KLIRING MANUAL. dan peralatan komunikasi. kegiatan perhitungan utang piutang diantara beberapa lembaga keuangan peserta kliring secara terpusat dengan cara saling menyerahkan warkat kliring (cek. ruangan kantor. 1. 2 macam penyertaan kliring: penyertaan langsung. maka ditunjuk bank umum lain yang memenuhi syarat kemampuan administrasi. jarak antara bank yang bersangkutan dengan penyelenggaraan kliring dan lainnya. dan kantor pusat bank umum beserta kantor-kantor cabangnya. tenaga pimpinan dan pelaksana. Biasa terjadi karena berkaitan dengan masalah keuangan. 2. Apabila pada suatu wilayah tidak terdapat kantor BI. Penyelenggaraan kliring dibagi dalam wilayah-wilayah kliring. dan wesel bank untuk transfer kredit) untuk memperluas lalau lintas pembayaran dengan cara giral.

Wakil peserta kliring kembali kebank masing-masing untuk memeriksa warkat untuk layaktidaknya warkat yang diterima dari bank lain untuk diselesaikan. 5. 4. 3. Warkat debet & kredit dirinci nilai nominalnya dalam suatu daftar yang dijumlahkan. 2. Kliring penyerahan: Warkat dicap stempel kliring dan dicantumkan no kode kelompok peserta Warkat dikelompokkan. warkat ditolak karena ada kesalahan & dikembalikan kepada peserta saat kliring retur disertai surat keterangan penolakan /SKP atauwarkat yang diduga ada kaitan dengan kejahatan ditahan dan dikonfirmasikan dengan polisi. (warkat debet dapat diselesaikan oleh setiap peserta jika dana cukup & tidak ada kesalahan. yaitu nota debit keluar (warkat yg disetorkan oleh nasabah suatu bank untuk keuntungan rekening nasabah) & nota kredit keluar (warkat pembebanan ke rekening nasabah yang menyetorkan untuk keuntungan rekening nasabah bank lain) Warkat dikelompokkan.Mekanisme Kliring 1. warkat kliring yang diterima dari peserta lain yaitu nota debet masuk (warkat yang diserahkan oleh peserta lain atas beban nasabah bank yang menerima warkat) & nota kredit masuk (warkat yang diserahkan oleh peserta lainuntuk keuntungan nasabah bank yang menerima warkat). warkat kliring diserahkan oleh masing-masing peserta. .

2. 3. dikelompokkan menurut peserta dan dicatat dalam daftar kliring retur lengkap dengan nilai nominalnya.KLIRING RETUR 1. berdasarkan neraca kliring penyerahan dan neraca klirng retur dibuat bilyet saldo kliring yang memuat hasil akhir kliring (penghitungan kalahmenang kliring. . Penyelenggara selan jutnya menyusun neraca gabungan peserta. Jika suatu bank tidak mempunyai dana likuid. jika hasil penjumlahan hak penerimaan tagihan lebih besar daripada penjumlahan kewajiban membayar tagihan maka bank tersebut menang kliring dan sebaliknya jika hasil penjumlahan hak penerimaan tagihan lebih kecil daripada penjumlahan kewajiban membayar tagihan maka bank tersebut kalah kliring). Kliring retur: Setelah warkat dikembalikan. maka bank bersangkutan dapat menyelesaikan kalah kliring dengan mencari pinjaman dari bank lain/ call money (pinjaman jangka pendek paling lama 7 hari dgn tingkat bunga yang tinggi.

warkat dan dokumen wajib memiliki MICR (Magnetic Ink Code Recognition) BI mengembangkan sistem pembayaran melalui BI RTGS. nota debet. kartu batch warkat debet/kredit dan lembar subtitusi). maka transaksi akan ditempatkan dalam antrean sistem BI RTGS. dimana apabila saldo rekening giro bank pengirim di BI tidak mencukupi. Kliring meliputi warkat (cek. dimana setiap transaksi diperhitungkan secara individual. dan nota kredit) dan dokumen (bukti penyerahan warkat debet/kredit kliring penyerahan. surat bukti penerimaan transfer.Sistem kliring Elektronik Nasional (perubahan dari sistem kliring elektronik untuk lokal jakarta pada tanggal 18 sept 1998 menjadi SKEN pada tanggal 18 juni 2001) Kliring elektronik adalah kliring lokal dalam pelaksanaan penghitungan dan pembuatan bilyet saldo kliring yang didasarkan pada data keuangan elektronik disertai penyampaian warkat peserta kepada penyelenggara kliring untuk diteruskan kepada penerima. Dalam sistem ini intraday gap yang terjadi antara outgoing transaction dengan incoming transaction. Wesel bank. transaksi baru akan diproses (settlement) apabila bank telah mendapatkan transfer dana masuk dari bank atau pihak lain. menggunakan metode Gross Settlement. pada november 2000 untuk penyelesaian transaksi nilai besar dan urgent. BG. menggunakan metode gross settlement dimana seluruh bank yang beroperasi dijakarta wajib menjadi peserta BI RTGS dan tahap selanjutnya akan diimplementasikan disemua wilayah kantor BI BI RTGS. sehingga BI RTGS memerlukan fasilitas likuiditas intrahari yang bersifat fully secured dimana bank peserta harus menjaminkan sertifikat bank indonesia dan atau obligasi pemerintah. .

menyangkut kegiatan perbankan untuk mengelola resiko untuk dapat melakukan langkah-langkah pencegahan atas terjadinya resiko kerugian yang sewaktu-waktu dapat timbul. evaluasi berkala terhadap aktiva produktif. Resiko yang mungkin timbul. pergerakan harga saham. Resiko yang muncul yaitu fluktuasi suku bunga simpanan dan kredit. yaitu analisi kredit yang tidak sempurna. penilaian dan peninjauan agunan. monitoring perkembangan surat-surat berharga dan evaluasi pengembangan produk.Manajemen Resiko Manajemen resiko. . monitoring proyek-proyek yang dibiayai. penyelesaian kredit bermasalah. dan persaingan). Resiko kredit. yaitu dalam hal resiko sebagai akibat ketidak-pastian dalam pengembalian kredit. Resiko liquiditas. resiko yang dihadapi bank dalam menyediakan alat-alat liquid untuk dapat memenuhi kewajiban utang-utangnya dan kewajiban lain serta mampu memenuhi permintaan kredit yang diajukan tanpa terjadinya penangguhan. resiko yang dihadapi bank yang mungkin timbul akibat berubahnya kondisi pasar (tingkat suku bunga. penilaian pembelian surat berharga. Resiko pasar.

keabsahan dokumen berharga dan konfirmasi untuk transaksi besar. Resiko ini meliputi : organisasi perkreditan. timbul karena sikap.Manajemen Resiko Resiko operasional. penerapan PPAP / Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif. proses persetujuan dan alokasi pemberian kredit. resiko berupa: ketaatan hukum pengurus bank. pemanfaatan bank untuk kepentingan pribadi /grup. wewenang memutus kredit. Resiko dapat berupa: one man show dalam kepengurusan. Resiko hukum. timbul akibat bank kurang memperhatikan persyaratanpersyaratan hukum yang memadai dalam rang ka melindungi bank. pemahaman manajemen terhadap resiko yang melekat pada usaha bank dan pemberdayaan dewan komisaris/dewan pengawas. Resiko pemilik/pengurus bank. dapat timbul jika bank tidak konsisten mengikuti aturan-aturan yang berlaku. pembuatan akad dan pengikatan kredit. karakter atau pandangan pemilik/pengurus bank yang selalu berupaya mencari peluang untuk memanfaatkan bank guna kepentingan pribadi. .

ATAU KEHILANGAN KEUNTUNGAN YANG DIHARAPKAN ATAU TANGGUNG JAWAB HUKUM KEPADA PIHAK KETIGA YANG MUNGKIN AKAN DIDERITA TERTANGGUNG YANG TIMBUL DARI SUATU PERISTIWA YANG TIDAK PASTI ATAU UNTUK MEMBERIKAN SUATU PEMBAYARAN YANG DIDASARKAN ATAS MENINGGAL ATAU HIDUPNYA SESEORANG YANG DIPERTANGGUNGKAN) 1. pihak penanggung memperhitungkan bunga atas premi yang dibayarkan dan nonus sesuai perjanjian kedua belah pihak. KERUSAKAN. 5. prinsip keadilan diperhitungkan dgn matang untuk menentukan nilai pertanggungan dan premi yang harus ditanggung. 6. Berfungsi sebagai tabungan dan sumber pendapatan. 2. investasi dilakukan oleh investor dibebani dengan resiko kerugian . resiko yang seharusnya ditanggung oleh tertanggung ikut dibebankan juga pada penanggung dengan imbalan sejumlah premi tertentu yang didasarkan atas nilai pertanggungan.DEFINISI ASURANSI (MENURUT UU NO 2 TH 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN. 3. MANFAAT ASURANSI : Rasa aman & perlindungan. 4. ASURANSI ATAU PERTANGGUNGAN ADALAH PERJANJIAN ANTARA KEDUA PIHAK ATAU LEBIH DENGAN MANA PIHAK PENANGGUNG MENGIKATKAN DIRI KEPADA TERTANGGUNG DENGAN MENERIMA PREMI ASURANSI UNTUK MEMBERIKAN PENGGANTIAN KEPADA TERTANGGUNG KARENA KERUGIAN. Membantu meningkatkan kegiatan usaha. Pendistribusian biaya & manfaat yang lebih adil. Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit. Alat penyebaran resiko. dgn polis asuransi yang dimiliki memberi rasa aman dari resiko & kerugian yang timbul dimana pihak tertanggung berhak atas nilai kerugian sebesar nilai polis.

dengan memindahkan resiko kerugian kepada pihak lain yang bersedia serta mampu memikul beban resiko 1. 2. MENGHINDARI RESIKO Menghindari resiko (risk avoidance). yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari yaitu Resiko pribadi.cacat fisik. berkaitan dengan terjadinya 2 kemungkinan yaitu kemungkinan mendapatkan keuntungan dan kemungkinan mendapatkan kerugian. Mengurangi resiko (risk reductio). 3. dengan mempertimbangkan resiko yang mungkin muncul dari aktivitasn yang akan dilakukan.(risk retention) dengan kita tidak melakukan aktivitas apa-apa terhadap resiko tersebut. resiko yang bila benar-benar terjadi akan memberikan kerugiandan apabila tidak terjadi tidak akan menimbulkan kerugian dan tidak juga keuntungan Resiko spekulatif. dengan mengambil tindakan yang bersifat meminimalkan kemungkinan terjadinya resiko kerugian Menahan resiko. Membagi resiko. Resiko individu. Resiko tanggung gugat Resiko yang mungkin dialami sebagai tanggung jawab akibat dari kerugian atau lukanya pihak lain. mempengaruhi kemampuan seseorang untuk memperoleh manfaat ekonomi (mati muda. kehilangan pekerjaan) Resiko harta.(risk sharing) dengan melibatkan orang lain untuk sama-sama menghadapi resiko Mentranfer resiko(risk transfering). .Resiko dan cara menghindari Resiko RESIKO Resiko murni. bahwa harta yang dimiliki bisa rusak. hilang atau dicuri. 4.uzur.

Catastrophic. Merupakan Hak Berdasarkan hukum untuk mempertanggungkan suatu resiko yang berkaitan dengan keuangan . selain itu perlu diperhatikan perlakuan dari penanggung pada saat benar-benar ada resiko yang menimpa tertanggung. Dalam Melakukan Kontrak Asuransi kedua belah pihak dilandasi oleh itikad baik . Pihak penanggung perlu menjelaskan secara lengkap hak dan kewajibannya selama masa asuransi. dimana kerugian dapat diukur tetapi kemungkinan terjadinya kerugian tidak dapat diperkirakan. yaitu barang atau harta yang akan dipertanggungkan harus homogen. resiko yang dipertanggungkan dalam asuransi adalah benda atau harta yang memiliki nilai material bagi penanggung maupun tertanggung. maksudnya jika sebagian besar pertanggungan kemungkinan akan mengalami kerugian pada waktu yang bersamaan. . Syarat yang harus dipenuhi yaitu : Kerugian tidak dapat diperkirakan. berarti banyak barang serupa atau sejenis. ITIKAD BAIK (UTMOST GOOD FAITH).PRINSIP ASURANSI     INSURABLE INTEREST. misal kebakaran rumah. Kewajaran. yang diakui sah secara hukum antara tertanggung dengan sesuatu yang dipertanggungkan. Homogen. yaitu resiko yang mungkin terjadi haruslah tidak akan menimbulkan suatu kemungkinan rugi yang sangat besar.

merupakan salah satu akibat wajar dari prinsip indemnity yaitu bahwa penanggung berhak mengajak penanggung-penanggung lain yang memiliki kepentingan yang sama untuk ikut bersama memnayar ganti rugi kepada seorang tertanggung meskipun jumlah tanggungan masingmasing belum tentu sama besar. efesien yang mengakibatkan terjadinya suatu peristiwa secara berantai atau berurutan tanpa intervensi suatu ketentuan lain. KONTRIBUSI. SUBOGATION. adanya data data penting yang tidak diungkapkan sehingga menyalahi utmost good faith. Prinsip ini tidak dapat dilaksanak dalam asuransi kecelakaan dan kematian. suatu sebab aktif. PROXIMATE CAUSE.PRINSIP ASURANSI     DUTY OF DISCLOSURE. Frauudulent misrepresentation. . diawali dan bekerja dengan aktif dari suatu sumber baru dan independen. Concealment. secara sengaja melakukan kebohongan dan tidak mengungkapkan fakta penting. secara tidak sengaja memberikan gambaran yang salah yang memiliki pengaruh besar dalam suatu proses asuransi. merupakan mekanisme penanggung untuk mengkompensasi resiko yang menimpa tertanggung dengan ganti rugi finansial. INDEMNITY. merupakan Kewajiban dari kedua belah pihak untuk mengungkapkan fakta . prinsip merupakan hak penanggung yang telah memberikan ganti rugi kepada tertanggung untuk menuntu pihak lain yang mengakibatkan kepentingan suransinya mengalami suatu peristiwa kerugian. faktor yang melanggar prinsip duty of disclosure adalah : Nondisclosure. secara sengaja memberikan gambaran yang tidak cocok dengan kondisi riil. Innocent mispresentation.

PENGGOLONGAN ASURANSI menurut sifat pelaksanaannya:  Asuransi sukarela.POLIS DAN PREMI ASURANSI Polis asuransi adalah bukti tertulis atau surat perjanjian antara pihak-pihak yang mengadakan perjanjian asuransi. asuransi kebakaran. jangka waktu pertanggungan. Merupakan kekuatan secara hukum. bahaya-bahaya yang dijaminkan dan khusus untuk polis pertanggungan kendaraan bermotor ditambah dengan no polisi dan no rangka dan no mesin kendaraan. Polis asuransi juga berfungsi sebagai bukti pembayaran premi kepada penanggung. besar premi bea materai. Premi asuransi adalah kewajiban pihak tertanggung kepada pihak penanggung yang berupa pembayaran uang dalam jumlah tertentu secara periodik. Polis asuransi memuat: nomor polis. jumlah pertanggungan. asuransi kecelakaan. asuransi kendaraan bermotor.  Asuransi wajib. nama dan alamat tertanggung. sifatnya wajib dilakukan oleh pihak-pihak terkait yang pelaksanaannya dilakukan berdasarkan ketentuan perundangan yang ditetapkan pemerintah. . Jumlah premi tergantung tinggi rendahnya tingkat resiko dan jumlah nilai pertanggungan. uraian resiko. misal asuransi tenaga kerja. pada prinsipnya dilakukan dengan cara sukarela dan dilakukan atas kesadaran seseorang akan kemungkinan terjadinya resiko kerugian atas sesuatu yang dipertanggungkan misal asuransi kecelakaan. dimana pihak tertanggung memiliki jaminan bahwa pihak penanggung akan mengganti kerugian yang mungkin dialami oleh tertanggung akibat peristiwa yang tidak terduga.

 Pialang reasuransi usaha yang memberikan jasa keperantaraan dalam menempatkan reasuaransi dan penanganan penyelesaian ganti rugi reasuaransi dewan bertindak untuk kepentingan perusahaan asuransi.  Konsultan akturia. .  Agen asuransi. pihghak yang memberikan jasa keperantaraan dalam rangka pemasaran jasa asuransi untuk dan atas nama penanggung.Usaha Penunjang Asuransi  Pialang asuransi. usaha yang memberikan jasa keperantaraan dalam penutupan asuransi dan penanganan penyelesain ganti rugi asuransi dengan bertindak untuk kepentingan tertanggung. usaha yang memberikan jasa penilaian terhadap kerugian pada obyek asuransi yang dipertanggungkan.  Penilai kerugian ausransi. usaha yang memberikan jasa konsultan akturia.

Pihak tertanggung disebut creding company dan yang menjadi penanggung adalah reasuradur. usaha yang memberikan jasa jasa dalam penanggulangan resiko atas kerugian. asuransi kecelakaan diri. Asuaransi jiwa memberikan dukungan bagi puhak yang selamat dari suatu kecelakaan. menjamin kerugian yang dialami tertanggung akibat terjadinya kehilangan atau kerusakan pada saat pelayaran. Asuransi aneka. . Merupakan sistem penyebaran resiko dimana penanggung menyebarkan seluruh atau sebagian dari pertanggungan yang ditutupnya kepada penanggung yang lain. Reasuransi. santunan bagi tertanggung yang meninggal. dan penghimpunan dana untuk persiapan pensiun. pertanggungan ulang atau pertanggungan yang dipertanggungkan atau asuransi dari asuransi. yaitu sesuatu yang terbakar yang seharusnya tidak terbakar yang diakibatkan kejadian yang tiba-tiba dan terlepas dariunsur kesengajaan seperti petir . Asuransi jiwa (life insurance). bantuan untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh meninggalnya orang kunci. ledakan dan kejatuhan pesawat. Asuransi kerugian dibagi menjadi: Asuransi kebakaran. jenis asuransi kerugian yang tidak dapat digolongkan kedalam asuransi kebakaran dan asuransi pengangkutan. kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang timbul dari peristiwa yang tidak pasti. Asuransi pengangkutan(marine insurance).Jenis asuransi menurut usaha perasuransian (uu no 2 th 1992) Asuransi kerugian(non life insurance/general insurance). jenisnya antara lain: asuransi kendaraan bermotor. pencurian uang dalam pengangkutan dan penyimpanan. asuransi yang menutup resiko kebakaran. jasa yang diberikan oleh perusahaan asuransi dalam penanggulangan resiko yang dikaitkan dengan jiwa atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.

ASURANSI KREDIT Asuransi yang dikaitkan dengan dunia perbankan dan dititik-beratkan pada asuransi jaminan kredit (bidang asuransi kerugian meliputi asuransi kebakaran. asuransi pengangkutan laut dan asuransi kendaraan bermotor) Dalam asuransi kredit. . Asuransi kredit dikaitkan dengan jaminan kredit berupa barang bergerak dan tidak bergerak yang sewaktu-waktu dapat tertimpa resiko yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pemilik barang dan bank sebagai pemberi kredit. Sebagai imbalan atas jaminan yang diberikan oleh PT ASKRINDO. pemerintah mempercayakan kepada PT Asuransi Kredit Indonesia berkantor pusat dijakarta. dimana tertanggung adalah pemberi kredit (bank pemerintah dan bank swasta dan lembaga keuangan) dan yang ditanggung oleh penanggung adalah resiko kredit dimana tidak diperolehnya kembali kredit kepada para nasabahnya. bank membayar premi atas kredit yang ditanggung. premi ini menjadi beban bank tetapi dalam praktek ada bank yang membebankan premi kepada nasabah yang memperoleh kredit.

definisi menurut Dewan Syariah Nasional adalah usaha untuk saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabarru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko/bahaya tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah . . jika terjadi musibah yang dialami oleh sebagian partisipan/anggota/peserta. Peranan perusahaan hanya sebatas pengelolaan operasional perusahaan asuransi serta investasi dari dana-dana kontribusi yang diterima/dilimpahkan kepada perusahaan. ‡ ‡ ‡ Asuransi syariah adalah sebuah sistem dimana para partisipan/anggota/peserta mendonasikan/menghibahkan sebagian atau seluruh kontribusi yang akan digunakan untuk membayar klaim. sehingga prinsip dasarnya adalah syariat yang saling toleran thd sesama manusia untuk menjalin kebersamaan dalam meringankan bencana yang dialami peserta. dimana semua dana yang dikelola nantinya akan dipergunakan untuk menghadapi terjadinya musibah/bencana/klaim yang terjadi diantara peserta asuransi syariah. (prinsip ini sesuai dengan surat Al Maidah ayat 2 yang artinya dan saling tolong-menolonglah dalam kebaikan dan ketaqwaan dan jangan saling tolong menolong dalam dosa dan permusuhan Asuransi syariah dengan perjanjian yang jelas dan transparan dengan akad yang sesuai syariah dimana dana-dana dan premi asuransi yang terkumpul (disebut dana tabarru) akan dikelola secara profesional oleh perusahaan asuransi syariah melalui investasi syar I dengan berlandaskan prinsip syariah. sedangkan perusahaan asuransi syariah disebut muammin. Peserta asuransi syariah disebut muamman.Asuransi Syariah. Asuransi syariah disebut juga asuransi ta awun yang artinya tolong-menolong atau saling membantu.

sedangkan asuransi syariah menggunakan kontrak takafuli atau tolongmenolong antara naasabah satu dengan nasabah yang lain (ada risk sharing). namun bisa juga tidak mendapatkannya. baik riba fadl dan riba nasi ah. Transaski asuransi bisa mengantarkan kedua-belah pihak pada permusuhan dan perselisihan ketika terjadinya musibah. Asuransi termasuk jenis perjudian. Didalamnya terdapat riba atau syubhat riba. perbedaan asuransi konvensional dengan syariah adalah pada asuransi konvensional menerapkan kontrak jual beli atau disebut tabaduli (terjadi jual beli atas resiko yang dipertanggungkan antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Perbedaan pendapat tentang asuransi syariah disebabkan oleh perbedaan ilmu dan ijtihad. dimana masing-masing pihak akan berusaha melimpahkan kerugian kepada pihak lain yang bisa berujung ke pengadilan. Ma ruf Amin. atau terjadi transfer resiko/ risk transfering dari nasabah ke perusahaan asuransi ) . 4. . Jada pada hakekatnya transaksi ini adalah tukar menukar uang dan dengan adanya tambahan dari uang yang dibayarkan. yaitu : Pada transaksi asuransi terdapat jahalah (ketidak-tahuan) dan ghoror (ketidak-pastian) dimana tidak diketahui siapa yang akan mendapatkan keuntungan atau kerugian pada saat berakhirnya periode asuransi. 3. dimana alasannya antara lain karena transaksi asuransi yang ada sekarang ini belum sesuai dengan transaksi yang dikenal dalam fiqh islam. tapi jika tidak maka tidak akan mendapatkan apapun. 2. Maka ini jelas mengandung unsur riba. karena salah satu pihak membayar sedikit harta untuk mendapatkan harta yang lebih banyak dengan cara untung-untungan atau tanpa pekerjaan. Hal ini lebih jelas dalam asuransi jiwa. Jika terjadi kecelakaan. ‡ 1.Menurut ketua BPH DSN. ia b erhak mendapatkan semua harta yang dijanjikan. dimana seseorang yang memberi polis asuransi membayar sejumlah kecil dana/premi dengan harapan mendapatkan uang yang lebih banyak dimasa yang akan datang.

Pengelolaan dana melalui asuransi syariah diyakini dapat terhindar dari unsur yang diharamkan Islam yaitu riba, gharar (ketidakjelasan dana) dan maisir (judi). Untuk itu perusahaan asuransi syariah memegang amanah dalam menginvestasikan dana nasabah sesuai prinsip syariah, yaitu sesuai akadnya, mudharabah yaitu akad kerja-sama dimana peserta menyediakan 100% modal dan dikelola oleh perusahaan asuransi dengan menetukan kontrak bagi hasil.jika nasabah asuransi syariah mengajukan klaim, dana klaim berasal dari rekening tabarru (kebajikan) seluruh peserta, berbeda dengan klaim asuransi konvensional yang berasal dari perusahaan asuransinya, dan dalam syariah tidak mengenal istilah dana hangus seperti dalam asuransi konvensional, dimana peserta asuransi syariah bisa mendapatkan uangnya kembali meskipun belum datang jatuh tempo, karena konsepnya adalah titipan(wadiah).

Asuransi syariah
‡ ‡ ‡ ‡ ‡
Memiliki dewan pengawas syariah (DPS) yang mengawasi produk yang dipasarkan dan pengelolaan investasi dananya. Akad berdasarkan tolong menolong Investasi dana berdasarkan bagi hasil (mudharabah) Kepemilikan dana merupakan hak peserta, perusahaan hanya sebagai pemegang amanah untuk mengelolanya. Dalam mekanismenya, asuransi syariah tidak mengenal dana hangus (jika pada masa kontrak peserta tidak dapat melanjutkan pembayaran premi dan ingin mengundurkan diri maka dana yang dimasukkan dapat diambil kembali kecuali sebagian dana kecil yang diniatkan untuk tabarru(kebajikan) Pembayaran klaim diambil dari dana tabarru (dana kebajkan) seluruh peserta yang sejak awal telah diikhlaskan ada penyisihan yang dipakai sebagai dana tolong menolong diantara peserta jika terjadi musibah. Pembagian keuntungan dari perusahaan kepada peserta berdasarkan prinsip bagi hasildengan proposi yang telah ditentukan.

Asuransi konvensional
‡ ‡ ‡ ‡ Tidak terdapat DPS Akad berdasarkan jual beli Investasi berdasarkan bunga (riba) sebagai landasan perhitungan investasinya. Dana yang terkumpul dari nasabah (premi) menjadi milik perusahaan sehingga perusahaan bebas menetukan alokasi investasinya Dalam mekanisme, terdapat ketentuan dana hangus jika tidak dapat melanjutkan pembayaran premi atau mengundurkan diri sebelum akhir kontrak. Pembayaran klaim diambilkan dari rekening dana perusahaan. Seluruh keuntungan menjadi hak milik perusahaan .

‡

‡

‡ ‡

‡

Perkembangan asuransi syariah diindonesia sampai 2008

‡

‡

Perkembangan asuransi syariah diindonesia pada tahun 2003 hanya 11 perusahaan, jumlah itu meningkat menjadi 38 hingga januari 2008, dengan rincian 2 perusahaan asuransi syariah, 1 asuransi umum, 12 asuransi jiwa syariah, 20 asuransi umum syariah dan 3 asuransi syariah sistem transparan. menurut ketua umum asosiasi syariah indonesia, Muhaimin Iqbal, sudah ada 3 perusahaan full asuransi syariah , 32 cabang asuransi syariah dan 3 cabang reasuaransi syariah. Asuransi syariah yang terbesar adalah PT Asuransi takaful keluarga (ATK) menargetkan pendapatan 20-30 miliar diakhir 2007. Selain itu terdapat juga divisi syariah pada perusahaan asuransi seperti Allianz life membukukan gross written premium (gwp) sebesar 31 miliar dengan jumlah polis 3.702 unit hingga agustus 2007. hal sama dibukukan divisi syariah PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (AJ CAR), yang dimulai dibentuk mei 2007, berhasil meraih premi 20 miliar, kemudian meningkat menjadi 50 miliar( naik 150%). Divisi syariah AJB Bumi Putera menargetkan premi 137% menjadi 237% pada 2008. Perolehan premi industri asuransi syariah tumbuh sebesar 60-70%. Pada 2006, pertumbuhan premi sebesar 73% dgn nilai total 475 miliiar, hingga akhir 2007 bisa mencapai 700 miliar. Jika tahun 2008 tumbuh 50% dapat melebihi 1 triliun. Meskipun pertumbuhannya pesat, kontribusi terhadap total industri asuransi baru mencapai 1,11% per 2006 dan meningkat ke 1,33 % pada tahun 2007.

LEASING (SEWA GUNA USAHA) (diperkenalkan pada 1974 dengan SK bersama menteri keuangan, menteri perindustrian dan menteri perdagangan No Kep 122/MK/IV12/1974 dan No 301 KPB/II74 tgl 7 januari 1974 tentang perizinan usaha leasing)
LEASING, suatu perjanjian penyediaan barang-barang modal yang digunakan untuk suatu jangka waktu tertentu.(financial accounting standar board/FASB 13) LEASING, suatu perjanjian dimana pemilik aset atau perusahaan sewa guna usaha (lessor) menyediakan barang atau aset dengan hak penggunaan kepada penyewa guna usaha (lessee) dengan imbalan pembayaran sewa untuk suatu jangka waktu tertentu.(the international accounting standard/IAS 17) LEASING, suatu kontrak antara lessor dengan lesseeuntuk penyewaan suatu jenis barang atau aset tertentu secara langsung , dari pabrik atau agen penjual oleh lessee. Hak kepemilikan barang tersebut tetap berada pada lessor. Lessee memiliki hak pakai atas barang tersebut dengan membayar sewa dengan jumlah dan jangka waktu yang telah ditetapkan. (the equipment leasing association/ELA-UK) Dari segi pandangan hukum, kegiata leasing memiliki ciri: Perjanjian antara pihak lessor dengan pihak lessee Berdasarkan perjanjian leasing,dimana lessor mengalihkan hak penggunaan barang kepada pihak lessee Lessee membayar kepada lessor uang sewa atas penggunaan barang atau aset. Lessee mengembalikan barang atau aset tersebut kepada lessor pada akhir periode yang ditetapkan lebih dahulu dan jangka waktunya kurang dari umur ekonomi barang tersebut. Ketentuan minimum modal disetor untuk pendirian perusahaan pembiayaan yang melakukan kegiatan usaha leasing adalah modal disetor atau simpanan wajib dan pokok ditetapkan sebesar Rp 3 miliar untuk perusahaan swasta nasional, Rp 10 miliar untuk perusahaan patungan indonesiaasing dan Rp 3 miliar untuk koperasi.

perusahaan atau pihak yang memperoleh pembiayan dalam bentuk barang modal dari lessor. lessee bertujuan dapat memenuhi kebutuhan peralatan didamping tenaga operator dan perawatan alat tersebut tanpa resiko bagi lessee terhadap kerusakan. .Mekanisme Leasing Lessor. sedangkan dalam operating lease.dalam perjanjian kontrak ditegaskan adanya asuransi yang biasanya ditanggung oleh lessee. sedangkan dalam operating lease. perusahaan atau pihak yang mengadakan atau menyediakan barang untuk dijual kepada lessee dengan pembayaran secara tunai oleh lessor. pihak bank atau kreditor tidak terlibat secara langsung dalam kontrak tersebut tetapi bank memegang peranana dalam hal penyediaan dana kepada lessor. Lesssee. karena lessee merupakan pihak yang mengerti seluk beluk barang modal yang digunakan dan pihak lessor hanya mendapatkan keuntungan dari selisih antara biaya dana (cost of fund) dengan tingkat bunga yang ditawarkan kepada lessee. lessor bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penyediaan barang dan pemberian jasa-jasa yang berkenaan dengan pemeliharaan dan pengoperasian barang modal. lessee bertujuan mendapatkan pembiayaan berupa barang atau peralatan dengan cara pembayaran angsuran. Bank atau kreditor. sedang dalam operating lease. Terdapat asuransi dalam proses leasing . perusahaan leasing atau pihak yang memberikan jasa pembiayaan kepada pihak lessee dalam bentuk barang modal. pemasok langsung menyerahkan barang kepada lessee tanpa melalui pihak lessor sebagai pihak yang memberikan pembiayaan. Dalam financial lease. dalam perjanjian leasing. Pemasok. lessor bertujuan mendapatkan kembali biaya yang telah dikeluarkan untuk membiayai penyediaan barang modal dengan mendapatkan keuntungan. pemasok menjual barangnya langsung kepada lessor dengan pembayaran sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak baik secara tunai maupun berkala. Dalam financial lease. Dalam financial lease.

Diversifikasi pembiayaan. . karena persyaratan pembayaran dimuka yang relatif kecil sangat berpengaruh pada arus dana. Menguntungkan arus kas. terutama dalam menyediakan dana besar untuk barang barang modal. jumlah yang dibayar perusahaan dibebankan sebagai beban sewa. dimana pembayaran sewa bersumber dari aktiva yang disewa. Perlindungan akibat kemajuan teknologi. dibandingkan dengan kredit bank berdasarkan perhitungan nilai sekarang (present value) Diluar neraca (off balance sheet). Pembiayaan proyek skala besar. maka tampak operasional perusahaan baik. dalam hal mengalami ketinggalan model atau sistem yang disebabkan kemajuan teknologi. berdasarkan tarif suku bunga tetap saat kontrak leasing.MANFAAT LEASING Menghemat modal. dalam pembayaran sewa berkala yang jumlahnya relatif tetap. jika dilakukan review kinerja aktiva tetap. dalam hal ini jika dibandingkan dengan kredit bank. merupakan alternatif membiayai usaha selain dari bank. dalam hal memikul resiko investasi dalam pembiayaan modal. akan memudahkan penyusunan anggaran tahunan lessee. Kapitalisasi biaya. dimana biaya tambahan dari aktiva yang disewa dijadiakan satu dengan biaya modal berdasarkan lamanya masa leasing. Kemudahan penyusunan anggaran. Resiko keusangan. dapat diatasi melalui leasing dengan jaminan dan kemudahan menguasai aktiva bila terjadi suatu kelalaian. Proteksi inflasi. Biaya lebih murah. tidak perlu mencantumkan transaksi leasing dalam neraca perusahaan. dana dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lebih urgent. Persyaratan yang lebih mudah dan fleksibel. dalam hal resiko terhadap keusangan terhadap aktiva yang disewa. sehingga hanya berpengaruh terhadap kinerja laba-rugi. Sumber pelunasan kewajiban.

Nilai sisa. dikaitkan dengan jangka waktu kegunaan ekonomis atau manfaat barang modal tersebut.PEMBAYARAN SEWA GUNA USAHA Pembayaran dimuka (payment in advance). dilakukan atas permintaan lessor sebagai security deposit yang besarnya tergantung kesepakatan antara ke dua belah pihak. angsuran ini hanya mengurangi utang pokok karena belum dikenakan bunga. untuk jangka waktu 12 bulan. Simpanan jaminan. Tingkat bunga.misal kontrak leasing tgl 1 januari 2008. yaitu total nilai harga barang modal dengan nilai sisa pada akhir masa kontrak. dimana nilai sisa dan pembayaran sewa adalah sumber utama pendapatan lessor. semakin besar simpanan jaminan maka semakin sedikit besarnya uang sewa periodik. Angsuran ini mengandung unsur bunga dan cicilan pokok. pembayaran angsuran dilakukan pada periode berikutnya setelah realisasi. Nilai sisa adalah faktor penting untuk dipertimbangkan dalam menetapkan harga dari setiap jenis sewa guna usaha. yang digunakan adalah tingkat bunga efektif yang ditetapkan oleh lessor yang dihitung berdasarkan besarnya biaya dana ditambah dengan tingkat keuntungan yang diharapkan. Pembayaran sewa dibelakang (payment in arrears). Jangka waktu. pembayaran sewa pertama dilakukan juga pada tgl 1 januari 2008. Besarnya pembayaran sewa ditentukan oleh beberapa faktor yaitu: Nilai barang modal. Misal kontrak leasing pada tgl 1 januari 2008 untuk jangka waktu 12 bulan. pembayaran sewa pertama dilakukan pada tgl 1 februari 2008. pembayaran angsuran pertama dilakukan pada saat realisasi. . yaitu perkiraan yang wajar atas nilai suatu barang modal yang ditransaksikan dalam kontrak lease pada akhir masa kontrak.

Contoh Bank BCA Bank BNI. perusahaan pembiayaan konsumen dibedakan menjadi 3 jenis yaitu: Perusahaan pembiayaan konsumen yang merupakan anak perusahaan dari pemasok. membentuk perusahaan multi fianance untuk kredit kendaraan bermotor bagi nasabah Bank tersebut. perbedaannya terletak pada hubungan antara pemasok dengan perusahaan pembiayaan konsumen.Pembiayan konsumen . dan yamaha karena daya beli masyarakat untuk membeli kendaraan lemah. Perusahaan pembiayan konsumen yang tidak mempunyai kaitan kepemilikan dengan pemasok. Perusahaan pembiayaan konsumen yang merupakan satu grup usaha dengan pemasok. Contoh: PT Columbia. dibentuk oleh perusahaan induk yaitu pemasok untuk memperlancar penjualan barang atau jasanya. yaitu melayani pembeliaan barang dan jasa yang diproduksi oleh pemasok yang masih satu grup usaha dengan perusahaan tersebut. motor atau alat rumah tangga lainnya. sedangkan spesialisasi perusahaan pembiayaan konsumen biasanya pada jenis atau tipe barang dan daerah pemasarannya. Adira Quantum.honda. barang furniture. suzuki indomobil finance atau federal international finance atau bussan auto finance. pada dasarnya tidak berbeda dengan perusahaan pembiayan konsumen yang merupakan anak perusahaan dari pemasok. biasanya tidak hanya melayani pembelian atas pembelian barang pada satu pemasok saja. Misalnya ada yang spesialisasi pada pembiayaan pembelian barang elektronik. . Otto Sumitomo Multi Finance. Contoh perusahaan kendaraan bermotor suzuki. bisa melayani pembiayaan pembelian pada pemasok yang lain. maka untuk memperlancar penjualan kendaraannya dibentuk perusahaan pembiayaan konsumen. PT Adira dinamika multi finance. yaitu BCA Finance dan BNI Mult finance. kendaraan mobil. Berdasarkan kepemilikan. merupakan suatu pinjaman atau kredit yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada debitor untuk pembelian barang dan jasa yang akan langsung dikonsumsi oleh konsumen dan bukan untuk tujuan produksi ataupun distribusi.

dokumen yang terkait dengan kepemilikan jaminan atas pemenuhan kewajiban calon debitor. dokumen ini antara lain: perjanjian kerja-sama antara pemasok dengan perusahaan pembiayaan konsumen. bukti pemesanan dan lainnya. bukti penyerahan barang. Manfaat bagi pemasok adalah meningkatkan penjualan dari daya beli yang lemah dan menguarangi resiko pembayaran kredit kepada perusahaan pembiayaan konsumen. sertifikat tanah. Dokumen antara lain BPKB. dokumen yang merupakan bukti kepemilikan atas barang yang dibiayai dengan pembiayaan konsumen. perjanjian pengikatan bentuk jaminan (fiducia. perjanjian jual beli antara konsumen dengan pemasok. laporan survei oleh petugas pembiayaan konsumen pada tempat tinggal atau usaha. analisis terhadap kelayakan konsumen lebih sederhana dan singkat. tidak adanya agunan. Dokumen perjanjian. bukti penghasilan atau laporan keuangan konsumen (slip gaji. Anggaran dasar dan surat izin usaha. faktur. yaitu dokumen yang menunjukkan kesepakatan-kesepakatan antara pihak-pihak yang terkait dalam proses pembiayaan konsumen. Dokumen ini terdiri dari : identitas konsumen. Dokumen berupa BPKB. rekomendasi pihak lain yang dapat dipercaya. Manfaat bagi konsumen adalah pembelian barang secara angsuran. notaril) Dokumen kepemilikan objek pembiayaan. laba/rugi). neraca. Dokumen kepemilikan jaminan. akta pembebanan hak tanggungan. Manfaat bagi perusahaan pembiayaan konsumen adalah penerimaan bunga (bunga lebih tinggi dari bank) dan biaya admninistrasi yang dibayarkan konsumen. . merupakan dokumen yang diperlukan oleh perusahaan pembiayaan konsumen untuk menetukan apakah suatu konsumen layak dibiayai atau tidak. faktur dan lainnya. prosedur lebih sedehana. sertifikat. dan dokumen pendukung seperti persetujuan istri/suami. perjanjian pembiayaan antara konsumen dengan perusahaan pembiayaan konsumen.Dokumen yang diperlukan selama proses pembiayaan konsumen Dokumen kelayakan konsumen.

intan mutiara. elektronik. barang yang tidak dapat digadaikan yaitu binatang ternak (memerlukan tempat penyimpanan khusus). Selain itu memiliki dewan pengawas yang diangkat dan diberhentikan oleh menteri keuangan (menteri keuangan dalam melaksanakan tugas terkait pegadaian dibantu sebuah direktorat jenderal) yang berfungsi mengawasi pelaksanaan kegiatan usaha perum pegadaiaan agar sesuai ketentuan yang berlaku dan merealisasi misi membantu masyarakat dalam bidang pendanaan atas dasar hukum gadai. perak. . Perusahaan umum pegadaian adalah satu-satunya badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kemasyarakat atas dasar hukum gadai seperti dimaksud dalam KUHPerdata pasal 1150. barang yang disewa-belikan. Barang bergerak diserahkan kepada orang yang berpiutang oleh seorang yang mempunyai utang atau oleh seorang lain atas nama orang yang mempunyai utang. barang rumah tangga mesin-mesin. Tugas pokok adalah memberi pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai agar masyarakat tidak dirugikan oleh kegiatan lembaga keuangan informal (lintah darat dengan sewa dana atau bunga yang sangat tinggi) yang cenderung memanfaatkan kebutuhan dana mendesak dari masyarakat. dengan masa jabatan 5 tahun dan dapat diangkat kembali. kendaraan. Seorang yang berutang memberikan kekuasaan kepada orang berpiutang untuk menggunakan barang bergerak yang telah diserahkan untuk melunasi utang apabila pihak yang berutang tidak dapat memenuhi kewajibannya pada saat jatuh tempo. kendaraan besar.Pegadaian. barang ilegal. Perumpegadaian dipimpin oleh dewan direksi yang terdiri dari seorang direktur utama dan beberapa direktur pembantu. barang dagangan dalam jumlah besar. barang milik pemerintah. menurut KUHPerdata pasal 1150. Barang yang dapat digadaikan berdasarkan pertimbangan tempat penyimpanan. perlunya meminimalkan resiko serta peraturaan yang berlaku adalah perhiasan (emas. barang seni sulit ditaksir. tekstil dan barang lain yang dianggap bernilai oleh perum pegadaian. hasil bumi (mudah busuk dan rusak). gadai adalah hak yang diperoleh seorang yang mempunyai piutang atas suatu barang bergerak. mobil dan sepeda motor. barang cepat rusak dan busuk atau susut. dan batu mulia). platina. keterbatasan SDM. senjata api.

sehingga digunakan fee based income. Kelebihan harga gabah akan diberikan kepada petani. dan pada saat harga gabah normal. Pegadaian syariah dikenal dengan istilah rahn. Dalam produk ini petani dapat menggadaikan gabah pada saat panen karena jika dijual semua gabah pada musim panen harganya murah. Dalam akad gadai syariah disebutkan bila jangka waktu akat tidak diperpanjang. maka penggadai menyetujui agunan (marhun) miliknya dijual oleh murtahin guna melunasi pinjaman. menetapkan uang sebagai alat tukar dan bukan sebagai komoditas yang diperdagangkan. yang disebut gadai gabah. dalam pengoperasiannya menggunakan metode fee based income atau mudharobah (bagi hasil). misal konsumsi. .5 % per bulan. dan melakukan bisnis untuk memperoleh imbalan atas jasa dan atau bagi hasil. membayar sekolah atau tambahan modal kerja. Sebagai pernerima gadai atau disebut mutahim. prinsipnya adalah tidak memungut bunga dalam berbagai bentuk karena riba. penggunaan bagi hasil/mudharobah belum tepat pemakaiannya. sehingga gabah akan disimpan digudang milik agen mitra pegadaian. penggadai akan mendapatkan surat bukti rahn (gadai) berikut dengan akad pinjam-meminjam yang disebut akad gadai syariah dan akad sewa tempat (ijarah). Sedangkan akad sewa tempat (ijaroh) merupakan kesepakatan antara penggadai dengan penerima gadai untuk menyewa tempat untuk penyimpanan dan penerima gadai akan mengenai jasa simpan. Jika selama batas waktu 4 bulan (masa jatuh tempo kredit) petani tidak menebusnya. Inovasi produk yang diluncurkan adalah program kredit tunda jual komoditas pertanian. gabah akan dilelang oleh perum pegadaian. petani dapat menebusnya dengan harga yang sama ketika menggadaikan gabahnya ditambah sewa modal sebesar 3. Gabah yang diterima sebagai jaminan adalah gabah kering giling. Landasan pemikiran produk ini adalah dalam rangka mengurangi kerugian petani akibat perbedaan harga jual gabah pada saat panen raya.Pegadaian Syariah. sehingga membantu petani menjual gabah sesuai dengan harga dasar yang ditetapkan pemerintah. Karena nasabah dalam mempergunakan marhum bih mempunyai tujuan yang berbeda.

tgl 20 des 1988) Pihak yang terkait : Perusahaan anjak piutang (factor).013/1988. dan non pembiayaan berupa penagihan piutang dan administrasi penjualan.Anjak Piutang (factoring). yaitu pihak yang memberikan jasa anjak piutang Klien (client). Anjak piutang merupakan perjanjian antara factor dengan klien yang mewajibkan pihak factor untuk memberikan jasa berupa pembiayaan atas piutang usaha yang dimiliki oleh klien. (berdasarkan kep men keu no 1251/kmk. badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan serta pengurusan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaki perdagangan dalam atau luar negeri. . Nasabah (customer). pihak yang membeli barang dan atau jasa dari klien dan mempunyai kewajiban berupa utang jangka pendek kepada klien. pihak yang menerima jasa anjak piutang dan menjual barang dan jasa secara kredit kepada nasabah. sedangkan pihak klien berkewajiban menjual atau menjaminkan piutangnya kepada pihak factor dan memberikan balas jasa finansial kepada factor.

Peralatan dan kapital. Kondisi ini mendorong perusahaan di Inggris untuk menemukan solusi mengenai sistem penjualan yang sesuai. timbul masalah karena mereka tidak saling mengenal. dimana terdapat kendala terbatasnya SDM. Ketika perusahaan perusahaan di Imggris akan memasarkan dan menjual produk mereka kepada orang Amerika. sehingga mereka mendatangkan kebutuhan mereka dari daerah asal yaitu Inggris. Tugas factor dalam hal ini menentukan kelayakan suatu pembeli untuk memperoleh fasilitas pembelian dengan cara kredit . kemudian factor menguangkan atau menagihkan faktur dari pembeli pada saat jatuh tempo. ‡ ‡ . dimana mereka menjembatani atau sebagai perantara antara pihak penjual di Inggris dengan pihak pembeli di Amerika. Jasa yang ditawarkan oleh factor waktu itu masih berkisar terutama pada pengurusan dan penagihan piutang saja. Pada saat itu amerika merupakan benua baru yang banyak didatangi oleh orang-orang dari eropa.Sejarah Anjak Piutang (Factoring) ‡ Anjak Piutang dikenal ketika perusahaan-perusahaan manufaktur di Inggris berusaha menjual produknya ke Amerika. dimana kedatangan mereka membawa konsekuensi mereka melakukan kegiatan produksi dan konsumsi didaerah baru. dan resiko tidak terbayar penjualan secara kredit karena tidak saling kenal dan masalah jarak yang jauh. Usaha factor berkembang ketika perusahaan tekstil Inggris memerlukan jasa penilaian atas kelayakan kredit dagang kepada pembeli di Amerika. Tugas factor terus berkembang tidak hanya memberika jasa investigasi kredit tetapi sekaligus membeli faktur-faktur penjualan tekstil dari perusahaan tekstil. Perusahaan sebagai perantara ini dikenal sebagai agen / factor . sekitar tahun 1880-an. juga menentukan tingkat atau kemungkinan terbayarnya suatu piutang dari penjualan secara kredit.

pada pelaksanaannya jenis anjak piutang yang diberikan oleh factor dan yang akan diterima oleh klien sangat bergantung pada formulasi dari perjanjian yang dibuat kedua pihak. administrasi penjualan secara menyeluruh dan penagihan. anjak piutang yang hanya memberikan jasa pembiayaan saja sedangkan jasa non pembiayaan sama sekali tidak diberikan. administrasi penjualan dan penagihan.Jenis dan mekanisme. Maturity factoring. anjak piutang yang memberikan jasa pembiayaan dan pemberitahuan saat jatuh tempo pada nasabah. anjak piutang yang memberikan jasa proteksi resiko piutang . anjak piutang ini memberikan jasa secara menyeluruh . Invoice discounting. Proteksi resiko atass piutang diberikan oleh factor tanpa melakukan pembiayaan atau pemberian uang muka atas pelunasan piutang. Full service factoring. kewajiban klien kepada factor hanya fee atas jasa proteksi resiko piutang. Pembelian piutang oleh faktor dilakukan pada tanggan tertentu yang biasanya ditentukan atas dasar rata-rata jangka waktu jatuh tempo dari piutang yang diberikan kepada klien. . tanpa memberikan jasa lain seperti proteksi resiko piutang. Contoh: apabila rata-rata jangka waktu jatuh tempo dari piutang adalah 30 hari. administrasi penjulan secara menyeluruh dan penagihan yang diberikan oleh factor. Cara ini tidak menyebabkan munculnya kewajiban bunga bagi klien. Bulk factoring. maka factor pada hari ke 30 atau setiap 30 hari membeli 100% dari faktur-faktur penjulan yang ada. baik jasa pembiayaan maupun non pembiayaan.

Pada saat piutang jatuh tempo. maka kemungkinan I: pada saat jatuh tempo 1 juli 2009. Atas dasar distribusi resiko dibedakan menjadi: With recourse factoring. resiko tidak terbayarnya piutang milik klien sepenuhnya ditanggung oleh klien sendiri. resiko tidak harus selalu secara penuh ditanggung oleh klien. Pada tgl 1 mei 2009.Distribusi resiko. dan sama sekali tidak membayar utangnya . PT maju menjula secara kredit pada Bp Budi senilai Rp 10 juta dgn jatuh tempo 1 juli 2009. dalam hal ini resiko ditanggung oleh klien adalah 100%. pada mekanisme penjualan tanpa adanya perusahaan anjak piutang. PT Maju menyerahkan piutang kepada BNI Multi Finance dan menerima uang muka atau pembiayaan sebesar 80 % dari nilai faktur yaitu Rp 8 juta. Dengan adanya anjak piutang. Pelunasan menjadi hak factor (Rp 8 juta) dan sebagian lagi menjadi hak klien (Rp 2 juta) atau kemungkinan II: pada tanggal 1 juli 2009 Bp Budi menghilang. Dengan demikian resiko tidak terbayar piutang seluruhnya ditanggung oleh klien dan factor sama sekali tidak menanggung resiko tidak terbayarnya piutang tersebut. contoh: PT Maju berproduksi furniture bekerja-sama dengan perusahaan anjak piutang PT BNI multi finance. dipihak lain PT BNI Multi finance (factor) tidak menanggung resiko atau rugi. Bp Budi melunasi hutang (Rp 10 juta ditambah bunga). akan berdampak PT Maju berkewajiban mengembalikan pembiayaan sebesar Rp 8 juta kepada factor. . maka klien berkewajiban mengembalikan sejumlah uang yang telah diterima dari factor. Sehingga kerugian ditanggung PT maju (Klien) sebesar Rp 10 juta karena piutang tidak sepenuhnya terbayar. proses dimana pada tahap awal factor memberikan uang muka proporsi kepada klien atas piutang/faktur yang diserahkan. apabila nasabah tidak melunasi utang.

maka jika terjadi pelunasan pada saat jatuh tempo. pada mekanisme penjualan tanpa adanya perusahaan anjak piutang. resiko tidak harus selalu secara penuh ditanggung oleh klien.Distribusi resiko. Klien hanya menanggung resiko sebesar piutang yang tidak dibiayai atau tidak diberi uang muka oleh factor .Rp 8 juta = Rp 2 juta. Atas dasar distribusi resiko dibedakan menjadi: Without recourse factoring. atau kemungkinan II: jika Bp Budi pada saat jatuh tempo tidak menghilang dan tidak melunasi hutangnya maka PT Maju tidak berkewajiban mengembalikan pembiayaan sebesar Rp 8 juta kepada factor. proses dimana pada tahap awal factor memberikan uang muka sejumlah proporsi tertentu kepada klien atas piutang/faktur yang diserahkan. Dengan demikian resiko tidak terbayarnya piutang tidak seluruhnya ditanggung oleh klien. sedangkan factor sendiri menanggung resiko sebesar uang muka atau pembiayaan yang telah diberikan kepada kliennya. Pada saat piutang jatuh tempo. resiko tidak terbayarnya piutang milik klien sepenuhnya ditanggung oleh klien sendiri. apabila nasabah sama sekali tidak melunasi hutangnya. maka kerugian yang ditanggung oleh factor adalah sebesar Rp 8 juta . karena pihak factor telah membiayai sebesar Rp 8 juta dan kemudian tidak memperoleh pelunasan piutang dari nasabah. Dengan demikian kerugian yang ditanggung PT Maju (klien) adalah sebesar Rp 10 juta. Contoh: dengan kasus yang sama pada PT Maju. Dengan adanya anjak piutang. diselesaikan dengan kemungkinan pertama. Secara proporsional factor menanggung resiko tidak terbayarnya piutang sebesar 80% dan pihak klien menanggung sebesar 20% . maka klien tidak berkewajiban mengembalikan sejumlah uang muka yang telah diterimanya dari factor.

Secara praktis memungkinkan pemberian jasa penagihan piutang kepada klien oleh factor. Mengingat pihak nasabah telah mengetahui adanya pengalihan piutang kepada factor. Undisclosed factoring. penyerahan atau penjualan oleh klien kepada factor dalam undisclosed factoring adalah tanpa sepengetahuan (notifikasi atau pemberitahuan) pihak nasabah. . maka hak penagihan piutang dapat dialihkan kepada factor. Atas dasar ada tidaknya persetujuan pihak nasabah dalam perjanjian anjak piutang dapat dibedakan: Disclosed factoring. maka hak penagihan piutang tidak dapat dialihkan kepada factor. sehingga pada saat jatuh tempo nasabah dapat melunasi hutangnya melalui factor. kecuali terjadi pelanggaran atau cidera janji yang dilakukan oleh nasabah. Perjanjian dapat dibuat dengan atau tanpa persetujuan pihak nasabah. Mengingat pihak nasabah tidak mengetahui adanya pengalihan piutang kepada factor. sehingga pada saat jatuh tempo nasabah tetap harus melunasi hutangnya langsung kepada klien.Keterlibatan nasabah dalam perjanjian: perjanjian utama dibuat untuk pelaksanaan kegiatan anjak piutang adalah antara pihak klien dengan pihak factor. Secara praktis tipe ini tidak memungkinkan pemberian jasa penagihan piutang kepada klien oleh factor. penyerahan atau penjualan piutang oleh klien kepada factor dalam disclosed factoring adalah dengan sepengetahuan (notifikasi atau pemberitahuan) pihak nasabah.

4. 5. melakukan administrasi dokumen piutang yang digunakan untuk penghitungan biaya diskonto dan bunga dan jatuh tempo) Departemen penyesuain (bertugas melakukan administrasi dan pengelolaan perubahan-perubahan terhadap persyaratan perjanjian. 6. pembayaran pembiayaan kepada klien. 2. administrasi hak dan kewajiban pihak-pihak terkait. penagihan piutang dan pembayaran kepada klien. 7. analisis terhadap kolektibilitas piutang. diantaranya: Departemen kredit (bertugas pada point 1) Departemen faktur (bertugas pada point 2.Proses dasar kegiatan anjak piutang (proses dasarnya adalah jenis pembiayaan) dan Struktur organisasi Proses dasar kegiatan pembiayaan adalah: analisis terhadap bonafiditas calon klien. Struktur organisasi perusahaan anjak piutang. administrasi faktur dan bukti piutang. 3. jumlah piutang dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hak dan kewajiban pihak terkait dalam anjak piutang) Departemen penagihan (melakukan penagihan piutang yang jatuh tempo) Departemen rekening klien (melakukan seluruh pencatatan terhadap semua transaksi atau kegiatan yang mempengaruhi kewajiban dan hak klien) Departemen legal (memberikan pertimbangan dan saran yuridis mengenai kegiatan perusahaan) 1.       . disesuaikan dengan jenis jasa yang ditawarkan.

MANFAAT ANJAK PIUTANG. 3. Semakin besar volume penjualan. 1. manfaat bagi nasabah adalah memperoleh manfaat berupa kesempatan untuk melakukan pembelian secara kredit dan mendapatkan layanan penjualan dengan lebih cepat dan tepat. dapat mengkonversikan piutang yang belum jatuh tempo menjdai dana tunai untuk digunakan dalam kegiatan operasional. Efesiensi usaha. selain itu memperoleh service charge. Discount fee diperhitungkan sebesar persentase tertentu terhadap besarnya pembiayaan yang diberikan atas dasar: resiko tertagihnya. karena jasa administrasi factor dikelola secara efesien dan berpengalaman. Kelancaran modal kerja. klien tidak perlu secara langsung melakukan penagihan piutang. 3. Pengurangan resiko tidak tertagihnya piutang. jangka waktu dan rata-rata tingkat bunga perbankan. 2. dibayarkan oleh klien karena factor memberikan jasa pembiayaan (uang muka) atas piutang yang diberikan oleh factor. sehingga menghemat waktu dan tenaga karyawan. Memudahkan perencanaan arus kas (cash flow). dengan jasa investigasi kredit/piutang memungkinkan klien memperkirakan waktu dan jumlah piutang yang dapat ditagih. dengan mekanisme without recourse dapat mengalihkan resiko tidak tertagih piutang. klien yang mengalami kesulitan modal dapat menjual secara kredit dan meningkatkan kemampuan pembeli dengan dana terbatas. Manfaat melalui jasa non pembiayaan yaitu: Memudahkan penagihan piutang. Manfaat melalui jasa pembiayaan yaitu: Peningkatan penjualan. maka fee semakin besar dan semakin sulit penagihan piutang maka fee juga semakin besar. 4. 2. Bagi factor Discount fee/charge. jasa administrasi penjualan memberikan fasilitas kredit secara selektif. yaitu fee yang dibayarkan oleh klien kepada factor karena memberikan jasa non pembiayaan yang nilainya ditentukan sebesar persentase tertentu dari piutang atas dasar beban kerja yang akan dilakukan oleh factor. Peningkatan kualitas piutang. dengan penjualan kredit. Bagi klien 1. .

memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap tidak terbayarnya kembali pembiayaan atau penyertaan serta balas jasa modal. di Amerika saat keluarga-keluarga kaya (Ford. 3. tapi bisa berupa obligasi atau pinjaman yang memiliki sifat khusus yaitu mempunyai syarat pengembalian dan balas jasa yang lebih lunak. kesulitan memiliki kesesuaian mengenai karakteristik dan selera antara perusahaan pasangan usaha dan calon perusahaan modal ventura. Prinsip pembiayaan dalam modal ventura adalah penyertaan. alternatif divestasi modal ventura melalui pasar modal kurang dapat diandalkan. diIndonesia usaha modal ventura muncul pada saat berlakunya paket 20 desember 1988 (pakdes 20. Rockefeller. hal ini tidak berarti bentuk formal dari pembiayaannya selalu penyertaan. 5. 6. peraturaan perundang-undangan saat ini belum secara lengkap mendukung perkembangan usaha modal ventura di Indonesia. pembayaran pinjaman jika perusahaan pasangan usaha mampu atau memperoleh tingkat keuntungan tertentu. modal ventura belum dikenal oleh masyarakat baik perusahaan pasangan usaha maupun pihak yang memiliki kapasitas u/ mengembangkan atau menjadi perusahaan modal ventura. 4. karena penyertaan modal dengan skema modal ventura hanya untuk jangka waktu tertentu. (saat ini hanya diatur oleh keppres no 61 th 88) . Modal ventura kurang berkembang di Indonesia disebabkan karena 1.88) yang menempatkan usaha modal ventura sabagai salah satu kegiatan pembiayaan. payson) membentuk suatu pendanaan untuk menolong usaha individu yang mengalami kesulitan modal dalam kegiatan investasi yang potensial. dan juga pinjaman yang dapat dikonversikan menjadi saham atau penyertaan.Modal ventura. syarat itu dapat berupa bagi hasil. pembiayaan oleh suatu perusahaan kepada suatu perusahaan pasangan usahanya yang prinsip pembiayaannya adalah penyertaan modal. 2. sehingga divestasi untuk menawarkan kepemilikan saham dari perusahaan pasangan usaha melaui pasar modal. Konsep modal ventura muncul diawal tahun 1920-1930. kurangnya tenaga profesional dibidang modal ventura dikarenakan kurang berkembangnya usaha jenis ini di Indonesia. walaupun terdapat rate of return yang lebih tinggi. Perusahaan yang menerima penyertaan modal disebut perusahaan pasangan usaha atau investee company dan perusahaan yang melakukan penyertaan modal disebut perusahaan modal ventura.

) Kelancaran pendanaan yang berasal dari modal ventura menyebabkan kegiatan usaha perusahaan pasangan usaha menjadi lancar. karena dalam kenyataan perusahaan pasangan usaha yang mengajukan permohonan modal ventura biasanyan adalah perusahaan kecil yang masih pada awal perkembangan kegiatan usaha. yaitu perusahaan yang telah dalam kondisi lebih baik menjadi realatif mampu untuk berinteraksi dengan bank terutama dalam hal memperoleh bantuan pinjaman dari bank dan lembaga keuangan yang lain. produksi. sehingga likuiditas yang baik ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan ekspansi usaha seperti peningkatan kapasitas produksi. sehingga dalam kondisi ini tidak cukup mempunyai kemampuan memperoleh pinjaman dari bank) Peningkatan kemampuan pengembangan usaha. dimana persyaratan pengembalian pembiayaan dan balas jasa yang relatif lebih ringan meningkatkan likuiditas perusahaan. Peningkatan efesiensi kegiatan usaha. Secara umum dapat juga memberikan bantuan dari segi manajemen agar tercipta efesiensi kegiatan usaha sehingga mampu meningkatkan keuntungan. distribusi dan pemasaran. tetapi perusahaan dalam kondisi ini mengajukan modal v entura karena kesulitan memperoleh dana pinjaman dari bank. (karena perusahaan yang mengajukan modal ventura adalah perusahaan kecil yang masih pada awal perkembangan kegiatan usaha. dana operasional dan non operasional dapat terpenuhi dengan baik. Peningkatan bankability. dimana bantuan yang diberikan perusahaan modal ventura tidak hanya dalam hal pembiayaan saja tetapi memberikan bantuan dalam mengelola kegiatan usaha perusahaan pasangan usaha baik dari segi keuangan.Manfaat bagi perusahaan pasangan usaha. (tidak selalu harus perusahaan kecil. perluasan daerah pemasaran dan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM. . sehingga kebutuhan dana investasi. yang utama adalah terpenuhinya kebutuhan dana untuk modal usaha.

dimana dapat meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan modal ventura di Indonesia. Peningkatan informasi tentang modal ventura. yaitu melalui kesuksesan dalam mengadakan penyertaan modal dan membantu manajemen suatu perusahaan pasangan usaha. . dan membantu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan usaha yang sedang mengalami kesulitan pembiayaan.Manfaat bagi perusahaan modal ventura. Hal ini menguntungkan bagi perusahaan modal ventura dalam jangka panjang. Peningkatan kamampuan dan pengalaman ini selain bermanfaat bagi karyawan yang bersangkutan juga bermanfaat bagi perusahaan modal ventura tempat karyawan bekerja. manfaat utama terkait 2 dimensi yaitu dimensi bisnis dan sosial yaitu perusahaan modal ventura memperoleh balas jasa atas pembiayaan yang telah dilakukankepada perusahaan pasangan usaha. Peningkatan kemampuan teknis dan pengalaman karyawan dan staf perusahaan modal ventura . dimana mereka dalam mengelola barbagai macam perusahaan seiring dengan semakin banyaknya perusahaan pasangan usaha yang dibantu dalam melakukan kegiatan usaha.

pendekatan ini memungkinkan sebuah perusahaan pasangan usaha untuk menerima bantuan pembiayaan dan bantuan manajemen dari perusahaan modal ventura yang berbeda. berdasarkan atas dasar cara pemberian kedua jenis bantuan. dimana meliputi 2 hal yaitu bantuan finansial dan bantuan manajemen. pendekatan ini menempatkan perusahaan modal ventura dalam 2 fungsi sekaligus yaitu pemberi bantuan pembiayaan (fund company) dan juga sekaligus pemberi bantuan manajemen atau pengelolaan dana (managament company). Berdasarkan mekanisme ini pihak-pihak yang terkait meliputi 3 pihak yaitu perusahaan modal ventura yang memberikan bantuan pembiayaan. Two tier approach. mekanisme modal ventura dapat dibedakan menjadi: Single tier approach. perusahaan modal ventura yang memberikan bantuan manajemen dan perusahaan pasangan usaha. Berdasarkan mekanisme ini pihak-pihak utama yang terkait dalam kegiatan modal ventura hanya terdiri dari perusahaan modal ventura dan perusahaan pasangan usaha. .Jenis modal ventura berdasarkan cara pemberian bantuan.

dimana secara umum penghimpunan dana diperoleh melalui dana pinjaman dan modal sendiri dalam berbagai bentuk. pinajaman mungkin saja tetap ada tetapi dalam proporsi yang relatif jauh lebih kecil dibandingkan dengan modal sendiri. Hal ini bukan berarti perusahaan modal ventura ini sama sekali tidak mempunyai modal sendiri.Jenis modal ventura berdasarkan cara penghimpunan dana . modal sendiri tetap ada tetapi dalam proporsiyang relatif lebih kecil dibandingkan dana pinjaman. Sumber modal sendiri bisa berasal dari investor perorangan. modal ventura yang bersumber dari suatu perusahaan modal ventura dengan sebagian besar penghimpunan dananya dalam bentuk modal sendiri dalam berbagai bentuk. Equity venture capital. perusahaan dana pensiun. Dana yang dihimpun ini yang digunakan oleh perusahaan pasangan usaha untuk melakukan kegiatan usaha. suatu perusahaan besar. Hal ini tidak berarti modal ventura tidak memiliki pinjaman sama sekali dari pihak lain. pemerintah dan lainnya. bank. Leverage venture capital. . modal ventura yang bersumber dari suatu perusahaan modal ventura dengan sebagian besar penghimpunan dana dalam bentuk pinjaman dari berbagai macam pihak. perusahaan asuransi. Dana yang dihimpun ini yang nanti digunakan oleh perusahaan pasangan usaha untuk melakukan kegiatan usahanya.

Perusahaan modal ventura ini biasanya adalah anak perusahaan dari suatu bank yang mendirikan dan memiliki manajemen yang terpisah dari perusahaan induknya. perusahaan modal ventura yang telag go public atau menjual sahamnya melalui bursa efek. perusahaan modal ventura yang belum go public atau belum menjual sahamnya melalui bursa efek. Public venture capital company. Perusahaan modal ventura jenis ini banyak terdapat dinegara industri dan kepemilikan suatu perusahaan modal ventura bisa terdiri dari dua atau lebih perusahaan besar. . perusahaan modal ventura yang didirikan atau dimiliki oleh sejumlah perusahaan besar.Jenis modal ventura berdasarkan kepemilikannya Private venture capital company. Bank affiliate venture capital company. tapi alasan lain karena misi sosial dari bank untuk membantu usaha kecil yang mengalami kesulitan dana dan manajemen. Alasan pendirian tidak selalu karena ingin menambah keuntungan melalui diversifikasi usaha yang didukung oleh surplus dana. Conglomerate venture capital company. perusahaan modal ventura yang didirikan oleh bank-bank yang mengalami surplus dan atau memang memiliki misi khusus dalam bidang modal ventura.

yaitu prinsip penyertaan modal secara langsung (ekuitas) atau pinjaman subordinasi (obligasi konversi pada perusahaan yang disertai ekuitas kuasi). Kegiatan usaha dilakukan dengan dukungan modal yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan jangka panjang. . dan proporsi untuk kebutuhan jangka panjang perusahaan. dan prinsip batas waktu bantuan (diindonesia batas waktu sampai 10 tahun.Prinsip bantuan dalam modal ventura. baik dari sisi pengelolaan maupun pendanaan usaha. pada akhir masa penyertaan perusahaan modal ventura harus memilih berbagai macam cara untuk melakukan divestasi) Kunci keberhasilan bagi bantuan yang diberikan kepada perusahaan pasangan usaha : Bantuan diarahkan agar perusahaan pasangan usaha dapat berdiri sendiri. Kesepakatan atau perjanjian yang dibuat harus tegas namun fleksibelterhadap perkembangan perekonomian dan teknologi. prinsip penyertaan modal bersifat jangka panjang. Dukungan dana dan sumber daya manusia dari pihak perusahaan modal ventura yang memadai sesuai dengan karakteristik dari masing-masing perusahaan pasangan usaha. kualitas. Kegiatan usaha dilakukan dengan dukungan sumber daya manusia yang tepat dari segi kuantitas.

Pinjaman yang bila terjadi likuidasi maka pengembaliannya berada pada prioritas setelah obligasi dan pinjaman lainnya. syarat divestasi yang dipercepat. Pinjaman yang tidak perlu dibayar bila perusahaan belum mampu menutupi semua biaya operasinya. Isi perjanjian meliputi jumlah pembiayaan.Bentuk kesepakatan antara perusahaan modal ventura dengan perusahaan pasangan usaha dituangkan dalam perjanjian formal secara tertulis yang meliputi mekanisme pemberian bantuan dana dan manajemen sejak awal sampai dengan dilakukannya tahap divestasi. Pinjaman dengan tingkat bunga relatif rendah. Pinjaman yang memberikan hak opsi bagi perusahaan modal ventura untuk membeli saham.cara penarikan kembali investasi(divestasi). Bentuk pembiayaan ‡ ‡ ‡ ‡ Penyertaan modal dalam saham Obligasi yang dikonversikan menjadi saham. Bentuk dan cara divestasi ‡ ‡ ‡ Pembelian kembali saham modal ventura oleh perusahaan pasangan usaha Penawaran saham melalui pasar modal (go public) Pemberian kredit atau pinjaman dari bank (sebagai pengganti dari penyertaan yang ditarik karena habis masa batas waktunya) Perusahaan pasangan usaha dijual kepada perusahaan atau pihak lain.jangka waktu bantuan dana. Perusahaan pasangan usaha dilikuidasi (biasanya ditempuh karena cara lain tidak dapat ditempuh dan karena usahanya tidak dapat berkembang dan cenderung rugi atau memiliki prospek yang tidak menenti dimasa mendatang) ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Bentuk lain yang tidak bertentangan dengan prinsip modal ventura.dan perubahan atau perpindahan kepemilikan.jadwal penggunaan bantuan dana. cara/jumlah/waktu pembayaran balas jasa. cara penarikan dana. bentuk balas jasa finansial. Pinjaman yang dikonversikan menjadi saham.

Loyalitas.Dana pensiun. ‡ . (sesuai uu no 11/1992). ‡ Kompensasi yang lebih baik. yaitu kan bekerja lebih baik dengan loyalitas dan dedikasi tinggi. memberi pengertian bahwa dana pensiun adalah suatu lembaga yang mengelola program pensiun yang dimaksudkan untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan suatu perusahan terutam ayang telah pensiun. dimana jaminan yang diberikan untuk karyawan akan memberikan dampak positip pada perusahaan. Kompetisi pasar tenaga kerja. karyawan mempunyai tambahan kompensasi meskipun baru bisa ia nikmati pada saat mencapai usia pensiun atau berhenti bekerja. adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun bagi pesertanya. Tujuan dana pensiun bagi pemberi kerja ‡ ‡ Kewajiban moral. dengan adanya program pensiun sebagai suatu bagian dari total kompensasi yang diberikan kepada karyawan diharapkan perusahaan akan memiliki daya saing dan nilai lebih dalam usaha mendapatkan karyawan yang berkulitas dan profesional dipasaran tenaga kerja. Tujuan dana pensiun bagi karyawan ‡ Rasa aman terhadap masa yang akan datang. dimana perusahaan harus memberikan rasa aman kepada karyawan pada saat mencapai pensiun. Harapan ini akan mempengaruhi kinerja saat ini pada saat ia masih produktif. dimana karyawan mengharapkan mendapatkan jaminan ekonomis karena penghasilan yang ia terima memasuki masa pensiun.

sehingga pembentukan cadangan pensiun dalam perusahaan untuk membiayai pembayaran manfaat pensiun tidak diperkenankan (uu no 11/1992). yaitu pembayaran hak peserta hanya dapat dilakukan setelah peserta pensiun. Pembinaan dan pengawasan. Kesempatan untuk mendirikan dana pensiun. hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa penghimpunan dana dalam rangka penyelenggaraan programpensiun dimaksudkan untuk memenuhi kewajiban pembayaran hak peserta yang telah pensiun. Pemupukan dana berasal dari dari iuran dan hasil pengembangannya.Azas pokok dana pensiun yang dianut oleh pemerintah: Penyelenggaraan dilakukan dengan sistem pendanaan. Pengelolaan kekayaan dana pensiun dilakukan dengan mengacu kepada ketentuan dalam undang-undang dana pensiun dan peraturaan pelaksanaannya. yaitu tidak diperkenankan adanya pembentukan cadangan pensiun dalam pembukuan pendiri perusahaan. Pengawasan dilakukan oleh direktorat dana pensiun departemen keuangan dan pelaksanaan sistem pelaporan. Pemisahan kekeayaan dana pensiun dari kekayaan pendiri. pengawasan dilakukan pula melalui kewajiban para pengelola dana pensiun untuk memberikan informasi kepada pesertanya. . yaitu dilakukan dengan pemupukan dana sehingga cukup untuk memenuhi pembayaran hak peserta. yaitu pengelolaan dan penggunaan kekayaan dana pensiun harus dihindarkan dari pengaruh kepentingan-kepentingan yang dapat mengakibatkan tidak tercapainya maksud utama dari pemupukan dana yaitu memenuhi kewajiban pembayaran hak peserta. Keputusan untuk membentuk dana pensiun merupakan tindak lanjut dari prakarsa pemberi kerja yang menjanjikan manfaat pensiun bagi karyawannya. Penundaan manfaat. yaitu setiap pemberi kerja (orang atau badan yang memperkerjakan karyawan) memperoleh kesempatan untuk mendirikan dana pensiun bagi karyawannya .

Tabungan. Pensiun. himpunan iuran peserta dan iuran pemberi kerja merupakan tabungan untuk dan atas nama pesertanya sendiri. Bagi peserta yang berhenti setelah 3 tahun.seluruh himpunan iuran peserta dan iuran pemberi kerja serta hasil pengelolaannya akan dibayarkan dalam bentuk manfaat pensiun sejak bulan pertama setelah mencapai usia pensiun selama seumur hidup peserta. harus dapat diidentifikasi dengan jelas supaya program tersebut dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Iuran yang dibayarkan oleh karyawan dapat dilihat sebagai tabungan. Norma atau aturan-aturan program pensiun Manfaat pensiun untuk peserta dan keluarganya didasarkan atas himpunan iuran dalam cadangan wajib dari masa kepesertaan. Norma program dana pensiun. uang pertanggungan dan nilai tunai ditujukan kepada peserta/ahli waris peserta ditunjuk dalam sertifikat dana pensiun. Masa kerja karyawan bukan harga mati. uang pertanggungan. nilai tunai serta tata cara pembayaran Fungsi program pensiun Asuransi. . merupakan perhitungan manfaat pensiun. ditambah bonus dari cadangan bonus untuk dan atas nama peserta. Uang pertanggungan diberikan kepada keluarga dari peserta yang meninggal dunia atau cacat sebalum mencapai usia pensiun. didasarkan atas jumlah iuran yang seharusnya terkumpul pada saat peserta tersebut mencapai usia pensiun. Bersamaan saatnya diberikan lagi sejumlah nonus untuk dan atas nama peserta. dan konsekuensi dari manfaat yang akan diterima oleh karyawan dimasa mendatang. hanya didasarkan atas himpunan iuran sendiri ditambah bonus dari cadangan bonus. dimana peserta yang meninggal dunia atau cacat sebelum mencapai masa pensiun dapat diberikan uang pertanggungan atas beban bersama dari dana pensiun. Nilai tunai bagi peserta yang berhenti sebelum mencapai masa kepesertaan 3 tahun. Pembayaran manfaat pensiun. meski demikian jumlah yang diterima tidak penuh atau lebih sedikit dibandingkan karyawa n yang sudah memenuhi masa kerja.Fungsi program dana pensiun. perhitungan nilai tunai didasarkan atas himpunan iuran sendiri dan iuran pemberi kerja serta bonus.

Usia pensiun dibedakan menjadi: Pensiun normal (normal retriment). Usia pensiun normal ditentukan dalam peraturaan dana pensiun. yaitu setiap karyawan yang termasuk golongan karyawan yang memenuhi syarat kepesertaan dalam dana pensiun yang didirikan oleh pemberi kerja. adalah usia paling rendah saat karyawan berhak untuk pensiun tanpa perlu persetujuan dari pemberi kerja dengan memperoleh manfaat pensiun penuh. Pensiun ditunda (deferred retriment). Pensiun dipercepat (early retriment). berhak menjadi peserta apabila telah berusia setidak-tidaknya 18 tahun atau telah menikah dan telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 1 tahun pada pendiri atau mitra pendiri. Pensiun cacat. . apabila karyawan mengalami cacat dan dianggap tidak lagi cakap atau mampu melaksanakan pekerjaannya.Peserta dana pensiun. Ketentuan diatur dalam peraturaan dana pensiun dengan persyaratan khusus yang harus dipenuhi peserta dan memenuhi persetujuan dari pemberi kerja dan ada halangan yang bersifat tetap seperti karyawan yang mengalami cacat tetap. merupakan orang yang memenuhi persyaratan peraturan dana pensiun. berhak memperoleh manfaat pensiun. ketentuan ini memperkenankan karyawan yang secara mental dan fisik masih sehat untuk tetap bekerja melampaui usia pensiun normal. adalah ketentuan pensiun yang mengizinkan peserta pensiun untuk mempercepat pensiun karena suatu hal. dengan ketentuan pembayaran pensiun dimulai pada tanggal pensiun normal meskipun yang bersangkutan tetap meneruskan bekerja dan memperoleh gaji dari perusahaan bersangkutan. Biasanya manfaat pensiun dihitung berdasarkan formula manfaat pensiun normal dengan masa kerjanya diakui seolah-olah sampai usia pensiun normal dan penghasilan dasar pensiun ditentukan pada saat yang bersangkutan dinyatakan cacat.

Peran dana pensiun berdasar UU NO 11 TH 92, 1. Sejalan dengan hakikat pembangunan nasional, diperlukan penghimpunan dan pengelolaan dana guna memelihara kesinambungan penghasilan pada hari tua dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, 2. sebagai sarana meningkatkan peran serta masyarakat dalam melestarikan pembangunan nasional, dan 3. menambah motivasi dan ketenangan kerja sehingga meningkatkan produktivitas. Kelemahan program pensiun sebelum UU no 11/92, layanan kesejahteraan pensiun dilakukan Yayasan Dana Pensiun (YDP), disamping itu ada lembaga lain seperti Tabungan dan Asuransi Sosial Pegawai Negeri (TASPEN) dan JAMSOSTEK

Kelemahan program pensiun
Belum ada ketentuan mengatur hal-hal mendasar untuk menjamin terpenuhinya hak dan kewajiban para pihak penyelenggara program pensiun. Arahan investasi kurang jelas dan kurang konsisten terhadap tujuan program pensiun. Banyak investasi dilakukan pada aktiva tetap yang kurang produktif, tidak cepat menghasilkan (investasi gedung kantor yang berlebih/mewah). Arahan administrasi keuangan kurang dipersiapkan dengan baik. Manajemen yang stastis dan kurang peduli terhadap perbaikan manfaat pensiun. Keuntungan lembaga/yayasan dana pensiun yang beasr tidak diimbangi perbaikan manfaat pensiun yang sepadan. Beberao program pensiun masih membedakan jumlah manfaat pensiun untuk kalangan pensiunan, janda/duda dan anak yatim piatu dari para pensiunan.

Keunggulan dana pensiun
Dana pensiun dibebaskan dari pajak penghasilan, peserta dapat menikmati manfaat pensiun sekurangnya 15% lebih tinggi dari manfaat program lain. Seluruh dana yang terhimpun dan hasil pengelolaannya dibagikan kepada peserta atau ahli warisnya secara prorata menurut jumlah iuran dan masa kepesertaannya. Biaya-biaya tetap (Overhead) relatip rendah, karena umumnya peserta secara bersama melalui mitra pendiri, pemberi kerja memikulnya sehingga memberi dampak efesiensi yang tinggi. Memiliki prospek menjadi lembaga keuangan dengan likuiditas dan solvabilitas yang tinggi sehingga memberikan posisi tawar menawar (bargaining position) yang kuat dalam melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan lainnya. Manfaat dana pensiun dapat dinikmati secara berkala bulanan seumur hidup dengan jumlah yang sama bagi peserta , bagi janda/duda dari peserta, serta anak yatim piatu dari peserta sampai berusia 25 tahun. Dana pensiun memiliki 3 fungsi, tabungan asuransi dan pensiun, dapat dilakukan kerjasama dengan bank, asuransi jiwa dan dana pensiun)

KARTU PLASTIK, sebagai lembaga keungan bukan bank yang dimaksud adalah perusahaan
yang menerbitkan kartu plastik , walaupun bisa juga lembaga keuangan bank menjadi penerbit kartu plastik. Perusahaan digolongkan lembaga keuangan karena kartu plastik yang diterbitkan pada dasarnya digunakan sebagai alt pembayaran untuk kegiatan penghimpunan dan penyaluran dana dari dan kepada masyarakat.
Kartu plastik, memiliki pengertian sebagai alat berbentuk kartu yang diterbitkan oleh suatu lembaga keuangan dan dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi keuangan. Lingkup geografis penggunaan kartu ada yang domestik dan ada juga yang internasional. Kartu dalam lingkup international berarti kartu tersebut tidak hanya dapat digunakan dalam batas wilayah satu negara saja melainkan dapat juga dipergunakan diberbagai negara. Atas dasar fungsi dan penggunaan, kartu plastik dibedakan: Kartu kredit (credit card), alat berbentuk kartu yang diterbitkan oleh suatu lembaga keuangan dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi pembelian barang dan jasa yang pembayaran pelunasan nya dapat dilakukan oleh pembeli secara sekaligus atau angsuran pada jangka waktu tertentu setelah kartu digunakan sebagai alat pembayaran. Charge card, alat berbentuk kartu yang diterbitkan oleh suatu lembaga keuangan dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi pembelian barang dan jasa yang pembayaran pelunasan nya harus dilakukan oleh pembeli secara sekaligus pada jangka waktu tertentu setelah kartu digunakan sebagai alat pembayaran. Kartu debit (debit card), alat berbentuk kartu yang diterbitkan oleh suatu lembaga keuangan (issuer) dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran transaksi pembelian barang dan jasa dengan cara mendebit atau mengurangi saldo rekening simpanan pemilik kartu (card holder)serta pada saat yang sama mengkredit saldo rekening penjual(merchant) sebesar nilai transaksi barang dan jasa. Cash card, alat berbentuk kartu yang diterbitkan oleh suatu lembaga keuangan dan dapat digunakan sebagai alat penarikan uang tunai secara manual melalui teller bank atau melalui ATM. Pihak bank dan pengelola menetapkan batas jumlah penarikan maksimum perhari atau perminggu, untuk mengantisipasi keterbatasan penyediaan uang tunai dalam ATM, karena kemudahan penarikan tunai dengan ATM tanpa harus konfirmasi atau berhubungan dengan petugas bank.

Dalam praktek, pihak penerbit atau pengelola kartu plastik cenderung memberikan lebih dari satu fungsi pada sebuah kartu plastik yang diterbitkan. Contoh: kartu Dinners Club, berfungsi sebagai charge card dan cash card; kartu plus BNI, digunakan sebagai cash card dan debit card; BCA card berfungsi sebagai credit card, cash card dan payment card u/ membayar tagihan, serta fungsi terbaru flash card sebagai pengganti uang tunai atau kartu paspor BCA berfungsi sebagai cash card, payment card, debit dan tunai BCA. Pihak-pihak yang terkait penggunaan kartu kredit: Penerbit (issuer), pihak atau lembaga yang menerbitkan dan mengelola kartu kredit. Lembaga ini bisa berupa bank atau bukan bank yang bergerak dalam bidang kartu kredit atau perusahaan non lembaga keuangan. Pengelola (acquirer), pihak yang mewakili kepentingan penerbit kartu untuk menyalurkan kartu kredit, melakukan penagihan pada pemilik kartu, melakukan pembayaran kepada pihak merchant. Hal ini dilakukan karena jangkauan dari penggunaan kartu kredit ini sangat luas dan penerbit kartu kredit tidak mungkin memiliki kantor cabang disemua tempat, sehingga memerlukan jasa Acquirer. Pemilik kartu (card holder), pihak yang menggunakan kartu kredit untuk kegiatan pembayarannya.persyaratan bagi card holder adalah dengan melihat dari jumlah penghasilan (melihat dari slip gaji, laporan keuangan usaha, mutasi rekening dan lainnya), kontinuitas penghasilan ( penghasilan yang tinggi belum tentu menggambarkan kemampuan memenuhi kewajiban), dan niat baik u/ selalu memenuhi kewajibannya (melihat black list milik bank, atau BI Checking, pada bank atau BI lembaga lain). Penjual (merchant), adalah pihak penjual barang dan jasa yang dibeli oleh pemilik kartu dengan menggunakan kartu kreditnya. Sebelum merchant menerima pembayaran dengan kartu kredit tertentu, merchant terlebih dahulu mengadakan perjanjian kerjasama dengan issuer dan acquirer.

Obligasi. maka investor tidak terikat untuk membelinya. Saham. karena merupakan hak. .PRODUK PRODUK PASAR MODAL Reksa dana (mutual fund). Prinsip investasi don t putt your egg in one basket sangat diperhatikan sehingga melakukan portofolio investasi yaitu investasi yang menyebar pada sejumlah alat investasi yang diperdagangkan dipasar modal dan pasar uang. pilihan investasi sama dengan saham tetapi dengan modal yang lebih rendah. wujud saham adalah selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan kertas tersebut. Surat obligasi adalah selembar kertas yang menyatakan bahwa pemilik kertas tersebut memberikan pinjaman kepada perusahaan yang menerbitkan obligasi. maka tidak menerima pembayaran deviden). adalah sertifikat yang menjelaskan bahwa pemiliknya menitipkan uang kepada pengelola reksa dana (manajer investasi) untuk digunakan sebagai modal berinvestasi. secara sederhana didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan. Right issue dapat diperdagangkan. yaitu gabungan (hybrid) antara obligasi dan saham biasa. Waran adalah hak untuk membeli saham biasa pada waktu dan harga yang sudah ditentukan. surat berharga atau sertifikat yang berisi kontrak antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. yaitu disamping memiliki karakteristik sebagai obligasi (memberikan hasil yang tetap seperti bunga obligasi) juga memiliki karakteristik saham biasa (jika saham mengalami kerugian. merupakan hak bagi pemodal membeli saham baru yang dikeluarkan emiten. Biasanya waran dijual bersamaan dengan surat berharga lainnya misalnya obligasi atau saham. Right issue. Pada dasarnya memiliki obligasi sama dengan memiliki deposito berjangka. Saham preferen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful